Page 13 of 13

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Sun Mar 02, 2014 13:59
by Michaelktp
VanzMatic wrote:
Michaelktp wrote:
Halo Teman2 salam kenal semuanya, selama ini sy sebagai pembaca setia seraya motor dan ini salah threade yang menarik bagi sy.
Karena membahas ttg mobil Mpv Mitsubishi Kuda.
Sayang diskusi tdk berlanjut lagi dan sy saat ini menanyakan masalah Mitsubishi kuda sy.
Sy mengalami masalah , waktu radiator pecah terus sy bw ke bengkel Mitsubishi , oleh pihak teknisi dibetulkan tanpa hrs ganti baru, tp mulut radiator diganti yg Kuningan tp sy pakai 1 thn kemudian mulai bocor, setiap sy naik tanjakan dan kecepatan tinggi air yg dicadangkan berkurang tinggal seperempat dan sy selalu harus tambah air. Lama2 kan capek. Apakah ada teman2 yg pernah mengalami seperti sy? Sy minta petunjuknya teman2. Apa ada solusi lain daripada sy hrs ganti satu gelondong radiator dgn harga 2,5 jt.
Terima kasih dan mohon petunjuknya.
Kasian banget nih belum dijawab jawab....Jangan jangan dah keburu kuciwa dan kabur,...

Izinkan ane membantu share ya om..

Air di cadangan radiator sebenarnya bukan sekedar cadangan tapi lebih tepat kita menyebutnya reservoir yaitu penampungan. Saat mesin kita pacu maka temperatur didalam mesin sudah pasti meningkat, air pendingin mesin yaitu air radiator akan mengambil panas mesin tersebut sehingga temperatur air radiator menjadi tinggi.

Tingginya temperatur air radiator mengakibatkan pemuaian dan juga peningkatan tekanan didalam sistem pendinginan. Ketika air radiator memuai dan tekanan sudah mencapai tekanan buka pada tutup radiator (tertera angka 0.9 atau 1.1 kgf/cm2) maka air radiator akan mengalir dari radiator ke tabung reservoir.

Disana air tersebut ditampung sementara sampai ketika mesin tidak digunakan, air didalam radiator mengalami pendinginan sehingga terajadi penyusutan secara volume, dengan ada nya penyusutan maka diikuti oleh tekanan negatif atau vacuum dari dalam sistem radiator sehingga valve vacuum pada tutup radiator terbuka dan air dari tabung reservoir terhisap kembali ke dalam sistem (radiator) demikian seterusnya air akan bersiklus dari radiator ke reservoir dan kemudian dari reservoir ke radiator.

Dari penjabaran di atas maka kasus pada Om Michael ini adalah kemungkinan yang ada :
1. Apakah om Michael mengisi air cadangan tidak melebihi garis full ? apabila melebihi garis full maka air akan terbuang saat air radiator menuju ke mesin.
2. Apakah Tutup radiator yang di beli sudah sesuai dengan Spec kendaraan anda dan Original ?
3. Apakah temperatur mesin pada temperatur kerja rata-rata ? Jika tidak memang akan mengalami penguapan sehingga sebagian air terbuang dalam bentuk gas
5. Periksa kebocoran, mungkin saja terdapat kebocoran halus yang sulit terditeksi, seperti pada waterpump,selang by pass, tutup radiator, atau radiator itu sendiri (mulut radiator).

IMHO, peranti peranti yg berhubungan dengan mesin dan pendinginan sebaiknya jangan diakalin apabila menyangkut bagian yang krusial. Mulut radiator menanggung tekanan yang luar biasa tinggi, karena dia harus menahan tekanan air panas di dalam supaya TIDAK sama dengan tekanan udara di luar, bergantung spesifikasi standarnya. Jadi... saran ane sih, lebih baik ganti satu gelondong radiator orisinil saja, supaya penanganan masalah menjadi lebih gampang, karena alternatif kemungkinan kerusakan bisa diperkecil lagi.

Artinya, apabila radiator bekerja baik, dan air di reservoir masih berkurang, silakan cek komponen lainnya, oia tadi lupa ngetik, thermostat dicek ya. Jangan dicabut.

CMIIW..
:big_peace:
ok tq bro atas petunjuknya, udh ane ganti radiatornya sekarang normal cuma ternyata mesinnya udh kena ring seher sedihnya padahal mobil naikkanya enak, mobil anti mabuk dan anti selip, waktu pakai kuda new grandia sy mengalami handling dan suspensinya luar biasa. waktu itu ane dari jkt menuju smg sesampai mau masuk kota brebes waktu itu jam 6.00 pagi dgn kecepatan 100 km perjam tiba2 didpn ada lubang truss sy banting setir menghindari lubang mbl udh miring trus balik lg sedang penumpangnya lg tidur nggak merasa mobil miring dan mobilnya balik kembali normal , itu kl mbl lainnya mungkin udh terbalik. hebatnya mobil mitsubishi. Mitsubishi sipppp

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Sun Mar 02, 2014 14:33
by Michaelktp
evolution21 wrote:
VanzMatic wrote:
pcx wrote: Betul betul masih banyak yang belum tahu ya om
Ane setuju om VM, kalo mesin Mitsubishi itu kuat kuat dan ngibrit larinya berdasar pengalaman juga
waktu lebaran tahun 2009, liburan ke Jawa Tengah - Yogya juga ke Dieng
Mitsu Kuda paman ane membawa 3 bibi ane yang sudah (maaf) gambot gambot :mrgreen: dan mereka di row 2
belum lagi row 3 dengan anak anaknya dan barang bawaan berjibun di bagasi sampai di roof rack
ane ga bisa ngebayangin kalo itu semua di Nissan GL ane :mky_04:
anak2 malah mudah tidur karena nyaman dan tidak mabuk perjalanan
Dengan bawaan segitu aza waktu ke pantai Wonosari yang jalannya berkelok2 menanjak tajam, masih enteng gas pol menyelip truk tangki + bis2
Avanza dan GL kelewat jauh deh
FYI, seblomnya paman ane pakai P*n*h*e* untuk rute pantura Jkt-Sby,
tapi begitu sudah kenal dengan Kuda Diesel, itu boil tidak pernah dipakai lagi
hanya untuk rure dalam kota
nah saat itu ane baru heran kenapa MPV Mitsubishi tidak laku di Indo :e-think:
semua sdah ada mesin powerful, nyaman, space kabin luas, bagasi juga dan nanjak oke banget
berarti jangan jangan masalahnya di APM nya :e-think:
pantes dijewer ama prinsipalnya MMC Jepun sekarang

:big_peace:
Sedihnya, sekarang banyak Kuda nda terawat.
Cat buluk, bahkan jelek banget di kap nya kayak habis kesiram air keras.. :off_no:
Uda gitu knalpotnya kalo nda warna item, ya putih.. :frm_bang_head:
Ngenes.. Atau mereka yang nda bisa ngerawat yah?
Padahal suku cadangnya masih ada lho!
Ni tadi pagi, mobil Kudis sudah diantar pulang lagi ke rumah Bapak, habis nginep weekend di bengkel :big_slap: buat bikin betul oli yang bocor rembes. Habis 2,6 juta termasuk "ongjem dan ongkir", termasuk seal2 dan timing belt.
Agenda besok awal Juni, ganti kampas kompling. Mudahan hanya kampas kopling, nda kena mataharinya. :e-pray:

Suspensi emang enak gila, om. Apalagi yang gen 2. Maknyuss tenan. Perdaun paling enak.
Trus AC nya...dingiin banget. Depan speed 1 belakang speed 1, suhu dimentokin paling dingin.
Menggigil di siang hari! Padhal windows filmnya udah luntur dari 40% jadi <20%
:wkkk:

Kalau diesel, buat tanjakan, nah itu baru nikmat bener torsinya. Kalau lagi merayap di tanjakan trus mau nyalip, turunin dulu ke gigi 1 bentar untuk dapet sentakan torsinya, cukup sampe 3000 rpm, langsung cepat pindah ke 2. Wah nda nanya deh aku kalau GL dimuatin sebegitu rupa, om...
:mky_03:

Yah, KTB mah dulu dulu emang angin2an jualan... Atau...emang secara global penjualan Kuda / Freeca / Adventure memang melemah?
:shrug:
wah ane jg kuda diesel lover nih
btw cobain spin diesel deh
ane merasakan sedikit nostalgia ama kuda diesel
tp ini versi lebih bertenaga lg, nafasnya terasa lebih panjang
sayang lebih sempit, kursi ga nyaman
tq bro evolution 21, ane tertarik pada review ente membuat sy skrg juga pakai chevy spin diesel tenaganya maknyos ,memang sempit kursi juga kurang enak ,enakan kuda kursinya.
untuk stabilnya jos gandos sama dgn kuda.
dengar2 Mitsubishi tahun 2014 mau keluarkan mobil yg sekelas seperti chevy spin, avanza .
Bisa ramai dan heboh... :wkkk:

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 01, 2019 11:42
by yakuza99
statemen yg dikeluarkan sebelum mencicipi nikmat larisnya esblender.

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 01, 2019 12:04
by martinnn
mobil MPV paling cocok.... :mky_08: :mky_08: :mky_08:

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 01, 2019 14:03
by Pugman
Tapi memang sepertinya MPV murni mulai ditinggalkan dan berganti ke mpv crossover yang seperti SUV

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Thu Feb 14, 2019 12:56
by pcx
Akhirna sekarang judul trit terbukti hanya psy war Mitsu indo kan wkwkwkw :mrgreen:

Espender begitu muncul langsung berhasil menggulingkan apanja :e-clap:
Skrg MMKSI tambah psy war dgn Xpander 1.3 utk mayoritas fleet di tret sebelah. TAM pasti tambah ketar ketir :off_good_job:

Jadi kangen Modcat kalo mbaca tret jebot nostalgia ini, semoga muncul lage tu orang :e-pray:

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Thu Feb 14, 2019 13:11
by asetiawan73
kayanya kalau di asia MPV masih berjaya, di eropa apa us baru deh kalah sama SUV / crossover
yang jelas sih mobil sedan yang terkikis penjualannya

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Thu Feb 14, 2019 14:27
by kunaskun
asetiawan73 wrote: Thu Feb 14, 2019 13:11 kayanya kalau di asia MPV masih berjaya, di eropa apa us baru deh kalah sama SUV / crossover
yang jelas sih mobil sedan yang terkikis penjualannya
kalau amrik biangnya sedan memang belakangan balik ke truck/suv (bukan "SUV" sub 5 meter kaya disini ya), sedan malah menurun. MPV memang mereka ga terlalu suka karena kurang praktis kecuali keluarga muda.

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Thu Feb 14, 2019 14:31
by P47hos
Ga bakal ditinggal kan lah MPV di Indonesia, karena disini kekeluargaan nya tinggi jd pasti butuh mobil yg bisa muat banyak. Org yg punya hatchback/ 5 seater begitu sdh lebih mapan/ berkeluarga pasti beli MPV jg akhirnya.

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Thu Feb 14, 2019 15:49
by patrickstar
dulu kepingin 5 seater, sama bini dibilangin : "jangan, ntar dikatain pelit, dikira ngga mau ngasih tumpangan"
indonesia banget dah ...

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Thu Feb 14, 2019 15:51
by piraku
Disini nyari mpv pun pingin GC tinggi, ya wajar esblender memenuhi kriteria. Asal dalam jangka panjang si esblender ini robust dan ga rewel dipake blusukan ke kampung halaman apanjah ga akan bisa apa apa lagi, kecuali major change upgrade total. Kalau jangka panjang rewel ya bakal ditinggalin jg. Apanjah poin utamanya kan merakyat bisa dibawa blusukan tanpa ragu, sebagai penerus kijang kapsul tentunya harus wajib kudu begitu.

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Thu Feb 14, 2019 16:01
by asetiawan73
patrickstar wrote: Thu Feb 14, 2019 15:49 dulu kepingin 5 seater, sama bini dibilangin : "jangan, ntar dikatain pelit, dikira ngga mau ngasih tumpangan"
indonesia banget dah ...
pengalaman yang sama... jadi tetap harus ada MPV dirumah orang Indonesia umumnya tambah lagi ganjil genap makin harus nambah

1.SUV
1 MPV
1 city car

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 15, 2019 4:07
by bensinsolar
Uda 10 tahun lebih tdk punya MPV (terakhir Kijang Kapsul 2.0 EFI & ini aja saya anggap SUV), sekarang semua mobil SUV/CUV. Kemarin sempet kepikiran ambil MPV Cortez 1.8/Esblender tp akhirnya ambil DFSK (7 seater juga) karena mau ambil mobil tinggi jaga2 kalau banjir.

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 15, 2019 6:02
by martinnn
wah gimana kesan kesan DFSK nya om

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 15, 2019 6:25
by bensinsolar
martinnn wrote: Fri Feb 15, 2019 6:02 wah gimana kesan kesan DFSK nya om
Lega Om, tp throttle inputnya agak aneh aja, efek cvt & mesin bensin turbo. Kmrn baru ganti pakai VPower dari Pertamax lebih lumyan. Tp ditol ini mobil (mulai mid-range) gahar dah, PD buat adu cepet sama LSUV sekelasnya. Handling mumpuni. Nanti kalau ada waktu saya mau review singkat. Mobil msh dibawah 500km.

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 15, 2019 6:46
by ginting
asetiawan73 wrote: Thu Feb 14, 2019 16:01
patrickstar wrote: Thu Feb 14, 2019 15:49 dulu kepingin 5 seater, sama bini dibilangin : "jangan, ntar dikatain pelit, dikira ngga mau ngasih tumpangan"
indonesia banget dah ...
pengalaman yang sama... jadi tetap harus ada MPV dirumah orang Indonesia umumnya tambah lagi ganjil genap makin harus nambah

1.SUV
1 MPV
1 city car
+ sedan cc besar motuba (sebagai mainan bapak bapak).

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Fri Feb 15, 2019 6:50
by Vicvic
Mungkin beralih dari mpv ke suv yg 7 seater intinya indonesia suka yg bisa muat banyak

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Sun Mar 10, 2019 4:00
by goena79sinurat
Lcgc tetap the best [emoji3][emoji16]

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Sun Mar 31, 2019 5:58
by Michaelktp
piraku wrote: Thu Feb 14, 2019 15:51 Disini nyari mpv pun pingin GC tinggi, ya wajar esblender memenuhi kriteria. Asal dalam jangka panjang si esblender ini robust dan ga rewel dipake blusukan ke kampung halaman apanjah ga akan bisa apa apa lagi, kecuali major change upgrade total. Kalau jangka panjang rewel ya bakal ditinggalin jg. Apanjah poin utamanya kan merakyat bisa dibawa blusukan tanpa ragu, sebagai penerus kijang kapsul tentunya harus wajib kudu begitu.
Yup, memang harus GC tinggi. MMC Japan sudah menyadari hal itu sejak mulai R&D platform XM Concept.
Oleh karena itu MPV ceper lha yang ditinggalkan seperti sudah terlihat pada nasib Honda Stream, Chevy Spin dan terakhir Old Nissan GL.

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Sun Mar 31, 2019 10:25
by kunaskun
Michaelktp wrote: Sun Mar 31, 2019 5:58 Yup, memang harus GC tinggi. MMC Japan sudah menyadari hal itu sejak mulai R&D platform XM Concept.
Oleh karena itu MPV ceper lha yang ditinggalkan seperti sudah terlihat pada nasib Honda Stream, Chevy Spin dan terakhir Old Nissan GL.
dan jalanan indo itu macam jungle si. yg tinggi besar "menang" liat aja nasib sedan small hatchback dan semacamnya kalau di jalanan macet karena saling serobot pasti di bully2 oleh roda dua, angkot, dsb karena dianggap "kecil".

padahal idealnya small MPV memang ceper gitu, karena kan secara alami stabil, nyaman, tidak limbung. xpander saya cobain pun tetap berasa limbung (body roll) di kecepatan menengah akibat kombinasi suspensi ngejar nyaman dan tinggi (karena memang promosi xpander bukan buat kestabilan ya dan namanya saja buat angkut orang).

Re: Mobil MPV Mulai Ditinggalkan?

Posted: Tue Apr 02, 2019 15:33
by Michaelktp
kunaskun wrote: Sun Mar 31, 2019 10:25
Michaelktp wrote: Sun Mar 31, 2019 5:58 Yup, memang harus GC tinggi. MMC Japan sudah menyadari hal itu sejak mulai R&D platform XM Concept.
Oleh karena itu MPV ceper lha yang ditinggalkan seperti sudah terlihat pada nasib Honda Stream, Chevy Spin dan terakhir Old Nissan GL.
dan jalanan indo itu macam jungle si. yg tinggi besar "menang" liat aja nasib sedan small hatchback dan semacamnya kalau di jalanan macet karena saling serobot pasti di bully2 oleh roda dua, angkot, dsb karena dianggap "kecil".

padahal idealnya small MPV memang ceper gitu, karena kan secara alami stabil, nyaman, tidak limbung. xpander saya cobain pun tetap berasa limbung (body roll) di kecepatan menengah akibat kombinasi suspensi ngejar nyaman dan tinggi (karena memang promosi xpander bukan buat kestabilan ya dan namanya saja buat angkut orang).
Yup absolutely right brow.
Hukum fisika tidak akan pernah salah kalau mobil dengan GC rendah secara alami stabil, nyaman, minim body roll dan resiko terguling yang lebih rendah juga pastinya. Secara GC rendah pasti akan mengeliminir gaya angkat saat mobil melaju di jalanan karena mempunyai Coefficient of Drag (CoD) yang rendah. CoD yang rendah hanya dimiliki oleh mobil dengan aerodinamika terbaik yang berarti mobil jago menaklukkan angin saat melaju kencang dan ini tentu mustahil dimiliki oleh mobil dengan GC yang tinggi semacam SUV dan MPV walaupun monocoque apalagi ladder frame hehehe. Oleh karena itu mana ada Supercar semacam Ferrari, Lambo, Bugatti dengan GC yang tinggi.
Pengalaman saya naik Xpander berbeda dengan SpinDies secara GC Spin hanya 157 mm yang berarti lebih rendah dari Nissan GL yang 175 mm apalagi Xpander: 205 mm. SpinDies terasa menapak mantap di jalanan apalagi di tol dengan kecepatan sampai 175 km/jam. Secara nafas mesin Multijet 1.3D terasa panjang dan mengingatkan pada saat dulu naik Mitsu KuDies tapi ini jauh lebih stabil karena GC yang rendah dan minim body roll.. Thumbs.up dan sepertinya tidak saya rasakan saat membawa Xpander di jalan tol Trans Jawa sejak unit saya datang awal tahun ini. Itu masih belum seberapa karena ada teman saya yang 1 klub Spindo yang sampai 200 km/jam dan bilang masih merasa ada sisa gas lagi hehehe
Memang benar bahwa dengan tampilan yang besar tinggi mungkin membuat psikologi orang menjadi lebih nyaman karena "ditakuti" walaupun kalau saya lihat design language SUV jaman now walaupun ladder frame pun juga semakin feminin dan aura macho pun nyaris tidak ada lagi hahaha. Beda dengan SUV jadoel semacam Hardtop FJ40 bahkan Taft dan Jimny pun masih lebih cocok disebut real SUV kalau dilihat dari bentuk body boxy hehehe
Sorry OOT