(ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

(ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

Gan, tanya ya gan. Untuk berandai-andai saja. Kalo misalkan tiba2 ada aturan semua mobil harus setir kiri. Misalkan mobil agan Avanza. Part2 apa saja yang harus diganti dan dipertahankan. Dan apakah kerangka / body mobil untuk LHD dan RHD sama? Terutama untuk tujuan expor? Soalnya ane penasaran ada avanza untuk expor setir kiri (terutama filipina) tapi interior sederhana dan banyak part yg bisa dipertahankan.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by VanzMatic »

Pakai unit yang untuk Egypt juga bisa..
Image

Atau..

Image

Image

Yang jelas, yang untuk filipina, sudah pakai Ventilation breather..Tuas matic nya pakai tombol, bukan gate type.
Image

Image

AFAIK, yang beda di komponen Hydraulic power steering gear dan steering rack, dashboard, dan komposisi lubang di firewall untuk komponen setir dari kabin ke engine compartment.

Kayaknya, kakak pembina SM lebih fasih menjabarkan ini..
Monggo..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

Wah, asyik direply. Thank you. BTW klo soal wiper alignment kira2 bisa diubah ga jadi ke arah kanan?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by VanzMatic »

serakahmotor wrote:Wah, asyik direply. Thank you. BTW klo soal wiper alignment kira2 bisa diubah ga jadi ke arah kanan?
Oh iya
Tangkai wiper nya beda, mesin wipernya juga beda. CMIIW....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by newrubble »

Motorik wiper tinggal di balik ...nomor catalog nya pun di SAP software TAM berurutan. Ttg dashboard ...coba perhatikan diatas glovebox ...dualairbag ...kalo mau terkomplit safety feature nya bisa beli yg MexDM trmasuk anda bisa beli sticker brp gambar ...awas mudah terbalik...yg terpasang nantinya di sunvisor kiri persis di sisi supir

Kalo ttg firewall smua lubang sdh ada cetakannya n sumbat karet nya atau rubber plug serta anda hrs ganti / pasang firewall insulator ...n hati hati krn triger airbag ada tepat dibslik bumper dpn n blk
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by andy1800 »

serakahmotor wrote:Gan, tanya ya gan. Untuk berandai-andai saja. Kalo misalkan tiba2 ada aturan semua mobil harus setir kiri. Misalkan mobil agan Avanza. Part2 apa saja yang harus diganti dan dipertahankan. Dan apakah kerangka / body mobil untuk LHD dan RHD sama? Terutama untuk tujuan expor? Soalnya ane penasaran ada avanza untuk expor setir kiri (terutama filipina) tapi interior sederhana dan banyak part yg bisa dipertahankan.
sejak dunia mengglobal, hampir semua pabrikan global tu udah merancang dan mempersiapkan cetakan mobil nya spy bisa menjadi RHD maupun LHD.
udah ada coakan-coakan, yg dipersiapkan di kedua sisi, shg akan 'dg mudah' dirakit di pabrik, mjd LHD atau RHD sesuai dg rencana pasar nya.

di peugeot 505....buatan taun 83 pun, pas ngebongkar dashbor nya, ane saksikan udah begitu rupa. udah ada coakan2 untuk hal itu, di sebelah kiri.
apalagi di hari gini...semua mobil yg diproyeksikan utk pasar global, sdh barang tentu akan begitu..
tak terkecuali Avanza..
mau ubah dia jd LHD? ....it's just a "piece of cake" then
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by VanzMatic »

Tinggal "wani piroo..."
:mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

Yang bikin ane sedih, dunia tidak selalu adil. Negara setir kanan aja cuma 1/3nya dibanding setir kiri. Dianggap minorotas, banyak negara pembuat mobil yang menganaktirikan setir kanan. Apalagi Negeri Paman Sam. Menurut ane, mungkin di benak produsen "Ngapain gua susah2 ngemabngin mobil untuk yg minoritas (setir kanan) gua udah nyaman dari penghasilan mobil setir kiri doang. Setir kanan, minggir dulu ya?" Kesannya ngeremehin minorotas gitu. Contohnya seperti American Muscle, Ferrarri Enzo, Mercy GLK, cadillac, dll. Kayaknya ucapan buat calon pembeli "kalo pengen mobilnya harus siap untuk mengendarainya dari sisi yang salah".

OK, 90% negara pernah dijajah Inggris, sehingga bahasa Inggris jadi bahasa international. Tapi untuk urusan setir, kalah sama Perancis. Jadi otomatis mayoritas setir kiri. Duh, coba kalo posisi Inggris masih di daratan Eropa. Setidaknya bisa mempengaruhi negara tetangga. Masalahnya tetangganya Inggris yang serupa cuma Irlandia doang.
Sori kalo OOT. :big_peace: :big_peace:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by andy1800 »

hehee, ternyata mmg lagi2 balik2nya ke yg itu lg ya....
kirain dah bisa memandangnya sbg dua hal yg berbeda...

try to be selow bro..... :) ... but it's okay anyways ....let's have some beer :beer:

it's not time to make a change .....
just relax, make it easy .....
you're still young, that's your fault .....
there's so much you have to go through ....

find a girl, settle down....
if you want, you can marry
...............
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

andy1800 wrote:hehee, ternyata mmg lagi2 balik2nya ke yg itu lg ya....
kirain dah bisa memandangnya sbg dua hal yg berbeda...

try to be selow bro..... :) ... but it's okay anyways ....let's have some beer :beer:

it's not time to make a change .....
just relax, make it easy .....
you're still young, that's your fault .....
there's so much you have to go through ....

find a girl, settle down....
if you want, you can marry
...............
Ok sih memandang sbg 2 hal yg berbeda. Tapi kadang 2 hal yg berbeda itu tidak mendapatkan porsi yang seimbang. Pasti berat sebelah.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by andy1800 »

serakahmotor wrote:
andy1800 wrote:hehee, ternyata mmg lagi2 balik2nya ke yg itu lg ya....
kirain dah bisa memandangnya sbg dua hal yg berbeda...

try to be selow bro..... :) ... but it's okay anyways ....let's have some beer :beer:

it's not time to make a change .....
just relax, make it easy .....
you're still young, that's your fault .....
there's so much you have to go through ....

find a girl, settle down....
if you want, you can marry
...............
Ok sih memandang sbg 2 hal yg berbeda. Tapi kadang 2 hal yg berbeda itu tidak mendapatkan porsi yang seimbang. Pasti berat sebelah.
walah
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by newrubble »

Enak koq RHD ...apalagi di jkt ...mobil tdk bayar pajak hingga bbrp tahun ke depan ga di uber IRS ga di stop polisi ...saya baru 2 minggu lupa udah ada di dlm postbox ...notice of overdue...

RHD punya akses langsung produk mobil mobil JDM ...saya suka, anda?
LHD punya akses lebih ke global market ...memang ...tapi sy bisa tunjukkan kalo di ostrali, newzealand banyak corvette mulai dari tipe classic, ZR hingga terbaru smua RHD bukan lagi LHD ...blm lagi brand lain macam GMC atau lainnya ...adapula trabant 2 stroke RHD ...mainan kolega saya di robina, qld. Yg dia beli via IU saat baru...thn 93 dulu

Sy bisa tunjukkan bbrp CBU dgn destinasi ahir bertulis JKT-iNA atau TJP ada disana ...ngapain ...ya diubah dari LHD jadi RHD smua dikerjakan di bengkel bengkel kecil independen dgn lingkungan kerja yg demikian rapi n tepat wkt

Itu salah 1 sebab harganya bgt melambung saat dipajang di berbagai gallery CBU jkt (kota lain sy tdk tau). Knp?

Krn di jkt tdk atau blm ada lagi yg jalankan bisnis konversi LHD ke RHD sejak hartawan motor ( jln margasatwa no.45 skrg seberangan sama garansindo ) tutup tahun 1988 (sebelumnya dia di jalan mangga besar raya)

Alat serta know how utk konversi itu bisa dibeli n bisa dipelajari koq ...beli nya bisa minta backup bank bgt anda punya ilmu nya n punya vendor nya ...sehingga anda bisa punya captive market ...CBU CBU yg lahir LHD

Kalo cuma rubah satu unit itu kecil ...bukan bikin duit tapi malah cuma buang duit percuma ...puas nya cuma sesaat ...selebihnya repot ...apalagi kalo mau bayar uang toll ...saya ada mobil LHD di jkt ...mobil tua ya
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

newrubble wrote:Enak koq RHD ...apalagi di jkt ...mobil tdk bayar pajak hingga bbrp tahun ke depan ga di uber IRS ga di stop polisi ...saya baru 2 minggu lupa udah ada di dlm postbox ...notice of overdue...

RHD punya akses langsung produk mobil mobil JDM ...saya suka, anda?
LHD punya akses lebih ke global market ...memang ...tapi sy bisa tunjukkan kalo di ostrali, newzealand banyak corvette mulai dari tipe classic, ZR hingga terbaru smua RHD bukan lagi LHD ...blm lagi brand lain macam GMC atau lainnya ...adapula trabant 2 stroke RHD ...mainan kolega saya di robina, qld. Yg dia beli via IU saat baru...thn 93 dulu

Sy bisa tunjukkan bbrp CBU dgn destinasi ahir bertulis JKT-iNA atau TJP ada disana ...ngapain ...ya diubah dari LHD jadi RHD smua dikerjakan di bengkel bengkel kecil independen dgn lingkungan kerja yg demikian rapi n tepat wkt

Itu salah 1 sebab harganya bgt melambung saat dipajang di berbagai gallery CBU jkt (kota lain sy tdk tau). Knp?

Krn di jkt tdk atau blm ada lagi yg jalankan bisnis konversi LHD ke RHD sejak hartawan motor ( jln margasatwa no.45 skrg seberangan sama garansindo ) tutup tahun 1988 (sebelumnya dia di jalan mangga besar raya)

Alat serta know how utk konversi itu bisa dibeli n bisa dipelajari koq ...beli nya bisa minta backup bank bgt anda punya ilmu nya n punya vendor nya ...sehingga anda bisa punya captive market ...CBU CBU yg lahir LHD

Kalo cuma rubah satu unit itu kecil ...bukan bikin duit tapi malah cuma buang duit percuma ...puas nya cuma sesaat ...selebihnya repot ...apalagi kalo mau bayar uang toll ...saya ada mobil LHD di jkt ...mobil tua ya
Wah, gua mesti banget-banget bilang WOW nih ke agan ini. Mantap penjelasannya. Jadi makin semangat untuk mengetahui lebih dalam tentang mobil selain Jepang dan Inggris yg notabene RHD. Baru klo punya duit langsung beli hehehe.

UNtungnya, Australia sama dengan Indo yg jalan di seblah kiri dan setir kanan. Setidaknya bisa mengurangi homogenisasi global. Coba klo Australia bukan negara setir kanan. Mungkin impian ttg mobil american muscle bisa jalan di Indo bisa mustahil. Mungkin Indo adalah negara yg diperhitungkan karena negara terpadat no 4 di dunia dan pengguna setir kanan terbesar kedua setelah India.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by VanzMatic »

Negara ASEAN yang menganut LHD selain Philippines: Vietnam, Cambodia, Lao dan Myanmar.. :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by VanzMatic »

newrubble wrote:Enak koq RHD ...apalagi di jkt ...mobil tdk bayar pajak hingga bbrp tahun ke depan ga di uber IRS ga di stop polisi ...saya baru 2 minggu lupa udah ada di dlm postbox ...notice of overdue...

RHD punya akses langsung produk mobil mobil JDM ...saya suka, anda?
LHD punya akses lebih ke global market ...memang ...tapi sy bisa tunjukkan kalo di ostrali, newzealand banyak corvette mulai dari tipe classic, ZR hingga terbaru smua RHD bukan lagi LHD ...blm lagi brand lain macam GMC atau lainnya ...adapula trabant 2 stroke RHD ...mainan kolega saya di robina, qld. Yg dia beli via IU saat baru...thn 93 dulu

-cut-
Sorry, master, ane cut...

The red bold... YESSS...!! I like that much...!! :mky_02: :mky_02:
Yang penting ada temen atau udh belajar dikit2 kanji Jepang, bisa boyong seperti gambar berikut doooonk...

Image

:mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by newrubble »

VanzMatic wrote:Negara ASEAN yang menganut LHD selain ....dan Myanmar.. :big_peace:
Myanmar RHD pak/bu ... Kan dia ex british colony ...kalo ind pakai RHD krn belanda terlalu malas bikin traffic rules shg org inggris lah yg merintis ....Hari minggu kmrin sy ke yangoon ...surganya mobil mobil JDM terutama yg pillarless sert frameless door ...cuma saya heran saja ...datsun 520 ute dan datsun 1000 ute masih produksi lokal di sana hingga detik ini

Sy yakin anda cuma typo error ...maaf anak baru lancang
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by VanzMatic »

newrubble wrote:
VanzMatic wrote:Negara ASEAN yang menganut LHD selain ....dan Myanmar.. :big_peace:
Myanmar RHD pak/bu ... Kan dia ex british colony ...kalo ind pakai RHD krn belanda terlalu malas bikin traffic rules shg org inggris lah yg merintis ....Hari minggu kmrin sy ke yangoon ...surganya mobil mobil JDM terutama yg pillarless sert frameless door ...cuma saya heran saja ...datsun 520 ute dan datsun 1000 ute masih produksi lokal di sana hingga detik ini

Sy yakin anda cuma typo error ...maaf anak baru lancang
Maaf, juragan, saya yang salah.... iya, error typing... :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

newrubble wrote:
VanzMatic wrote:Negara ASEAN yang menganut LHD selain ....dan Myanmar.. :big_peace:
Myanmar RHD pak/bu ... Kan dia ex british colony ...kalo ind pakai RHD krn belanda terlalu malas bikin traffic rules shg org inggris lah yg merintis ....Hari minggu kmrin sy ke yangoon ...surganya mobil mobil JDM terutama yg pillarless sert frameless door ...cuma saya heran saja ...datsun 520 ute dan datsun 1000 ute masih produksi lokal di sana hingga detik ini

Sy yakin anda cuma typo error ...maaf anak baru lancang
Myanmar RHD tapi jalan di kanan :e-snooty: Myanmar mengemudi di kanan karena saran peramal walapun sebenarnya Myanmar jajahan Inggris. Dulu impor mobil ke Mynamar dilarang, mungkin pernah kena Embargo. Sekarang lagi getol2nya impor mobil ex Japan dan tak ada aturan bahwa kemudi harus di kiri. Bayangkan setir kanan jalan di kanan. Mungkin itu yg bisa saya jelaskan.

Untuk Vietnam RHD dilarang total, tapi mobil warga Thailand yg berkunjung ke Vietnam diperbolehkan selama 30 hari.
CMIIW.. :big_peace:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by newrubble »

serakahmotor wrote: Myanmar RHD tapi jalan di kanan :e-snooty: Myanmar mengemudi di kanan karena saran peramal walapun sebenarnya Myanmar jajahan Inggris. Dulu impor mobil ke Mynamar dilarang, mungkin pernah kena Embargo. Sekarang lagi getol2nya impor mobil ex Japan dan tak ada aturan bahwa kemudi harus di kiri. Bayangkan setir kanan jalan di kanan. Mungkin itu yg bisa saya jelaskan.

Untuk Vietnam RHD dilarang ....
CMIIW.. :big_peace:
Tar tgl 8 april 2015 seluruh myanmar traffic flow kan balik lagi ke kiri spt sblm 8 april 1970 ...sesuai anjuran dewan peramal di lingkungan parlemen ...ini beneran ...krn 96% populasi kendaraan mobil itu RHD ...dan ini yg saya senang ...sejak 6 feb 2010 semua sepeda n sepedamotor tdk boleh berkeliaran di jalanan yangoon trmsk trike

Hal lain yg sy suka di yangoon ...mobil bekas kalo tyt corolla twincam n nissan sunny serta mitsi lancer harganya gila gila ...antara $ 15,000 hingga $ 30,000 saya tdk salah tulis n benz w 124 bisa seharga $ 50,000 bekas ( $ itu US$ ) ya ...

RollsRoyce Phantom harganya bisa $ 1,800,000 tahun 2004 ex JDM ...krn itu sbgn besar diplomat myanmar yg pulang dr penugasan jkt borong mobil bekas n rata rata mrk borong corolla terutama model twincam ...1 diplomat dijatah boleh bawa 10 unit krn government tdk mampu bayar pensiun para ex diplomat ...jadi itu salah 1 profesi idaman myanmarers ...profesi ygbpaling diidamkan nomor 1 ...jadi askar
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by iwidiyanto »

Sori nubie ikut gabung, mungkin oot...

quote dari penggalan wikipedia:
link lengkapnya: en.wikipedia.org/wiki/Right-_and_left-hand_traffic
---cut---
Safety factors

Research in 1969 by J. J. Leeming showed countries driving on the left have a lower collision rate than countries driving on the right, although he acknowledged that the sample of left-hand rule countries he had to work with was small, and he was very careful not to claim that his results proved that the differences were due to the rule of the road.[31] It has been suggested this is partly because humans are more commonly right-eye dominant than left-eye dominant.

[32][33][34] In left-hand traffic, the predominantly better-performing right eye is used to monitor oncoming traffic and the driver's wing mirror. In right-hand traffic, oncoming traffic and the driver's wing mirror are handled by the predominantly weaker left eye. In addition, it has been argued that left-sided driving is safer for elderly people given the likelihood of their having visual attention deficits on the left side and the need at intersections to watch out for vehicles approaching on the nearside lane.[35] Furthermore, in an RHD car with manual transmission, the driver has the right hand, which for most people is dominant, on the steering wheel at all times and uses the left hand (and left foot) to change gears and operate most other controls.

Cyclists, motorcyclists and horse riders typically mount from the lefthand side. This places them on the kerb when driving on the left.

The largest safety issue is the coexistence of the two systems; visitors accustomed to one system might not act or react properly when visiting a region where the other system is used. For example, a pedestrian might look the wrong way before crossing a street.
--cut--

Ternyata setir kanan lebih aman menurut penelitian itu.

btw, jika setir kanan trus diubah ke setir kiri (and vice versa), apa tidak sebaiknya tuas sein juga dipindah? karena menurut saya, sungguh tidak enak satu tangan harus mengurus lampu sein dan tuas persneling manual (ini yang terjadi dengan mobil2 eropa di Indonesia)

CMIIW
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by VanzMatic »

iwidiyanto wrote:-cut-

Ternyata setir kanan lebih aman menurut penelitian itu.

btw, jika setir kanan trus diubah ke setir kiri (and vice versa), apa tidak sebaiknya tuas sein juga dipindah? karena menurut saya, sungguh tidak enak satu tangan harus mengurus lampu sein dan tuas persneling manual (ini yang terjadi dengan mobil2 eropa di Indonesia)

CMIIW
Proton juga om, stir kanan, tuas sein di kiri... :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

VanzMatic wrote:
iwidiyanto wrote:-cut-

Ternyata setir kanan lebih aman menurut penelitian itu.

btw, jika setir kanan trus diubah ke setir kiri (and vice versa), apa tidak sebaiknya tuas sein juga dipindah? karena menurut saya, sungguh tidak enak satu tangan harus mengurus lampu sein dan tuas persneling manual (ini yang terjadi dengan mobil2 eropa di Indonesia)

CMIIW
Proton juga om, stir kanan, tuas sein di kiri... :mky_01:
Biasa, gan. Ane pernah baca di SM atau bukan ga tau di thread ama post yg mana. Klo pabrikan MainLand Europe setir kanannya cuma mindahain doang dan miroring dasbor doang. Klo pabrikan UK sangat memperhatikan detil2nya. Berarti mayoritas yg menang. Enaknya setir kanan di Indo sih klo ngasih apa dari jendela pengemudi. Mis: bayar tol kita selalu pakai tangan kanan dan keliatan lebih sopan seperti kaya kita salaman. Tapi kalo pabrikan Malay kok aneh ya?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by newrubble »

bicara left side driving (RHD) collision rate lower than the other side (LHD) itu sy ingat sbg pertanyaan pertama saat sy masih kerja di suatu risk n security firm. ..saya jwb dgn ambil bola dunia. ..globe istilah kerennya. ..n calculator. ..sy suruh yg nanya hitung sendiri. ..besar mana populasi negri yg mengadopsi system RHD dgn LHD n disitu jwb nya

n kata mrk...itu jwbn yg masuk akal n sgt benar

sy sgt yakin bila dilakukan sampling yg sama saat ini...hasilnya akan jauh lbh aman yg left side driving (RHD) krn saat hal itu dilakukan oleh lembaga keselamatan transportasi darat jerman (jerman barat, saat itu) ADAC th 1969...mrk blm menghitung accident rate mainland china (LHD) krn politik isolasi diri mrk hingga thn 1979
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by serakahmotor »

Wah, asyik nih ada temennya. Emang sih setir kanan dan setir kiri emang keliatan remeh sih kalo dibicaraain. Secara cuma dibagi dua kalo ga kiri ya kanan. Tapi yg menurut gw menarik adalah keputusannya dan pertimbangan yang diambil untuk menentukan salah satu dari dua sisi tersebut.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) (misalkan) Konversi Avanza ke setir kiri

Post by newrubble »

Kalo pusing LHD maupun RHD pakai saja benz unimog u500 atau u300 versi variopilot ...mau steer geser kanan maupun kiri ga masalah ...itu urusan 15 detik

Tapi USA menganut LHD alias right side driving berkat jasa pasukan perancis ( ini pelajaran american history klaas 6 sd saya ) pimpinan alm. Mayjend Gilbert du Motier le Marquis de Lafayette yg berhasil bantu alm. Kol.George Washington usir pasukan Inggris hingga ke pinggir pantai utara Kanada

Lafayette membuat aturan lalulintas pergerakan prajurit dan segala nya...yg maju perang harus jalan di kanan ...yg balik ke garis logistik harus jalan di kiri serta yg steer kuda diatas wagen harus ada di sisi kiri (86% org perancis adalah kidal / left handed ...hingga kini...dan 78% org amerika juga sama). Mrk belajar dari kekalahan pasukan Inggris dari cerita para tawanan sblm mrk tembak mati ...arus pasukan yg berantakan n kerap saling bertabrakan shg saat mundurpun mrk gampang kocarkacir

Lafayette meminta Washington u tdk protes ttg apa yg dilakukannya pd tiap pertempuran ....baik itu di brandywine, gloucester, barren-hill, monmouth, rhode-island, green-spring serta yorktown

Dan hasilnya memuaskan ...pasukan tdk ada yg terluka krn tertusuk bayonet saat mrk berpapasan ...