Page 1 of 2

Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 6:03
by Althaf0107
Para suhu di SM,

Saya mau membeli mobil keluarga yang bisa muat 7 penumpang, bagasi agak luas tapi irit juga untuk dibawa sehari hari.
Referensi saya adalah Nissan GL 1.5 XV, Suzuki APV Arena SGX, Toyota Avanza 1.5S dan Proton Exora.
Kira-kira untuk kriteria 7 seater, bagasi agak luas & irit lebih bagus yang mana.

Terima kasih

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 6:55
by DOHC
kalo mo bagasi agak luas, dari pilihan TS sigh yah suzie apv.... tapi itu ga irit sigh.... proton exora paling pilihan brikutnya utk bagasi luas... tapi itu merek baru, blom ketauan brapa irit nya dan ketahanan mesin nya...

GL ama apansa yah ga lega2 amat... tapi utk urusan irit GL uda ketauan irit, dan apansa 1.5 jg cukup irit...

jadi kalo menurut ane, berdasar dari pilihan TS yah GL menang by default...

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 7:00
by esh
Kalau itu pilihannya pasti mayoritas jawaban dari rekan2 SM adalah GL. :big_peace:

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 7:07
by mandala1
So pasti GL getoo loooh..... :big_peace:

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 8:26
by campoeran
GL kemana2
lain halnya kalo si ipah ikutan disini

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 8:38
by maskopat
ane cerita dikit tentang APV bukan yang arena ya..
nih mobil cukup oke di kelasnya.. tangguh, gear ratio dan mesinnya cukup rendah. efeknya di tanjakan cipularang, masih bisa ninggalin ipah 2.0 yang mau nyusul.. padahal APV berisi 4 orang dewasa dan barang sekedarnya sedangkan si ipah cuman driver aja.. gak tahu apakah penumpangnya bobok di lantai semua.. :big_peace: :big_peace:

untuk kelegaan, emang lega banget... 3 orang dewasa dengan berat 60-70kg masih bisa duduk nyaman di satu baris kursi.

tentang FC, so so lah, (maksudnya boros yah... :mrgreen: )
kira2 1:7-9 dalam kota.. bergantung rute dan kepadatan lalu lintas. tapi di lukot seperti pantura dan cipularang, bisa 1:11-12..

mobil cukup stabil tapi limbung.. maksudnya gini, mau digeber di tikungan, emang limbung, tapi body roll masih di batas toleransi..
tapi kalo jalan jelek, ampun deh, kayak naek gerobak.. goblak gablik.. harus lambaaaat banget..

kabin juga gak terlalu panas walau mesin di kolong. tapi kalo kaki telanjang kita nempel di firewall, terasa deh angetnya... saran ane, kalo ambil APV, pake kaca film yang paling adem.. ane pake solargard bronze 20..

apa lagi ya?? :e-think:
nerjang banjir sedalam 20-30cm tenang aja.. GC tinggi banget...

sekali lagi, ini APV gen 1 ya.. bukan arena.. kalo arena, kabarnya gear ratio nya kurang pas. karena untuk mengejar irit. efeknya tarikan kurang mantap..
tapi kabarnya per keongnya lumayan nyaman.. ane belon coba sih..

demikian info ane.. sekedar masukan untuk TS...

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 8:49
by Althaf0107
Kalau innova masuk ke dalam list, apakah akan berubah pilihannya ?
Saat ini saya memakai kijang super tahun 94, FC max 1:7.5 dalkot, luar kota 1: 9 s/d 1:10.
Sempat terpikir memasukkan innova ke dalam list (type paling rendah : E), tapi melihat thread yang lain FCnya sekitar 1:7 atau lebih parah 1:6 benar apa nggak ?
Kalau innova lebih baik diesel atau bensin terutama dari sisi FC dan perawatannya ?

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 8:58
by maskopat
Althaf0107 wrote:Kalau innova masuk ke dalam list, apakah akan berubah pilihannya ?
Saat ini saya memakai kijang super tahun 94, FC max 1:7.5 dalkot, luar kota 1: 9 s/d 1:10.
Sempat terpikir memasukkan innova ke dalam list (type paling rendah : E), tapi melihat thread yang lain FCnya sekitar 1:7 atau lebih parah 1:6 benar apa nggak ?
Kalau innova lebih baik diesel atau bensin terutama dari sisi FC dan perawatannya ?
wuih kijang super.. idaman ane tuh... yang 1500 atau 1800 om? mobil badak nih.. sayang boros dan boyo... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

kalo dilihat mobil yang om althaf pilih, saran ane sih mending GL kali ya.. tapi dibanding kijang super, kurang lega aja.. kalo mau space besar untuk barang, tinggal nambahin roof rack di atap... tapi kayaknya kalo diisi 3 orang di baris tengah, agak sempit..

kalo secara dimensi, APV pas dengan kijang super. sama2 lega..

untuk ipah, kalo ane prefer yang diesel.. kalo yang bensin borosnya gak nahan.. hampir sama lah dengan kijang super..
tapi standar diesel ipah agak boyo.. denger2 sih gitu... tapi tenang aja, kalo om althaf orang yang speed lover, tinggal ikutan milis ipah of fortuner.. nanti tinggal ditanya aja bengkel yang bisa ngoprek.. :mrgreen: :mrgreen:

tentang perawatan ipah, om dal nih yang bisa cerita banyak.. secara om dal punya ipah bensin... :e-whistle:

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 9:16
by Althaf0107
Yang dipake kijang super 1500, memang badak nih mobil :big_peace: , tapi borosnya itu (melihat tahunnya mungkin wajar FC seperti itu) :frm_bang_head: , makanya mau ganti mobil yang baru sekalian jadi bisa tahu ngerawatnya dari awal dan yang pasti cari yang lebih irit dari si kijang super.

Kalau space memang dibutuhin kalau ke luar kota/ kampung, kalau dalam kota jarang pakai space yang besar.

Tapi kepikiran suspensi monokoknya GL (kalau dari kampung sering bawa beras 100 kg), apa kuat ?
Sering ngeliat di jalan kalau overload, ban Gl hampir nyentuh bodinya.

Untuk ipah diesel kalau dilihat dari tenaganya lebih besar dibandingkan dengan panther (102 dibanding 86), masa masih kurang tenaganya.

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 9:25
by maskopat
Althaf0107 wrote:Yang dipake kijang super 1500, memang badak nih mobil :big_peace: , tapi borosnya itu (melihat tahunnya mungkin wajar FC seperti itu) :frm_bang_head: , makanya mau ganti mobil yang baru sekalian jadi bisa tahu ngerawatnya dari awal dan yang pasti cari yang lebih irit dari si kijang super.

Kalau space memang dibutuhin kalau ke luar kota/ kampung, kalau dalam kota jarang pakai space yang besar.

Tapi kepikiran suspensi monokoknya GL (kalau dari kampung sering bawa beras 100 kg), apa kuat ?
Sering ngeliat di jalan kalau overload, ban Gl hampir nyentuh bodinya.

Untuk ipah diesel kalau dilihat dari tenaganya lebih besar dibandingkan dengan panther (102 dibanding 86), masa masih kurang tenaganya.
emang dari barunya udah boros koq kijang super ini...

koreksi dikit, yang monokok itu sasisnya, bukan suspensi.. kalo suspensi si GL pake full independen suspension. bisa lihat speknya. ane gak hapal..
hm... berapa orang biasanya kalo mudik om? kira2 total berat badannya berapa? kalo menurut ane, jangan lebih dari 400kg beban si GL.. baik penumpang dan barang... ini judgement ane aja.. mengingat suspensinya yang empuk.. takut mentok.. kalo emang terpaksa lebih, coba diatur2 aja posisi yang pas biar gak terlalu blesek di depan atau belakang..

sebenernya sih tenaga ipah diesel udah lumayan.. kan ane bilang untuk speed lovers, kurang tuh tenaga si ipah diesel... :mrgreen: :mrgreen:

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 10:16
by DOHC
suspensi GL full independent ane rasa kaga sigh bro... yg full independent itu misalnya kaya honda civic, crv, accord, atau citYz.... kalo GL itu suspensi blakang masi jenis torsion bar, ga beda ama jazz yaris vios atau soluna... kalo sering bawa barang berat, suspensi blakang GL bisa diakalin pake valen damper... lumayan buat nahan biar mobil ga celup amat pas bawa beban berat..

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 15:58
by AD74YA
Kalo bagasi ya APV aja.. cukup nyaman juga dalam kota.. dalemnya lebih gede dari rival

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Wed Aug 19, 2009 21:59
by maxx
DOHC wrote:kalo mo bagasi agak luas, dari pilihan TS sigh yah suzie apv.... tapi itu ga irit sigh.... proton exora paling pilihan brikutnya utk bagasi luas... tapi itu merek baru, blom ketauan brapa irit nya dan ketahanan mesin nya...

GL ama apansa yah ga lega2 amat... tapi utk urusan irit GL uda ketauan irit, dan apansa 1.5 jg cukup irit...

jadi kalo menurut ane, berdasar dari pilihan TS yah GL menang by default...
Kalo melihat feature dan sisi harga.... exora pilihan menarik

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 2:43
by DhanZ
DOHC wrote:suspensi GL full independent ane rasa kaga sigh bro... yg full independent itu misalnya kaya honda civic, crv, accord, atau citYz.... kalo GL itu suspensi blakang masi jenis torsion bar, ga beda ama jazz yaris vios atau soluna... kalo sering bawa barang berat, suspensi blakang GL bisa diakalin pake valen damper... lumayan buat nahan biar mobil ga celup amat pas bawa beban berat..
perasaan soluna ma new vios beda deh... tapi ga ngerti kalo master sm yang bilang he..he.. :frm_salut:

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 3:24
by mandala1
AD74YA wrote:Kalo bagasi ya APV aja.. cukup nyaman juga dalam kota.. dalemnya lebih gede dari rival
Kalo sama Luxio?

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 3:26
by maxx
mandala1 wrote:
AD74YA wrote:Kalo bagasi ya APV aja.. cukup nyaman juga dalam kota.. dalemnya lebih gede dari rival
Kalo sama Luxio?
Nah... luxio boljug tuuuuu.... modelnya lucu juga.

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 3:28
by TUFF Stough
Luxio = angkot didandanin

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 4:20
by maxx
TUFF Stough wrote:Luxio = angkot didandanin
teganya teganya teganya... :big_peace:

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 4:23
by TUFF Stough
:upss: :upss: :upss:

Soalnya di Jakbar banyak angkot pake GrandMax, dan image GrandMax gak bisa dihilangkan dari Luxio.

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 4:41
by DOHC
DhanZ wrote:
DOHC wrote:suspensi GL full independent ane rasa kaga sigh bro... yg full independent itu misalnya kaya honda civic, crv, accord, atau citYz.... kalo GL itu suspensi blakang masi jenis torsion bar, ga beda ama jazz yaris vios atau soluna... kalo sering bawa barang berat, suspensi blakang GL bisa diakalin pake valen damper... lumayan buat nahan biar mobil ga celup amat pas bawa beban berat..
perasaan soluna ma new vios beda deh... tapi ga ngerti kalo master sm yang bilang he..he.. :frm_salut:
maksud ane tuh... sama aja itu, sama2 pake besi yg melintang yg nyambungin ban kiri ama kanan nya... sedangkan kalo yg dimaksud independent itu berarti masing2 ban yg kiri ama kanan tuh di gerakin dgn lengan suspensi nya sendiri2 gt ... untung nya dgn lengan suspensi sendiri2 itu, handling lebi mantap, stabil uda pasti buat lagi kenceng, mo lari 180 atau 220 jg silahkenn..... mobil2 dgn suspensi blakang jenis ini bisa ditemuin di sedan2 honda (sayangnya generasi skrg honda utk jenis entry level uda kaga pake lagi jenis ini sperti di new city atau jazz, terakhir mereka pake jenis suspensi blakang ini di cityZ)

nah soluna, starlet, new vios, GL, yaris, swift,dan mobil 1500 cc lain nya itu jenis nya masi yg besi melintang nyambungin ban blakang kiri ama kanan (atau bahasa keren nya torsion bar.. koreksi donk kalo salah).... nothing special about this technology... kcuali itu irit cost production aja... makanya dulu ane perna baca ada yg bangga2 in ini, ampe bawa2 eropa sgala... ane plg ngakak sendiri aja bacanya...

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 4:45
by DOHC
mandala1 wrote:
AD74YA wrote:Kalo bagasi ya APV aja.. cukup nyaman juga dalam kota.. dalemnya lebih gede dari rival
Kalo sama Luxio?
jadi inget lagunya... kemewahan yg sempurna.. daihatsuu luxiooo.... :upss: :upss: btw boljug nigh mobil, kemewahan yg terjangkau katanya... baby alphard...

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 10:28
by aldy
Ane vote GL kalo pengen irit..N bro pasti terkaget2 habis punya kijang yang boros terus punya GL yg super irit (terutama dibuat jalan nyantai LUKOT)..he2. Tapi ya gitu Space ga terlalu lega..Kecuali mau pasang bagasi atap (thule dll)/roof rack.
@ DOHC : Kalo menurut ane torsion beam bukan cuma cost efficiency aja tapi didesain untuk kenyamanan tinggi but punya kelemahan di kestabilan dibanding suspensi multilink double wishbone etc..Ini buktinya..he2 http://www.toyota.co.id/cars/casis/?Model=Alphard

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 10:40
by DOHC
@ bro aldy : thanks ilmu nya bro.. ane serap dulu....

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 10:42
by aldy
Oiya ada special "feature" di GL..Spatboard (ga tau nih tulisan salah apa bener qiqiqiiq :big_peace: ) GL bagian bodi kolong roda belakang udah di lipet kedalem jadi kalo full loaded ga mentok2 bgd udah ane coba isi 7 orang + full barang dibelakang +-70 kg + jalan 130 km/h di tol agak gelombang (tenang2 aja tuh he2)..Tapi ya gitu kalo ada poldur dikencengin pasti mentok lah..he2 :big_peace: :big_peace:..

Re: Pilihan mobil keluarga, 7 seater & irit

Posted: Thu Aug 20, 2009 13:12
by DOHC
kalo soal bibir spatbor itu kayanya mo biar kata ada jg tetep ga kena sigh biarpun ban nya uda keteken abis gara2 keberatan.... mungkin tujuan bibir spatbor dbikin kaga ada biar lebi gampang buat d modif aja buat gedein ban atau biar jgn jadi sarang karat nanti... secara rata2 karatan biasanya mulai dari bagian2 situ...