TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
ada kalanya d kala senggang... daripada nganggur ga ada kerjaan... ad baik nya coba oprek2 mobil sendiri... apalagi kalo uda berhasil dan hasil nya memuaskan.. dijamin memberikan kepuasan tersendiri...
kali ini ane ingin sharing pengalaman rutinitas ane utk perawatan si kebo ipah pipitiai jadul ane...
BERSIH2 rem depan
-------------------
pendahuluan..
sperti kebanyakan mobil2 ber rem cakram lain nya... piranti ini wajib mendapatkan perawatan rutin berkala kalo ga mau bermasalah di kemudian hari... ga terkecuali rem cakram si ipah ini.. apalagi kalo yg doyan rute tol dan rute harian nya berdebu dan kadang tergenang banjir... resiko rem macet atau kotor bakal besar terjadi..
rem ipah ini bikinan pabrikan TRW.. nothing special.. mirip2 aja ama kaliper2 rem mobil bercakram lain nya..
hal pertama yg harus dilakukan adalah persiapan alat2..
- dongkrak dan jack stand
- kunci roda
- gemuk (rubber grease disarankan)
- kunci pas nomor 12
- kain lap
- amplas halus
- sabun colek, sikat gigi bekas, dan kuas buat bersih2
- penetrant
- bangku kecil atau kawat kaku tebal yg ditekuk membntuk leher angsa (utk mencantel kaliper rem pas di copot)
- ganjalan ban agar ga bergerak
nahh stelah alat2 uda siap... saat nya mulai..
- rem tangan yg kuat, pasang ganjalan ban agar ga bergerak
- kendorkan mur2 roda - dongkrak roda yg rem nya ingin dibersihkan dan pasang jack stand
- buka ban dan letakan di tempat yg aman (ban boleh dibersihkan bagian dalam nya agar karet nya awet) - dengan menggunakan kunci pas 12, buka 2 baut pengikat kaliper, satu di atas dan satu dibawah.. posisi baut menghadap chassis mobil.. posisi arah membuka yaitu arah jarum jam, bila stuck, semprot penetrant - apabila sudah terbuka... pelan2 tarik kaliper ke samping shg terbebas dari kampas rem... lalu taruh di kursi kecil atau gunakan kawat utk digantung di shock breaker.. jgn ikutin cara2 montir2 jalanan yg suka maen ngegantungin tuh kaliper seenak jidat... tampak belakang -stelah kaliper di copot... langkah selanjutnya adalah melepaskan kampas rem utk dibersihkan, cara nya tinggal di tarik ke arah kita dan ditarik ke arah chassis utk kampas yg satu nya lagi... stelah copot, bersihkan kampas dgn kuas... kalo kotor banget yahh disikat pake sabun dan sikat gigi... terakhir, kampas di amplas agar permukaan nya halus lagi.. - jangan lupa bagian kaliper utk dibersihkan... dan cek seal kaliper dari kebocoran atau rembes minyak rem.. step brikutnya ialah step penting dalam ritual bersih2 rem ini krn bagian ini adalah penyakit paling sering terjadi yg bkin rem macet mendadak atau bkin mobil narik satu sisi pas di rem....
bagian pin kaliper atau pasak kaliper adalah bagian yg plg sering macet... biasanya terjadi karena karet boot pelindung nya uda getas, sobek atau kualitas nya agak jelek... bisa jg terjadi kalo mobil seumur2 jarang di sentuh bagian ini (sejauh yg ane liat kalo servis berkala di beres "t", "h" dan "n" sehhh bagian pasak ini ga perna dikutak katik tuh waktu servis rem)
- swaktu kaliper di copot, cobalah tengok bagian belakang dari mounting kaliper tsb.. dibagian yg ane kasi anak panah merah tsb, terdapat pin kaliper berserta boot karet pelindungnya... nahh copotkan kedua pin kaliper tsb.. cara nya yahh tinggal ditarik doank ampe copot..
- bersihkan kedua pin kaliper tsb berserta boot karet nya... ganti boot karet tsb kalo uda getas atau sobek... jgn lupa bersihkan lobang pin kaliper tsb di mounting nya... caranya tinggal semprot penetrant yg banyak ke lobang nya dan gunakan kawat yg dibungkus kain dan sodok ke dalam sambil diputar2 utk dibersihkan... jgn sampai ada sisa penetrant di dalam lobang tsb karena penetrant melarutkan gemuk nanti nya... - pasang kembali boot karet tsb di mounting kaliper rem... lalu lumasi pin kaliper dan masukan pin kaliper tsb ke dalam lobang di mounting kaliper rem... gunakan rubber grease... tp kalo doyan bersih2 rem kaya ane sehh pake gemuk biasa jg gapapa..
- pasang kembali kampas rem di tempat nya.. dan berikan gemuk di ujung atas dan ujung bawah pegangan si kampas rem...
- terakhir pasang kembali kaliper rem dan kencang kan baut2 pengikat kaliper rem nya....
- selsai..
kali ini ane ingin sharing pengalaman rutinitas ane utk perawatan si kebo ipah pipitiai jadul ane...
BERSIH2 rem depan
-------------------
pendahuluan..
sperti kebanyakan mobil2 ber rem cakram lain nya... piranti ini wajib mendapatkan perawatan rutin berkala kalo ga mau bermasalah di kemudian hari... ga terkecuali rem cakram si ipah ini.. apalagi kalo yg doyan rute tol dan rute harian nya berdebu dan kadang tergenang banjir... resiko rem macet atau kotor bakal besar terjadi..
rem ipah ini bikinan pabrikan TRW.. nothing special.. mirip2 aja ama kaliper2 rem mobil bercakram lain nya..
hal pertama yg harus dilakukan adalah persiapan alat2..
- dongkrak dan jack stand
- kunci roda
- gemuk (rubber grease disarankan)
- kunci pas nomor 12
- kain lap
- amplas halus
- sabun colek, sikat gigi bekas, dan kuas buat bersih2
- penetrant
- bangku kecil atau kawat kaku tebal yg ditekuk membntuk leher angsa (utk mencantel kaliper rem pas di copot)
- ganjalan ban agar ga bergerak
nahh stelah alat2 uda siap... saat nya mulai..
- rem tangan yg kuat, pasang ganjalan ban agar ga bergerak
- kendorkan mur2 roda - dongkrak roda yg rem nya ingin dibersihkan dan pasang jack stand
- buka ban dan letakan di tempat yg aman (ban boleh dibersihkan bagian dalam nya agar karet nya awet) - dengan menggunakan kunci pas 12, buka 2 baut pengikat kaliper, satu di atas dan satu dibawah.. posisi baut menghadap chassis mobil.. posisi arah membuka yaitu arah jarum jam, bila stuck, semprot penetrant - apabila sudah terbuka... pelan2 tarik kaliper ke samping shg terbebas dari kampas rem... lalu taruh di kursi kecil atau gunakan kawat utk digantung di shock breaker.. jgn ikutin cara2 montir2 jalanan yg suka maen ngegantungin tuh kaliper seenak jidat... tampak belakang -stelah kaliper di copot... langkah selanjutnya adalah melepaskan kampas rem utk dibersihkan, cara nya tinggal di tarik ke arah kita dan ditarik ke arah chassis utk kampas yg satu nya lagi... stelah copot, bersihkan kampas dgn kuas... kalo kotor banget yahh disikat pake sabun dan sikat gigi... terakhir, kampas di amplas agar permukaan nya halus lagi.. - jangan lupa bagian kaliper utk dibersihkan... dan cek seal kaliper dari kebocoran atau rembes minyak rem.. step brikutnya ialah step penting dalam ritual bersih2 rem ini krn bagian ini adalah penyakit paling sering terjadi yg bkin rem macet mendadak atau bkin mobil narik satu sisi pas di rem....
bagian pin kaliper atau pasak kaliper adalah bagian yg plg sering macet... biasanya terjadi karena karet boot pelindung nya uda getas, sobek atau kualitas nya agak jelek... bisa jg terjadi kalo mobil seumur2 jarang di sentuh bagian ini (sejauh yg ane liat kalo servis berkala di beres "t", "h" dan "n" sehhh bagian pasak ini ga perna dikutak katik tuh waktu servis rem)
- swaktu kaliper di copot, cobalah tengok bagian belakang dari mounting kaliper tsb.. dibagian yg ane kasi anak panah merah tsb, terdapat pin kaliper berserta boot karet pelindungnya... nahh copotkan kedua pin kaliper tsb.. cara nya yahh tinggal ditarik doank ampe copot..
- bersihkan kedua pin kaliper tsb berserta boot karet nya... ganti boot karet tsb kalo uda getas atau sobek... jgn lupa bersihkan lobang pin kaliper tsb di mounting nya... caranya tinggal semprot penetrant yg banyak ke lobang nya dan gunakan kawat yg dibungkus kain dan sodok ke dalam sambil diputar2 utk dibersihkan... jgn sampai ada sisa penetrant di dalam lobang tsb karena penetrant melarutkan gemuk nanti nya... - pasang kembali boot karet tsb di mounting kaliper rem... lalu lumasi pin kaliper dan masukan pin kaliper tsb ke dalam lobang di mounting kaliper rem... gunakan rubber grease... tp kalo doyan bersih2 rem kaya ane sehh pake gemuk biasa jg gapapa..
- pasang kembali kampas rem di tempat nya.. dan berikan gemuk di ujung atas dan ujung bawah pegangan si kampas rem...
- terakhir pasang kembali kaliper rem dan kencang kan baut2 pengikat kaliper rem nya....
- selsai..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Mantab 
Tapi kok gambarnya gak muncul yaa, "not downloaded yet" katanya

Tapi kok gambarnya gak muncul yaa, "not downloaded yet" katanya

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
perawatan brikut nya ialah penggantian busi si ipah....
mobil boyo dan boros dan jadul macam si ipah ini tentu sensitip kalo ada part2 dari pengapian, supply bensin dan udara yg ga beres... dikit aja ga bagus, dijamin makin boyo dan boros...
nahh salah satu nya yahh si busi ini... kalo ane sehh biasa tiap 15 rebu km atau kalo kondisi si busi uda jelek yahh ane ganti... entah knapa busi si ipah (K20HR-U11) ini koq kualitas nya agak2 kurang bagus yahh... baru dipake jalan 5000an km aja uda gosong item gt keramik nya... 10 rebu km aja malah kadang uda ampe meletek gt keramik nya... tp yahh karena harganya jg murahh bangett yahh tinggal di lembiru.. beress...
pertama2... siapkan alat2 nya...
- kunci pas nomor 10
- kunci busi nomor 16
- busi - lap
- feeler gauge.. (bener ga nehh tulisan nya)
nahh stelah alat2 uda siap... saat nya ganti si busi... kalo niatnya cuman mau ganti busi.. baik nya lakukan saat mesin masi dingin... tp kalo niat nya mau tune up yahh panaskan mesin dulu...
- dengan kunci pas nomor 10... kendorkan baut2 di koil2 busi.. baut2 mounting si intake utk busi nomor 3 dan 4... enak nya sehh copotin tuh intake... karena posisi koil busi ke 3 ama 4 agak didalem, kehalang si intake
- copot jg 2 selang yg ane kasi anak panah merah tsb.. - stelah itu.. cabut selang intake tsb.. shg lebi memudahkan proses membuka busi nya.. - nahh skrg tinggal menggunakan kunci busi, buka busi yg lama dan ganti ke busi yg baru.. kalo ane sehh biasa buka busi yg no 4 alias yg plg deket ama firewall karena itu yg plg bkin cape ngebuka nya... terakhir baru si busi no 1.. - sblom pasang busi baru.. ada baik nya dicek dulu gap nya si busi dgn feeler gauge... std ipah 11 mm... tp kalo ane sehh biasa bkin jadi 10 mm aja..
- stelah selsai, tinggal reverse step2 yg diatas... selsaii..
* kencangkan busi 1/4 putaran aja... jgn kaya montir2 ndablek yg suka kencengin seenak jidat nya... hati2 kasus busi patah... bsa2 bongkar enjin head tuh.. dan jgn skali2 kasi gemuk di drat ulir s busi..
mobil boyo dan boros dan jadul macam si ipah ini tentu sensitip kalo ada part2 dari pengapian, supply bensin dan udara yg ga beres... dikit aja ga bagus, dijamin makin boyo dan boros...
nahh salah satu nya yahh si busi ini... kalo ane sehh biasa tiap 15 rebu km atau kalo kondisi si busi uda jelek yahh ane ganti... entah knapa busi si ipah (K20HR-U11) ini koq kualitas nya agak2 kurang bagus yahh... baru dipake jalan 5000an km aja uda gosong item gt keramik nya... 10 rebu km aja malah kadang uda ampe meletek gt keramik nya... tp yahh karena harganya jg murahh bangett yahh tinggal di lembiru.. beress...
pertama2... siapkan alat2 nya...
- kunci pas nomor 10
- kunci busi nomor 16
- busi - lap
- feeler gauge.. (bener ga nehh tulisan nya)
nahh stelah alat2 uda siap... saat nya ganti si busi... kalo niatnya cuman mau ganti busi.. baik nya lakukan saat mesin masi dingin... tp kalo niat nya mau tune up yahh panaskan mesin dulu...
- dengan kunci pas nomor 10... kendorkan baut2 di koil2 busi.. baut2 mounting si intake utk busi nomor 3 dan 4... enak nya sehh copotin tuh intake... karena posisi koil busi ke 3 ama 4 agak didalem, kehalang si intake
- copot jg 2 selang yg ane kasi anak panah merah tsb.. - stelah itu.. cabut selang intake tsb.. shg lebi memudahkan proses membuka busi nya.. - nahh skrg tinggal menggunakan kunci busi, buka busi yg lama dan ganti ke busi yg baru.. kalo ane sehh biasa buka busi yg no 4 alias yg plg deket ama firewall karena itu yg plg bkin cape ngebuka nya... terakhir baru si busi no 1.. - sblom pasang busi baru.. ada baik nya dicek dulu gap nya si busi dgn feeler gauge... std ipah 11 mm... tp kalo ane sehh biasa bkin jadi 10 mm aja..
- stelah selsai, tinggal reverse step2 yg diatas... selsaii..
* kencangkan busi 1/4 putaran aja... jgn kaya montir2 ndablek yg suka kencengin seenak jidat nya... hati2 kasus busi patah... bsa2 bongkar enjin head tuh.. dan jgn skali2 kasi gemuk di drat ulir s busi..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
waduhh... biasanya sehh kluar om... bentar ane coba kutak katik dulu yahAB1050 wrote:Mantab
Tapi kok gambarnya gak muncul yaa, "not downloaded yet" katanya
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
polishing throttle body
lanjutin lg ahh tret lama ane ttg perawatan si kebo vvti ini...
step awal nya adalah siapkan alat2... ane pake kunci ratchet dan sok ukuran 10 sama tang jepit aja... utk pengamplasan, ane pake amplas grid 360, 500, 1000... pake yg amplas utk besi (jgn yg kayu punya) stelah itu, cabut beberapa sekring di enjin bay dan fuse dibawah setir (pengalaman di lipina dl otak atik TB bkin check engine nyala) atau kalo mau gampang yahh cabut aki aja... fuse yg dicabut ECU-B (di enjin bay), EFI (enjin bey), ECU-IG (dibawah setir), ETCS (enjin bey), INJ (dibawah setir).. kondisi TB saat masih terpasang, belalai intake sudah di copot daleman TB yg permukaan nya masi blom halus.. daleman TB stelah di amplas, pertama pake yg 360, trus utk bkin alur nya ane pake yg 500, terakhir di halus kan dgn amplas 1000 sisi berikutnya jg di amplas... dibawah TB ada TB seal gasket with mesh... nahh fungsi mesh itu hasil gugling ane adalah utk trap benda2 asing, just in case kalo saringan udara nya jebol atau sobek atau kalo saat si belalai ada sobek... tp mesh ini jg yg bkin suara mesin agak bersiul atau kalo di ipah bensin yg ada bunyi sriiiingggg kalo pas lg di tarik... nahh mesh itu ane putuskan pake tang potong...
hasil uji coba sementara, suara mesin ga beda, putaran bawah mirip2 aja... putaran menengah ke atas lebi ngisi dikit....
step awal nya adalah siapkan alat2... ane pake kunci ratchet dan sok ukuran 10 sama tang jepit aja... utk pengamplasan, ane pake amplas grid 360, 500, 1000... pake yg amplas utk besi (jgn yg kayu punya) stelah itu, cabut beberapa sekring di enjin bay dan fuse dibawah setir (pengalaman di lipina dl otak atik TB bkin check engine nyala) atau kalo mau gampang yahh cabut aki aja... fuse yg dicabut ECU-B (di enjin bay), EFI (enjin bey), ECU-IG (dibawah setir), ETCS (enjin bey), INJ (dibawah setir).. kondisi TB saat masih terpasang, belalai intake sudah di copot daleman TB yg permukaan nya masi blom halus.. daleman TB stelah di amplas, pertama pake yg 360, trus utk bkin alur nya ane pake yg 500, terakhir di halus kan dgn amplas 1000 sisi berikutnya jg di amplas... dibawah TB ada TB seal gasket with mesh... nahh fungsi mesh itu hasil gugling ane adalah utk trap benda2 asing, just in case kalo saringan udara nya jebol atau sobek atau kalo saat si belalai ada sobek... tp mesh ini jg yg bkin suara mesin agak bersiul atau kalo di ipah bensin yg ada bunyi sriiiingggg kalo pas lg di tarik... nahh mesh itu ane putuskan pake tang potong...
hasil uji coba sementara, suara mesin ga beda, putaran bawah mirip2 aja... putaran menengah ke atas lebi ngisi dikit....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
om DOHC pake nick apa di KIOC ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
ane bukan anggota KIOC om... tp ini ane ngikutin step2 salah satu agan KIOC di kuskas...Turboman wrote:om DOHC pake nick apa di KIOC ?
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
next project...
- nozzel 12 holes
- ganjel TB pake packing
- upgrade busi ke iridium
* gaji ama bonus kapan turun yahh...
- nozzel 12 holes
- ganjel TB pake packing
- upgrade busi ke iridium




* gaji ama bonus kapan turun yahh...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Saya punya innova tahun 2007, bulan 3 apakah itu euro?, oh iya knalpot nya juga masih gede
Suaranya mesin dan exhaustnya emang beda jika dibanding gnki yang lebih soft dan halus
Nice car, 170 kpj masih sisa banyak pedal gas nya, sayang jika pake premium ngelitik nya ngak habis2
Suaranya mesin dan exhaustnya emang beda jika dibanding gnki yang lebih soft dan halus
Nice car, 170 kpj masih sisa banyak pedal gas nya, sayang jika pake premium ngelitik nya ngak habis2
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
2007 bln 3 kmungkinan masi non euro... coba aj bka kap mesin.. liat di posisi deket filter bensin ad tabung hitam gede ga... kalo ad.. berarti ud euro.. iu charcoal canister...
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
klo ane ingetnya, pembeda laennya klo om punya msh oem look, pada grill edisi non euro tdk ada kawat pelindung, sdgkan d edisi euro2 ad kawat pelindung d balik grillnya. CMIiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
tanya : kenapa drat busi nggak boleh dikasi gemuk?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Drat busi kl digemukin ad 2 efek om... kalo kena panas extreem mesin.. ntuh gemuk meleleh.. salah2 bsa merembes ke ruang bakar... apalagi pas lg d puter kan gemuk tsb jg ikut terdorong ke arah ruang bakar.... kmungkinan kedua adalah bkin drat ulir ke ulir d cyl head jd lengket... malah bkin susah pas mau d buka busi nya nanti
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Om dohc, ipah bensin bokap tahun 2012 kok agak ngelitik ya?
Kira2 kenapa ya?
Padahal dah pake bbm ron 92 terus dari baru
Pas ane ganti oli pake motul 10-40 sih berkurang ngelitiknya. Pas panas terik aja baru agak ngelitik dikit
Pas pake TGMO 10-40 buset ngelitiknya ngeri [emoji27]
Emang oli itu pengaruh ke ngelitik jga ya?
Odo sekarang 20.500an KM
Thx om [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
Kira2 kenapa ya?
Padahal dah pake bbm ron 92 terus dari baru
Pas ane ganti oli pake motul 10-40 sih berkurang ngelitiknya. Pas panas terik aja baru agak ngelitik dikit
Pas pake TGMO 10-40 buset ngelitiknya ngeri [emoji27]
Emang oli itu pengaruh ke ngelitik jga ya?
Odo sekarang 20.500an KM
Thx om [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
banyak parameter penyebab nya om...Jambangan wrote:Om dohc, ipah bensin bokap tahun 2012 kok agak ngelitik ya?
Kira2 kenapa ya?
Padahal dah pake bbm ron 92 terus dari baru
Pas ane ganti oli pake motul 10-40 sih berkurang ngelitiknya. Pas panas terik aja baru agak ngelitik dikit
Pas pake TGMO 10-40 buset ngelitiknya ngeri [emoji27]
Emang oli itu pengaruh ke ngelitik jga ya?
Odo sekarang 20.500an KM
Thx om [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
oli : kalo uda odo tinggi emang bsa bkin gelitik... ini ane alamin sendiri koq, tp utk oli kelas 5-30 dgn embel2 full syn dari macem2 merek yg ane coba, rata2 di atas 4000-5000 km baru mulai glitik
busi uda perna diganti ?? coba pake feeler gauge cek celah busi nya, usahain 11 mm... atau kalo dr baru ga perna di ganti yahh bole diganti aj skrg, murah koq, diatrium 4 bji cuman 50-60 rebu...
dari baru perna di carbon clean / engine conditioner / carbjet ga ??
sering kena macet ??
* tambahan : sayang amat om bbm uda ron 92 tp oli nya masi 10W-40... naekin ke 5w-30 aja... masi kinyis2 koq.. bahkan 0w-20 jg kayanya masi gapapa..... ipah jadul ane odo 150 rb aja masi gapapa dikasi 5w-30... bahkan perna ane kasi 0W-20..


Last edited by DOHC on Thu Oct 02, 2014 15:29, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
baca2 dari forum tetangga... ada beberapa pakar ipah vvt-i dsana yg mengatakan emg ipah bensin ini agak "kekurangan"... body gambot berat, mesin pas2an dgn torsi biasa aja, ditambah kompresi ckup tinggi plus delay dari TBW... makin klop lahh lemot ngeden dan glitik nya...
makanya dsana ada beberapa modif ringan yg dilakukan skedar tuning agar bsa sdikit mendongkrak performa nya... dari pemasangan ground cable, sejenis cincin besi yg dihaluskan di bagian jallur intake udara, poles TB, filter udara aftermarket....
kalo yg ud ane lakuin di ipah ane (vvt-i manual jadul masi non CC dan system open loop) agar tarikan nya lebi joss dan sdikit lebi irit
- filter udara pake aftermarket yg bahan kertas (merek sakur@ atau un10n) konon pori2 lebi longgar shg lebi bsa bernapas lega
- busi original ganti per 10 rb, celah ane stel ke 10 mm
- oli wajib 5w-30... embel2 full syn atau smi syn
- stelan CO ane puter2 agar putaran rpm pas idle ga tinggi amat
- poles TB
- stelan angin ban depan blakang 35 psi (kondisi dingin)
- tiap 10 rb km ritual semprot2 carbjet ke lobang busi
kayanya uda ckup lmayan sehh di kebo ane... glitik minim, tarikan moderate, kalo di tol ga malu2in amat...
makanya dsana ada beberapa modif ringan yg dilakukan skedar tuning agar bsa sdikit mendongkrak performa nya... dari pemasangan ground cable, sejenis cincin besi yg dihaluskan di bagian jallur intake udara, poles TB, filter udara aftermarket....
kalo yg ud ane lakuin di ipah ane (vvt-i manual jadul masi non CC dan system open loop) agar tarikan nya lebi joss dan sdikit lebi irit
- filter udara pake aftermarket yg bahan kertas (merek sakur@ atau un10n) konon pori2 lebi longgar shg lebi bsa bernapas lega
- busi original ganti per 10 rb, celah ane stel ke 10 mm
- oli wajib 5w-30... embel2 full syn atau smi syn
- stelan CO ane puter2 agar putaran rpm pas idle ga tinggi amat
- poles TB
- stelan angin ban depan blakang 35 psi (kondisi dingin)
- tiap 10 rb km ritual semprot2 carbjet ke lobang busi
kayanya uda ckup lmayan sehh di kebo ane... glitik minim, tarikan moderate, kalo di tol ga malu2in amat...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
kalo ipah matic memang lemot...
tapi kalo manual..ga lemot buat 2000cc koq om...lebih cepat dari livina yg 1500cc..
tapi kalo manual..ga lemot buat 2000cc koq om...lebih cepat dari livina yg 1500cc..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
montirangin wrote:kalo ipah matic memang lemot...
tapi kalo manual..ga lemot buat 2000cc koq om...lebih cepat dari livina yg 1500cc..


There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Om, gapapa ya ipah pake oli 5-30?DOHC wrote:banyak parameter penyebab nya om...Jambangan wrote:Om dohc, ipah bensin bokap tahun 2012 kok agak ngelitik ya?
Kira2 kenapa ya?
Padahal dah pake bbm ron 92 terus dari baru
Pas ane ganti oli pake motul 10-40 sih berkurang ngelitiknya. Pas panas terik aja baru agak ngelitik dikit
Pas pake TGMO 10-40 buset ngelitiknya ngeri [emoji27]
Emang oli itu pengaruh ke ngelitik jga ya?
Odo sekarang 20.500an KM
Thx om [emoji481]
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
oli : kalo uda odo tinggi emang bsa bkin gelitik... ini ane alamin sendiri koq, tp utk oli kelas 5-30 dgn embel2 full syn dari macem2 merek yg ane coba, rata2 di atas 4000-5000 km baru mulai glitik
busi uda perna diganti ?? coba pake feeler gauge cek celah busi nya, usahain 11 mm... atau kalo dr baru ga perna di ganti yahh bole diganti aj skrg, murah koq, diatrium 4 bji cuman 50-60 rebu...
dari baru perna di carbon clean / engine conditioner / carbjet ga ??
sering kena macet ??
* tambahan : sayang amat om bbm uda ron 92 tp oli nya masi 10W-40... naekin ke 5w-30 aja... masi kinyis2 koq.. bahkan 0w-20 jg kayanya masi gapapa..... ipah jadul ane odo 150 rb aja masi gapapa dikasi 5w-30... bahkan perna ane kasi 0W-20..![]()
Oh iya ipah ini emang sering kena macet om soalnya tiap hari dipake ke kantor bokap. Apa itu pengaruh ke ngelitik jg ya? Rpm rendah terus
Kalo busi baru ganti om pas servis 20rb KM kemaren
Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
nicee, nongkrong dulu ahh disini.. 

Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Baru kemren service besar 120rb di ipah 2004 manual bensin ane.
Ganti oli mesin, filter oli, gardan transmisi, sama tune up + ganti busi.
Dari dulu sampe skrg selalu isi premium, pake oli 10w40 terus dari dulu.
Kondisi masi bagus lah, ga perna ngelitik jg. Cuma emang agak boyo sih mobil ini.
Ganti oli mesin, filter oli, gardan transmisi, sama tune up + ganti busi.
Dari dulu sampe skrg selalu isi premium, pake oli 10w40 terus dari dulu.
Kondisi masi bagus lah, ga perna ngelitik jg. Cuma emang agak boyo sih mobil ini.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Asiiikk..nescafe wrote:nicee, nongkrong dulu ahh disini..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
boyo dibanding apa om?sintoni wrote:Baru kemren service besar 120rb di ipah 2004 manual bensin ane.
Ganti oli mesin, filter oli, gardan transmisi, sama tune up + ganti busi.
Dari dulu sampe skrg selalu isi premium, pake oli 10w40 terus dari dulu.
Kondisi masi bagus lah, ga perna ngelitik jg. Cuma emang agak boyo sih mobil ini.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
Yah ga tau ya om perasaan ane atau gimana. Kalo dibandingkan mobil mpv dengan harga segini kayak proton evora gitu, malah ane rasa veloz atau ertiga yg kelasnya dibawah aja lebih kenceng. Emang sih ini ipah bodi lebih gede, tapi kan enjin nya jg lebih gede.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: TUNING / Perawatan ringan ipah vvt-i non euro
om sintoni..
veloz kan avanza? ane pernah bawa avanza yg 1.5, kalo dibandingin ipah manual, sangat jauh bedanya dari segi tarikan maupun kenyamanan. Kalo yg matic memang benar, ipah matic itu bener2 boyo untuk tenaga segitu dan bobot segitu.
kalo exora belum pernah coba, cuman yg ane tau exora lebih kecil ccnya? hebat juga exora itu
veloz kan avanza? ane pernah bawa avanza yg 1.5, kalo dibandingin ipah manual, sangat jauh bedanya dari segi tarikan maupun kenyamanan. Kalo yg matic memang benar, ipah matic itu bener2 boyo untuk tenaga segitu dan bobot segitu.
kalo exora belum pernah coba, cuman yg ane tau exora lebih kecil ccnya? hebat juga exora itu