Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 22 Feb 2021, 02:11

Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by midrpm »

Halo om2 sekalian, mau tanya nih tentang rekondisi kaki2 mobil krn saya awam. Entah mengapa beberapa kali lewatin bengkel spesialis rekondisi kaki-kaki di daerah jaksel seperti j4ntra atau l1li hj nawi selalu rame, apakah memang se worthed itu kah kalo kita rekondisi kaki2? Atau jangan2 malah harganya mirip2 dengan ganti baru?

1. Kira2 kalo rekondisi part kaki2 apakah aman ya untuk mobil? Dalam artian awet dan sama kah rasanya dengan penggantian part baru? Baca2 katanya bikin kaki2 jadi lebih keras.
2. Kira2 part kaki2 apa saja yang memang biasa paling sering dan bisa di rekondisi? Pernah denger2 kalo part seperti:

-Shockbreaker
-Tierod
-Long tierod
-Link Stabil

Lebih baik ganti baru karena tidak sepadan dengan harga barunya, dan risiko rusak juga ada seperti contoh shockbreaker yg gampang sekali bocornya (meskipun biasanya ada garansi ya dari bengkel rekondisi). Sedangkan klo part baru harganya lebih mahal sedikit, namun jaminan lebih awet.

Terima kasih buat rekan2 yg mau share
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by mike22 »

Mobil2 yg part ny susah tentu butuh bengkel yg bs rekondisi, makany selalu rame dan kl di beres lbh mahal berkali-lipat tagihannya, dan ga boleh bwa part dr luar jg.
Belum lg ppn, 10% dari 5jt sudah 500rb kan.
Kl shockbreaker ttep mendingan beli baru drpd diakalin.
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: 26 Apr 2009, 23:30

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by omenRoo »

pernah coba rekondisi shock karena bocor sebelah. biayanya sepertiga harga shock baru 1pc. kenapa rekondisi, karena kalo beli baru harus sepasang (2pcs). selisihnya banyak. shock rekondisi tadi garansi 6 bulan, dan bener sih awet aja lewat dari masa garansi. tapi setelah itu, shock sebelahnya ikut bocor juga. entah karena memang umurnya atau karena shock rekondisi pasangannya. akhirnya beli shock baru sepasang.

kalo gw pikir, rekondisi itu kemungkinan berhasilnya 50:50. kalo beruntung bisa bertahan, kalo apes ya gak lama rusak lagi. coba liat review bengkel kaki2 di google maps, selalu ada review kecewa dan jumlahnya gak sedikit.

rekondisi itu pilihan sih. misalnya gak sayang2 amat sama mobilnya, gak akan dipake lama, mau dijual, atau bujet perbaikan terbatas :big_childish:

tierod, long tierod, balljoint, link stabil, rasanya gak bisa di rekondisi deh, cmiiw. tapi biasanya ada bbrp merk diluar genuine parts. yang bermerk ada, KW juga ada. balik lagi ke bujet..

kalo buat dipake lama dan awet, parts asli worth it.. atau sekalian upgrade pake performance parts
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by lemonadelovers »

Kalau mobil untuk dipakai sendiri dan msh digunakan untuk bbrp th kedepan better beli yg asli. Kalaupun berat bsa pakai aftermarketnya semacam 555. Tp untuk shockbreaker mutlak beli baru dan original beres
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by ariswp »

saya ke jantr4 sekali
niatnya emang mau servis EPS si RE yg saat itu usia 10 tahun mulai bunyi klutuk2 dibawah setir, ketimbang di beres mesti divonis ganti segelondong assy DC 15juta, meskipun yang rusak hanya shell/selongsong teflonnya (gigi cacing masi aman)
Setelah pengecekan semua, EPS dilakukan rekondisi shellnya, gigi cacing dibongkar, gigi cacing dibersihkan dan dilumasi ulang pake grease warna biru muda saya lihat
Support shock ganti yang kw, shockbreaker belakang direkondisi

Ya emang murah sih, saya cocok sama pengerjaan servis EPSnya ini udah jalan 5 tahun masih senyap, bunyi kriet2 di depan dashboard penumpang depan juga hilang (ini support shock)
Tapi yang kecewa ya rekondisi shockbreakernya
Setelah direkon gak sampe seminggu salah satu ada yg meler lagi, klaim garansi lagi, dibenarin, hasilnya tetep aja gak nyaman,
Embel2 garansi 2 tahun buat saya gak ngaruh sih klo kudu bolak balik bengkel
Saran saya mending klo mau servis kaki2 cari bengkel spesialis kaki, cek mana aja yg perlu diganti, beli part online yang asli (ini hati2 banyak part palsu ngaku asli di onlen terutama shock)
Long tie rod, link stabil bolehlah pake 555, tapi klo uda shock, shockbreaker, cv joint mending asli ajah

Buat saya bengkel rekondisi macem jantr4 itu buat yg kepepet dana dan waktu
Mereka montirnya buanyak, satu mobil kadang dikerjakan 3 sampe 4 orang, peralatan lumayan lengkap, hasil cepat bisa 3 jam kelar (sering lho servis kaki bisa nginap semalam dua malam)
tapi yaitu, hasilnya kadang gak maksimal, dibilang murah juga kagak,
Terbantu ruang tunggu yg cukup proper ketimbang bengkel kaki2 pinggiran lainnya yg relatif "kumuh" dan "panas" padahal hasil pengerjaannya kadang bisa lebih baik
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 11 Apr 2021, 07:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by nicholasmun »

saya pernah service kaki2 (shockbreaker khususnya) di bengkel Shockbreaker FCS sama Kang Fery untuk Mobil HRV.

Modelnya Shockbreaker asli dipasangin per double rebound, dan gas + minyaknya diisi ulang.

Saat itu pertimbangannya mo cari Shock Kayaba Excel G buat gantiin shock ori HRV yg udah membal2, tapi barang lagi abis di Marketplace. Plus kalo dihitung2 beli shock ori di beres vs beli shock kayaba vs modif shock di bengkel FCS lebih murah ke FCS.

So far puas sih, mobil ditinggal sekitar 4 jam, udah selesai. datang jam 10, jam 2an udah selesai.

Efeknya berasa bgt pas naik ke Japek elevated. sebelum pasang double rebound, bantingan di japek saat kecepatan 90-100 udah kaya naik kapal ngayun kemana2 (mungkin faktor shockbreaker udah lemah jg) dan bantingan cukup dalam. setelah pasang double rebound, bantingan lebih forgiving, dan mobil lebih firm saat di kecepatan tinggi.
User avatar
riizv89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 12 Apr 2017, 12:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by riizv89 »

Rekondisi sebenarnya bukan rekondisi semua, ada part macam tie rod, long tie rod, end tierod pakai brand new kok..
Mungkin jika tidak terlalu parah, ganti karet2nya.. namun jika tidak bisa diselamatkan biasanya pakai baru.. saya cenderung pakai yang baru, mereka sudah sediakan dan kebanyakan ready stok.
Pengalaman di Jantr* malah mengecewakan, waktu servis EPS.. masih ada bunyi ketika setir diputar saat nanjak/turunan masuk garasi rumah, nah disini masalah bunyi2an kelar.. sehingga saat ke beres Ahond tidak disarankan ganti racksteer lagi.. sebelumnya dari Jantr* masih didiagnosa racksteer perlu ganti saat servis di Ahond.. wkwk
Sekarang setir rasanya lebih berat memang, tapi worry free bunyi2an dan lebih enak dari kondisi sebelumnya.

blackncp91
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by blackncp91 »

Sekitar awal 2020 pernah coba rekondisi steering rack yaris bakpao yg kebetulan udah meler greasenya, pas dibongkar sama montrinya ternyata itu steering rack udah pernah diakalin juga sama owner sebelumnya (diganjal selembar plat kaleng bekas kemasan margarin di bagian selongsongnya, entah buat apa fungsinya saya ga gitu perhatikan juga), jadi yasudah sy putuskan utk rekondisi di bengkel mereka. Namun, setelah itu ya setir jadi agak berat, kalo abis putaran u-turn yg biasa setir balik sendiri, ini malah kaku diam di posisinya... alhasil mobil jadi berasa kurang nyaman dipakai.

Akhirnya sekitar setelah 1 tahun dibetah-betahin pakai setir berat,diputuskan beli steering rack KW merk Heikers dgn harga ga beda jauh dgn ongkos rekondisi.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by Omnibus »

kl ngeliat kondisi jalanan kita yg ga di tol ga di jalan biasa banyak lobangnya, banyak betonan gujlik2, pastinya bengkel kaki2 ga pernah sepi. jd kl mau bikin bengkel, bikinlah bengkel spesialis kaki2 krn pasiennya banyak. :mky_03:

apa aja yg bisa dikerjakan disitu?
biasanya yg berhubungan sm karet2 spt
bushing arm (diganti pake polyurethane),
karet stabil (karet roti pake PU juga).
kl support shock biasanya nyetok tp kw.
shock absorber bisa direpair
n yg paling femes, servis rack steer. dr mulai ganti bushing plastiknya jd PU, sampai nambah daging di rack n pinionnya.

awet ngga?
kl bushing diganti PU biasanya lbh awet drpd ori nya yg karet. tp naikan jg biasanya jd lebih keras krn PU lbh tough drpd karet.
kl bushing rack steer diganti PU awet juga tp spt sdh dimention sebelumnya, feel setirnya jd beda terutama urusan setir berat dan ga mau balik ke tengah sendiri. tp khusus yg urusan nambah daging di rack n pinion ini sih menurut sy cuma cocok utk ngakalin mobil yg mau dijual. sama sekali ga akan masuk std QC lah baik dr segi daya tahan ataupun smoothness.
ttg ball joint, tie rod, long tie rod, link stabil itu barang kl diluaran harganya ga terjangkau kayanya bakalan bisa "diakalin" juga, tp berhubung replacement parts banyak yg murah ya pasien pada ganti baru aja.
oya sama karet boot juga jd barang kw yg disetok.

sy sih belum pernah mampir ke spesialis kaki2 kecuali jaman sma dulu pas fulus cekak. cuma sampe skrg sering merhatiin aja. cara kerjanya yg main keroyokan udah bikin sy ga napsu duluan. dan dr yg sy perhatiin (di yutup atau real life dr jaman dulu) belum pernah ada yg ngencengin baut2 arm dan shock dgn cara di preload dulu. big difference thd ride quality dan parts durability.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by ChZ »

rekondisi itu liat dulu kerusakannya gimana dan rekondisinya gimana.

kaki kaki itu soalnya biasa satu bagian di rekondisi, nanti nyusul bagian lain yang rusak krn gak bisa liat cuma part per part. musti liat keseluruhannya dan case by case bisa berbeda.

yang sulit kaki kaki itu banyak sekali karet dan joint dan tiap bengkel opininya bisa beda. ada yg masih kondisi 75% udah dibilang jelek hrs ganti (bengkel resmi sih gini seringnya), ada yg udah 25% oblak gak karuan masih dibilang gakpapa dikasih grease doank :big_biglaugh: blom faktor user. ada yang usernya pelit abis saking gak mau keluar uang ampe kiamat cuma dikasih grease terus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 06 Aug 2015, 13:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by riisesky »

pengalaman sekali ke j****a lebak bulus,

rekondisi C11 kaki depan abis sekitar 8'an cuma bertahan setaun udah orkestra lagi itu kaki2, akhirnya cari part baru di toko ijo malah abisnya ga sampe 5 sama jasa pasang....

pas rekondisi kaki depan juga nanya kaki belakang langsung ditembak sama kaya serena minta 3jt, langsung auto cancel
Last edited by riisesky on 24 Feb 2022, 13:04, edited 1 time in total.
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
veyvez
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: 13 Jan 2016, 21:50

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by veyvez »

ga pernah rekondisi kaki2. better beli baru aja, kalo mobil eropa kwnya banyak (lemforder etc) jepunan ori aja atau 555 murah.

bengkel kaki2 yang pernah didatengin :
- sinar mas akhiong, ko akhiongnya baik bgt dan diagnosa mayan tepat. harga part dan jasa agak mahal tp kerjaan rapi.

- bengkel kaki2 pinggir jalan di radin inten sebelah bengkel bmw, ini bukan saya yang datengin tp bokap. jadi ceritanya pas ganti velg 20" sekalian spooring, ketauanlah tie rod goyang parah (bener2 goyang dikit lg copot). posisi mobil abis dibawa 200kpj dan anteng senyap jd tenang2 aja, langsung panik abis itu. titiplah mobil di bengkel velg krn mau ditowing aja besoknya ke bengkel temen, ga berani bawa takut beneran copot di jalan. taunya bokap tanpa sepengetahuan ane ambil mbl dan bawa ke bengkel kaki2 pinggir jalan itu. sial bgt ini bengkel, getok harga+manfaatin bokap yg ga ngerti mobil ditakut2in semua kena jd abis 7jt total. kerjaan kacau juga mobil geter dikit steer kl start n bunyi kalo dibawa ngebut (masang baliknya ada yg geter kayakny) skrg uda ilang sih. nama bengkel lupa saking jeleknya tp anehnya dia selalu rame kl saya lewat.

kalo mobilnya ahond coba tanya ke beres, saya selalu beli part kaki di beres lebih murah dr di luaran dan kerecord enaknya. part lain jg sama. ahond mahal di jasanya aja getok bgt hahha.
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"

biar cepat asal selamat~
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by whitehorse4 »

Berarti mending beli part baru di beres terus minta pasangin di spesialis kaki² gitu ya om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by marmut »

whitehorse4 wrote: 24 Feb 2022, 18:42 Berarti mending beli part baru di beres terus minta pasangin di spesialis kaki² gitu ya om?


masalah beli dimana, pilihan masing-masing, bebas.
pasang di spesialis kaki, sudah pasti mereka bisa pasang dengan cepat tanpa masalah karena sudah keseharian makan tidur dengan terot boljoin as roda dkk.

pertanyaan saya, apa spesialis kaki itu bisa pasang dengan benar sesuai standar pabrik?

ganti control arm misalnya, di-pre load kah?

ngencengin murbaut, under torq atau over torq?

masang ban dan ngencengin lug nut, pake pipa berapa meter?

*colek mbah
DOHC
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by Omnibus »

whitehorse4 wrote: 24 Feb 2022, 18:42 Berarti mending beli part baru di beres terus minta pasangin di spesialis kaki² gitu ya om?
bisa gitu. tp ga enaknya pas pasang musti diliatin beneran ga dipasang yg genuine kita punya, jangan2 dituker lagi sama barang kw diem2. bukan maksudnya negatif thinking sm orang tp tau sendiri parts genuine biasanya lbh mahal dan dapetnya susah hrs inden, "semua orang" jg mau bayarin. masalahnya kl kita tongkrongin ngeliatin si montir akan merasa ga nyaman. jd yah harus sambil beliin kopi n cemilan spy jaga hubungan aja sambil ngobrol2 ringan. ide bagus atau bukan ya tergantung sm siapa kita berhadapan juga hahaha.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by josomba »

whitehorse4 wrote: 24 Feb 2022, 18:42 Berarti mending beli part baru di beres terus minta pasangin di spesialis kaki² gitu ya om?
Saya termasuk yg kek gini. Kalau memang part tidak ada substitusinya (555,RBI, atau merk2 lain) yauwes saya beli di BeRes, saya pasang di mbah yang di bawah ini. Contoh kasus terakhir saya beli di BeRes pasang di mbah marmut, beli gelang karet (gasket) untuk intake manifold dan throttle body.
marmut wrote: 24 Feb 2022, 18:57
masalah beli dimana, pilihan masing-masing, bebas.
pasang di spesialis kaki, sudah pasti mereka bisa pasang dengan cepat tanpa masalah karena sudah keseharian makan tidur dengan terot boljoin as roda dkk.

pertanyaan saya, apa spesialis kaki itu bisa pasang dengan benar sesuai standar pabrik?

ganti control arm misalnya, di-pre load kah?

ngencengin murbaut, under torq atau over torq?

masang ban dan ngencengin lug nut, pake pipa berapa meter?

*colek mbah
DOHC
Kang, nyari bengkel yg tools-nya presisi kek ngana bagaikan nyari jarum dalam jerami.


:big_weee:
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by marmut »

josomba wrote: 25 Feb 2022, 09:30

Kang, nyari bengkel yg tools-nya presisi kek ngana bagaikan nyari jarum dalam jerami.


:big_weee:


pasti banyak kang, malah lebih canggih. ga mungkin kalo gaada.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by ChZ »

josomba wrote: 25 Feb 2022, 09:30
Kang, nyari bengkel yg tools-nya presisi kek ngana bagaikan nyari jarum dalam jerami.


:big_weee:
klo sama mbah marmut nanti di redirect ke thread hand tools.... :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by josomba »

ChZ wrote: 25 Feb 2022, 10:24
josomba wrote: 25 Feb 2022, 09:30
Kang, nyari bengkel yg tools-nya presisi kek ngana bagaikan nyari jarum dalam jerami.


:big_weee:
klo sama mbah marmut nanti di redirect ke thread hand tools.... :mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Disuruh ujian dulu ya mbah
Image
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by ricz »

Logikanya kalo barang direkondisi pasti feelnya gak akan persis seperti aslinya meskipun dlm segi durability lebih tahan (e.g : steering rack, direkondisi / dibubut pasti akan lebih berat meskipun scr durability akan lebih tahan ketika melalui jalanan third world country ala negara kita tercinta ini)

Kalo mau feel seperti aslinya dgn durability yang sudah pasti mirip" aslinya, ya mau gak mau ttp ganti assy nya...

Cuma kalo shock, entah kenapa agak skeptis kalo direkondisi.... Ngerinya rebound shock jadi gak seenak shock baru, dan parts kaki" yg laen jadi kemakan dikarenakan rebound shock yg gak sesuai standard... Kalo menurut nubie sih mendingan ambil shock baru aja deh, yang merk aftermarket kaya KYB gitu yg lebih murah jauh lebih baik drpd shocknya direkondisi...

Kecuali kalo budget anda cekak, atau mobil ga akan dipake dlm jangka waktu panjang ya gak masalah...
2021 Fortuner VRZ
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by Or4cle »

Secara budget rugi kalau rekondisi kaki - kaki, kudu anggaran 2x ongkos bengkel buat perpanjang pemakaian beberapa bulan doang.
Hitungannya pasti lebih ekonomis siapkan budget untuk pengantian spareparts.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by yanuarra »

josomba wrote: 25 Feb 2022, 09:30
whitehorse4 wrote: 24 Feb 2022, 18:42 Berarti mending beli part baru di beres terus minta pasangin di spesialis kaki² gitu ya om?
Saya termasuk yg kek gini. Kalau memang part tidak ada substitusinya (555,RBI, atau merk2 lain) yauwes saya beli di BeRes, saya pasang di mbah yang di bawah ini. Contoh kasus terakhir saya beli di BeRes pasang di mbah marmut, beli gelang karet (gasket) untuk intake manifold dan throttle body.
marmut wrote: 24 Feb 2022, 18:57
masalah beli dimana, pilihan masing-masing, bebas.
pasang di spesialis kaki, sudah pasti mereka bisa pasang dengan cepat tanpa masalah karena sudah keseharian makan tidur dengan terot boljoin as roda dkk.

pertanyaan saya, apa spesialis kaki itu bisa pasang dengan benar sesuai standar pabrik?

ganti control arm misalnya, di-pre load kah?

ngencengin murbaut, under torq atau over torq?

masang ban dan ngencengin lug nut, pake pipa berapa meter?

*colek mbah
DOHC
Kang, nyari bengkel yg tools-nya presisi kek ngana bagaikan nyari jarum dalam jerami.


:big_weee:
Iya lah.. suhu andalan aing gitu loh... :upss:
Jordiansyah007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: 29 Jul 2016, 16:01

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by Jordiansyah007 »

Kira2 umur kaki2 mobil skg kuat berapa taun ya kalo liat kondisi jalan kek skg gini :big_think: :big_think:
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: 23 Dec 2016, 01:18

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by Jan07 »

Sekalian numpang tanya om,jazz gd3 saya akhir2 ini kalo lewat jalan bebatuan yg ga terlalu besar kaya dikomplek dia bunyi kaya besi beradu dikaki2 depan kira2 apa nya ya om ?Terimakasih.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Bengkel rekondisi kaki-kaki, worthed kah?

Post by kenop »

Jan07 wrote: 26 Feb 2022, 00:07 Sekalian numpang tanya om,jazz gd3 saya akhir2 ini kalo lewat jalan bebatuan yg ga terlalu besar kaya dikomplek dia bunyi kaya besi beradu dikaki2 depan kira2 apa nya ya om ?Terimakasih.
Coba cek mangkok support shock nya, gd3 sy dl jg kayak gt soale
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post