Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Balalaika
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sun Mar 10, 2019 0:53
Location: Denpasar/Serpong
Daily Vehicle: E46 323i

Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Balalaika »

Halo para suhu-suhu SM,

Saya cuma mau sharing pengalaman otak-atik radiator BMW (khususnya E30/36/46/34/39) dan cara supaya lebih reliable. Saya pernah nulis hal serupa di modcom, Quora, Medium, jadi sekalian saya nulis hal yang sama di SM.

Problem
Masalah utama yang dikeluhkan pengguna BMW adalah radiatornya kurang awet. Selalu saja ada acara bocor halus yang berujung pada overheat.

Sumber Masalah #1 & Solusi
Salah satu sumber masalah adalah selang heater pada BMW, Mercedes dan mobil-mobil diatas 400 jutaan terkini. Selang heater mengambil panas dari air radiator mobil dan mensirkulasikan ke sistem AC, sehingga kalau ada bocor di bagian ini seringkali tidak kelihatan karena letaknya dibalik dashboard. Kalaupun ada tetesan seringkali dikira air AC (khususnya yang tidak memakai coolant berwarna), atau terlanjur menguap karena sumber air dari selang heater terletak dibelakang cylinder head, diatas gearbox. Paling umum terjadi di mesin BMW M40 & M43.

Solusi yang paling sering dilakukan dan memang proven berhasil adalah melakukan bypass selang heater supaya kembali ke radiator lewat jalur samping (biasa disebut pipa cangklong).

Sumber Masalah #2 & Solusi
Kita sering mendengar kalau komponen radiator BMW banyak yang menggunakan plastik, dan ini benar. M40 & M43 banyak sekali komponen plastik yang terhubung ke blok mesin, dan tidak semuanya memiliki upgrade ke aluminium. Konektor selang heater dan pemanas throttle body dibelakang cylinder head M43 hanya tersedia dari bahan plastik, sedangkan M40/50/52 setahu saya full logam. M50, M52 dan M54 juga punya upgrade aluminium untuk thermostat housing, water pump impeller. M43 setahu saya tidak punya upgrade housing thermostat logam, khusnya M43TU di E46.

Jadi solusinya kalau saya pribadi mengganti bagian-bagian ini ke aluminium, khususnya thermostat housing. Thermostat housing M52 saya pernah bocor halus yang mengakibatkan tekanan di radiator berkurang, hasilnya air radiator menguap sedikit demi sedikit, tiap minggu harus isi kurang lebih setengah liter.

Sumber Masalah #3 & Solusi
Sering lihat radiator BMW jebol kan? Permasalahannya ada pada tutup radiator. Tutup radiator yang paling sering digunakan adalah tutup 200 (2 bar/200 kPa). Masalahnya ada 2:

1. Kalau lihat service manual Haynes & Bentley, mesin 4 silinder M40 & M43 harus pakai tutup 140. Mesin 6 silinder boleh pakai tutup 200 tapi lihat poin #2
2. Radiator BMW (baik 4 silinder maupun 6 silinder) didesain untuk menahan tekanan sampai 1.5 bar saja (150 kPa, sumber dari Haynes&Bentley manual juga). Artinya sebelum tutup radiator 200 mengeluarkan tekanan berlebih (misalnya thermostat buntu atau mesin panas karena extra fan mati), radiatornya yang kalah duluan. Makanya sering kejadian radiator meledak.

Tutup radiator 200 ini mencegah gelembung udara terjadi ketika mesin panas karena dipacu pada putaran tinggi, akan tetapi tutup 140 lebih aman untuk dipakai daily use. Sebagai gambaran, pada 100 kPa (1 bar), air biasa baru mendidih di 130 derajat. Jadi tutup 140 harusnya aman untuk dipakai, apalagi kalau pakai coolant yang titik didihnya dari awal lebih tinggi daripada air biasa. Pada E30 baik E39, keduanya saya pakai tutup 140, dan air radiator tidak berkurang pada temperatur mesin 90-94 derajat.

Saran saya kalau baru ganti tutup 140, sering-sering di cek level coolantnya, karena meskipun milik saya tidak berkurang, belum tentu milik anda tidak berkurang. Bisa saja bagian lain ada bocor halus dan kebetulan terjadi saat tutupnya diganti.

Sumber Masalah #4 & Solusi
Thermostat. Thermostat BMW pada mesin-mesin ini (selain E46 dan E39 facelift) bisa ditukar satu sama lain (BEHR BMW TX28 dan Mercedes Benz TX18/28), bahkan ke Mercy Boxer, tapi operating temperatur dan sensor bimetal extra fannya beda-beda semua. Sebagai contoh:

-BMW M52 E39 dipasangkan Mercedes TX18 71D. Bukaan thermostatnya di 71 derajat, tapi sensor fan M52 low speednya di 91 derajat, high speednya di 97 apa 98 derajat. Hasilnya? Temperatur mesin fluktuasi, kalau malam dan lancar di 71 derajat, kalau siang panas terik dan macet di 91-94 derajat. Sebetulnya tidak masalah, tapi kalau mau temperaturnya konstan solusinya pakai Mercedes TX18 87D (87 derajat), atau BMW TX28 92D.

-BMW M43 E36 dipasang BMW TX28 92D. Bukaan thermostatnya di 92 derajat. Tapi sensor fan M40/43 itu low speed di 80 derajat, dan high speed di 88 derajat. Hasilnya? Extra fan nyala di high speed terus, extra fan cepat habis brushnya. Solusinya pakai Mercedes TX28 80D, atau maksimal pakai Mercedes TX18 87 derajat.

Semoga postingan saya membantu.. intinya jangan terlalu takut sama BMW tahun 90an, kalau masalah radiator ini sudah paham dan tahu solusinya, sisanya kayak memelihara mobil Jepang saja.

-FT-
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Dat510 »

Balalaika wrote: Wed Jan 20, 2021 0:58
Mantap terima kasih ilmunya mbah suhu.. Radiator BMW lumayan reliable sebenernya, punya saya baru ganti setelah 12 tahun karena retak rambut (E46 325i).
Yang masalah tutup kayanya banyak yg dikasih tutup 200 om, punya saya juga 200, tahun lalu reservoir nya yang belah karena thermostat mampet. Harus nya 140 aja cukup ya? Coba saya cari dlu ah.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by mpvlover »

Postingan yg luar biasa informatip

Usul dijadikan archive atau sticky
Balalaika
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sun Mar 10, 2019 0:53
Location: Denpasar/Serpong
Daily Vehicle: E46 323i

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Balalaika »

Dat510 wrote: Wed Jan 20, 2021 4:37
Balalaika wrote: Wed Jan 20, 2021 0:58
Mantap terima kasih ilmunya mbah suhu.. Radiator BMW lumayan reliable sebenernya, punya saya baru ganti setelah 12 tahun karena retak rambut (E46 325i).
Yang masalah tutup kayanya banyak yg dikasih tutup 200 om, punya saya juga 200, tahun lalu reservoir nya yang belah karena thermostat mampet. Harus nya 140 aja cukup ya? Coba saya cari dlu ah.
M54 seharusnya bisa ya om karena operating temperaturnya 6 silinder mirip mirip. Saya di M52 juga pakai tutup 140, bedanya selang radiator lebih lemas, kalau 200 apalagi reservoir radiator diisi full serasa pegang batu. Gak heran bocor bocor.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Dat510 »

Balalaika wrote: Wed Jan 20, 2021 6:01
Dat510 wrote: Wed Jan 20, 2021 4:37
Balalaika wrote: Wed Jan 20, 2021 0:58
Mantap terima kasih ilmunya mbah suhu.. Radiator BMW lumayan reliable sebenernya, punya saya baru ganti setelah 12 tahun karena retak rambut (E46 325i).
Yang masalah tutup kayanya banyak yg dikasih tutup 200 om, punya saya juga 200, tahun lalu reservoir nya yang belah karena thermostat mampet. Harus nya 140 aja cukup ya? Coba saya cari dlu ah.
M54 seharusnya bisa ya om karena operating temperaturnya 6 silinder mirip mirip. Saya di M52 juga pakai tutup 140, bedanya selang radiator lebih lemas, kalau 200 apalagi reservoir radiator diisi full serasa pegang batu. Gak heran bocor bocor.
M54 city driving kisaran 97-99 om, highway / high speed fluktuasi 75 - 95..
Oke om saya mau coba ni pake tutup 140 juga.
mattsebastian7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun May 15, 2016 5:22

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by mattsebastian7 »

Wah mantep ini sih informasi yang sangat berguna om :big_exellent: terima kasih sudah di share :off_good_job:

Saya kebetulan bbrp bulan lagi mau nyari E46, tapi masih menimbang2 antara M43, M52/54, atau N46

Kalau dilihat dari info diatas, M43 belum ada substitusi aluminiumnya ya, nah ini apakah cooling system nya butuh perhatian extra ya? Mengingat heat output 4cyl vs 6cyl berbeda juga.

Kalau untuk N46 apakah mayoritas plastik juga ya?

Nanti kalau sudah dapat unitnya rencana mau diremajakan semua cooling system biar aman
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by mpvlover »

M54 engine non turbo terbaik sepanjang masa di kolong langit tiada lawan tiada tanding kebal racun seribu bisa monyet memetik buah bangau sakti terbang ke awan ekonomi meroket tapi ga jadi jadi
Balalaika
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sun Mar 10, 2019 0:53
Location: Denpasar/Serpong
Daily Vehicle: E46 323i

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Balalaika »

Dat510 wrote: Wed Jan 20, 2021 6:11
M54 city driving kisaran 97-99 om, highway / high speed fluktuasi 75 - 95..
Oke om saya mau coba ni pake tutup 140 juga.
fluktuasi 75-95 berarti pakai thermostat 71 ya om? Setahu saya sih kalau thermostat 90 nggak bakal drop dibawah 88-90an temperaturnya.
mattsebastian7 wrote: Wed Jan 20, 2021 6:35 Wah mantep ini sih informasi yang sangat berguna om :big_exellent: terima kasih sudah di share :off_good_job:

Saya kebetulan bbrp bulan lagi mau nyari E46, tapi masih menimbang2 antara M43, M52/54, atau N46

Kalau dilihat dari info diatas, M43 belum ada substitusi aluminiumnya ya, nah ini apakah cooling system nya butuh perhatian extra ya? Mengingat heat output 4cyl vs 6cyl berbeda juga.

Kalau untuk N46 apakah mayoritas plastik juga ya?

Nanti kalau sudah dapat unitnya rencana mau diremajakan semua cooling system biar aman
M43 dan 4 silinder BMW E46 setahu saya rata-rata masih pakai plastik. Cuma bedanya di E46 udah kayak M54, thermostatnya jadi satu dengan housingnya, jadi sekali ganti sekalian dengan housing.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Dat510 »

Balalaika wrote: Wed Jan 20, 2021 8:55
Dat510 wrote: Wed Jan 20, 2021 6:11
M54 city driving kisaran 97-99 om, highway / high speed fluktuasi 75 - 95..
Oke om saya mau coba ni pake tutup 140 juga.
fluktuasi 75-95 berarti pakai thermostat 71 ya om? Setahu saya sih kalau thermostat 90 nggak bakal drop dibawah 88-90an temperaturnya.
Dlu saya ngga merhatiin rate temp nya Om. Cuma bilang ke bengkel ganti thermostat. wkwk
mattsebastian7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun May 15, 2016 5:22

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by mattsebastian7 »

Balalaika wrote: Wed Jan 20, 2021 8:55 M43 dan 4 silinder BMW E46 setahu saya rata-rata masih pakai plastik. Cuma bedanya di E46 udah kayak M54, thermostatnya jadi satu dengan housingnya, jadi sekali ganti sekalian dengan housing.
Hmm mayoritas plastik ya, oke deh brarti perlu cek teliti nih bagian ini. Padahal secara mesin M43 tergolong reliable.
Ooh jadi satu ya ternyata dengan housingnya, baru tahu saya om. Terima kasih infonya :big_peace:
Balalaika
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sun Mar 10, 2019 0:53
Location: Denpasar/Serpong
Daily Vehicle: E46 323i

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Balalaika »

Untuk yang M43 TUnya E46 nyatu ya om kalau gak salah.

Kalau bicara perawatannya paling mudah dan murah, memang M43 juara. Tapi kalau bicara reliability, honestly saya masih voting M50/M52/M54.
ridwanysf
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Dec 02, 2021 23:49
Location: Jakarta Timur
Daily Vehicle: E36 M43B18

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by ridwanysf »

Informasinya sangat bermanfaat om :big_deal:
Sekalian mau nanya, saya sekarang lagi pegang E36 M43, kondisi cooling systemnya gini:
1. Pake tutup radiator 200
ridwanysf
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Dec 02, 2021 23:49
Location: Jakarta Timur
Daily Vehicle: E36 M43B18

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by ridwanysf »

Informasinya sangat bermanfaat om :big_deal:
Sekalian mau bertanya, saya saat ini pegang E36 M43. Kondisi cooling systemnya gini:
1. Pake tutup radiator 200
2. Switch temperature radiator 91–99 derajat
3. Pake dua fan, depan belakang
4. Motor electric fan pake punya jepangan yg 1 speed
5. Termostat kurang tau pake yg berapa derajat
6. Coolant pake prestone
Permasalahan yg saya rasain ini electric fan sering telat nyala, indikator suhu udah lewat 1/2 menuju 3/4 tapi tetep ngga nyala dengan kondisi mobil berhenti dan AC off. Jadi harus ditrigger hidupin ac biar fan nya nyala dan suhu balik ke 1/2.
Saya udah coba cek ngejumper ke lubang soket electric fan, kedua soket high dan low hidup, walaupun emang jadinya sama2 cuma 1 speed aja.
Selama mobil jalan lancar tanpa AC dan macet2an dengan AC hidup temperature aman, ngga naik.
Diagnosa saya sih coba pake switch yg 80-88 derajat yaa. Kira2 gimana om solusinya?
Balalaika
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sun Mar 10, 2019 0:53
Location: Denpasar/Serpong
Daily Vehicle: E46 323i

Re: Bikin Radiator BMW Lebih Reliable?

Post by Balalaika »

ridwanysf wrote: Fri Dec 03, 2021 0:02 Informasinya sangat bermanfaat om :big_deal:
Sekalian mau bertanya, saya saat ini pegang E36 M43. Kondisi cooling systemnya gini:
1. Pake tutup radiator 200
2. Switch temperature radiator 91–99 derajat
3. Pake dua fan, depan belakang
4. Motor electric fan pake punya jepangan yg 1 speed
5. Termostat kurang tau pake yg berapa derajat
6. Coolant pake prestone
Permasalahan yg saya rasain ini electric fan sering telat nyala, indikator suhu udah lewat 1/2 menuju 3/4 tapi tetep ngga nyala dengan kondisi mobil berhenti dan AC off. Jadi harus ditrigger hidupin ac biar fan nya nyala dan suhu balik ke 1/2.
Saya udah coba cek ngejumper ke lubang soket electric fan, kedua soket high dan low hidup, walaupun emang jadinya sama2 cuma 1 speed aja.
Selama mobil jalan lancar tanpa AC dan macet2an dengan AC hidup temperature aman, ngga naik.
Diagnosa saya sih coba pake switch yg 80-88 derajat yaa. Kira2 gimana om solusinya?
Ini udah nggak bisa dimodifikasi lagi, harus urut kabel balik seperti semula.

Mesin M43 itu sistem kipas orisinilnya menganut PWM (pulse width modulation), jadi bisa 10%.. 30%.. 50%..70% speed tergantung perubahan suhu. Beda dengan M50/M52/M54 yang pakai 1 visco dan 1 electric fan -> electric fannya emang cuma 2 speed, low and high.

Sekarang punya sampeyan sudah dibypass sistem ini, jadi sistem kipasnya pakai low/high, meski ecunya pakai PWM. Makanya saya bilang mau ganti switch pun nggak akan berguna karena sistemnya udah beda total, yang ada kipasnya high speed terus dan brush cepat habis...