[WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
trix07
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Sep 2011, 14:48
Location: Surabaya
Daily Vehicle: KF82R-GRMNE

[WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by trix07 » 10 May 2019, 13:07

Sesuai subjek, mohon saran dari rekan-rekan SM.
Saya sedang rebuild kaki-kaki depan Kijang kapsul. Parts sudah saya beli semua (shock absorber, tie rod, rack end, ball joint, bush grommet) dan semuanya genuine/ori Toyota, kecuali shock pakai Tokico oil. Nah, tinggal bush arm yang saya masih ragu-ragu apakah ambil yang ori atau imitasi. Harga bush arm ori luar biasa mahal, sempat tanya ke toko langganan total 1 set kanan-kiri (6 pcs) tembus 2 jt lebih. Saya lihat di online memang bisa lebih murah, motong beberapa ratus ribu rupiah (sekitar 300-400 ribu), tapi berhubung budget terbatas jadi agak ngelirik yang imitasi siapa tau worth it. Pilihan merk imitasi ada RBI, TE (Terada), sama Aspira. Menurut rekan-rekan mana yang lebih recommend diantara 3 merk itu atau barangkali ada saran lain.

Terima kasih.
:thanks:

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: [WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by aabx » 10 May 2019, 14:13

Ikut nimbrung karena saya juga penasaran sama topik ini. Yang udah terkenal di kalangan bengkel RBI ya, untuk mobil saya (merek H) adanya RBI sama IRR untuk aftermarket. RBI harga beda tipis dengan ori, IRR bisa 50% genuine, plastik2 polosan bisa dibawah itu lagi harganya. Saya juga lagi galau genuine vs RBI karena harga beda tipis. Info soal kualitasnya juga gak terlalu banyak di internet.

Kalau menurut saya jika budget bisa dipaksa dikit, sebaiknya tetep ambil genuine, udah terbukti dari mobil baru bisa 10 tahun bahkan ada yang belasan tahun itu bushing masih layak pakai. Pasang bushing biasanya gak murah, daripada bongkar 2x kalau dapat bushing yang kurang bagus, habisnya lebih banyak. Lain cerita kalau budget kurangnya banyak atau mobil ada rencana dijual dalam waktu dekat.

Saya udah cobain juga bikin bushing polyurethane (PU) custom. Emang dibilangnya bahan ini lebih murah dan jauh lebih awet dari karet + handling, tapi ternyata butuh maintenance rutin dikasih gemuk 6 bulan sekali. Yang udah kepasang di mobil saya baru mau 2 tahun tanpa maintain karena saya telat tau. Hasilnya itu bushing2 bikinan udah agak gak layak pakai yang bikin saya sekarang galau mau balik ke bushing karet yang mana hehe. Kurang worth it kalau untuk mobil harian.

Case lain: ada model bushing yang dijual sepaket dengan arm nya. Kalau yang ini saya pilih aftermarket aja, harga arm nya sendiri udah mahal banget, karetnya sebenernya gak seberapa, selama arm nya masih dalam kondisi baik.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2971
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: [WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by marmut » 10 May 2019, 14:22

setau saya aspira itu grupnya astra dan ada merk, jadi kategorinya bukan imitasi. karena kalo imitasi (sepengertian saya) blank tidak ada merk.

kalau mau bikin juga bisa, entah pakai karet alam seperti aslinya atau upgrade ke PU. boleh cari di gugel bengkel lili atau uban jaya motor.


*bukan sales bengkel dan bukan sales aspira
pipes - cigars - coffee

User avatar
trix07
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Sep 2011, 14:48
Location: Surabaya
Daily Vehicle: KF82R-GRMNE

Re: [WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by trix07 » 10 May 2019, 15:00

aabx wrote:
10 May 2019, 14:13
Ikut nimbrung karena saya juga penasaran sama topik ini. Yang udah terkenal di kalangan bengkel RBI ya, untuk mobil saya (merek H) adanya RBI sama IRR untuk aftermarket. RBI harga beda tipis dengan ori, IRR bisa 50% genuine, plastik2 polosan bisa dibawah itu lagi harganya. Saya juga lagi galau genuine vs RBI karena harga beda tipis. Info soal kualitasnya juga gak terlalu banyak di internet.

Kalau menurut saya jika budget bisa dipaksa dikit, sebaiknya tetep ambil genuine, udah terbukti dari mobil baru bisa 10 tahun bahkan ada yang belasan tahun itu bushing masih layak pakai. Pasang bushing biasanya gak murah, daripada bongkar 2x kalau dapat bushing yang kurang bagus, habisnya lebih banyak. Lain cerita kalau budget kurangnya banyak atau mobil ada rencana dijual dalam waktu dekat.

Saya udah cobain juga bikin bushing polyurethane (PU) custom. Emang dibilangnya bahan ini lebih murah dan jauh lebih awet dari karet + handling, tapi ternyata butuh maintenance rutin dikasih gemuk 6 bulan sekali. Yang udah kepasang di mobil saya baru mau 2 tahun tanpa maintain karena saya telat tau. Hasilnya itu bushing2 bikinan udah agak gak layak pakai yang bikin saya sekarang galau mau balik ke bushing karet yang mana hehe. Kurang worth it kalau untuk mobil harian.

Case lain: ada model bushing yang dijual sepaket dengan arm nya. Kalau yang ini saya pilih aftermarket aja, harga arm nya sendiri udah mahal banget, karetnya sebenernya gak seberapa, selama arm nya masih dalam kondisi baik.
Yup, yang terkenal si RBI, saya denger-denger sih karena kualitas karetnya cukup mendekati yang genuine. Kalau kasus saya sepertinya beda om, harga ori vs RBI jauh banget, bukan beda tipis.. hehe.. harga ori = 2x lipat lebih RBI. Kalau Aspira sama TE harganya mirip-mirip, dan di bawah RBI.
Rencana jual mobil dalam waktu dekat gak ada om, ini mobil perang kesayangan soalnya, satu-satunya :D
Untuk bushing PU juga saya kurang tertarik, agak ragu karena lebih stiff dibanding karet, jadi masih milih bushing karet aja.
Ambil genuine terus terang sih agak berat, budget udah kepotong banyak di part lain yang ori. Makanya ini mau saya mix dengan part aftermarket. Saya belum pernah pakai bushing aftermarket, jadi masih cari-cari opini soal kualitas dan umurnya apakah worth it.

:ungg:

User avatar
trix07
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 03 Sep 2011, 14:48
Location: Surabaya
Daily Vehicle: KF82R-GRMNE

Re: [WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by trix07 » 10 May 2019, 15:04

marmut wrote:
10 May 2019, 14:22
setau saya aspira itu grupnya astra dan ada merk, jadi kategorinya bukan imitasi. karena kalo imitasi (sepengertian saya) blank tidak ada merk.
kalau mau bikin juga bisa, entah pakai karet alam seperti aslinya atau upgrade ke PU. boleh cari di gugel bengkel lili atau uban jaya motor.
Iya om, betul grup Astra. Soalnya toko-toko banyak juga yang sebut non-ori = imitasi, meskipun ada merknya.
Saya batasi pilihan di 3 merk itu aja om, pingin tahu review/opini rekan-rekan. Kalau bushing custom atau PU saya skip dulu :thanks:

akbrn
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 26 Sep 2017, 14:38

Re: [WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by akbrn » 13 Aug 2019, 21:42

Sorry agak OOT, mau tanya nih rekan - rekan.

Ada yang punya pengalaman pake support shock buatan aspira?

Untuk daya tahan nya bagaimana, soalnya harganya cukup menggiurkan, apalagi kl kantong lg tipis Image
images%20(6).jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

MSU
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by MSU » 14 Aug 2019, 07:26

kalo pemikiran saya...mending saya tanya balik toko-nya...lu jual paling banyak yg merk mana
karena harusnya yg paling banyak dijual = paling bagus (teorinya)
aspira = produknya astra otoparts...ya masuk KW juga

akbrn
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 26 Sep 2017, 14:38

Re: [WTA] Rekomendasi Bush Arm Aftermarket/Imitasi

Post by akbrn » 14 Aug 2019, 22:15

MSU wrote:kalo pemikiran saya...mending saya tanya balik toko-nya...lu jual paling banyak yg merk mana
karena harusnya yg paling banyak dijual = paling bagus (teorinya)
aspira = produknya astra otoparts...ya masuk KW juga
Sy tanya ke tokonya ya dibilang sama lakunya ky brand support shock lainnya Image

Setau sy beberapa parts aspira ada yg kualitasnya hampir setara ori, contohnya filter oli, filter udara, ban motor (aspira premio).

Kl tanya ke tukang kaki2, rata2 ngga ada pengalaman pake brand ini buat pemakaian support shock...

Post Reply