ATF utk Power Steering yang recommended

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

ATF utk Power Steering yang recommended

Post by Turboman »

Utk Power Steering yang menggunakan std ATF DEXRON 3

boleh dicoba spt yg di gambar

Setir sedikit lebih enteng drpd ATF Dexron 3

* bukan seles ATF *
Screenshot_2019-03-03-13-05-12-114_com.miui.gallery.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by adriangaut »

Kalo mau bikin setir jd agak berat ngerusak PS gak ya?

Setir keentengan gak enak jg kwkwkwkw
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by Turboman »

adriangaut wrote:Kalo mau bikin setir jd agak berat ngerusak PS gak ya?

Setir keentengan gak enak jg kwkwkwkw
Camber dibuat minus gede

Caster maju ke depan sejauh mungkin

pasti setir jadi berat

Tapi Camber minus gede ban akan makan dalam

dan saat lewat lobang "bantingan" setir lebih terasa di tangan
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by mr_mytplx »

Om turbo, saat kmrn ganti oli power stering koq olinya cuma di sedot terus di tambah gt bbrp kali tdk di flush sampai habis. Apakah memang gt atau bengkelnya yg salah?

Terus kl beda spek oli gt tercampur gmn?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by Turboman »

mr_mytplx wrote:Om turbo, saat kmrn ganti oli power stering koq olinya cuma di sedot terus di tambah gt bbrp kali tdk di flush sampai habis. Apakah memang gt atau bengkelnya yg salah?

Terus kl beda spek oli gt tercampur gmn?
Caranya
1. Sedot oli di Resv
2. Buka selang yang arah cairan balik ke Resv
3. Ujung selang tsb masukkin ke botol penadah
4. Ujung pipa yang terbuka (yg selang dilepas) disumbat
5. Isi Resv dgn ATF baru
6. Hidupkan mesin 1 - 2 detik saja
7. Ulangi step 5 - 6 sampe 3 - 4X
8. Pasang kembali selang balik spt semula
9. Isi ATF sampe batas Full
10. Idupkan mesin dan cek level ATF

selesai
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by mr_mytplx »

Turboman wrote: Mon Mar 04, 2019 2:18 Caranya
1. Sedot oli di Resv
2. Buka selang yang arah cairan balik ke Resv
3. Ujung selang tsb masukkin ke botol penadah
4. Ujung pipa yang terbuka (yg selang dilepas) disumbat
5. Isi Resv dgn ATF baru
6. Hidupkan mesin 1 - 2 detik saja
7. Ulangi step 5 - 6 sampe 3 - 4X
8. Pasang kembali selang balik spt semula
9. Isi ATF sampe batas Full
10. Idupkan mesin dan cek level ATF

selesai
wah berarti salah SOP bengkelnya. kmrn di sedot terus di tambah, lalu setir di putar2 sampai olinya kotor, sedot lg tambah lg goyang lg. sampai penambahan oli terakhir masih butek tuh oli. tp kata bengkelnya memang begitu.

oh y sekalian tanya om Turbo, apakah ganti oli transmisi menggunakan mesin flush berbahaya? koq menurut video om scotty ini katanya berbahaya.

https://www.youtube.com/watch?v=IFeSpY_F4UI&t=
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by adriangaut »

Turboman wrote: Mon Mar 04, 2019 1:54
adriangaut wrote:Kalo mau bikin setir jd agak berat ngerusak PS gak ya?

Setir keentengan gak enak jg kwkwkwkw
Camber dibuat minus gede

Caster maju ke depan sejauh mungkin

pasti setir jadi berat

Tapi Camber minus gede ban akan makan dalam

dan saat lewat lobang "bantingan" setir lebih terasa di tangan
Thx oom

Kmrn sempet minusin camber sedikit aja, makan ban masih gak terlalu pengaruh

Efeknya setir lebih mantep di jalan tol wkwkwk

Caster blm coba deh, ada efek negatif kalau caster?
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by Jagonyaaki »

adriangaut wrote: Mon Mar 04, 2019 6:34
Turboman wrote: Mon Mar 04, 2019 1:54
adriangaut wrote:Kalo mau bikin setir jd agak berat ngerusak PS gak ya?

Setir keentengan gak enak jg kwkwkwkw
Camber dibuat minus gede

Caster maju ke depan sejauh mungkin

pasti setir jadi berat

Tapi Camber minus gede ban akan makan dalam

dan saat lewat lobang "bantingan" setir lebih terasa di tangan
Thx oom

Kmrn sempet minusin camber sedikit aja, makan ban masih gak terlalu pengaruh

Efeknya setir lebih mantep di jalan tol wkwkwk

Caster blm coba deh, ada efek negatif kalau caster?

Ngg semua mbl bs d rubah2 sudut caster nya.. Stir d buat lbh berat otomatis kerja PS semakin berat... Bearti efek negatifnya y cepet jebol. Cmiiw :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by Turboman »

Jagonyaaki wrote:
adriangaut wrote: Mon Mar 04, 2019 6:34
Turboman wrote: Mon Mar 04, 2019 1:54 Camber dibuat minus gede

Caster maju ke depan sejauh mungkin

pasti setir jadi berat

Tapi Camber minus gede ban akan makan dalam

dan saat lewat lobang "bantingan" setir lebih terasa di tangan
Thx oom

Kmrn sempet minusin camber sedikit aja, makan ban masih gak terlalu pengaruh

Efeknya setir lebih mantep di jalan tol wkwkwk

Caster blm coba deh, ada efek negatif kalau caster?

Ngg semua mbl bs d rubah2 sudut caster nya.. Stir d buat lbh berat otomatis kerja PS semakin berat... Bearti efek negatifnya y cepet jebol. Cmiiw :ngacir:
Pompa PS ga masalah lah

Yg lebih merusak efeknya itu = Velg super besar & ban super lebar

itupun kena nya ke Bearing roda / Shock / Tie rod / Ball Joint
samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Thu Apr 07, 2016 17:42

Re: ATF utk Power Steering yang recommended

Post by samkenny95 »

mr_mytplx wrote: Mon Mar 04, 2019 2:33
Turboman wrote: Mon Mar 04, 2019 2:18 Caranya
1. Sedot oli di Resv
2. Buka selang yang arah cairan balik ke Resv
3. Ujung selang tsb masukkin ke botol penadah
4. Ujung pipa yang terbuka (yg selang dilepas) disumbat
5. Isi Resv dgn ATF baru
6. Hidupkan mesin 1 - 2 detik saja
7. Ulangi step 5 - 6 sampe 3 - 4X
8. Pasang kembali selang balik spt semula
9. Isi ATF sampe batas Full
10. Idupkan mesin dan cek level ATF

selesai
wah berarti salah SOP bengkelnya. kmrn di sedot terus di tambah, lalu setir di putar2 sampai olinya kotor, sedot lg tambah lg goyang lg. sampai penambahan oli terakhir masih butek tuh oli. tp kata bengkelnya memang begitu.

oh y sekalian tanya om Turbo, apakah ganti oli transmisi menggunakan mesin flush berbahaya? koq menurut video om scotty ini katanya berbahaya.

https://www.youtube.com/watch?v=IFeSpY_F4UI&t=
Kurang total itu ngeflushnya :big_think:
Klo sy biasa sedia 3 liter atf D3 buat lakuin step no.6 hingga 5 detik (perlu 2 orang utk case ini)
Abis keliatan bening, matiin mesin lalu dongkrak kedua ban depan trs puter2 sampe mentok 2-3x nti yg di dalem rack steer bs keluar lg yg kotor. Begitu udah bening lg beres deh tinggal pasang selang lg dan isi kekurangan di reservoir