Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Andriihendy
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Andriihendy »

Siang gan, mau tanya kalo oli matic diisi terlalu banyak ada efek kerusakan ga? Soalnya camry 2.5 2014 ga ada dipsticknya..
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Dat510 »

Ada gan, yang saya tau salah satu nya tekanan berlebih.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Herman7103 »

Andriihendy wrote:Siang gan, mau tanya kalo oli matic diisi terlalu banyak ada efek kerusakan ga? Soalnya camry 2.5 2014 ga ada dipsticknya..
Ada 4 gejala umum yang dapat tejadi jika transmisi yg terisi overfill :
1.Transmisi terlalu panas/overheat.
2.Pergeseran yg sulit & tertunda - karena cairan transmisi berlebih & berbusa.
3.Munculnya genangan cairan di bawah transmisi
4.Terjadinya Slip / gear slippage.
:glodak:
HR15DE 2014
Andriihendy
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Andriihendy »

Herman7103 wrote: Mon Nov 05, 2018 11:41
Andriihendy wrote:Siang gan, mau tanya kalo oli matic diisi terlalu banyak ada efek kerusakan ga? Soalnya camry 2.5 2014 ga ada dipsticknya..
Ada 4 gejala umum yang dapat tejadi jika transmisi yg terisi overfill :
1.Transmisi terlalu panas/overheat.
2.Pergeseran yg sulit & tertunda - karena cairan transmisi berlebih & berbusa.
3.Munculnya genangan cairan di bawah transmisi
4.Terjadinya Slip / gear slippage.
Oiya gan mungkin ada tips buat ngeliat oli matic kelebihan atau malah kurang ?? Soalnya ga ada dipsticnya..
Andriihendy
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Andriihendy »

Dat510 wrote: Mon Nov 05, 2018 9:40 Ada gan, yang saya tau salah satu nya tekanan berlebih.
Yang dimaksut tekanan berlebih gimana ya gan?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Herman7103 »

Andriihendy wrote:
Herman7103 wrote: Mon Nov 05, 2018 11:41
Andriihendy wrote:Siang gan, mau tanya kalo oli matic diisi terlalu banyak ada efek kerusakan ga? Soalnya camry 2.5 2014 ga ada dipsticknya..
Ada 4 gejala umum yang dapat tejadi jika transmisi yg terisi overfill :
1.Transmisi terlalu panas/overheat.
2.Pergeseran yg sulit & tertunda - karena cairan transmisi berlebih & berbusa.
3.Munculnya genangan cairan di bawah transmisi
4.Terjadinya Slip / gear slippage.
Oiya gan mungkin ada tips buat ngeliat oli matic kelebihan atau malah kurang ?? Soalnya ga ada dipsticnya..
Mungkin bisa dilihat di Link ini
http://www.agcoauto.com/content/news/p2_articleid/345

atau paling baik tanya ke SA bengkel resmi nya.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by sintoni »

Di buku manual ga ada ya kapasitasnya?
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Dat510 »

Andriihendy wrote: Mon Nov 05, 2018 12:36
Dat510 wrote: Mon Nov 05, 2018 9:40 Ada gan, yang saya tau salah satu nya tekanan berlebih.
Yang dimaksut tekanan berlebih gimana ya gan?
Fluida kebanyakan, pressure di dalam internal transmisi nya jadi berlebih.
Ya mirip2 orang kekenyangan kira2..
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by paidjho »

Andriihendy wrote:Siang gan, mau tanya kalo oli matic diisi terlalu banyak ada efek kerusakan ga? Soalnya camry 2.5 2014 ga ada dipsticknya..
Kelebihan brapa liter Om?

Dan tahunya kelebihan bagaimana?


Kalau kelebihan, tinggal kuras lewat baut check tranny, trus top up sesuai volume rekomendasi dr toyota.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by IGedeAmat »

paidjho wrote: Tue Nov 06, 2018 5:51
Andriihendy wrote:Siang gan, mau tanya kalo oli matic diisi terlalu banyak ada efek kerusakan ga? Soalnya camry 2.5 2014 ga ada dipsticknya..
Kelebihan brapa liter Om?

Dan tahunya kelebihan bagaimana?


Kalau kelebihan, tinggal kuras lewat baut check tranny, trus top up sesuai volume rekomendasi dr toyota.
Lha justru, karena gak ada dipstick, si om itu jadi gak bisa ngukur udah pas apa belum,
trus mungkin dia mikir, dari pada kurang oli, mending di kelebihan aja kali ya...
trus dia mikir lagi, apa iya kelebihan oli gak apa2,
trus dia nanya deh disini...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Suryaputra »

Untuk parts yg sensitif dan resiko tinggi seperti; Mesin & Transmisi, better cek & ganti di be-res ajah om,
walaupun bawa parts / oil dari luar.

Mereka di-training untuk follow prosedur dari Pabrik yg bikin mobil tsb :mrgreen:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by josomba »

transmisi ga berdipstick biasa ada 2 lubang setau saya (tahu-nya dari mobil H tegak). 1 buat drain, 1 lagi check valve. Yg check valve dibuka aja, biarin ngucur sampe mulai pelan, kalau dah pelan (semacem sekedar netes2 tipis) segera tutup lagi. Kalau dibuka check valve malah ga ada yg keluar sama sekali, berarti justru kurang oli. CMIIW.
Image
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by touchme »

Suryaputra wrote: Tue Nov 06, 2018 6:22 Untuk parts yg sensitif dan resiko tinggi seperti; Mesin & Transmisi, better cek & ganti di be-res ajah om,
walaupun bawa parts / oil dari luar.

Mereka di-training untuk follow prosedur dari Pabrik yg bikin mobil tsb :mrgreen:
masalahnya beres juga suka ngaco om. pengalaman temen ane ganti oli mesin ama filter 3szve dimasukin 4 liter ama beres. pas dikomplen sa nya bilang uda biasa segitu kok.
Andriihendy
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Andriihendy »

josomba wrote: Tue Nov 06, 2018 7:25 transmisi ga berdipstick biasa ada 2 lubang setau saya (tahu-nya dari mobil H tegak). 1 buat drain, 1 lagi check valve. Yg check valve dibuka aja, biarin ngucur sampe mulai pelan, kalau dah pelan (semacem sekedar netes2 tipis) segera tutup lagi. Kalau dibuka check valve malah ga ada yg keluar sama sekali, berarti justru kurang oli. CMIIW.
Wah trimakasih buat info2nya gaan..
Oiya mau tanya lg nih ada hubungannya ga kelebihan oli matic sama telat perpindahan gigi?
Soalnya mobil saya pas di gas pelan dari berenti rpm nahan di 2 ribu sekitar 1 -2 detik baru deh pindah ke gigi 2. Tp terkadang setelah nahan di rpm 2 pas pindah ke gigi 2 agak nyentak..
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by saturday »

Andriihendy wrote: Tue Nov 06, 2018 10:54
josomba wrote: Tue Nov 06, 2018 7:25 transmisi ga berdipstick biasa ada 2 lubang setau saya (tahu-nya dari mobil H tegak). 1 buat drain, 1 lagi check valve. Yg check valve dibuka aja, biarin ngucur sampe mulai pelan, kalau dah pelan (semacem sekedar netes2 tipis) segera tutup lagi. Kalau dibuka check valve malah ga ada yg keluar sama sekali, berarti justru kurang oli. CMIIW.
Wah trimakasih buat info2nya gaan..
Oiya mau tanya lg nih ada hubungannya ga kelebihan oli matic sama telat perpindahan gigi?
Soalnya mobil saya pas di gas pelan dari berenti rpm nahan di 2 ribu sekitar 1 -2 detik baru deh pindah ke gigi 2. Tp terkadang setelah nahan di rpm 2 pas pindah ke gigi 2 agak nyentak..
Saya juga ada XV50 2013 penyakitnya sama. Sering sekali pas gigi 1 kalau kita jalannya nanggung pelan-pelan dia nahan dulu di RPM 2000 lalu tau-tau nyentak pindah ke gigi 2. Paling terasa kalau kita dari stop, lalu jalan sampai kecepatan 18-20 km/h, lalu kita semakin kurangi gasnya. Kalau mau halus gasnya harus konstan atau semakin ditekan sampai dia pindah ke gigi 2. Kalau sudah masuk gigi 2 baru pelan-pelan lagi gasnya enggak apa.

Habis ganti oli matic selalu sembuh tapi enggak lama juga balik lagi. Seinget saya mulai seperti ini di tahun pemakaian ke 3 atau 4.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Suryaputra »

touchme wrote: Tue Nov 06, 2018 8:10
Suryaputra wrote: Tue Nov 06, 2018 6:22 Untuk parts yg sensitif dan resiko tinggi seperti; Mesin & Transmisi, better cek & ganti di be-res ajah om,
walaupun bawa parts / oil dari luar.

Mereka di-training untuk follow prosedur dari Pabrik yg bikin mobil tsb :mrgreen:
masalahnya beres juga suka ngaco om. pengalaman temen ane ganti oli mesin ama filter 3szve dimasukin 4 liter ama beres. pas dikomplen sa nya bilang uda biasa segitu kok.
yah namanya manusia, pasti ada 1 atau 2 biji yg lakuin kesalahan.

klo di experience saya, prefer be-res krn offer better experience aja, alhamdulillah, so far so good,
blm pernah ketemu sm be-res yg aneh2. Saya biasa sblm masuk ke beres tertentu, cari referensi dr google review, dan testi di bbrp sumber online.
& Call dl sebelumnya boleh apa gak bawa oli atau parts sendiri dr luar.

Klo saya; ganti oli mesin interval 5k (di luar jadwal servis berkala), udh ada dipstick, gak perlu ke be-res.
Tapi klo ganti ATF, gakda pilihan selain be-res, but again, reserach dl sebelum visit be-res tsb

:thanks:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by marmut »

josomba wrote: Tue Nov 06, 2018 7:25 transmisi ga berdipstick biasa ada 2 lubang setau saya (tahu-nya dari mobil H tegak). 1 buat drain, 1 lagi check valve. Yg check valve dibuka aja, biarin ngucur sampe mulai pelan, kalau dah pelan (semacem sekedar netes2 tipis) segera tutup lagi. Kalau dibuka check valve malah ga ada yg keluar sama sekali, berarti justru kurang oli. CMIIW.

check valve itu sama dengan lubang pengisian atau beda lagi?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by josomba »

marmut wrote: Wed Nov 07, 2018 3:07 check valve itu sama dengan lubang pengisian atau beda lagi?
Seinget saya sama mbah.... Waktu ganti si lmpv honda dulu sih buka bawah biar ngucur dari penampungan, tutup, buka si check valve ini, isi dari situ sampe agak bleber dikit baru tutup...... Kalau dipikir2, berarti sebenernya ga mungkin overfill ya, karena pasti pas pengisian, lgsg kebuang keluar.....
Image
Andriihendy
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by Andriihendy »

saturday wrote: Tue Nov 06, 2018 15:18
Andriihendy wrote: Tue Nov 06, 2018 10:54
josomba wrote: Tue Nov 06, 2018 7:25 transmisi ga berdipstick biasa ada 2 lubang setau saya (tahu-nya dari mobil H tegak). 1 buat drain, 1 lagi check valve. Yg check valve dibuka aja, biarin ngucur sampe mulai pelan, kalau dah pelan (semacem sekedar netes2 tipis) segera tutup lagi. Kalau dibuka check valve malah ga ada yg keluar sama sekali, berarti justru kurang oli. CMIIW.
Wah trimakasih buat info2nya gaan..
Oiya mau tanya lg nih ada hubungannya ga kelebihan oli matic sama telat perpindahan gigi?
Soalnya mobil saya pas di gas pelan dari berenti rpm nahan di 2 ribu sekitar 1 -2 detik baru deh pindah ke gigi 2. Tp terkadang setelah nahan di rpm 2 pas pindah ke gigi 2 agak nyentak..
Saya juga ada XV50 2013 penyakitnya sama. Sering sekali pas gigi 1 kalau kita jalannya nanggung pelan-pelan dia nahan dulu di RPM 2000 lalu tau-tau nyentak pindah ke gigi 2. Paling terasa kalau kita dari stop, lalu jalan sampai kecepatan 18-20 km/h, lalu kita semakin kurangi gasnya. Kalau mau halus gasnya harus konstan atau semakin ditekan sampai dia pindah ke gigi 2. Kalau sudah masuk gigi 2 baru pelan-pelan lagi gasnya enggak apa.

Habis ganti oli matic selalu sembuh tapi enggak lama juga balik lagi. Seinget saya mulai seperti ini di tahun pemakaian ke 3 atau 4.

Yg saya bingung, mobil saya abis ganti oli matic baru deh mulai terasa gejala2 kaya gitu. Saya juga bingung
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by ABEDUL »

Di rumah ada 2 biji XV50, selama ini belum ada masalah apapun di mesin n transmission nya. Hanya saja pernah satu waktu yg sy rasakan di transmisi, menurut sy kurang enak pada odometer 60rb an (dari awal beli itu mobil belum pernah kuras/ganti).....sy bawa ke a2k, sy suruh ganti semua fluida (oli transmissi, mesin, rem dll). Kelar semua masalah.

Yg jelas, keluar dari a2k harus sudah benar. Kalaupun ada trouble lagi, ya sy kembali ke tempat tsb n minta pertanggung jawaban mereka.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by paidjho »

josomba wrote:
marmut wrote: Wed Nov 07, 2018 3:07 check valve itu sama dengan lubang pengisian atau beda lagi?
Seinget saya sama mbah.... Waktu ganti si lmpv honda dulu sih buka bawah biar ngucur dari penampungan, tutup, buka si check valve ini, isi dari situ sampe agak bleber dikit baru tutup...... Kalau dipikir2, berarti sebenernya ga mungkin overfill ya, karena pasti pas pengisian, lgsg kebuang keluar.....
Biasanya sih beda antara lubang check ama pengisian. Check di bawah, pengisian di samping.

Ada beberapa tranny setelah ngucur dr lubang check sampai habis, trus di top up lagi sampai baut check terisi oli. Lubang check bentuk nya kayak silinder dimana permukaan mendekati valve body.

Kalau gak terisi oli, maka posisi naik turun dan sirkulasi, level oli turun krn masuk ke posisi baut check.

Top up nya berapa, mekanik harus check ke manual book nya.

Cmiiw.
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by syafimsa »

haduh jadi kepikiran saya, baru banget kemaren habis service berkala 20rb km altis. saya minta skalian ganti oli cvt nya meski SA rekomendasi di 60 atau 80rb km saya lupa persisnya. baru sadar malem2 ngeluarin botol2 oli bekas dr bagasi, si jerigen oli cvt sisa masi banyak, sekitar 2 liter lebih kalo liat dr meteran di jerigennya (4L kalo penuh). saya jd punya pikiran yg tidak2. pertama saya mikir kalo itu hanya di top up aja tanpa ada yg di buang,atau dia sengaja buka saja kemasannya tapi tidak dikerajakan karna mereka males........... suudzon amat ya sama orang :(
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Apa akibat terlalu banyak oli matic toyota camry 2.5?

Post by osbertc0ol »

Ada baut CHECK dibawah transmisi om. Ada tulisannya di bautnya CHECK gitu. dibuka aja setelah ngisi, dibiarkan ngucur sampe abis.
Kalo nggak ngucur berarti kurang olinya haha.

Image
Image