(ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
(ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
Mau tanya bos ttg top mount Intercooler turbo tanpa engine hood scoop.
Sekarang banyak dijual di ebay dll top mount intercooler yg dilengkapi kipas pendingin.
Kayaknya tambahan kipas ini diadakan untuk kepentingan para pemilik mobil yg ingin pasang IC dengan lebih mudah dan efisien yaitu dg top mount IC. Masalahnya ada yg ingin pertahankan engine hood (tdk pake scoop) padahal terpaan angin akan menolong pendinginan IC, nah untuk solusinya dipasangkan kipas pendingin IC.
Nah pemakaian IC dan Kipas IC akan membuat udara panas di IC terbuang kebawah tetapi yg menggantikan juga udara panas hasil buangan kipas radiator yg terakumulasi di engine room.
Dalam kondisi begitu apakah efektif top mount IC + kipas tanpa engine scoop terhadap pendinginan udara sebelum masuk manifold ?
Terus terang pemakaian top mount IC +kipas paling efisien costnya.
Thx
Sekarang banyak dijual di ebay dll top mount intercooler yg dilengkapi kipas pendingin.
Kayaknya tambahan kipas ini diadakan untuk kepentingan para pemilik mobil yg ingin pasang IC dengan lebih mudah dan efisien yaitu dg top mount IC. Masalahnya ada yg ingin pertahankan engine hood (tdk pake scoop) padahal terpaan angin akan menolong pendinginan IC, nah untuk solusinya dipasangkan kipas pendingin IC.
Nah pemakaian IC dan Kipas IC akan membuat udara panas di IC terbuang kebawah tetapi yg menggantikan juga udara panas hasil buangan kipas radiator yg terakumulasi di engine room.
Dalam kondisi begitu apakah efektif top mount IC + kipas tanpa engine scoop terhadap pendinginan udara sebelum masuk manifold ?
Terus terang pemakaian top mount IC +kipas paling efisien costnya.
Thx
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
Saya juga agak sanksi kalau engine hood tidak dilubangi, mungkin bisa bikin ducting dari area depan supaya dapat fresh air.basah wrote: ↑Wed Jan 17, 2018 8:26 Mau tanya bos ttg top mount Intercooler turbo tanpa engine hood scoop.
Sekarang banyak dijual di ebay dll top mount intercooler yg dilengkapi kipas pendingin.
Kayaknya tambahan kipas ini diadakan untuk kepentingan para pemilik mobil yg ingin pasang IC dengan lebih mudah dan efisien yaitu dg top mount IC. Masalahnya ada yg ingin pertahankan engine hood (tdk pake scoop) padahal terpaan angin akan menolong pendinginan IC, nah untuk solusinya dipasangkan kipas pendingin IC.
Nah pemakaian IC dan Kipas IC akan membuat udara panas di IC terbuang kebawah tetapi yg menggantikan juga udara panas hasil buangan kipas radiator yg terakumulasi di engine room.
Dalam kondisi begitu apakah efektif top mount IC + kipas tanpa engine scoop terhadap pendinginan udara sebelum masuk manifold ?
Terus terang pemakaian top mount IC +kipas paling efisien costnya.
Thx
Kita tunggu penjelasan Om Turboman
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11326
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
mungkin hrsnya dipasang diatas hood
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
kalau dikasih belalai gajah gimana
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
kurang efektif, mending kalau mau hood standar, pasang air to water IC, tapi lebih mahal jatuhnya. heat exchangernya taruh di depan agak bawah dilengkapi pelindung.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11326
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
Knp ga dibolongin? Itu apanjah ama siniah aja banyak yg pake scoop doank uda naik 50hp
FWD + RWD + 4WD =
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
ini sama kayak Subaru Forester XT generasi 4, top mount intercooler tanpa hood scoopPugman wrote: ↑Wed Jan 17, 2018 11:43Saya juga agak sanksi kalau engine hood tidak dilubangi, mungkin bisa bikin ducting dari area depan supaya dapat fresh air.basah wrote: ↑Wed Jan 17, 2018 8:26 Mau tanya bos ttg top mount Intercooler turbo tanpa engine hood scoop.
Sekarang banyak dijual di ebay dll top mount intercooler yg dilengkapi kipas pendingin.
Kayaknya tambahan kipas ini diadakan untuk kepentingan para pemilik mobil yg ingin pasang IC dengan lebih mudah dan efisien yaitu dg top mount IC. Masalahnya ada yg ingin pertahankan engine hood (tdk pake scoop) padahal terpaan angin akan menolong pendinginan IC, nah untuk solusinya dipasangkan kipas pendingin IC.
Nah pemakaian IC dan Kipas IC akan membuat udara panas di IC terbuang kebawah tetapi yg menggantikan juga udara panas hasil buangan kipas radiator yg terakumulasi di engine room.
Dalam kondisi begitu apakah efektif top mount IC + kipas tanpa engine scoop terhadap pendinginan udara sebelum masuk manifold ?
Terus terang pemakaian top mount IC +kipas paling efisien costnya.
Thx
Kita tunggu penjelasan Om Turboman
udaranya masuk dari grill depan (bagian atas), dan sudah ada jalurnya sendiri biar udara yang masuk ke grill bagian atas bisa dialiri ke intercooler
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed May 14, 2014 3:40
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
Itu sih inter heater jadinya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
Wah ternyata malah ada yang beneran aplikasi..haristk7 wrote: ↑Thu Jan 18, 2018 11:04ini sama kayak Subaru Forester XT generasi 4, top mount intercooler tanpa hood scoopPugman wrote: ↑Wed Jan 17, 2018 11:43Saya juga agak sanksi kalau engine hood tidak dilubangi, mungkin bisa bikin ducting dari area depan supaya dapat fresh air.basah wrote: ↑Wed Jan 17, 2018 8:26 Mau tanya bos ttg top mount Intercooler turbo tanpa engine hood scoop.
Sekarang banyak dijual di ebay dll top mount intercooler yg dilengkapi kipas pendingin.
Kayaknya tambahan kipas ini diadakan untuk kepentingan para pemilik mobil yg ingin pasang IC dengan lebih mudah dan efisien yaitu dg top mount IC. Masalahnya ada yg ingin pertahankan engine hood (tdk pake scoop) padahal terpaan angin akan menolong pendinginan IC, nah untuk solusinya dipasangkan kipas pendingin IC.
Nah pemakaian IC dan Kipas IC akan membuat udara panas di IC terbuang kebawah tetapi yg menggantikan juga udara panas hasil buangan kipas radiator yg terakumulasi di engine room.
Dalam kondisi begitu apakah efektif top mount IC + kipas tanpa engine scoop terhadap pendinginan udara sebelum masuk manifold ?
Terus terang pemakaian top mount IC +kipas paling efisien costnya.
Thx
Kita tunggu penjelasan Om Turboman
udaranya masuk dari grill depan (bagian atas), dan sudah ada jalurnya sendiri biar udara yang masuk ke grill bagian atas bisa dialiri ke intercooler
Itu pakai fan atau hanya pasif ya? Bahannya pakai plastik abs kah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
pasif om, langsung ngalir aja kalo gak salah
kalo di video itu dibilangnya "rubbery" gitu yang deket intercoolernya hahaha...saya gak pernah kepikiran malah buat megang langsung buat ngecek bahannya apaan hahaha
selain di Forester, yang Subaru XV Diesel aplikasinya juga sama kok, top mount intercooler..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: (ask) Efektivitas Top Mount IC Turbo+kipas tanpa engine hood scoop
Ya memang kalo mau efektif coolernya, memang dipasangi duct kayak gini. Cuma kalo duct doank ya memang tidak maksimal karena celah duct kecil sehingga bisa turbulence udara dicelah itu ketika udara mau masuk dan karena turbulence itu maka udara malah mengalir ke engine rrom yg lebih luas.haristk7 wrote: ↑Thu Jan 18, 2018 11:04ini sama kayak Subaru Forester XT generasi 4, top mount intercooler tanpa hood scoopPugman wrote: ↑Wed Jan 17, 2018 11:43Saya juga agak sanksi kalau engine hood tidak dilubangi, mungkin bisa bikin ducting dari area depan supaya dapat fresh air.basah wrote: ↑Wed Jan 17, 2018 8:26 Mau tanya bos ttg top mount Intercooler turbo tanpa engine hood scoop.
Sekarang banyak dijual di ebay dll top mount intercooler yg dilengkapi kipas pendingin.
Kayaknya tambahan kipas ini diadakan untuk kepentingan para pemilik mobil yg ingin pasang IC dengan lebih mudah dan efisien yaitu dg top mount IC. Masalahnya ada yg ingin pertahankan engine hood (tdk pake scoop) padahal terpaan angin akan menolong pendinginan IC, nah untuk solusinya dipasangkan kipas pendingin IC.
Nah pemakaian IC dan Kipas IC akan membuat udara panas di IC terbuang kebawah tetapi yg menggantikan juga udara panas hasil buangan kipas radiator yg terakumulasi di engine room.
Dalam kondisi begitu apakah efektif top mount IC + kipas tanpa engine scoop terhadap pendinginan udara sebelum masuk manifold ?
Terus terang pemakaian top mount IC +kipas paling efisien costnya.
Thx
Kita tunggu penjelasan Om Turboman
udaranya masuk dari grill depan (bagian atas), dan sudah ada jalurnya sendiri biar udara yang masuk ke grill bagian atas bisa dialiri ke intercooler
Biar efektif caranya ya turbulence itu disedot pake kipas sehingga aliran masuk duct itu jadi lancar.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19