Page 2 of 2

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 2:42
by adityabp
Kipasnya pake puli gak? Maksud saya, kipasnya digerakan pake puli atau langsung dari crankshaft?
Kalo digerakan pake puli, ganti pulinya dgn yg diameternya lebih kecil. Biar kipasnya muter lebih cepat.

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 2:47
by adityabp
Mozawa wrote: Mon Aug 28, 2017 12:10 Baling baling di heli ada 2 dan berlawanan arah. Gunanya satu baling bertindak sbg anti torque baling baling lainnya, sehingga meniadakan efek berputar thd heli.

Tapi tetap fungsinya sama yaitu sama sama meniupkan udara kebawah shg pesawat terangkat. Walau arah putarannya berbeda satu cw satu ccw tapi karena arah atau sudut balingnya juga berbeda, maka hembusannya sama yaitu ke bawah.

Utk aplikasi pada mobil kok gak ada urgensinya harus berlawanan arah putaran.


Yang penting 1 meniup 1 mengisap beres.

O iya, dinamo fan mobil itu kan pakai arus searah atau DC, jadi kalau kebalik plus minusnya, arah putaran juga kebalik. Blm pernah coba sih. Atau mungkin ada dioda yang membuatnya gak nyala kalau kebalik polaritinya??? Tinggal lepas dioda aja.

Dgn arah terbalik, maka baling2 juga harus dibalik sehingga bisa saling menguatkan, 1 menghisap, 1 meniup
IMHO, desain blade kipas sudah disesuaikan dgn peruntukan si kipas, apakah utk nyedot atau niup.
Kipas yg utk nyedot tidak akan efisien utk niup jika putarannya dibalik krn akan timbul turbulensi yg merugikan. Demikian juga sebaliknya.

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 3:55
by daftar
marmut wrote: Mon Aug 28, 2017 14:51 kalau fan langsung hidup bersamaan dengan mesin,
1. buang-buang listrik.
2. suhu ideal mesin sangat lama dicapai. ini bikin bensin boros.

paling bener ya pasang thermoswitch atau manual switch (nyalain fan saat temperatur setengah).

@ginting,
seri BX sudah pakai pendingin air. saya dulu pernah pakai BX19 GTi. itu spoiler belakang beneran spoiler, bisa berdiri lompat-lompat diatasnya tanpa kuatir patah. ga kaya spoiler mobil jaman sekarang.
pasang termoswitch di mobil pendingin udara lebih susah karena termoswitch umumnya yang dilihat adalah suhu air


sebenernya fan mekanik begini juga berputar kapan saja, kecuali pakai visco fan saat mesin dingin putaran lebih kecil dari putaran mesin.



kayaknya om TS sebenernya lebih tau solusinya, cuman pengan tanya electric fan yang dimaksud (anti clockwise)

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 4:02
by daftar
newrubble wrote: Mon Aug 28, 2017 19:06
POS VETT wrote: Mon Aug 28, 2017 10:11 Arah putaran 2 kipas seperti itu tidak harus berlawanan, yang penting aliran udaranya satu arah. Desain pesawat/heli yang seperti apa yang punya 2 kipas berlawanan arah? Heli yang tanpa tail rotor kah?
mgkn maksut nya contra rotation spt pesawat tu95 bear atau typical kamov helicopter family
nah saya juga jadi ingat TU95 :D, cuman kipasnya nggak depan belakang

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 4:12
by Mozawa
Maksud memakai 2 kipas berlawanan arah apa ya?

Motor dc itu dalemannya simetris. Carbon ( statornya), rotor, armature, jadi mungkin kalau dibalik polaritas, gak masalah sih. Gak harus perputar cw atau ccw.
Mungkin yang susah ngakali bladenya.

Cara paling simple membalik arah fan . Jadi fan berhadapan satu dg lain ( kepala kipas berhadapan dg kepala), tapi fan 1 bladenya di balik sehingga hembusannya searah dgn fan 2.

Kalau gak pengen membalik blade, fan 1 dan fan 2 dipasang searah. Jadi bokong ketemu kepala. Cuma harus ngakali pangkon

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 4:52
by don1234
mungkin di depan fan bisa dipasang alur tembaga yg melikuk2, dan di ujung2nya di sambung selang air hasil kondensasi ac...
hehe.. agak ngaco ya...

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 7:02
by arissety
Jika di-list, solusi masalah overheat ada bbrp dan ada yang saling melengkapi (komplementer):

1. Sedot hawa panas dari dalam kap, pakai kipas tambahan dibawah. (komplementer)
2. Menambahkan oil cooler external tambahan yg posisinya didepan dibelakang grill. Sejatinya ada oil cooler (ukuran kecil seperti ukuran oil cooler matic external) bawaan mobil cuma posisinya entah mengapa ada didalam ducting yang rapat, dikukus panas disitu bareng mesin alternator, karbu, dll (usulan om ginting). Sepertinya ini banyak dilakukan oleh komunitas vw luar negeri.
3. Ganti kipas mekanik dengan elektrik one speed. Kelemahannya jika RPM tinggi, misal di gunung, maka pendinginan tidak bisa keep-up dengan suhu mesih yg bertambah.
4. Memasukkan compresor AC ke dalam ducting, sehingga, tidak ada tiupan angin yg terbuang sebelum masuk lorong2 ducting. karena desain bawaan dimana kompresor berada diluar ducting, perlu dibuat lubang untuk tempat belt yg memutar puley kompresor oleh crankshaft. (komplementer)
5. Menambah elektrik fan didepan fan mekanis, yg diseting on ketika AC nyala.

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 7:04
by arissety
adityabp wrote: Tue Aug 29, 2017 2:42 Kipasnya pake puli gak? Maksud saya, kipasnya digerakan pake puli atau langsung dari crankshaft?
Kalo digerakan pake puli, ganti pulinya dgn yg diameternya lebih kecil. Biar kipasnya muter lebih cepat.

Kipas langsung nyambung ke crankshaft om.

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 7:08
by arissety
Mozawa wrote: Tue Aug 29, 2017 4:12 ...
Cara paling simple membalik arah fan . Jadi fan berhadapan satu dg lain ( kepala kipas berhadapan dg kepala), tapi fan 1 bladenya di balik sehingga hembusannya searah dgn fan 2.
...
Oiya, blade bisa dibalik ya.
Oke, bisa jadi opsi om.

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Tue Aug 29, 2017 7:23
by adityabp
arissety wrote: Tue Aug 29, 2017 7:02 ...cut..
2. Menambahkan oil cooler external tambahan yg posisinya didepan dibelakang grill. Sejatinya ada oil cooler (ukuran kecil seperti ukuran oil cooler matic external) bawaan mobil cuma posisinya entah mengapa ada didalam ducting yang rapat, dikukus panas disitu bareng mesin alternator, karbu, dll (usulan om ginting). Sepertinya ini banyak dilakukan oleh komunitas vw luar negeri.
..cut
Karena habitat aslinya emang di negara 4 musim, dimana oli harus dijaga jangan sampai beku. :mky_01:
Btw, krn mesinnya air-cooled, pemasangan oil cooler external sebaiknya tidak segaris (di depan) dgn kipas, krn mesin butuh udara sejuk dari luar utk mendinginkan mesin. Kalo udara yg disedot mesti lewat oil cooler dulu, malah gak akan efektif mendinginkan mesin krn sdh panas duluan sblm disedot..

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Posted: Wed Aug 30, 2017 11:58
by marhadiyantodwi
Coba pasang oil cooler suzuki satria Kak.
Pasang dua sekalian. Ukurannya kecil mungkin muat di selip selipin.