Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 571
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by adityabp » 29 Aug 2017, 09:42

Kipasnya pake puli gak? Maksud saya, kipasnya digerakan pake puli atau langsung dari crankshaft?
Kalo digerakan pake puli, ganti pulinya dgn yg diameternya lebih kecil. Biar kipasnya muter lebih cepat.
Last edited by adityabp on 29 Aug 2017, 09:49, edited 1 time in total.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 571
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by adityabp » 29 Aug 2017, 09:47

Mozawa wrote:
28 Aug 2017, 19:10
Baling baling di heli ada 2 dan berlawanan arah. Gunanya satu baling bertindak sbg anti torque baling baling lainnya, sehingga meniadakan efek berputar thd heli.

Tapi tetap fungsinya sama yaitu sama sama meniupkan udara kebawah shg pesawat terangkat. Walau arah putarannya berbeda satu cw satu ccw tapi karena arah atau sudut balingnya juga berbeda, maka hembusannya sama yaitu ke bawah.

Utk aplikasi pada mobil kok gak ada urgensinya harus berlawanan arah putaran.


Yang penting 1 meniup 1 mengisap beres.

O iya, dinamo fan mobil itu kan pakai arus searah atau DC, jadi kalau kebalik plus minusnya, arah putaran juga kebalik. Blm pernah coba sih. Atau mungkin ada dioda yang membuatnya gak nyala kalau kebalik polaritinya??? Tinggal lepas dioda aja.

Dgn arah terbalik, maka baling2 juga harus dibalik sehingga bisa saling menguatkan, 1 menghisap, 1 meniup
IMHO, desain blade kipas sudah disesuaikan dgn peruntukan si kipas, apakah utk nyedot atau niup.
Kipas yg utk nyedot tidak akan efisien utk niup jika putarannya dibalik krn akan timbul turbulensi yg merugikan. Demikian juga sebaliknya.

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1508
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by daftar » 29 Aug 2017, 10:55

marmut wrote:
28 Aug 2017, 21:51
kalau fan langsung hidup bersamaan dengan mesin,
1. buang-buang listrik.
2. suhu ideal mesin sangat lama dicapai. ini bikin bensin boros.

paling bener ya pasang thermoswitch atau manual switch (nyalain fan saat temperatur setengah).

@ginting,
seri BX sudah pakai pendingin air. saya dulu pernah pakai BX19 GTi. itu spoiler belakang beneran spoiler, bisa berdiri lompat-lompat diatasnya tanpa kuatir patah. ga kaya spoiler mobil jaman sekarang.
pasang termoswitch di mobil pendingin udara lebih susah karena termoswitch umumnya yang dilihat adalah suhu air


sebenernya fan mekanik begini juga berputar kapan saja, kecuali pakai visco fan saat mesin dingin putaran lebih kecil dari putaran mesin.



kayaknya om TS sebenernya lebih tau solusinya, cuman pengan tanya electric fan yang dimaksud (anti clockwise)
:ngacir:

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1508
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by daftar » 29 Aug 2017, 11:02

newrubble wrote:
29 Aug 2017, 02:06
POS VETT wrote:
28 Aug 2017, 17:11
Arah putaran 2 kipas seperti itu tidak harus berlawanan, yang penting aliran udaranya satu arah. Desain pesawat/heli yang seperti apa yang punya 2 kipas berlawanan arah? Heli yang tanpa tail rotor kah?
mgkn maksut nya contra rotation spt pesawat tu95 bear atau typical kamov helicopter family
nah saya juga jadi ingat TU95 :D, cuman kipasnya nggak depan belakang
:ngacir:

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 757
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by Mozawa » 29 Aug 2017, 11:12

Maksud memakai 2 kipas berlawanan arah apa ya?

Motor dc itu dalemannya simetris. Carbon ( statornya), rotor, armature, jadi mungkin kalau dibalik polaritas, gak masalah sih. Gak harus perputar cw atau ccw.
Mungkin yang susah ngakali bladenya.

Cara paling simple membalik arah fan . Jadi fan berhadapan satu dg lain ( kepala kipas berhadapan dg kepala), tapi fan 1 bladenya di balik sehingga hembusannya searah dgn fan 2.

Kalau gak pengen membalik blade, fan 1 dan fan 2 dipasang searah. Jadi bokong ketemu kepala. Cuma harus ngakali pangkon
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

don1234
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 09 Feb 2016, 09:03

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by don1234 » 29 Aug 2017, 11:52

mungkin di depan fan bisa dipasang alur tembaga yg melikuk2, dan di ujung2nya di sambung selang air hasil kondensasi ac...
hehe.. agak ngaco ya...

arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 17 Jun 2013, 15:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety » 29 Aug 2017, 14:02

Jika di-list, solusi masalah overheat ada bbrp dan ada yang saling melengkapi (komplementer):

1. Sedot hawa panas dari dalam kap, pakai kipas tambahan dibawah. (komplementer)
2. Menambahkan oil cooler external tambahan yg posisinya didepan dibelakang grill. Sejatinya ada oil cooler (ukuran kecil seperti ukuran oil cooler matic external) bawaan mobil cuma posisinya entah mengapa ada didalam ducting yang rapat, dikukus panas disitu bareng mesin alternator, karbu, dll (usulan om ginting). Sepertinya ini banyak dilakukan oleh komunitas vw luar negeri.
3. Ganti kipas mekanik dengan elektrik one speed. Kelemahannya jika RPM tinggi, misal di gunung, maka pendinginan tidak bisa keep-up dengan suhu mesih yg bertambah.
4. Memasukkan compresor AC ke dalam ducting, sehingga, tidak ada tiupan angin yg terbuang sebelum masuk lorong2 ducting. karena desain bawaan dimana kompresor berada diluar ducting, perlu dibuat lubang untuk tempat belt yg memutar puley kompresor oleh crankshaft. (komplementer)
5. Menambah elektrik fan didepan fan mekanis, yg diseting on ketika AC nyala.

arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 17 Jun 2013, 15:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety » 29 Aug 2017, 14:04

adityabp wrote:
29 Aug 2017, 09:42
Kipasnya pake puli gak? Maksud saya, kipasnya digerakan pake puli atau langsung dari crankshaft?
Kalo digerakan pake puli, ganti pulinya dgn yg diameternya lebih kecil. Biar kipasnya muter lebih cepat.

Kipas langsung nyambung ke crankshaft om.

arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 17 Jun 2013, 15:30

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by arissety » 29 Aug 2017, 14:08

Mozawa wrote:
29 Aug 2017, 11:12
...
Cara paling simple membalik arah fan . Jadi fan berhadapan satu dg lain ( kepala kipas berhadapan dg kepala), tapi fan 1 bladenya di balik sehingga hembusannya searah dgn fan 2.
...
Oiya, blade bisa dibalik ya.
Oke, bisa jadi opsi om.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 571
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by adityabp » 29 Aug 2017, 14:23

arissety wrote:
29 Aug 2017, 14:02
...cut..
2. Menambahkan oil cooler external tambahan yg posisinya didepan dibelakang grill. Sejatinya ada oil cooler (ukuran kecil seperti ukuran oil cooler matic external) bawaan mobil cuma posisinya entah mengapa ada didalam ducting yang rapat, dikukus panas disitu bareng mesin alternator, karbu, dll (usulan om ginting). Sepertinya ini banyak dilakukan oleh komunitas vw luar negeri.
..cut
Karena habitat aslinya emang di negara 4 musim, dimana oli harus dijaga jangan sampai beku. :mky_01:
Btw, krn mesinnya air-cooled, pemasangan oil cooler external sebaiknya tidak segaris (di depan) dgn kipas, krn mesin butuh udara sejuk dari luar utk mendinginkan mesin. Kalo udara yg disedot mesti lewat oil cooler dulu, malah gak akan efektif mendinginkan mesin krn sdh panas duluan sblm disedot..

marhadiyantodwi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: 31 Jan 2017, 17:21

Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.

Post by marhadiyantodwi » 30 Aug 2017, 18:58

Coba pasang oil cooler suzuki satria Kak.
Pasang dua sekalian. Ukurannya kecil mungkin muat di selip selipin.

Post Reply

Return to “General Technical & Modification”