(ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

(ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by lemonadelovers » 29 Jun 2016, 08:27

Yth. Rekan2 SM-ers,

langsung saja..

begini satu minggu yang lalu Innova D4D saya dilakukan purging di KM 78ribu.. pakai cairannya Liqui Moly Diesel Purge.. di bengkel tersebut metode purgingnya adalah selang masuk ke injector dan selang balik dari injector dilepas dari fuel filter dan kedua selang tersebut dimasukkan ke dalam botol obat purging (selang balik cairan purging disirkulasi di botol purging sampe habis dibakar mesin).. dibiarkan idle beberapa menit kemudian digeber hingga sekitar 2500 rpm hingga obat hampir habis.. Saat digeber tampak asap hitam tidak terlalu tebal keluar dari knalpot, kemudian sisa cairan purging dituang ke tangki BBM, prosesnya kira2 makan waktu 15 menit. kira2 begini picnya :

Image

Image

nah iseng iseng saya liat di youtube supaya next time bisa DIY Purging, tapi kok metode purgingnya berbeda ya (kebetulan di video tersebut pakai cairan purging yang berbeda), caranya selang inlet ke injector dimasukan ke botol purging tapi selang baliknya dituang ke botol lain untuk selanjutnya dibuang (ga disirkulasi masuk ke kaleng obat purging), hasil cairan dari selang balik tampak keruh dan proses purging sekitar 10 menitan, ini cuplikan picnya :

Image

video youtube nya:
[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=FpViXMjp40A[/youtube]

kemudian ada juga cara yang lain, mekanisnmenya mirip yang pertama tapi dari botol purging ke selang inlet injector dikasih semacam fuel filter.. jadi meskipun cairan purging dari selang balik bersirkulasi ke selang masuk tapi kotorannya sudah disaring.. ini picnya:
Image

dan ini ada yg DIY:
Image

Nah yang jadi pertanyaan saya dari metode diatas, mana yang benar dan terbaik? yang menjadi ganjalan saya setelah liat video youtube, klo gitu cara kemarin saya purging d bengkel ga efektif dong ya karena cairan dari selang balik yang kotor dipaksa masuk lagi ke injector.. :big_bored:

klo memang kemarin purging saya salah, bolehkah jika dalam waktu dekat ini saya purging kembali?
skalian mau tanya kemarin purging botol LM kok kemasan plastik ya bukan kaleng, apa ini kemasan baru?

mohon pencerahannya dan terima kasih.. :big_deal:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 29 Jun 2016, 09:29

Yg penting jangan digeber om, karena cairan purging itu "keset" / gak licin

sesekali di gas ke 2500 RPM trus lepas selang 5 menit sekali boleh

Bagusnya mmg dikasih filter kecil juga

User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by A7Corsair » 29 Jun 2016, 10:20

Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx

Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 10 May 2016, 13:45

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Wongsuroboyo » 19 Jan 2017, 07:30

Om turbo, kalo purging di masukkan di tangki solar, trus di bawa ke tol buat di geber2 boleh? Mohon info nya, trims

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 19 Jan 2017, 08:50


kalo mobilnya pake elec fuel pump di tangki, purging pake tabung bertekanan

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 19 Jan 2017, 08:52

A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging

Nugrohonug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 10 Sep 2016, 23:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Nugrohonug » 12 Mar 2017, 21:05

Turboman wrote:
19 Jan 2017, 08:52
A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 13 Mar 2017, 01:01

Nugrohonug wrote:
Turboman wrote:
19 Jan 2017, 08:52
A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 » 13 Mar 2017, 07:49

Turboman wrote:
13 Mar 2017, 01:01

setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 13 Mar 2017, 07:54

michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote:
13 Mar 2017, 01:01

setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
suru aja Purging coba

kalo masi ngebul juga, suru bawa ke Unggul Jaya Diesel di Jatinegara

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2816
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by ginting » 13 Mar 2017, 08:08

michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote:
13 Mar 2017, 01:01

setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
Dugaan saya nozzle sdh perlu dikalibrasi.
Mungkin pengabutan sdh jelek.
Suara keras
Asap banyak
Itu tetangga protes tuh


Sent from my K012 using Tapatalk


User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 » 13 Mar 2017, 09:15

Turboman wrote:
13 Mar 2017, 07:54

suru aja Purging coba

kalo masi ngebul juga, suru bawa ke Unggul Jaya Diesel di Jatinegara
Oke oke thanks om ntr saya ta blg ke tetangga saya.
Wah lokasi saya 10 jam mengemudi dari jakarta om :mky_01:
ginting wrote:
13 Mar 2017, 08:08
Dugaan saya nozzle sdh perlu dikalibrasi.
Mungkin pengabutan sdh jelek.
Suara keras
Asap banyak
Itu tetangga protes tuh


Sent from my K012 using Tapatalk
Iya om asap banyak, suara kasar
Apalagi yang punya mobil rumahnya persis di sebelah rumah saya
Kalau manasi mobil kadang baunya masuk rumah saya, tapi positifnya malah serasa di fogging sih :wkkk:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 13 Mar 2017, 09:49

Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 » 13 Mar 2017, 10:00

Turboman wrote:
13 Mar 2017, 09:49
Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 13 Mar 2017, 11:11

michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote:
13 Mar 2017, 09:49
Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
Nah telpon aja si Dizzo (pak Wawan)

dia udah ada perwakilan di Solo belom

kalo Semarang kayaknya dah ada

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 755
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 » 13 Mar 2017, 15:29

Turboman wrote:
13 Mar 2017, 11:11
michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote:
13 Mar 2017, 09:49
Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
Nah telpon aja si Dizzo (pak Wawan)

dia udah ada perwakilan di Solo belom

kalo Semarang kayaknya dah ada
Oke2 om
Siappp
Thank you om :mky_02:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

Nugrohonug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 10 Sep 2016, 23:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Nugrohonug » 14 Mar 2017, 00:32

Turboman wrote:
13 Mar 2017, 01:01
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote:
19 Jan 2017, 08:52

Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16659
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman » 14 Mar 2017, 10:07

Nugrohonug wrote:
Turboman wrote:
13 Mar 2017, 01:01
Nugrohonug wrote: Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo
periksa pompa injeksi di Unggul Jaya Diesel - Jatinegara

kayaknya mrk utk cek mesin juga bisa

utk mesin kalo tahun segitu ya cek kompresi dulu dah

Nugrohonug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 10 Sep 2016, 23:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Nugrohonug » 14 Mar 2017, 13:59

Turboman wrote:
14 Mar 2017, 10:07
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote:
13 Mar 2017, 01:01

setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo
periksa pompa injeksi di Unggul Jaya Diesel - Jatinegara

kayaknya mrk utk cek mesin juga bisa

utk mesin kalo tahun segitu ya cek kompresi dulu dah
Makasih banyak ya om turbo sarannya :big_exellent:

wa2nlinux
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 17 Jun 2008, 08:05

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by wa2nlinux » 09 Dec 2017, 22:54

Ada yang pernah purging colorado 2012 kah ?

Post Reply

Return to “General Technical & Modification”