Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by solar_kerosen »

Lihat pertamina ga jelas gini, kedepan bangkrut ganti shell dan chevron
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by evanbngdor »

jijaybajay wrote: Fri Oct 05, 2018 5:00
c_adhi_k wrote: Wed Jan 20, 2016 11:01 Akr bisnis utamanya bukan spbu
Lebih ke solar industri
wah kalo lebih ke solar industri mendingan hindari aja kalo bisa. pengalaman ane tuh solar industri kotor banget. genset ane aja sampe harus ganti injektor gr2 solar kotor
Tergantung penyimpanan&pengolahannya om.

Saya pake AKR oke2 aja, lebih tidak berbuih&bening dibanding biosol malah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by osbertc0ol »

Ada yg sudah ngetest pas B20 ini?
Pertadex skrg harganya sudah sangat tinggi, dan biosolar skrg B20 jadi ragu untuk balik biosolar.
Paling isi 1:1
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by evanbngdor »

osbertc0ol wrote: Wed Oct 10, 2018 9:41 Ada yg sudah ngetest pas B20 ini?
Pertadex skrg harganya sudah sangat tinggi, dan biosolar skrg B20 jadi ragu untuk balik biosolar.
Paling isi 1:1
Ogut selalu isi biosolar di SPBU 31 meskipun udah B20 ini.

So far ngga ada masalah/penurunan performa yg signifikan kok. Cuma ogut selalu tambahin aditif tiap kali isi solar.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Boeds »

akhirnya kemarin perdana isi AKR di trailblazer 2018.
dr awal sp 8000 km 80% isi pertadex dan selebihnya dexlite kalo lg gak nemu pertadex.

kebetulan lagi gak jauh dr kapuk, ya sekalianlah coba AKR. berhubung nemu momen yg pas setelah kenaikan dex yg lumayan kalo isi full 85liter.
posisi dari sktr 1/5 isi pertadex lama.

isi AKR dibatasi 50L per plat no per hari.
masuk 50L, sisa 1 skala lagi.
sebelum isi, saya minta tuang dikit ke botol plastik bekas, warnanya cukup bening.
sampai rumah, saya bandingkan dgn pertadex yg sudah usia 2 bulan, masih imbang warnanya. pertadex ini 2 bulan lalu lebih muda warna kuningnya.


kesannya,
suara mesin, lebih halus dari pertadex. lumayan terasa bedanya.
tarikan, terasa ada penurunan, tapi masih sangat acceptable dibanding harganya.
getaran, ada peningkatan vibrasi.

kesimpulan, kayaknya bakal jadi langganan nih... :D
User avatar
YohanesEduard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Jul 16, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by YohanesEduard »

Numpang sharing ya...

Ane ngangkat PS second 2012 di tahun lalu, sejak tahun lalu sampai bulan lalu isi pertadex terus... No Biosol, no dexlite.. Ganti filsol tiap 5000 km pas ganti oli (itu pasti, karena cartridge ngga mahal2 banget). :big_peace:

Alhasilnya selama 1 tahun pemakaian, 3x engine check nyala: 1x EGR kotor, 2x karena filsol penuh air dan (agak) berlumpur.. Lalu ada saran untuk pakai biosol aja di pom bensin yang penuh selalu truk ngisi (dengan asumsi pengisian solar dari pertamina baru terus, tidak ada endapan). Setelah isi solar, baru 1 minggu, engine check nyala lagi, (agak deg2an nih karena baru 1 mgg ngisi biosol) :big_childish: pas filsol dibuka (kebetulan baru kemarin itu ganti filsol sendiri) warna air dan kotoran = warna dex :big_dunno: Ngga ngerti deh, mungkin karena dex jarang ada yang ngisi (selama ngisi dex di RA Krg Tgh, ngga pernah ngantri), jadi penampungan di pom bensin kurang baik...

Setelah 3 minggu pemakaian biosol, kemarin iseng buka filsol, hasilnya clear and clean warna biosol (kekuningan) tanpa air / kotoran... :big_love: nahhh.... Ngga tahu deh apakah kurang lama atau gmn? jadilah makin cinta ma biosol... Tapi di bagasi belakang sekarang selalu siap cartridge filsol.. Nanti setelah 5000 km, saya share lagi ya...

AKR? :big_dunno: belum pernah ngisi di AKR, belum nemu pom nya juga, jadi belum bisa tahu perbandingannya...
Diesel Shell? :big_slap: Harganya ngga main2... Jadi ngga minat juga...
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by rudyzanetti »

Terakhir ngisi colt diesel ps 100 ( solar uda jd b20) di pertamina. Kyk ya ga terlalu berbusa ya. Malah cenderung dikit bgt busanya.
Kebiasaan isi full tank, kl penuh itu busanya ngeluber ampe keluar bibir tangki. Terakhir ngisi malah di bibir tangki ga ada busanya.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Winz »

yohaneseduard wrote: Mon Oct 15, 2018 4:52 Numpang sharing ya...

Ane ngangkat PS second 2012 di tahun lalu, sejak tahun lalu sampai bulan lalu isi pertadex terus... No Biosol, no dexlite.. Ganti filsol tiap 5000 km pas ganti oli (itu pasti, karena cartridge ngga mahal2 banget). :big_peace:

Alhasilnya selama 1 tahun pemakaian, 3x engine check nyala: 1x EGR kotor, 2x karena filsol penuh air dan (agak) berlumpur.. Lalu ada saran untuk pakai biosol aja di pom bensin yang penuh selalu truk ngisi (dengan asumsi pengisian solar dari pertamina baru terus, tidak ada endapan). Setelah isi solar, baru 1 minggu, engine check nyala lagi, (agak deg2an nih karena baru 1 mgg ngisi biosol) :big_childish: pas filsol dibuka (kebetulan baru kemarin itu ganti filsol sendiri) warna air dan kotoran = warna dex :big_dunno: Ngga ngerti deh, mungkin karena dex jarang ada yang ngisi (selama ngisi dex di RA Krg Tgh, ngga pernah ngantri), jadi penampungan di pom bensin kurang baik...

Setelah 3 minggu pemakaian biosol, kemarin iseng buka filsol, hasilnya clear and clean warna biosol (kekuningan) tanpa air / kotoran... :big_love: nahhh.... Ngga tahu deh apakah kurang lama atau gmn? jadilah makin cinta ma biosol... Tapi di bagasi belakang sekarang selalu siap cartridge filsol.. Nanti setelah 5000 km, saya share lagi ya...

AKR? :big_dunno: belum pernah ngisi di AKR, belum nemu pom nya juga, jadi belum bisa tahu perbandingannya...
Diesel Shell? :big_slap: Harganya ngga main2... Jadi ngga minat juga...
Tergantung SPBU'nya loh, ini di Youtube ada DexLite Hitam gini, lebih jelek dari SolBus :
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by nyotsaeba »

Winz wrote:
yohaneseduard wrote: Mon Oct 15, 2018 4:52 Numpang sharing ya...

Ane ngangkat PS second 2012 di tahun lalu, sejak tahun lalu sampai bulan lalu isi pertadex terus... No Biosol, no dexlite.. Ganti filsol tiap 5000 km pas ganti oli (itu pasti, karena cartridge ngga mahal2 banget). :big_peace:

Alhasilnya selama 1 tahun pemakaian, 3x engine check nyala: 1x EGR kotor, 2x karena filsol penuh air dan (agak) berlumpur.. Lalu ada saran untuk pakai biosol aja di pom bensin yang penuh selalu truk ngisi (dengan asumsi pengisian solar dari pertamina baru terus, tidak ada endapan). Setelah isi solar, baru 1 minggu, engine check nyala lagi, (agak deg2an nih karena baru 1 mgg ngisi biosol) :big_childish: pas filsol dibuka (kebetulan baru kemarin itu ganti filsol sendiri) warna air dan kotoran = warna dex :big_dunno: Ngga ngerti deh, mungkin karena dex jarang ada yang ngisi (selama ngisi dex di RA Krg Tgh, ngga pernah ngantri), jadi penampungan di pom bensin kurang baik...

Setelah 3 minggu pemakaian biosol, kemarin iseng buka filsol, hasilnya clear and clean warna biosol (kekuningan) tanpa air / kotoran... :big_love: nahhh.... Ngga tahu deh apakah kurang lama atau gmn? jadilah makin cinta ma biosol... Tapi di bagasi belakang sekarang selalu siap cartridge filsol.. Nanti setelah 5000 km, saya share lagi ya...

AKR? :big_dunno: belum pernah ngisi di AKR, belum nemu pom nya juga, jadi belum bisa tahu perbandingannya...
Diesel Shell? :big_slap: Harganya ngga main2... Jadi ngga minat juga...
Tergantung SPBU'nya loh, ini di Youtube ada DexLite Hitam gini, lebih jelek dari SolBus :
Setuju banget om, hindari dexlite, bikin getaran dan suara mesin common rail serasa old panther, tenaga berubah jadi disel non turbo, plus kantong bolong.... Kalo aye mah mending bisol sekalian, cukup sekali aja isi dexlite...
User avatar
YohanesEduard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Jul 16, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by YohanesEduard »

nyotsaeba wrote: Mon Oct 15, 2018 9:14
Winz wrote:
yohaneseduard wrote: Mon Oct 15, 2018 4:52 Numpang sharing ya...

Ane ngangkat PS second 2012 di tahun lalu, sejak tahun lalu sampai bulan lalu isi pertadex terus... No Biosol, no dexlite.. Ganti filsol tiap 5000 km pas ganti oli (itu pasti, karena cartridge ngga mahal2 banget). :big_peace:

Alhasilnya selama 1 tahun pemakaian, 3x engine check nyala: 1x EGR kotor, 2x karena filsol penuh air dan (agak) berlumpur.. Lalu ada saran untuk pakai biosol aja di pom bensin yang penuh selalu truk ngisi (dengan asumsi pengisian solar dari pertamina baru terus, tidak ada endapan). Setelah isi solar, baru 1 minggu, engine check nyala lagi, (agak deg2an nih karena baru 1 mgg ngisi biosol) :big_childish: pas filsol dibuka (kebetulan baru kemarin itu ganti filsol sendiri) warna air dan kotoran = warna dex :big_dunno: Ngga ngerti deh, mungkin karena dex jarang ada yang ngisi (selama ngisi dex di RA Krg Tgh, ngga pernah ngantri), jadi penampungan di pom bensin kurang baik...

Setelah 3 minggu pemakaian biosol, kemarin iseng buka filsol, hasilnya clear and clean warna biosol (kekuningan) tanpa air / kotoran... :big_love: nahhh.... Ngga tahu deh apakah kurang lama atau gmn? jadilah makin cinta ma biosol... Tapi di bagasi belakang sekarang selalu siap cartridge filsol.. Nanti setelah 5000 km, saya share lagi ya...

AKR? :big_dunno: belum pernah ngisi di AKR, belum nemu pom nya juga, jadi belum bisa tahu perbandingannya...
Diesel Shell? :big_slap: Harganya ngga main2... Jadi ngga minat juga...
Tergantung SPBU'nya loh, ini di Youtube ada DexLite Hitam gini, lebih jelek dari SolBus :
Setuju banget om, hindari dexlite, bikin getaran dan suara mesin common rail serasa old panther, tenaga berubah jadi disel non turbo, plus kantong bolong.... Kalo aye mah mending bisol sekalian, cukup sekali aja isi dexlite...
Iya Om.. Skrg PS ane peminum biosol.. Kantong ngga bolong, tetep bisa RT sama Om2 ganteng2 Seraya Motor tiap bulan.. Hehehe... Oh iya, ini juga kmrn avis dikutik2 ECUnya di Bebonk garage :big_exellent: bukan promosi lho ya.. Just sharing... :mky_01:
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by CumiDarat »

yohaneseduard wrote:
nyotsaeba wrote: Mon Oct 15, 2018 9:14
Winz wrote: Tergantung SPBU'nya loh, ini di Youtube ada DexLite Hitam gini, lebih jelek dari SolBus :
Setuju banget om, hindari dexlite, bikin getaran dan suara mesin common rail serasa old panther, tenaga berubah jadi disel non turbo, plus kantong bolong.... Kalo aye mah mending bisol sekalian, cukup sekali aja isi dexlite...
Iya Om.. Skrg PS ane peminum biosol.. Kantong ngga bolong, tetep bisa RT sama Om2 ganteng2 Seraya Motor tiap bulan.. Hehehe... Oh iya, ini juga kmrn avis dikutik2 ECUnya di Bebonk garage :big_exellent: bukan promosi lho ya.. Just sharing... :mky_01:
Eits ada Om Teddy lg main kesini..
Gimana om OPSnya abis 'dikobel' di garasi mbah bebonk? Udah tambah ngacir lg ini kyknya.. [emoji106]🤠[emoji106]

Sekali2 kalo pas lg maen2 ke daerah jakut, ada SPBU AKR om, satu2nya di JKT setau sy. Di daerah kapuk. Captiva sy udah jd pelanggan tetap isi di AKR, dkt dr rumah jg kebetulan, hehehe.. So far puas sih isi AKR [emoji3]
User avatar
Arrobi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Tue Apr 17, 2018 1:25
Daily Vehicle: D2D - XLD25

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Arrobi »

Pengalaman di 2KD 2010 selalu isi AKR full tank 40ltr, sesekali isi Biosol kl ga lewat pom AKR, cuma ga full tank.
Trus waktu kemarin Solar jadi B20, nyoba biosol full tank, eh baru jalan ga sampe 100km indikator fuel filter nyala, akhirnya kuras air, reset indikator, aman, dipakai jalan lagi.
Pulangnya mau isi AKR kehabisan stok, isi biosol lagi full tank. Setelah 500 km indikator nyala lagi, air dipipisin lagi, reset, indikator aman. Jalan lagi.
Eh.. ga sampe 100 km, nyala lagi.
Akhirnya ke bengkel, cek fisol, ternyata kotor [emoji28], ganti deh fisol.
Apa emang pas waktunya ganti fisol atau adaptasi ke solar b20 yg bikin lebih cepet pipis ya..

Terakhir sejak B20, temen yg biasa ikut bawa nyetir juga ngrasa tarikan rada boyo.., udah di servis tune up, bbm jadi lebih boros, tarikan bawah masih ok, rpm atas powernya sedikit berkurang dan top speed juga turun dari sebelumnya.

Apa ada yg ngalamin sama ya?
Btw, 2KD mesin masih standar2aja dipake kerja long milleage per week bisa sampe 1000km, sekarang udah 250k++ [emoji16].


User avatar
YohanesEduard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Jul 16, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by YohanesEduard »

dwi24 wrote: Mon Oct 15, 2018 12:44
yohaneseduard wrote:
nyotsaeba wrote: Mon Oct 15, 2018 9:14 Setuju banget om, hindari dexlite, bikin getaran dan suara mesin common rail serasa old panther, tenaga berubah jadi disel non turbo, plus kantong bolong.... Kalo aye mah mending bisol sekalian, cukup sekali aja isi dexlite...
Iya Om.. Skrg PS ane peminum biosol.. Kantong ngga bolong, tetep bisa RT sama Om2 ganteng2 Seraya Motor tiap bulan.. Hehehe... Oh iya, ini juga kmrn avis dikutik2 ECUnya di Bebonk garage :big_exellent: bukan promosi lho ya.. Just sharing... :mky_01:
Eits ada Om Teddy lg main kesini..
Gimana om OPSnya abis 'dikobel' di garasi mbah bebonk? Udah tambah ngacir lg ini kyknya.. [emoji106]🤠[emoji106]

Sekali2 kalo pas lg maen2 ke daerah jakut, ada SPBU AKR om, satu2nya di JKT setau sy. Di daerah kapuk. Captiva sy udah jd pelanggan tetap isi di AKR, dkt dr rumah jg kebetulan, hehehe.. So far puas sih isi AKR [emoji3]
Halo Om Dwi... Hasil kobel2nya bikin mertua saya hampir jantungan pas kejar2an waktu nganter ke Gambir tadi pagi.. Hehehe... Pas liat jarum 170, langsung berdoa.. :big_blushing:

Akhirnya saya ngga angkat gas, cuma saya suruh merem aja... :mky_01: mantu macam apa saya ini... Hehehe... Padahal kan saya memperjuangkan supaya ngga ketinggalan kereta ya.. Alhasil sampe Gambir 7:55, kereta jam 08:00..
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by nyotsaeba »

Arrobi wrote:Pengalaman di 2KD 2010 selalu isi AKR full tank 40ltr, sesekali isi Biosol kl ga lewat pom AKR, cuma ga full tank.
Trus waktu kemarin Solar jadi B20, nyoba biosol full tank, eh baru jalan ga sampe 100km indikator fuel filter nyala, akhirnya kuras air, reset indikator, aman, dipakai jalan lagi.
Pulangnya mau isi AKR kehabisan stok, isi biosol lagi full tank. Setelah 500 km indikator nyala lagi, air dipipisin lagi, reset, indikator aman. Jalan lagi.
Eh.. ga sampe 100 km, nyala lagi.
Akhirnya ke bengkel, cek fisol, ternyata kotor [emoji28], ganti deh fisol.
Apa emang pas waktunya ganti fisol atau adaptasi ke solar b20 yg bikin lebih cepet pipis ya..

Terakhir sejak B20, temen yg biasa ikut bawa nyetir juga ngrasa tarikan rada boyo.., udah di servis tune up, bbm jadi lebih boros, tarikan bawah masih ok, rpm atas powernya sedikit berkurang dan top speed juga turun dari sebelumnya.

Apa ada yg ngalamin sama ya?
Btw, 2KD mesin masih standar2aja dipake kerja long milleage per week bisa sampe 1000km, sekarang udah 250k++ [emoji16].
Tenaga rpm tinggi ngempos tandanya nilai kalori solarnya lebih rendah kali ya. Biasa aye akalin tenaga rpm atas pake cetane booster, beda om, lebih hening kl rpm tinggi dan kentjangg..
User avatar
Arrobi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Tue Apr 17, 2018 1:25
Daily Vehicle: D2D - XLD25

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Arrobi »

nyotsaeba wrote:
Arrobi wrote:Pengalaman di 2KD 2010 selalu isi AKR full tank 40ltr, sesekali isi Biosol kl ga lewat pom AKR, cuma ga full tank.
Trus waktu kemarin Solar jadi B20, nyoba biosol full tank, eh baru jalan ga sampe 100km indikator fuel filter nyala, akhirnya kuras air, reset indikator, aman, dipakai jalan lagi.
Pulangnya mau isi AKR kehabisan stok, isi biosol lagi full tank. Setelah 500 km indikator nyala lagi, air dipipisin lagi, reset, indikator aman. Jalan lagi.
Eh.. ga sampe 100 km, nyala lagi.
Akhirnya ke bengkel, cek fisol, ternyata kotor [emoji28], ganti deh fisol.
Apa emang pas waktunya ganti fisol atau adaptasi ke solar b20 yg bikin lebih cepet pipis ya..

Terakhir sejak B20, temen yg biasa ikut bawa nyetir juga ngrasa tarikan rada boyo.., udah di servis tune up, bbm jadi lebih boros, tarikan bawah masih ok, rpm atas powernya sedikit berkurang dan top speed juga turun dari sebelumnya.

Apa ada yg ngalamin sama ya?
Btw, 2KD mesin masih standar2aja dipake kerja long milleage per week bisa sampe 1000km, sekarang udah 250k++ [emoji16].
Tenaga rpm tinggi ngempos tandanya nilai kalori solarnya lebih rendah kali ya. Biasa aye akalin tenaga rpm atas pake cetane booster, beda om, lebih hening kl rpm tinggi dan kentjangg..
Cetane booster yg rekomen apa om?
Kl macem norival bagus ga? Liat di bbrp ulasan sepertinya menarik nih
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by nyotsaeba »

Arrobi wrote:
nyotsaeba wrote:
Arrobi wrote:Pengalaman di 2KD 2010 selalu isi AKR full tank 40ltr, sesekali isi Biosol kl ga lewat pom AKR, cuma ga full tank.
Trus waktu kemarin Solar jadi B20, nyoba biosol full tank, eh baru jalan ga sampe 100km indikator fuel filter nyala, akhirnya kuras air, reset indikator, aman, dipakai jalan lagi.
Pulangnya mau isi AKR kehabisan stok, isi biosol lagi full tank. Setelah 500 km indikator nyala lagi, air dipipisin lagi, reset, indikator aman. Jalan lagi.
Eh.. ga sampe 100 km, nyala lagi.
Akhirnya ke bengkel, cek fisol, ternyata kotor [emoji28], ganti deh fisol.
Apa emang pas waktunya ganti fisol atau adaptasi ke solar b20 yg bikin lebih cepet pipis ya..

Terakhir sejak B20, temen yg biasa ikut bawa nyetir juga ngrasa tarikan rada boyo.., udah di servis tune up, bbm jadi lebih boros, tarikan bawah masih ok, rpm atas powernya sedikit berkurang dan top speed juga turun dari sebelumnya.

Apa ada yg ngalamin sama ya?
Btw, 2KD mesin masih standar2aja dipake kerja long milleage per week bisa sampe 1000km, sekarang udah 250k++ [emoji16].
Tenaga rpm tinggi ngempos tandanya nilai kalori solarnya lebih rendah kali ya. Biasa aye akalin tenaga rpm atas pake cetane booster, beda om, lebih hening kl rpm tinggi dan kentjangg..
Cetane booster yg rekomen apa om?
Kl macem norival bagus ga? Liat di bbrp ulasan sepertinya menarik nih
Aye pake amsoil cetane booster, produk import, 60-70 ml aja per isi solar larinya uda joss, om turbo jg yg rekomen, beli di ace hardware banyak. Sebotol bisa 8-9 kali isi solar.

Norival sori no offense, produk kurang jelas buatan mana. Isinya jg ga jelas. Cetane booster isinya harus 2 ethyl apa gitu lah.

Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Boeds »

buat mesin chevy trailblazer, enaknya dikasih ratjoen apa yak? campuran akrasol.

rencana mau bandingin sdt2000 dan psdk.
trus tambahan lainnya apa lagi yg direkomen utk digabung dgn pemakaian salah satu dari 2 tadi.
atau cukup salah satu dari 2 tadi saja?
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by CumiDarat »

yohaneseduard wrote:
dwi24 wrote: Mon Oct 15, 2018 12:44
yohaneseduard wrote: Iya Om.. Skrg PS ane peminum biosol.. Kantong ngga bolong, tetep bisa RT sama Om2 ganteng2 Seraya Motor tiap bulan.. Hehehe... Oh iya, ini juga kmrn avis dikutik2 ECUnya di Bebonk garage :big_exellent: bukan promosi lho ya.. Just sharing... :mky_01:
Eits ada Om Teddy lg main kesini..
Gimana om OPSnya abis 'dikobel' di garasi mbah bebonk? Udah tambah ngacir lg ini kyknya.. [emoji106]🤠[emoji106]

Sekali2 kalo pas lg maen2 ke daerah jakut, ada SPBU AKR om, satu2nya di JKT setau sy. Di daerah kapuk. Captiva sy udah jd pelanggan tetap isi di AKR, dkt dr rumah jg kebetulan, hehehe.. So far puas sih isi AKR [emoji3]
Halo Om Dwi... Hasil kobel2nya bikin mertua saya hampir jantungan pas kejar2an waktu nganter ke Gambir tadi pagi.. Hehehe... Pas liat jarum 170, langsung berdoa.. :big_blushing:

Akhirnya saya ngga angkat gas, cuma saya suruh merem aja... :mky_01: mantu macam apa saya ini... Hehehe... Padahal kan saya memperjuangkan supaya ngga ketinggalan kereta ya.. Alhasil sampe Gambir 7:55, kereta jam 08:00..
Widiiiih.. Jd lumayan ya ada hasil nyatanya abis 'dikobel' mbah bebonk, ga ketinggalan kereta.. [emoji106][emoji106]
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by nyotsaeba »

Boeds wrote:buat mesin chevy trailblazer, enaknya dikasih ratjoen apa yak? campuran akrasol.

rencana mau bandingin sdt2000 dan psdk.
trus tambahan lainnya apa lagi yg direkomen utk digabung dgn pemakaian salah satu dari 2 tadi.
atau cukup salah satu dari 2 tadi saja?
Kl salah satu dari itu sih cukup ya. Kl redline 85 mending tambah cetane booster lagi, krn redline ga berasa ada peningkatan tenaga
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Boeds »

Sip om... barusan sudah angkut amsoil cetane booster buat campuran akrasol dan redline pi buat maintenace ertiga usia 6 thn yg doyan pakai premium.
Tadi sebenarnya pengen angkut redline 85+ tp ga jadi.
Besok mau pesan psdk dan sdt2k.
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by CumiDarat »

Boeds wrote:Sip om... barusan sudah angkut amsoil cetane booster buat campuran akrasol dan redline pi buat maintenace ertiga usia 6 thn yg doyan pakai premium.
Tadi sebenarnya pengen angkut redline 85+ tp ga jadi.
Besok mau pesan psdk dan sdt2k.
Jd ertiga diesel tp suka dikasih minum premium jg om..? Kereeennn.. [emoji28]
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Boeds »

CumiDarat wrote:
Boeds wrote:Sip om... barusan sudah angkut amsoil cetane booster buat campuran akrasol dan redline pi buat maintenace ertiga usia 6 thn yg doyan pakai premium.
Tadi sebenarnya pengen angkut redline 85+ tp ga jadi.
Besok mau pesan psdk dan sdt2k.
Jd ertiga diesel tp suka dikasih minum premium jg om..? Kereeennn.. [emoji28]
Lah...yg bilang ertiga diesel siapa om? [emoji14]

Ertiganya premium. Maksudnya yg pi (performance improver) bukan redline tp amsoil. Ini gasoline additive.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Turboman »

Biosolar B20 dan semakin penting-nya peranan DEX

Dear all

di era B20 ini spt nya kita sudah gak bisa lagi mengandalkan Biosolar 100%

Jika kebetulan kita mengisi Biosolar di SPBU yg reputasi gak jelas dan mendapat Biosolar jelek (idle mesin getar / suara kasar ) maka segeralah oplos dengan DEX, walau hanya dalam jumlah kecil saja

Sementara additip solar adalah WAJIB hukumnya bila menggunakan Biosolar

DEX menjadi semakin penting peranannya saat ini di kala kita mendapat Biosolar busuk

Juga saat mobil disimpan / nggak hidup selama seminggu / lebih, isilah tangki dengan DEX

Salam antisipasi
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by CumiDarat »

Pengalaman om turbo isi solar AKR pernah dpt yg busuk ga om?
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Solar AKR VS Biosolar Pertamina

Post by Boeds »

Kayaknya om turbo pernah cerita stop sementara pake akr karna warnanya lebih keruh dari biasanya.

Jumat kemarin sampai 2 kali bela"in ke akr.
Sayang belum beruntung. Tp untungnya lg di daerah harmoni, hanya sktr 25 menit ke akr.
Pagi jam 8, katanya pompa rusak.
Siang lewat jumatan datang lagi.. masih rusak :(
Padahal sudah niat bener mau coba sdt2000 pake full akr.

Akhirnya top up 25 ltr dex plus 100ml sdt2000.