Page 32 of 36

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 13 Aug 2018, 15:57
by Turboman
cryptonite41 wrote:
Turboman wrote:
19 Jun 2018, 10:31
Report test lab oli PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail" semi synth (Harga Rp. 85.000 / L)

test di Ipah 2KD - 2011

Odo mobil udah 160.000 km lebih

Oli jalan 7400 km dalam 3 bulan

BBM full Biosol tanpa racun

sesekali mobil jadi genset nyala 2 - 3 jam

Gaya nyetir = Eco Driving

RESULT :

TBN akhir 8,8 mg KOH

kekentalan 10,7 cSt (masi di range 30 weight)

Kadar logam2 terlarut juga kecil / sangat kecil.

Kesimpulan = bisa dipake 10.000 km or 10 bulan Max

IMHO :

Additive package oli ini benar2 robust, lihat angka Ca / Zinc / Boron nya

* bukan seles oli *IMG_20180619_102438.jpg
Om Bagaimana cara .elihat file analysisnya?? Di tempat saya gak terlihat
Maap nubie di forum ini
ini
IMG_20180810_070820.jpg

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 13 Aug 2018, 16:55
by cryptonite41
Turboman wrote:
13 Aug 2018, 15:57
cryptonite41 wrote:
Turboman wrote:
19 Jun 2018, 10:31
Report test lab oli PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail" semi synth (Harga Rp. 85.000 / L)

test di Ipah 2KD - 2011

Odo mobil udah 160.000 km lebih

Oli jalan 7400 km dalam 3 bulan

BBM full Biosol tanpa racun

sesekali mobil jadi genset nyala 2 - 3 jam

Gaya nyetir = Eco Driving

RESULT :

TBN akhir 8,8 mg KOH

kekentalan 10,7 cSt (masi di range 30 weight)

Kadar logam2 terlarut juga kecil / sangat kecil.

Kesimpulan = bisa dipake 10.000 km or 10 bulan Max

IMHO :

Additive package oli ini benar2 robust, lihat angka Ca / Zinc / Boron nya

* bukan seles oli *IMG_20180619_102438.jpg
Om Bagaimana cara .elihat file analysisnya?? Di tempat saya gak terlihat
Maap nubie di forum ini
ini IMG_20180810_070820.jpg
Maap mohon ampun om saya member baru jangan dibully

Tulisannya "You dont have the required permission to view the files attached too this post"

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 13 Aug 2018, 18:17
by Incredible
@omturbo:
Menggunakan oli kendall s-dxa 10w30 ganti brp km?
(Bbm menggunakan dexlite / dex)

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 13 Aug 2018, 19:14
by Turboman
Incredible wrote:@omturbo:
Menggunakan oli kendall s-dxa 10w30 ganti brp km?
(Bbm menggunakan dexlite / dex)
7500 - 8500 km

Or Max 9 - 10 bulan lah

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 20 Aug 2018, 08:50
by Incredible
Terima kasih @turboman infonya

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 23 Aug 2018, 19:36
by Kuroboy
Halo om Turbo

Mobil saya Chevy LUV taun 82, taun 2016 udah pernah total overhaul. Tapi bulan November sampe Maret tahun ini mobil ngendap di bengkel saking kerjanya lambat. Sebelum jalan, oli mesin, oli gardan dan oli persneling uda ganti sejumlah 2x dengan merk dan viskositas yang sama. Terakhir ganti lagi sekitar bulan Juni. Sampe sekarang sih getol jalan rute PP 40 Km an Bandung-Padalarang via tol. Selalu geber di kecepatan 80 (maksimalnya segitu karena mesin uda meraung kenceng). Terakhir oli mesin ganti sampe sekarang udah jalan 700 Km pake Shell Rimula R4X 15W40 CMIIW.

Yang mau saya tanyain;

1. Saya rencana mau engine flush pake STP engine Flush tapi masih mikir2 takutnya sisa cairan flush nya masih ada di mesin meskipun uda ganti filter oli. Efeknya takut oli barunya jadi jelek jg. Siasatinnya gimana? Apa perlu total overhaul lagi?

2. Sebenernya bersihin ruang mesin pake Engine Flush itu disarankan ato ngga om? Mengingat yg saya tau cairan flush itu sifatnya korosif dan takut kalo malah ngerusak seal karet oli yg udah ada. Sebenernya sebelum jalan mobil ini udah kuras oli trus pake jalan 60 Km uda gt ganti lagi trus terakhir sebelum jalan ganti lagi pake oli baru yg sama.

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 23 Aug 2018, 19:41
by Turboman
Kuroboy wrote:Halo om Turbo

Mobil saya Chevy LUV taun 82, taun 2016 udah pernah total overhaul. Tapi bulan November sampe Maret tahun ini mobil ngendap di bengkel saking kerjanya lambat. Sebelum jalan, oli mesin, oli gardan dan oli persneling uda ganti sejumlah 2x dengan merk dan viskositas yang sama. Terakhir ganti lagi sekitar bulan Juni. Sampe sekarang sih getol jalan rute PP 40 Km an Bandung-Padalarang via tol. Selalu geber di kecepatan 80 (maksimalnya segitu karena mesin uda meraung kenceng). Terakhir oli mesin ganti sampe sekarang udah jalan 700 Km pake Shell Rimula R4X 15W40 CMIIW.

Yang mau saya tanyain;

1. Saya rencana mau engine flush pake STP engine Flush tapi masih mikir2 takutnya sisa cairan flush nya masih ada di mesin meskipun uda ganti filter oli. Efeknya takut oli barunya jadi jelek jg. Siasatinnya gimana? Apa perlu total overhaul lagi?

2. Sebenernya bersihin ruang mesin pake Engine Flush itu disarankan ato ngga om? Mengingat yg saya tau cairan flush itu sifatnya korosif dan takut kalo malah ngerusak seal karet oli yg udah ada. Sebenernya sebelum jalan mobil ini udah kuras oli trus pake jalan 60 Km uda gt ganti lagi trus terakhir sebelum jalan ganti lagi pake oli baru yg sama.
bersihin karter pake oli API CI-4 azaaaa

Tapi mesinnya itu kan C223 pasti akan pake oli CI-4 juga

pake aja 15W40 API CI-4 yg bagus

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 23 Aug 2018, 19:51
by Kuroboy
Turboman wrote:
23 Aug 2018, 19:41
Kuroboy wrote:Halo om Turbo

Mobil saya Chevy LUV taun 82, taun 2016 udah pernah total overhaul. Tapi bulan November sampe Maret tahun ini mobil ngendap di bengkel saking kerjanya lambat. Sebelum jalan, oli mesin, oli gardan dan oli persneling uda ganti sejumlah 2x dengan merk dan viskositas yang sama. Terakhir ganti lagi sekitar bulan Juni. Sampe sekarang sih getol jalan rute PP 40 Km an Bandung-Padalarang via tol. Selalu geber di kecepatan 80 (maksimalnya segitu karena mesin uda meraung kenceng). Terakhir oli mesin ganti sampe sekarang udah jalan 700 Km pake Shell Rimula R4X 15W40 CMIIW.

Yang mau saya tanyain;

1. Saya rencana mau engine flush pake STP engine Flush tapi masih mikir2 takutnya sisa cairan flush nya masih ada di mesin meskipun uda ganti filter oli. Efeknya takut oli barunya jadi jelek jg. Siasatinnya gimana? Apa perlu total overhaul lagi?

2. Sebenernya bersihin ruang mesin pake Engine Flush itu disarankan ato ngga om? Mengingat yg saya tau cairan flush itu sifatnya korosif dan takut kalo malah ngerusak seal karet oli yg udah ada. Sebenernya sebelum jalan mobil ini udah kuras oli trus pake jalan 60 Km uda gt ganti lagi trus terakhir sebelum jalan ganti lagi pake oli baru yg sama.
bersihin karter pake oli API CI-4 azaaaa

Tapi mesinnya itu kan C223 pasti akan pake oli CI-4 juga

pake aja 15W40 API CI-4 yg bagus
Mesinnya masih C190 om model bosch pump transversal gt.

Shell Rimula R4X setau saya udah API CI-4 ACEA E5, E7.

Berarti ga perlu engine flushing ya om? Ganti oli plus filter nya aja udah cukup kalo gt

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 24 Aug 2018, 17:05
by kibiff
Salam Om,

Saya ertarik dengan PTT Commonrail PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail"

Mau tanya jika kebutuhan oli sebanyak 8 liter, sedangan promo di Blibli adalah 6+1 liter, dimana kiranya bisa membeli tambahan 1 liternya. Saat ini di Blibli belum tersedia kemasan 1 litermya.

Tx

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 24 Aug 2018, 20:37
by paidjho
kibiff wrote:Salam Om,

Saya ertarik dengan PTT Commonrail PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail"

Mau tanya jika kebutuhan oli sebanyak 8 liter, sedangan promo di Blibli adalah 6+1 liter, dimana kiranya bisa membeli tambahan 1 liternya. Saat ini di Blibli belum tersedia kemasan 1 litermya.

Tx
Kalau di jakarta, serpong, Di bebonk garage...

Image Image Image

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 24 Aug 2018, 20:46
by Ivano
cryptonite41 wrote:
Turboman wrote:
13 Aug 2018, 15:57
cryptonite41 wrote: Om Bagaimana cara .elihat file analysisnya?? Di tempat saya gak terlihat
Maap nubie di forum ini
ini IMG_20180810_070820.jpg
Maap mohon ampun om saya member baru jangan dibully

Tulisannya "You dont have the required permission to view the files attached too this post"
Posting terus om.
Nanti baru bisa akses gambar.

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 24 Aug 2018, 20:55
by jnkr
kibiff wrote:Salam Om,

Saya ertarik dengan PTT Commonrail PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail"

Mau tanya jika kebutuhan oli sebanyak 8 liter, sedangan promo di Blibli adalah 6+1 liter, dimana kiranya bisa membeli tambahan 1 liternya. Saat ini di Blibli belum tersedia kemasan 1 litermya.

Tx
Tokped pernah lihat deh om yg jual literan... harusnya sih blm ada palsunya....

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 24 Aug 2018, 21:12
by B064RT
kibiff wrote:
24 Aug 2018, 17:05
Salam Om,

Saya ertarik dengan PTT Commonrail PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail"

Mau tanya jika kebutuhan oli sebanyak 8 liter, sedangan promo di Blibli adalah 6+1 liter, dimana kiranya bisa membeli tambahan 1 liternya. Saat ini di Blibli belum tersedia kemasan 1 litermya.

Tx
ketik bebonk garage di gmaps.....
ntar kalo bengkel nya kliatan tutup.. gedor aja.. triak yang keras... si mbah suka rada kurang denger

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 26 Aug 2018, 13:00
by Arshut
[/quote]

ketik bebonk garage di gmaps.....
ntar kalo bengkel nya kliatan tutup.. gedor aja.. triak yang keras... si mbah suka rada kurang denger
[/quote]

Lumayan sadis😀😀😀

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 26 Aug 2018, 19:33
by Turboman
Utk yg 10W30 botol Literan coba tunggu sampe akhir Sept

harusnya akhir Sept udah ready lagi

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 27 Aug 2018, 07:53
by kibiff
Turboman wrote:
26 Aug 2018, 19:33
Utk yg 10W30 botol Literan coba tunggu sampe akhir Sept

harusnya akhir Sept udah ready lagi
Siap, terima kasih saranya Om.

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 27 Aug 2018, 12:17
by dimasapri
Turboman wrote:
19 Jun 2018, 10:31
Report test lab oli PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail" semi synth (Harga Rp. 85.000 / L)

test di Ipah 2KD - 2011

Odo mobil udah 160.000 km lebih

Oli jalan 7400 km dalam 3 bulan

BBM full Biosol tanpa racun

sesekali mobil jadi genset nyala 2 - 3 jam

Gaya nyetir = Eco Driving

RESULT :

TBN akhir 8,8 mg KOH

kekentalan 10,7 cSt (masi di range 30 weight)

Kadar logam2 terlarut juga kecil / sangat kecil.

Kesimpulan = bisa dipake 10.000 km or 10 bulan Max

IMHO :

Additive package oli ini benar2 robust, lihat angka Ca / Zinc / Boron nya

* bukan seles oli *IMG_20180619_102438.jpg
Pak Turbo, dari hasil uji lab ini, PTT 10W30 API CI-4 "Dynamic Commonrail" semi synth lebih bagus daripada Kendall Super D-XA 10W30 semi synth ya?
Kalau harga kelihatannya 11-12

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 27 Aug 2018, 12:42
by dimasapri
Turboman wrote:
04 Aug 2018, 20:41
Hasil test lab PTT 10W30 jalan 7400 km di 2KD

1533390038987.jpg
Kenapa lab Trakindo memasukkan unsur Boron ke dalam kolom contaminant ya?
Kenapa tdk masuk di dalam kolom additives?

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 28 Aug 2018, 11:22
by Arshut
@Om Turbo,
Captiva VCDI 2013 pakai AMS signature Max Duty sudah 8 rb. km / 3 bln tapi msh uenak lanjut gak ya? Perasaan setelah lwt 5 rb.km tambah enak dan ringan. Pakai oli ini temp mesin jadi susah panas ya? sblm nya idle di 80 C, sekarang cuma 75 C. Bisa naik ke 80 C kalau dibawa jl. > 60 km/jam.

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 28 Aug 2018, 11:28
by Turboman
Arshut wrote:@Om Turbo,
Captiva VCDI 2013 pakai AMS signature Max Duty sudah 8 rb. km / 3 bln tapi msh uenak lanjut gak ya? Perasaan setelah lwt 5 rb.km tambah enak dan ringan. Pakai oli ini temp mesin jadi susah panas ya? sblm nya idle di 80 C, sekarang cuma 75 C. Bisa naik ke 80 C kalau dibawa jl. > 60 km/jam.
8 rb km / 3 bulan mah hajaar teruss aja sampe 15.000 km

di 10.000 km ganti filter oli nya

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 28 Aug 2018, 11:34
by jnkr
Om turbo, klo ams ADO di ANPS mobil weekend, bisa ampe brp km ya?

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 28 Aug 2018, 12:10
by Turboman
jnkr wrote:Om turbo, klo ams ADO di ANPS mobil weekend, bisa ampe brp km ya?
itu type apa dan SAE brp ya

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 28 Aug 2018, 12:35
by jnkr
Turboman wrote:
jnkr wrote:Om turbo, klo ams ADO di ANPS mobil weekend, bisa ampe brp km ya?
itu type apa dan SAE brp ya
Amsoil Diesel Oil turbo truck heavy duty protection 5w-40. Seri itu d bawahnya signature series om...

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 28 Aug 2018, 18:07
by CumiDarat
Turboman wrote:
Arshut wrote:@Om Turbo,
Captiva VCDI 2013 pakai AMS signature Max Duty sudah 8 rb. km / 3 bln tapi msh uenak lanjut gak ya? Perasaan setelah lwt 5 rb.km tambah enak dan ringan. Pakai oli ini temp mesin jadi susah panas ya? sblm nya idle di 80 C, sekarang cuma 75 C. Bisa naik ke 80 C kalau dibawa jl. > 60 km/jam.
8 rb km / 3 bulan mah hajaar teruss aja sampe 15.000 km

di 10.000 km ganti filter oli nya
15000 km pk BBM apa om turbo? Biosolar atau dex?

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Posted: 28 Aug 2018, 18:08
by CumiDarat
Arshut wrote:@Om Turbo,
Captiva VCDI 2013 pakai AMS signature Max Duty sudah 8 rb. km / 3 bln tapi msh uenak lanjut gak ya? Perasaan setelah lwt 5 rb.km tambah enak dan ringan. Pakai oli ini temp mesin jadi susah panas ya? sblm nya idle di 80 C, sekarang cuma 75 C. Bisa naik ke 80 C kalau dibawa jl. > 60 km/jam.
Volume oli berkurang ga om?