Hai SM-ers, ada yang nawarin cop busi bebas hambatan (0 ohm) dengan tujuan untuk mengoptimalkan percikan api yang dihasilkan...
Nah, sebenarnya apakah ada efek sampingnya jika menggunakan cop busi ( & mungkin juga kabel busi) tanpa hambatan?
Kalo efek positifnya sih percikan api lebih bagus, sehingga membantu pembakaran (kabarnya begitu)...
Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
actually, setau saya chop busi std mempunyai hambatan sekitar 5K-6K ohm, so jika chop busi 0 ohm ini bener2 bebas hambatan, maka kerja koil akan semakin perfect...
pada chop std, arus akan terhambat bro.. demikian pula dengan penggunaan koil aftermarket dengan chop std menurut teman2 saya akan terjadi sumbatan bottleneck di chop tersebut, nah penggunaan zero resistance ini sangat menolong arus dari koli ke busi.
sori, saya sendiri belum coba... hanya dapet info dari teman2 pemakai motor. mohon dikoreksi jika teori 'obrolan ngopi sore2' saya salah...
pada chop std, arus akan terhambat bro.. demikian pula dengan penggunaan koil aftermarket dengan chop std menurut teman2 saya akan terjadi sumbatan bottleneck di chop tersebut, nah penggunaan zero resistance ini sangat menolong arus dari koli ke busi.
sori, saya sendiri belum coba... hanya dapet info dari teman2 pemakai motor. mohon dikoreksi jika teori 'obrolan ngopi sore2' saya salah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
lhah, emang ada ya chop busi + kabel bebas hambatan?
bukankah tiap benda metal selalu ada hambatannya, meski cuma 0,1kΩ. CMIIW
bukankah tiap benda metal selalu ada hambatannya, meski cuma 0,1kΩ. CMIIW
...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
mungkin maksudnya mendekati 0 kali yach.. alias kecil sekali..eNeR wrote:lhah, emang ada ya chop busi + kabel bebas hambatan?
bukankah tiap benda metal selalu ada hambatannya, meski cuma 0,1kΩ. CMIIW
tapi ada efek sampingnya kah? Mungkinkah ada alasan pabrikan bikin ada hambatannya u/ safety?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
ga ada alasan nya, cuma produk pabrik saya kira agar murah saja...
iya, mungkin mendekati 0, tapi claim nya sih 0. saya belom test juga...
iya, mungkin mendekati 0, tapi claim nya sih 0. saya belom test juga...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
rasanya banyak dijual, teman saya bilang sekitar 30-50rban paling mahal... mereknya saya kurang hapal.
harga segitu utk chop mahal tidak?
harga segitu utk chop mahal tidak?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
setau ane...... wlp ada hambatan, pabrik dah pasti ngukur dulu............ jadi klo hambatannya kecil.... bisa diabaikan, krn ga akan mempengaruhi performance dari mtr tsb.......................didietkeren wrote:mungkin maksudnya mendekati 0 kali yach.. alias kecil sekali..eNeR wrote:lhah, emang ada ya chop busi + kabel bebas hambatan?
bukankah tiap benda metal selalu ada hambatannya, meski cuma 0,1kΩ. CMIIW
tapi ada efek sampingnya kah? Mungkinkah ada alasan pabrikan bikin ada hambatannya u/ safety?
Smoga bermanfaat...........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
performa gk bgt pengaruh, coz kabel yang putus pun masih bisa mengalirkan arus dengan tegangan tinggi dari coil. kalo gk percaya, coba aja pasang cop tanpa nyentuh busi, kasih jarak 1-2 mm. tetep nyala. n kalo dites diluar, nyala api tetep gk jauh beda (catatan, kondisi coil normal)
malah kalo busi agak brebet (mati segan hidup tak mau), bisa diidupin lagi. caranya busi dibersihin dulu, trus, badan busi ditempelin ke massa, nah, cop/kabel jangan sampai nempel kepala busi. kasih jarak 1-3 mm. kontak nyalain, selah/stater beberapa kali.awas, kesetrum, baiknya pegang pake tang. trus, busi dipasang, motor diidupin dengan pemasangan cop tidak menempel ke kepala busi. digas2 sebentar, udah, pasang lagi secara normal. cara ini kadang berhasil (lebih sering berhasil). tadinya sih gk percy, tp dicoba sndr ternyt bisa. hanya saja, usia pakai busi gk terlalu panjang, baiknya sih segera ganti baru.
trik ini lebih mudah daripada pecahin elektroda, n lebih awet. kan kalo mati beneran masih bisa dipecahin elektrodanya, sapa tau bisa idup lagi. kalo elektroda udah pecah, mati ya tinggal dibuang aja.
trik ini sangat bermanfaat waktu keadaan darurat, misal di tengah hutan (waktu turing ato adventure), ato gk ada bengkel/toko sparepart.
Warning:
cop busi 0 ohm, jangan dipake pada motor injeksi, coz dikhawatirkan bisa mempengaruhi ECU. kan percikan tegangan tinggi menimbulkan feedback.
rata2 mesin injeksi punya tahanan pada busi (busi ada kode huruf R), besarnya di kisaran K (ribuan ohm), jadi bukan lagi 2-3 ohm.
kalo misalnya ingin coba pake di injeksi, coba ukur dulu tahanan cop busi aslinya, kalo tahanan aslinya 0 ohm ato cuma 1-2 ohm, masih agak aman. tapi kalo tahanannya di kisaran K, lebih baik jangan,
busi kode R masih bisa dipake motor biasa, tapi busi tanpa kode R, jangan sekali2 dipasang pada motor injeksi,
malah kalo busi agak brebet (mati segan hidup tak mau), bisa diidupin lagi. caranya busi dibersihin dulu, trus, badan busi ditempelin ke massa, nah, cop/kabel jangan sampai nempel kepala busi. kasih jarak 1-3 mm. kontak nyalain, selah/stater beberapa kali.awas, kesetrum, baiknya pegang pake tang. trus, busi dipasang, motor diidupin dengan pemasangan cop tidak menempel ke kepala busi. digas2 sebentar, udah, pasang lagi secara normal. cara ini kadang berhasil (lebih sering berhasil). tadinya sih gk percy, tp dicoba sndr ternyt bisa. hanya saja, usia pakai busi gk terlalu panjang, baiknya sih segera ganti baru.
trik ini lebih mudah daripada pecahin elektroda, n lebih awet. kan kalo mati beneran masih bisa dipecahin elektrodanya, sapa tau bisa idup lagi. kalo elektroda udah pecah, mati ya tinggal dibuang aja.
trik ini sangat bermanfaat waktu keadaan darurat, misal di tengah hutan (waktu turing ato adventure), ato gk ada bengkel/toko sparepart.
Warning:
cop busi 0 ohm, jangan dipake pada motor injeksi, coz dikhawatirkan bisa mempengaruhi ECU. kan percikan tegangan tinggi menimbulkan feedback.
rata2 mesin injeksi punya tahanan pada busi (busi ada kode huruf R), besarnya di kisaran K (ribuan ohm), jadi bukan lagi 2-3 ohm.
kalo misalnya ingin coba pake di injeksi, coba ukur dulu tahanan cop busi aslinya, kalo tahanan aslinya 0 ohm ato cuma 1-2 ohm, masih agak aman. tapi kalo tahanannya di kisaran K, lebih baik jangan,
busi kode R masih bisa dipake motor biasa, tapi busi tanpa kode R, jangan sekali2 dipasang pada motor injeksi,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Cop busi 0 ohm (tanpa hambatan)
^^
betul .......... nice info.......
betul .......... nice info.......