Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Moonshade wrote:Om turbo, 4d56 VGT saya dari q8 mau coba ganti ke SHU ab 5w-30 spt yg om turbo info di thread lain, ini oli kuatnya sampai brp km ya masa optimalnya ?
Buat di Diesel ya 9000 - 10.000 Km bisa or max 12 bulan
Moonshade wrote:Om turbo, 4d56 VGT saya dari q8 mau coba ganti ke SHU ab 5w-30 spt yg om turbo info di thread lain, ini oli kuatnya sampai brp km ya masa optimalnya ?
Buat di Diesel ya 9000 - 10.000 Km bisa or max 12 bulan
Ini mesin std / light tune aja kan ?
4D56 sih bole pake 5W30 yg TBN tinggi
Bisa yah sampe 10k km ??
Dakar saya cuma 260hp 550nm aja sih hariannya, driving style kalo lg lancar gaspol, tapi 70% rute saya macet total ( tanah abang - permata hijau ). Masih ok gak ya ganti sampe 10k ?
Selama ini saya q8 5k ganti, habisnya udah 5k suara jadi lebih kasar. ( 5k km saya kurang lebih 5 bulan )
Last edited by Moonshade on Mon May 02, 2016 5:09, edited 1 time in total.
Om Turboman, perkenankan saya nubie bertanya. Saya pake Anki, km 1000 saya ganti oli mesin pake motul TRD w5-40, fuel sy pake shell diesel + Redline 85+ sesuai rekomendasi Om Turboman di topic lain, hasilnya tarikan lebih enteng, bau khas diesel berkurang jauh tapi suara mesin lebih garing dan kalo pagi pas Mobil start suara knockingnya masih berasa kenceng.
Pertanyaan saya:
1. Apakah pemilihan oli mesin saya sudah tepat?
2. Apa yg perlu saya tambah atau ganti biar suara mesin bisa lebih halus?
Zephere wrote:Om Turboman, perkenankan saya nubie bertanya. Saya pake Anki, km 1000 saya ganti oli mesin pake motul TRD w5-40, fuel sy pake shell diesel + Redline 85+ sesuai rekomendasi Om Turboman di topic lain, hasilnya tarikan lebih enteng, bau khas diesel berkurang jauh tapi suara mesin lebih garing dan kalo pagi pas Mobil start suara knockingnya masih berasa kenceng.
Pertanyaan saya:
1. Apakah pemilihan oli mesin saya sudah tepat?
2. Apa yg perlu saya tambah atau ganti biar suara mesin bisa lebih halus?
Mohon advisenya Om Turboman.
Kalo udah pake shell Diesel sih sebetulnya udah ga perlu additip lagi, kalo Shell Dies + Biosol 50:50 nah baru kasih additip
Kasih additip RL 85+ nya dikit aja kan ? cuman 50 - 80 ml gitu aja kan ?
Kalo mesin masi dingin ya biasa laa, oli full synth kan bedanya kalo geber RPM tengah - tinggi suara lebih halus drpd yg mineral
Zephere wrote:Om Turboman, perkenankan saya nubie bertanya. Saya pake Anki, km 1000 saya ganti oli mesin pake motul TRD w5-40, fuel sy pake shell diesel + Redline 85+ sesuai rekomendasi Om Turboman di topic lain, hasilnya tarikan lebih enteng, bau khas diesel berkurang jauh tapi suara mesin lebih garing dan kalo pagi pas Mobil start suara knockingnya masih berasa kenceng.
Pertanyaan saya:
1. Apakah pemilihan oli mesin saya sudah tepat?
2. Apa yg perlu saya tambah atau ganti biar suara mesin bisa lebih halus?
Mohon advisenya Om Turboman.
Kalo udah pake shell Diesel sih sebetulnya udah ga perlu additip lagi, kalo Shell Dies + Biosol 50:50 nah baru kasih additip
Kasih additip RL 85+ nya dikit aja kan ? cuman 50 - 80 ml gitu aja kan ?
Kalo mesin masi dingin ya biasa laa, oli full synth kan bedanya kalo geber RPM tengah - tinggi suara lebih halus drpd yg mineral
Oli gardan ganti juga ya
Thank you Om Turboman untuk masukannya, sy kasih RL85+ pas garis di botolnya 1oz setiap saya isi setengah tangki Om, kebanyakan ya Om?
Oli gardan belum ganti Om, ada rekomendasi pake oli gardannya apa Om yang ajib dan bisa jangka panjang? hari sabtu ini mau lansung meluncur ke bengkel.
Setahu noob, oli gardan gl5 bisa di drain sampai 40rb km. Range harga 70-90 rb an per quartz.
Kalau mau drain lama pake oli syn, seperti amsoil severe gear, redline, dll bisa sampai 100rb bahkan 150rb km. Range harga 200 rban per quartz.
Selamat malam Om Turboman, mobil ane GNKI 2kd dan sdh BLT + piggy,
Saat ini masih pake FK Mass DD 10w30, rencana mau ganti oli lagi, nah menurut om enakan yg mana?
SHU Ab 5w30 vs Q8 T800 ato M1 0w40?
Kondisi pemakaian di daerah, full Solar & RL 85+
Untuk M1 0w40 ane sdh pake 3 tahun terakhir di Ipah d4d 2010 BLT jg sangat puas. Jd ceritanya mau cb lain merk...
glendotan wrote:Selamat malam Om Turboman, mobil ane GNKI 2kd dan sdh BLT + piggy,
Saat ini masih pake FK Mass DD 10w30, rencana mau ganti oli lagi, nah menurut om enakan yg mana?
SHU Ab 5w30 vs Q8 T800 ato M1 0w40?
Kondisi pemakaian di daerah, full Solar & RL 85+
Untuk M1 0w40 ane sdh pake 3 tahun terakhir di Ipah d4d 2010 BLT jg sangat puas. Jd ceritanya mau cb lain merk...
Zephere wrote:Om Turboman, perkenankan saya nubie bertanya. Saya pake Anki, km 1000 saya ganti oli mesin pake motul TRD w5-40, fuel sy pake shell diesel + Redline 85+ sesuai rekomendasi Om Turboman di topic lain, hasilnya tarikan lebih enteng, bau khas diesel berkurang jauh tapi suara mesin lebih garing dan kalo pagi pas Mobil start suara knockingnya masih berasa kenceng.
Pertanyaan saya:
1. Apakah pemilihan oli mesin saya sudah tepat?
2. Apa yg perlu saya tambah atau ganti biar suara mesin bisa lebih halus?
Mohon advisenya Om Turboman.
Kalo udah pake shell Diesel sih sebetulnya udah ga perlu additip lagi, kalo Shell Dies + Biosol 50:50 nah baru kasih additip
Kasih additip RL 85+ nya dikit aja kan ? cuman 50 - 80 ml gitu aja kan ?
Kalo mesin masi dingin ya biasa laa, oli full synth kan bedanya kalo geber RPM tengah - tinggi suara lebih halus drpd yg mineral
Oli gardan ganti juga ya
Maaf om nyundul lg slama ini pajero shogun didi sy make 15W40 om apa gak ngaruh kl ganti ke 10W40 maaf om
ini TBNnya gede banget sampe 15.9...ini bener" cocoknya model excavator, truck kontener kelas berat yang jalan bisa 20rb km sebulan sama cocok juga buat diesel stasioner kyk genset" gede. CMIIW
emang di indo ada keluar om? kalau buat fleet mantep ini justru
".....In simple terms, many describe the Total Base Number (TBN) of an engine oil to be something akin to a "Tums" used to neutralize the acids in ones stomach. And to this end, the higher the base number, the greater is the lubricants ability to neutralize acids. At the same time, it should be noted that like "Tums: too much of anything is not necessarily good. In fact, whereas an overtreat of calcium sulfonate may be beneficial in neutralizing the acidic by-product of combustion, too much can generate higher levels of ash which can be damaging to an engine.
In an effort to strike a balance, the total base number of a new oil is typically in the range of 7 to 10 for gas engines and 10 to 14 for diesel engines. When the TBN in a used oil drops below 3, it typically indicates the need for an oil change..........."
ini TBNnya gede banget sampe 15.9...ini bener" cocoknya model excavator, truck kontener kelas berat yang jalan bisa 20rb km sebulan sama cocok juga buat diesel stasioner kyk genset" gede. CMIIW
emang di indo ada keluar om? kalau buat fleet mantep ini justru
".....In simple terms, many describe the Total Base Number (TBN) of an engine oil to be something akin to a "Tums" used to neutralize the acids in ones stomach. And to this end, the higher the base number, the greater is the lubricants ability to neutralize acids. At the same time, it should be noted that like "Tums: too much of anything is not necessarily good. In fact, whereas an overtreat of calcium sulfonate may be beneficial in neutralizing the acidic by-product of combustion, too much can generate higher levels of ash which can be damaging to an engine.
In an effort to strike a balance, the total base number of a new oil is typically in the range of 7 to 10 for gas engines and 10 to 14 for diesel engines. When the TBN in a used oil drops below 3, it typically indicates the need for an oil change..........."
Memang gakk masuk om.. Tapi bisa kalo bawa dikit" kalo kakak ane sempat bawa pulang pas dia pulang ke indo.. Mau nyoba itu olii.. Nampaknya bagus dari specnya..
Itu kalo dipake untuk mobil diesel turbo kayak ps dan vnt.. Gakmasalahkan? Atau ada efek sampingnya??
Dgn kadar sulphur solar skg yg rata2 udah lebih rendah dibanding 8 tahun yg lalu, TBN sampe 12 mg KOH aja udah terhitung tinggi utk oli Diesel mobil penumpang
temen pernah test lab Amsoil HDD 5W30 yg jalan 21 rb km dlm 5 - 6 bulan, TBN awal 12 an, TBN akhir masih 9 an.....cuman Soot overlimit krn si user gak ganti oli filter selama jalan 21 rb km
Kalo buat saya sih, oli Diesel mobil penumpang TBN fresh new oil antara 10 - 12 an mg KOH dah cukup
ini TBNnya gede banget sampe 15.9...ini bener" cocoknya model excavator, truck kontener kelas berat yang jalan bisa 20rb km sebulan sama cocok juga buat diesel stasioner kyk genset" gede. CMIIW
emang di indo ada keluar om? kalau buat fleet mantep ini justru
".....In simple terms, many describe the Total Base Number (TBN) of an engine oil to be something akin to a "Tums" used to neutralize the acids in ones stomach. And to this end, the higher the base number, the greater is the lubricants ability to neutralize acids. At the same time, it should be noted that like "Tums: too much of anything is not necessarily good. In fact, whereas an overtreat of calcium sulfonate may be beneficial in neutralizing the acidic by-product of combustion, too much can generate higher levels of ash which can be damaging to an engine.
In an effort to strike a balance, the total base number of a new oil is typically in the range of 7 to 10 for gas engines and 10 to 14 for diesel engines. When the TBN in a used oil drops below 3, it typically indicates the need for an oil change..........."
Memang gakk masuk om.. Tapi bisa kalo bawa dikit" kalo kakak ane sempat bawa pulang pas dia pulang ke indo.. Mau nyoba itu olii.. Nampaknya bagus dari specnya..
Itu kalo dipake untuk mobil diesel turbo kayak ps dan vnt.. Gakmasalahkan? Atau ada efek sampingnya??
Ga masalah kog om, cuma kalau jarang atau sedikit banget jalan mobilnya syg olinya diganti krn teroksidasi dibanding krn pemakaian yg intens sampe 15 - 20rb gitu dalam 6 bulan misalnya atau 1 tahun sekali cmiiw
Buat ipah diesel matic dono , prefer mana elf turbo diesel ato q8 t 800 sama2 10w-40? Mana yang bisa buat suara diesel lebih halus diantara ke 2 oli tsb? Tq atas pencerahan suhu2 di mari.....
Wongsuroboyo wrote:Buat ipah diesel matic dono , prefer mana elf turbo diesel ato q8 t 800 sama2 10w-40? Mana yang bisa buat suara diesel lebih halus diantara ke 2 oli tsb? Tq atas pencerahan suhu2 di mari.....
saya udah pake 3x q8 t800 ini sih enak banget, sampe 8000 km dlm 3 bulan masih enak om..suara memang agak garing pas di 7000an mungkin karena pengisian selalu biosol + aditip yang ga rutin.
elf turbo diesel belom pernah dan btw nyari dimana om si elf turbo diesel ini?
Siap om dieselman , tq buat testimoninya, oli elf ada di lazada om , secara harga kurang lebih sama dengan t800 , sama2 kemasan galon 5liter , makanya cari pencerahan suhu2 di mari , barangkali ada yg sudah pakai ke 2/oli tsb..tq sebelumnya.