Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1863
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by coklatMetalik » 30 Jun 2019, 08:47

Bagusway wrote: ↑
29 Jun 2019, 15:52
Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe

Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,

Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.

Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?

Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
Oli di mesin diesel emg item kok...
Tenang aja gk usah buru2 ganti
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

Bagusway
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 29 Jun 2019, 15:37
Location: Nganjuk
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva Diesel 2009

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Bagusway » 30 Jun 2019, 12:09

Turboman wrote: ↑
30 Jun 2019, 00:14
Bagusway wrote:Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe

Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,

Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.

Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?

Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya ImageImage
Mending lakukan penyehatan dulu aja
- Purging
- Kuras Tangki
- Bersihkan Katup EGR

Utk Purging harus pake Tabung bertekanan

Captiva bisa tutup EGR dengan ReMap
Di bengkel biasa bs ya om? Apa hrs ke beres?
Sblumnya ane bwa ke bengkel biasa tp emg spesialis mobil GM.
Makasih sarannya om...

Bagusway
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 29 Jun 2019, 15:37
Location: Nganjuk
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva Diesel 2009

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Bagusway » 30 Jun 2019, 12:10

coklatMetalik wrote: ↑
30 Jun 2019, 08:47
Bagusway wrote: ↑
29 Jun 2019, 15:52
Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe

Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,

Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.

Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?

Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
Oli di mesin diesel emg item kok...
Tenang aja gk usah buru2 ganti
Siap om... πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 30 Jun 2019, 13:20

Christ176 wrote:Om Turbo. Mohon advise nya untuk All New Pajero Sport Dakar 4x2 recommended ganti oli pakai apa? Terima kasih om
buntut 30

ekonomis = 10W30 Diesel oil semi syn

Premium = 5W30 Full Syn Diesel oil

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 30 Jun 2019, 13:25

Bagusway wrote:
Turboman wrote: ↑
30 Jun 2019, 00:14
Bagusway wrote:Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe

Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,

Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.

Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?

Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya ImageImage
Mending lakukan penyehatan dulu aja
- Purging
- Kuras Tangki
- Bersihkan Katup EGR

Utk Purging harus pake Tabung bertekanan

Captiva bisa tutup EGR dengan ReMap
Di bengkel biasa bs ya om? Apa hrs ke beres?
Sblumnya ane bwa ke bengkel biasa tp emg spesialis mobil GM.
Makasih sarannya om...
Purging nya mesti pake tabung spt di bawah

https://www.bg-indo.com/services2-c1r2b

BG INJECT A FLUSH for Diesel

itu buatan BG product

coba cari aja bengkel yg sedia lengkap produk2 en jasa BG product

atau telp Distro nya

setahu saya REV jual produk & jasa BG juga
Screenshot_2019-06-30-13-22-32-694_com.android.chrome.jpeg

ongisnade
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by ongisnade » 30 Jun 2019, 13:51

Bagusway wrote: ↑
29 Jun 2019, 15:52
Assalamualaikum om turbo dan om sekalian. Saya baru di dunia pardieselan.. Hehe

Ceritanya saya bru dpt mobil captiva diesel 2009 om, pertama dapet mesin kasar banget terus knalpot ngeluarin asap tipis,
Saya bawa ke bengkel katanya suruh kuras oli, trus disaranin dioplos pake oli 2T tiap isi solar/dex,

Nah ini udh ane jalanin om sekitar 1bln dan udh jalan 1rb.an km, hasilnya asap udh gak kluar dr knalpot, mesin udh berkurang getarannya.
Tp ane liat oli mesin kok udh hitam banget ya om, untungnya gak berkurang volumenya.

Ane mau minta petunjuk nih om, apa ane hrs ganti oli lg apa gmn?
Oli yg paling bagus apa om? Sblumnya pake fk lube 10-40w
Trus ada saran gak biar mesin mobil ane jd halus lg?

Maaf banyak tanya om, ane pemain baru.. Mohon bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
Dulu saya pake Mobil 1 5W-30 suara jauh lebih halus dari oli bawaan beres. Biosolar+DT-2000. Captiva NFL 2011. Purging injector kalo gak mau ribet bisa diberes, sekalian bersihin intake manifold. Kalo mau sehat dan awet purging, bersihin intake manifold dan EGR tiap 20 rb km. Katalisnya dicopot ganti pipa plong di tukang knalpot biar gak mampet. Sangat mudah karena katalisnya pake flange, tinggal copot baut gak perlu potong pipa. Filter udara ganti knn dan dicuci tiap 2500-3000 km.

Dijamin mesin sehat awet dan halus enak bawanya seperti baru.

Bagusway
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 29 Jun 2019, 15:37
Location: Nganjuk
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva Diesel 2009

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Bagusway » 30 Jun 2019, 15:33

Makasih banyak semua sarannya om sekalian..

Nanti ane bawa ke beres klo udh waktunya ganti oli, biar dieksekusi sekalian semua sarannya...

:thanks:

Arshut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 06 May 2017, 17:48
Location: Bogor
Daily Vehicle: Captiva

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Arshut » 03 Jul 2019, 21:59

20190703_215545.jpg
Om Turbo,
Gambar 1& 2 oli yg sama Q8 FT8700 5W30 dipakai di mobil berbeda dg jarak tempuh sama2 7000 km. Apakah artinya kualitas oli yg di no. 1 sudah lbh buruk dari yg no.2?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 04 Jul 2019, 01:05

Arshut wrote:
20190703_215545.jpg
Om Turbo,
Gambar 1& 2 oli yg sama Q8 FT8700 5W30 dipakai di mobil berbeda dg jarak tempuh sama2 7000 km. Apakah artinya kualitas oli yg di no. 1 sudah lbh buruk dari yg no.2?
T8700 pernah test lab jalan 10.000 km di 2GD ReMap masi layak pakai

bramray
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 14 Nov 2016, 17:59

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by bramray » 04 Jul 2019, 11:19

Om Turbo
Konsul lgi donk

Kemarin habis ganti oli fortun VNT dari biasa pakai fastron 15-40
Ke top 1 Hd plus 10-30
Krn lbh murah dikit dan berngapan sae nya lbh encer mgkin agak lari dan efisien konsumsi bbm nya mngingat ini juga daerh pgunungan biar ringan kali ya πŸ˜„

Selama ini dgn fastron ga ada msalah ya biasa aja pnguapan jg g pernh trjdi konsumsi bbm ya biasa2 aja

Apakh sudh tpt pmilihan oli turun ke 10-30? Apakh diesel kudu pakai 15-40?
Umur mesn 5 tahun ini
Bbm slalu solar busuk
Apakh merek top 1 ssh ccok om mngingt dsni tdk bnyak oli
Ada shell namun usdh usang tkut palsu, dsni dominan prtamina yg pegang pasaran,

Di botl oli ditulis syntetic blend itu artinya semi sintetic kah om?

Trims Om Turbo
Sukses selalu

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 04 Jul 2019, 12:22

bramray wrote:Om Turbo
Konsul lgi donk

Kemarin habis ganti oli fortun VNT dari biasa pakai fastron 15-40
Ke top 1 Hd plus 10-30
Krn lbh murah dikit dan berngapan sae nya lbh encer mgkin agak lari dan efisien konsumsi bbm nya mngingat ini juga daerh pgunungan biar ringan kali ya Image

Selama ini dgn fastron ga ada msalah ya biasa aja pnguapan jg g pernh trjdi konsumsi bbm ya biasa2 aja

Apakh sudh tpt pmilihan oli turun ke 10-30? Apakh diesel kudu pakai 15-40?
Umur mesn 5 tahun ini
Bbm slalu solar busuk
Apakh merek top 1 ssh ccok om mngingt dsni tdk bnyak oli
Ada shell namun usdh usang tkut palsu, dsni dominan prtamina yg pegang pasaran,

Di botl oli ditulis syntetic blend itu artinya semi sintetic kah om?

Trims Om Turbo
Sukses selalu
wah nggak ngerti deh

ya dicoba aja, pake 5000 - 7000 km misal, trus test lab sample oli bekasnya

nanti hasil test nya baru bisa kita bahas

okcakep
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 04 Nov 2018, 10:55

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by okcakep » 11 Jul 2019, 20:22

Turboman wrote: ↑
06 Jun 2019, 13:58
bepe wrote:
Turboman wrote: ↑
05 Jun 2019, 23:13
gak masalah

asal gunakan oli berkualitas

yg bilang gonta ganti oli bikin mesin rusak = HOAX

2KD saya yg dulu sampe 195 rb km pake oli yg sama Max hanya 2X......selebihnya ganti2 merek / type terus
Om, nyari2 spash nya ptt dynamic commonrail ga ketemu, tau ga brp?
yg 10W30 CI-4

Calcium 3000 ppm something

Antiwearnya yg tinggi

Zinc 1200 ppm
Boron 300 an ppm
Om Turbo..ini dibandung yg Q8 8700, lebih kental. Suara tetap bening ga ya om kira2...
Terimakasih polll ommm.....

Arshut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 06 May 2017, 17:48
Location: Bogor
Daily Vehicle: Captiva

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Arshut » 11 Jul 2019, 22:09

okcakep wrote: ↑
11 Jul 2019, 20:22
Turboman wrote: ↑
06 Jun 2019, 13:58
bepe wrote:
Om, nyari2 spash nya ptt dynamic commonrail ga ketemu, tau ga brp?
yg 10W30 CI-4

Calcium 3000 ppm something

Antiwearnya yg tinggi

Zinc 1200 ppm
Boron 300 an ppm
Om Turbo..ini dibandung yg Q8 8700, lebih kental. Suara tetap bening ga ya om kira2...
Terimakasih polll ommm.....
Saya pakai FT8700, di km 6 rb udah hitam pekat tapi msh encer dan enak. skrg sudah 9 rb km perasaan kok maki enak.

mamatarou2411
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 13 Jul 2019, 14:05

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by mamatarou2411 » 13 Jul 2019, 14:09

Misi om. Mohon rekomendasi oli mesin dan transmisi buat panther touring 2002 hibahan mertua. Buat pemakaian pribadi

Yg halus dan tarikan enteng serta irit solar (opsional)

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by bembenk95 » 13 Jul 2019, 17:39

mamatarou2411 wrote: ↑
13 Jul 2019, 14:09
Misi om. Mohon rekomendasi oli mesin dan transmisi buat panther touring 2002 hibahan mertua. Buat pemakaian pribadi

Yg halus dan tarikan enteng serta irit solar (opsional)
Di Panther 95 punya bokap, biasa pakai Oli Murah meriah aja yg penting jgn kena yg palsu, Meditran SX 15-40. Transmisi manual pakai Oli Mesin aja SAE 40 max. sesuai pesan di Tutup nya
i am, a sleeper

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 13 Jul 2019, 18:06

mamatarou2411 wrote:Misi om. Mohon rekomendasi oli mesin dan transmisi buat panther touring 2002 hibahan mertua. Buat pemakaian pribadi

Yg halus dan tarikan enteng serta irit solar (opsional)
15W40 murah & oke boleh coba yang foto di bawah ini, saya pernah pake en tarikan enak utk kelas oli 15W40

Utk Transmisi pakai saja Honda MTF
Screenshot_2019-07-13-18-03-51-600_com.android.chrome.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 13 Jul 2019, 18:08

Utk Panther :

Kalo mau pake 10W40 HDEO boleh coba Q8 T 800

bisa beli di Duniaoli - Toped......itu Q8 nya asli

Gallon 5 L

https://tokopedia.link/rB1iH6WThY

di toko Duniaoli Rp380.000

mamatarou2411
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 13 Jul 2019, 14:05

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by mamatarou2411 » 14 Jul 2019, 06:14

Siappp...makasih om masukannya. Pengen nyoba yg Q8 dulu

User avatar
theansoracing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: 10 Jul 2008, 15:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R
Contact:

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by theansoracing » 14 Jul 2019, 09:16

Turboman wrote:
VanzMatic wrote:*ngubek ngubek cari spek oli 4D56 N/A*
:big_think:
4D56 NA cocoknya buntut 40

utk mesin itu kasih 15W40 or 10w40 aja
Kalo 2gd pake sae 10w40 bukan pak
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 14 Jul 2019, 09:46

theansoracing wrote:
Turboman wrote:
VanzMatic wrote:*ngubek ngubek cari spek oli 4D56 N/A*
:big_think:
4D56 NA cocoknya buntut 40

utk mesin itu kasih 15W40 or 10w40 aja
Kalo 2gd pake sae 10w40 bukan pak
2GD use 10W30 / 5W30 Diesel oil atau PCMO ACEA B1 / B5 dgn TBN 10

Arshut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 06 May 2017, 17:48
Location: Bogor
Daily Vehicle: Captiva

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Arshut » 14 Jul 2019, 22:51

Om Turbo,
Kalau Gulf TEC TD 10W30 untuk ANPS gimana om? mumpung lagi ada promo menarik nih.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 15 Jul 2019, 00:51

Arshut wrote:Om Turbo,
Kalau Gulf TEC TD 10W30 untuk ANPS gimana om? mumpung lagi ada promo menarik nih.
Belom bisa comment krn belom pernah pake

dicoba aja......pake 7500 km trus test lab......buar valid evaluasi nya

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by bismo16 » 15 Jul 2019, 00:54

Misi suhu suhu sesepuh semuanya, nubi numpang tanya & mohon masukannya.
mohon maaf kalo salah kamar

Apa efeknya apabila mesin bensin dikasih minum oli diesel?

Rencananya, mesin M15A (flat tappet) odo :137.000 an km, mau ganti oli ke Q8 FT 8700 FE 5W30 API CJ/SN.
Sebelumnya pake kendall GT1 max 5W30.

Berhubung kendall sudah terlalu mahal & dalam Β± 9000 an km sudah minum total Β± 5 liter an oli (isi baru + top up), maka saya terpikir pake oli diesel aja (sama sama 5W30 API SN).
Karena :
1. Katanya Oli diesel cenderung lebih kental dari oli bensin
2. Kemasan Q8 FT 8700 5 L (ada sisa 1 L buat top up)
3. Harga per liter Q8 lebih murah dari kendall.
4. Semoga Q8 FT 8700 juga kuat dipake sampai 8000 - 10.000 km

Sekian, mohon masukannya..

Salam

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18740
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman » 15 Jul 2019, 06:35

bismo16 wrote:Misi suhu suhu sesepuh semuanya, nubi numpang tanya & mohon masukannya.
mohon maaf kalo salah kamar

Apa efeknya apabila mesin bensin dikasih minum oli diesel?

Rencananya, mesin M15A (flat tappet) odo :137.000 an km, mau ganti oli ke Q8 FT 8700 FE 5W30 API CJ/SN.
Sebelumnya pake kendall GT1 max 5W30.

Berhubung kendall sudah terlalu mahal & dalam Β± 9000 an km sudah minum total Β± 5 liter an oli (isi baru + top up), maka saya terpikir pake oli diesel aja (sama sama 5W30 API SN).
Karena :
1. Katanya Oli diesel cenderung lebih kental dari oli bensin
2. Kemasan Q8 FT 8700 5 L (ada sisa 1 L buat top up)
3. Harga per liter Q8 lebih murah dari kendall.
4. Semoga Q8 FT 8700 juga kuat dipake sampai 8000 - 10.000 km

Sekian, mohon masukannya..

Salam
Oli Diesel pake yg TBN 10 & SAPS 1% max
.
pake yg API CJ4 / CK-4 krn TBN cuman 10 / less

T8700 masuk

bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 05 Jan 2018, 19:35

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by bismo16 » 15 Jul 2019, 08:13

Turboman wrote:
bismo16 wrote:Misi suhu suhu sesepuh semuanya, nubi numpang tanya & mohon masukannya.
mohon maaf kalo salah kamar

Apa efeknya apabila mesin bensin dikasih minum oli diesel?

Rencananya, mesin M15A (flat tappet) odo :137.000 an km, mau ganti oli ke Q8 FT 8700 FE 5W30 API CJ/SN.
Sebelumnya pake kendall GT1 max 5W30.

Berhubung kendall sudah terlalu mahal & dalam Β± 9000 an km sudah minum total Β± 5 liter an oli (isi baru + top up), maka saya terpikir pake oli diesel aja (sama sama 5W30 API SN).
Karena :
1. Katanya Oli diesel cenderung lebih kental dari oli bensin
2. Kemasan Q8 FT 8700 5 L (ada sisa 1 L buat top up)
3. Harga per liter Q8 lebih murah dari kendall.
4. Semoga Q8 FT 8700 juga kuat dipake sampai 8000 - 10.000 km

Sekian, mohon masukannya..

Salam
Oli Diesel pake yg TBN 10 & SAPS 1% max
.
pake yg API CJ4 / CK-4 krn TBN cuman 10 / less

T8700 masuk
Makasih masukannya oom Turboman

Post Reply