Apa hubungannya posting di thread lain dengan argumentasi baru2 ini? Apa hubungannya dengan postingan anda? Saya gak peduli postingan anda dihapus tidak dihapus. Ngapain post saya anda quote kalo printilan? Penyakit kepo? Sama kaya ngurusin orang modif mobilnya sendiri...kok situ yg repot? Penyakit kepo akut?Nightster Guy wrote:Kenapa ane bilang printilan gak penting?
Karena entah udah berapa puluh (mungkin ratus) post anda didelet moderator. Dan AFAIR, blom ada 1 pun post ane didelet mod SM karena gak sesuai rules, KECUALI yang mengquote post anda2 yang lagi berbalas pantun printilan berlembar-lembar halaman forum.
[ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Kita lihat, masih ngeyel nggak dengan statement2 ngawurnyamklasse wrote:Sudah2 ayo bapak2 berdamai saja
Masalah siap tidaknya seseorang menggunakan produk tertentu sebenarnya juga bukan hak kita untuk menghakimi. Kita hanya perlu menilai siap tidaknya kita menggunakan produk tersebut. Karena ujung2nya ya kita masing2 juga yang menikmati mobil kita sendiri.
Kalo masalah spare part, sebenarnya saya setuju sama bro FM, misalnya ada part merk Bosch yg sudah ada cap BMW, dan kemasan box BMW, itu dari produksi, sampe pengecapan merk, dan pengemasan ya dilakukan oleh Bosch. BMW tinggal terima aja, dan mereka sudah percaya lah dengan QC dari Bosch, kalo ngga percaya ya ngga mungkin kan dijadikan supplier, soalnya taruhannya ya nama BMW sendiri. Lagian part Bosch juga sudah dipercaya dan dipakai oleh banyak produsen mobil2 lainnya.
Kalo kita suka nonton peliputan pabrik2 mobil, misalnya kyk Mega Factories di National Geographic, disana kita bisa lihat part2 yg dateng dari supplier itu banyak sekali dan langsung di supply ke assembly line. Baru nanti setelah jadi 1 unit mobil, QC dari BMW yg turun untuk ngecek hasil rakitan sama kinerja mobil tersebut. Kalau misalnya semua part dicek satu2, mau berapa dana yg dikeluarkan?
Yah ini sih pendapat saya aja, boleh setuju boleh juga tidak. Semua orang kan berhak atas pendapatnya masing2, kalo kita ga setuju ya bilang aja gak setuju, tapi gak perlu lah saling "menyerang" satu sama lain.
Nah, yuk sekarang kita balik membahas BMW 5 series E39
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Sambil nunggu...
Last edited by FortunerMan on Sat Jul 14, 2012 8:11, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 324
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Hahaha...lucu baca dari depan.
Memang dua2nya FM & Farm gak layak jadi bimmer. Soalnya sama2 miara bmw jadul kok ribut..
Kalau bener2 tajir ngapain beli fullpump baru 6 jt sementara satunya blusukkan di haji nawi beli jeroan fullpump.. hahaha..
kalau bener tajir, beli noh F30 baru.. tahhh..
Dah damai yah, kasihan yg buka SM pake hp kek gua.. habisin bw baca yg gak perlu...
Memang dua2nya FM & Farm gak layak jadi bimmer. Soalnya sama2 miara bmw jadul kok ribut..
Kalau bener2 tajir ngapain beli fullpump baru 6 jt sementara satunya blusukkan di haji nawi beli jeroan fullpump.. hahaha..
kalau bener tajir, beli noh F30 baru.. tahhh..
Dah damai yah, kasihan yg buka SM pake hp kek gua.. habisin bw baca yg gak perlu...
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Kalo situ layak gak?Knalpot wrote:Hahaha...lucu baca dari depan.
Memang dua2nya FM & Farm gak layak jadi bimmer. Soalnya sama2 miara bmw jadul kok ribut..
Yang ngaku tajir siapa? Belajar baca dimana sih?Knalpot wrote:Kalau bener2 tajir ngapain beli fullpump baru 6 jt sementara satunya blusukkan di haji nawi beli jeroan fullpump.. hahaha..
kalau bener tajir, beli noh F30 baru.. tahhh..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
nyimak aja deh... secara mental belum siap utk miara biem manapun.....
buat atoz aja cuma sanggup beli part di atrium n klu bisa ya pasang sendiri. ke bengkel klu bener2 dah mentok aja.....
tp pengalaman ane membuktikan klu belajar hal2 baru seperti biem, biasanya lama2 mental siap juga.... (mudah2an bisa ketularan.... )
buat atoz aja cuma sanggup beli part di atrium n klu bisa ya pasang sendiri. ke bengkel klu bener2 dah mentok aja.....
tp pengalaman ane membuktikan klu belajar hal2 baru seperti biem, biasanya lama2 mental siap juga.... (mudah2an bisa ketularan.... )
Accurate V5 Accounting System Consultant
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Justru bagus itu om - jadi tau betul seluk beluk mobil kita. Saya kalo punya tools lengkap sama sedikit keberanian, pengen juga ngerjain sendiri. Kebanyakan kalo parts2 aus gak susah2 amat - komunitas (DIY - Do-It-Yourself) sangat besar, nyari cara ngerjainnya tinggal panggil om Google. Itulah saat kita "bonding" dengan kuda besi kitay_anjasrana wrote:buat atoz aja cuma sanggup beli part di atrium n klu bisa ya pasang sendiri. ke bengkel klu bener2 dah mentok aja.....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
F10 dong om.. ini kan upgradenya dari E39Knalpot wrote: -CUT-
beli noh F30 baru.. tahhh..
-CUT-
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
wah wahw wah wah ada perang baru nih
*manjat genteng beli teh botol .... nonton*
................................
*manjat genteng beli teh botol .... nonton*
................................
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
FortunerMan wrote:rfarm wrote:Bukannya apa apa sih...
Tapi yang seperti ini yang saya nggak suka...
Pake onderdil non original. Memang sih bisa saja dilakukan, tapi pastinya nggak seperti stock parts.
Kalo berani pake merek sekelas BMW dan masih takut beli part ori dan masih pake premium... Artinya belum siap paje merek itu.
Mungkin anda perlu les dulu tentang istilah OEM (Original Equipment Manufacturer), ini ada penjelasan sangat bagus dari om Andy1800Biar amat sangat jelas, OEM nya disini adalah Pierburg. Kalo beli dari be-res, ada logo BMW nya. Kalo beli di toko spare part, tidak ada logo BMWnya. Nah yg harus hati2 jangan beli di toko ntah berantah - beli di toko yg sudah terkenal dan terpercaya.andy1800 wrote:kelebihannnya OEM: lebih murah
maksudnya, utk type yg sama persis...
dlm hal ini, utk kijang, bawaanya (yg tertulis) adlh merk Toyota.
tentu saja, itu shock absorber (SA) tidak dibikin sendiri oleh Toyota....OEM nya adalah Kayaba.
bila kita beli replacement dg tipe yg sama (yaitu yg oil-filled, bukan gas-filled)...kita akan dapatkan harga lbh murah, drpd kalau beli yg box nya Toyota.
demikian jg dg parts2 lainnya, spt metal duduk - metal jalan... antara merk Toyota, dg merk OEMnya yaitu Taho (cmiiw), harganya beda jauh.
perlu diingat, parts OEM disini bukanlah KW2 atau kualitasnya dibawah yg ber-cap Toyota loh..
Kalo belum ngerti juga konsep OEM, ya sudah. Seperti saya bilang, uang2 anda kok - tapi jangan sembarangan bilang orang gak siap ini itu - apalagi anda sendiri membawa argumen/pengetahuan yg "tidak siap".
hehe sama kayak untuk avanza ya ?????
kadang adaloh part lambang D di T..
ane pernah liat piringan apa gitu yang buat kopling ... dus T....plastic pembungkus T.... segel T... tapi grafir merek D
atau contoh nyata ... busi di beres T dusnya T tapi mereknya DENSO gitu ya om ? Bener gak om itu contoh barang OEM ??/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 324
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Yang ngaku tajir siapa? Belajar baca dimana sih? [/quote]Knalpot wrote:Kalau bener2 tajir ngapain beli fullpump baru 6 jt sementara satunya blusukkan di haji nawi beli jeroan fullpump.. hahaha..
kalau bener tajir, beli noh F30 baru.. tahhh..
Sabar ya Brooo.. jangan kalap.. cup..cup..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 324
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Jaelahh Bro, E39 saja bikin heboh..apalagi F10.mklasse wrote:F10 dong om.. ini kan upgradenya dari E39Knalpot wrote: -CUT-
beli noh F30 baru.. tahhh..
-CUT-
F30 dulu deeh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Klu dulu ane pernah liat di klien ane, yg perusahaan sparepart motor. barangnya sama dibungkus macem2. ada yg dikasih merk motornya (kyk honda genuine), ada merk aspira, ada juga yg dikasih merk sendiri. klu kyk gitu makin bingung deh yg genuine mana, yg oem mana, yg kw1 mana.... tp itu hasil ngobrol2 ma orang gudangnya. ga tau bener pa gak...
Akhirnya klu utk part fast moving, ane pilih yg murah ajah... klu part lain baru beli oem (kt yg punya toko). secara part hyundai jarang part kw-nya..... (sisi positif merk korea...)
Btw knapa ya klu body part umumnya hrs pesen dulu? klu biem hrs pesen dulu ga?
Akhirnya klu utk part fast moving, ane pilih yg murah ajah... klu part lain baru beli oem (kt yg punya toko). secara part hyundai jarang part kw-nya..... (sisi positif merk korea...)
Btw knapa ya klu body part umumnya hrs pesen dulu? klu biem hrs pesen dulu ga?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Om badak tadi ngumpet di mana ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
cari badak ya di ujung kulon om... jangan disini.. ini tempatnya bmw, bukan badak..... ................nugroho bagor wrote:Om badak tadi ngumpet di mana ya
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
BTW ini aslinya E39 loh.......modifnya jadi kayak gini........kasian mobilnya.......yah emang sih ini terserah yang punya, kan duitnya juga duit yang punya, tapi menurut ane jadinya malah rusak.....
ini link jualannya :
http://mobil.tokobagus.com/bmw/dijual-m ... 56837.html
ini link jualannya :
http://mobil.tokobagus.com/bmw/dijual-m ... 56837.html
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Ujung kulon ya,ok genjot lagi becaknya ke ujung kulon
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
I'm coming, Om Bagornugroho bagor wrote:Om badak tadi ngumpet di mana ya
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Ha ha ha...belajar baca dulu makanyee...jangan asep knalpot melulu diisep dikasi les tuh ama om mklasse.mklasse wrote:F10 dong om.. ini kan upgradenya dari E39Knalpot wrote: -CUT-
beli noh F30 baru.. tahhh..
-CUT-
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Setuju om...malah rusak. Tapi yah mobil2 dia - kalo dia happy dengan kerjaannya...ya bagus toh :pdany_pos wrote:BTW ini aslinya E39 loh.......modifnya jadi kayak gini........kasian mobilnya.......yah emang sih ini terserah yang punya, kan duitnya juga duit yang punya, tapi menurut ane jadinya malah rusak.....
@y_anjasrana
Berarti anda belum siap punya Hyundai wkwkwkwkwkwk. j/k bro - tapi itu kata yg posting diatas atas.
Saya belum pernah mesti pesen body part di be-res - mudah2an gak pernah selamanya haha. Tapi kalo saya nyari body part kemungkinan saya ke ebay, atau copotan dari singapore. Kalo mesin jebol total juga bisa dr singapore - banyak mesin gelondongannya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Iya bro contohnya ya gitu, hampir semua produsen sih sama. Biasanya ada logo manufacturer part tersebut (denso, bosch, lemforder, dll) berdampingan dengan logo untuk siapa part tersebut dibuat (Toyota, Honda, BMW, Mercedes, dll)FMEAKD wrote: hehe sama kayak untuk avanza ya ?????
kadang adaloh part lambang D di T..
ane pernah liat piringan apa gitu yang buat kopling ... dus T....plastic pembungkus T.... segel T... tapi grafir merek D
atau contoh nyata ... busi di beres T dusnya T tapi mereknya DENSO gitu ya om ? Bener gak om itu contoh barang OEM ??/
Ya kyk contoh diatas aja, partnya sama persis, tapi packaging dibedakan, yang satu masuk ke dealer T, yg satu lagi masuk ke dealer D, entah harga dibedakan gak, yang pasti harga produksinya ya sama.
Cuma ya memang bisnis spare part ini complicated, diluaran sana banyak juga spare part "OEM" tapi ternyata palsu.. yg spare part "OE"/Original aja juga ada yg palsu kok, makanya BMW kan baru2 ini lagi heboh melawan peredaran spare part palsu, sampe mau dibawa ke jalur hukum segala. Contohnya di link ini: http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/ ... alur-Hukum
(Sekedar info tambahan, saking hebohnya sampe tahun lalu saya mau bikin karpet custom, mau dipasang tulisan "BMW" aja, ga berani tuh yang bikin, apalagi pake lambang BMW lebih ga berani katanya - kalo sekarang ga tau lagi deh.. hehe)
Balik lagi ke spare part, memang mungkin paling aman ya masuk ke bengkel resmi, setidaknya untuk BMW dapet garansi 2 thn dari part yg diganti, kalau toh misalnya dapat part palsu dan baru pake 3 bulan udah rusak lagi, ya diganti sama BMW.
Kendalanya ya mungkin di harga, part yang dibeli di beres lebih mahal daripada yg dibeli di bengkel non beres.
Kadang kan kalo yang merawat mobil berumur suka berpikir.. wah sekarang mobil saya market valuenya tinggal 100jt, kalo dirawatnya di bengkel resmi mau habis berapa tuh.. nanti kalo ada kerusakan ini itu bisa2 harga part dan jasanya aja setengah dari value mobilnya. (Termasuk saya sendiri juga begitu kok waktu pakai Mercedes thn 2002 )
Sedangkan kalo dijual, mobil yang kondisinya sama persis, rawatan beres vs non beres paling ga beda banyak atau ga ada bedanya sama sekali. Ada buyer yang lebih "appreciate" mobil rawatan beres, ada juga buyer yang berpikiran "ah yang penting terawat dengan baik, ada service recordnya", apalagi kalo bengkel non resminya itu sudah dikenal baik di kalangan komunitas BMW ya gak jadi masalah.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
ngomong2 soal spare part... beli spare part di luaran jg musti hati2... bahkan utk tempat sperti atrium aj, banyak pedagang2 nakal yg jual spare part aspal... ane perna kejadian mau beli busi buat lipina, dikasi lah busi yg harga nya sdikit miring, dari dus dan kode busi nya pun sama.. cuman pas ane buka, bahhh, ternyata busi xtrail t30... perna jg beli air filter, bungkus dan dus nya pun persis sperti OEM nya nissan yg di jual di beres, ternyata, gt dibuka, cuman tempelan stiker doank tuh air filter...
numpang lewat aja....
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Betul bro - jangan di sembarang toko/bengkel - sebisanya yg udah terkenal dan jadi rekomendasi sesama user + montir. Contohnya Toko 74 buat Mercedes atau Avon buat BMW.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
sebetulnya bukan masalah siap pa gak. cuma ga ikhlas utk hasil yg sama tp hrs bayar lebih buat ke beres....
seumur2 ane punya hyundai ke beres cuma 2 kali. sekali utk checkup, yg kedua waktu mogok di jalan, n dibenerin sementara ma teknisi beres lalu diantar ke beres. itupun disana cuma ganti part sensor yg ane beli sendiri di luar. kebetulan pas mereka ga ada stoknya. waktu mereka trima part dari ane, teknisinya kaget krn harganya cuma separo dari pricelist mereka. mereka sendiri bilang barangnya ori, tp harganya cuma separo....
seblomnya waktu checkup sama juga. divonis hrs ganti tierod dan as roda depan, total perkiraan abis 2jt. trus ane beli partnya sendiri lalu pasang di bengkel umum, total abis cuma sekitar 700rban. mahal sih boleh, tp klu kebangetan ya siapa yg ga kaburrr...... (partnya ane beli di toko khusus hyundai, rekomendasi HMI sendiri dan klub)
seumur2 ane punya hyundai ke beres cuma 2 kali. sekali utk checkup, yg kedua waktu mogok di jalan, n dibenerin sementara ma teknisi beres lalu diantar ke beres. itupun disana cuma ganti part sensor yg ane beli sendiri di luar. kebetulan pas mereka ga ada stoknya. waktu mereka trima part dari ane, teknisinya kaget krn harganya cuma separo dari pricelist mereka. mereka sendiri bilang barangnya ori, tp harganya cuma separo....
seblomnya waktu checkup sama juga. divonis hrs ganti tierod dan as roda depan, total perkiraan abis 2jt. trus ane beli partnya sendiri lalu pasang di bengkel umum, total abis cuma sekitar 700rban. mahal sih boleh, tp klu kebangetan ya siapa yg ga kaburrr...... (partnya ane beli di toko khusus hyundai, rekomendasi HMI sendiri dan klub)
Last edited by y_anjasrana on Sun Jul 15, 2012 4:29, edited 1 time in total.
Accurate V5 Accounting System Consultant