Baleno

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jan 2016, 16:33

Re: RE: Re: Baleno

Post by memphisraines »

marmut wrote:nunggu 1000km??? montir gila... kenapa nggak sekalian nunggu olinya kering?
itulah sebabnya saya lebih suka memperbaiki mobil sendiri dirumah, termasuk turun mesin.
jangan dikatakan gila dong om, tuh montir dah kepala 6, pamali ngatain orang tua gila... hehehe.. widih, ilmunya ente dah sampai level turun mesin.. lah ane cuma supir doang, asal jalannya enak, rutin ganti fluida, isi angin ban.. dah jalan wes.. kalau ada berbagai saran, ane tampung om.. karena ilmu tiap orang beda, meski pada hal yang sama
whatever your flag..we share the same road..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Baleno

Post by marmut »

jadi intinya gini pakdhe,
1. pastiin dulu asap/uap yang keluar dari ujung knalpot itu benar asap dari oli mesin yang masuk ke combustion chamber dan ikut terbakar atau hanya asap/uap air hasil pembakaran.
2. saat mesin idle, angkat dipstick dan perhatikan apa ada asap/uap keluar dari situ? bisa juga dengan cara membuka tutup pengisian oli di valve cover.

kalau ada asap/uap keluar dari lubang dipstick, dipastikan oli mesin sudah rembes ke ruang bakar bisa melalui seal klep, bos klep/valve guide, klep, liner/boring, ring piston, atau kombinasi dari yang saya tulis tadi.
dicoba saja dulu angkat dipstick dan saat itu juga bisa keluar vonis apakah harus turun mesin total atau cukup angkat cylinder head. nggak perlu nunggu 1000km.
semoga bisa membantu dan saya tunggu hasilnya.
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jan 2016, 16:33

Re: RE: Re: Baleno

Post by memphisraines »

marmut wrote:jadi intinya gini pakdhe,
1. pastiin dulu asap/uap yang keluar dari ujung knalpot itu benar asap dari oli mesin yang masuk ke combustion chamber dan ikut terbakar atau hanya asap/uap air hasil pembakaran.
2. saat mesin idle, angkat dipstick dan perhatikan apa ada asap/uap keluar dari situ? bisa juga dengan cara membuka tutup pengisian oli di valve cover.

kalau ada asap/uap keluar dari lubang dipstick, dipastikan oli mesin sudah rembes ke ruang bakar bisa melalui seal klep, bos klep/valve guide, klep, liner/boring, ring piston, atau kombinasi dari yang saya tulis tadi.
dicoba saja dulu angkat dipstick dan saat itu juga bisa keluar vonis apakah harus turun mesin total atau cukup angkat cylinder head. nggak perlu nunggu 1000km.
semoga bisa membantu dan saya tunggu hasilnya.
Image

tidak ada asap sama sekali saat ku buka oil dipstick & tutup oli om.. asap keluar saat pagi & saat kick down pedal gas.. itu artinya apa ya.. kata montir sepuh.. masih ada kemungkinan glass wool knalpot yang kotor juga turut andil keluar nya asap..

Sent from my Lenovo_S930 using Tapatalk
whatever your flag..we share the same road..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Baleno

Post by marmut »

jadi sudah yakin asap oli berwarna putih ya? bukan uap air? walaupun tidak 100%, dugaan saya seal klep.
cukup angkat head aja. tapi sebelum dibongkar alangkah baiknya pressuse tiap silinder diperiksa dulu supaya ketauan berapa PSI pressure-nya.
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jan 2016, 16:33

Re: RE: Re: Baleno

Post by memphisraines »

marmut wrote:jadi sudah yakin asap oli berwarna putih ya? bukan uap air? walaupun tidak 100%, dugaan saya seal klep.
cukup angkat head aja. tapi sebelum dibongkar alangkah baiknya pressuse tiap silinder diperiksa dulu supaya ketauan berapa PSI pressure-nya.
yang keluar hanya asap om.. kalau pagi ya masih ada air yang keluar.. tapi dikit.. thanks berat om saran nya.. ntar ku sampaikan ke montir sepuh [emoji106]

Sent from my Lenovo_S930 using Tapatalk
whatever your flag..we share the same road..
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 05 Mar 2018, 16:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Baleno (Ask: seal Driveshaft Matic)

Post by imsan »

Numpang nanya,

Buat yang punya Baleno Matic 2001, ada yang pernah ganti seal driveshaft transmisi matic nya? Atau, ada yang tau nomor sparepart nya?
Olinya rembes.

BeRes Kudus tempat saya servis, katanya ga punya bukunya. Saya di Pati Jawa Tengah.

Maaf saya numpang di sini, setelah sebelumnya numpang di thread mas Memphisraines viewtopic.php?f=19&t=24061&start=25#p996076

Matur nuwun
akubocahnakal
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 12 Jun 2018, 16:33

Re: Baleno

Post by akubocahnakal »

Met sore ..Newbie ijin menyapa..barusan ambil baleno tahun 2002 .. saya di jatim apakah msh hidup ya thread ini...mkasih...
Post Reply