Crown 2.6 & 2.8

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Crown 2.6 & 2.8

Post by mickey »

halo all otomania adakah yang punya pengalaman atau mungkin memiliki Toyota Crown 2.6 & 2.8 ...
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Memang ada ya Crown 2.6 & 2.8 di Indonesia? Setauku cuma ada yg 3.0 (untuk yg model baru).
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Model lama kali yah... Kalo yang baru sih emang cuma 3.0 L.

Saya sih kurang tau ttg Crown nih.
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

Yah Crown 2.6 & 2.8 sekitar thn 70 - 89 kalo tidak salah tipe Deluxe, SuperSalon & Royal Salon dan 2.0 i mulai 90-an kalo 3.0 itu sudah setaraf dengan Lexus atau crown Royal Salon, saya baru main Crown 2.6 Duluxe (BU Jepang) adakah yang pernah bermasalah dengan kelistrikannya atau dinamo ampernya mohon informasinya thk's
Demonium

Post by Demonium »

duh maap saya cuman pernah nebeng duduk doang
dan enak banget tuh mobil
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

Demonium wrote:duh maap saya cuman pernah nebeng duduk doang
dan enak banget tuh mobil
gak papa bung Demonium walu cuma duduk tapi kalo tiap hari kan sama aja punya dan mungkin punya informasi ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Rasanya populasi Crown dikit ya.

Ada yang bisa bantu bung mickey ga ?
Demonium

Post by Demonium »

ntar saya tanya ama org auto2000 deh
masalah kelistrikannya gimana sih ?
btw tahun berapa itu crownnya ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Cieh ... baik euy bung Demo. Nah gitu donk !
Hehehe ...
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Thank's a lot Bro

Post by mickey »

Demonium wrote:ntar saya tanya ama org auto2000 deh
masalah kelistrikannya gimana sih ?
btw tahun berapa itu crownnya ?
waduh bung Demonium Serius nih...sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih maklum belum lama main mobil nih..
Crown nya sih udah uzur Deluxe keluaran Thn 79 berhubung mesin masih ok buat luar kota yah dipeke terus lah hanya saya pernah ganti seal klep di bengkel refrensi teman nah setelah dari bengkel mesin tetap ok tapi kelistrikanya sering bermasalah sekring sering putus jadi kalo jalan jauh, hujan dan malam hari saya harus stok -/+ 2 or 3 sekring krn setiap berhenti istirahat or isi bensin waktu start ulang kemungkinan besar ada sekring yg putus dan lampu indikator CHG dan Brake nya pasti nyala saya kurang tau masalahnya dimana berhubung petunjuk di box sekringnya pake bahasa kanji (jepang) mungkin itu dulu informasi yg saya bisa sampaikan nanti di sambung lagi ....sekali lagi thank's bro
Demonium

Post by Demonium »

liat dari masalah nya sih ya
itu hrs di cek ke auto 2000 nya langsung deh, karena masalah kelistrikan seperti itu ga bisa di tebak2, tapi hrs di telusuri satu,

gini deh :
saya coba tanya ke juara contest engine auto 2000 ya keetulan kenalan saya, mungkin ini memang penyakit crown ato bukan, saya blom bisa jwb sekarang, tapi org tersebut sudah speerti kamus deh kalo masalah toyota

tapi saya tetep ga bisa janji ya
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Thanks

Post by mickey »

Demonium wrote:liat dari masalah nya sih ya
itu hrs di cek ke auto 2000 nya langsung deh, karena masalah kelistrikan seperti itu ga bisa di tebak2, tapi hrs di telusuri satu,

gini deh :
saya coba tanya ke juara contest engine auto 2000 ya keetulan kenalan saya, mungkin ini memang penyakit crown ato bukan, saya blom bisa jwb sekarang, tapi org tersebut sudah speerti kamus deh kalo masalah toyota

tapi saya tetep ga bisa janji ya
Terima kasih Bung Demonium any time saya tunggu kabar baiknya sambil saya juga harus hunting di bengkel2 biar nambah ilmu, kelamaan main motor sih jadi kurang punya chanel di roda empat.
Demonium

Post by Demonium »

no problemo
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Crown..... :)

Post by art3m1s »

hola hola.. saya ada nih Crown.. Crown 2600 (yg agak tua an..) sama Crown 3000 (built up)... dua dua nya automatic dan masih jalan dengan baik.,..

Crown 3000 Super Saloon nya yg modelnya kayak gini... Image (kok bisa persis ya gambarnya ama crown gw.. tp itu bukan poto gw lo :p)

kalo yang 2600 i gak bisa nemu gambarnya di internet.. (koneksi nya pas pasan nih), tapi betnuknya blakang masih agak bulet, and kaca spion masih di ujung depan :)
HOLDEN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44

Post by HOLDEN »

Toyota Crown pertama datang di Indonesia tahun 1969 (di Jepang sendiri udah keluar sejak tahun 1949).
Dan sempet discontinue di Indonesia antara tahun 85 - 88. Makanya gak ada Crown yg dibuat antara tahun itu.

Yg membedakan 2.6 dan 2.8 selain ukuran cilyndernya juga adalah banyaknya silinder. veri 2.6 itu pake 4 silinder dan 2.8 itu 6 silinder. Ini berlaku untuk Crown dibawah 85 an..
Yg asyik tuh Crown 1984 (monoblock). Ini yg paling disuka banyak orang.
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

HOLDEN wrote:Toyota Crown pertama datang di Indonesia tahun 1969 (di Jepang sendiri udah keluar sejak tahun 1949).
Dan sempet discontinue di Indonesia antara tahun 85 - 88. Makanya gak ada Crown yg dibuat antara tahun itu.

Yg membedakan 2.6 dan 2.8 selain ukuran cilyndernya juga adalah banyaknya silinder. veri 2.6 itu pake 4 silinder dan 2.8 itu 6 silinder. Ini berlaku untuk Crown dibawah 85 an..
Yg asyik tuh Crown 1984 (monoblock). Ini yg paling disuka banyak orang.
wah saya koreksi sedikit yah bung Holden setahu saya Crown 2.6 & 2.8 semuanya pake 6 silinder enggak ada yg 4 silinder termasuk Crown 2.6 Deluxe thn 79 saya yg 6 silinder 12 katup dan masih pake platina, tapi saya pernah ketemu Crown 2.8 Royal Salon warna putih yg kata pemiliknya keluaran thn 87. Yah saya juga kalo ada rejeki sih pingin punya Crown monoblok 2.8 apalagi yg Royal Salon ngomong2 bung Holden mobilnya jenis apa sedan atau pickup (Premier, Kingswood or Belmont)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Crown taon lama susah ngga sih cari spare partnya? Knapa ya populasinya dikit banget, apa karena harganya mahal?

Kalo Crown baru gimana?
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

DigitALL wrote:Crown taon lama susah ngga sih cari spare partnya? Knapa ya populasinya dikit banget, apa karena harganya mahal?

Kalo Crown baru gimana?
Setahu saya bung Digitall parts Crown masih cukup mudah di cari walau tahun lama hanya untuk ukuran mobil Toyota agak sedikit mahal (yg orisinil loh) dan Crown tahun lama tuh kesannya enggak gaul jadi banyak yg enggak tertarik dan harga jualnya kurang bagus di banding Corona or Corolla padahal fasilitas yg dimiliki sangat jauh dari corona or corolla dari dulu sampe sekarang apalagi kenyamanannya masih satu tingkat diatas.
Crown baru mungkin masalah kelistrikannya yg cukup rumit jadi kalo beli second harus hati2.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Oh i see ... Thanks bung Mickey.

Berarti Crown taon tua emang enak dari segi kenyamanan dan interiornya yang luas kali ya. Kalo masalah model, ya itulah yang biasanya menjadi patokan para konsumen di sini.

Oke thanks bung!
HOLDEN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44

Post by HOLDEN »

Betul itu..
Crown dulunya sempat menjadi golongan mobil mewah, yg dipakai oleh para pejabat2 Jepang di Indonesia.
Cuman ya itu, bentuknya yg mengesankan 'milik babe babe', juga bodinya yg kelewat lebar, banyak orang tidak melirik.
Alasan utama tidak melirik ya, bensinnya boros banget, kemudian tempat tinggal (kian hari rumah2 BTN baru makin mengecil tanahnya), padahal si crown ini butuh tanah kosong minimal 2.5mx5m (atau 12.5 meter persegi).. setengah ukuran rumah BTN tipe 21.. :)
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Post by art3m1s »

Ohohohoho... tapi gimanapun juga crown yang baru ini keren lo.. tapi kalo diliat liat designnya mirip buanget sama salah satu mobil yang pernah ada deh...
Yang baru makin panjang aja... ^.^ :) :)
B6133PJO
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Berarti segi design Crown kurang aerodinamis ya. Dan faktor lainnya mungkin harganya yang terlalu mahal. Banyak konsumen lebih baik memilih brand lainnya dengan harga yang sama, misal BMW atau Mercy.
HOLDEN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Apr 02, 2004 6:44

Post by HOLDEN »

DigitALL wrote:Berarti segi design Crown kurang aerodinamis ya. Dan faktor lainnya mungkin harganya yang terlalu mahal. Banyak konsumen lebih baik memilih brand lainnya dengan harga yang sama, misal BMW atau Mercy.
Sebenarnya masalah aerodinamis itu adalah masalah ilmu pengetahuan yg dikembangkan dari jaman ke jaman...
Toyota Crown itu sempat di klaim oleh pembuatnya 'mobil paling aerodinamis' di tahun 1954.. :p

Mengenai kenyamanan, Crown gak akan kalah dengan Mercedes atau BMW. Juga fasilitas. Antena otomatis (yg sekarang umum ditemukan mobil sedan2 kecil) sudah ada di crown 1963. Juga power Window dan central lock (cara pakenya dipencet tombol), sudah jadi standar Crown 1974. Bahkan CD Player, sudah ada sejak tahun 1985 (Crown gak diproduksi Indonesia antara 85 - 88).

Jepang jepang di negara manapun, pasti akan lebih memilih Crown ketimbang Mercedes atau BMW. Fanatisme mereka memang tinggi sekali.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Setuju sih ama HOLDEN. Cuma ya itu faktor harganya yang terlampau mahal.

Misal saya punya uang 850 juta. Menurut saya lebih worth beli brand mobil Eropa (BMW, Mercedes Benz atau AUDI). Karena imagenya udah jelas beda. Walopun dari tingkat kenyamanan hampir setara. Kalo di bawa gengsi tetap lebih tinggi pake mobil2 Eropa, apalagi dengan harga yang sama. Makanya banyak konsumen sini yang ngga mau beli mobil2 Jepang dengan harga sekelas mobil2 Eropa.

Liat aja deh harga BMW 318i AT dan Toyota Camry 3.0G AT yang ngga beda jauh. Orang tetep lebih prefer ke BMW 318i (kebanyakannya begitu). Padahal Camry lebih luas dan lebih powerfull 3000cc.
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

Yah saya rasa kalo beli Crown baru harus yg bener2 fans banget karena harga nya itu yg cukup tinggi untuk ukuran mobil jepang dan dengan harga yg sama bisa juga dapat mobil eropa dgn brand yg terkenal juga, tapi yg saya salut yaitu tadi seperti bung Holden bilang fitur mobilnya itu yg bener2 sudah jauh menunggalkan teman2 mobil jepang jenis dan merk lain bahkan bisa juga melebihi merek terkenal eropa seperti di thn 70-an sudah ada Crown yg menggunakan Cool box serta electric mirror serta power stering (sudah termasuk sentral lock dan power window) itu yg menyebabkan saya tertarik untuk nyoba main Crown walau thn 79 fasilitas yg di tawarkan seperti naik mobil jepang thn 95 keatas atau mobil eropa akhir thn 80-an. Sekali lagi jenis mobil itu hanya masalah selera saja masing2 punya selera sendiri2 dan sudah tentu yg penting dari itu semua menyukai otomotif dan siap bertukar pikiran serta pengalaman...ok