Page 1 of 2

RPM NAIK TURUN

Posted: Thu Sep 06, 2007 18:00
by FARID
bro mau tanya apa penyebab rpm yang naik turun 200-800 pada saat baru dihidupin kalo mobil udah anget juga masih gitu rpm tidak bisa konstan. dan kalo udah udah mobil jalan mobil terasa endut2tan kalo lagi nurunin kecepatan ( sekitar rpm <2000) mobilnya daihatsu clasy 94'

Posted: Fri Sep 07, 2007 0:04
by Risol1
kalo dibiarin idle bisa mati ngga bro mesinnya, apa cuma naik turun doang?

Posted: Fri Sep 07, 2007 1:39
by maxx
Coba Engine Tune + Spirit Carbon Cleaner di REV

Posted: Fri Sep 07, 2007 3:07
by Leonhearts
Karburatornya kotor kali

Posted: Fri Sep 07, 2007 3:19
by tonie
cek di bagian pengapian bro..... mungkin businya dah waktunya genti ato kabel businya dah pada aus/bocor

Posted: Fri Sep 07, 2007 9:46
by Hansen
langsamnya gimana?

Posted: Fri Sep 07, 2007 12:17
by StRaDe_Jazz
apakah ada gejala tenaga mesin ngedrop?
mungkin pembakaran nya gak sempurna. bersihkan karbu, mungkin uda perlu diganti. trus kabel businya juga dan koil, mungkin uda rusak

Posted: Fri Sep 07, 2007 13:09
by redvolcano
Carbon cleaner di REV brp duit? Alamatnya di mana sih? thx

Posted: Fri Sep 07, 2007 17:23
by r1210g
merk apapun juga baik koq...
yang penting carbon cleaner...

Posted: Fri Sep 07, 2007 22:41
by maxx
redvolcano wrote:Carbon cleaner di REV brp duit? Alamatnya di mana sih? thx
REV di Jl. Panjang

Seinget gw kalo Tune up doang 150rb, tapi kalo ambil paket Tune up + spirit carbon clean Rp. 400rb
Trus Utk spare part sediain dana sekitar 250rb aja ( busi, G'Zox, filter bensin)

Posted: Sat Sep 08, 2007 6:27
by Cloud
coba cek slang2 vakum,

Posted: Sun Sep 09, 2007 2:29
by FARID
kalo dibiarin idle bisa mati ngga bro mesinnya, apa cuma naik turun doang?
iya bro bisa mati

Posted: Sun Sep 09, 2007 2:34
by FARID
coba cek slang2 vakum
,

kalo perangkat pengapian spt busi kabel koil, udah di cek semua OK , mungkin ini ya penyebabnya ,bro gejala umum kalo vacumnya gak bener apa ya?

Posted: Mon Sep 10, 2007 4:11
by asepkadek
gw ada masalah juga sama RPM nih, tapi kayanya cuma jarum sama indikatornya yg ga bener ???
kalo dah dipake lebih dr 30 menitan, jarum RPM tiba2 suka drop ke 0 terus bagus lagi, angin2an sih gejalanya, kadang ga ada drop sama sekali kadang sering. any advice!!!!?
so far ga ada pengaruh ke akselerasi....

Posted: Thu Sep 13, 2007 2:14
by mansetha
mungkin supply udara kurang tuh...

Posted: Thu Sep 13, 2007 4:05
by asepkadek
bro, bisa ceritain dikit ga hubungan RPM indikator sama karburator, masih OON nih :oops:

Posted: Thu Sep 13, 2007 7:34
by r1210g
asepkadek wrote:gw ada masalah juga sama RPM nih, tapi kayanya cuma jarum sama indikatornya yg ga bener ???
kalo dah dipake lebih dr 30 menitan, jarum RPM tiba2 suka drop ke 0 terus bagus lagi, angin2an sih gejalanya, kadang ga ada drop sama sekali kadang sering. any advice!!!!?
so far ga ada pengaruh ke akselerasi....
Ini kayaknya sensornya kotor...

Hub karbu ama RPM sih agak jauh bro... Tapi berhubungan saling mempengaruhi...
Ho3... bingung kan?
He3...

Re: RPM NAIK TURUN

Posted: Fri Sep 14, 2007 17:17
by PenyuTurbo
FARID wrote:bro mau tanya apa penyebab rpm yang naik turun 200-800 pada saat baru dihidupin kalo mobil udah anget juga masih gitu rpm tidak bisa konstan. dan kalo udah udah mobil jalan mobil terasa endut2tan kalo lagi nurunin kecepatan ( sekitar rpm <2000) mobilnya daihatsu clasy 94'
Coba bersihin THROTTLE BODY.

Posted: Sat Sep 15, 2007 4:01
by WTF
Kalo masih karburator... service aja karburatornya sekalian tune up.

Re: RPM NAIK TURUN

Posted: Mon May 19, 2008 7:05
by rey1502
matinya kalo nyalain AC ga

kalo di lancer GLXi seh gejala kaya gitu karena servonya kalo di daihatsu ga tau seh

Re: RPM NAIK TURUN

Posted: Mon May 19, 2008 16:29
by atan
nah tmn2 saya jg dpt kasus yg mirip2 nih...
mobil tmn saya timor 1999 sohc. waktu idle rpm 900 dan kalo ngidupin ac, mobil langsung bergetar kuat, trus mesin langsung mati. (kecuali kalo mo ngidupin ac dibantu dg gas, mobil ttp bergetar dikit tp hilang ketika jalan)

kira2 yg rusak dan perlu perbaikan apanya ya...?

thanks...

Re: RPM NAIK TURUN

Posted: Tue May 20, 2008 7:32
by r1210g
atan wrote:nah tmn2 saya jg dpt kasus yg mirip2 nih...
mobil tmn saya timor 1999 sohc. waktu idle rpm 900 dan kalo ngidupin ac, mobil langsung bergetar kuat, trus mesin langsung mati. (kecuali kalo mo ngidupin ac dibantu dg gas, mobil ttp bergetar dikit tp hilang ketika jalan)

kira2 yg rusak dan perlu perbaikan apanya ya...?

thanks...
itu idle up nya bermasalah..

Re: RPM NAIK TURUN

Posted: Tue May 20, 2008 7:39
by andy1800
r1210g wrote:itu idle up nya bermasalah..
sangat sepakat !...tiada lain tiada boekan: sistem idle up nya not working

kalau idle-upnya yg jenis vacuum... coba sedot aja dulu pake mulut... rpm stationernya up nggak ?

Re: RPM NAIK TURUN

Posted: Fri May 23, 2008 13:09
by rey1502
idle up itu yang mana ya bro ...( bego seh soal begituan he he he )

kalo di EVO III kenapa ya ..
tadinya gw pikir servonya bermasalah, dah gw ganti servonya, sama seting delconya
tapi kadang masih suka ngedrop terutama di mesin dingin. kalo dah jalan aga jauh udah normal lagi..

Re: RPM NAIK TURUN

Posted: Fri May 23, 2008 13:37
by Dennif
rey1502 wrote:idle up itu yang mana ya bro ...( bego seh soal begituan he he he )

kalo di EVO III kenapa ya ..
tadinya gw pikir servonya bermasalah, dah gw ganti servonya, sama seting delconya
tapi kadang masih suka ngedrop terutama di mesin dingin. kalo dah jalan aga jauh udah normal lagi..
Kalo ini kemungkinan FIAV nya yang kotor, Fiav (lupa kepanjangannya) ini posisinya dekat servo dia akan membuka saat temperature masih dingin dan saat mesin udah tercapai temperature idealnya maka akan menutup. Dulu lancer saya juga pernah kejadian yg sama udah tuneup, cuci injector dan kuras tank masih bermasalah. setelah FIAVnya dibersihkan bisa normal lagi.