Ada kucing baru siap menerkam dan Jaguar berharap kehadirannya bisa mencakar penjualan rivalnya seperti Mercedes E-Class dan BMW seri 5. Ini adalah S-Type Facelift yang mengawali debut di Detroit Motor Show dan jadi model pertama yang berubah radikal sejak diperkenalkan pada 1998.
Sebelumnya sudah pernah ubah penampilan 2 tahun lalu, tapi saat itu hanya mesin, suspensi dan interior, dengan misi membuat S-Type lebih enak dikendarai. Kini ubahan termasuk eksterior serta revisi di kabin. Dan seperti bocoran kami tahun lalu, ini adalah diesel pertama Jaguar.
Tampilan retro tetap dipertahankan di mobil ini, baik moncong dan buntut mengesankan desain dinamis. Di depan, ada lampu baru yang lebih celup dengan gril lebih kecil dan tegak. Desainnya terinspirasi dari konsep R Coupe yang dipamerkan di Frankfurt Show 2001 dan lebih menegaskan moncong S-Type.
Kap mesin juga ikut direvisi. Kini terbuat dari aluminium ringan, tidak lagi baja. Jaguar mengklaim ubahan ini berimbas ke handling lebih baik, juga makin irit bbm.
Semua model kini bergril model lubang jala, kecuali versi R yang bergril lebih besar untuk maksimalisasi aliran udara. Di belakang, lampu lebih besar dan bibir bagasi lebih rendah. Dari kabin terciri tampilan kontemporer mendominasi. Pembeli bisa memilih antara dasbor berlapis kayu seperti pendahulunya atau berlapis aluminium yang mengesankan nuansa sporty. Kusri di S-Type facelift membesar dengan lebih banyak kontak terhadap tubuh penumpang. Trim pintu kini berlapis bahan baru yang disesuaikan interior lainnya.
Panel instrumen pun dapat beberapa revisi yakni sepasang indikator krom dan dua display LCD. Layar ini memungkinkan pengemudi melihat jam, odometer, trip meter dan informasi peringatan.
Secara mekanikal, mobil baru ini tetap tak berubah dari model saat ini - setidaknya belum. Transmisi manual lima percepatan dan otomatis 6-speed tetap sama, dengan pilihan mesin : 2.500cc V6 201 dk, 3.000cc V6 240 dk, 4.200cc V8 300 dk dan 4.200 V8 suoercharger.
Versi diesel akan dimunculkan kemudian, berkapasitas 2.700cc V6 yang dikembangkan Ford dan PSA Peugeot-Citroen. Menghasilkan tenaga 205 dk dan torsi 440 Nm, tersedia dalam transmisi matik dan manual.
S-Type facelift ini akan dipasarkan pertengahan April dengan harga mirip versi model sekarang. Lalu versi diesel akan gabung sebelum akhir Juni ini.
(Taken from : AutoBild Indonesia)
JAGUAR S-Type Baru !
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
JAGUAR S-Type Baru !
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Mengenai pembagian kelas Jaguar yah...
Kalo sedan compact-nya : Jag X-Type --- di BMW seri 3 --- di Mercy C-Class --- di AUDI A4
Kalo sedan executive-nya : Jag S-Type --- di BMW seri 5 --- di Mercy E-Class --- di AUDI A6
Kalo sedan premiumnya (top class) : Jag XJR --- di BMW seri 7 --- di Mercy S-Class --- di AUDI A8
Kalo sedan compact-nya : Jag X-Type --- di BMW seri 3 --- di Mercy C-Class --- di AUDI A4
Kalo sedan executive-nya : Jag S-Type --- di BMW seri 5 --- di Mercy E-Class --- di AUDI A6
Kalo sedan premiumnya (top class) : Jag XJR --- di BMW seri 7 --- di Mercy S-Class --- di AUDI A8