Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sekitar_dago
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 17 Feb 2010, 18:29

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by sekitar_dago »

reyapr wrote: 12 May 2021, 06:22 Halo agan2 saya mau minta saran, ataupun pengalaman agan2 terkait bmw seri 3 f30

Ane ada budget beli mobil sekitar 300-400, sempet liat2 harga f30 320i tahun 2014 udh masuk budget

Cuma masih banyak hal yang belom ane tau terkait perawatan si f30 ini,
kira2 problemnya apa aja dan butuh dana berapa ya buat persiapin perbaikan f30 ini?
Atau ada saran yg lebih baik kah selain ambil f30 untuk budget di atas,
denger2 kalo f30 facelift gak begitu banyak PR ya?
Apa ane tambahin budget buat beli yg facelift ya?

Info yang ane baru tau common problem di f30

1. Steering rack
2. Timing chain
Kalau dah siap resiko nya sikat aja om . kalau belum siap bisa lirik Mistsubishi Expander / NIssan Livina yang baru
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by Pboyz97 »

Kalo memang sudah siap dengan segala resikonya ya go for it. Mobil ini termasuk fun to drive,fiturnya lengkap, serta punya handling dan tarikan yg oke. Kalo spare cost ya siapin 50-60jtan diluar harga mobil buat perbaikkan. Kalo penyakit , selain timing chain, rack steering sm water pump, yg mesti diperhatiin ada di elektrikal, sensor2 dan kaki2nya juga, kalo udh ada budget buat ambil yg LCI , mending ambil yg LCI aja, karena improvementnya lumayan dibanding yg pre - LCI menurut saya. Kalo alternatif bisa lirik camry 2.5V XV50 FL 2016-2018 atau W204 C200 FL 2013-2014 atau C250 FL W204 2011-2012. Lebih bandel dibanding f30 dan partnya masih cukup mudah apalagi tinggal di kota besar seperti jakarta karena bengkel spesialisnya banyak yg bisa nanganin. Kalo mau jenis selain sedan bisa lirik
Kalo seken
- Venturer Diesel AT PFL 2017
- ANF VRZ 2016 atau ANF TRD PFL 2017
- ANPS dakar PFL 2016-2017
- CRV Turbo Pres 2017
- AN CX5 Elite 2017

Kalo baru
-HRV E atau SE FL, sepertinya masuk budget
- Toyota Raize GR Sport TSS (kembalian banyak)
- ANKI G atau V diesel AT FL (harga after disc PPNBM nya sepertinya masuk budget)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by KielConstantine »

reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
Oke oke saatnya kita mode serius :big_grin:

#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.

#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau

Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.

#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.

Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.

Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.

#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.

Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.

#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.

#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta

#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan

#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.

#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.

#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan

#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta

Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.

Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.

#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.

#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.

#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l

———

Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by kompresorz »

KielConstantine wrote: 16 May 2021, 12:03
reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
Oke oke saatnya kita mode serius :big_grin:

#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.

#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau

Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.

#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.

Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.

Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.

#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.

Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.

#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.

#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta

#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan

#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.

#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.

#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan

#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta

Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.

Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.

#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.

#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.

#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l

———

Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
:big_biglaugh: :wkkk:


hati2 jari keseleo....mata berair...
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by alvin23 »

KielConstantine wrote: 16 May 2021, 12:03
Oke oke saatnya kita mode serius :big_grin:

#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.

#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau

Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.

#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.

Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.

Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.

#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.

Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.

#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.

#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta

#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan

#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.

#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.

#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan

#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta

Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.

Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.

#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.

#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.

#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l

———

Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
Gw pikir2, murah juga ya ini dari segi sparepart hahaha...

Yang mahal cuma waktu, wkwk kalau muncul masalahnya ga barengan alias tiap 2 minggu hrs ke bengkel :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by farizfsa »

reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
hahaha ga ade harga segitu kalo ga ketipu bengkel, kl ga pake f10 aja lebih badak
udah 6 tahun lebih pake mbl ini dr baru apa itu ganti timing chain, steering rack, water pump, lom pernah ganti gitu2
ganti oli transmisi yg dikata lifetime jg blm pernah, km 100rb lebih, gas terus gausah pusing
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 18 Jan 2017, 16:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by golftsijkt »

Comprehensive review harga parts dari Bro Kiel. Beruntung dapat masukkan yang bagus dan relevan. Beberapa review yang posting di youtube dengan background dan kurang punya passion di BMW dan sebaiknya kita lebih cermat untuk menyikapi review-review yang sudah beredar.

Saya pakai NIK 2017 LCI 320i mau setahun. BMW pertama 520i (relatif baru) tahun 1986 pakai pas kuliah. Pengalaman pakai F30 sangat puas. Saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari termasuk kantor dan akhir pekan.

Menjawab pertanyaan 'cocok untuk jadi mobil pertama'? Sebelum menjawab, apa yang menjadi motivasi dan kebutuhan untuk cari mobil pertama? Setelah itu baru bisa dijawab dengan baik.
reyapr
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 12 May 2021, 06:10
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Rush

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by reyapr »

KielConstantine wrote: 16 May 2021, 12:03
reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
Oke oke saatnya kita mode serius :big_grin:

#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.

#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau

Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.

#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.

Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.

Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.

#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.

Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.

#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.

#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta

#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan

#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.

#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.

#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan

#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta

Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.

Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.

#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.

#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.

#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l

———

Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
wahhhh ini info yang ane cari sangat detail, thanks infonya suhu.
tadinya ane sempet takut setelah beli bekas, beberapa bulan kedepan pengeluaran tiap bulan sekitar 20jtan buat benerin2 yang rusak gitu, tapi kalo dah ada gambaran gini enak buat estimate budget, jaga2 buat benerinnya.
Last edited by reyapr on 17 May 2021, 19:18, edited 2 times in total.
clk230i
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 03 Sep 2017, 23:10
Location: bandung

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by clk230i »

Saya juga tertarik untuk mengganti e46 saya ke F30. Dengan rincian yang dikasih om kiel rasanya tidak sehoror yang dibayangkan. Apa mending sekalian F10 aja ya. Tetapi saya cenderung memilih cc yang lebih besar, misalnya F30 328i atau F10 528i. terima kasih info detail dari om kiel.
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 27 Aug 2017, 16:46

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by Lolol »

clk230i wrote: 19 May 2021, 14:32 Saya juga tertarik untuk mengganti e46 saya ke F30. Dengan rincian yang dikasih om kiel rasanya tidak sehoror yang dibayangkan. Apa mending sekalian F10 aja ya. Tetapi saya cenderung memilih cc yang lebih besar, misalnya F30 328i atau F10 528i. terima kasih info detail dari om kiel.
Kalo yang udah turbo 320 328 520 528 sama2 2L om.. kalo 528 awal2 baru beda kalo gasalah 3L NA
111fw
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 18 Jul 2021, 18:41
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: BMW 320i F30 2016

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by 111fw »

KielConstantine wrote: 16 May 2021, 12:03
reyapr wrote: 15 May 2021, 21:52
donz wrote: 15 May 2021, 20:47 Disini, setiap ada yang ginian.. Muncul pasukan yang mengukur dalam nya kantong orang dengan dalam nya kantong sendiri hahaha

Cukup info depresiasi dan kemungkinan biaya perawatan aja, endless pit moneyyyyy terus... Buat yang beli mungkin biaya perawatan itu cuma uang receh
Iya sih bner gan, sejauh ini belom ada yg infoin common problem, dan kira2 biaya dari masing2 part brp

Kalo yg gw liat dari video youtube mas untung, sih katanya persiapin biaya buat
Timing chain - 40jt
Steering rack - lupa
water pump - 12jt

Mungkin suhu2 bimmer disini ada yg lebih tau
Oke oke saatnya kita mode serius :big_grin:

#Timing Chain mesin N20 enggak semahal itu. Bisa di tebus diangka 10 jutaan saja di bengkel spesialis macam anugrah motor.

#Steering rack beli segelondong import dari singapore Rp40 juta. Tapi itu jaman dulu pas awal2 F30 kluar. Skarang udh ada repair kitnya . Klo rusak kg perlu ganti segelondong . Kurang lebih 5 jutaan saja u/ repairs. Jauh lebih terjangkau

Info penting jg buat rack steer F30 yg rentan. Jangan sampe skalipun ngobok / rendam banjir . Prone to failurenya disitu dy. Kalo pemakaian wajar dia lumayan awet. Estimasi usia 5 thn. Kalo mau aman kuras ganti oli power steering 2 tahun skali.

#waterpump F30 only 5 jutaan di bengkel spesialis. Klo ud ganti waterpump harus dibarengin sama thermostat.

Kadang ada yg nyepelein. Ganti waterpump doank, thermostat enggak skalian diganti. Itu bs bikin overheat mesin jg, malah ada beberapa kejadian aer radiator nyampur oli. Leads to catastrophic engine failure . Harga thermostat cuman 700rb-1 jutaan. Ga mahal.

Misal kena engine failure —> Harga mesin utuh N20 import dari German Rp200 juta. Coba tanya om berbie VIPSERIES dy pengalaman beli engine baru wkwkwk.

#shock adaptive . Ini klo ente ambil model 328i . Itu harga shocknya 1 batang sekitar Rp 7 sampe 8jt . Harga bengkel spesialis. Ganti depan kiri kanan kluar duit 15 jt ud keliatan.

Model F30 320i pake shock biasa. Sepasang kiri kanan cuman 2 jutaan. Jauh lebih murah.

#Aki pake merk Varta cuma 5 juta . Tapi kg bisa langsung cabut aki lama, pasang baru. Habis pasang baru harus register dulu pake software bmw . Jadi ecu learningnya bener . Misal kg diregister, biasanya alternator bacanya error jd aki malah tekor walaupun masih baru.

#Headlights model ud canggih bisa adaptive belok kiri kanan; angel eyes ; HID projector . Pastiin smua berfungsi normal . Misalnya amit2 tabrakan trus headlight pecah / ancur. Beli headlights baru Rp 18 juta sebelah . Jadi kiri kanan = Rp 36 juta

#Transmisi pakai ZF-8 speed . Ud jauh lebih awet , no more mechatronic problems. Perawatan ganti oli aja 5 tahun sekali / setiap 50rb kilometer. Harga oli matic & jasa only 2.5 jutaan

#Ban RFT harga 1 biji Rp 5 juta. Ganti 4 pcs = 20 juta.
Tapi klo mau murah bs pake ban tubeless biasa. Contoh ganti michelin pilotsport 4 . Only 1.6jt / pcs . Konsekuensinya kg ada ban serep aja.

#i-drive & soundsystem harman kardon . Cendrung awet, blom pernah denger ada masalah tiba2 failure sih. Atau mungkin klo ada user pernah pengalaman boleh share.

#Sunroof (khusus type 328i) cenderung awet dan kg ad problem. Walaupun pernah ada 1 kejadian sunroof mendadak pecah tanpa sebab di model F10 528i . Ganti segelondong di charge sama astra bmw Rp 80jt . Tp itu cuma 1 kejadian aja. Bisa diabaikan

#Sensor ini yg paling ngeselin dari pelihara bmw modern. Banyak banget sensor yg gampang rusak / umur pendek. Contoh speed sensor 1 - 2 tahun skali rusak. Harga murah cuma 1 juta-an per roda. Jadi ganti 4 roda = 4 juta

Ada jg MAF sensor atau Mass Air Flow . Biasanya failure di tahun ke 3 pemakaian . Itu harganya cuma 3 jt.

Oxygen sensor , letaknya di pipa downpipe dari turbo. Ada 2 sensor setau ane. Usia sekitar 3 thn jg. Misal rusak, harga baru skitar 2.5 jutaan / piece.

#Ignition coil ini jg beberapa kali kejadian. Kadang failure sebiji. Nyebabin missfire di cylinder tertentu, engine berasa berebet trus bergetar. Harga coil only 1.5 jt / pcs. Mesin N20 ada 4 biji coil krn 4 cylinders. Jadi ganti smua = Rp 6 juta.

#Oil leak di engine. Kebanyakan karena usia karet2 cover gasket mulai getas kemakan usia. Harga ganti ga terlalu mahal. 1 sampe 2 jutaan aja. Usianya lama bisa 5 tahun klo ud ganti baru.

#Bahan bakar wajib RON98. Fuel cons cendrung irit . Skitar 7-10 km/liter pemakaian wajar. Hobi gaspol turun jd 6 km/l

———

Segitu dulu yg gw tau sampe saat ini. Jadi siapin budget perawatan sekitar Rp 20jt / tahun untuk jaga2 . Bisa lebih murah dari itu. Jadi kg perlu terlalu parno. Nikmatin aja mobilnya. Yg penting dipake tiap hari jadi kluarin duitnya buat ngempanin servis & sparepart enggak sia-sia .
ane pakai 320i sport lci 2016, beli dari baru udah jalan 62rb km. untuk issue timing chain sama steering rack kayaknya udah hampir gak ada di lci. selama ini selain servis rutin, cuman ganti sensor abs di 2019 (ke cover waranty) sama shock belakang di 2021 (ganti bilstein 2.1jt di spesialis), minusnya kalau sering diisi lebih dari 2 orang kurang reccomend, soalnya jok belakangnya keras. (jok depan juga keras tapi lebih ergonomis jadi ke support). fc irit (dalkot 1:10-11, tol 1;16-17) mirip honda jazz lah, tapi harus isi pertamax turbo (bisa pertamax tapi jangan sering-sering)
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 06 Aug 2015, 13:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by riisesky »

go for it, duit segitu kynya udah dapet 320 yang LCi yah? kalo bisa yg BSI nya masi aktif
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by kompresorz »

Winz wrote: 12 May 2021, 08:57 Asal kuat aja Dompet'nya gpp, siapin aja dana darurat
ky gini ya om....lg ngetem tuh di bengkel taro pojokan...inden part dulu...mobil jogrok...kt pegawe situ sih kmungkinan jebol...

klo yg parkir pinggir pojokan biasanya berat dah...mungkin kena koronah..

jaman lagi ancor...inden part juga entah kapan datangnya...

gak pernah baca postingan gw sih....

gw kan lebih dulu pake....duluan banyak makan asam garam.... :big_biglaugh:


yah klo baca juga mungkin gak percaya....

pdhl spy gak dibikin bokek...


sudah bokek dibikin tambah bokek...ancor pesena telor dah...

tp tar dibilang black kampanye..... :big_cry:


gw kan orang bae...sering berbagi kebaikan...krn pedoman idup gw berbagi kasih...


serius...sumpeehhh...dehhhh

ky lagu nostalgia jaman sma...I SWEAR...ALL 4 ONE...

Screenshot_20210720-084104_Gallery.jpg
Screenshot_20210720-084104_Gallery.jpg (201.53 KiB) Viewed 5258 times
Screenshot_20210720-084116_Gallery.jpg
Screenshot_20210720-084116_Gallery.jpg (143.7 KiB) Viewed 5258 times
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by kompresorz »

KielConstantine wrote: 12 May 2021, 19:23 Cocok bangets donk om :emo-big_love: :emo-big_love:

Yang penting banyak kenalan sama bengkel spesialis. Om domisili di mana ?

Klo jkt aman sentosa .. Banyak yg bs handle, sparepart jg ada smua melimpah. Easy lahh...

Saran ane lgsung pelihara tipe faceliftnya a.k.a LCI tahun 2016 up. 320i / 330i .. Josss abis model yg itu. Percayalah mesin B48 jauh lebih superior drpd N20. Sudh banyak bengkel yg meng-aminkan :off_good_job:
serius..sumpehhhh....swearr...dehhh

pilih....

MERCEDES BENZ....

Lambang kesuksesan....

Engkong mobil...

THE BEST OR NOTHING...
maskriboo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 04 Feb 2015, 20:54

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by maskriboo »

Ganti F10 ga salah om, sy udah rawat kurang lebih 7 tahun.
Untungny 5 tahun full part warranty jd ga pusing,


Skrg2 cuma ada masalah di ac ga dingin, kemungkinan mst ganti kompresor hrg 7jtan. (Harga di bengkel spesialis)

Untung ukuran mobil eropa termasuk awet KM di 65rb
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: 28 Oct 2004, 15:38
Location: Jakarta

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by aspsilver »

Saya punya 528i F10 2011 mesin 3L inline 6

Saat ini 111rb km
Saya punya sejak 2015, dulu punya direktur bank, jadi mobil dinas, trus dia ganti jadi GL 400.

Saya beli di km 57 rb.

Ini badak juga. Gak banyak ganti.

Saya ganti paking oli atas bawah
Engine mounting
Di km 110rb

Arm dan tie rod km 100 rb.

Udah gak ganti apa apa lagi.

Ini harus ganti shocks depan.
Belum sempat.

Enak mobilnya. Irit juga.


Yang gak tahan malah interiornya, handle pintu nya leleh, itu sudah ganti aftermarket.

Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by Jenson »

kompresorz wrote: 20 Jul 2021, 09:00
KielConstantine wrote: 12 May 2021, 19:23 Cocok bangets donk om :emo-big_love: :emo-big_love:

Yang penting banyak kenalan sama bengkel spesialis. Om domisili di mana ?

Klo jkt aman sentosa .. Banyak yg bs handle, sparepart jg ada smua melimpah. Easy lahh...

Saran ane lgsung pelihara tipe faceliftnya a.k.a LCI tahun 2016 up. 320i / 330i .. Josss abis model yg itu. Percayalah mesin B48 jauh lebih superior drpd N20. Sudh banyak bengkel yg meng-aminkan :off_good_job:
serius..sumpehhhh....swearr...dehhh

pilih....

MERCEDES BENZ....

Lambang kesuksesan....

Engkong mobil...

THE BEST OR NOTHING...
Reliability W204 W205 jd jauh lebi badak y om drpd F30? Menarik jg nih, lagi pandemi W205 uda mulai buka harrga 400an
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by Pboyz97 »

Jenson wrote: 23 Jul 2021, 01:48
kompresorz wrote: 20 Jul 2021, 09:00
KielConstantine wrote: 12 May 2021, 19:23 Cocok bangets donk om :emo-big_love: :emo-big_love:

Yang penting banyak kenalan sama bengkel spesialis. Om domisili di mana ?

Klo jkt aman sentosa .. Banyak yg bs handle, sparepart jg ada smua melimpah. Easy lahh...

Saran ane lgsung pelihara tipe faceliftnya a.k.a LCI tahun 2016 up. 320i / 330i .. Josss abis model yg itu. Percayalah mesin B48 jauh lebih superior drpd N20. Sudh banyak bengkel yg meng-aminkan :off_good_job:
serius..sumpehhhh....swearr...dehhh

pilih....

MERCEDES BENZ....

Lambang kesuksesan....

Engkong mobil...

THE BEST OR NOTHING...
Reliability W204 W205 jd jauh lebi badak y om drpd F30? Menarik jg nih, lagi pandemi W205 uda mulai buka harrga 400an
betul om, mercy secara overall memang lebih badak dan awet dibanding BMW menurut saya, terutama dibagian kaki2, matic dan rack steeringnya. cuma kalo soal fitur, teknologi, interior quality, driving feel, handling , peforma dan tarikkan masih lebih oke f30 menurut saya dibanding w204 atau w205. cuma kalo saya pribadi, saya lebih prefer w204 kalo ga masalah sm tahun tua, karena desainnya lebih oke, dan juga denger2 lebih reliable dan juga interior qualitynya lebih oke dibanding w205. cuma kalo pengen w205 juga oke kok. secara model lebih fresh, desain interior juga lebih kekinian dan juga dapet tahun yg lebih muda + fitur lebih banyaak juga dibanding w204 + biaya maintenancenya kalo sama2 di spesialis juga masih lebih murah dibanding bmw menurut saya kalo mercy hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by KielConstantine »

kompresorz wrote: 20 Jul 2021, 08:48
Winz wrote: 12 May 2021, 08:57 Asal kuat aja Dompet'nya gpp, siapin aja dana darurat
ky gini ya om....lg ngetem tuh di bengkel taro pojokan...inden part dulu...mobil jogrok...kt pegawe situ sih kmungkinan jebol...

klo yg parkir pinggir pojokan biasanya berat dah...mungkin kena koronah..

jaman lagi ancor...inden part juga entah kapan datangnya...

gak pernah baca postingan gw sih....

gw kan lebih dulu pake....duluan banyak makan asam garam.... :big_biglaugh:


yah klo baca juga mungkin gak percaya....

pdhl spy gak dibikin bokek...


sudah bokek dibikin tambah bokek...ancor pesena telor dah...

tp tar dibilang black kampanye..... :big_cry:


gw kan orang bae...sering berbagi kebaikan...krn pedoman idup gw berbagi kasih...


serius...sumpeehhh...dehhhh

ky lagu nostalgia jaman sma...I SWEAR...ALL 4 ONE...

Image
Ini mah si f30 328i merah …


Aduh yah .. mohon sangat diperhatikan kalo pelihara BMW all type & tahun apapun. Jangan sampe aer radiator kosong, water pump harus kondisi 100% sehat; thermostat sehat. Price nya ud ane jabarin kan td. Ganti 1 set kg sampe 6 jt . Mesin sehat walafiat.

Itu aer radiator nyebrang campur oli jd warna kopi susu. Starbuck aja kalah saing mennn :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by KielConstantine »

111fw wrote: 19 Jul 2021, 02:47 ane pakai 320i sport lci 2016, beli dari baru udah jalan 62rb km. untuk issue timing chain sama steering rack kayaknya udah hampir gak ada di lci. selama ini selain servis rutin, cuman ganti sensor abs di 2019 (ke cover waranty) sama shock belakang di 2021 (ganti bilstein 2.1jt di spesialis), minusnya kalau sering diisi lebih dari 2 orang kurang reccomend, soalnya jok belakangnya keras. (jok depan juga keras tapi lebih ergonomis jadi ke support). fc irit (dalkot 1:10-11, tol 1;16-17) mirip honda jazz lah, tapi harus isi pertamax turbo (bisa pertamax tapi jangan sering-sering)
Ini baru real testimony :big_grin:

Makanya ane dari kmaren bilangin om @TS cari yg type LCI skalian. 320i atau 330i ok smua. Yg pake mesin B48. Lebih less trouble dari pre-lci
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: 29 Oct 2012, 11:39

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by mojacko »

aspsilver wrote: 22 Jul 2021, 23:24 Saya punya 528i F10 2011 mesin 3L inline 6

Saat ini 111rb km
Saya punya sejak 2015, dulu punya direktur bank, jadi mobil dinas, trus dia ganti jadi GL 400.

Saya beli di km 57 rb.

Ini badak juga. Gak banyak ganti.

Saya ganti paking oli atas bawah
Engine mounting
Di km 110rb

Arm dan tie rod km 100 rb.

Udah gak ganti apa apa lagi.

Ini harus ganti shocks depan.
Belum sempat.

Enak mobilnya. Irit juga.


Yang gak tahan malah interiornya, handle pintu nya leleh, itu sudah ganti aftermarket.
saya juga kalau sampai mau jual e39,
kayanya bakal beli F10 528i yang 6cyl N/A
ngga tau kenapa, belum pengen BMW ber-turbo
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by KielConstantine »

mojacko wrote: 23 Jul 2021, 11:48
aspsilver wrote: 22 Jul 2021, 23:24 Saya punya 528i F10 2011 mesin 3L inline 6

Saat ini 111rb km
Saya punya sejak 2015, dulu punya direktur bank, jadi mobil dinas, trus dia ganti jadi GL 400.

Saya beli di km 57 rb.

Ini badak juga. Gak banyak ganti.

Saya ganti paking oli atas bawah
Engine mounting
Di km 110rb

Arm dan tie rod km 100 rb.

Udah gak ganti apa apa lagi.

Ini harus ganti shocks depan.
Belum sempat.

Enak mobilnya. Irit juga.


Yang gak tahan malah interiornya, handle pintu nya leleh, itu sudah ganti aftermarket.
saya juga kalau sampai mau jual e39,
kayanya bakal beli F10 528i yang 6cyl N/A
ngga tau kenapa, belum pengen BMW ber-turbo
Mesin N/A lebih less complexity om. Ngerawatnya jauh lebih mudah juga. Yg turbo2 jaman skarang kudu perhatiin oil change interval, belom lg rembes2 oli di area turbo. Musti telaten deh rawatannya

Drawbacknya cuma kg bisa draw extra power aja via remap; ganti intercooler, downpipe ini itu dll.. buat yg hoby modif engine….

Cocok jadi mobil daily drive.. suaranya melengking nyaring pas digaspol sampe 7.000 rpm :emo-big_love:

Last of its kind seh… F10 N52B30 with in-line 6 naturally aspirated .. dibawah 300jt ud dapet pula :)
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: 29 Oct 2012, 11:39

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by mojacko »

KielConstantine wrote: 23 Jul 2021, 12:04
Mesin N/A lebih less complexity om. Ngerawatnya jauh lebih mudah juga. Yg turbo2 jaman skarang kudu perhatiin oil change interval, belom lg rembes2 oli di area turbo. Musti telaten deh rawatannya

Drawbacknya cuma kg bisa draw extra power aja via remap; ganti intercooler, downpipe ini itu dll.. buat yg hoby modif engine….

Cocok jadi mobil daily drive.. suaranya melengking nyaring pas digaspol sampe 7.000 rpm :emo-big_love:

Last of its kind seh… F10 N52B30 with in-line 6 naturally aspirated .. dibawah 300jt ud dapet pula :)
makanya om.. udah pengalaman sama M54, kebayang lah cara ngerawat n54/n52 bakalan mirip-mirip
buat saya sih bmw emang lebih nikmat inline6, kalaupun ber-turbo tetap harus yang inline6, suara mesin-nya nikmat sekali.
bensin boros mah ga usah dipikirin
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: 28 Oct 2004, 15:38
Location: Jakarta

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by aspsilver »

Mobil berturbo sebenarnya rawatnya gak beda jauh.

Ortu saya ada W212 E250, 1800 turbo. 2010,
Km 50 rb an.

Yang error malah ecu nya.

Mekanis sih gak rusak ya.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Apakah f30 cocok untuk jadi mobil pertama?

Post by farizfsa »

aspsilver wrote: 23 Jul 2021, 13:09 Mobil berturbo sebenarnya rawatnya gak beda jauh.

Ortu saya ada W212 E250, 1800 turbo. 2010,
Km 50 rb an.

Yang error malah ecu nya.

Mekanis sih gak rusak ya.
lol, mercy kakak saya,

ML 400 2014 km 78 rb, rontok matic nya, cam gear mesin rontok semua, waterpump, abis beresin itu 100 jtan kalo ga salah.
S350L 2011 ex almarhum ortu km 60rb power steering jebol, power window belakang kiri rusak, 20 juta.
Viano 3.2 2004 saya km 90 rb ga pernah rusak drdulu, akhirnya rusak juga abis itu piston blok gara2 sil mesin doang, 40 jt.
pusing.

sebelum tahun 2015 sy jg pakai mercy terus (dr mercy tahun 1970-2012), mau ambil mercy lg sekarang kok jd malah takut ya haha padahal pgn juga buat lengkapin kunci mbl german. tp perasaan dulu saya pake mercy ga pernah ada masalah2 berat.

pake bmw f10 520d 2015 km lewat 100rb belum ada yg rontok mesin dan kaki2 hamdallah, beli audi seken hi km jg ga se horror ML 400 kakak saya.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post