Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

thoger
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed May 02, 2018 7:55
Daily Vehicle: Yaris Bakpao

Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by thoger »

Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...

Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017

1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?

2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah :mky_01: kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,

3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya :mky_02: sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,

thanks gan moon maap apabila ada salah kata
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by michaelgiri93 »

Cmiiw
Cibo itu dulu ada beberapa issue di batch awal, mulai mesin overheat, dkk dkk (dulu sampai ada yg kasus turun mesin tapi gak se ijin ownernya apa gimana gitu sampe heboh di sini).
Tapi kalau driving experiencennya setau saya pada puas.
Kalau cvt gd3 itu banyak yg bermasalah gara gara kurang pengetahuan, harusnya pake cvtf malah di ganti atf, rusaklah itu cvt, jadi bukannya jelek kualitasnya, masalah perawatan aja.
Itu aja sih kayaknya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by mike22 »

Kalau bisa cari unitnya ke pemakai langsung yg sultan, di cek olinya gimana trus pakai bensinnya apa.
Repot kl pemakaian asal2an trus bensin cm pertalite.

Dan memang batch pertama banyak komplain sih, makanya banyak yg jual.

Oya masalah cvt di jazz dulu gegara bengkel H bloon ngasih oli atf bukannya oli cvt, makanya rusak semua mobilnya.

Overall selama unitnya dari baru dipake dgn bener, jangka panjang harusnya ga aneh2 sih.

Saran sy sih drpd civic mending hunting mazda3 seken aja.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by Omnibus »

sering minta ganti oli kecepetan .... olinya jg ga murah jd maintenance cost tinggi. ga tau skrg udah solved belom
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by qushay20019 »

Bener saran atas ane: kalo ada duit beli sipik turbo, mending angkut mazda 3. Matic nya masih pake AT konvensional sesuai kesukaan om TS. Model lebih elegan & proporsional juga. Cuma biaya sparepart memang lbh mahal drpd ahond punya. Contoh sederhana:
filter oli ahond gak sampe 50rb krn buatan indo, sementara filter oli mazda skyactiv bisa lbh 100rb krn impor
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by Pboyz97 »

Mending ambil Mazda 3 om, perawatan 11 12 sm civic sm masih matic convensional jg + lebih fun to drive juga dibanding civic
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by McLaren »

Beli Civic yg 2018 ke sini aja om..
Bebas trouble
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by marmut »

qushay20019 wrote: Fri Dec 27, 2019 13:08 Bener saran atas ane: kalo ada duit beli sipik turbo, mending angkut mazda 3. Matic nya masih pake AT konvensional sesuai kesukaan om TS. Model lebih elegan & proporsional juga. Cuma biaya sparepart memang lbh mahal drpd ahond punya. Contoh sederhana:
filter oli ahond gak sampe 50rb krn buatan indo, sementara filter oli mazda skyactiv bisa lbh 100rb krn impor

tu mobil 2, filter oli bisa saling tuker. mau yang lebih murah? beli merk aspira buat timor Rp 25rb. kemurahan takut dibilang pelit? beli merk wix Rp 35rb.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by arief225 »

thoger wrote:Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...

Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017

1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?

2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah :mky_01: kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,

3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya :mky_02: sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,

thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Civic dan crv mungkin mesin dan cvt sama kali ya.
Saya punya crv turbo tahun 2017. Km sudah mencapai 60rb km an. Mesin dan transmisi sih ga ada keluhan sama sekali. Tpi ini mobil gampang panas, radiator sering luber klo macet lama. Jadi klo ambil ini mobil sering sering cek radiator.
Ini crv luar biasa irit menurut saya, untuk mobil dengan tenaga segini dan cukup kencang, crv saya irit sekali.

*note selama 4000an km ga macet, mungkin rata rata jalan 70 sampai 80kpj
IMG20190813133436.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by KielConstantine »

thoger wrote: Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...

Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017

1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?

2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah :mky_01: kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,

3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya :mky_02: sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,

thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwk

Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.

Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.

Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.

Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.

Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.

Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.

Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.

Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk :ngacir: , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.

Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh

Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.

Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.

Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha


Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.

Nuhun om :big_deal:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
thoger
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed May 02, 2018 7:55
Daily Vehicle: Yaris Bakpao

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by thoger »

michaelgiri93 wrote: Fri Dec 27, 2019 11:18 Cmiiw
Cibo itu dulu ada beberapa issue di batch awal, mulai mesin overheat, dkk dkk (dulu sampai ada yg kasus turun mesin tapi gak se ijin ownernya apa gimana gitu sampe heboh di sini).
Tapi kalau driving experiencennya setau saya pada puas.
Kalau cvt gd3 itu banyak yg bermasalah gara gara kurang pengetahuan, harusnya pake cvtf malah di ganti atf, rusaklah itu cvt, jadi bukannya jelek kualitasnya, masalah perawatan aja.
Itu aja sih kayaknya
Yes om saya tau kasus itu ahirnya di ganti mobil baru itu kan ya hehe, oke om noted reply nya thanks
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Fri Dec 27, 2019 22:04
thoger wrote: Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...

Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017

1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?

2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah :mky_01: kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,

3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya :mky_02: sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,

thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwk

Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.

Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.

Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.

Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.

Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.

Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.

Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.

Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk :ngacir: , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.

Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh

Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.

Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.

Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha


Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.

Nuhun om :big_deal:
ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kuping :ngacir:

ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.

1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...

Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.

Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.

2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.

Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).

penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.

Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin :ngacir: toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.

sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.

Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by hackers11 »

ChZ wrote:
KielConstantine wrote: Fri Dec 27, 2019 22:04
thoger wrote: Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...

Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017

1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?

2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah :mky_01: kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,

3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya :mky_02: sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,

thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwk

Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.

Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.

Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.

Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.

Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.

Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.

Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.

Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk :ngacir: , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.

Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh

Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.

Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.

Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha


Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.

Nuhun om :big_deal:
ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kuping :ngacir:

ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.

1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...

Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.

Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.

2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.

Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).

penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.

Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin :ngacir: toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.

sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.

Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
Om chz, mobil 2 thn baru 14rb kan. Penasaran so far yg diganti apa aja mengingat low km, pasti banyak yg diskip.
1. Oli udah berapa kali ganti kah?
2. Ada part consumable yg usah diganti?
3. Ada slow moving part yg udah diganti kah?
Thanks feedback-nya
thoger
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed May 02, 2018 7:55
Daily Vehicle: Yaris Bakpao

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by thoger »

michaelgiri93 wrote: Fri Dec 27, 2019 11:18 Cmiiw
Cibo itu dulu ada beberapa issue di batch awal, mulai mesin overheat, dkk dkk (dulu sampai ada yg kasus turun mesin tapi gak se ijin ownernya apa gimana gitu sampe heboh di sini).
Tapi kalau driving experiencennya setau saya pada puas.
Kalau cvt gd3 itu banyak yg bermasalah gara gara kurang pengetahuan, harusnya pake cvtf malah di ganti atf, rusaklah itu cvt, jadi bukannya jelek kualitasnya, masalah perawatan aja.
Itu aja sih kayaknya
siap gan thanks info nya , well noted
thoger
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed May 02, 2018 7:55
Daily Vehicle: Yaris Bakpao

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by thoger »

arief225 wrote: Fri Dec 27, 2019 14:22
thoger wrote:Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...

Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017

1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?

2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah :mky_01: kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,

3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya :mky_02: sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,

thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Civic dan crv mungkin mesin dan cvt sama kali ya.
Saya punya crv turbo tahun 2017. Km sudah mencapai 60rb km an. Mesin dan transmisi sih ga ada keluhan sama sekali. Tpi ini mobil gampang panas, radiator sering luber klo macet lama. Jadi klo ambil ini mobil sering sering cek radiator.
Ini crv luar biasa irit menurut saya, untuk mobil dengan tenaga segini dan cukup kencang, crv saya irit sekali.

*note selama 4000an km ga macet, mungkin rata rata jalan 70 sampai 80kpjIMG20190813133436.jpeg
klo luber gitu kuatir air radiator berkurang gak om ? lama2 malah jadi overhated
thoger
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed May 02, 2018 7:55
Daily Vehicle: Yaris Bakpao

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by thoger »

ChZ wrote: Sat Dec 28, 2019 9:07
KielConstantine wrote: Fri Dec 27, 2019 22:04
thoger wrote: Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...

Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017

1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?

2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah :mky_01: kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,

3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya :mky_02: sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,

thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwk

Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.

Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.

Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.

Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.

Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.

Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.

Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.

Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk :ngacir: , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.

Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh

Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.

Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.

Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha


Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.

Nuhun om :big_deal:
ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kuping :ngacir:

ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.

1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...

Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.

Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.

2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.

Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).

penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.

Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin :ngacir: toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.

sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.

Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
well penjelasannya sangat comprehensive :big_okay: , kesimpulan yang saya dapat ini emang mobil hobi sih yah, kebetulan sedikit curcol nih, civic ini utk hadiah ahir taun istri ane yang udah bantu2 usaha onlen kecil2 an, ane udah kasih banyak opsi dari bbrapa pilihan. tapi tetep civic turbo yang buatnya jatuh cinta, klo ane sendiri pribadi sih udah nyerah sama yang namanya cvt udah trauma berat walo blom pernah pake hahhaa. balik lgi ke civic turbo emang mobil ini yang rawat kudu orang2 yang paham, utk dipake daily rasa2 nya ko jadi sayang, mengingat ini nanti nya jadi mobil daily,. btw thanks sekali lagi om penjelasannya, biar istri ane suru baca testimoni dari om :big_peace:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by sandal »

Kalo jadi meminang Civic Turbo Sedan tahun segitu perlu diperhatikan yang jual, sebisa mungkin cari yang tipe ES beneran (bukan tipe Prestige) dan datangi langsung kalo bener2 tipe ES yang 6 airbag (Prestige airbag cuma 2 ama nambah bodykit padahal tipe tertinggi)
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by thirdstar7 »

thoger wrote:
ChZ wrote: Sat Dec 28, 2019 9:07
KielConstantine wrote: Fri Dec 27, 2019 22:04 Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwk

Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.

Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.

Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.

Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.

Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.

Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.

Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.

Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk :ngacir: , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.

Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh

Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.

Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.

Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha


Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.

Nuhun om :big_deal:
ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kuping :ngacir:

ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.

1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...

Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.

Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.

2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.

Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).

penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.

Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin :ngacir: toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.

sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.

Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
well penjelasannya sangat comprehensive :big_okay: , kesimpulan yang saya dapat ini emang mobil hobi sih yah, kebetulan sedikit curcol nih, civic ini utk hadiah ahir taun istri ane yang udah bantu2 usaha onlen kecil2 an, ane udah kasih banyak opsi dari bbrapa pilihan. tapi tetep civic turbo yang buatnya jatuh cinta, klo ane sendiri pribadi sih udah nyerah sama yang namanya cvt udah trauma berat walo blom pernah pake hahhaa. balik lgi ke civic turbo emang mobil ini yang rawat kudu orang2 yang paham, utk dipake daily rasa2 nya ko jadi sayang, mengingat ini nanti nya jadi mobil daily,. btw thanks sekali lagi om penjelasannya, biar istri ane suru baca testimoni dari om :big_peace:
kalo udah permintaan bu rt mah kasih aja om, toh civic jg lumayan bnyk yg pegang dan brand honda dealer dmn2 jd sparepart jd pasti aman.
tgl cri barang yg bagus aja om
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by martinnn »

temen2 saya yang punya cibo si rata2 puas.... beda ama yg naik crv :lol:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
marvinchw
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Jan 27, 2018 5:48

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by marvinchw »

martinnn wrote: Sun Dec 29, 2019 14:44 temen2 saya yang punya cibo si rata2 puas.... beda ama yg naik crv :lol:
Memangnya kenapa dengan CRV ?
Saya lagi timbang timbang antara Civic Turbo atau CRV Turbo
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by ChZ »

marvinchw wrote: Mon Jul 06, 2020 4:02
martinnn wrote: Sun Dec 29, 2019 14:44 temen2 saya yang punya cibo si rata2 puas.... beda ama yg naik crv :lol:
Memangnya kenapa dengan CRV ?
Saya lagi timbang timbang antara Civic Turbo atau CRV Turbo
sebagai yang pake dua duanya emang berasa klo soal quality civic masih di atas CRV. Sambungan panel-panel dan gapnya lebih konsisten di civic, lebih presisi jadi gak gampang goyang. CRV konsol tengahnya dan armrestnya berkesan fragile.

selain itu kalo pake yang vin 2017/2018 biasanya bakal ada deretan problem : kaki-kaki bunyi gegara ntah kenapa hpm masang brake calipernya ga bener, eps gearboxnya ngaco, dan tuas transmisi patah. dua yang terakhir udah di recall. vin 2019 up harusnya uda gak kena.

civic si paling 2016 aja dulu beberapa kompresor ACnya kena... yg batch skrg udah aman-aman aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by jessboy »

wah trit yang bagus nih, pas kebetulan ada sodara saya rencana mau minang mobil bertransmisi matic cvt.
intinya adalah kalau mobil transmisi matic cvt harus dipastikan penggantian oli transmisi nya gak boleh telat dan oli tranmisi yang dipake adalah CVTf bukan ATF, kalo pake ATF bisa rusak transmisinya. Dan kalau mau aman ya cari mobil yang bertransmisi matic konvensional.
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017

Post by marama »

DIrumah ada civic turbo 2019 nik 2018 so far g ada keluhan itu smua ya om, mesinnya menurut saya enak lari 200 gampang banget, mgkn karena perpaduan bodi sedan dan mesin 1.5T, sebelumnya sblm ambil sempet test drive crv turbo larinya berasa kurang. Kalau oil life nya mepet2 6 bulan baru nongol. Yah kalau bicara sekelasnya sedan masih jd opsi menarik kok om, tp kl compare2nya ke suv ya lain cerita. Oiya yg bikin happy selain performanya bbm nya irit banget om berasa bawa jazz , digeber2 MID ya masih 1:14 aja , bawa santai sih lebih