2006 C230 ganti ECU...now what?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by kompresorz »

slapnuts wrote: Tue Dec 03, 2019 14:28

Iya kan Om
Kadang heran juga dengan mobil-mobil eropa kenapa hampir selalu meraih posisi bawah di ranking reliability, padahal (katanya) build quality mobil eropa di atas jepang. Apakah build quality top notch tidak menjamin mobil jadi bagus reliabilitynya? Entahlah. Logikanya kalau build quality bagus = mobil benar-benar dibangun dengan kualitas top = reliability bagus.

Sering nonton Scotty dan ada video dia ngeroasting BMW dan mobil eropa lain. Di video “Here’s why I’ll die before i buy BMW”, diroasting abis-abisan tuh mobil karena banyak part plastiknya padahal harganya ga murah.
saya pernah klaim w205 tabrakan beruntun diseruduk dari belakang...klaim asuransi..

harus ganti bagasi lampu bemper...

saya minta rincian harga...


bemper seharga 17 jutaan belum pernak pernik di bempernya..crome dll...bagasi 19 jutaan...lampu 5 jutaan/pis...belum ppn

total habis 60 jutaan...


gw tanya bemper 20 juta bahan apaan..ktnya plastik besi...keras...

preetlah....



sudah cukup punya merk eropa...yg penting udah rasain...

alpad aja cbu jepang tnyata bemper depan lebar 3,7 jutaan...

kijang nabrak truk baru yg masih sasis mobil sampe nyengser kiri...sampe robek 2 pintu kanan samping akhirnya klaim asuransi n minta rincian perbaikan bengkel tunas toyota...
tnyata 1 pintu anki cuma 3,2 juta..ganti 2 pintu cuma 6 jutaan...

kmrn bemper plastik 20 juta....


wahhh gilole...emang keras mana pintu kijang sama bemper yg ktnya plastik besi.....

terlalu ini.....kesal adrenalin mendiidih...


ahh jual ajalah...

tapi sbelum dijual klaim garansi...minta rincian...

ganti stering rak eps(gear) 70 jutaan... :big_chicken:

total ampir 160 juta 2 kertas biaya perbaikan...


yahhh skrg damaii pikiran ....naik trio musketer alpad vrz anki...

alpad aja cuma ganti oli di toda...gak pernah tune up..vrz n anki lebih geblek lagi sudah pigibak balapan lompat2an poldur sampe skrg ..yah masih awet aja..

:big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by Pboyz97 »

Pakai saja dulu om sementara mobilnya, selama 6 bulan - 1 tahun, biar om menikmati jerihpayah om ganti ECU dan meremajakan part lainnya, abis itu baru jual. Kalau ganti camry , XV40 pilihan yg oke kok. Cari yg 3.5 Q V6 kalau bisa biar gak nyesel nantinya, secara mercy C230 nya juga udh v6. Kalau alternatif bisa pertimbangkan Accord CP2 2010 - 2011 PFL atau kalau mau yg antimainstream bisa lirik Mazda 6 2010 - 2011
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by adriangaut »

Hmm sementara ada yang nawarin tuker sama camry xv40 2007, ambil jangan ya? Tipe v, kelihatannya rapih sih...orangnya di luar kota tapi bersedia ke jakarta...

Pikirnya kalo orangnya berani bawa mobilnya dari luar kota ke sini kan berarti mobilnya sehat ya, harapannya sih jelas maintenance dadakan (read : stranded di antah berantah) bakal jauh berkurang pakai toyota dibanding mercedes wkwk, tapi lihat tahunnya 2007 hmm tua jugak, penyakitannya apa ya kalo camry ini?

Kalo honda accord / mazda 6 ngga dulu deh, honda pernah pake crv dulu dan sparepartsnya mahaal, kalo mazda ngeri spareparts slow moving jarang, apalagi belum model skyactiv ya...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by ChZ »

adriangaut wrote: Mon Dec 09, 2019 5:52 Hmm sementara ada yang nawarin tuker sama camry xv40 2007, ambil jangan ya? Tipe v, kelihatannya rapih sih...orangnya di luar kota tapi bersedia ke jakarta...

Pikirnya kalo orangnya berani bawa mobilnya dari luar kota ke sini kan berarti mobilnya sehat ya, harapannya sih jelas maintenance dadakan (read : stranded di antah berantah) bakal jauh berkurang pakai toyota dibanding mercedes wkwk, tapi lihat tahunnya 2007 hmm tua jugak, penyakitannya apa ya kalo camry ini?

Kalo honda accord / mazda 6 ngga dulu deh, honda pernah pake crv dulu dan sparepartsnya mahaal, kalo mazda ngeri spareparts slow moving jarang, apalagi belum model skyactiv ya...
Toyota Camry / Honda Accord biaya maintenisnya ga terlalu beda kok um... Camry XV40 ya, dulu temen ambil th 2008 penyakit muter-muternya di kaki-kaki. Dash camry rawan retak juga. Gak terlalu murah juga partnya.

tapi begini... dari pengalaman 2x dipinjemin Accord busuk, pakai Accord busuk saja buat sehari-hari itu masih acceptable dan worry free. Penyakitnya muter di itu-itu aja.

Kemarin saya di surabaya semalem dipinjemin Honda Accord 2008 CP2 ... ban 4 biji ga ada yang sama, setir narik ke kiri terus, pedal remnya bunyi-bunyi, tapi jujur yah itu masih sangat enak naikannya. Tuh accord masih disiksa kilometer 96.000 gak ada electrical fault, gak ada rembes, semua lancar jaya. Pernah pake yang lebih busuk lagi tahun 2004 dipinjemin seharian juga. Masih sanggup lari 210 km/h di tol dan stabil.... pdhl kaki-kaki udah gak karuan itu kondisinya.

Beli sedan kelas ini, pe er yang paling harus diantisipasi adalah : kaki-kaki dan steering. Sisanya kalau mesin jepangan cenderung robust. Elektrikal cenderung lebih sederhana juga. Sebusuk busuknya mobil jepang yang layak jalan (jgn ngomong yang udah mangkrak di bengkel ya), ane kok gak pernah nemu yang punya masalah di mesin atau elektrikal... check engine nyala saja kadang masih bisa dibawa ke luar kota.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by Omnibus »

dr mercy masa ke camry sih .....

kenapa ga c200 w204, bedanya brp sm xv40? c200 ga pake ecu panggang kan.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by KielConstantine »

jivos wrote: Tue Dec 03, 2019 15:25 ngga di sini ngga d jerman sana..omongannya sama ....sputar mbl yg hrs rutin k bengkl.....kbetulan aja abis baca. :mrgreen:
IMG_6729.jpg

====
@TS...
jgn fokus k ecu sj, potensi d depan, biassnya kelar yg satu, muncul lg penyakit yg lainnya, bs ntah maticnya, system ac, cooling system engine, electrical bagian lain, dll
itu hrs d perhitungkan jg pd saat mw memutuskan apakah mw lanjut d rawat/tdk

* pengalaman euro sendiri...
mungkin ane pemegang record mogok tersering d SM ini....anda tebak sendiri...hampir semua sdh sy alamin mungkin. mogok d tengah jalan, tengah tol, tengah kemacetan... dg penyebab yg beragam mulai dr overheat sampe timing belt putus pas jalan.
Saking sdh terbiasanya, ane mengganggap kiri kanan jalan itu adlh sah tempat parkir mbl ER ane sblm panggil mekanik/mbl towing.
sdh hambar n ngga deg"an lg klo ada apa". tinggal nepi...tinggal...panggil towing/mekanik :big_grin:

di lain waktu.....
sy pernah bw mesin tyt tua usia 24th kondisi sakit dg odoread near 400rb km ...teko engine pump oli kedap/kedip nyala slama perjalan 4hari spanjang +/- 2.500km dr ujung p sumatra sampe rumah d jkt. ...utuh sehat itu mbl.
ajaib bikin sy geleng" kepala salut.
itu pun slama perjalanan d barengi dg waterpump yg jebol n radiator yg rembes...tetep lanjut jalan tdk d ganti.
Widihh.. widihh om jivos turun gunung, setelah lama enggak online diforum muncul jg nih :mky_02:

Threadnya emang triggering banget sih wakakaka


Ada satu kalimat yg pernah di-ucap sama si om jivos bbrapa tahun silam di forum ini yg ga pernah gw lupa.

"Ingat-ingat, tulisan indahnya di forum tentang mobil peliharaannya [Brand Eropa/US (ford/Chevy)], tidak seindah mukanya pas ngebayar tagihan bengkel..."

:wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by KielConstantine »

kompresorz wrote: Tue Dec 03, 2019 10:23 :big_exellent: ...

iya jangan dibudakin mobil....

owner anugrah selalu minta gw beli bavaria baru dong....

gw bilang ogah...cari duit pe salto...

rajin gw nanti mampir ke anugrah...

dapat duit 20 juta tar sekali rusak mobil 50 juta...

tekorrr bandarrrrr.....puasaaaa nikmat duniawi nantiii....

segala handel pintu dalam rontok lah...as kopel patah lah...hheloooo itu mobil harga M ganda.....pake besi apaannn....

kalo lagi lintas sumatera tengah hutannn malam gimana....sepiiiiii ituuuuuh....
beli baru mahal...jual murah n susah...apalg gw pake mobil kilometer banyak...susah jual emennnn...

akhirnya piara...akhirnya rajin dah jd anak bengkel....


kalo kata pengamat CIPTAH LESMANAHH...KACO KACO KACO....
Emang kampret tuh si Rudy & the gang. Tiap gw dateng ke anugrah buat servis ngmongnya gini:

"aduhhh si Kiel dateng lagi, dateng lagi... Kerja capek-capek banting tulang, duit hasil kerjanya masuk ke anugerah motor"

wakakakaakaka

Trakhir ane dateng2 kesitu bawa Toyota innova. Soalnya musti nginepin si E90 kan, electric waterpumpnya jebol. jd mesin baru nyala 5 menit udah overheat.

si ipen ngeliat, komen dy gini "waduhh dy skarang pelihara Toyota lagi... kita bakal jadi jarang ketemu donk kiel..."
gw balesin "iyee, ini E90 bakal gw jadiin mobil weekend doank ... hari2 pake toyota :mky_07: :mky_07:


Belom ketemu ko asui aja sih.. om kompre mah kenal baek yah sama big boss nya hahaaaaa..
Kalo ketemu mau ane bilangin "koo, buka bengkel spesialis lexus donkk.... jangan bmw mulu, pusing lah rusak mulu"




-------
Nih ada hadiah gambar:

Image

Tempat pertapaan kita kalo mobil mogok-mogok ga jelas..

Itu E36 warna ijo di kiri punya om kompresorz / E90 putih punya ane ... Sahabat dalam kerusakan :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by adriangaut »

Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 10:23 dr mercy masa ke camry sih .....

kenapa ga c200 w204, bedanya brp sm xv40? c200 ga pake ecu panggang kan.
Wkwkwk buat peace of mind oom

Harapannya kalo ganti camry bisa lebih awet buat jangka panjang...saya males gonta-ganti mobil soalnya...

Saya masih pegang 300e w124 dari tahun 2004 (beli second) malah jarang mogok tengah jalan...

Pegang suzuki sx4 juga dari 2010 sampai sekarang gak pernah mogok kecuali aki soak....carinya yang seperti itu...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by Omnibus »

adriangaut wrote: Thu Dec 12, 2019 2:25
Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 10:23 dr mercy masa ke camry sih .....

kenapa ga c200 w204, bedanya brp sm xv40? c200 ga pake ecu panggang kan.
Wkwkwk buat peace of mind oom

Harapannya kalo ganti camry bisa lebih awet buat jangka panjang...saya males gonta-ganti mobil soalnya...

Saya masih pegang 300e w124 dari tahun 2004 (beli second) malah jarang mogok tengah jalan...

Pegang suzuki sx4 juga dari 2010 sampai sekarang gak pernah mogok kecuali aki soak....carinya yang seperti itu...
kl mau peace of mind n mau camry ambil xv50 2012/2013 skrg harga sdh 200an. engine 2ar-fe lbh bulletproof n powerful drpd 2az-fe nya xv40. sy aja nyesel jual xv50 mesinnya refined bgt, apalagi stlh itu papadakis racing juga puji engine itu. bisa dibilang 2ar itu versi over-engineered nya toyota.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by McLaren »

Omnibus wrote: Thu Dec 12, 2019 2:48
adriangaut wrote: Thu Dec 12, 2019 2:25
Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 10:23 dr mercy masa ke camry sih .....

kenapa ga c200 w204, bedanya brp sm xv40? c200 ga pake ecu panggang kan.
Wkwkwk buat peace of mind oom

Harapannya kalo ganti camry bisa lebih awet buat jangka panjang...saya males gonta-ganti mobil soalnya...

Saya masih pegang 300e w124 dari tahun 2004 (beli second) malah jarang mogok tengah jalan...

Pegang suzuki sx4 juga dari 2010 sampai sekarang gak pernah mogok kecuali aki soak....carinya yang seperti itu...
kl mau peace of mind n mau camry ambil xv50 2012/2013 skrg harga sdh 200an. engine 2ar-fe lbh bulletproof n powerful drpd 2az-fe nya xv40. sy aja nyesel jual xv50 mesinnya refined bgt, apalagi stlh itu papadakis racing juga puji engine itu. bisa dibilang 2ar itu versi over-engineered nya toyota.
Klo yg 2014 keatas XV50 facelift udah bukan 2ar-fe lg gan?
Kayanya sama aja ya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by Omnibus »

McLaren wrote: Thu Dec 12, 2019 4:04
Klo yg 2014 keatas XV50 facelift udah bukan 2ar-fe lg gan?
Kayanya sama aja ya
masih 2ar .... sampai yg terbaru ini xv70 jg msh itu. dipakai di lexus jg rx270 pakai 1ar, konstruksi sama beda cc aja.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Thu Dec 12, 2019 2:48
kl mau peace of mind n mau camry ambil xv50 2012/2013 skrg harga sdh 200an. engine 2ar-fe lbh bulletproof n powerful drpd 2az-fe nya xv40. sy aja nyesel jual xv50 mesinnya refined bgt, apalagi stlh itu papadakis racing juga puji engine itu. bisa dibilang 2ar itu versi over-engineered nya toyota.
iya AR kayaknya saya belum pernah denger masalah, emang bener lebih kuat daripada AZ ya?

ane soalnya kalo generasi AZ/MZ itu beberapa denger isu engine nya sludge atau penguapan olinya tergolong kenceng.

RX270 taun lawas juga kayaknya belom ada yang sampe overhaul parah ya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Thu Dec 12, 2019 5:48
iya AR kayaknya saya belum pernah denger masalah, emang bener lebih kuat daripada AZ ya?

ane soalnya kalo generasi AZ/MZ itu beberapa denger isu engine nya sludge atau penguapan olinya tergolong kenceng.

RX270 taun lawas juga kayaknya belom ada yang sampe overhaul parah ya
- low friction piston skirt
- HLA
- Roller rocker arm
- forged conrod + forged crankshaft
- dual vvti
- dual tract intake manifold
- hi performance injectors

you name it. on paper sih mantep semua itu om... kl ada yg bermasalah itu biasanya krn ownernya curi2 pake oli murahan. sy dulu pake repsol elite full syn 5w-30 engine singing in the rain.

ini bacaan menarik ttg 2ar https://www.motorreviewer.com/engine.php?engine_id=77

ini papadakis racing pas bongkar... dia bnyk mention kelebihan engine 2ar itu
https://m.youtube.com/watch?feature=you ... PVc7pKzF64
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2593
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by farizfsa »

Omnibus wrote: Thu Dec 12, 2019 2:48
adriangaut wrote: Thu Dec 12, 2019 2:25
Omnibus wrote: Mon Dec 09, 2019 10:23 dr mercy masa ke camry sih .....

kenapa ga c200 w204, bedanya brp sm xv40? c200 ga pake ecu panggang kan.
Wkwkwk buat peace of mind oom

Harapannya kalo ganti camry bisa lebih awet buat jangka panjang...saya males gonta-ganti mobil soalnya...

Saya masih pegang 300e w124 dari tahun 2004 (beli second) malah jarang mogok tengah jalan...

Pegang suzuki sx4 juga dari 2010 sampai sekarang gak pernah mogok kecuali aki soak....carinya yang seperti itu...
kl mau peace of mind n mau camry ambil xv50 2012/2013 skrg harga sdh 200an. engine 2ar-fe lbh bulletproof n powerful drpd 2az-fe nya xv40. sy aja nyesel jual xv50 mesinnya refined bgt, apalagi stlh itu papadakis racing juga puji engine itu. bisa dibilang 2ar itu versi over-engineered nya toyota.
bener sih, xv50 mesinnya bandel bgt.

cm gatau deh ini xv50 kok punya ane keras bgt ya bantingannya udh ganti shock juga. abis naik f10 naik camry, kerasa bgt punggung sama pantat.

masih empukan innova reborn maupun lama.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by Omnibus »

farizfsa wrote: Thu Dec 12, 2019 6:05
bener sih, xv50 mesinnya bandel bgt.

cm gatau deh ini xv50 kok punya ane keras bgt ya bantingannya udh ganti shock juga. abis naik f10 naik camry, kerasa bgt punggung sama pantat.

masih empukan innova reborn maupun lama.
sy ga ada komplain ttg bantingan suspensi ... enak bgt hajar lobang ga ada bunyi aneh2, kl di tol lbh enak lg. kurangnya ga ada vsa sm torque steer agak lebay.

itu ganti shock sm yg orisinil ngga? atau cobain unit lain buat bandingin. rasanya kl spec bawaan pabrik jauh lah dr sebutan bikin sakit punggung. justru sy amazed sm suspensinya sampai lihat kolong per nya diameter luar nya besar n kaya kokoh gitu.
dulu sy jg pernah punya innova V, beda jauh lah sm camry kl dua2nya std setting.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by kompresorz »

KielConstantine wrote: Wed Dec 11, 2019 4:39
kompresorz wrote: Tue Dec 03, 2019 10:23 :big_exellent: ...

iya jangan dibudakin mobil....

owner anugrah selalu minta gw beli bavaria baru dong....

gw bilang ogah...cari duit pe salto...

rajin gw nanti mampir ke anugrah...

dapat duit 20 juta tar sekali rusak mobil 50 juta...

tekorrr bandarrrrr.....puasaaaa nikmat duniawi nantiii....

segala handel pintu dalam rontok lah...as kopel patah lah...hheloooo itu mobil harga M ganda.....pake besi apaannn....

kalo lagi lintas sumatera tengah hutannn malam gimana....sepiiiiii ituuuuuh....
beli baru mahal...jual murah n susah...apalg gw pake mobil kilometer banyak...susah jual emennnn...

akhirnya piara...akhirnya rajin dah jd anak bengkel....


kalo kata pengamat CIPTAH LESMANAHH...KACO KACO KACO....
Emang kampret tuh si Rudy & the gang. Tiap gw dateng ke anugrah buat servis ngmongnya gini:

"aduhhh si Kiel dateng lagi, dateng lagi... Kerja capek-capek banting tulang, duit hasil kerjanya masuk ke anugerah motor"

wakakakaakaka

Trakhir ane dateng2 kesitu bawa Toyota innova. Soalnya musti nginepin si E90 kan, electric waterpumpnya jebol. jd mesin baru nyala 5 menit udah overheat.

si ipen ngeliat, komen dy gini "waduhh dy skarang pelihara Toyota lagi... kita bakal jadi jarang ketemu donk kiel..."
gw balesin "iyee, ini E90 bakal gw jadiin mobil weekend doank ... hari2 pake toyota :mky_07: :mky_07:


Belom ketemu ko asui aja sih.. om kompre mah kenal baek yah sama big boss nya hahaaaaa..
Kalo ketemu mau ane bilangin "koo, buka bengkel spesialis lexus donkk.... jangan bmw mulu, pusing lah rusak mulu"




-------
Nih ada hadiah gambar:

Image

Tempat pertapaan kita kalo mobil mogok-mogok ga jelas..

Itu E36 warna ijo di kiri punya om kompresorz / E90 putih punya ane ... Sahabat dalam kerusakan :wkkk:
:big_chicken:

gw pernah liat e90 b2211... :wkkk:

asui....awal merintis anugrah kios kemayoran taun 2000....


udah sering kasi tau asui...kasian yah itu yang usaha jualan part toyota...owner n mekanik banyak melamun...

anugrah parkiran penuh tiap hari... sampe sewa parkiran kosong depannya pun msh gak muat parkiran kemayoran....:upss:

asui aja mobil tiap hari pake toyota...inova pula... :wkkk:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Tue Dec 03, 2019 3:43 dulu pernah ada Mercedes ML350 2009 temen yang rusak juga ECU nya. tapi repair (gak ganti ECU, repair aja waktu itu abisnya gak sampe puluhan) dan abis itu dipake terus ampe dijual bbrp bulan lalu. gak ada masalah sih, cuma gak tau lagi kalo dipake lebih lama.

cuma gini... pertama temen saya ini orangnya memang tajir mampus, duitnya gak ada serinya, mobil Merc semua ngandangin E-class, S-Class, dan ML... rumahnya gedong di daerah elite Surabaya. jadi semua itu priceless. Kedua orangnya punya mobil banyak jadi in case Mercnya rewel ya pake mobil lain. Dgn tingkat ekonomi seperti ini sih sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk repair malah cenderung gak dianggep krn duit banyak.

Kalau saya rasa di repair terus jual saja kalau kondisi ekonomi tidak menentu... ganti mobil jepangan Camry/Accord udah enak. Lari 210 di tol tanpa waswas, hajar gaspol redline terus tanpa takut lampu malfunction nyala.
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 14:42 Inilah yg ane suka bilang diforum seraya motor tercinta kita, kenapa mobil eropa bekas itu jd endless money pits. Harga beli bekas nya murah banget, tp yg rusak suka ajaib-ajaib. Jadi jatohnya mahal di perawatan buat ngempanin sparepart.

Intinya kalo mau tetep ngerawat mobil eropa kesayangan ya siapin budget 100jt aja di bank accounts. Siapa tau ada time bomb laen yg meledak dikemudian hari... contoh steering rack (40jt); adaptive suspension (12 jt / batang); Rem SBC (15 juta)

Lha itu mercedes kepresidenan si jokowi aja S class tahun 2008, mogok2 mulu. Ferrari ganti gearbox 150jt; lambo raffi ahmad auto kebakar gara2 overheat. Banyak lah hal2 konyol kalo urusan mobil eropa.

Mau aman ya pelihara Toyota/Honda. Lexus jg boleh lah, masih seperjuangan dari jepang. Lebih reliable, awet, ga nyusahin, ga aneh-aneh penyakitnya.

Mobil eropa dan sebangsanya enakan beli baru brand new (1 miliar keatas) dapet garansi free servis sparepart 3-5 thn trgantung kebijakan ATPM. Begitu warranty abis langsung jual. Drpd nyusahin, biarlah orang2 yg beli bekas nanggung penyakitnya :e-whistle:
reality hurts ya um :mky_07: tp ntar bilang gini pasti ada aja yang bilang nyinyir... padahal ya udah ngalamin sendiri kan.

belinya lebih murah dari LCGC baru... reparasi kalo ditotal-total dalam 5 taun mungkin ada kali jadi seharga bengkak seharga Fortuner / CRV :mky_07: apalagi sekelas S-Class atau 7-series.

mungkin kalo memang mau main mobil begini minimal harus spare 100jt beli 1 mobil lagi LCGC atau avanza bekas in case mobilnya ngadat dan gak ada duit buat repair.... :ngacir:
:big_biglaugh:

Kadang kalo tajir mampus duit enggak berseri, bisa empet jg chris ngempanin sparepart yg mahal-mahal. Jatohnya kaya bocengli gitu. Ibarat divonis repair mechatronic di charge 25jt. Duitnya ada tp empet aja rasanya :big_slap: gimana yah... kek gampang bener ngalirnya buat bgituan doank bwahahahahaw.


----
Skarang ane punya pikiran baru klo mau pelihara mobil eropa-an. "Peliharalah model2 yg nyeleneh, macam coupe, estate, cabriolet, roadster" . Value mereka cenderung stabil harga bekasannya. Dibanding sedan generic 4 pintu yg biasa dibeli sama orang kebanyakan.

Contoh, mau pelihara W204, peliharalah yg 2 pintu coupe. Harga masih stabil di 400-500 jutaan. Memang nebusnya lebih mahal drpd counterpart 4 doors nya. Tp misal pas dirawat muncul kerusakan2 yg biayanya mahal, itu mobil masih hold value. Jadi kita ngebenerinnya jg rela gitu hahahahahahahaha

Ane sendiri lg ancang2 nabungin duit trus jual si E90, terus antara coba banting stir pelihara lexus bekas, atau pelihara si bavaria gila lagi. Tp dlm bentuk coupe 2 pintu (M235i / 435i / 440i) value mereka masih hold di angka 700jt - 1m an. Di banding generic F30/F10 4 pintu yg harganya udah pada nyungsep diangka 300jt.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Tue Dec 17, 2019 19:15
:big_biglaugh:

Kadang kalo tajir mampus duit enggak berseri, bisa empet jg chris ngempanin sparepart yg mahal-mahal. Jatohnya kaya bocengli gitu. Ibarat divonis repair mechatronic di charge 25jt. Duitnya ada tp empet aja rasanya :big_slap: gimana yah... kek gampang bener ngalirnya buat bgituan doank bwahahahahaw.


----
Skarang ane punya pikiran baru klo mau pelihara mobil eropa-an. "Peliharalah model2 yg nyeleneh, macam coupe, estate, cabriolet, roadster" . Value mereka cenderung stabil harga bekasannya. Dibanding sedan generic 4 pintu yg biasa dibeli sama orang kebanyakan.

Contoh, mau pelihara W204, peliharalah yg 2 pintu coupe. Harga masih stabil di 400-500 jutaan. Memang nebusnya lebih mahal drpd counterpart 4 doors nya. Tp misal pas dirawat muncul kerusakan2 yg biayanya mahal, itu mobil masih hold value. Jadi kita ngebenerinnya jg rela gitu hahahahahahahaha

Ane sendiri lg ancang2 nabungin duit trus jual si E90, terus antara coba banting stir pelihara lexus bekas, atau pelihara si bavaria gila lagi. Tp dlm bentuk coupe 2 pintu (M235i / 435i / 440i) value mereka masih hold di angka 700jt - 1m an. Di banding generic F30/F10 4 pintu yg harganya udah pada nyungsep diangka 300jt.
Kadang jadi serba salah yak bro repair abis puluhan jt gak dijual kok endless money pit, dijual harganya terjun bebas :mky_07: yah segimananya orang gak mikir resale value tetep aja mikir kalo mobil RVnya anjlok tapi ngabisin duit :mky_07:

ini Harrier 2011 di rumah aja gak dijual-jual karena dijual harganya udah setara LCGC baru, naikan masih enak gak ada rusak cuma modal servis rutin, jadi yaudah dibiarin dipake aja :mky_07:

dulu oom NR juga sempat bilang kan beli Mercedes atau BMW yang 2 pintu pasti harganya gak bakal jatuh, malah semakin mahal.

kalaupun kita bosen ada yang mau lanjutin ngerawat juga rela keluarin duit berapapun buat beli :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by stealthy »

KielConstantine wrote: Tue Dec 17, 2019 19:15
ChZ wrote: Tue Dec 03, 2019 3:43 dulu pernah ada Mercedes ML350 2009 temen yang rusak juga ECU nya. tapi repair (gak ganti ECU, repair aja waktu itu abisnya gak sampe puluhan) dan abis itu dipake terus ampe dijual bbrp bulan lalu. gak ada masalah sih, cuma gak tau lagi kalo dipake lebih lama.

cuma gini... pertama temen saya ini orangnya memang tajir mampus, duitnya gak ada serinya, mobil Merc semua ngandangin E-class, S-Class, dan ML... rumahnya gedong di daerah elite Surabaya. jadi semua itu priceless. Kedua orangnya punya mobil banyak jadi in case Mercnya rewel ya pake mobil lain. Dgn tingkat ekonomi seperti ini sih sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk repair malah cenderung gak dianggep krn duit banyak.

Kalau saya rasa di repair terus jual saja kalau kondisi ekonomi tidak menentu... ganti mobil jepangan Camry/Accord udah enak. Lari 210 di tol tanpa waswas, hajar gaspol redline terus tanpa takut lampu malfunction nyala.
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 14:42 Inilah yg ane suka bilang diforum seraya motor tercinta kita, kenapa mobil eropa bekas itu jd endless money pits. Harga beli bekas nya murah banget, tp yg rusak suka ajaib-ajaib. Jadi jatohnya mahal di perawatan buat ngempanin sparepart.

Intinya kalo mau tetep ngerawat mobil eropa kesayangan ya siapin budget 100jt aja di bank accounts. Siapa tau ada time bomb laen yg meledak dikemudian hari... contoh steering rack (40jt); adaptive suspension (12 jt / batang); Rem SBC (15 juta)

Lha itu mercedes kepresidenan si jokowi aja S class tahun 2008, mogok2 mulu. Ferrari ganti gearbox 150jt; lambo raffi ahmad auto kebakar gara2 overheat. Banyak lah hal2 konyol kalo urusan mobil eropa.

Mau aman ya pelihara Toyota/Honda. Lexus jg boleh lah, masih seperjuangan dari jepang. Lebih reliable, awet, ga nyusahin, ga aneh-aneh penyakitnya.

Mobil eropa dan sebangsanya enakan beli baru brand new (1 miliar keatas) dapet garansi free servis sparepart 3-5 thn trgantung kebijakan ATPM. Begitu warranty abis langsung jual. Drpd nyusahin, biarlah orang2 yg beli bekas nanggung penyakitnya :e-whistle:
reality hurts ya um :mky_07: tp ntar bilang gini pasti ada aja yang bilang nyinyir... padahal ya udah ngalamin sendiri kan.

belinya lebih murah dari LCGC baru... reparasi kalo ditotal-total dalam 5 taun mungkin ada kali jadi seharga bengkak seharga Fortuner / CRV :mky_07: apalagi sekelas S-Class atau 7-series.

mungkin kalo memang mau main mobil begini minimal harus spare 100jt beli 1 mobil lagi LCGC atau avanza bekas in case mobilnya ngadat dan gak ada duit buat repair.... :ngacir:
:big_biglaugh:

Kadang kalo tajir mampus duit enggak berseri, bisa empet jg chris ngempanin sparepart yg mahal-mahal. Jatohnya kaya bocengli gitu. Ibarat divonis repair mechatronic di charge 25jt. Duitnya ada tp empet aja rasanya :big_slap: gimana yah... kek gampang bener ngalirnya buat bgituan doank bwahahahahaw.


----
Skarang ane punya pikiran baru klo mau pelihara mobil eropa-an. "Peliharalah model2 yg nyeleneh, macam coupe, estate, cabriolet, roadster" . Value mereka cenderung stabil harga bekasannya. Dibanding sedan generic 4 pintu yg biasa dibeli sama orang kebanyakan.

Contoh, mau pelihara W204, peliharalah yg 2 pintu coupe. Harga masih stabil di 400-500 jutaan. Memang nebusnya lebih mahal drpd counterpart 4 doors nya. Tp misal pas dirawat muncul kerusakan2 yg biayanya mahal, itu mobil masih hold value. Jadi kita ngebenerinnya jg rela gitu hahahahahahahaha

Ane sendiri lg ancang2 nabungin duit trus jual si E90, terus antara coba banting stir pelihara lexus bekas, atau pelihara si bavaria gila lagi. Tp dlm bentuk coupe 2 pintu (M235i / 435i / 440i) value mereka masih hold di angka 700jt - 1m an. Di banding generic F30/F10 4 pintu yg harganya udah pada nyungsep diangka 300jt.
kalo jaman sekarang yang coupe/estate bisa dengan gampang dibeli baru nya, apakah iya harga bekas nya masih akan nahan ya om?

Harga nahan itu sebenernya sih karena demand vs supply aja soalnya, e92 itu mungkin dulu barangnya kan sedikit, tapi sekarang kaya 435/440 gitu asal punya duit mau beli baru nya kan gampang.

Dan juga walaupun harga jual nya pada buka segitu, real price nya ketika laku saya ngga yakin mepet sama open price nya sih....
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2593
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by farizfsa »

stealthy wrote: Wed Dec 18, 2019 2:59
KielConstantine wrote: Tue Dec 17, 2019 19:15
ChZ wrote: Tue Dec 03, 2019 3:43 dulu pernah ada Mercedes ML350 2009 temen yang rusak juga ECU nya. tapi repair (gak ganti ECU, repair aja waktu itu abisnya gak sampe puluhan) dan abis itu dipake terus ampe dijual bbrp bulan lalu. gak ada masalah sih, cuma gak tau lagi kalo dipake lebih lama.

cuma gini... pertama temen saya ini orangnya memang tajir mampus, duitnya gak ada serinya, mobil Merc semua ngandangin E-class, S-Class, dan ML... rumahnya gedong di daerah elite Surabaya. jadi semua itu priceless. Kedua orangnya punya mobil banyak jadi in case Mercnya rewel ya pake mobil lain. Dgn tingkat ekonomi seperti ini sih sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk repair malah cenderung gak dianggep krn duit banyak.

Kalau saya rasa di repair terus jual saja kalau kondisi ekonomi tidak menentu... ganti mobil jepangan Camry/Accord udah enak. Lari 210 di tol tanpa waswas, hajar gaspol redline terus tanpa takut lampu malfunction nyala.



reality hurts ya um :mky_07: tp ntar bilang gini pasti ada aja yang bilang nyinyir... padahal ya udah ngalamin sendiri kan.

belinya lebih murah dari LCGC baru... reparasi kalo ditotal-total dalam 5 taun mungkin ada kali jadi seharga bengkak seharga Fortuner / CRV :mky_07: apalagi sekelas S-Class atau 7-series.

mungkin kalo memang mau main mobil begini minimal harus spare 100jt beli 1 mobil lagi LCGC atau avanza bekas in case mobilnya ngadat dan gak ada duit buat repair.... :ngacir:
:big_biglaugh:

Kadang kalo tajir mampus duit enggak berseri, bisa empet jg chris ngempanin sparepart yg mahal-mahal. Jatohnya kaya bocengli gitu. Ibarat divonis repair mechatronic di charge 25jt. Duitnya ada tp empet aja rasanya :big_slap: gimana yah... kek gampang bener ngalirnya buat bgituan doank bwahahahahaw.


----
Skarang ane punya pikiran baru klo mau pelihara mobil eropa-an. "Peliharalah model2 yg nyeleneh, macam coupe, estate, cabriolet, roadster" . Value mereka cenderung stabil harga bekasannya. Dibanding sedan generic 4 pintu yg biasa dibeli sama orang kebanyakan.

Contoh, mau pelihara W204, peliharalah yg 2 pintu coupe. Harga masih stabil di 400-500 jutaan. Memang nebusnya lebih mahal drpd counterpart 4 doors nya. Tp misal pas dirawat muncul kerusakan2 yg biayanya mahal, itu mobil masih hold value. Jadi kita ngebenerinnya jg rela gitu hahahahahahahaha

Ane sendiri lg ancang2 nabungin duit trus jual si E90, terus antara coba banting stir pelihara lexus bekas, atau pelihara si bavaria gila lagi. Tp dlm bentuk coupe 2 pintu (M235i / 435i / 440i) value mereka masih hold di angka 700jt - 1m an. Di banding generic F30/F10 4 pintu yg harganya udah pada nyungsep diangka 300jt.
kalo jaman sekarang yang coupe/estate bisa dengan gampang dibeli baru nya, apakah iya harga bekas nya masih akan nahan ya om?

Harga nahan itu sebenernya sih karena demand vs supply aja soalnya, e92 itu mungkin dulu barangnya kan sedikit, tapi sekarang kaya 435/440 gitu asal punya duit mau beli baru nya kan gampang.

Dan juga walaupun harga jual nya pada buka segitu, real price nya ketika laku saya ngga yakin mepet sama open price nya sih....
Yg sgt hold value itu masih wagon lah, mau muda atau tua
Coupe masih hold value jg sih tp jarang mbl coupe di indo itu kondisi standaran, rata2 sudah ganti velg atau diceperin.

Estate coupe german pun ga segampang itu belinya sekarang. Cb tanya 530i g20, kalo bisa beli, sampainya kapan? Di giias kmrn aja blg order pas giias dapet bulan maret 2020.

Mereka juga stock dikit2 barang begitu, di giias wagon2 dipajang jg udh sold sm org lain
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by thestoneroses »

Atau yang mesinnya gede oom, lumayan stabil.
Saya mau lepas yg 6 silinder, mau ngambil swedia lagi. Lagian sampe punya yang 6 dan 12 silinder kalau dipikir2 iseng juga.

Cuma ya gitu, ada yang nawar 160, bangunnya aja udah 150an. Akhirnya didiemin aja, jadi koleksi. Toh kadang dibawa istri juga
Kalo soal toyota saya setuju sama oom-oom di atas, perlu lah ada innova sama camry. Mau ada mercy-mercy tua yang disiksa kan duet toyota juga, ibaratnya kalau kata salah satu kolega senior saya, kalau naik toyota mau ada kerusuhan juga ya tinggal turun dari mobil trus ikutan bakar mobilnya. Ngga ngenes juga haha

Kalau yg dibakar S600 tua kan...
*Langsung inget billing car sama pro

Btw di atas ada oom jivos yang dulu japri2 soal peugeot, gimana nasibnya itu peugeot oom?
Ron Asheton Forever
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by stealthy »

thestoneroses wrote: Wed Dec 18, 2019 5:03 Atau yang mesinnya gede oom, lumayan stabil.
Saya mau lepas yg 6 silinder, mau ngambil swedia lagi. Lagian sampe punya yang 6 dan 12 silinder kalau dipikir2 iseng juga.

Cuma ya gitu, ada yang nawar 160, bangunnya aja udah 150an. Akhirnya didiemin aja, jadi koleksi. Toh kadang dibawa istri juga
Kalo soal toyota saya setuju sama oom-oom di atas, perlu lah ada innova sama camry. Mau ada mercy-mercy tua yang disiksa kan duet toyota juga, ibaratnya kalau kata salah satu kolega senior saya, kalau naik toyota mau ada kerusuhan juga ya tinggal turun dari mobil trus ikutan bakar mobilnya. Ngga ngenes juga haha

Kalau yg dibakar S600 tua kan...
*Langsung inget billing car sama pro

Btw di atas ada oom jivos yang dulu japri2 soal peugeot, gimana nasibnya itu peugeot oom?
ini refer ke W140 kah om? bangun nya aja abis 150 yah....wiw......liat donk om fotonya siapa tau tergoda, hehehe
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by thestoneroses »

Iya benar oom, saya pernah posting foto oom. Ke ig aja om, itu komunitas 140 jkt sama bandung follow saya kok, betebaran 140 hehehe yg 600 lumayanlah ada belasan. Tergoda om? Langsung aja yg 12 silinder, yg 6 bolot, cuma mesinnya nga rewel. Cocok buat jadi mobil hobian ke4/5 hehehe

Enaknya tangki gede oom, 100L, walaupun 1:3/4 minimal sampe ke cirebon dikala mudik
Ron Asheton Forever
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by adriangaut »

Wah W140 ya, katanya sih bandel...katanya...

150jt habis buat apa saja itu oom?
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Post by thestoneroses »

Ac udah 30an om, itu yg komponen urgent (utama); belum termasuk yg printilan2. Terakhir seinget saya ongkos kerja sejam aja 475rb kan di bengkel deket mall itu. Coba telusuri set lampu belakang ori dll.
Bandel dari segi apa oom? Saya tiap tahun naik ini sejak '15 buat mudik enak2 aja. Temen2 ke padang, ke bali, bensin juga diisi apa aja asal jangan solar. Hehehe ya bandel mah karena sudah direstore ya, lagian kalau udah kadung tresno jadi ngga bisa dipegang oom pendapat saya, mesti nanya ke orang2 yang ambil mobil hobi tapi nga dipake harian/mobil ke-2, nah itu mungkin lebih rasional. Lebih bandel dibanding peugeot, iya, dibanding volvo tua ngga juga. Kalau saya ditanya orang untuk rekomendasiin mobil2 hobi kyk gini, pasti saya tanya dulu itu jepang jepangan udah ada 2-3 belum di garasi atau buang uang seinnova ikhlas nggak biar ngga misuh-misuh kalau dikerjain hobinya hehehe
Ron Asheton Forever