Page 1 of 4

2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 9:52
by adriangaut
Siang warga SM sekalian

Pemilik 2006 C230 disini...Dengan M272 V6 enjin yang ECU-nya ditaruh diatas :big_dunno:

[SG Image]

[SG Image]

Berhubung mobil saya ECU-nya sudah mateng terpanggang (lokasi diatas mesin)dan memutuskan untuk ganti ECU dengan yang baru...sekarang lagi galau dan mau memikirkan langkah selanjutnya....

[SG Image]

1. Mobil dijual sajalah, karena ECU baru dipasangnya diatas mesin lagi dan belum ada opsi mindahin ECU ke lokasi yang lebih normal lol, opsi ganti mobil adalah ke 2010 up Toyota Camry XV40

[SG Image]

2. Mobil dipakai saja terus, karena sudah ganti ECU, dan sejujurnya banyak part fast moving wajar yang juga sudah diremajakan, dan sebenernya mobilnya masih enak sekali buat dipakai, oh iya kilometer mobil ini sekarang 125,000 ongoing, mobil daily driver

Lalu sebenernya ada sedikit pertanyaan : apakah penyakit ECU ini ada di mercedes aja? Atau karena yah namanya mobil 2006 bisa aja kejadian ECU rusak, namanya juga komputer....

Mobil lainnya bagaimana? Saya di ceritain alphard yang ECU-nya rusak juga ada aja hehe, jadi bukan karena lokasi diatas mesin kah? Kalo bisa terjawab buat pertimbangan keep C230 ini hehe

Kalau dipakai terus concernnya : akan ada masalah apa lagi kah yang bisa diantisipasi? ECU rusak jujur akan datang tiba” banget, siang nyala sore bisa saja mati tiba” jadi deg”an juga bawanya apalagi kalo keluar kota, gak bisa diantisipasi

What should I do? Dari warga SM sekalian apakah ada saran? Atau ada ide lainnya? Mobil saya gunakan sebagai daily driver, akan nyusahin kalo mogok di luar kota karena ECU mateng lagi hehe

Terima kasih sebelumnya

PS : mau kasih gambar malah gak keluar, link aja ya hehe

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 11:05
by rudyzanetti
Kondisi ecu skrg kalo boleh tau ada problem kah om?

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 11:18
by adriangaut
Halo oom...sekarang sih normal” saja, kan sudah baru ECU-nya...

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 12:04
by kompresorz
jual aja om....

iklasin aja...

ecu yang diatas mesin emang riskan...

waktu msh punya merci toko 74 sudah ada bbrp yg ganti..


ganti aja toyota...

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 12:24
by ginting
adriangaut wrote:Siang warga SM sekalian

Pemilik 2006 C230 disini...Dengan M272 V6 enjin yang ECU-nya ditaruh diatas :big_dunno:

[SG Image]

[SG Image]

Berhubung mobil saya ECU-nya sudah mateng terpanggang (lokasi diatas mesin)dan memutuskan untuk ganti ECU dengan yang baru...sekarang lagi galau dan mau memikirkan langkah selanjutnya....

[SG Image]

1. Mobil dijual sajalah, karena ECU baru dipasangnya diatas mesin lagi dan belum ada opsi mindahin ECU ke lokasi yang lebih normal lol, opsi ganti mobil adalah ke 2010 up Toyota Camry XV40

[SG Image]

2. Mobil dipakai saja terus, karena sudah ganti ECU, dan sejujurnya banyak part fast moving wajar yang juga sudah diremajakan, dan sebenernya mobilnya masih enak sekali buat dipakai, oh iya kilometer mobil ini sekarang 125,000 ongoing, mobil daily driver

Lalu sebenernya ada sedikit pertanyaan : apakah penyakit ECU ini ada di mercedes aja? Atau karena yah namanya mobil 2006 bisa aja kejadian ECU rusak, namanya juga komputer....

Mobil lainnya bagaimana? Saya di ceritain alphard yang ECU-nya rusak juga ada aja hehe, jadi bukan karena lokasi diatas mesin kah? Kalo bisa terjawab buat pertimbangan keep C230 ini hehe

Kalau dipakai terus concernnya : akan ada masalah apa lagi kah yang bisa diantisipasi? ECU rusak jujur akan datang tiba” banget, siang nyala sore bisa saja mati tiba” jadi deg”an juga bawanya apalagi kalo keluar kota, gak bisa diantisipasi

What should I do? Dari warga SM sekalian apakah ada saran? Atau ada ide lainnya? Mobil saya gunakan sebagai daily driver, akan nyusahin kalo mogok di luar kota karena ECU mateng lagi hehe

Terima kasih sebelumnya

PS : mau kasih gambar malah gak keluar, link aja ya hehe
itu ECUnya yg kotak di atas tulisan V6 itu ya, oom ?

Emang belum diakali dgn cara dipanjangkan kabel ECU, lalu penempatannya ditaruh agak jauhan dr lokasi pemanggangan skrg ??
maaf sekedar pertanyaan nubie


kalau ada dana sih saran sy jual aja oom
biar tenang

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 13:46
by Omnibus
mobilnya masih bagus tuh sayang kl dijual

asumsi sy (cmiiw) itu ecu rusak baru 1x dr pertama roll off factory ..... 2006 - 2019 : 13 tahun di odo 125.000 km, kecuali ada faktor lain ceteris paribus ecu baru akan mokat lagi di thn 2032 odo 250.000 km.

kl masih sayang pake aja 2-3 thn lagi ..... atau bisa ga dibungkus luarnya ecu baru itu pakai thermocool wrap biar sedikit adem (bawahnya, kl atasnya kan ada heatsink.) jelek liatnya tp kan awet

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 14:42
by KielConstantine
Inilah yg ane suka bilang diforum seraya motor tercinta kita, kenapa mobil eropa bekas itu jd endless money pits. Harga beli bekas nya murah banget, tp yg rusak suka ajaib-ajaib. Jadi jatohnya mahal di perawatan buat ngempanin sparepart.

Intinya kalo mau tetep ngerawat mobil eropa kesayangan ya siapin budget 100jt aja di bank accounts. Siapa tau ada time bomb laen yg meledak dikemudian hari... contoh steering rack (40jt); adaptive suspension (12 jt / batang); Rem SBC (15 juta)

Lha itu mercedes kepresidenan si jokowi aja S class tahun 2008, mogok2 mulu. Ferrari ganti gearbox 150jt; lambo raffi ahmad auto kebakar gara2 overheat. Banyak lah hal2 konyol kalo urusan mobil eropa.

Mau aman ya pelihara Toyota/Honda. Lexus jg boleh lah, masih seperjuangan dari jepang. Lebih reliable, awet, ga nyusahin, ga aneh-aneh penyakitnya.

Mobil eropa dan sebangsanya enakan beli baru brand new (1 miliar keatas) dapet garansi free servis sparepart 3-5 thn trgantung kebijakan ATPM. Begitu warranty abis langsung jual. Drpd nyusahin, biarlah orang2 yg beli bekas nanggung penyakitnya :e-whistle:

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 14:59
by ginting
KielConstantine wrote:Inilah yg ane suka bilang diforum seraya motor tercinta kita, kenapa mobil eropa bekas itu jd endless money pits. Harga beli bekas nya murah banget, tp yg rusak suka ajaib-ajaib. Jadi jatohnya mahal di perawatan buat ngempanin sparepart.

Intinya kalo mau tetep ngerawat mobil eropa kesayangan ya siapin budget 100jt aja di bank accounts. Siapa tau ada time bomb laen yg meledak dikemudian hari... contoh steering rack (40jt); adaptive suspension (12 jt / batang); Rem SBC (15 juta)

Lha itu mercedes kepresidenan si jokowi aja S class tahun 2008, mogok2 mulu. Ferrari ganti gearbox 150jt; lambo raffi ahmad auto kebakar gara2 overheat. Banyak lah hal2 konyol kalo urusan mobil eropa.

Mau aman ya pelihara Toyota/Honda. Lexus jg boleh lah, masih seperjuangan dari jepang. Lebih reliable, awet, ga nyusahin, ga aneh-aneh penyakitnya.

Mobil eropa dan sebangsanya enakan beli baru brand new (1 miliar keatas) dapet garansi free servis sparepart 3-5 thn trgantung kebijakan ATPM. Begitu warranty abis langsung jual. Drpd nyusahin, biarlah orang2 yg beli bekas nanggung penyakitnya :e-whistle:
Begini oom..
endless money pit itu tak ada patokan baku.

kalau suatu mobil masih terasa kemahalan, maka berarti kita belum mampu "afford" itu species.
sy gak pake kata "buy" krn bisa jadi duitnya mampu utk beli


Ada share pleasure of drive..
tapi ada juga cost utk mencapai itu.

mungkin bagi orang tertentu dia berani utk take the risk.
ada yg lain berpikir gak worth it entirely.

ada dulu member disini bilang kalau mau main mercy, belilah mercy baru, atau yg tua sekalian. kalau rusak maka bisa ke parunk (baca : junkyard) cari copotan

btw, sy juga lagi mimpi miara Toyota, RWD, 3000 cc or up.....sebagai mobil klangenan.

tapi gengsinya mercy dimata masyarakat memang masih beda kasta sih sama Japan....kita harus akui itu.





Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 15:28
by pengendiesel
Kalo saya sih, begitu mobil sudah bikin resah di otak...maka saya akan berusaha jual pada kesempatan pertama.
Kecuali kalo kerusakannya sebatas minta ganti aki, ban, sa, dll yang wajar minta ganti karena pemakaian.

Tapi kalo sudah jadi time bomb seperti yang om Kiel selalu bilang...well, saya pribadi masih belum berada di kondisi finansial yang cukup untuk mengakomidasi hal2 tsb.

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 15:31
by pengendiesel
Kalo saya sih, begitu mobil sudah bikin resah di otak...maka saya akan berusaha jual pada kesempatan pertama.
Kecuali kalo kerusakannya sebatas minta ganti aki, ban, sa, dll yang wajar minta ganti karena pemakaian.

Tapi kalo sudah jadi time bomb seperti yang om Kiel selalu bilang...well, saya pribadi masih belum berada di kondisi finansial yang cukup untuk mengakomidasi hal2 tsb.
* dulu pernah pelihara w202 tua...tiap kali starter mesin selalu dag dig dug sambil berdoa semoga gak ada yang rusak lagi. Begitu ada kesempatan langsung jual, beli lmpv jepang baru dan tingkat stress langsung turun jauh

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 16:33
by mr_mytplx
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 14:42 Inilah yg ane suka bilang diforum seraya motor tercinta kita, kenapa mobil eropa bekas itu jd endless money pits. Harga beli bekas nya murah banget, tp yg rusak suka ajaib-ajaib. Jadi jatohnya mahal di perawatan buat ngempanin sparepart.

Intinya kalo mau tetep ngerawat mobil eropa kesayangan ya siapin budget 100jt aja di bank accounts. Siapa tau ada time bomb laen yg meledak dikemudian hari... contoh steering rack (40jt); adaptive suspension (12 jt / batang); Rem SBC (15 juta)

Lha itu mercedes kepresidenan si jokowi aja S class tahun 2008, mogok2 mulu. Ferrari ganti gearbox 150jt; lambo raffi ahmad auto kebakar gara2 overheat. Banyak lah hal2 konyol kalo urusan mobil eropa.

Mau aman ya pelihara Toyota/Honda. Lexus jg boleh lah, masih seperjuangan dari jepang. Lebih reliable, awet, ga nyusahin, ga aneh-aneh penyakitnya.

Mobil eropa dan sebangsanya enakan beli baru brand new (1 miliar keatas) dapet garansi free servis sparepart 3-5 thn trgantung kebijakan ATPM. Begitu warranty abis langsung jual. Drpd nyusahin, biarlah orang2 yg beli bekas nanggung penyakitnya :e-whistle:
Scotty Kilmernya SM nih. :mky_02: :mky_02:

Tapi emang bener. Endless money pit. :big_deal:

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 16:42
by KielConstantine
Setuju, selama ada budget untuk perbaikan repair-repair sana sini yg lumayan mahal, sah sah aja pelihara mobil eropa. Mobilnya sendiri rewarding banget kalo kondisi sehat walafiat. Di BMW bisa dapet driving pleasure; di Mercy bisa dapet kenyamanannya juga. Prestige jelas, masuk lobby hotel dihormatin sama pak satpam.


Btw soal ECU Mercedes brand-new tadi barusan browsing dapet harga segini:

Image

Duit segitu dibeliin Turbo IHI RHF-4 udah tembus 280 HP deh di kijang innova wkwkwkwk




Btw, kalo mau mobil yang ada prestige tapi tetep awet & reliable.
Bisa coba pelihara land cruiser series. Atau Lexus LS series (yg ini agak rare yah di indo)




Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 22:46
by KielConstantine
mr_mytplx wrote: Mon Dec 02, 2019 16:33 Scotty Kilmernya SM nih. :mky_02: :mky_02:

Tapi emang bener. Endless money pit. :big_deal:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Itu orang tua kalo urusan ngeroasting mobil rusak paling parah dah. "I am 51 years old mechanic"

Pernah ada yg nanya ttng mini cooper ke doi

"How to make my mini more reliable?"

Dibalesnya gini : "just don't drive it, and park it on your bloody garage" :wkkk:


----
Btw ane bisa ngomong keras kek gitu jg karena punya pengalaman pahit pelihara mobil eropa. Si bavarian flag E90. Mungkin ada bbrapa member SM disini yg inget pas ane bikin thread suggestions nya 2 thn yg lalu:

viewtopic.php?t=25458

Sampe skarang masih ada digarasi jadi mobil weekend doank. Pelihara dari thn 2017 (beli bekas); sudah megang 2 tahun sampe saat ini.

Total pengeluaran biaya untuk reparasi kurang lebih di angka 60jt rupiah. Rusaknya aneh2 men.

Baut VANOS bisa patah 5 biji. Lha.... ajaib . Ternyata gara2 mesin N52 pake magnesium di bbrapa komponen termasuk si baut tsb, kepala bautnya patah. Untung system VANOSnya kaga failure. Mesin di semi-overhaul pasang baut baru, sama benerin sgala perintilan yg bocor2. Di charge 18jt rupiah sama bengkel spesialis.

Belom lagi ganti engine mounting full set , sama kaki2 full shock breaker; kampas rem; sensor rem abs failure. Total2 di charge 12jt rupiah. Lagi2 reparasi di bengkel spesialis si anugerah motor. Coba dibawa ke bengkel resmi, tuh angka bisa melejit fantastis. :mky_07:

Makanya tiap di forum kalo ada yg minta saran buat beli BMW bekas, ane paling doyan dah nakut2in calon kustomer biar pada mundur teratur... :mky_03:


Terakhir kali ane visit si anugerah motor (sekitar september 2019 kemaren), buat servis berkala. Ada BMW X5 tahun 2014 odometer baru 70rb... ehhhh system Xdrive nya failure donk (Xdrive maksudnya system penggerak 4 roda di BMW). Di i-drive tulisannya "drivetrain malfunction" ternyata ada semacam shaft penghubung ke gardan depan buat gerakin roda depan, itu patah besinya. Apesnya lagi tuh mobil baru aja out of warranty. Akhirnya yaudah dibeliin bonggol penghubung gardan depan baru, kena charge Rp 16jt . Parts jg ambil dari singapore. Dibayar jg sama yg punya X5. Daripada bete mobilnya error.

Coba diadu daya tahannya sama landcruiser, kawan baek ane punya Land Cruiser (VX-R 80) tahun jebot 1997 masih pada bagus system 4x4 nya. Odometernya udh 200rb malah soalnya suka dipake buat survey proyek yg medan jalannya ancur-ancur naujubilah, ga ada tuh lah shaft gardan depan patah-patah ga jelas bahahahahahaha

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Mon Dec 02, 2019 23:27
by qushay20019
Pake aja sampe kira2 1/2 umur ECU baru itu, biar om TS bisa nikmatin dulu hasil jerih payah beresin tuh old merc.
Ntar 3-4 taun lagi jual aja ganti pake premium japs brand

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 0:09
by kompresorz
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 22:46
mr_mytplx wrote: Mon Dec 02, 2019 16:33 Scotty Kilmernya SM nih. :mky_02: :mky_02:

Tapi emang bener. Endless money pit. :big_deal:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Itu orang tua kalo urusan ngeroasting mobil rusak paling parah dah. "I am 51 years old mechanic"

Pernah ada yg nanya ttng mini cooper ke doi

"How to make my mini more reliable?"

Dibalesnya gini : "just don't drive it, and park it on your bloody garage" :wkkk:


----
Btw ane bisa ngomong keras kek gitu jg karena punya pengalaman pahit pelihara mobil eropa. Si bavarian flag E90. Mungkin ada bbrapa member SM disini yg inget pas ane bikin thread suggestions nya 2 thn yg lalu:

viewtopic.php?t=25458

Sampe skarang masih ada digarasi jadi mobil weekend doank. Pelihara dari thn 2017 (beli bekas); sudah megang 2 tahun sampe saat ini.

Total pengeluaran biaya untuk reparasi kurang lebih di angka 60jt rupiah. Rusaknya aneh2 men.

Baut VANOS bisa patah 5 biji. Lha.... ajaib . Ternyata gara2 mesin N52 pake magnesium di bbrapa komponen termasuk si baut tsb, kepala bautnya patah. Untung system VANOSnya kaga failure. Mesin di semi-overhaul pasang baut baru, sama benerin sgala perintilan yg bocor2. Di charge 18jt rupiah sama bengkel spesialis.

Belom lagi ganti engine mounting full set , sama kaki2 full shock breaker; kampas rem; sensor rem abs failure. Total2 di charge 12jt rupiah. Lagi2 reparasi di bengkel spesialis si anugerah motor. Coba dibawa ke bengkel resmi, tuh angka bisa melejit fantastis. :mky_07:

Makanya tiap di forum kalo ada yg minta saran buat beli BMW bekas, ane paling doyan dah nakut2in calon kustomer biar pada mundur teratur... :mky_03:


Terakhir kali ane visit si anugerah motor (sekitar september 2019 kemaren), buat servis berkala. Ada BMW X5 tahun 2014 odometer baru 70rb... ehhhh system Xdrive nya failure donk (Xdrive maksudnya system penggerak 4 roda di BMW). Di i-drive tulisannya "drivetrain malfunction" ternyata ada semacam shaft penghubung ke gardan depan buat gerakin roda depan, itu patah besinya. Apesnya lagi tuh mobil baru aja out of warranty. Akhirnya yaudah dibeliin bonggol penghubung gardan depan baru, kena charge Rp 16jt . Parts jg ambil dari singapore. Dibayar jg sama yg punya X5. Daripada bete mobilnya error.

Coba diadu daya tahannya sama landcruiser, kawan baek ane punya Land Cruiser (VX-R 80) tahun jebot 1997 masih pada bagus system 4x4 nya. Odometernya udh 200rb malah soalnya suka dipake buat survey proyek yg medan jalannya ancur-ancur naujubilah, ga ada tuh lah shaft gardan depan patah-patah ga jelas bahahahahahaha
:big_biglaugh: ...

lelah ya....


jual aja itu merk bavaria om....

bukan soal nakutin...maksudnya kan baik...kasih masukan..tapi ya semua kan tserah orgnya... :big_exellent:



tar sering nongkrong di anugrah makin sesat sering diajakin berendam sama mekanik n orang toko dalam...

apalg klo ketemu big bos nya makin rusak dah....mobil sudah rusak jiwa raga ikutan rusak jg...


btw....

jangan bandingin ma toyota dong ah....itu mobil kelas rakyat sperti saya... :big_cry:

jadi dibuat harus awet mengerti kondisi isi dompet rakyat...

tidak apalah gak dianggap mobil mewah...parkiran agak jauhan gak bisa dekat lobi...
jalan jg sehat...

yang penting isi dompet gw gak dibikin cepat habis...ngpn gw dibikin pusing urusin mobil...



sori oot sumbang foto ya om...sering lompatin trotoar...sering mentokin spido..sering angkat ber ton ton keramik sampe bocor sokbreker bilstin....modif balap nekat senekatnya....irit pula

kapan hari parkir selonongin setengah badan trotoar batu di samping banyak org duduk di minimarket pada kaget liatin mobil...


gak copot as gardan ky X5 om... untung gak kena transmisi..ada yg pernah retak loh bodi transmisi krn patah as gardan...akhirnya diakalin lem...emangnya murah ganti transmisi..ini merk bavaria lohhhhh...ada x5 taun 2016 patah as gardan ..as nya kecil n made in china...tlalu...saya liat sendiri...:big_weee:
Screenshot_20191203-070547_Gallery.jpg

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 0:42
by kompresorz
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 16:42 Setuju, selama ada budget untuk perbaikan repair-repair sana sini yg lumayan mahal, sah sah aja pelihara mobil eropa. Mobilnya sendiri rewarding banget kalo kondisi sehat walafiat. Di BMW bisa dapet driving pleasure; di Mercy bisa dapet kenyamanannya juga. Prestige jelas, masuk lobby hotel dihormatin sama pak satpam.


Btw soal ECU Mercedes brand-new tadi barusan browsing dapet harga segini:

Image

Duit segitu dibeliin Turbo IHI RHF-4 udah tembus 280 HP deh di kijang innova wkwkwkwk




Btw, kalo mau mobil yang ada prestige tapi tetep awet & reliable.
Bisa coba pelihara land cruiser series. Atau Lexus LS series (yg ini agak rare yah di indo)




murah itu....


kalo gak salah toko 74 20-25 juta....

ada yg udah ganti 2 x...

pejuang tangguh....


ada teman modif balap bilang ke gw....knp gak mau beli eropa...

malas ah sering rusak n mahal...kalo ada rejeki sih 3 taun abis garansi jual ky w205 mau abis 3 bulan lagi lgsg gw jual.....tapi kan kdepan hidup siapa tau..
lagipula saya udah rasain...serba beli tbaru...belum launcing aja gw udah SPK jauh jauh bulan..
gak nungguin diskon..apalg ky merk bavaria yang bnyk antri nungguin diskon klo bisa 1 brio rs baru....biar bisa style... :big_biglaugh:

skrg toyota aja...

teman bilang mobil om juga sering rusak bolak balik kebengkel ke toyota...

iya itu rusak krn gw bikin sendiri...modif balap... :big_chicken:

tapi skrg sudah bagus awet aja...murmer...

skrg puas....damai jiwa n raga... :big_weee:

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 0:46
by jar-jit-no
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 14:42 Inilah yg ane suka bilang diforum seraya motor tercinta kita, kenapa mobil eropa bekas itu jd endless money pits. Harga beli bekas nya murah banget, tp yg rusak suka ajaib-ajaib. Jadi jatohnya mahal di perawatan buat ngempanin sparepart.

Intinya kalo mau tetep ngerawat mobil eropa kesayangan ya siapin budget 100jt aja di bank accounts. Siapa tau ada time bomb laen yg meledak dikemudian hari... contoh steering rack (40jt); adaptive suspension (12 jt / batang); Rem SBC (15 juta)

Lha itu mercedes kepresidenan si jokowi aja S class tahun 2008, mogok2 mulu. Ferrari ganti gearbox 150jt; lambo raffi ahmad auto kebakar gara2 overheat. Banyak lah hal2 konyol kalo urusan mobil eropa.

Mau aman ya pelihara Toyota/Honda. Lexus jg boleh lah, masih seperjuangan dari jepang. Lebih reliable, awet, ga nyusahin, ga aneh-aneh penyakitnya.

Mobil eropa dan sebangsanya enakan beli baru brand new (1 miliar keatas) dapet garansi free servis sparepart 3-5 thn trgantung kebijakan ATPM. Begitu warranty abis langsung jual. Drpd nyusahin, biarlah orang2 yg beli bekas nanggung penyakitnya :e-whistle:
ini 100% setuju sih..kudu kuat dompet dan mental

saya yg cuma buruh ini cuma sanggup miara baling2 biru E36 setaun doang. Begitu ada tanda2 makin menjadi langsung lepas dah demi kesehatan mental dan dompet :mky_01:

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 2:06
by AG497
C230 th 2000-2007 termasuk not to buy list :) .. di youtube car wizard what merc to buy n not to buy
https://m.youtube.com/watch?v=JDJQa0VGMho&t=330s

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 2:25
by Asfur
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 22:46.......

Coba diadu daya tahannya sama landcruiser, kawan baek ane punya Land Cruiser (VX-R 80) tahun jebot 1997 masih pada bagus system 4x4 nya. Odometernya udh 200rb malah soalnya suka dipake buat survey proyek yg medan jalannya ancur-ancur naujubilah, ga ada tuh lah shaft gardan depan patah-patah ga jelas bahahahahahaha
Om, bengkel anugrah itu yg di fatmawati yah yg sempet masuk youtube nya si gofar?

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 2:32
by farizfsa
kalo memang udah resah, ya jual aja drpd dipake cm bikin pusing

kalo kapok main mbl eropa ya kembali ke jepang/korea aja, ga salah jg kok kaya camry/accord.

jgn mau dibudakin mobil, cm kalo emg suka udh mbl eropa dan passionate ya lanjut.

tp sampai saat ini ane sendiri yg boncos cuma di mercy S600 W220 lah. mbl eropa yg ane pernah pake rata2 jalan setahun 30rban km, ga ada masalah sama sekali, termasuk mesin yg bermesin M272 dalam case ts.

sekarang pakean pribadi salah satunya camry 2012, emg ga worry sama sekali, km sudah 160r msh serasa mbl baru, no rattle no error, cuma..... hambar. toyota kl bikin mbl emg awet. mbl satu lg buatan pabrik astra buatan 2014 juga msh oke km sudah 90rb, cm kena cepu aktuator hand brake, 17 jt, setelah sedikit argumen (marah2), jd cm 2 jt :ngacir:

jd intinya adalah, balik saja ke toyota biar hidup tenang

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 2:42
by marama
dijual aja om kmrn habis brp ECU panggang barunya 70 jt kan ?

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 3:43
by ChZ
dulu pernah ada Mercedes ML350 2009 temen yang rusak juga ECU nya. tapi repair (gak ganti ECU, repair aja waktu itu abisnya gak sampe puluhan) dan abis itu dipake terus ampe dijual bbrp bulan lalu. gak ada masalah sih, cuma gak tau lagi kalo dipake lebih lama.

cuma gini... pertama temen saya ini orangnya memang tajir mampus, duitnya gak ada serinya, mobil Merc semua ngandangin E-class, S-Class, dan ML... rumahnya gedong di daerah elite Surabaya. jadi semua itu priceless. Kedua orangnya punya mobil banyak jadi in case Mercnya rewel ya pake mobil lain. Dgn tingkat ekonomi seperti ini sih sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk repair malah cenderung gak dianggep krn duit banyak.

Kalau saya rasa di repair terus jual saja kalau kondisi ekonomi tidak menentu... ganti mobil jepangan Camry/Accord udah enak. Lari 210 di tol tanpa waswas, hajar gaspol redline terus tanpa takut lampu malfunction nyala.
KielConstantine wrote: Mon Dec 02, 2019 14:42 Inilah yg ane suka bilang diforum seraya motor tercinta kita, kenapa mobil eropa bekas itu jd endless money pits. Harga beli bekas nya murah banget, tp yg rusak suka ajaib-ajaib. Jadi jatohnya mahal di perawatan buat ngempanin sparepart.

Intinya kalo mau tetep ngerawat mobil eropa kesayangan ya siapin budget 100jt aja di bank accounts. Siapa tau ada time bomb laen yg meledak dikemudian hari... contoh steering rack (40jt); adaptive suspension (12 jt / batang); Rem SBC (15 juta)

Lha itu mercedes kepresidenan si jokowi aja S class tahun 2008, mogok2 mulu. Ferrari ganti gearbox 150jt; lambo raffi ahmad auto kebakar gara2 overheat. Banyak lah hal2 konyol kalo urusan mobil eropa.

Mau aman ya pelihara Toyota/Honda. Lexus jg boleh lah, masih seperjuangan dari jepang. Lebih reliable, awet, ga nyusahin, ga aneh-aneh penyakitnya.

Mobil eropa dan sebangsanya enakan beli baru brand new (1 miliar keatas) dapet garansi free servis sparepart 3-5 thn trgantung kebijakan ATPM. Begitu warranty abis langsung jual. Drpd nyusahin, biarlah orang2 yg beli bekas nanggung penyakitnya :e-whistle:
reality hurts ya um :mky_07: tp ntar bilang gini pasti ada aja yang bilang nyinyir... padahal ya udah ngalamin sendiri kan.

belinya lebih murah dari LCGC baru... reparasi kalo ditotal-total dalam 5 taun mungkin ada kali jadi seharga bengkak seharga Fortuner / CRV :mky_07: apalagi sekelas S-Class atau 7-series.

mungkin kalo memang mau main mobil begini minimal harus spare 100jt beli 1 mobil lagi LCGC atau avanza bekas in case mobilnya ngadat dan gak ada duit buat repair.... :ngacir:

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 4:16
by utrid
adriangaut wrote: Mon Dec 02, 2019 9:52 Siang warga SM sekalian

Pemilik 2006 C230 disini...Dengan M272 V6 enjin yang ECU-nya ditaruh diatas :big_dunno:

[SG Image]

[SG Image]

Berhubung mobil saya ECU-nya sudah mateng terpanggang (lokasi diatas mesin)dan memutuskan untuk ganti ECU dengan yang baru...sekarang lagi galau dan mau memikirkan langkah selanjutnya....

[SG Image]

1. Mobil dijual sajalah, karena ECU baru dipasangnya diatas mesin lagi dan belum ada opsi mindahin ECU ke lokasi yang lebih normal lol, opsi ganti mobil adalah ke 2010 up Toyota Camry XV40

[SG Image]

2. Mobil dipakai saja terus, karena sudah ganti ECU, dan sejujurnya banyak part fast moving wajar yang juga sudah diremajakan, dan sebenernya mobilnya masih enak sekali buat dipakai, oh iya kilometer mobil ini sekarang 125,000 ongoing, mobil daily driver

Lalu sebenernya ada sedikit pertanyaan : apakah penyakit ECU ini ada di mercedes aja? Atau karena yah namanya mobil 2006 bisa aja kejadian ECU rusak, namanya juga komputer....

Mobil lainnya bagaimana? Saya di ceritain alphard yang ECU-nya rusak juga ada aja hehe, jadi bukan karena lokasi diatas mesin kah? Kalo bisa terjawab buat pertimbangan keep C230 ini hehe

Kalau dipakai terus concernnya : akan ada masalah apa lagi kah yang bisa diantisipasi? ECU rusak jujur akan datang tiba” banget, siang nyala sore bisa saja mati tiba” jadi deg”an juga bawanya apalagi kalo keluar kota, gak bisa diantisipasi

What should I do? Dari warga SM sekalian apakah ada saran? Atau ada ide lainnya? Mobil saya gunakan sebagai daily driver, akan nyusahin kalo mogok di luar kota karena ECU mateng lagi hehe

Terima kasih sebelumnya

PS : mau kasih gambar malah gak keluar, link aja ya hehe
Kalau memang masih mau dipakai terus, coba mulai dipikirkan untuk memindahkan posisi ECU kedalam kabin / dibawah dashboard. Adem diruang ber ac.

Pertama mulai disurvey lokasi yg memungkinkan, dan bagaimana dudukan / bracketnya.
Kedua cari2x info soal socket buat kabel ekstensionya (belum tentu mudah dicari)
Terakhir, diskusi sama pakar ecu apakah bakal ada masalah kalau wiring ke ecu jadi lebih panjang (performance, umur dll), atau jangan2x kalo dingin malah ecunya juga bermasalah.
Kalo semua diatas ok, monggo dilaksanakan

#tanyaknapatukanginsinyurmercytaruhecudiatasmesin

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 5:15
by Omnibus
ChZ wrote: Tue Dec 03, 2019 3:43 ----------

mungkin kalo memang mau main mobil begini minimal harus spare 100jt beli 1 mobil lagi LCGC atau avanza bekas in case mobilnya ngadat dan gak ada duit buat repair.... :ngacir:
hahahaha nganu om .... ntar kenalan ada yg tanya pas lg pake lcgc "kemana mercy nya om, kok naik lcgc?"

atau yg lebih parahnya ga nanya n langsung menyimpulkan sendiri sambil sesumbar "eh kemaren sy lihat si anu lho, pake lcgc skrg, bangkrut kali ya"

hahahahahaha

itulah kl mau beli mobil kelas mevvah hrs mikir panjang, bisa ga sustain di level itu kl ga mau dicap begini begitu pas turun kelas

Re: 2006 C230 ganti ECU...now what?

Posted: Tue Dec 03, 2019 7:49
by Dogies
utrid wrote: Tue Dec 03, 2019 4:16
adriangaut wrote: Mon Dec 02, 2019 9:52 Siang warga SM sekalian

Pemilik 2006 C230 disini...Dengan M272 V6 enjin yang ECU-nya ditaruh diatas :big_dunno:

[SG Image]

[SG Image]

Berhubung mobil saya ECU-nya sudah mateng terpanggang (lokasi diatas mesin)dan memutuskan untuk ganti ECU dengan yang baru...sekarang lagi galau dan mau memikirkan langkah selanjutnya....

[SG Image]

1. Mobil dijual sajalah, karena ECU baru dipasangnya diatas mesin lagi dan belum ada opsi mindahin ECU ke lokasi yang lebih normal lol, opsi ganti mobil adalah ke 2010 up Toyota Camry XV40

[SG Image]

2. Mobil dipakai saja terus, karena sudah ganti ECU, dan sejujurnya banyak part fast moving wajar yang juga sudah diremajakan, dan sebenernya mobilnya masih enak sekali buat dipakai, oh iya kilometer mobil ini sekarang 125,000 ongoing, mobil daily driver

Lalu sebenernya ada sedikit pertanyaan : apakah penyakit ECU ini ada di mercedes aja? Atau karena yah namanya mobil 2006 bisa aja kejadian ECU rusak, namanya juga komputer....

Mobil lainnya bagaimana? Saya di ceritain alphard yang ECU-nya rusak juga ada aja hehe, jadi bukan karena lokasi diatas mesin kah? Kalo bisa terjawab buat pertimbangan keep C230 ini hehe

Kalau dipakai terus concernnya : akan ada masalah apa lagi kah yang bisa diantisipasi? ECU rusak jujur akan datang tiba” banget, siang nyala sore bisa saja mati tiba” jadi deg”an juga bawanya apalagi kalo keluar kota, gak bisa diantisipasi

What should I do? Dari warga SM sekalian apakah ada saran? Atau ada ide lainnya? Mobil saya gunakan sebagai daily driver, akan nyusahin kalo mogok di luar kota karena ECU mateng lagi hehe

Terima kasih sebelumnya

PS : mau kasih gambar malah gak keluar, link aja ya hehe
Kalau memang masih mau dipakai terus, coba mulai dipikirkan untuk memindahkan posisi ECU kedalam kabin / dibawah dashboard. Adem diruang ber ac.

Pertama mulai disurvey lokasi yg memungkinkan, dan bagaimana dudukan / bracketnya.
Kedua cari2x info soal socket buat kabel ekstensionya (belum tentu mudah dicari)
Terakhir, diskusi sama pakar ecu apakah bakal ada masalah kalau wiring ke ecu jadi lebih panjang (performance, umur dll), atau jangan2x kalo dingin malah ecunya juga bermasalah.
Kalo semua diatas ok, monggo dilaksanakan

#tanyaknapatukanginsinyurmercytaruhecudiatasmesin
mungkin tuh tukang insinyur mikirnye pan 4 musim... kalopun panas ya gak panas2 amat... ato klo di timteng panas kering, tuh tukang insinyur gak inget klo di Indonesia pan panas lembab :big_bored: