Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Hadicom12
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Dec 05, 2018 2:49

Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by Hadicom12 »

:mky_01:

Saya mau sekedar membuat postingan ini yang barangkali bermanfaat dan ada yg bisa membantu mengatasi masalah saya.
Ada juga si topik sama dan saya sudah ikut nimbrung di dalemnya.
Kebetulan problemnya sama dengan grand livina saya 2008. Saat dingin gigi D ga bisa jalan, pindah gigi 2 ga jalan juga, pindah gigi 1 atau R baru bisa jalan.

Kalau di diemin dan di gas gas supaya panas juga ga ngaruh, jadi harus bawa jalan. Gigi 1 jarak 100 meter akan ngehentak tanda gigi 2 normal kembali. Kalau gigi dua normal gigi D juga akan normal walau kadang menunggu beberapa meter lagi. Setelah semuanya normal mau jalan naik turun gunung ratusan KM ga ada masalah, terbukti dengan beberapa kali saya bawa pulkam ke jawa yg memakan waktu di atas 10jam udah gitu naik turun bukit berbatu lagi.

Terpaksa juga sih... Gaji ga seberapa gaya gayaan maksa beli mobil. Walau kedodoran nyicil selama 4 tahun lamanya. Ya manusia biasa lah wajarnya sih kan..
punya ambisi dan keinginan. Kalau ga gitu mungkin saya ga punya mobil yg udah di tangan 5 tahun sampai hari ini.

Entah lah... Problemnya apa... Kasusnya udah hampir dua tahun terakhir.
Pernah telp bengkel lebih baik kasusnya demikian dari pada ngelos sama sekali. Kata dia kemungkinan solenoid nya tersumbat atau spring buka tutup hydraulicnya terganggu, coba saja di cek.
Begitu katanya...
Tapi sudah setengah tahun ge masih terbiar begitu saja, mau balik nama dulu biar pajeknya kebayar. Baru nanti panggil pomen.

Nanti aku update hasilnya seperti apa.

O iya... Sekalian nambah...
Kebiasaan buruk saya yg jangan pernah di tiru.
Saya paling males bayar pajak alesannya KTP pinjem ga enak lah segan lah atau apalah...
Tau ga... Saya harus jungkir balik utk sekedar balik nama dan bayar pajak. Bukan ngurunya yg jungkir balik tapi bayarnye... 18juta bro 4 tahun jakarta ke bogor. Bolak balik ga jadi2 akhirnya calo jg jadi pilihan terakhir.
Jadi... Jangan tunda pajak...
Walau razia jarang kena... Tapi pegel juga bayarnya.

Trus... Soal oli...
Saya juga paling males ganti oli kalau belum KM nya habis... Memang ga papa sih kata bengkel yg penting rajin cek takut kurang bahaya buat mesin. Motor saya sudah dua kali jebol gara2 males cek oli.
Alhamdulilah livina saya tidak... Ya jangan lah...
Mending rajin ganti atau kurangi pemakaian.

Selanjutnya soal body...
Saya palinh males nguci ke steam seringnya lagi kalau mau cuci sendiri. Jangan lakukan itu.
Sekali sebulan minimal cucilah fi steam hydraulic maksudnya adalah supaya celah2 bawah body dan kaki kaki tersemprot dengan baik dan bersih karena menyebabkan karat yg akan fatal akibatnya bahkan akan sering merusak shock absorber karena kotoran yg banyak.
Trus soal body juga rajinlah menggosok bila baret halus dan cat segera bila penyok atau gergores. Karena kalu di tumpuk... Ada istilah dikit dikit juga jadi bukit. Betul itu...
Pada akhirnya saya harus atau di anjurkan cat full body karena hampir semua body ga karu karuan selama 5 tahun. Biayanya 15juta di beres nissan bro...
Bukan apa... Cat ulang mengurangi nilai jual lho... Kasusnya sama dengan daihatsu ceria yg saya jual waktu itu.

Apalagi ya...
O iya...
Segeralah bawa ke tukang jok dan balut jok asli dengan imitasi. Modal hanya 600 ribu tapi nilainya akan sesuai saat mau jual nanti. Sepele tapi ini penting sekali.

Okalh... Jadi panjang lebar ga punya solusi dengan masalah yg di isukan dan ada yg bisa bantu atasi problem ini. Sampai hari ini minggu pertama dec 2018 problem belum soft.

Dan paling tidak nya topik saya menambah pengetahuan temen semua karena ini pengalaman saya menabung penyakit di mobil yg hasilnya malah menggerogoti kantong kita.

Ok bro dan agan agan
Salam kenal...
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by martinnn »

waduh ini mobil tinggal tunggu dikampak aja di parung
:big_biglaugh:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by dsign1990 »

buat saya jok asli dibungkus sintetis itu gak enak rasanya lateral support amburadul krn kontur sedikit berubah hasilnya jok kurang mendekap dan punggung terasa panas
apalagi kalau liat mobil mewah yg jok buat drivernya doang dibungkus sintetis padahal cuma kelas2 alphard .... heuh nampak feodal
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by pernahmiskin »

Salahmu dewe, nduwe barang ga di rawat...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by marmut »

Hadicom12 wrote: Wed Dec 05, 2018 3:25
-

... Cat ulang mengurangi nilai jual lho... Kasusnya sama dengan daihatsu ceria yg saya jual waktu itu.

-
ini pola pikirnya pedagang mobil idiot dan sengaja disebarluaskan supaya semakin banyak pengikut idiot lainnya.

kalau saya lebih pilih kendaraan yang sudah di restorasi dengan baik, repaint sampai mulus, ketimbang cat asli yang sudah terkelupas dan body hampir berkarat.
untuk lainnya, saya nggak mau komentar.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by PRBS »

Pertama2 saya mau tanya, ganti oli matic sudah pernah dilakukan belum? Pemakaian maticnya seperti apa? Soalnya mobil matic itu as long dirawat, pasti akan awet dan tahan banting.. perawataannya juga simple sih sebetulnya..

Untuk TS salut sih mau cerita aib2nya biar jadi pembelajarn orang lain..

Tapi saya kurang setuju sih dengan jok bawaan yg harus segera diganti / dibungkus supaya harga jual tidak turun..

banyak orang pemburu mobil second, prefer beli mobil yg joknya masih ori (entah orinya fabric atau kulit).. karena kalau dibungkus, malah tidak semua calon pembeli suka.. jok dan interior OEM malah membuat harga jual naik as long dirawat dan tidak jorok..

IMHO dan CMIIW ya..
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by diidoot »

Saya salut sama TS mau cerita kesalahan beserta aib-aibnya. Ga gampang cerita kayak gini, yang ada bisa dibully netijen :mky_01:


Tapi ya om....

Saya ga setuju jok mobil harus dibungkus atau diganti! Dari dulu kalau mobil lebih seneng sama bahan bawaan karena saya bukan orang yang jorok. 600 ribu itu sarung jok merk os**r yang kalau didudukin panas dan ga enak. Keringetan terus kena ac = masuk angin

Bahkan dilapis sama merk embitek aja saya tetep ga suka karena agak mengubah kontur asli jok. Mending duitnya dipake buat nyalon mobilnya, sarung jok itu bikin mobil ga keliatan kotor padahal aslinya udah kotor

Sisanya setuju. Intinya sih jangan gaya gayaan punya mobil kalau ga sanggup ngerawat dan bayar pajaknya
-
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by marama »

saya g setuju point TS mengenai bungkus jok, kesannya demi harga jual kembali bagus dibela2in pakai sarung jok yg membuat estetika kurang dan didudukin g enak. Selama mbl dipakai dengan apik dan dijaga kebersihannya jok bawaan g akan rusak apalagi model beludru

Tapi salut buat TS yg berani cerita aib2nya juga
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by IGedeAmat »

trus mobil yang udah tahunan tapi bungkus plastik joknya belum dibuka gimana tuh.. ?
:mky_07:

pernah liat avanza, kalo dari masa berlaku pelat nomernya sih udah 2 tahun dipake,
tapi kursi row 3 masih dibungkus plastik...
:mky_06:
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by Senargitar »

IGedeAmat wrote: Wed Dec 05, 2018 7:57 trus mobil yang udah tahunan tapi bungkus plastik joknya belum dibuka gimana tuh.. ?
:mky_07:

pernah liat avanza, kalo dari masa berlaku pelat nomernya sih udah 2 tahun dipake,
tapi kursi row 3 masih dibungkus plastik...
:mky_06:
Mobil pakde Saya Innova tahun 2010 yg FL pertama row ke nya masih plastikan sampai sekarang krn gak pernah dipake.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by ak4ng »

Rada mirip sama trajet saya yg gear 1 dan 2 nya rontok, awal kisah dari solenoid valve yang mampet dipaksa kerja terus and jebol ketiknya, akhir cerita jual pretelan dapet seharga nmax, jadi gear yg jalan 3 dan 4 aja, ttp bisa dipake tapi gabole kena tanjakan :big_cry:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by mr_mytplx »

ak4ng wrote: Wed Dec 05, 2018 9:46 Rada mirip sama trajet saya yg gear 1 dan 2 nya rontok, awal kisah dari solenoid valve yang mampet dipaksa kerja terus and jebol ketiknya, akhir cerita jual pretelan dapet seharga nmax, jadi gear yg jalan 3 dan 4 aja, ttp bisa dipake tapi gabole kena tanjakan :big_cry:
di modif low gear aja.

Tanjakan masuk L2

Cruising masuk H2
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by PRBS »

Hadicom12 wrote: Wed Dec 05, 2018 3:25
-cut-

Pada akhirnya saya harus atau di anjurkan cat full body karena hampir semua body ga karu karuan selama 5 tahun. Biayanya 15juta di beres nissan bro...
Bukan apa... Cat ulang mengurangi nilai jual lho... Kasusnya sama dengan daihatsu ceria yg saya jual waktu itu.

-cut-
Oiya sama hal ini.. repaint kurangin nilai jual itu ada betulnya.. karena biasanya sama calon pembeli, mobilnya dikira unit bekas kecelakaan.. tapi kalo pas jual ga cantumin info habis direpaint, ya harga ga akan turun..

Btw, repaint ga harus mahal.. repaint bisa diluar beres, asal tau tempat yg bagus..
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by adhika »

dsign1990 wrote: Wed Dec 05, 2018 6:23 apalagi kalau liat mobil mewah yg jok buat drivernya doang dibungkus sintetis padahal cuma kelas2 alphard .... heuh nampak feodal
Ingin dibahas hubungan antara mobil Alphard dibungkus joknya untuk drivernya aja.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by pradit_d »

adhika wrote: Wed Dec 05, 2018 11:03
dsign1990 wrote: Wed Dec 05, 2018 6:23 apalagi kalau liat mobil mewah yg jok buat drivernya doang dibungkus sintetis padahal cuma kelas2 alphard .... heuh nampak feodal
Ingin dibahas hubungan antara mobil Alphard dibungkus joknya untuk drivernya aja.
Tapi klo alasan tmn bungkus jok bagian driver alphardnya karena jok itu yg paling didudukin, jadi klo ga dibungkus jadi butek dibanding jok lainnya.

Anyway, ts kocak jg ya, nagku dosa2nya. Mungkin gegara mau ngirit tapi malah jadi lebih besar pengeluarannya
:big_peace:
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by mike22 »

adhika wrote: Wed Dec 05, 2018 11:03
dsign1990 wrote: Wed Dec 05, 2018 6:23 apalagi kalau liat mobil mewah yg jok buat drivernya doang dibungkus sintetis padahal cuma kelas2 alphard .... heuh nampak feodal
Ingin dibahas hubungan antara mobil Alphard dibungkus joknya untuk drivernya aja.
Lah kan jok driver yang paling pertama cepat kotor, apalagi kl dipake tiap hari banget. Ga nyambung banget kaitin ama feodal.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by mike22 »

Sy ngalamin kejadian karena kursinya bahan fabric, trus orang2 itu kayak punya keyakinan kalau mobil harus dijok kulit.
Tbh saya lebih suka fabric sih, toh saya juga sehari bisa 2x ganti baju kalau keluar dan ga suka bawa makanan ke mobil. Bingung juga pas mau jual malah dikomenin belum jok kulit ama calon buyer, padahal joknya masih bersih dan bukan perokok.
Dalam hati pen banget ngomong, kalo mau jok kulit naik motor aja sono.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by mike22 »

Anyway dari tulisan TS sih kira2 majority org di indo ya seperti ts ini. Mungkin ngecek tekanan ban aja jarang2.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by Boeds »

Menurutku sah² saja melapis jok dgn kulit sintetis.
Karena gak semua orang bisa menjaga kebersihan mobil. Yg punya mungkin bisa, tapi penumpang gimana? Blom lagi kalo misalnya punya anak kecil.
Anak saya pernah ngompol di jok tengah saat trip panjang. Udah lama baru ketahuan. Kalo ga dilapis, bisa pusing bersihinnya
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by silentIm2 »

Itu matic ga bisa jalan di D udah riskan sekali, meskipun cuma masalah solenoid, tapi clutch pack + disc pasti juga minta ganti. Memang matic kalo mau awet ya rajin ganti oli. minimal 30 ribu- 40 ribu km lah. Saya dulu punya mobil yaris, ganti oli matic baru 80 ribu km sesuai schedule, di km 90 ribu mobilnya dah ga enak girboksnya. Kalo rajin ganti oli matic, iritnya nanti ga perlu ganti kampas kopling kayak mobil manual.

Kedua saya juga termasuk penyuka jok fabric. Jok kulit panas kalo mobilnya kejemur matahari.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
tobbanget
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat May 06, 2017 12:48

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by tobbanget »

IGedeAmat wrote: Wed Dec 05, 2018 7:57 trus mobil yang udah tahunan tapi bungkus plastik joknya belum dibuka gimana tuh.. ?
:mky_07:

pernah liat avanza, kalo dari masa berlaku pelat nomernya sih udah 2 tahun dipake,
tapi kursi row 3 masih dibungkus plastik...
:mky_06:
Saya malah pernah liat city 2007 sampe plastik jok driver dan plastik pelinding doortrim masih utuh nempel semua walopun dah lecek.. mungkin mikirnya biar resale valuenya gak jatoh-jatoh amat ato gimana yak?? :big_dunno: padahal itu di tahun 2012an dan sering liat di parkiran deket kantor dipake daily :big_bored:

salut sama yg make
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by sintoni »

silentIm2 wrote: Wed Dec 05, 2018 14:12 Itu matic ga bisa jalan di D udah riskan sekali, meskipun cuma masalah solenoid, tapi clutch pack + disc pasti juga minta ganti. Memang matic kalo mau awet ya rajin ganti oli. minimal 30 ribu- 40 ribu km lah. Saya dulu punya mobil yaris, ganti oli matic baru 80 ribu km sesuai schedule, di km 90 ribu mobilnya dah ga enak girboksnya. Kalo rajin ganti oli matic, iritnya nanti ga perlu ganti kampas kopling kayak mobil manual.

Kedua saya juga termasuk penyuka jok fabric. Jok kulit panas kalo mobilnya kejemur matahari.
Nah, emang ini Atoyot agak ngeri disini, Yasir ane di buku manual di 120k ganti oli metik, terus sama SA disuruh ganti 80k biar agak aman. Padahal 80k ga ganti oli metik gimana gitu. Hahaha.
f4n3d
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Apr 07, 2016 16:23

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by f4n3d »

kalo cara rawatnya kayak gini megang mobil apapun ya cepet busuk juga, avan/Xeni sekalipun.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by Dogies »

Untung boil gue manual... :big_smile]
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Mobil matik ga bisa jalan di posisi D

Post by kapsul 97 »

Mobil saya matic nya jedug dah setahun, setahun itu juga mobil ga jalan wakwkwk... Nunggu dana dulu, baru benerin ha ha ha.. Tapi mesin masih joss