Naksir W212, saran & infonya donk

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Naksir W212, saran & infonya donk

Post by dany_pos »

Agan2,

Ane lagi naksir w212 yg pre fl. Sukanya ama eksterior terutama lampu depan yg misah 4 biji itu, kemudian interior. Apalagi harganya udah banyak yg dibawah 400jt skrg.
Ane masih awam bgt buat urusan merc, jd mau nanya:
- ada brp tipe? Apa bedanya?
- yg recommended mana?
- reliability n perawatannya bagaimana?
- kalau di bengkel resmi jauh kah (lebih dari 2x lipat) beda biayanya dgn toyota/mitsubishi/nissan?

Tq
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2580
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by farizfsa »

Tipe yg masuk ada e200 dan e250 untuk 4 silinder turbo 1800/2000cc, e300 3000cc v6, e400 3000cc v6 twin turbo, e63 amg dan ada e250cdi diesel

Trim ada classic (low), elegance (soft, middle), avantgarde (sport, top)

Reliablity sgt oke mobil kuat sekali, taxi aja pake

E250 avantgarde sebenernya cukup, cari yg sudah perseneleng di kolom setir

Bengkel resmi jauh lah sama jepangan

Kalo di posisi sy skrg.. sy pilih bmw seri 5 diesel,
Utk saya mbl itu lebih refined drpd w212.

W212 saya ada endless rattle di sekitaran dashboard, cukup ganggu
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by Fookyoo »

farizfsa wrote: Sun Nov 25, 2018 5:31 Tipe yg masuk ada e200 dan e250 untuk 4 silinder turbo 1800/2000cc, e300 3000cc v6, e400 3000cc v6 twin turbo, e63 amg dan ada e250cdi diesel

Trim ada classic (low), elegance (soft, middle), avantgarde (sport, top)

Reliablity sgt oke mobil kuat sekali, taxi aja pake

E250 avantgarde sebenernya cukup, cari yg sudah perseneleng di kolom setir

Bengkel resmi jauh lah sama jepangan

Kalo di posisi sy skrg.. sy pilih bmw seri 5 diesel,
Utk saya mbl itu lebih refined drpd w212.

W212 saya ada endless rattle di sekitaran dashboard, cukup ganggu
Ikutan tanya, Om. :mky_01:
Saya juga iseng lihat2 W212, lalu tertarik lebih dalam sama E250 Dan E300. Dari kedua ini, better mana ya, Om?
Sebenernya lebih tertarik sama yang 3000 cc V6nya ,tapi apakah reliable dan asik dibawa?
Harus isi minimal 92/95? Brapa speed AT nya?
Sorry jadi banyak tanya :big_deal:
Demibacareply
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Mar 31, 2017 9:57

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by Demibacareply »

Ikut nyimak, naksir juga ama ni mobil
Btw pajaknya kena brp ya skrg?
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by journeytohell »

e300 mesinnya sama seperti s300 dan s350 kan ya? Posisi ecu nya bener2 di atas mesin dan sering bermasalah. Kalau belum parah bisa direpair sekitar 20-25 jt.. kalau sudah parah harus ganti baru sekitar 45 jt an di luar bengkel resmi. Kalau di beres (garansi 2 th) kena 65-70 indent 2 bulan (PR* Motor).<<< Pengalaman pribadi ganti ecu di w221 s350 2010, mesin sebelum yg CGI. Tanya2 ke bengkel resmi malah katanya yg jarang dipakai ecu nya malah lebih sering kemungkinan rusak. Sy punya ecu tewas di km 21.000.

lebih bandel e250 mesinnya sepertinya (sama seperti mesin yg dipakai taxi e200).

e250 ada yg transmisi di stir (sudah 7G) dan yg masih di kolom tengah (5 speed). yg 2012 up e250 nya sudah 7G transmisinya dan electric seat controller di pintu (yg AVG) dan juga trapesium exhaust dan velg 18".

Kalau e300 semua transmisi di stir (7G semua) dan electric seat controllernya di pintu. Beda di dynamic seat aja antara e300 elg dan avg (selain suspensi, model velg, panoramic dan warna interior)
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by Fookyoo »

journeytohell wrote: Mon Nov 26, 2018 5:01 e300 mesinnya sama seperti s300 dan s350 kan ya? Posisi ecu nya bener2 di atas mesin dan sering bermasalah. Kalau belum parah bisa direpair sekitar 20-25 jt.. kalau sudah parah harus ganti baru sekitar 45 jt an di luar bengkel resmi. Kalau di beres (garansi 2 th) kena 65-70 indent 2 bulan (PR* Motor).<<< Pengalaman pribadi ganti ecu di w221 s350 2010, mesin sebelum yg CGI. Tanya2 ke bengkel resmi malah katanya yg jarang dipakai ecu nya malah lebih sering kemungkinan rusak. Sy punya ecu tewas di km 21.000.

lebih bandel e250 mesinnya sepertinya (sama seperti mesin yg dipakai taxi e200).

e250 ada yg transmisi di stir (sudah 7G) dan yg masih di kolom tengah (5 speed). yg 2012 up e250 nya sudah 7G transmisinya dan electric seat controller di pintu (yg AVG) dan juga trapesium exhaust dan velg 18".

Kalau e300 semua transmisi di stir (7G semua) dan electric seat controllernya di pintu. Beda di dynamic seat aja antara e300 elg dan avg (selain suspensi, model velg, panoramic dan warna interior)
I see... berarti better hunting E250 2012 ke atas ya, Om? :big_deal:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by fizrmen »

Fookyoo wrote: Thu Dec 06, 2018 1:20
journeytohell wrote: Mon Nov 26, 2018 5:01 e300 mesinnya sama seperti s300 dan s350 kan ya? Posisi ecu nya bener2 di atas mesin dan sering bermasalah. Kalau belum parah bisa direpair sekitar 20-25 jt.. kalau sudah parah harus ganti baru sekitar 45 jt an di luar bengkel resmi. Kalau di beres (garansi 2 th) kena 65-70 indent 2 bulan (PR* Motor).<<< Pengalaman pribadi ganti ecu di w221 s350 2010, mesin sebelum yg CGI. Tanya2 ke bengkel resmi malah katanya yg jarang dipakai ecu nya malah lebih sering kemungkinan rusak. Sy punya ecu tewas di km 21.000.

lebih bandel e250 mesinnya sepertinya (sama seperti mesin yg dipakai taxi e200).

e250 ada yg transmisi di stir (sudah 7G) dan yg masih di kolom tengah (5 speed). yg 2012 up e250 nya sudah 7G transmisinya dan electric seat controller di pintu (yg AVG) dan juga trapesium exhaust dan velg 18".

Kalau e300 semua transmisi di stir (7G semua) dan electric seat controllernya di pintu. Beda di dynamic seat aja antara e300 elg dan avg (selain suspensi, model velg, panoramic dan warna interior)
I see... berarti better hunting E250 2012 ke atas ya, Om? :big_deal:
yes better E250 yg 2012 up yg Avantgarde AMG, ganteng mampus, kebetulan ane lg hunting adeknya yg seri 250 jg om hehe
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by Swedeppon »

Wah bener ni E300 banyak masalah? Saya malah naksir E300 yang awal2 keluar waktu masih CBU, tipe elegancenya masih ada panoramic sunroof, jarang sekali lihat mercedes interior beige wood panel dengan panoramic (rata2 hitam, boring)

Begitu di ckd, panoramic di elegance hilang, sisa di avantgarde tp interior hitam dengan pilihan upholstery hitam/tan brown
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by Asfur »

Sekalian nambahin, yg masih concern buat perawatan kedepannya krn mobkas seken pasti aja ada yg rusaknya, kalo E250 sptnya msh pake suspensi biasa, yg e300 bisa jadi udah pake air suspension yg kalo rusak siap2 pusing kocek benerinnya.
Macam w204 kalo yg seri c230/280/300 nya waktu awal2 itu suspensinya bisa diatur keras lembutnya macam comfort dan normal suspensinya, nah kalo rusak jatonya jauh lbh mahala drpd yg standar c200.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2580
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by farizfsa »

Swedeppon wrote: Thu Dec 06, 2018 5:42 Wah bener ni E300 banyak masalah? Saya malah naksir E300 yang awal2 keluar waktu masih CBU, tipe elegancenya masih ada panoramic sunroof, jarang sekali lihat mercedes interior beige wood panel dengan panoramic (rata2 hitam, boring)

Begitu di ckd, panoramic di elegance hilang, sisa di avantgarde tp interior hitam dengan pilihan upholstery hitam/tan brown
Salah yg anggepan e300, mbl ane km 130rb, zero malfunction, dan e300 itu masih ga airsus
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by journeytohell »

Wow.. seperti yg dealer Pr* Motor bilang.. kalau km tinggi (sering dipakai) malah awet ecunya.. tanya2 ke SA nya yg rusak rata2 yg kilometernya kecil...
Chris001
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Thu Jun 21, 2018 1:38
Location: Indonesia
Daily Vehicle: W204

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by Chris001 »

farizfsa wrote:
Swedeppon wrote: Thu Dec 06, 2018 5:42 Wah bener ni E300 banyak masalah? Saya malah naksir E300 yang awal2 keluar waktu masih CBU, tipe elegancenya masih ada panoramic sunroof, jarang sekali lihat mercedes interior beige wood panel dengan panoramic (rata2 hitam, boring)

Begitu di ckd, panoramic di elegance hilang, sisa di avantgarde tp interior hitam dengan pilihan upholstery hitam/tan brown
Salah yg anggepan e300, mbl ane km 130rb, zero malfunction, dan e300 itu masih ga airsus
Mobil eropa semakin dipake makin kuat om[emoji106]
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by billi »

farizfsa wrote: Sun Nov 25, 2018 5:31 Tipe yg masuk ada e200 dan e250 untuk 4 silinder turbo 1800/2000cc, e300 3000cc v6, e400 3000cc v6 twin turbo, e63 amg dan ada e250cdi diesel

Trim ada classic (low), elegance (soft, middle), avantgarde (sport, top)

Reliablity sgt oke mobil kuat sekali, taxi aja pake

E250 avantgarde sebenernya cukup, cari yg sudah perseneleng di kolom setir

Bengkel resmi jauh lah sama jepangan

Kalo di posisi sy skrg.. sy pilih bmw seri 5 diesel,
Utk saya mbl itu lebih refined drpd w212.

W212 saya ada endless rattle di sekitaran dashboard, cukup ganggu
Kalau e200 nya mesin m271 masi enak kan pak?
Untk rute dalkot2 aja dgn avg spd 10-12 kpj.
Atau better w204 ??
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by IGedeAmat »

billi wrote: Thu Dec 06, 2018 20:39
farizfsa wrote: Sun Nov 25, 2018 5:31 Tipe yg masuk ada e200 dan e250 untuk 4 silinder turbo 1800/2000cc, e300 3000cc v6, e400 3000cc v6 twin turbo, e63 amg dan ada e250cdi diesel

Trim ada classic (low), elegance (soft, middle), avantgarde (sport, top)

Reliablity sgt oke mobil kuat sekali, taxi aja pake

E250 avantgarde sebenernya cukup, cari yg sudah perseneleng di kolom setir

Bengkel resmi jauh lah sama jepangan

Kalo di posisi sy skrg.. sy pilih bmw seri 5 diesel,
Utk saya mbl itu lebih refined drpd w212.

W212 saya ada endless rattle di sekitaran dashboard, cukup ganggu
Kalau e200 nya mesin m271 masi enak kan pak?
Untk rute dalkot2 aja dgn avg spd 10-12 kpj.
Atau better w204 ??
menurut saja, dengan situasi kayak gitu,
enakan naik ojek om.....
:big_slap:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by fizrmen »

IGedeAmat wrote: Fri Dec 07, 2018 1:36
billi wrote: Thu Dec 06, 2018 20:39
farizfsa wrote: Sun Nov 25, 2018 5:31 Tipe yg masuk ada e200 dan e250 untuk 4 silinder turbo 1800/2000cc, e300 3000cc v6, e400 3000cc v6 twin turbo, e63 amg dan ada e250cdi diesel

Trim ada classic (low), elegance (soft, middle), avantgarde (sport, top)

Reliablity sgt oke mobil kuat sekali, taxi aja pake

E250 avantgarde sebenernya cukup, cari yg sudah perseneleng di kolom setir

Bengkel resmi jauh lah sama jepangan

Kalo di posisi sy skrg.. sy pilih bmw seri 5 diesel,
Utk saya mbl itu lebih refined drpd w212.

W212 saya ada endless rattle di sekitaran dashboard, cukup ganggu
Kalau e200 nya mesin m271 masi enak kan pak?
Untk rute dalkot2 aja dgn avg spd 10-12 kpj.
Atau better w204 ??
menurut saja, dengan situasi kayak gitu,
enakan naik ojek om.....
:big_slap:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
nah better ojol :glodak:
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by marama »

Saya M272 ecu pangganga model sebelumnya w211 th 2007 sampai skrg belum pernah ganti ECU, odo sdh 95k
Apa mgkn benar ya kl sering dipakai malahan awet nih ecu
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Naksir W212, saran & infonya donk

Post by billi »

IGedeAmat wrote: Fri Dec 07, 2018 1:36
billi wrote: Thu Dec 06, 2018 20:39
farizfsa wrote: Sun Nov 25, 2018 5:31 Tipe yg masuk ada e200 dan e250 untuk 4 silinder turbo 1800/2000cc, e300 3000cc v6, e400 3000cc v6 twin turbo, e63 amg dan ada e250cdi diesel

Trim ada classic (low), elegance (soft, middle), avantgarde (sport, top)

Reliablity sgt oke mobil kuat sekali, taxi aja pake

E250 avantgarde sebenernya cukup, cari yg sudah perseneleng di kolom setir

Bengkel resmi jauh lah sama jepangan

Kalo di posisi sy skrg.. sy pilih bmw seri 5 diesel,
Utk saya mbl itu lebih refined drpd w212.

W212 saya ada endless rattle di sekitaran dashboard, cukup ganggu
Kalau e200 nya mesin m271 masi enak kan pak?
Untk rute dalkot2 aja dgn avg spd 10-12 kpj.
Atau better w204 ??
menurut saja, dengan situasi kayak gitu,
enakan naik ojek om.....
:big_slap:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Rute dalkot medan untk pemakaian sehari hari di mid avg 12 kpj pak.
Itulah kenyataan pak.