w211 vs w220

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

juraganresto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
Location: tasikmalaya
Daily Vehicle: fortuner

w211 vs w220

Post by juraganresto »

hai sob .... selamat siang
numpang nanya nih sob, soalnya ai liat2 banyak suhu eropaan di sini jadi ceritanya ai lagi bingung budget 150 an antara mercy w211 e260 dan mercy w220 s280L
soalnya gini pas lihat dashboard sama cluster speedo fiturnya di area elektronik kayak sama saja malah katanya s280L tuh non airsus malah e260 sering dikatain masalah SBC yg katanya gak murah benerinnya malah S280 L jok belakangnya super lega dan bisa reclining kalau ai lagi jadi penumpang kayaknya sedap bener, nah jadi kepikiran mending yg s280L aja kali ya sekalian....... beda kelas gitu loh tapi kayaknya ngerawatnya sama saja , kalau ukuran sama FC gak terlalu saya pikirin paling pajak agak beda ya tapi gak tau berapa bedanya
minta pendapat dan masukannya saja sama perspekif saya di atas sebenarnya beli mobilnya juga gak sekarang2 ini cuma mau hunting syantik santai dahulu saja
sambil nonton dulu ai ucapin makasih atas partisipasinya ... salam
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: w211 vs w220

Post by marama »

yakin ngerawatnya sama aja w220 vs w211?
lbh baik nambah budget dikit cari e280 facelift non SBC (sdh byk improvement nya)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w211 vs w220

Post by farizfsa »

semua w220 itu airsus atau hidrolik
semua w211 sebelum facelift itu sbc rem nya

masalah comfort, ya s-class W220 udah menang mutlak, airsus, jok belakang bisa reciline, ada yg pake heater atau cooler seat juga, krey samping dan belakang dll, setir juga lebih ringan drpd w211.

kurangnya adalah, airsus mahal, suka karatan dibawah pintu. kalo dapet unit oke bgt, cuma S280 sebelum facelift (circa tahun 2003an) itu versi short, jok belakang ba bisa recline, dan belakangnya ya lebih sempit. saran aja minimal ya S320L atau S350L, ini dua aja tenaga cukupan aja. kalo S280 sih boyo berat, bensin sama aja. urus w220 cuma sama murah di mesin, selain itu bueda.

untuk W211.. ya kalo bisa ambil yg facelift, 2007 keatas..
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: w211 vs w220

Post by dsign1990 »

ikut nambah
kalau pajak kyknya beda 50%an
soalnya seingat saya zaman barunya dulu e260 800an s280 1,2M an
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: w211 vs w220

Post by casabalancas »

Yang paling penting track recordnya jelas Om, nyaman pasti jauh W220 lebih unggul daripada W211, memang benar W211 pre-facelift ada kendala di SBC, tapi jangan lupa juga di W220 printilan2 elektroniknya jauh lebih banyak, dan biasanya kalau apes printilan2 elektronik tersebut yang menghabiskan waktu dan biaya melebihi komponen-komponen mesin dan kaki2.

Kalau budgetnya 150jt tapi aman sih Om, W220 pasaran sudah sekitar 90jt-100jt di OLX, W211 bisa agak dipush ambil yang trim avantgarde
veyvez
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50

Re: w211 vs w220

Post by veyvez »

W220 pernah pake, ex orang yang ga bisa rawat, airmatic jebol. Vacuum normal, airmatic ganti konvensional (10-15an jt) n mobil normal lagi. Airmatic itu kena 10jt satunya (bilstein). Saran saya kalau ambil W220, cari yang bener2 rawatan. Karena pengalaman saya angkat W220, banyak mobil ini yang ex orang ga bisa rawat karena part selain mesin mahal2.

W211 gak pernah pake, tp denger2 skrg sbcnya udh bisa diservis bolanya aja. SBC ini umurnya soalnya dari injakan rem, bukan tahunan atau km (CMIIW). Harusnya lebih aman ambil yang FL 2007up gpp dapetny E230/E200 tp peace of mind. E200 kompressornya tuh kadang kena, tp sangat jarang problem ini di W211
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"

biar cepat asal selamat~
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5690
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: w211 vs w220

Post by sintoni »

W211 ini termasuk badak ga sih? Kayak W204 itu kan termasuk reliable.

Selain SBC biasa masalah dimana?

Naksir jg lama2 sama mobil ini.

Sori om TS, ane bajak tritnya.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: w211 vs w220

Post by ak4ng »

Pernah denger, hindarilah beli MB yang ada genetik Daimler nya.... Ini hanya terjadi di generasi setelah krismon, Seandainya suka, pilih yg FL 2007up setelah pihak MB bangkit lagi mau itu C series (w203) E series (w211) S series (W220), ini MB yang tidak MB,

Cmiiw, saran ane pilih W211 E280,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: w211 vs w220

Post by gadjahalphien »

ak4ng wrote: Mon Nov 12, 2018 19:45 Pernah denger, hindarilah beli MB yang ada genetik Daimler nya.... Ini hanya terjadi di generasi setelah krismon, Seandainya suka, pilih yg FL 2007up setelah pihak MB bangkit lagi mau itu C series (w203) E series (w211) S series (W220), ini MB yang tidak MB,

Cmiiw, saran ane pilih W211 E280,
FYI
Chrysler om.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: w211 vs w220

Post by dsign1990 »

veyvez wrote: Mon Nov 12, 2018 15:03 W220 pernah pake, ex orang yang ga bisa rawat, airmatic jebol. Vacuum normal, airmatic ganti konvensional (10-15an jt) n mobil normal lagi. Airmatic itu kena 10jt satunya (bilstein). Saran saya kalau ambil W220, cari yang bener2 rawatan. Karena pengalaman saya angkat W220, banyak mobil ini yang ex orang ga bisa rawat karena part selain mesin mahal2.

W211 gak pernah pake, tp denger2 skrg sbcnya udh bisa diservis bolanya aja. SBC ini umurnya soalnya dari injakan rem, bukan tahunan atau km (CMIIW). Harusnya lebih aman ambil yang FL 2007up gpp dapetny E230/E200 tp peace of mind. E200 kompressornya tuh kadang kena, tp sangat jarang problem ini di W211
airmatic itu air sus kah ?
yg konvensional 10-15jt itu 1 set ?
e38 ganti suspensi biasa cm 6 jt an , kalau di dunia e38 ganti ke suspensi konven udh lumrah bgt, e38 yg masih pake airsus paling tinggal 10% dari populasi kyknya
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: w211 vs w220

Post by flamboyan »

dsign1990 wrote: Tue Nov 13, 2018 1:36
veyvez wrote: Mon Nov 12, 2018 15:03 W220 pernah pake, ex orang yang ga bisa rawat, airmatic jebol. Vacuum normal, airmatic ganti konvensional (10-15an jt) n mobil normal lagi. Airmatic itu kena 10jt satunya (bilstein). Saran saya kalau ambil W220, cari yang bener2 rawatan. Karena pengalaman saya angkat W220, banyak mobil ini yang ex orang ga bisa rawat karena part selain mesin mahal2.

W211 gak pernah pake, tp denger2 skrg sbcnya udh bisa diservis bolanya aja. SBC ini umurnya soalnya dari injakan rem, bukan tahunan atau km (CMIIW). Harusnya lebih aman ambil yang FL 2007up gpp dapetny E230/E200 tp peace of mind. E200 kompressornya tuh kadang kena, tp sangat jarang problem ini di W211
airmatic itu air sus kah ?
yg konvensional 10-15jt itu 1 set ?
e38 ganti suspensi biasa cm 6 jt an , kalau di dunia e38 ganti ke suspensi konven udh lumrah bgt, e38 yg masih pake airsus paling tinggal 10% dari populasi kyknya
Bagaimana Om, pengalaman pelihara e38? Masih suka ngelirik nih kl ada yg lewat. Satu saat pengin pelihara ini atau W140
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: w211 vs w220

Post by dsign1990 »

flamboyan wrote: Tue Nov 13, 2018 10:05
dsign1990 wrote: Tue Nov 13, 2018 1:36
veyvez wrote: Mon Nov 12, 2018 15:03 W220 pernah pake, ex orang yang ga bisa rawat, airmatic jebol. Vacuum normal, airmatic ganti konvensional (10-15an jt) n mobil normal lagi. Airmatic itu kena 10jt satunya (bilstein). Saran saya kalau ambil W220, cari yang bener2 rawatan. Karena pengalaman saya angkat W220, banyak mobil ini yang ex orang ga bisa rawat karena part selain mesin mahal2.

W211 gak pernah pake, tp denger2 skrg sbcnya udh bisa diservis bolanya aja. SBC ini umurnya soalnya dari injakan rem, bukan tahunan atau km (CMIIW). Harusnya lebih aman ambil yang FL 2007up gpp dapetny E230/E200 tp peace of mind. E200 kompressornya tuh kadang kena, tp sangat jarang problem ini di W211
airmatic itu air sus kah ?
yg konvensional 10-15jt itu 1 set ?
e38 ganti suspensi biasa cm 6 jt an , kalau di dunia e38 ganti ke suspensi konven udh lumrah bgt, e38 yg masih pake airsus paling tinggal 10% dari populasi kyknya
Bagaimana Om, pengalaman pelihara e38? Masih suka ngelirik nih kl ada yg lewat. Satu saat pengin pelihara ini atau W140
ini mobil sbnrnya udh saya jual tahun lalu krn bikin garasi cuma muat 1 mobil susah buat 2 mbl awalnya jg krn frustasi nyari 530 e34 manual yg bagus gk nemu2 hehehehehe...
berikut beberapa hal yg saya ingat
pake 2 tahunan alhamdulilah dari pertama beli gak ada jajan gede, paling rawat biasa tuneup sm ganti oli paling problem maticnya pernah gak mau pindah naik gigi manteng terus gigi 1 ternyata cuma krn ada soket yg kotor saja abis dibersihin normal lagi
yg bikin males kuras oli hidrolik yg nyatu sama power steering krn hrs pake oli chf11 yg harganya lumayan beda.
terus ada sedikit dead pixel 2 titik alhasil ada huruf yg putus di MID sy biarin saja krn mahal gantinya
enaknya kaca 2 lapis hening sangat tapi raungan merdunya mesin ( yg kalau dibejek suaranya kyk campuran ngiiiing wusshhhhh ) ttp sayup2 kedengaran , plg enak luar kota cruising 100kman/jam rpm cm 1500 dg transmisi ttp sigap dan tenaga buat nyalip2 selalu siap sedia
kalau nyetir gk kerasa bawa mbl jumbo krn dashboard dan moncongnya rendah bgt saking kepedean sampe nyenggol motor 2x waktu colong2 jalur untung lg pelan jd gk ada yg kenapa2
bbm dalkot kurleb 1:5 lukot hampir 1:10
shock sm yg jual udh diganti sm model biasa belinya 6 jt an se set jadinya kalau berhenti buka pintu bodynya gk bisa turun kyk aslinya
e38 saya dl 735iL speknya secara seri 7 emang agak nanggung krn gak ada coolbox , sunroof dan jok depannya nya punya e39 yg krg mendekap ( buat kelas e38 ini ) dan gak ada lumbar setting meski jok belakang lengkap dg lumbar setting dan reclining electric dan vacum soft closing hanya ada di bagasi sdg di pintu2nya nggak tp transmisi udh dpt tiptro dan ada cruise control
dan sy rasa plastik2 interiornya agak gampang patah / pecah gak sekuat generasi e34/e36 meski semua permukaan plasik udh dilapis softouch kecuali area tombol2 dan adjuster
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: w211 vs w220

Post by dsign1990 »

flamboyan wrote: Tue Nov 13, 2018 10:05
dsign1990 wrote: Tue Nov 13, 2018 1:36
veyvez wrote: Mon Nov 12, 2018 15:03 W220 pernah pake, ex orang yang ga bisa rawat, airmatic jebol. Vacuum normal, airmatic ganti konvensional (10-15an jt) n mobil normal lagi. Airmatic itu kena 10jt satunya (bilstein). Saran saya kalau ambil W220, cari yang bener2 rawatan. Karena pengalaman saya angkat W220, banyak mobil ini yang ex orang ga bisa rawat karena part selain mesin mahal2.

W211 gak pernah pake, tp denger2 skrg sbcnya udh bisa diservis bolanya aja. SBC ini umurnya soalnya dari injakan rem, bukan tahunan atau km (CMIIW). Harusnya lebih aman ambil yang FL 2007up gpp dapetny E230/E200 tp peace of mind. E200 kompressornya tuh kadang kena, tp sangat jarang problem ini di W211
airmatic itu air sus kah ?
yg konvensional 10-15jt itu 1 set ?
e38 ganti suspensi biasa cm 6 jt an , kalau di dunia e38 ganti ke suspensi konven udh lumrah bgt, e38 yg masih pake airsus paling tinggal 10% dari populasi kyknya
Bagaimana Om, pengalaman pelihara e38? Masih suka ngelirik nih kl ada yg lewat. Satu saat pengin pelihara ini atau W140
sy sendiri kalau kondisi serba memungkinkan mau balik miara mbl2 kelas ginian lagi :mky_01:
apalagi w140 kyknya lbh enteng miaranya cuma kyknya bakal terasa serba gede buat drivernya
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: w211 vs w220

Post by flamboyan »

dsign1990 wrote: Tue Nov 13, 2018 11:47
flamboyan wrote: Tue Nov 13, 2018 10:05
dsign1990 wrote: Tue Nov 13, 2018 1:36

airmatic itu air sus kah ?
yg konvensional 10-15jt itu 1 set ?
e38 ganti suspensi biasa cm 6 jt an , kalau di dunia e38 ganti ke suspensi konven udh lumrah bgt, e38 yg masih pake airsus paling tinggal 10% dari populasi kyknya
Bagaimana Om, pengalaman pelihara e38? Masih suka ngelirik nih kl ada yg lewat. Satu saat pengin pelihara ini atau W140
sy sendiri kalau kondisi serba memungkinkan mau balik miara mbl2 kelas ginian lagi :mky_01:
apalagi w140 kyknya lbh enteng miaranya cuma kyknya bakal terasa serba gede buat drivernya
Terima kasih review-nya Om :frm_salut:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: w211 vs w220

Post by dsign1990 »

flamboyan wrote: Wed Nov 14, 2018 7:51
dsign1990 wrote: Tue Nov 13, 2018 11:47
flamboyan wrote: Tue Nov 13, 2018 10:05

Bagaimana Om, pengalaman pelihara e38? Masih suka ngelirik nih kl ada yg lewat. Satu saat pengin pelihara ini atau W140
sy sendiri kalau kondisi serba memungkinkan mau balik miara mbl2 kelas ginian lagi :mky_01:
apalagi w140 kyknya lbh enteng miaranya cuma kyknya bakal terasa serba gede buat drivernya
Terima kasih review-nya Om :frm_salut:
sama2 :big_deal:
kalau dapat unit yg bagus gk bakalan kok ngerongrong dan nyusahin
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: w211 vs w220

Post by ripratama »

Pernah punya E260 W211 pre-facelift; relatif aman asal dapat yg SBC dan auxiliary battery (accu kecil) nya sudah pernah diganti.

Penyakit khas: plafon turun, selang power steering bocor (karena high pressure dan umur), kulit setir pudar warnanya, kulit headrest longgar... semua bisa diperbaiki spesialis masing-masing.

Ini mobil enak, mesin smooth dan fitur cukup ok, ada ambient lighting di tengah walaupun jadul dan motorized flap CD changer elegan banget pas buka tutup. Agak menyesal jual karena BU (butuh untung) :wkkk:

Kalau mau aman, ambil E230 atau E280 w211 facelift...bebas resiko SBC, tapi kalau yg Edition 9 malah pakai airsus yang juga potensi nguras kocek.

Belum pernah pegang W220, tapi kl berdasarkan W140 dulu....it's a big car and feels like it. Nyaman tapi agak kagok di parkiran. Untuk harian sih lebih pilih W211.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
juraganresto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
Location: tasikmalaya
Daily Vehicle: fortuner

Re: w211 vs w220

Post by juraganresto »

farizfsa wrote: Mon Nov 12, 2018 6:35 semua w220 itu airsus atau hidrolik
semua w211 sebelum facelift itu sbc rem nya

masalah comfort, ya s-class W220 udah menang mutlak, airsus, jok belakang bisa reciline, ada yg pake heater atau cooler seat juga, krey samping dan belakang dll, setir juga lebih ringan drpd w211.

kurangnya adalah, airsus mahal, suka karatan dibawah pintu. kalo dapet unit oke bgt, cuma S280 sebelum facelift (circa tahun 2003an) itu versi short, jok belakang ba bisa recline, dan belakangnya ya lebih sempit. saran aja minimal ya S320L atau S350L, ini dua aja tenaga cukupan aja. kalo S280 sih boyo berat, bensin sama aja. urus w220 cuma sama murah di mesin, selain itu bueda.

untuk W211.. ya kalo bisa ambil yg facelift, 2007 keatas..
logikanya kyk lagi tes IQ hehehe
ini rencana nyari s280 2003/2004 yg FL
yg 2005 an rata2 udh fullspek ada ventilator jok dan 2+2 segala
OK ai pertimbangin dulu
BTW itu airsus 1 set kalau ganti habis berapa duit ya

ak4ng wrote: Mon Nov 12, 2018 19:45 Pernah denger, hindarilah beli MB yang ada genetik Daimler nya.... Ini hanya terjadi di generasi setelah krismon, Seandainya suka, pilih yg FL 2007up setelah pihak MB bangkit lagi mau itu C series (w203) E series (w211) S series (W220), ini MB yang tidak MB,

Cmiiw, saran ane pilih W211 E280,
yg masih pristine ai raba2 dan cium2 masih keraSA mb :mky_01:
juraganresto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
Location: tasikmalaya
Daily Vehicle: fortuner

Re: w211 vs w220

Post by juraganresto »

casabalancas wrote: Mon Nov 12, 2018 8:17 Yang paling penting track recordnya jelas Om, nyaman pasti jauh W220 lebih unggul daripada W211, memang benar W211 pre-facelift ada kendala di SBC, tapi jangan lupa juga di W220 printilan2 elektroniknya jauh lebih banyak, dan biasanya kalau apes printilan2 elektronik tersebut yang menghabiskan waktu dan biaya melebihi komponen-komponen mesin dan kaki2.

Kalau budgetnya 150jt tapi aman sih Om, W220 pasaran sudah sekitar 90jt-100jt di OLX, W211 bisa agak dipush ambil yang trim avantgarde
w211 avg ngeri euy malah manteng 200 ke atas
yg seger sangat masih 250++ setara w212 biasa dan udh deket2 ke w212 avg
ripratama wrote: Wed Nov 14, 2018 9:51 Pernah punya E260 W211 pre-facelift; relatif aman asal dapat yg SBC dan auxiliary battery (accu kecil) nya sudah pernah diganti.

Penyakit khas: plafon turun, selang power steering bocor (karena high pressure dan umur), kulit setir pudar warnanya, kulit headrest longgar... semua bisa diperbaiki spesialis masing-masing.

Ini mobil enak, mesin smooth dan fitur cukup ok, ada ambient lighting di tengah walaupun jadul dan motorized flap CD changer elegan banget pas buka tutup. Agak menyesal jual karena BU (butuh untung) :wkkk:

Kalau mau aman, ambil E230 atau E280 w211 facelift...bebas resiko SBC, tapi kalau yg Edition 9 malah pakai airsus yang juga potensi nguras kocek.

Belum pernah pegang W220, tapi kl berdasarkan W140 dulu....it's a big car and feels like it. Nyaman tapi agak kagok di parkiran. Untuk harian sih lebih pilih W211.
iya nih
bahkan ai pernah liat iklan 9 edition yg airsusnya pernah mleduk katanya ada bagian dalam spakbor yg robek
makanya ai pengen yg jumbo soalnya bukan buat harian bray

sintoni wrote: Mon Nov 12, 2018 19:15 W211 ini termasuk badak ga sih? Kayak W204 itu kan termasuk reliable.

Selain SBC biasa masalah dimana?

Naksir jg lama2 sama mobil ini.

Sori om TS, ane bajak tritnya.
harus naksir lah dari luar juga keliatan mobil oke gitu loh
makin banyak yg bajak makin baik buat nambah2 info bray oceee...

dsign1990 wrote: Mon Nov 12, 2018 6:48 ikut nambah
kalau pajak kyknya beda 50%an
soalnya seingat saya zaman barunya dulu e260 800an s280 1,2M an
OK bray
gak sampai berlipet2 gitu ya
masih acceptable lah
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: w211 vs w220

Post by casabalancas »

Kalo W211 avantgarde yang bukan full option & gak panoramic roof beberapa uda buka harga dibawah 200jt kok Om.

Jangan salah kaprah Om, mercy apapun kalo gak dipake harian malah cepet rusak, hahaha. Minimal seminggu 2-3 kali pake lah Om, sayang juga ngerawat mobil enak rusaknya karena jarang dipake, bukan karena rusak aus pemakaian