[ASK] BMW E60 3 530i
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Sep 29, 2018 3:13
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: GSX
[ASK] BMW E60 3 530i
Halo rekan-rekan,
Saya masih pemula dalam dunia BMW, namun tertarik untuk meminang BMW 530i 3 E60 tahun 2005.
1. Untuk tipe bmw tersebut, kekurangan dan kelebihan nya apa ya gan?
2. Untuk kebutuhan spareparts apakah mudah didapatkan? khususnya daerah bandung.
3. Apakah mobil ini termasuk rewel? Biasanya penyakitnya apa ya?
4. Konsumsi bensin bagaimana?
5. Biasanya biaya maintenance serta dana cadangan untuk biaya pengecekan dan perbaikan berapa ya?
6. Pajak mobil di sekitaran harga berapa ya?
*Maaf apabila saya salah tempat bertanya.
Terima kasih atas bantuannya!
Saya masih pemula dalam dunia BMW, namun tertarik untuk meminang BMW 530i 3 E60 tahun 2005.
1. Untuk tipe bmw tersebut, kekurangan dan kelebihan nya apa ya gan?
2. Untuk kebutuhan spareparts apakah mudah didapatkan? khususnya daerah bandung.
3. Apakah mobil ini termasuk rewel? Biasanya penyakitnya apa ya?
4. Konsumsi bensin bagaimana?
5. Biasanya biaya maintenance serta dana cadangan untuk biaya pengecekan dan perbaikan berapa ya?
6. Pajak mobil di sekitaran harga berapa ya?
*Maaf apabila saya salah tempat bertanya.
Terima kasih atas bantuannya!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 453
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Kelebihan:
Handling
Tenaga
Transmisinya lumayan pintar shifting logicnya
Engine noise
Joknya nyaman
Sunroof
Kekurangan:
Bantingan cukup keras
iDrive agak ribet digunakan
Elektroniknya rewel
Sensor seatbelt penumpang bermasalah (suka bunyi-bunyi sendiri), tranamisi enggak bisa dipindah ke M (mudah dibenerin), active steering juga warning terus padahal enggak ada yang salah, terutama kalau habis muter setir sampai mentok, airbag juga sensornya warning padahal enggak ada apa-apa. Aneh elektroniknya padahal dicek kagak ada masalah. Mungkin kabel-kabel ato sensornya mulai kemakan usia.
Bensin dalam kota 1:5.8 - 1:6.8 dalam kota Jakarta full, di toll 1:8-9.
Sisanya sudah lupa. Saya sempet pakai mobil ini sekitar setengah tahun, ambil 2 tahun lalu dapet unit odometer 70 ribuan tahun 2005. Alasan jual karena sudah males ngurusin sensornya dan kebetulan dapet tawaran FD2 yang sampai sekarang masih saya pakai.
Handling
Tenaga
Transmisinya lumayan pintar shifting logicnya
Engine noise
Joknya nyaman
Sunroof
Kekurangan:
Bantingan cukup keras
iDrive agak ribet digunakan
Elektroniknya rewel
Sensor seatbelt penumpang bermasalah (suka bunyi-bunyi sendiri), tranamisi enggak bisa dipindah ke M (mudah dibenerin), active steering juga warning terus padahal enggak ada yang salah, terutama kalau habis muter setir sampai mentok, airbag juga sensornya warning padahal enggak ada apa-apa. Aneh elektroniknya padahal dicek kagak ada masalah. Mungkin kabel-kabel ato sensornya mulai kemakan usia.
Bensin dalam kota 1:5.8 - 1:6.8 dalam kota Jakarta full, di toll 1:8-9.
Sisanya sudah lupa. Saya sempet pakai mobil ini sekitar setengah tahun, ambil 2 tahun lalu dapet unit odometer 70 ribuan tahun 2005. Alasan jual karena sudah males ngurusin sensornya dan kebetulan dapet tawaran FD2 yang sampai sekarang masih saya pakai.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2606
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Cari yg tahun awal, yg masih mesin m54, lebih gampamg urusinnya drpd yg pake mesin n series (lupa n brp)
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 453
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
M54 - 228 HP (2003-2005)
N52 - 255 HP (2005-2007)
Saya dulu punya yang M54, pantesan enggak berasa rewel mesinnya. Mungkin kalau ambil yang udah N52 beda cerita
N52 - 255 HP (2005-2007)
Saya dulu punya yang M54, pantesan enggak berasa rewel mesinnya. Mungkin kalau ambil yang udah N52 beda cerita
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9711
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Jd kesimpulannya mending hondah FD2 gtu yah omsaturday wrote: ↑Sat Sep 29, 2018 7:43 Kelebihan:
Handling
Tenaga
Transmisinya lumayan pintar shifting logicnya
Engine noise
Joknya nyaman
Sunroof
Kekurangan:
Bantingan cukup keras
iDrive agak ribet digunakan
Elektroniknya rewel
Sensor seatbelt penumpang bermasalah (suka bunyi-bunyi sendiri), tranamisi enggak bisa dipindah ke M (mudah dibenerin), active steering juga warning terus padahal enggak ada yang salah, terutama kalau habis muter setir sampai mentok, airbag juga sensornya warning padahal enggak ada apa-apa. Aneh elektroniknya padahal dicek kagak ada masalah. Mungkin kabel-kabel ato sensornya mulai kemakan usia.
Bensin dalam kota 1:5.8 - 1:6.8 dalam kota Jakarta full, di toll 1:8-9.
Sisanya sudah lupa. Saya sempet pakai mobil ini sekitar setengah tahun, ambil 2 tahun lalu dapet unit odometer 70 ribuan tahun 2005. Alasan jual karena sudah males ngurusin sensornya dan kebetulan dapet tawaran FD2 yang sampai sekarang masih saya pakai.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 453
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Kebetulan itu mobil dengan kondisi apa adanya udah ada yang mau ngangkat dan owner sebelumnya FD2 ini BU dan pas saya angkat kilometernya baru 16 ribu jadi yaa.... Sampe sekarang masih kangen sama tu E60 tapi dibilang nyesel ambil FD2 juga enggak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2548
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Yap btul. Kalo mau hunting E60 serie 530i cari yg tahun awal kluar, mesin masih pake yg M54B30. Terbukti badak, biasanya ada di E46 325i / 330i .
Pasti ganti mesin N52 jd pake bahan magnesium, tujuannya buat saving weight jd mesin lebih ringan bobotnya, agak kurang kuat but still okay lah buat last n/a inline-6 .
Okelah mesin badak M54... Tapi seremnya masih ada mennn klo E60. The infamous mechatronic & steering rack belom lagi sensor2 electrical yg ngehe suka tang tung tang tung di i-drive wkwkwkwk
Jadi saran ane malah mending E39 530i facelift terakhir. Joss gandos yg itu. Serasa rawat mobil jepang.
Pasti ganti mesin N52 jd pake bahan magnesium, tujuannya buat saving weight jd mesin lebih ringan bobotnya, agak kurang kuat but still okay lah buat last n/a inline-6 .
Okelah mesin badak M54... Tapi seremnya masih ada mennn klo E60. The infamous mechatronic & steering rack belom lagi sensor2 electrical yg ngehe suka tang tung tang tung di i-drive wkwkwkwk
Jadi saran ane malah mending E39 530i facelift terakhir. Joss gandos yg itu. Serasa rawat mobil jepang.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
yuppp, mending start di E39 keluaran akhir,
klo ada rejeki, langsung F10.
generasi E60/E66/E90 terkenal paling bikin pusing electrical-nya
klo ada rejeki, langsung F10.
generasi E60/E66/E90 terkenal paling bikin pusing electrical-nya
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Sep 29, 2018 3:13
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: GSX
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
saturday wrote: ↑Sat Sep 29, 2018 7:43 Kelebihan:
Handling
Tenaga
Transmisinya lumayan pintar shifting logicnya
Engine noise
Joknya nyaman
Sunroof
Kekurangan:
Bantingan cukup keras
iDrive agak ribet digunakan
Elektroniknya rewel
Sensor seatbelt penumpang bermasalah (suka bunyi-bunyi sendiri), tranamisi enggak bisa dipindah ke M (mudah dibenerin), active steering juga warning terus padahal enggak ada yang salah, terutama kalau habis muter setir sampai mentok, airbag juga sensornya warning padahal enggak ada apa-apa. Aneh elektroniknya padahal dicek kagak ada masalah. Mungkin kabel-kabel ato sensornya mulai kemakan usia.
Bensin dalam kota 1:5.8 - 1:6.8 dalam kota Jakarta full, di toll 1:8-9.
Sisanya sudah lupa. Saya sempet pakai mobil ini sekitar setengah tahun, ambil 2 tahun lalu dapet unit odometer 70 ribuan tahun 2005. Alasan jual karena sudah males ngurusin sensornya dan kebetulan dapet tawaran FD2 yang sampai sekarang masih saya pakai.
exflowly wrote: ↑Sat Sep 29, 2018 15:27 Sudah pernah dibahas om.
Silakan untuk baca-baca...
viewtopic.php?f=5&t=26284
KielConstantine wrote: ↑Sun Sep 30, 2018 2:29 Yap btul. Kalo mau hunting E60 serie 530i cari yg tahun awal kluar, mesin masih pake yg M54B30. Terbukti badak, biasanya ada di E46 325i / 330i .
Pasti ganti mesin N52 jd pake bahan magnesium, tujuannya buat saving weight jd mesin lebih ringan bobotnya, agak kurang kuat but still okay lah buat last n/a inline-6 .
Okelah mesin badak M54... Tapi seremnya masih ada mennn klo E60. The infamous mechatronic & steering rack belom lagi sensor2 electrical yg ngehe suka tang tung tang tung di i-drive wkwkwkwk
Jadi saran ane malah mending E39 530i facelift terakhir. Joss gandos yg itu. Serasa rawat mobil jepang.
Wah detail sekali respon dan sarannya. Sangat membantu sekali bagi saya yang pemula ini. Terima kasih rekan-rekan!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Pokoknya kalo BMW tuir itu kudu siap mental. Kalo e60 mechatronic dan active steer penyakit parahnya, lainnya juga ada tapi dua itu yang paling parah.
E39 tahun akhir juga ada penyakitnya, beberapa malah agak susah karena yang punya belum tau/belum kena, tapi ya kalo udah komit silakan saja.
E39 tahun akhir juga ada penyakitnya, beberapa malah agak susah karena yang punya belum tau/belum kena, tapi ya kalo udah komit silakan saja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Persiapan mental pelihara mobil tua ada dua, dari segi biaya perawatan sama waktu..
Kadang kita ada utk biaya perawatan tapi males ke bengkel nya.. apalagi klo udah berkeluarga, dlu om NR pernah bilang "lebih baik duduk2 sama istri daripada duduk2 sama montir".. mobil tua kadang 6-9 bulan ngga mampir2 bengkel kadang 1 bulan bisa 2-3 kali..
Kadang kita ada utk biaya perawatan tapi males ke bengkel nya.. apalagi klo udah berkeluarga, dlu om NR pernah bilang "lebih baik duduk2 sama istri daripada duduk2 sama montir".. mobil tua kadang 6-9 bulan ngga mampir2 bengkel kadang 1 bulan bisa 2-3 kali..
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Sep 29, 2018 3:13
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: GSX
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
saturday wrote: ↑Sat Sep 29, 2018 7:43 Kelebihan:
Handling
Tenaga
Transmisinya lumayan pintar shifting logicnya
Engine noise
Joknya nyaman
Sunroof
Kekurangan:
Bantingan cukup keras
iDrive agak ribet digunakan
Elektroniknya rewel
Sensor seatbelt penumpang bermasalah (suka bunyi-bunyi sendiri), tranamisi enggak bisa dipindah ke M (mudah dibenerin), active steering juga warning terus padahal enggak ada yang salah, terutama kalau habis muter setir sampai mentok, airbag juga sensornya warning padahal enggak ada apa-apa. Aneh elektroniknya padahal dicek kagak ada masalah. Mungkin kabel-kabel ato sensornya mulai kemakan usia.
Bensin dalam kota 1:5.8 - 1:6.8 dalam kota Jakarta full, di toll 1:8-9.
Sisanya sudah lupa. Saya sempet pakai mobil ini sekitar setengah tahun, ambil 2 tahun lalu dapet unit odometer 70 ribuan tahun 2005. Alasan jual karena sudah males ngurusin sensornya dan kebetulan dapet tawaran FD2 yang sampai sekarang masih saya pakai.
exflowly wrote: ↑Sat Sep 29, 2018 15:27 Sudah pernah dibahas om.
Silakan untuk baca-baca...
viewtopic.php?f=5&t=26284
KielConstantine wrote: ↑Sun Sep 30, 2018 2:29 Yap btul. Kalo mau hunting E60 serie 530i cari yg tahun awal kluar, mesin masih pake yg M54B30. Terbukti badak, biasanya ada di E46 325i / 330i .
Pasti ganti mesin N52 jd pake bahan magnesium, tujuannya buat saving weight jd mesin lebih ringan bobotnya, agak kurang kuat but still okay lah buat last n/a inline-6 .
Okelah mesin badak M54... Tapi seremnya masih ada mennn klo E60. The infamous mechatronic & steering rack belom lagi sensor2 electrical yg ngehe suka tang tung tang tung di i-drive wkwkwkwk
Jadi saran ane malah mending E39 530i facelift terakhir. Joss gandos yg itu. Serasa rawat mobil jepang.
exflowly wrote: ↑Mon Oct 01, 2018 6:35 Pokoknya kalo BMW tuir itu kudu siap mental. Kalo e60 mechatronic dan active steer penyakit parahnya, lainnya juga ada tapi dua itu yang paling parah.
E39 tahun akhir juga ada penyakitnya, beberapa malah agak susah karena yang punya belum tau/belum kena, tapi ya kalo udah komit silakan saja.
Setelah pertimbangan matang sepertinya tidak jadi mengambil e60, karena feedback yang telah saya terima sepertinya ini mobil cukup menguras duit untuk dipakai jangka panjang (melihat permasalahan yang sering muncul).Dat510 wrote: ↑Mon Oct 01, 2018 7:32 Persiapan mental pelihara mobil tua ada dua, dari segi biaya perawatan sama waktu..
Kadang kita ada utk biaya perawatan tapi males ke bengkel nya.. apalagi klo udah berkeluarga, dlu om NR pernah bilang "lebih baik duduk2 sama istri daripada duduk2 sama montir".. mobil tua kadang 6-9 bulan ngga mampir2 bengkel kadang 1 bulan bisa 2-3 kali..
Kalau BMW 320i 2.0 Luxury tahun 2012 bagaimana pandangannya perihal mobil tersebut? apakah worth it untuk dibeli?
Terima kasih sebelumnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2606
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
320i 2.0 luxury 2012 bearti masih E90 LCi ya? lupain aja juga sih imhoGTea wrote: ↑Thu Oct 04, 2018 2:24
Setelah pertimbangan matang sepertinya tidak jadi mengambil e60, karena feedback yang telah saya terima sepertinya ini mobil cukup menguras duit untuk dipakai jangka panjang (melihat permasalahan yang sering muncul).
Kalau BMW 320i 2.0 Luxury tahun 2012 bagaimana pandangannya perihal mobil tersebut? apakah worth it untuk dibeli?
Terima kasih sebelumnya
uang segitu mending ambil W204 c-class.
kalo sudah yg F30 sih boleh lah, cek steering rack.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 453
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Kalo soal F30 sih menurut saya sih
Plusnya:
Bantingan sudah lebih nyaman dari E60
Peredaman kabin & kaki-kaki lebih kedap dari E60
Tingkat keberatan setir 2 level, comfort & sport
Tingkat respons pedal gas 3 level
Mesin 4 silinder sangat minim getaran
Transmisi 8 speed membuat cruising nyaris di kecepatan berapapun jadi nyaman karena RPM yang sangat rendah. Soal kesigapan kickdown sih cukup aja (kecuali di mode sport akan lebih sedia gantung RPM dan lebih cepet kickdownnya)
Konsumsi BBM cukup irit. Lebih irit dari Civic FD2 dan sedikit lebih irit dari Camry 2.5L 2014
Minus:
Ventilasi udara enggak bisa nutup permanen (Di E60 dan E90 seinget saya masih bisa nutup permanen)
Setir pada mode sport masih terlalu ringan (subjektif)
Sisanya belum tahu minusnya dan seberapa tahan banting mobil ini dibanding E60 & E90 soalnya masih sangat low km. Biar rekan-rekan yang nambahin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2548
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Kenapa tuh om saturday wkwkwk -40 derajat men..
Mungkin seputar sensor kelistrikan aja. Thn 2017 sudah lci yah.
-------
@om TS GTea
2012 320i E90lci atau sudah f30 yah?
Klo E90 lci gw kasih sedikit gambaran. Penyakitnya masih sama di seputar mechatronic transmisi, steering rack rembes oli. But it more less to happen drpd sebelom lci. Yg ini agak lebih reliable sedikit kurang lebih. Yg penting oli transmisi ganti aja udah tiap 50rb km sekali. Pabrikan bilang bisa long life, iya longlife sampe jebol tuh matic ZF.
Trus bagian cooling system is a must to take care, jgn sampe diteledorin. Skalinya overheat berabe.
Sisanya yg paling keparat ya sensor2 / modul electronic suka fault muncul di i-drive. Cost repair sih enggak gede yah 1-2 jutaan trgantung apa yg dah kena. Cuman sering kejadian aja, baru benerin sebelah sini, eh enggak lama yg sono kluar fault apalah. kek never ending gitu. Trakhir power window sisi driver gw pas auto up, dy ngebaca ada yg nahan (tangan kejepit pdhl kg ada halangan) trus turun sendiri gitu. Mgkn modulnya kena. Ampe empet sendiri gw wkwkwkwkwkwk.
Atau boleh coba pelihara mercedes dulu klo mau belajar rawat europe. W211 / W212 / W203 / W204 iz gut. Mereka lebih reliable drpd BMW. Parts jg melimpah dan harga parts cenderung lebih murah drpd bmw.
Ini sarann aja, buat bahan pertimbangan.
Mungkin seputar sensor kelistrikan aja. Thn 2017 sudah lci yah.
-------
@om TS GTea
2012 320i E90lci atau sudah f30 yah?
Klo E90 lci gw kasih sedikit gambaran. Penyakitnya masih sama di seputar mechatronic transmisi, steering rack rembes oli. But it more less to happen drpd sebelom lci. Yg ini agak lebih reliable sedikit kurang lebih. Yg penting oli transmisi ganti aja udah tiap 50rb km sekali. Pabrikan bilang bisa long life, iya longlife sampe jebol tuh matic ZF.
Trus bagian cooling system is a must to take care, jgn sampe diteledorin. Skalinya overheat berabe.
Sisanya yg paling keparat ya sensor2 / modul electronic suka fault muncul di i-drive. Cost repair sih enggak gede yah 1-2 jutaan trgantung apa yg dah kena. Cuman sering kejadian aja, baru benerin sebelah sini, eh enggak lama yg sono kluar fault apalah. kek never ending gitu. Trakhir power window sisi driver gw pas auto up, dy ngebaca ada yg nahan (tangan kejepit pdhl kg ada halangan) trus turun sendiri gitu. Mgkn modulnya kena. Ampe empet sendiri gw wkwkwkwkwkwk.
Atau boleh coba pelihara mercedes dulu klo mau belajar rawat europe. W211 / W212 / W203 / W204 iz gut. Mereka lebih reliable drpd BMW. Parts jg melimpah dan harga parts cenderung lebih murah drpd bmw.
Ini sarann aja, buat bahan pertimbangan.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 453
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Jakarta berasa kutub utara -40C. Ini mobil nganggur enggak tau kenapa sudah diem nyaris 2 mingguan pas dinyalain lagi buat dipake udah bunuh diri aja sensor temperaturnya. Mau dibawa ke bengkel juga agak males karena dipakenya jarang banget dan sensor temperatur luar juga bukan fungsi penting si.
Harus diakui kayaknya Mercedes emang lebih enggak penyakitan soal elektroniknya. Pernah ambil E-Class W211 2006 dan W212 2011 dan semuanya bebas masalah. Kedua unit itu sudah dilepas ke kenalan dan sampai saat ini mereka bilang masih bebas masalah elektronik. Kalau S-Class W221 beda cerita, penyakitan juga itu elektroniknya. Mulai dari seatbelt warning, parking lights warning, ABS warning, dsb padahal pas di cek juga enggak ada apa-apa.
Harus diakui kayaknya Mercedes emang lebih enggak penyakitan soal elektroniknya. Pernah ambil E-Class W211 2006 dan W212 2011 dan semuanya bebas masalah. Kedua unit itu sudah dilepas ke kenalan dan sampai saat ini mereka bilang masih bebas masalah elektronik. Kalau S-Class W221 beda cerita, penyakitan juga itu elektroniknya. Mulai dari seatbelt warning, parking lights warning, ABS warning, dsb padahal pas di cek juga enggak ada apa-apa.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Sep 29, 2018 3:13
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: GSX
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
saturday wrote: ↑Thu Oct 04, 2018 6:42 1538632867647.jpg
F30 2017. Per hari ini baru jalan 1600an km sensor temperatur luar udah ngaco aja padahal enggak pernah ada nabrak ato apa. Kondisi mobil simpanan, ga tentu 2 minggu sekali jalan. Nanti kalau sudah dibongkar saya kasih update apa masalahnya. Heran 2x berturut-turut cicipin BMW kok gini amat
Kalo soal F30 sih menurut saya sih
Plusnya:
Bantingan sudah lebih nyaman dari E60
Peredaman kabin & kaki-kaki lebih kedap dari E60
Tingkat keberatan setir 2 level, comfort & sport
Tingkat respons pedal gas 3 level
Mesin 4 silinder sangat minim getaran
Transmisi 8 speed membuat cruising nyaris di kecepatan berapapun jadi nyaman karena RPM yang sangat rendah. Soal kesigapan kickdown sih cukup aja (kecuali di mode sport akan lebih sedia gantung RPM dan lebih cepet kickdownnya)
Konsumsi BBM cukup irit. Lebih irit dari Civic FD2 dan sedikit lebih irit dari Camry 2.5L 2014
Minus:
Ventilasi udara enggak bisa nutup permanen (Di E60 dan E90 seinget saya masih bisa nutup permanen)
Setir pada mode sport masih terlalu ringan (subjektif)
Sisanya belum tahu minusnya dan seberapa tahan banting mobil ini dibanding E60 & E90 soalnya masih sangat low km. Biar rekan-rekan yang nambahin
KielConstantine wrote: ↑Thu Oct 04, 2018 8:11 Kenapa tuh om saturday wkwkwk -40 derajat men..
Mungkin seputar sensor kelistrikan aja. Thn 2017 sudah lci yah.
-------
@om TS GTea
2012 320i E90lci atau sudah f30 yah?
Klo E90 lci gw kasih sedikit gambaran. Penyakitnya masih sama di seputar mechatronic transmisi, steering rack rembes oli. But it more less to happen drpd sebelom lci. Yg ini agak lebih reliable sedikit kurang lebih. Yg penting oli transmisi ganti aja udah tiap 50rb km sekali. Pabrikan bilang bisa long life, iya longlife sampe jebol tuh matic ZF.
Trus bagian cooling system is a must to take care, jgn sampe diteledorin. Skalinya overheat berabe.
Sisanya yg paling keparat ya sensor2 / modul electronic suka fault muncul di i-drive. Cost repair sih enggak gede yah 1-2 jutaan trgantung apa yg dah kena. Cuman sering kejadian aja, baru benerin sebelah sini, eh enggak lama yg sono kluar fault apalah. kek never ending gitu. Trakhir power window sisi driver gw pas auto up, dy ngebaca ada yg nahan (tangan kejepit pdhl kg ada halangan) trus turun sendiri gitu. Mgkn modulnya kena. Ampe empet sendiri gw wkwkwkwkwkwk.
Atau boleh coba pelihara mercedes dulu klo mau belajar rawat europe. W211 / W212 / W203 / W204 iz gut. Mereka lebih reliable drpd BMW. Parts jg melimpah dan harga parts cenderung lebih murah drpd bmw.
Ini sarann aja, buat bahan pertimbangan.
Om Farizfsa, Om Saturday dan KielConstantinesaturday wrote: ↑Thu Oct 04, 2018 9:15 Jakarta berasa kutub utara -40C. Ini mobil nganggur enggak tau kenapa sudah diem nyaris 2 mingguan pas dinyalain lagi buat dipake udah bunuh diri aja sensor temperaturnya. Mau dibawa ke bengkel juga agak males karena dipakenya jarang banget dan sensor temperatur luar juga bukan fungsi penting si.
Harus diakui kayaknya Mercedes emang lebih enggak penyakitan soal elektroniknya. Pernah ambil E-Class W211 2006 dan W212 2011 dan semuanya bebas masalah. Kedua unit itu sudah dilepas ke kenalan dan sampai saat ini mereka bilang masih bebas masalah elektronik. Kalau S-Class W221 beda cerita, penyakitan juga itu elektroniknya. Mulai dari seatbelt warning, parking lights warning, ABS warning, dsb padahal pas di cek juga enggak ada apa-apa.
Terim kasih atas responnya, sangat membantu sekali.
Sayangnya ini BMW E90 LCI, berarti permasalahannya gak beda jauh ya dengan E60. Duh duh
Sebenernya BMW sendiri apakah termasuk kedalam golongan mobil yang rewel? atau hanya berlaku untuk mobil yang telah berumur?
Selain itu, kalau untuk Mercy C280 3.0 W204 bagaimana feedbacknya?
Maaf ya om apabila saya banyak bertanya. Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 453
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Tetangga punya E46 320i 2004 dan pas saya ngobrol-ngobrol sama dia beberapa minggu lalu dan menurut dia mobil itu sangat reliable kalau soal elektroniknya. Dia pakai sudah segitu lama enggak pernah ada rewel-rewel baik dari segi elektronik, mesin, ataupun transmisi. Yang sering jajan hanya kaki-kakinya tapi saya enggak tanya detail part kaki-kaki mana spesifiknya yang sering jajan. Kapan-kapan saya tanyain kalau ada ngobrol lagi sama dia.
Kalau pengalaman saya dengan BMW sepertinya kurang baik, saya hanya pernah ambil unit second E90 320i tahun 2006 kilometer 80 ribuan dan E60 tahun 2005 dengan kilometer 70 ribuan, yang E90 mobilnya bergetar saya kirain awalnya engine mounting tapi pas dibawa ke bengkel katanya problem di transmisinya karena engine mountingnya dicek masih bagus. Sedangkan yang E60 masalahnya ya seperti post saya diatas.
Rewel atau tidak itu anda yang simpulkan sendiri, saya enggak berani asal ceplos karena pada kasus saya itu kan mobil second, bisa aja karena kelalaian ex-usernya. Yang pasti kalau mobil Eropa mau cukup reliable, pakai dan rawatnya harus telaten.
Kalau pengalaman saya dengan BMW sepertinya kurang baik, saya hanya pernah ambil unit second E90 320i tahun 2006 kilometer 80 ribuan dan E60 tahun 2005 dengan kilometer 70 ribuan, yang E90 mobilnya bergetar saya kirain awalnya engine mounting tapi pas dibawa ke bengkel katanya problem di transmisinya karena engine mountingnya dicek masih bagus. Sedangkan yang E60 masalahnya ya seperti post saya diatas.
Rewel atau tidak itu anda yang simpulkan sendiri, saya enggak berani asal ceplos karena pada kasus saya itu kan mobil second, bisa aja karena kelalaian ex-usernya. Yang pasti kalau mobil Eropa mau cukup reliable, pakai dan rawatnya harus telaten.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2606
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
C280 W204 menurut ane lebih reliable, cari unit yg bagus aja, pr nya kalo ecu udah mulai error (copotan banyak), sensor auto light (di ebay 800rban, disini 3jt), kalo dpt yg ada tombol sport berarti shock depan adaptive suspension ini agak mahal (>10jt).
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
E46/320i 2004...pk N46
Known as one of the worst engine d line up biem
Ngga bs di bilang bandel....ntah tetangga nya yg asal ngecap, atao perbaikan dianggap sbg suat rutin maintenance yg biasa.
Known as one of the worst engine d line up biem
Ngga bs di bilang bandel....ntah tetangga nya yg asal ngecap, atao perbaikan dianggap sbg suat rutin maintenance yg biasa.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Escape
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
Bandung ada bbrp bengkel spesialis bmw seinget saya
Holspec jl burangrang
Bintang jaya makmur jl veteran
BINA jl veteran
Deket gerbang batununggal juga ada spesialis bmw
Coba aja konsul dulu
Holspec jl burangrang
Bintang jaya makmur jl veteran
BINA jl veteran
Deket gerbang batununggal juga ada spesialis bmw
Coba aja konsul dulu
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Oct 25, 2018 6:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ANPS
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
up" ikutan nanya donggg
gmana kalo E65 730IL tahun 2004
kebetulan rawatan dari tmen bokap ada minat mau ambil
dsini ada yg punya pengalaman E65 2004 730il no sunroof , boleh di share yg ada pengalaman e65
gmana kalo E65 730IL tahun 2004
kebetulan rawatan dari tmen bokap ada minat mau ambil
dsini ada yg punya pengalaman E65 2004 730il no sunroof , boleh di share yg ada pengalaman e65
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Jul 16, 2008 7:20
Re: [ASK] BMW E60 3 530i
pernah melihara E60 tahun 2004, mesin masih M54
saya beli dalam kondisi KM 155.000 (km tol, impor dr amrik)
beberapa hal yang pernah ane ganti selama 2 tahun:
- air radiator pernah bocor, pas diselidiki ada pipa plastik yang pecah, sparepart 2 USD, labor 50 USD (setelah 8 bulan dimiliki)
- Ganti kampas rem 4-4 nya - USD 250 (sejak beli)
- Ganti Shock depan @USD 125(sejak beli)
- Ganti rotor belakang @200 USD(sejak beli)
- ganti radiator transmisi USD 200(sejak beli)
- ganti Torque Converter @350 USD (penyakit bawaan)
tarikan mantap, kelistrikan nggak ada masalah. terakhir dilepas dengan KM 175.000
saya beli dalam kondisi KM 155.000 (km tol, impor dr amrik)
beberapa hal yang pernah ane ganti selama 2 tahun:
- air radiator pernah bocor, pas diselidiki ada pipa plastik yang pecah, sparepart 2 USD, labor 50 USD (setelah 8 bulan dimiliki)
- Ganti kampas rem 4-4 nya - USD 250 (sejak beli)
- Ganti Shock depan @USD 125(sejak beli)
- Ganti rotor belakang @200 USD(sejak beli)
- ganti radiator transmisi USD 200(sejak beli)
- ganti Torque Converter @350 USD (penyakit bawaan)
tarikan mantap, kelistrikan nggak ada masalah. terakhir dilepas dengan KM 175.000
1994 Honda EG6 Red
2008 BMW E60 525i Black
2011 Audi B8 TFSI Black
2015 Honda GK5 Black
2017 Honda DD4 SIlver
2008 BMW E60 525i Black
2011 Audi B8 TFSI Black
2015 Honda GK5 Black
2017 Honda DD4 SIlver