Ferio
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun May 20, 2018 9:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Ferio
Ferio
Dear para suhu,
Salam kenal,
Saya newbie otomotif, saya punya mobil honda civic ferio '96. (sudah 22 Tahun) akhir2 ini saya rasakan tenaga mobil rada loyo klo nanjak, puncak nya pas ke dago atas, kagak kuat nanjak si fio, trus suara engine nya agak kasar. Mohon info dari para suhu atau yg punya pengalaman. Masalah dimana? apakah cuman di copling nya eniwei type mesin masih standart D16.
Problem kedua, saya pernah ganti pully cranks shaft karena spie nya jebol dan belt utk ac, power steering dan accurate tidak jalan. sudah diakali, tapi agak sedikit khawatir klo jalan Panjang. Takut nanti jebol lagi.
Salam kenal,
Saya newbie otomotif, saya punya mobil honda civic ferio '96. (sudah 22 Tahun) akhir2 ini saya rasakan tenaga mobil rada loyo klo nanjak, puncak nya pas ke dago atas, kagak kuat nanjak si fio, trus suara engine nya agak kasar. Mohon info dari para suhu atau yg punya pengalaman. Masalah dimana? apakah cuman di copling nya eniwei type mesin masih standart D16.
Problem kedua, saya pernah ganti pully cranks shaft karena spie nya jebol dan belt utk ac, power steering dan accurate tidak jalan. sudah diakali, tapi agak sedikit khawatir klo jalan Panjang. Takut nanti jebol lagi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2898
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Ferio
lembiru aja... ganti cibo
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ferio
BTW ini dopost & salah forum ya, mod tolong pindahkan ke tempat yg benar...
Mobilnya terakhir servis kapan?
Setau sy salahsatu penyebab plg sederhana mobil loyo adalah filter2 pada mampet...
Mobilnya terakhir servis kapan?
Setau sy salahsatu penyebab plg sederhana mobil loyo adalah filter2 pada mampet...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 457
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Ferio
Setuju sama om Coklatmetalik
Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ferio
tenaga loyo penyebabnya cuma 2, plat kopling habis (M/T) atau dari kemampuan mesin yang sudah turun drastis.
kalau hanya plat kopling, ganti saja 1 set (clutch plate, clutch cover, clutch release bearing) plus bearing/bushing yang nempel di flywheel.
jika masalah dari mesin, banyak penyebab dan wajip diperiksa satu per satu masalahnya darimana. coba diperiksa :
- ignition (busi, kabel busi, ignition coil, tutup distributor, ignition timing).
- suplai bahan bakar (pompa bensin, jalur bahan bakar dari tengki ke mesin, filter bensin, injektor).
- compression test (dari sini bisa terlihat kondisi mesin sudah waktunya overhaul atau sehat).
- valve clearence.
- selang-selang vakum.
semoga membantu.
kalau hanya plat kopling, ganti saja 1 set (clutch plate, clutch cover, clutch release bearing) plus bearing/bushing yang nempel di flywheel.
jika masalah dari mesin, banyak penyebab dan wajip diperiksa satu per satu masalahnya darimana. coba diperiksa :
- ignition (busi, kabel busi, ignition coil, tutup distributor, ignition timing).
- suplai bahan bakar (pompa bensin, jalur bahan bakar dari tengki ke mesin, filter bensin, injektor).
- compression test (dari sini bisa terlihat kondisi mesin sudah waktunya overhaul atau sehat).
- valve clearence.
- selang-selang vakum.
semoga membantu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ferio
gadjahalphien wrote: ↑Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik
Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
carbon clean adalah jalan termudah untuk menghilangkan deposit karbon di ruang bakar, tetapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku, dan tidak bisa semua mesin disamaratakan asal carbon clean.
jika mesin sudah berumur lebih dari 10 tahun dan mekanik tidak mengetahui persis riwayatnya, wajip compression test terlebih dahulu sebelum carbon clean untuk mencegah cairan pembersih tersebut terbuang percuma ke dalam oil pan melalui celah antara piston dan silinder.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 457
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Ferio
Terima kasih um Marmut untuk tambahan ilmunya.marmut wrote: ↑Mon May 21, 2018 3:09gadjahalphien wrote: ↑Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik
Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
carbon clean adalah jalan termudah untuk menghilangkan deposit karbon di ruang bakar, tetapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku, dan tidak bisa semua mesin disamaratakan asal carbon clean.
jika mesin sudah berumur lebih dari 10 tahun dan mekanik tidak mengetahui persis riwayatnya, wajip compression test terlebih dahulu sebelum carbon clean untuk mencegah cairan pembersih tersebut terbuang percuma ke dalam oil pan melalui celah antara piston dan silinder.
Agak OOT, kalo compare carbon clean dg italian tune (geber high rpm dlm beberapa menit), mana yg lebih efektif om Marmut?
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ferio
tergantung dari kondisi mesin dan jumlah deposit kerak yang ada di dalam mesin.gadjahalphien wrote: ↑Tue May 22, 2018 2:16
-
Agak OOT, kalo compare carbon clean dg italian tune (geber high rpm dlm beberapa menit), mana yg lebih efektif om Marmut?
kalau jumlah keraknya sudah terlalu banyak, mau di italian tune up sampe lebaran kuda pun ngga ada hasil.
yang pasti, penggunaan BBM yang tepat, dan memperlakukan kendaraan sebagaimana mestinya, bisa membantu mengurangi deposit kerak di dalam mesin.
ingat petuah om Turboman, jangan jadikan mobil seperti genset.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
- Location: Jakarta
Re: Ferio
Suhu ferio n master genset ud turun pesawat nihgadjahalphien wrote: ↑Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik
Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
Colin McRae
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 457
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Ferio
Masih jauh uumtremonti wrote: ↑Tue May 22, 2018 5:29Suhu ferio n master genset ud turun pesawat nihgadjahalphien wrote: ↑Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik
Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
Bukan suhu
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Ferio
Bongkar total overhoul.
Namanya juga mobil 22 tahun, kandang kudanya pasti pada lapuk. Kudanya satu dua kabur lewat celah-celahnya
Namanya juga mobil 22 tahun, kandang kudanya pasti pada lapuk. Kudanya satu dua kabur lewat celah-celahnya
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ferio
koreksi.coklatMetalik wrote: ↑Tue May 22, 2018 13:48 Nah setelah kasih oli yg agak encer (misalnya 10w40) liat knalpot, kalo jd berasap putih bisa jadi kompresi bocor
1. 10w40 bukan kategori oli encer.
2. asap putih nggak ada hubungan dengan kompresi bocor.
asap putih karena oli terbakar penyebabnya bisa dari seal klep, valve guide, ring piston paling bawah (#3) sudah tidak sanggup menyekat celah antara piston dengan dinding silinder, atau dinding silinder yang ngantong (diameter silinder lebih besar di bagian tengah seperti gentong).
kompresi yang bocor (disebabkan oleh ring piston #1 atau #2 atau keduanya, atau dari klep yang sudah tidak duduk sempurna di valve seat-nya) tidak harus mengeluarkan asap putih dari ujung knalpot.
begitupun apabila keluar asap putih dari ujung knalpot karena ada oli yang masuk ke ruang bakar, belum tentu kompresi ikut hilang/menurun.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ferio
Terima kasih koreksinyamarmut wrote: ↑Tue May 22, 2018 14:22koreksi.coklatMetalik wrote: ↑Tue May 22, 2018 13:48 Nah setelah kasih oli yg agak encer (misalnya 10w40) liat knalpot, kalo jd berasap putih bisa jadi kompresi bocor
1. 10w40 bukan kategori oli encer.
2. asap putih nggak ada hubungan dengan kompresi bocor.
asap putih karena oli terbakar penyebabnya bisa dari seal klep, valve guide, ring piston paling bawah (#3) sudah tidak sanggup menyekat celah antara piston dengan dinding silinder, atau dinding silinder yang ngantong (diameter silinder lebih besar di bagian tengah seperti gentong).
kompresi yang bocor (disebabkan oleh ring piston #1 atau #2 atau keduanya, atau dari klep yang sudah tidak duduk sempurna di valve seat-nya) tidak harus mengeluarkan asap putih dari ujung knalpot.
begitupun apabila keluar asap putih dari ujung knalpot karena ada oli yang masuk ke ruang bakar, belum tentu kompresi ikut hilang/menurun.
Setau sy utk mobil taun 90an 10w40 udh termasuk encer krn di zamannya kan rata2 pake 20w50
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ferio
coklatMetalik wrote: ↑Tue May 22, 2018 16:18
-
Setau sy utk mobil taun 90an 10w40 udh termasuk encer krn di zamannya kan rata2 pake 20w50
saya pikir juga seperti itu. tapi coba lihat lagi manual book mobil-mobil tahun 80an, nggak sedikit yang minta 10w30.