Ferio

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Sahat
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun May 20, 2018 9:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ferio

Ferio

Post by Sahat »

Dear para suhu,

Salam kenal,

Saya newbie otomotif, saya punya mobil honda civic ferio '96. (sudah 22 Tahun) :big_grin: akhir2 ini saya rasakan tenaga mobil rada loyo klo nanjak, puncak nya pas ke dago atas, kagak kuat nanjak si fio, :big_cry: trus suara engine nya agak kasar. Mohon info dari para suhu atau yg punya pengalaman. Masalah dimana? apakah cuman di copling nya :big_think: eniwei type mesin masih standart D16.

Problem kedua, saya pernah ganti pully cranks shaft karena spie nya jebol dan belt utk ac, power steering dan accurate tidak jalan. :big_dunno: sudah diakali, tapi agak sedikit khawatir klo jalan Panjang. Takut nanti jebol lagi.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Ferio

Post by martinnn »

lembiru aja... ganti cibo :mky_06: :mky_06:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ferio

Post by coklatMetalik »

BTW ini dopost & salah forum ya, mod tolong pindahkan ke tempat yg benar...

Mobilnya terakhir servis kapan?
Setau sy salahsatu penyebab plg sederhana mobil loyo adalah filter2 pada mampet...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Ferio

Post by gadjahalphien »

Setuju sama om Coklatmetalik

Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ferio

Post by marmut »

tenaga loyo penyebabnya cuma 2, plat kopling habis (M/T) atau dari kemampuan mesin yang sudah turun drastis.

kalau hanya plat kopling, ganti saja 1 set (clutch plate, clutch cover, clutch release bearing) plus bearing/bushing yang nempel di flywheel.

jika masalah dari mesin, banyak penyebab dan wajip diperiksa satu per satu masalahnya darimana. coba diperiksa :
- ignition (busi, kabel busi, ignition coil, tutup distributor, ignition timing).
- suplai bahan bakar (pompa bensin, jalur bahan bakar dari tengki ke mesin, filter bensin, injektor).
- compression test (dari sini bisa terlihat kondisi mesin sudah waktunya overhaul atau sehat).
- valve clearence.
- selang-selang vakum.

semoga membantu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ferio

Post by marmut »

gadjahalphien wrote: Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik

Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean

carbon clean adalah jalan termudah untuk menghilangkan deposit karbon di ruang bakar, tetapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku, dan tidak bisa semua mesin disamaratakan asal carbon clean.
jika mesin sudah berumur lebih dari 10 tahun dan mekanik tidak mengetahui persis riwayatnya, wajip compression test terlebih dahulu sebelum carbon clean untuk mencegah cairan pembersih tersebut terbuang percuma ke dalam oil pan melalui celah antara piston dan silinder.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Ferio

Post by gadjahalphien »

marmut wrote: Mon May 21, 2018 3:09
gadjahalphien wrote: Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik

Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean

carbon clean adalah jalan termudah untuk menghilangkan deposit karbon di ruang bakar, tetapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku, dan tidak bisa semua mesin disamaratakan asal carbon clean.
jika mesin sudah berumur lebih dari 10 tahun dan mekanik tidak mengetahui persis riwayatnya, wajip compression test terlebih dahulu sebelum carbon clean untuk mencegah cairan pembersih tersebut terbuang percuma ke dalam oil pan melalui celah antara piston dan silinder.
Terima kasih um Marmut untuk tambahan ilmunya.
Agak OOT, kalo compare carbon clean dg italian tune (geber high rpm dlm beberapa menit), mana yg lebih efektif om Marmut?
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ferio

Post by marmut »

gadjahalphien wrote: Tue May 22, 2018 2:16
-

Agak OOT, kalo compare carbon clean dg italian tune (geber high rpm dlm beberapa menit), mana yg lebih efektif om Marmut?
tergantung dari kondisi mesin dan jumlah deposit kerak yang ada di dalam mesin.
kalau jumlah keraknya sudah terlalu banyak, mau di italian tune up sampe lebaran kuda pun ngga ada hasil.
yang pasti, penggunaan BBM yang tepat, dan memperlakukan kendaraan sebagaimana mestinya, bisa membantu mengurangi deposit kerak di dalam mesin.
ingat petuah om Turboman, jangan jadikan mobil seperti genset.
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: Ferio

Post by tremonti »

gadjahalphien wrote: Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik

Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
Suhu ferio n master genset ud turun pesawat nih
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Ferio

Post by gadjahalphien »

tremonti wrote: Tue May 22, 2018 5:29
gadjahalphien wrote: Mon May 21, 2018 1:13 Setuju sama om Coklatmetalik

Coba ganti filter2 yg ada, dan coba carbon clean
Suhu ferio n master genset ud turun pesawat nih
Masih jauh uum
Bukan suhu
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ferio

Post by octafiantos »

Bongkar total overhoul.
Namanya juga mobil 22 tahun, kandang kudanya pasti pada lapuk. Kudanya satu dua kabur lewat celah-celahnya :D
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ferio

Post by sintoni »

martinnn wrote: Sun May 20, 2018 11:25 lembiru aja... ganti cibo :mky_06: :mky_06:
Mantap idenya.

Kalo ane sih carbon clean dll dulu, kasi oli agak encer jg coba.

Filter juga bener sih, takut mampet jadi udara segar ga bisa masuk.

Kalo ga bisa ya overhaul aja.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ferio

Post by coklatMetalik »

Nah setelah kasih oli yg agak encer (misalnya 10w40) liat knalpot, kalo jd berasap putih bisa jadi kompresi bocor
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ferio

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Tue May 22, 2018 13:48 Nah setelah kasih oli yg agak encer (misalnya 10w40) liat knalpot, kalo jd berasap putih bisa jadi kompresi bocor
koreksi.

1. 10w40 bukan kategori oli encer.
2. asap putih nggak ada hubungan dengan kompresi bocor.

asap putih karena oli terbakar penyebabnya bisa dari seal klep, valve guide, ring piston paling bawah (#3) sudah tidak sanggup menyekat celah antara piston dengan dinding silinder, atau dinding silinder yang ngantong (diameter silinder lebih besar di bagian tengah seperti gentong).

kompresi yang bocor (disebabkan oleh ring piston #1 atau #2 atau keduanya, atau dari klep yang sudah tidak duduk sempurna di valve seat-nya) tidak harus mengeluarkan asap putih dari ujung knalpot.
begitupun apabila keluar asap putih dari ujung knalpot karena ada oli yang masuk ke ruang bakar, belum tentu kompresi ikut hilang/menurun.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ferio

Post by coklatMetalik »

marmut wrote: Tue May 22, 2018 14:22
coklatMetalik wrote: Tue May 22, 2018 13:48 Nah setelah kasih oli yg agak encer (misalnya 10w40) liat knalpot, kalo jd berasap putih bisa jadi kompresi bocor
koreksi.

1. 10w40 bukan kategori oli encer.
2. asap putih nggak ada hubungan dengan kompresi bocor.

asap putih karena oli terbakar penyebabnya bisa dari seal klep, valve guide, ring piston paling bawah (#3) sudah tidak sanggup menyekat celah antara piston dengan dinding silinder, atau dinding silinder yang ngantong (diameter silinder lebih besar di bagian tengah seperti gentong).

kompresi yang bocor (disebabkan oleh ring piston #1 atau #2 atau keduanya, atau dari klep yang sudah tidak duduk sempurna di valve seat-nya) tidak harus mengeluarkan asap putih dari ujung knalpot.
begitupun apabila keluar asap putih dari ujung knalpot karena ada oli yang masuk ke ruang bakar, belum tentu kompresi ikut hilang/menurun.
Terima kasih koreksinya
Setau sy utk mobil taun 90an 10w40 udh termasuk encer krn di zamannya kan rata2 pake 20w50
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ferio

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Tue May 22, 2018 16:18
-

Setau sy utk mobil taun 90an 10w40 udh termasuk encer krn di zamannya kan rata2 pake 20w50

saya pikir juga seperti itu. tapi coba lihat lagi manual book mobil-mobil tahun 80an, nggak sedikit yang minta 10w30.