Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by gadjahalphien »

larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 4:43 Buat mobil berat seperti Fortuner masuk akal tapi untuk mobil ringan tidak signifikan menurut Paul Tan Malaysia. Waktu itu dibuktikan pake vios diskbrake dpn blkg vs city blkg tromol.
Sepertinya tetap perlu belakang ganti cakram deh om.
Pengalaman make A3 jadul, rem dadakan dari 190 ke 60 masih kedodoran kok untuk nurunin kecepatan.
Kalo masi tromol, yakin dah nyundul kontainer waktu itu.

Apalagi ini pake engine TSI, yg mudah banget sampe 160 up.

Memang pengetesan ideal di angka 80 down to zero.
Tapi aktual user yg bakal beli VRS, apa sekedar 80 to zero aja?
Saya rasa justru dg versi spesial gini, mereka bakalan lebih tinggi initial speed saat sudden brake
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by alvin23 »

martinnn wrote: Sun Apr 29, 2018 5:17 Spesial utk indon ? Pass ... Masih blom yakin durability Dan kualitasnya
Saya cuma penasaran gimana caranya dia bisa dapet ijin dari prinsipal buat tuning ini sendiri
risetnya kaya apa juga saya penasaran
karena ngeluarin varian ini berarti harusnya principal kan tau dan approve dong
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by grandis_GT »

Indonesian market only :big_smoking:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by josomba »

larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 7:03
Oops, sorry sy salah memahami reply u. Sy kasi pembanding Vios&City krn sy pikir tidak jd masalah Polo VRS pake tromol..

Jujur saja sy tidak tau kelebihan tromol. Juga tdk tau kenapa bus truck pake tromol. Mungkin klo mobil angkutan ceritanya bisa beda.
Tromol menang murahnya om. Durability juga much longer daripada disk brake dan maintenance cost juga lebih rendah. Misalkan mobil om yang depan disk brake dan belakang tromol, biasanya penggantian brake pad si disk brake bisa 2x ganti brake pad (kadang bisa 3x) baru akhirnya brake shoe tromol ikut ganti kan?

http://www.startribune.com/disc-brakes- ... /90866619/
https://www.quora.com/Why-are-drum-brak ... -messy-job
http://procarmechanics.com/differences- ... sc-brakes/
Image
larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by larakifulgura »

gadjahalphien wrote: Sun Apr 29, 2018 7:50
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 4:43 Buat mobil berat seperti Fortuner masuk akal tapi untuk mobil ringan tidak signifikan menurut Paul Tan Malaysia. Waktu itu dibuktikan pake vios diskbrake dpn blkg vs city blkg tromol.
Sepertinya tetap perlu belakang ganti cakram deh om.
Pengalaman make A3 jadul, rem dadakan dari 190 ke 60 masih kedodoran kok untuk nurunin kecepatan.
Kalo masi tromol, yakin dah nyundul kontainer waktu itu.

Apalagi ini pake engine TSI, yg mudah banget sampe 160 up.

Memang pengetesan ideal di angka 80 down to zero.
Tapi aktual user yg bakal beli VRS, apa sekedar 80 to zero aja?
Saya rasa justru dg versi spesial gini, mereka bakalan lebih tinggi initial speed saat sudden brake
Apakah semakin tinggi kecepatan ketika deselerasi semakin besar manfaat dari penggunaan cakram?
2017 Toyota Camry 2.5V
larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by larakifulgura »

josomba wrote: Sun Apr 29, 2018 8:59
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 7:03
Oops, sorry sy salah memahami reply u. Sy kasi pembanding Vios&City krn sy pikir tidak jd masalah Polo VRS pake tromol..

Jujur saja sy tidak tau kelebihan tromol. Juga tdk tau kenapa bus truck pake tromol. Mungkin klo mobil angkutan ceritanya bisa beda.
Tromol menang murahnya om. Durability juga much longer daripada disk brake dan maintenance cost juga lebih rendah. Misalkan mobil om yang depan disk brake dan belakang tromol, biasanya penggantian brake pad si disk brake bisa 2x ganti brake pad (kadang bisa 3x) baru akhirnya brake shoe tromol ikut ganti kan?

http://www.startribune.com/disc-brakes- ... /90866619/
https://www.quora.com/Why-are-drum-brak ... -messy-job
http://procarmechanics.com/differences- ... sc-brakes/
Dari pengalaman memang seperti itu. Bagian depan lebih cepat diganti ketimbang belakang
2017 Toyota Camry 2.5V
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by michaelgiri93 »

josomba wrote: Sun Apr 29, 2018 8:59
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 7:03
Oops, sorry sy salah memahami reply u. Sy kasi pembanding Vios&City krn sy pikir tidak jd masalah Polo VRS pake tromol..

Jujur saja sy tidak tau kelebihan tromol. Juga tdk tau kenapa bus truck pake tromol. Mungkin klo mobil angkutan ceritanya bisa beda.
Tromol menang murahnya om. Durability juga much longer daripada disk brake dan maintenance cost juga lebih rendah. Misalkan mobil om yang depan disk brake dan belakang tromol, biasanya penggantian brake pad si disk brake bisa 2x ganti brake pad (kadang bisa 3x) baru akhirnya brake shoe tromol ikut ganti kan?

http://www.startribune.com/disc-brakes- ... /90866619/
https://www.quora.com/Why-are-drum-brak ... -messy-job
http://procarmechanics.com/differences- ... sc-brakes/
Bener sih om lebih murah, hanya kalo soal keawetan itu karena sistem remnya om.
Rem depan kerjanya lebih keras dibandingkan rem belakang, jadi mau cakram semua tromol semua beda cakram tromol pun ya itu tetep yg depan udah ganti 2-3 kali baru kampas rem belakang ganti.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Winz »

jivos wrote: Sun Apr 29, 2018 6:39
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 6:26 Logika salahnya yg ini

*fortuner...lbh berat tromol better...trus nitip tanya balik lg...trus 42trd yg pk cakram emang lbh ringan?

Fortuner mau vrz srz trd tetap aja bukan mobil ringan.
Klo ini awal nulis sy sdh tau semua sama berat (plg beda" tipis) ....yg mw sy highlight....alasan yg disbt tyt knp tetep pk tromol (bkn faktor berat saja).....akan bikin anda ngakak" begitu dia ngeluarin TRD dg 4cakram nya....spt sy sebut diatas ...telen ludah balik.
Semua ANF produksi setelah GIASS 2017 kaya’nya cakram semua, om, termasuk seri G, VRZ dan SRZ, cmiiw :big_peace:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy »

larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 6:10
Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 5:45
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 4:43

Buat mobil berat seperti Fortuner masuk akal tapi untuk mobil ringan tidak signifikan menurut Paul Tan Malaysia. Waktu itu dibuktikan pake vios diskbrake dpn blkg vs city blkg tromol.

Objections refused. Ini mobil lumayan bertenaga, lincah dan untuk kecepatan tinggi, tapi berani ambil risiko dengan tromol? That's a big no no :mky_ tromol itu memang utk mobil bermassa besar yang membutuhkan pengereman pakem tapi tidak direkomendasikan apabila digunakan dalam kecepatan tinggi karena rawan blong yang diakibatkan rem yang terlalu panas. CMIIW
Braking test Paul Tan pada kecepatan 80kph sampe 0. Vios pake discbrake dpn blkg, City blkg tromol. Vios lebih baik tp tidak signifikan. Untuk mobil yg ringan dikatakan tidak signifikan.
Saya coba jawab jawab dengan referensi yang saya punya selama ini melalui review atau teori secara teknis. Mohon koreksi.

Gausah jauh2 Paul Tan yg dari luar negeri, Fitra Eri pembalap nasional yg rajin review2 mobil juga bilang bahwa mobil Polo ini sangat fun to drive, sangat cocok utk dipakai kebut2an di sirkuit, namun utk sistem pengereman direkomendasikan agar ditingkatkan lagi performa rem nya dengan mengganti minimal, tromol itu dengan discbrake. Apa Paul Tan ngetes Vios tromol dengan City diskbrake itu cuma satu kali race 80 ke 0?

Bagaimana kalo keadaannya diubah jadi endurance test, bukan lagi 80 ke 0 tapi menjadi sebuah race test yang mengharuskan keliling sirkuit dengan rem digunakan layaknya saat balap di sirkuit. Apa hasilnya tetap sama? Belum tentu. Salah satu kelemahan rem tromol adalah kelemahannya dalam pembuangan panas yg diakibatkan oleh friksi antara kampas dengan drum yg tertutup rapat itu. Efeknya apa? Kampas menjadi sangat panas lalu mempengaruhi sistem hidrolik sehingga tekanan terlampau tinggi membuat kampas tidak lagi menerima tekanan hidrolik namun nembak balik ke booster kemudian menjadi membal dan ga gigit lagi ke permukaan gesek yang pada akhirnya terjadilah sebuah situasi yang dinamakan rem blong. Kelemahan lainnya adalah kemampuan membuang debu sisa pengereman yang terkungkung terus dalam selubung drum rem yang mengharuskan ada pembersihan berkala guna menjaga efektivitas pengereman dari debu dan kotoran.

Tapi untuk pakem, lebih pakem mana? REM TROMOL JAWABANNYA, tapi karena kelemahan itulah rem tromol tidak direkomendasikan untuk kendaraan berkecepatan tinggi.

Sedang rem cakram kenapa tetep dipake sama mobil balap padahal kalah pakem? Rem cakram itu tidak punya kepakeman sebaik rem tromol, tapi kelebihan rem cakram adalah kemampuan mengusir panas yang dihasilkan dari friksi antara kampas dengan bidang gesek lebih baik daripada rem tromol sehingga efek rem blong tadi bisa diminimalkan. Selain itu, debu2 sisa gesekan kampas tadi lebih cepat bersih karena terkena angin saat berkendara sehingga efektivitas pengereman tetap terjaga karena bidang gesek lebih bersih dan rata.
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy »

josomba wrote: Sun Apr 29, 2018 8:59
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 7:03
Oops, sorry sy salah memahami reply u. Sy kasi pembanding Vios&City krn sy pikir tidak jd masalah Polo VRS pake tromol..

Jujur saja sy tidak tau kelebihan tromol. Juga tdk tau kenapa bus truck pake tromol. Mungkin klo mobil angkutan ceritanya bisa beda.
Tromol menang murahnya om. Durability juga much longer daripada disk brake dan maintenance cost juga lebih rendah. Misalkan mobil om yang depan disk brake dan belakang tromol, biasanya penggantian brake pad si disk brake bisa 2x ganti brake pad (kadang bisa 3x) baru akhirnya brake shoe tromol ikut ganti kan?

http://www.startribune.com/disc-brakes- ... /90866619/
https://www.quora.com/Why-are-drum-brak ... -messy-job
http://procarmechanics.com/differences- ... sc-brakes/
Saya pikir ga murah2 amat kok. Saya lupa harga tromol di mobil itu berapa, uda lama Juke saya pernah ganti kampas tromol tapi lupa. Kalo motor aja. Harga sepatu rem disk brake ada di kisaran 70 ribuan, sementara sepatu rem tromol bisa tembus 230 ribuan. Utk keawetan, malah hasilnya sama2 aja. Kenapa kalo di mobil kok awet yang roda belakang? Karena pengereman paling utama di mobil itu adalah di rem depan sementara rem belakang itu fungsinya cuma pas ketika handbrake atau ketika stability control bekerja. Kalo mobil non stability control, rem belakang jarang banget kepake kecuali pas handbrake tadi. Mohon koreksi
:frm_snipper: :snipersmile:
larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by larakifulgura »

Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 10:10
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 6:10
Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 5:45

Objections refused. Ini mobil lumayan bertenaga, lincah dan untuk kecepatan tinggi, tapi berani ambil risiko dengan tromol? That's a big no no :mky_ tromol itu memang utk mobil bermassa besar yang membutuhkan pengereman pakem tapi tidak direkomendasikan apabila digunakan dalam kecepatan tinggi karena rawan blong yang diakibatkan rem yang terlalu panas. CMIIW
Braking test Paul Tan pada kecepatan 80kph sampe 0. Vios pake discbrake dpn blkg, City blkg tromol. Vios lebih baik tp tidak signifikan. Untuk mobil yg ringan dikatakan tidak signifikan.
Saya coba jawab jawab dengan referensi yang saya punya selama ini melalui review atau teori secara teknis. Mohon koreksi.

Gausah jauh2 Paul Tan yg dari luar negeri, Fitra Eri pembalap nasional yg rajin review2 mobil juga bilang bahwa mobil Polo ini sangat fun to drive, sangat cocok utk dipakai kebut2an di sirkuit, namun utk sistem pengereman direkomendasikan agar ditingkatkan lagi performa rem nya dengan mengganti minimal, tromol itu dengan discbrake. Apa Paul Tan ngetes Vios tromol dengan City diskbrake itu cuma satu kali race 80 ke 0?

Bagaimana kalo keadaannya diubah jadi endurance test, bukan lagi 80 ke 0 tapi menjadi sebuah race test yang mengharuskan keliling sirkuit dengan rem digunakan layaknya saat balap di sirkuit. Apa hasilnya tetap sama? Belum tentu. Salah satu kelemahan rem tromol adalah kelemahannya dalam pembuangan panas yg diakibatkan oleh friksi antara kampas dengan drum yg tertutup rapat itu. Efeknya apa? Kampas menjadi sangat panas lalu mempengaruhi sistem hidrolik sehingga tekanan terlampau tinggi membuat kampas tidak lagi menerima tekanan hidrolik namun nembak balik ke booster kemudian menjadi membal dan ga gigit lagi ke permukaan gesek yang pada akhirnya terjadilah sebuah situasi yang dinamakan rem blong. Kelemahan lainnya adalah kemampuan membuang debu sisa pengereman yang terkungkung terus dalam selubung drum rem yang mengharuskan ada pembersihan berkala guna menjaga efektivitas pengereman dari debu dan kotoran.

Tapi untuk pakem, lebih pakem mana? REM TROMOL JAWABANNYA, tapi karena kelemahan itulah rem tromol tidak direkomendasikan untuk kendaraan berkecepatan tinggi.

Sedang rem cakram kenapa tetep dipake sama mobil balap padahal kalah pakem? Rem cakram itu tidak punya kepakeman sebaik rem tromol, tapi kelebihan rem cakram adalah kemampuan mengusir panas yang dihasilkan dari friksi antara kampas dengan bidang gesek lebih baik daripada rem tromol sehingga efek rem blong tadi bisa diminimalkan. Selain itu, debu2 sisa gesekan kampas tadi lebih cepat bersih karena terkena angin saat berkendara sehingga efektivitas pengereman tetap terjaga karena bidang gesek lebih bersih dan rata.
Thank you buat pencerahannya 👍

Sy masi penasaran kenapa bus&truck pakai tromol?
2017 Toyota Camry 2.5V
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy »

larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 10:35
Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 10:10
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 6:10

Braking test Paul Tan pada kecepatan 80kph sampe 0. Vios pake discbrake dpn blkg, City blkg tromol. Vios lebih baik tp tidak signifikan. Untuk mobil yg ringan dikatakan tidak signifikan.
Saya coba jawab jawab dengan referensi yang saya punya selama ini melalui review atau teori secara teknis. Mohon koreksi.

Gausah jauh2 Paul Tan yg dari luar negeri, Fitra Eri pembalap nasional yg rajin review2 mobil juga bilang bahwa mobil Polo ini sangat fun to drive, sangat cocok utk dipakai kebut2an di sirkuit, namun utk sistem pengereman direkomendasikan agar ditingkatkan lagi performa rem nya dengan mengganti minimal, tromol itu dengan discbrake. Apa Paul Tan ngetes Vios tromol dengan City diskbrake itu cuma satu kali race 80 ke 0?

Bagaimana kalo keadaannya diubah jadi endurance test, bukan lagi 80 ke 0 tapi menjadi sebuah race test yang mengharuskan keliling sirkuit dengan rem digunakan layaknya saat balap di sirkuit. Apa hasilnya tetap sama? Belum tentu. Salah satu kelemahan rem tromol adalah kelemahannya dalam pembuangan panas yg diakibatkan oleh friksi antara kampas dengan drum yg tertutup rapat itu. Efeknya apa? Kampas menjadi sangat panas lalu mempengaruhi sistem hidrolik sehingga tekanan terlampau tinggi membuat kampas tidak lagi menerima tekanan hidrolik namun nembak balik ke booster kemudian menjadi membal dan ga gigit lagi ke permukaan gesek yang pada akhirnya terjadilah sebuah situasi yang dinamakan rem blong. Kelemahan lainnya adalah kemampuan membuang debu sisa pengereman yang terkungkung terus dalam selubung drum rem yang mengharuskan ada pembersihan berkala guna menjaga efektivitas pengereman dari debu dan kotoran.

Tapi untuk pakem, lebih pakem mana? REM TROMOL JAWABANNYA, tapi karena kelemahan itulah rem tromol tidak direkomendasikan untuk kendaraan berkecepatan tinggi.

Sedang rem cakram kenapa tetep dipake sama mobil balap padahal kalah pakem? Rem cakram itu tidak punya kepakeman sebaik rem tromol, tapi kelebihan rem cakram adalah kemampuan mengusir panas yang dihasilkan dari friksi antara kampas dengan bidang gesek lebih baik daripada rem tromol sehingga efek rem blong tadi bisa diminimalkan. Selain itu, debu2 sisa gesekan kampas tadi lebih cepat bersih karena terkena angin saat berkendara sehingga efektivitas pengereman tetap terjaga karena bidang gesek lebih bersih dan rata.
Thank you buat pencerahannya 👍

Sy masi penasaran kenapa bus&truck pakai tromol?
Sesuai dengan yang saya bilang tadi, jenis rem apa yg paling pakem? Jawabannya ya rem tromol. Tapi dengan segala kelebihan yang dihasilkan rem cakram, knapa ga pake rem cakram aja? Jawabannya, rem cakram memang cocok utk menghentikan mobil dengan kelajuan yang tinggi namun tidak cukup kuat (bukan cukup pakem) untuk menghentikan mobil dengan massa yang besar. Ditambah lagi, mobil dengan massa besar tidak selalu berada dalam kelajuan tinggi sehingga pengereman dengan tromol masih mumpuni untuk menghentikan laju mobil2 besar tersebut. Kalo rem2 truk gitu diganti cakram gimana? Malah bahayain, karena pencengkeram cakram tidak didesain untuk mobil bermassa besar yang dikhawatirkan terjadinya rem blong akibat ketidakmampuan cakram menahan beban besar dari truk maupun bus. Tapi kalo gitu kenapa udah tau make tromol trus rawan blong karena panas, dikasi rem cakram malah ga boleh, baiknya gimana? Siasatin dengan adanya pendinginan rem melalui istirahat sebentar setelah pengereman panjang. Jamak dilakukan bus bus ato truk AKAP yang nurut peraturan, kalo yang bandel ya gaspol terus sampe blong makanya banyak kejadian bus nyusruk jurang.

Balik lagi k topik semula, kalo udah tau rem tromol itu pakem dan direkomendasikan utk kendaraan berbeban besar, kenapa Polo yang seukuran kutu itu ga pake tromol aja? Inget, performa pengereman itu salah satunya dipengaruhi oleh suhu, yang kalo di kendaraan berbeban besar menggunakan rem tromol itu perlu ada jeda pendinginan supaya pengereman optimal. Nah, critanya Polo ini kan miniatur mobil balap. Ga lucu dong kalo beberapa lap sekali harus pendinginan rem kayak bus-truk AKAP biar pengereman optimal. Supaya menyiasati adanya suhu dalam pengereman, maka rem cakram adalah solusi ideal mengingat kemampuan pembuangan panas jenis rem ini jauh lebih baik daripada rem tromol sebagaimana udah saya singgung diatas :mky_01:
:frm_snipper: :snipersmile:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by pengendiesel »

Nyimak dulu dengan serius... :frm_salut:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pugman »

larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 4:43
Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 3:48 Satu hal yg disesalkan dari VRS ini: KENAPA MASIH TROMOL?!!!!! Jadi mengingatkan saya mengenai salah satu SUV yang mahal tapi masih TROMOL. Apa karena ada penggunaan alfabet VR yg menyiratkan model ini Ok tapi masih TROMOL??? :mky_04:
Buat mobil berat seperti Fortuner masuk akal tapi untuk mobil ringan tidak signifikan menurut Paul Tan Malaysia. Waktu itu dibuktikan pake vios diskbrake dpn blkg vs city blkg tromol.
jivos wrote: Sun Apr 29, 2018 4:16 Nah loh....
Cb tanyakan alasanya knp pk tromol
Terus samakan dg alasan tyt knp fortuner dia bilang lbh baik n stabil pk tromol ketimbang cakram :mky_01:

Yg pk anps ....hati" klo nyetir...ngga stabil itu mblnya klo pk cakram :wkkk:
Mobil berat, Dump Truck Caterpilar kelas 60ton ditempat saya malah pakai Cakram. Penggunaan cakram ke mobil kecil itu lebih menguntungkan ke aspek kontrolnya, dimana pemasangan perangkat seperti ABS, EBD, BA lebih simple aplikasinya dengan sistem disc brake
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by ak4ng »

Kalo saya pantau forum bis sebelah, scania yg rem cakram malah dibalikin ke tromol sama montir PO nya. Alasannya pad cepet habis dibanding tromol.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Swedeppon »

larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 2:10 Siang SM,

Tadi sehabis ibadah saya sempat googling tentang Polo VRS. Penasaran krn mobil sekecil ini punya 140bhp dan sempat berpikir mungkin ini hoax?

Sy agak bingung dr hasil pencariannya tidak ada yg berbahasa inggris. Sy utak atik keywords hasilnya sama saja.

Setelah membaca dr kompas.com ternyata Polo VRS spesial untuk Indonesia

"Mesinnya diracik oleh tenaga ahli kita, dikerjakan di salah satu diler kita di Pekayon (Bekasi)," kata CEO PT GMM Jonas Chendana.

VRS basisnya dari 1.2 TSI dengan berat kosong hanya 1109. Ditambah velg lebih besar 1", +2airbags, armrest, headunit baru, tunning, Berat VRS mungkin tidak bertambah signifikan.

Menurut tmn2 SM berapakah akselerasi Polo VRS 0-100kph? 8 detikan? 9 detikan? menurut sy 8 detikan. 7 detikan rasanya overly optimistic 🤔
wait, hold the phone...

sejak kapan vw punya diler dibekasi, pekayon pula, setahu sy itu perumahan lama bung, ngak ada bengkel vw disitu

kalau pekayon pejaten jkt seh ada, tp bukan official
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy »

Pugman wrote: Sun Apr 29, 2018 11:33
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 4:43
Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 3:48 Satu hal yg disesalkan dari VRS ini: KENAPA MASIH TROMOL?!!!!! Jadi mengingatkan saya mengenai salah satu SUV yang mahal tapi masih TROMOL. Apa karena ada penggunaan alfabet VR yg menyiratkan model ini Ok tapi masih TROMOL??? :mky_04:
Buat mobil berat seperti Fortuner masuk akal tapi untuk mobil ringan tidak signifikan menurut Paul Tan Malaysia. Waktu itu dibuktikan pake vios diskbrake dpn blkg vs city blkg tromol.
jivos wrote: Sun Apr 29, 2018 4:16 Nah loh....
Cb tanyakan alasanya knp pk tromol
Terus samakan dg alasan tyt knp fortuner dia bilang lbh baik n stabil pk tromol ketimbang cakram :mky_01:

Yg pk anps ....hati" klo nyetir...ngga stabil itu mblnya klo pk cakram :wkkk:
Mobil berat, Dump Truck Caterpilar kelas 60ton ditempat saya malah pakai Cakram. Penggunaan cakram ke mobil kecil itu lebih menguntungkan ke aspek kontrolnya, dimana pemasangan perangkat seperti ABS, EBD, BA lebih simple aplikasinya dengan sistem disc brake
Hmmm, pengetahuan baru utk saya. Berarti masuk kajian lagi utk ditelaah kenapa kok ada truk pake cakram selain karena alasan diatas. Apa karena alasan biaya? Saya belum tau
:frm_snipper: :snipersmile:
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by iwansiagian »

Swedeppon wrote:
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 2:10 Siang SM,

Tadi sehabis ibadah saya sempat googling tentang Polo VRS. Penasaran krn mobil sekecil ini punya 140bhp dan sempat berpikir mungkin ini hoax?

Sy agak bingung dr hasil pencariannya tidak ada yg berbahasa inggris. Sy utak atik keywords hasilnya sama saja.

Setelah membaca dr kompas.com ternyata Polo VRS spesial untuk Indonesia

"Mesinnya diracik oleh tenaga ahli kita, dikerjakan di salah satu diler kita di Pekayon (Bekasi)," kata CEO PT GMM Jonas Chendana.

VRS basisnya dari 1.2 TSI dengan berat kosong hanya 1109. Ditambah velg lebih besar 1", +2airbags, armrest, headunit baru, tunning, Berat VRS mungkin tidak bertambah signifikan.

Menurut tmn2 SM berapakah akselerasi Polo VRS 0-100kph? 8 detikan? 9 detikan? menurut sy 8 detikan. 7 detikan rasanya overly optimistic [emoji848]
wait, hold the phone...

sejak kapan vw punya diler dibekasi, pekayon pula, setahu sy itu perumahan lama bung, ngak ada bengkel vw disitu

kalau pekayon pejaten jkt seh ada, tp bukan official
Seperti nya bukan dealer sih itu. Yang saya tau di Pekayon itu ada bengkel Autoglad, bengkel body repair vw dan audi, yang punya bengkel itu asuransi sompo Indonesia dan atpm nya vw dan audi. Gedung nya sih baru dan lumayan luas untuk kategori body repair. Dan bersih khas perusahaan Jepang.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy »

ak4ng wrote: Sun Apr 29, 2018 11:56 Kalo saya pantau forum bis sebelah, scania yg rem cakram malah dibalikin ke tromol sama montir PO nya. Alasannya pad cepet habis dibanding tromol.
Jd fakta penguat baru lg ini
:frm_snipper: :snipersmile:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by jivos »

iwansiagian wrote: Sun Apr 29, 2018 12:43
Swedeppon wrote:
wait, hold the phone...

sejak kapan vw punya diler dibekasi, pekayon pula, setahu sy itu perumahan lama bung, ngak ada bengkel vw disitu

kalau pekayon pejaten jkt seh ada, tp bukan official
Seperti nya bukan dealer sih itu. Yang saya tau di Pekayon itu ada bengkel Autoglad, bengkel body repair vw dan audi, yang punya bengkel itu asuransi sompo Indonesia dan atpm nya vw dan audi. Gedung nya sih baru dan lumayan luas untuk kategori body repair. Dan bersih khas perusahaan Jepang.
Autoglad body repaired...tunernya polo vrs
Image

https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/9 ... ogi-jepang
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by daftar »

ikut OOT, saya setuju dengan bro Kuroboy bahwa tromol itu emang lebih pakem/gigit, cuman feel nya yg nggak enak, pas diinjek dikit dia agak ngeloyor tapi begitu ditambah injekan dikit lagi langsung gigit, beda sama cakram yang lebih rata sesuai kekuatan injekan, CMIIW. Dari ukuran kanvas rem sendiri tromol lebih besar ketumbang cakram. Mungkin inilah alasan truk/bus pake tromol karena bebannya berat dan kecepatannya relatif rendah, namun bus-bus yang di atas 250HP seperti MB dan scania juga udah pake cakram.
:ngacir:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pugman »

Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 12:36
Pugman wrote: Sun Apr 29, 2018 11:33
larakifulgura wrote: Sun Apr 29, 2018 4:43

Buat mobil berat seperti Fortuner masuk akal tapi untuk mobil ringan tidak signifikan menurut Paul Tan Malaysia. Waktu itu dibuktikan pake vios diskbrake dpn blkg vs city blkg tromol.

Mobil berat, Dump Truck Caterpilar kelas 60ton ditempat saya malah pakai Cakram. Penggunaan cakram ke mobil kecil itu lebih menguntungkan ke aspek kontrolnya, dimana pemasangan perangkat seperti ABS, EBD, BA lebih simple aplikasinya dengan sistem disc brake
Hmmm, pengetahuan baru utk saya. Berarti masuk kajian lagi utk ditelaah kenapa kok ada truk pake cakram selain karena alasan diatas. Apa karena alasan biaya? Saya belum tau
daftar wrote: Sun Apr 29, 2018 14:06 ikut OOT, saya setuju dengan bro Kuroboy bahwa tromol itu emang lebih pakem/gigit, cuman feel nya yg nggak enak, pas diinjek dikit dia agak ngeloyor tapi begitu ditambah injekan dikit lagi langsung gigit, beda sama cakram yang lebih rata sesuai kekuatan injekan, CMIIW. Dari ukuran kanvas rem sendiri tromol lebih besar ketumbang cakram. Mungkin inilah alasan truk/bus pake tromol karena bebannya berat dan kecepatannya relatif rendah, namun bus-bus yang di atas 250HP seperti MB dan scania juga udah pake cakram.
Kalau analisa saya begini,
Mining dump truck itu beban besar tapi low speed, max 40kpj, kalau bus itu beban besar dan juga high speed karena bisa 120kpj.

Keunggulan cakram itu adalah instalasi yang lebih simple dan interval penggantian pad lebih panjang, durasi pengerjaan penggantian pad lebih singkat. Tapi bisa jadi harga pad lebih mahal makanya pada diganti ke drum.
Kalau masalah ngeloyor atau fade effect atau gigitan untuk rem tromol itu seperti jadi karakter, di mobil besar biasanya terasa kalau anginnya mulai habis, bus di Indo terutama yang buatan Jepang jumlah tabung angin untuk rem lebih sedikit dibandingkan Bus eropa, bahkan handbrake saja banyak yang masih pakai kabel. Bus Eropa memang lebih strict soal safety karena saat angin untuk rem habis mereka punya sistem yang dapat mengunci roda. Maka jangan heran kasus rem blong lebih sering terjadi di bus Jepang, bukan karena mereka ga buat sistem itu, tapi karena operator bus nya banyak yang ga mau keluar biaya lebih.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Pugman »

Hehehe jadi Oot bahas rem, btw itu Polo VRSnya torsinya jadi berapa ya? Sebagai pembanding, itu mesin EP6 turbo peugeot yang punya base power di 148hp punya versi 165, 173, 200, 250, 270hp, diversi 200hp torsinya sudah 275Nm sementara spec girbox 300Nm. Tuner EP6 diluar sana banyak yang bisa tune ke 200hp tapi kebanyakan torsinya jadi di atas 300Nm. Saya penasaran kalau spec Gearbox Polo ini berapa Nm ya?
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by Kuroboy »

Pugman wrote: Sun Apr 29, 2018 16:46
Kuroboy wrote: Sun Apr 29, 2018 12:36
Pugman wrote: Sun Apr 29, 2018 11:33

Mobil berat, Dump Truck Caterpilar kelas 60ton ditempat saya malah pakai Cakram. Penggunaan cakram ke mobil kecil itu lebih menguntungkan ke aspek kontrolnya, dimana pemasangan perangkat seperti ABS, EBD, BA lebih simple aplikasinya dengan sistem disc brake
Hmmm, pengetahuan baru utk saya. Berarti masuk kajian lagi utk ditelaah kenapa kok ada truk pake cakram selain karena alasan diatas. Apa karena alasan biaya? Saya belum tau
daftar wrote: Sun Apr 29, 2018 14:06 ikut OOT, saya setuju dengan bro Kuroboy bahwa tromol itu emang lebih pakem/gigit, cuman feel nya yg nggak enak, pas diinjek dikit dia agak ngeloyor tapi begitu ditambah injekan dikit lagi langsung gigit, beda sama cakram yang lebih rata sesuai kekuatan injekan, CMIIW. Dari ukuran kanvas rem sendiri tromol lebih besar ketumbang cakram. Mungkin inilah alasan truk/bus pake tromol karena bebannya berat dan kecepatannya relatif rendah, namun bus-bus yang di atas 250HP seperti MB dan scania juga udah pake cakram.
Kalau analisa saya begini,
Mining dump truck itu beban besar tapi low speed, max 40kpj, kalau bus itu beban besar dan juga high speed karena bisa 120kpj.

Keunggulan cakram itu adalah instalasi yang lebih simple dan interval penggantian pad lebih panjang, durasi pengerjaan penggantian pad lebih singkat. Tapi bisa jadi harga pad lebih mahal makanya pada diganti ke drum.
Kalau masalah ngeloyor atau fade effect atau gigitan untuk rem tromol itu seperti jadi karakter, di mobil besar biasanya terasa kalau anginnya mulai habis, bus di Indo terutama yang buatan Jepang jumlah tabung angin untuk rem lebih sedikit dibandingkan Bus eropa, bahkan handbrake saja banyak yang masih pakai kabel. Bus Eropa memang lebih strict soal safety karena saat angin untuk rem habis mereka punya sistem yang dapat mengunci roda. Maka jangan heran kasus rem blong lebih sering terjadi di bus Jepang, bukan karena mereka ga buat sistem itu, tapi karena operator bus nya banyak yang ga mau keluar biaya lebih.

Nice inpoh omm :big_okay: maklum berhubung Polo ini tenaga uda lumayan gede plus masih tromol pasti memicu debat argumen om :mky_01: tenaga dan torsi confirmed di angka 140hp dan 230Nm, lebih gede daripada Trax yang 1.4 turbo yakni 139hp dan 200Nm
:frm_snipper: :snipersmile:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Seberapa Besar Potensi VW Polo VRS ?

Post by b0ku »

kalo saya lebih milih ge di banding gk karena rear disc at least kalo butuh tuning lebih gampang nyari partsnya min padnya bisa di ganti yg aftermarket punya

kalo cuma buat hari2x sebenernya seh gak masalah tromol malah keungulannya buat mobil off road lebih gak gampang selip kena aer, kalo disc abis kena banjir biasanya licin kita musti keringin dulu pake hard braking