pajak sedan turun, efeknya ??

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by fizrmen »

ChZ wrote: Fri Mar 02, 2018 13:10
evanbngdor wrote: Fri Mar 02, 2018 10:32
Paling konsumen small hatch aja yg beberapa pindah ke small sedan.
itupun prosentasenya tetep gede ke suv/mpv... entah krn alasan dah berkeluarga atau cari mobil tinggi.
Winz wrote: Fri Mar 02, 2018 10:48
Mobil mewah yang laku ya model2 SUV macam RX200t, Cayenne, Macan, dsb. , memang secara global Trend'nya SUV juga :mky_01:
di indo kalo ini udah jamak sih um... yang laku mobil mewahnya kalo dulu kan alphard/harrier sblm akhirnya keluar RX270, terus skrg RX200t.

cm kok sepenglihatan saya tetep di jalan yang banyak berkeliaran ya alphard/vellfire :mky_01:
Koddy wrote: Fri Mar 02, 2018 11:50 Harga turun di mobil ga pernah kedengaran sih.
Tapi di motor/roda dua udah dilakukan Honda. Tuh CBR150 dari CBU ke CKD turun banyak, sampai dimaki² yang udah beli.
Juga PCX tuh yang sekarang launching.
Bayangin yang habis beli Civic Turbo sedan, lalu harga pricelist turun seharga Civic Turbo Hatchback. Yang belum beli sih happy ketawa², yang udah beli bisa maki² karena harga second nya mau turun dalem berapa banyak [emoji3]
th 2013 pernah kok HPM turunin harga Odyssey RB3 pas facelift dari 540an juta jadi 526juta.

Ada bbrp cth lain cuma lupa apa aja... Yang paling inget ya itu.
Accord CR2 feslip, turun 20jt, tp honda sensing ilang dan bbrp woodpanel doortrim jd plastik item biasa
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
alexwiranata
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Fri Mar 02, 2018 6:05
Location: palembang
Daily Vehicle: outlander_sport

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by alexwiranata »

Gk terlalu ngefek, soalnya jalanan masih gk mulus2 amat plus banjir dimana2.
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by Dekyarov »

Padahal dulu 80-90an sedan banyak banget..

Mobil kelas menengah perkotaan dulu.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by ChZ »

fizrmen wrote: Fri Mar 02, 2018 14:58
Accord CR2 feslip, turun 20jt, tp honda sensing ilang dan bbrp woodpanel doortrim jd plastik item biasa
itumah kamvret dah naik 50jt dulu trus diturunin lagi cm buat pamer honda sensing biar saingan sama i-ACTIVSENSE.

Macem retail store yang naikin harga dulu baru dikasih diskon gede padahal ya harganya emang dah naik :mky_05:

Ngomong2 Rusuh te-er-de kemaren yg baru juga turun 3jt dari yang lama... banyakan skrg sih emang gak naikin harga atau naikin dikit aja. klo secara harga gak naik tapi secara kelengkapan nambah banyak bisa diitung "turun harga" lho krn value nya bertambah dengan uang yang sama...

Harusnya yg sedan klo harganya tetep ya kasih aja full spek speedo gak sunatan dan honda sensing... bikin beda 50jt dari versi hatchnya jadi worth. Tapi most likely gak mungkin HPM royal begini sih... HPM dari kebiasaan sblm2nya ya main diskon aja mereka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by NewMarine »

Kalo dikampung saya. Orang yg naik sedan rata2 orang yg udah kaya sejak dulu. Udah keturunan tajir sejak bergenerasi.
Tapi kalo orang yg baru2 kaya. Atau orang kaya baru, biasanya pada naik SUV ato MPV. Ga ada yg naik sedan lagi
-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by -el_capitan- »

Kayaknya untuk mobil/model yg udah terlanjur beredar ga turun harga, mana mau atpm ngasih turun harga price list secara signifikan. Paling penurunan diam2 alias diskon. Klo model yg akan hadir bisa aja langsung kerasa efek penurunan pajak ini
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by evanbngdor »


ChZ wrote:
evanbngdor wrote: Fri Mar 02, 2018 10:32
Paling konsumen small hatch aja yg beberapa pindah ke small sedan.
itupun prosentasenya tetep gede ke suv/mpv... entah krn alasan dah berkeluarga atau cari mobil tinggi.
Ya paling cuma berapa persen aja. Ngga akan mempengaruhi penjualan si MPV dan SUV. Hanya si hatchback aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
dimzis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Aug 04, 2016 9:23

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by dimzis »

-el_capitan- wrote:Kayaknya untuk mobil/model yg udah terlanjur beredar ga turun harga, mana mau atpm ngasih turun harga price list secara signifikan. Paling penurunan diam2 alias diskon. Klo model yg akan hadir bisa aja langsung kerasa efek penurunan pajak ini
Harusnya turun dong...kan besaran angka turunnya pajak langsung bisa dihitung [emoji35] kalo pas awal tahun selalu aja atpm langsung naikkin harga alasan pajak naik
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by Senargitar »

secara penjualan sih ane yakin naik tapi gak akan signifikan, skrg ini baik lokal maupun global lagi demen2nya crossover/suv. banyak pabrikan yg dlunya cuma buat sedan skrg buat suv krn demandnya lagi tinggi.
BROSTUAK47
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Feb 15, 2018 13:40

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by BROSTUAK47 »

Penurunan pajak sedan,mmg bs mendongkrak penjualan sedan.
Kl orang daerah kyk nya gak ngaruh,cm buat kota aja
BROSTUAK47
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Feb 15, 2018 13:40

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by BROSTUAK47 »

Senargitar wrote:secara penjualan sih ane yakin naik tapi gak akan signifikan, skrg ini baik lokal maupun global lagi demen2nya crossover/suv. banyak pabrikan yg dlunya cuma buat sedan skrg buat suv krn demandnya lagi tinggi.
Sependapat nih.kyk saya orang daerah mn bisa pakai sedan.kondisi jalan tdk memungkinkan
BROSTUAK47
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Feb 15, 2018 13:40

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by BROSTUAK47 »

Senargitar wrote:secara penjualan sih ane yakin naik tapi gak akan signifikan, skrg ini baik lokal maupun global lagi demen2nya crossover/suv. banyak pabrikan yg dlunya cuma buat sedan skrg buat suv krn demandnya lagi tinggi.
Sependapat saya
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by haristk7 »

Kalo pajak sedan sih, saya sebagai penggemar sedan sih seneng banget..semoga pkb nya juga ikutan turun..tp tetep kurang gigit karena..

1. mau pajak diturunin pasti atpm gak mau nurunin harga, gantinya diskon gede, tetep aja liat pricelist udah males duluan kalo dibanding SUV dan hatchback

2. jalanannya masih bego, brekele, kutu kupret, setan, biji sapi, jangkrik...banjir okelah itu karena alam walaupun desain gorong2 ama yang demen buang sampah sembarangan perlu dikasi lethal injection rasanya, tp yang paling ngeselin itu:
a. ramp keluar/masuk pertokoan yang sudut kemiringannya ngasal total, yang ngedesain lulusan sastra kambing apa ya ?
b. polisi tidur yang terlalu tajem, ketinggian, bahkan untuk sedan/hatchback yang gak diceperin sekalipun, again, ini yang buat poldurnya otaknya ada anus ya ?
c. Jalanan di Indonesia itu jalanan bumi apa di permukaan bulan sih ? suka nemu kawah kayak kena hantam meteor dari arah jupiter yang tiap kali kelar dibenerin, gak berapa lama ada kawah baru, bahkan bisa lebih gede..
d. perlintasan kereta yang agak naik (bikin gampang mentok bagian bawah mobil), atau bagian tengahnya ancur, bisa bikin sedan ama hatchback kejebak ditengah..death trap.. :mky_05:

sampai seluruh point no 2 udah gak kacau balau kapal pecah lagi, mau pajak sedan 0 rupiah sekalipun, my next car won't be a sedan (must be SUV/crossover) walaupun sekarang gw pake sedan..dan walaupun kedepannya bakalan banyak tol antar kota dan enak pake sedan tp tetep percuma kalo udah keluar tol, kurang nikmat rasanya, kalo bawa sedan kepikiran mulu "ni jalanannya rusak gak ya ? ni jalanannya bakal bikin mentok gak ya ?".. :mky_05:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by nugroho bagor »

Soal poldur kan sudah ada aturannya ya,tapi ya mana ada poldur dihancurin karena gak,sesuai aturan,ya begitulah
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by newrubble »

hrs nya margin yg di dpt brand principals dan dealers jadi bertambah ...... sy ingin liat indo spt dulu lg ...... org mudah punya wang byk dr jualan mobil

dulu juga mobil sedan tdk murah

tdkmgkn brand principals mau drop down harga mobil sedan krn mrk sdh invest bgt besar u minibus** (ckd) atau mrk sdh sign up u time purchase mis: order skian ratus / ribu units per skian bulan / skian thn (built up)

u ckd di indo baru model change (bukan facelift) ssdh at least skitar 300,000 units baru mrk ubah production tools u new model yg juga minibus

apalagi mrk hrs bayar research n dev costs ke global principals masing masing u local (indo dm) application

(**sy tdk suka sebut mpv krn pd dsr nya mrk bus in compact size)
User avatar
maviacrazy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Thu Sep 01, 2016 12:20

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by maviacrazy »

pajak tahunan sedan turun jg gak ya? :big_childish: :big_think:

klo turun mah enak bgt. :mky_03:

dah bulan maret, kira" regulasinya keluar sebelum iims or sesudah iims ya? secara banyak pabrikan 'menahan' launching produk baru.

oia, yg turun pajak cuma cc 1500 kebawah aja? or semua cc?? secara saya pakai yg cc lebih dari 1500.
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
:emo-big_love: :mky_02: :big_love:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by liemivan86 »


haristk7 wrote: b. polisi tidur yang terlalu tajem, ketinggian, bahkan untuk sedan/hatchback yang gak diceperin sekalipun, again, ini yang buat poldurnya otaknya ada anus ya ?
Kalo baca poin yang ini, lalu dibandingkan dengan kondisi di Surabaya, lucu nih..

Di Surabaya ada 1 jalan menuju ke citraland yang melewati jalan milik Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Jalan ini jalan besar, 2 jalur masing-masing arah. Dan di jalan yang mungkin cuma 1-2 km itu minimal ada 6 polisi tidur yang lancip dan tinggi. Dan tebak yang buat siapa? Orang Unesa. Dan tebak Unesa itu universitas apa? Universitas pencetak guru untuk seluruh Indonesia. Jadi jangan heran kalo mutu pendidikan Indonesia Gitu2 aja, universitas yang cetak guru aja nda pintar2..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by ChZ »

liemivan86 wrote:
haristk7 wrote: b. polisi tidur yang terlalu tajem, ketinggian, bahkan untuk sedan/hatchback yang gak diceperin sekalipun, again, ini yang buat poldurnya otaknya ada anus ya ?
Kalo baca poin yang ini, lalu dibandingkan dengan kondisi di Surabaya, lucu nih..

Di Surabaya ada 1 jalan menuju ke citraland yang melewati jalan milik Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Jalan ini jalan besar, 2 jalur masing-masing arah. Dan di jalan yang mungkin cuma 1-2 km itu minimal ada 6 polisi tidur yang lancip dan tinggi. Dan tebak yang buat siapa? Orang Unesa. Dan tebak Unesa itu universitas apa? Universitas pencetak guru untuk seluruh Indonesia. Jadi jangan heran kalo mutu pendidikan Indonesia Gitu2 aja, universitas yang cetak guru aja nda pintar2..
Nahhh... Udh dikecam banyak pihak teteup aja itu universitas gak bergeming...

Di awal2 itu poldur muncul kan dah banyak korban terutama roda2.

Katanya supaya ndak ngebut, hadeuh, plis deh, brp banyak kecelakaan krn ngebut berbanding kecelakaan krn polisi tidur terkutuk itu...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by jivos »

Image
ChZ wrote: Sat Mar 03, 2018 15:58
liemivan86 wrote:
haristk7 wrote: b. polisi tidur yang terlalu tajem, ketinggian, bahkan untuk sedan/hatchback yang gak diceperin sekalipun, again, ini yang buat poldurnya otaknya ada anus ya ?
Kalo baca poin yang ini, lalu dibandingkan dengan kondisi di Surabaya, lucu nih..

Di Surabaya ada 1 jalan menuju ke citraland yang melewati jalan milik Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Jalan ini jalan besar, 2 jalur masing-masing arah. Dan di jalan yang mungkin cuma 1-2 km itu minimal ada 6 polisi tidur yang lancip dan tinggi. Dan tebak yang buat siapa? Orang Unesa. Dan tebak Unesa itu universitas apa? Universitas pencetak guru untuk seluruh Indonesia. Jadi jangan heran kalo mutu pendidikan Indonesia Gitu2 aja, universitas yang cetak guru aja nda pintar2..
Nahhh... Udh dikecam banyak pihak teteup aja itu universitas gak bergeming...

Di awal2 itu poldur muncul kan dah banyak korban terutama roda2.

Katanya supaya ndak ngebut, hadeuh, plis deh, brp banyak kecelakaan krn ngebut berbanding kecelakaan krn polisi tidur terkutuk itu...
begitu gugling penasaran kek apa..weleh
:big_dunno: ngotot tdk mau dbongkar pulak
Image
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by newrubble »

out of topic
kalo bicara speedbump
mmg hrs xtreme

krn kita bicara ratusan juta org yg susah diatur n masing masing dgn bgt byk pertimbangan even u hal sepele

spt kalo dilarang sebrang sembarangan itu hrs pasang tembok tinggi plus barbed wire.... spt busway hrs gated

ini one nation goes from one to another xtremes all time
RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by RollinBoss5009 »

jivos wrote: Sat Mar 03, 2018 16:52 Image
ChZ wrote: Sat Mar 03, 2018 15:58
liemivan86 wrote:
Kalo baca poin yang ini, lalu dibandingkan dengan kondisi di Surabaya, lucu nih..

Di Surabaya ada 1 jalan menuju ke citraland yang melewati jalan milik Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Jalan ini jalan besar, 2 jalur masing-masing arah. Dan di jalan yang mungkin cuma 1-2 km itu minimal ada 6 polisi tidur yang lancip dan tinggi. Dan tebak yang buat siapa? Orang Unesa. Dan tebak Unesa itu universitas apa? Universitas pencetak guru untuk seluruh Indonesia. Jadi jangan heran kalo mutu pendidikan Indonesia Gitu2 aja, universitas yang cetak guru aja nda pintar2..
Nahhh... Udh dikecam banyak pihak teteup aja itu universitas gak bergeming...

Di awal2 itu poldur muncul kan dah banyak korban terutama roda2.

Katanya supaya ndak ngebut, hadeuh, plis deh, brp banyak kecelakaan krn ngebut berbanding kecelakaan krn polisi tidur terkutuk itu...
begitu gugling penasaran kek apa..weleh
:big_dunno: ngotot tdk mau dbongkar pulak
Image
Kl agak out of the box dikit liatnya yah... Kasus jalan citraland unesa... Kl dari cerita2.. kasus tuker gulingnya citraland ama unesa g beres2 dr awal, jd g salah unesa juga. Ini macem jalan kembar dr konjen us yg naik keatas arah pasar yg tinggal atu jalur krn pembebasan tanahnya bermasalah. Dan masih banyak lagi dicluster2 lama yg tanahnya masih bermasalah. Imbas krismon 98. Jd citraland surabaya kan ampe 2003an (cmiiw) deh kl g salah hampir kolaps. Bayar pegawainya dari penghasilan duit lendir hotel transit jam2an pondok hijau. Nah balik ke jalan tembus unesa. Krn proses tuker guling ama unesa ketintang jg g beres2.. jd pihak unesa klaim jalan tembus itu which, kl tiap pagi hari lewat situ, tanpa poldur.. pasti ada aja mobil nabrak tiang/pohon (kl dari arah unesa ke citraland). Ato g nyungsep ditaman tengah. Sejak ada poldur.. yg nyungsep ama nabrakin pohon/tiang listrik udah kurang. Diganti kecelakaan motor kena poldur. (Jadi inget keadaan jember yg lebih epik poldurnya ✌😂).
Tapi kl pake logika yah.. ini pure bisnis. Sebenernya kl dulu unesa menang scr hukum (krn tanah/jalan itu emang punya dia), dan akses umum ditutup (wajarlah.. namanya kampus juga, kaya dr keputih mau motong ke mulyosari via its kan jg terbatas aksesnya). yg diuntungin selain unesa, siapa siy? :big_grin:
Jadi ya g murni salah unesa jg, kayaknya berlebihan kl sampai ngejudge unesa nyetak guru sampah yg bikin rusak generasi penerus bangsa cmn krn mslh ini. No offense yah. Saya g ada affiliasi ama unesa maupun citraland, cmn kl nyalahin ampe bawa2 mutu dan kualitas sekolah scr asal hanya krn ngga nyaman ama sikap mereka nuntut haknya yah itu berlebihan juga siy. Lagian mutu anak didik jg g murni pengaruh guru, banyak hal, seperti dpr bikin peraturan passing grade kenaikan/kelulusan diturunin dr nilai 6 ke 4. Pihak org tua jaman now yg manjain anak berlebih, contoh.. ini di univ ciputra yah.. krn bokap sempat diminta ajar disana, anak g pernah masuk kelas, g kerjain tugas, g dikasi lulus, orang tuanya marah2 kepihak akademis kampus, ngancem2 bawa aparat dll. Sekali lagi mohon aga bijaklah menyikapi ini. Toh pihak citraland jg g innocent dikasus ini. Lagipula.. tanah/jalan emang punya unesa. Beda ama jalan pinggiran its yg aslinya jalan umum trus diklaim milik kampus. Jd masih bagus kl cmn dikasi poldur, benernya kl emang berkas2 kepemilikan lahan dia.bener dan resmi, jalan tembus itu diportal ama unesa yah sah2 ajah. Karena itu ruang lingkup universitas. Kita jg g bisa komplain benernya. Tapi ya balik lagi, terlepas dari nyalahin unesa. Kl seumpama ditutup, cmn khusus warga unesa yg boleh masuk, sama seperti kampus2 universitas pada umumnya.
Yang diuntungin, dari segi duit siapa?
Kl unesa sih g terlalu yah.. ditutup ama nggak, pemasukannya sama. Kecuali kl lewat bayar. Lagian kita juga numpang lewat.
Jd yang aji mumpung sapa yah? :big_grin:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by liemivan86 »


RollinBoss5009 wrote: Kl agak out of the box dikit liatnya yah... Kasus jalan citraland unesa... Kl dari cerita2.. kasus tuker gulingnya citraland ama unesa g beres2 dr awal, jd g salah unesa juga. Ini macem jalan kembar dr konjen us yg naik keatas arah pasar yg tinggal atu jalur krn pembebasan tanahnya bermasalah. Dan masih banyak lagi dicluster2 lama yg tanahnya masih bermasalah. Imbas krismon 98. Jd citraland surabaya kan ampe 2003an (cmiiw) deh kl g salah hampir kolaps. Bayar pegawainya dari penghasilan duit lendir hotel transit jam2an pondok hijau. Nah balik ke jalan tembus unesa. Krn proses tuker guling ama unesa ketintang jg g beres2.. jd pihak unesa klaim jalan tembus itu which, kl tiap pagi hari lewat situ, tanpa poldur.. pasti ada aja mobil nabrak tiang/pohon (kl dari arah unesa ke citraland). Ato g nyungsep ditaman tengah. Sejak ada poldur.. yg nyungsep ama nabrakin pohon/tiang listrik udah kurang. Diganti kecelakaan motor kena poldur. (Jadi inget keadaan jember yg lebih epik poldurnya [emoji111][emoji23]).
Tapi kl pake logika yah.. ini pure bisnis. Sebenernya kl dulu unesa menang scr hukum (krn tanah/jalan itu emang punya dia), dan akses umum ditutup (wajarlah.. namanya kampus juga, kaya dr keputih mau motong ke mulyosari via its kan jg terbatas aksesnya). yg diuntungin selain unesa, siapa siy? :big_grin:
Jadi ya g murni salah unesa jg, kayaknya berlebihan kl sampai ngejudge unesa nyetak guru sampah yg bikin rusak generasi penerus bangsa cmn krn mslh ini. No offense yah. Saya g ada affiliasi ama unesa maupun citraland, cmn kl nyalahin ampe bawa2 mutu dan kualitas sekolah scr asal hanya krn ngga nyaman ama sikap mereka nuntut haknya yah itu berlebihan juga siy. Lagian mutu anak didik jg g murni pengaruh guru, banyak hal, seperti dpr bikin peraturan passing grade kenaikan/kelulusan diturunin dr nilai 6 ke 4. Pihak org tua jaman now yg manjain anak berlebih, contoh.. ini di univ ciputra yah.. krn bokap sempat diminta ajar disana, anak g pernah masuk kelas, g kerjain tugas, g dikasi lulus, orang tuanya marah2 kepihak akademis kampus, ngancem2 bawa aparat dll. Sekali lagi mohon aga bijaklah menyikapi ini. Toh pihak citraland jg g innocent dikasus ini. Lagipula.. tanah/jalan emang punya unesa. Beda ama jalan pinggiran its yg aslinya jalan umum trus diklaim milik kampus. Jd masih bagus kl cmn dikasi poldur, benernya kl emang berkas2 kepemilikan lahan dia.bener dan resmi, jalan tembus itu diportal ama unesa yah sah2 ajah. Karena itu ruang lingkup universitas. Kita jg g bisa komplain benernya. Tapi ya balik lagi, terlepas dari nyalahin unesa. Kl seumpama ditutup, cmn khusus warga unesa yg boleh masuk, sama seperti kampus2 universitas pada umumnya.
Yang diuntungin, dari segi duit siapa?
Kl unesa sih g terlalu yah.. ditutup ama nggak, pemasukannya sama. Kecuali kl lewat bayar. Lagian kita juga numpang lewat.
Jd yang aji mumpung sapa yah? :big_grin:
Jadi OOT ya ini..

Anyway, poin yang saya mau angkat bukan masalah polisi tidur nya Om. Mau buat polisi tidur sih ok, itu hak mereka sebagai pemilik lahan. Tapi tinggi dan lancip nya yang tidak ber perikemobilan itu yang mau saya soroti. Kalo buat polisi tidur yang jangan setinggi dan se lancip itu juga saya yakin orang-orang akan slow down. Kalo tinggi dan lancip itu kan merusak dan malah menyebabkan kecelakaan. Akhirnya menyelesaikan masalah dengan masalah lain.

Dan yang sesal kan adalah respon yang kurang baik dari segi unesa pada saat di approach oleh pihak polisi dan pemkot. Saya agak kurang ingat detail nya, tapi Seingat saya, respon mereka kurang baik dan cenderung tidak mau ber diskusi.

Anyway, dulu yang sering kecelakaan itu bukan di jalan unesa lho, tapi di jalan citraland nya. Dan itu pun bukan tiap hari lah, setahun juga belum tentu 1x. Kebetulan keponakan saya salah satu yang kecelakaan di sana dan itu 100% salah dari pihak keponakan saya dan temannya.
RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by RollinBoss5009 »

###
Jadi OOT ya ini..

Anyway, poin yang saya mau angkat bukan masalah polisi tidur nya Om. Mau buat polisi tidur sih ok, itu hak mereka sebagai pemilik lahan. Tapi tinggi dan lancip nya yang tidak ber perikemobilan itu yang mau saya soroti. Kalo buat polisi tidur yang jangan setinggi dan se lancip itu juga saya yakin orang-orang akan slow down. Kalo tinggi dan lancip itu kan merusak dan malah menyebabkan kecelakaan. Akhirnya menyelesaikan masalah dengan masalah lain.

Dan yang sesal kan adalah respon yang kurang baik dari segi unesa pada saat di approach oleh pihak polisi dan pemkot. Saya agak kurang ingat detail nya, tapi Seingat saya, respon mereka kurang baik dan cenderung tidak mau ber diskusi.

Anyway, dulu yang sering kecelakaan itu bukan di jalan unesa lho, tapi di jalan citraland nya. Dan itu pun bukan tiap hari lah, setahun juga belum tentu 1x. Kebetulan keponakan saya salah satu yang kecelakaan di sana dan itu 100% salah dari pihak keponakan saya dan temannya.
###

Iya siy, cmn sebelumnya anda bikin statement unesa bikin guru kelas sampah yg rusak bangsa dan negara bukan?. Pdhl masalah bangun poldur g ada hubungannya ama status dia universitas negeri yg nyetak guru.. kan lebih oot banget. Kalo itu univ ciputra yg lokasi disitu ato ubaya ato petra ato stts, ato hang tuah ato merdeka, apa anda keluarin statement yg sama?.

Anyway, kebetulan sampe taun lalu.. hampir setiap pagi rute kerja lewat situ yah. Itu seminggu rata2 dua kali lah liat bekas2 accident.. ntah itu tiang listrik/pohon ato nyemplung ditengah.
Dan lahan mereka itu ampe perempatan rumah sakit/pom bensin/lab school unesa. Jd biarpun pake nama citraland.. lahannya masih mereka/unesa (kl menurut berita ama org citraland dan unesa sendiri) Nah kl soal mereka ngotot dan g kooperatif, kan udah saya bilang ada pihak yg diuntungin kalo jalannya bisa ditutup.
Makanya kok mendadak mereka sempat mau nutup jalan segala.
Purely bisnis..
Ujung2nya duit.
Ini seumpama yah..
Unesa posisi ga strategis disurabaya barat, selain pajak, faktor non teknis adalah cari dosen berkualitas yg mau pergi kesana. Kl soal ngajarnya sih rata2 dosen mana siy yg g mau ngajar di univ negeri?. Krn kan bisa dapet gaji ama pensiun dobel (ini resmi ya). Belum branding dosen itu kl jd dosen tetap di ptn. Cuman.. balik lagi, kebanyakan dosen2 yg professor, phd, kualifikasi diatas rata2.. biasanya jd dosen tamu di ptn dan pts sekitar juga sehari2. Jd kl dosen tetap diunesa jaman diketintang, mereka bisa ngajar di unair, untag, its, stiesia, stts, petra, ubaya dst atau dosen tetap di unair, its, ubaya dst trus jadi dosen luar biasa/tamu di unesa. Semua itu g problem krn jaraknya masih deket semua. Kl diunesa citraland.. terus terang.. berat diongkos, waktu ama energi buat dosen2 tsb. Belum lagi keluhan mahasiswa/i yg banyakan dr kelas menengah kebawah ttg living cost yg lebih tinggi.
Nah disurabaya timur, ada tu kawasan baru.. yg strateginya utk sekolah2 dia banting harga utk tanahnya, ini taunya dari ngobrol2 ama pihak univ widya mandala, pas anter bokap uji disertasi mahasiswanya. Kan iseng nanya kok cari lokasi ampe dipinggir pantai segala. Jd kl dikawasan dia penunjang ekosistemnya komplit, sekolah dr tk ampe pt serba bhinneka. Maka daya tariknya lbh gede. Cmn dia belum punya ptn disitu, nah yg disurabaya barat dia kebetulan tetanggaan ama unesa.. g seberapa laku siy, tapi superblok dia lumayan laku banget. Dus, kl unesa bisa nutup jalannya unesa/citraland. Butuh brp lama siy buat tuker guling?. Kan bisa dari ujung2 keujung lokasi dia disurabaya barat. Prime location lagi. Nah bagi pihak unesa, kl pindah ketimur.. utk mahasiswa.. krn masi deket ama its. Kos2an dan ekosistemnya komplit bikin living cost murah jauh. Utk karyawan ama pengajar.. jauh lebih preferable. Krn dr timur situ ampe keselatan.. ptn/pts berjubel. Jd kalo mau ngajar dimana2 bisa, dan mayoritas domisilinya juga banyak yg ditimur dan selatan.

Tapi ya ini seumpama..

Soalnya selama ini unesa juga adem ayem kok dadakan bikin poldur tanpa kordinasi. Susah loh keluarin anggaran dadakan di instansi pemerintah. Birokrasinya panjang.

Tp seperti saya tulis diatas, ini seumpama yah ✌😂

Maaf kl oot. Cmn ngelurusin ajah..kok kayaknya g tepat cmn krn respon dr pihak unesa, polisi dan pemkot trus bikin statement dia sekolah negeri penghasil guru sampah perusak bangsa negara segala.
Ga ada maksud menyerang yah, mohon maaf. Cmn ngelurusin ajah. Biarpun g pernah cr makan ato cr ilmu diunesa, cmn dunia saya bersinggungan erat ama dunia pendidikan jd statemen anda buat saya pribadi sangat berlebihan, keluar dr isu poldur dan g berdasar juga.
Sekian terimakasih. Mohon maaf yah kl oot.
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by sprint07 »

Sori oot
Kenapa di unesa ga dibikin polisi tidur kayak di its saja? Sama2 ptn kan om
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: pajak sedan turun, efeknya ??

Post by newrubble »

biarkan manuisa lain berpendapat beda