[Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ubayds
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Feb 18, 2018 9:02
Location: Cikarang
Daily Vehicle: E36

[Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by ubayds »

Halo om om semua. Saya mau tanya dong jadi ceritanya mobil saya masuk angin.

Mobilnya E36 dengan mesin M52 (320i) tapi radiator pakai punya 318 oleh pemilik lama. Track record saya cukup tau mobilnya ga pernah bermasalah walaupun radiator pakai punya 318 karena dulunya punya teman saya. Dulu 2017 sekitar Agustus fanbelt sempat putus dan jadi overheat, lalu akhir2 Desember temperatur sempat naik dll lalu ganti thermostat dan ga ada masalah lagi.

Saya baru ambil mobilnya di bulan Januari ini, indikasinya sih masuk angin karena saat di cek thermostat, water pump semua jalan. Nah pertanyaan saya bagaimanakah cara bleeding yang tepat untuk E36 ini?

Saya mencoba bleeding di garasi saya yang menanjak, prosesnya:
1. Saya buka tutup reservoir dan baut bleeding lalu nyalakan mesin
2. Air dari baut bleeding malah muncrat dan bukan yang seperti di video2 di youtube yang mana cuma keluar bubble2. Video muncrat mobil saya sertakan disini:


3. Proses bleeding saya lakukan dari kisaran 1-1,5 jam dan air tetap seperti itu muncrat2 halus, tetapi selama di bleeding dan dibuka reservoir cap temperatur mobil tetap di tengah2 (jarum jam 12)

Ohiya, bleeding cara seperti ini saya lakukan sama teman saya pemilik lama mobil ini, dulunya dia memakai cara ini untuk bleeding di E30 M40.

Mungkin akan ada yang bertanya:
-Kenapa reservoir di buka juga? Karena kalau saya tutup air panas dari bleeding valve akan muncrat2 lebih tinggi
-Kenapa ga dibawa ke bengkel? Di daerah saya gaada bengkel spesialis BMW jadi agak takut bawanya kesana, dan saya belum sempat untuk bawa ke bengkel sementara mau saya hilangkan dulu masuk anginnya agar bisa dibawa ke bengkel minggu depan.
-Kenapa ga pakai coolant? Saya mau ganti coolant nanti saat saya bawa ke bengkel, untuk sementara jadi saya pakaikan air dulu


Pertanyaan saya:
a. Adakah agan2 yang punya pengalaman serupa?
b. Apakah memang saat bleeding E36 kalau ga pakai coolant airnya akan seperti itu?
c. Diagnosa teman saya adalah radiator cap yang rusak sehingga tidak bisa mengatur pressure yang ada di dalam cooling systemnya. Adakah agan yang pernah punya masalah serupa?
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by pernahmiskin »

Ga harus di spesialis bmw om, dl kakak sy ada pengalaman kek gitu...

Kondisi jalan,mesin normal, ketika mesin nyala dan kondisi berhenti indikator over heat nyala....

Bawa ke spesialis radiator, cek keseluruhan normal ga ada yg perlu d ganti atau rusak...

Sampai akhirnya ketemu masalahnya, di selang jalur radiator ada kevakuman udara/udara tersumbat yg menyebabkan sirkulasi coolant tidak berjalan normal...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by octafiantos »

Salah satu suspect air radiator muncrat itu gasket head cylinder rusak.
Kalo memang bener part ini yang rusak, liat usia sih enggak aneh. M52B20 itu kan lansiran 95, agak jarang yang keluaran 96. Kalo ganti gasket biasanya sekalian ganti seal busi atasnya karena itu sekali bongkar. Mesti sebut dengan clear karena bengkel kadang kalo denger M52 mikirnya langsung 323i dan kasih part B25/323i. Dan seal busi yang dijual banyak yang salah bentuk, tulisannya M52B20 tapi itu part M52BB25. Seal businya ikut part M50. Agak tricky ini partnya.
Kavling kosong, bisa dikridit.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by exflowly »

Om ~ tau darimana masuk angin? Apakah pas jalan macet temperature naik pelan?

Saya bawa M52 masuk angin saja baru ketauan pas diem di garasi selama kurang lebih 1/2 jam dan kipas menghadap dinding tembok alias gak ada hawa sirkulasi. Sebelumnya itu mobil gak kenapa-kenapa.... setelah ditambah air 1 botol aqua si beres.

Kalo memang masuk angin dan mau bleeding, cara yang paling gampang adalah:

1. Kondisi mobil dingin dan mesin mati, buka kap.

2. Buka expansion tank (pastikan mobil dingin).

3. Buka bleeding screw yang di sebelah expansion tank, posisi bleeding screw jangan lepas ya... maunya di set kayak kendor gitu, ulir terakhir masih di lubang bleeding.

4. Isi air radiator melalui expansion tank sampe air penuh/luber di bleeding screw. Pas airnya masih luber keluar dari bleeding screw, kencangkan bleeding screw sampe air berhenti dan puter sampai rapat (jgn sampai terlalu kencang, nanti putus/rusak bleeding screwnya). Expansion tank juga luber mestinya, pastikan gelembung air dari bleeder screw keluar semua .... jangan kencangkan kalau gak yakin semua gelembung air belon keluar melalui bleeder screw.

5. Sekarang perhatikan permukaan air di bibir tabung ekspansi, stabil nggak? Kalo stabil, tutup expansion tank sampai erat. Iya, air di tabung ekspansi penuh sampe mentok bibirnya dan di atas KALT / MAX level --> gak papa.

6. Nyalakan mesin dan ajak mobil puter-puter. Kalau oli sudah panas dan temperatur aman, boleh digas agak cepet supaya airnya ketarik oleh waterpump.

7. Lalu, matikan mesin dan puter kunci kontak ke posisi ON tp jangan start. Coba perhatikan jarum temperatur, apakah naik lebih dari 1/2? Atau malah lari ke merah?

8. Kalau naik lebih dari 1/2 berarti masih ada angin --> biarkan mesin dingin dulu lalu ulang proses tadi.

9. Kalau lari ke merah, berarti ada masalah yang serius. Jangan buka cap expansion tank! Biarkan panasnya turun dulu dan jangan tambah air (logam panas ketemu air dingin bisa masalah).

10. Kalau tidak ada no.8 dan 9, berarti mesin aman. Silakan monitor level air radiator dalam 2 minggu ke depan dan tambahkan di expansion tank sampai batas KALT (Maximum). Jangan lebih ya bro.... Kalo lebih systemnya bakal lebih cepat bocor.

Mudah-mudahan enggak menemui no.8 dan 9. Kalau memang radiator cap mencurigakan (biasanya no.8 kalo masalah ini) silakan diganti.

Kalo no.9 itu biasanya ya berarti radiator, selang radiator atau hal-hal lain yang lebih seru dan njelimet.

Kalau masih kurang jelas, silakan kontak saya. Semoga membantu.
ubayds wrote: Sun Feb 18, 2018 9:05 Halo om om semua. Saya mau tanya dong jadi ceritanya mobil saya masuk angin.

Mungkin akan ada yang bertanya:
-Kenapa reservoir di buka juga? Karena kalau saya tutup air panas dari bleeding valve akan muncrat2 lebih tinggi
-Kenapa ga dibawa ke bengkel? Di daerah saya gaada bengkel spesialis BMW jadi agak takut bawanya kesana, dan saya belum sempat untuk bawa ke bengkel sementara mau saya hilangkan dulu masuk anginnya agar bisa dibawa ke bengkel minggu depan.
-Kenapa ga pakai coolant? Saya mau ganti coolant nanti saat saya bawa ke bengkel, untuk sementara jadi saya pakaikan air dulu

Pertanyaan saya:
a. Adakah agan2 yang punya pengalaman serupa?
b. Apakah memang saat bleeding E36 kalau ga pakai coolant airnya akan seperti itu?
c. Diagnosa teman saya adalah radiator cap yang rusak sehingga tidak bisa mengatur pressure yang ada di dalam cooling systemnya. Adakah agan yang pernah punya masalah serupa?
ubayds
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Feb 18, 2018 9:02
Location: Cikarang
Daily Vehicle: E36

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by ubayds »

octafiantos wrote: Sun Feb 18, 2018 16:10 Salah satu suspect air radiator muncrat itu gasket head cylinder rusak.
Kalo memang bener part ini yang rusak, liat usia sih enggak aneh. M52B20 itu kan lansiran 95, agak jarang yang keluaran 96. Kalo ganti gasket biasanya sekalian ganti seal busi atasnya karena itu sekali bongkar. Mesti sebut dengan clear karena bengkel kadang kalo denger M52 mikirnya langsung 323i dan kasih part B25/323i. Dan seal busi yang dijual banyak yang salah bentuk, tulisannya M52B20 tapi itu part M52BB25. Seal businya ikut part M50. Agak tricky ini partnya.
Waah, kalau kena gasket gini kan itungannya turun setengah mesin yah om? Kisaran budget berapaan yah sekali benerin itu semua? Ane liat2 sih harga sparepartnya sendiri kisaran 1,5jt gasketnya. Apakah bisa lebih dari 5 jutaan kira2nya?
exflowly wrote: Sun Feb 18, 2018 19:30 Om ~ tau darimana masuk angin? Apakah pas jalan macet temperature naik pelan?

Saya bawa M52 masuk angin saja baru ketauan pas diem di garasi selama kurang lebih 1/2 jam dan kipas menghadap dinding tembok alias gak ada hawa sirkulasi. Sebelumnya itu mobil gak kenapa-kenapa.... setelah ditambah air 1 botol aqua si beres.

Kalo memang masuk angin dan mau bleeding, cara yang paling gampang adalah:

1. Kondisi mobil dingin dan mesin mati, buka kap.

2. Buka expansion tank (pastikan mobil dingin).

3. Buka bleeding screw yang di sebelah expansion tank, posisi bleeding screw jangan lepas ya... maunya di set kayak kendor gitu, ulir terakhir masih di lubang bleeding.

4. Isi air radiator melalui expansion tank sampe air penuh/luber di bleeding screw. Pas airnya masih luber keluar dari bleeding screw, kencangkan bleeding screw sampe air berhenti dan puter sampai rapat (jgn sampai terlalu kencang, nanti putus/rusak bleeding screwnya). Expansion tank juga luber mestinya, pastikan gelembung air dari bleeder screw keluar semua .... jangan kencangkan kalau gak yakin semua gelembung air belon keluar melalui bleeder screw.

5. Sekarang perhatikan permukaan air di bibir tabung ekspansi, stabil nggak? Kalo stabil, tutup expansion tank sampai erat. Iya, air di tabung ekspansi penuh sampe mentok bibirnya dan di atas KALT / MAX level --> gak papa.

6. Nyalakan mesin dan ajak mobil puter-puter. Kalau oli sudah panas dan temperatur aman, boleh digas agak cepet supaya airnya ketarik oleh waterpump.

7. Lalu, matikan mesin dan puter kunci kontak ke posisi ON tp jangan start. Coba perhatikan jarum temperatur, apakah naik lebih dari 1/2? Atau malah lari ke merah?

8. Kalau naik lebih dari 1/2 berarti masih ada angin --> biarkan mesin dingin dulu lalu ulang proses tadi.

9. Kalau lari ke merah, berarti ada masalah yang serius. Jangan buka cap expansion tank! Biarkan panasnya turun dulu dan jangan tambah air (logam panas ketemu air dingin bisa masalah).

10. Kalau tidak ada no.8 dan 9, berarti mesin aman. Silakan monitor level air radiator dalam 2 minggu ke depan dan tambahkan di expansion tank sampai batas KALT (Maximum). Jangan lebih ya bro.... Kalo lebih systemnya bakal lebih cepat bocor.

Mudah-mudahan enggak menemui no.8 dan 9. Kalau memang radiator cap mencurigakan (biasanya no.8 kalo masalah ini) silakan diganti.

Kalo no.9 itu biasanya ya berarti radiator, selang radiator atau hal-hal lain yang lebih seru dan njelimet.

Kalau masih kurang jelas, silakan kontak saya. Semoga membantu.
ubayds wrote: Sun Feb 18, 2018 9:05 Halo om om semua. Saya mau tanya dong jadi ceritanya mobil saya masuk angin.

Mungkin akan ada yang bertanya:
-Kenapa reservoir di buka juga? Karena kalau saya tutup air panas dari bleeding valve akan muncrat2 lebih tinggi
-Kenapa ga dibawa ke bengkel? Di daerah saya gaada bengkel spesialis BMW jadi agak takut bawanya kesana, dan saya belum sempat untuk bawa ke bengkel sementara mau saya hilangkan dulu masuk anginnya agar bisa dibawa ke bengkel minggu depan.
-Kenapa ga pakai coolant? Saya mau ganti coolant nanti saat saya bawa ke bengkel, untuk sementara jadi saya pakaikan air dulu

Pertanyaan saya:
a. Adakah agan2 yang punya pengalaman serupa?
b. Apakah memang saat bleeding E36 kalau ga pakai coolant airnya akan seperti itu?
c. Diagnosa teman saya adalah radiator cap yang rusak sehingga tidak bisa mengatur pressure yang ada di dalam cooling systemnya. Adakah agan yang pernah punya masalah serupa?
Waaaah ini jawaban yang ane cari-cari. Nanti saya coba om.

Betul om pas macet temperatur mulai naik pelan2 dan juga kalau nyalakan AC. Kalau saya nyalakan AC dan diam itu jadi agak semakin cepat naiknya. No. 8 sementara itu hal yang terjadi kebetulan saya mau beli radiator cap-nya.

Ohiya, apakah parts aftermarket ga masalah atau sebaiknya ori saja? Kebetulan saya mau cari di online shop namun gaada kepastian kalau barangnya ori atau engga nih.

Dan juga radiator cap yang ada di mobil saya sekarang ada angkanya 140, kebetulan saya cari2 di realoem.com dll baik M52 ataupun M43(radiatornya M43 maksud saya) pakai nomor 200. Sebelum masalah ini terjadi pun sudah menggunakan 140, apabila saya membeli yang 200 apakah akan ada masalah?
ubayds
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Feb 18, 2018 9:02
Location: Cikarang
Daily Vehicle: E36

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by ubayds »

Waaaah ini jawaban yang ane cari-cari. Nanti saya coba om.

Betul om pas macet temperatur mulai naik pelan2 dan juga kalau nyalakan AC. Kalau saya nyalakan AC dan diam itu jadi agak semakin cepat naiknya. No. 8 sementara itu hal yang terjadi kebetulan saya mau beli radiator cap-nya.

Ohiya, apakah parts aftermarket ga masalah atau sebaiknya ori saja? Kebetulan saya mau cari di online shop namun gaada kepastian kalau barangnya ori atau engga nih.

Dan juga radiator cap yang ada di mobil saya sekarang ada angkanya 140, kebetulan saya cari2 di realoem.com dll baik M52 ataupun M43(radiatornya M43 maksud saya) pakai nomor 200. Sebelum masalah ini terjadi pun sudah menggunakan 140, apabila saya membeli yang 200 apakah akan ada masalah?
Jailanijailani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Jailanijailani »

Kemungkinan besar mesin pernah overheat kemudian langsung diisi air dingin yang berakibat mesin mulet (melengkung) yang kemudian gasket menjadi bocor.
Biasanya ganti gasket aja akan tetap muncrat kalo silinder blok mesin engga diskrap dulu.
Dulu jazz ane kena 3jt an.
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by exflowly »

ubayds wrote: Sun Feb 18, 2018 23:19 Waaaah ini jawaban yang ane cari-cari. Nanti saya coba om.

Betul om pas macet temperatur mulai naik pelan2 dan juga kalau nyalakan AC. Kalau saya nyalakan AC dan diam itu jadi agak semakin cepat naiknya. No. 8 sementara itu hal yang terjadi kebetulan saya mau beli radiator cap-nya.

Ohiya, apakah parts aftermarket ga masalah atau sebaiknya ori saja? Kebetulan saya mau cari di online shop namun gaada kepastian kalau barangnya ori atau engga nih.

Dan juga radiator cap yang ada di mobil saya sekarang ada angkanya 140, kebetulan saya cari2 di realoem.com dll baik M52 ataupun M43(radiatornya M43 maksud saya) pakai nomor 200. Sebelum masalah ini terjadi pun sudah menggunakan 140, apabila saya membeli yang 200 apakah akan ada masalah?
1. Kalo gitu mobil jangan jalan dulu. Pas AC nyala, fan electric nyala nggak?

2. Radiator cap OEM kan sekitar 100-150 ribu paling mahal. Coba cek Berdikari Motors di Tokopedia. Pake aja yang 200. Itu bedanya cuman ngatur kapan si valve di radiator cap release uap tekanan dari radiator.

3. Kalo anginnya bolak-balik ada terus, cek kompresi mesin dan cari silinder mana yang turun/masalah. Kalau memang kompresi bagus semua (di atas 160 ke atas) dan rata ya berarti silinder ok, silakan lanjutkan utk cek ke radiator dst.

Air radiatornya campur oli nggak?

Turun 1/2 mesin sekitar 2-3jt jasanya. Kalo di bengkel langganan saya malah dapat porting/polish sederhana juga.
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Tats »

Dulu sy pakai 323i e36
Generasi ini sistem radiator bmw memang kurang reliable
Saya malah sampai radiatornya pecah padahal selalu pakai air radiator bmw (kalau ke beres bmw pasti tau) dari baru
Usul2 dari rekan2 sm di atas udah ok kok om, tapi memang kalau mau lebih tenang ke beres atau spesialis bmw aja
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by exflowly »

Tats wrote: Mon Feb 19, 2018 4:43 Dulu sy pakai 323i e36
Generasi ini sistem radiator bmw memang kurang reliable
Saya malah sampai radiatornya pecah padahal selalu pakai air radiator bmw (kalau ke beres bmw pasti tau) dari baru
Usul2 dari rekan2 sm di atas udah ok kok om, tapi memang kalau mau lebih tenang ke beres atau spesialis bmw aja
Radiatornya memang kudu OEM, kalau bisa pilih yang lebih bagus dari OEM BEHR buatan South Africa. Denger-denger, sekarang di Amrik aja kalo pesen radiator juga dapetnya yang BEHR South Africa... dah gak ada lagi buatan Austria.

Berapa lama om Tats pakai terus pecah? Radiator lama M52 saya jalan sekitar 5 tahun dan baru ganti karena tali kipas putus pas jalan kenceng dan tekanan naik jadinya radiatornya rembes di bagian sambungan. Radiator yg sekarang dah jalan 3 tahun no problem.

Air radiator selalu disi dengan air BMW dan air Amidis 50:50. Supaya awet, pas sudah stabil airnya jgn diisi ngelewatin garis KALT, apalagi sampai penuh... walaupun termostat dah ganti yang 70 derajat pun jangan kelebihan airnya yak - air kelebihan membuat tekanan berlebih jadinya radiatornya setress... wkwkwkwkwk
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Tats »

Sy lupa berapa lama umur radiatornya waktu pecah, kira2 sekitar 4-5 tahun om
Sy malas sekali belajar isi radiator bmw karena ada "cara2" tertentu yang aneh dan step2nya ga pernah bisa sy inget
Akhirnya air radiator selalu diisi oleh beres hahaha

Skr sy udah ga pegang bmw om sy skr lg pegang rival senegaranya alias murtad hehe
Maybe next time ambil bmw lagi tp ga sekarang
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by exflowly »

Gak papa om Tats, cobain semua merk/model sampe ketemu yang srek.

Saya pegang M52 juga karena butuh pelat ganjil untuk ke kantor dan harga murah (di bawah LCGC) sehingga walaupun bensin boros (1:6 dalam kota) tapi paling enggak masih sanggup ngelanjutin ngerawat. Air radiator saya monitor setiap bulan gak pernah kurang... jadi ngisinya paling pas lagi bongkar cooling system atau memang lagi ngeflush (2 tahun sekali).
Tats wrote: Mon Feb 19, 2018 9:13 Sy lupa berapa lama umur radiatornya waktu pecah, kira2 sekitar 4-5 tahun om
Sy malas sekali belajar isi radiator bmw karena ada "cara2" tertentu yang aneh dan step2nya ga pernah bisa sy inget
Akhirnya air radiator selalu diisi oleh beres hahaha

Skr sy udah ga pegang bmw om sy skr lg pegang rival senegaranya alias murtad hehe
Maybe next time ambil bmw lagi tp ga sekarang
ubayds
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Feb 18, 2018 9:02
Location: Cikarang
Daily Vehicle: E36

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by ubayds »

Jailanijailani wrote: Mon Feb 19, 2018 0:37 Kemungkinan besar mesin pernah overheat kemudian langsung diisi air dingin yang berakibat mesin mulet (melengkung) yang kemudian gasket menjadi bocor.
Biasanya ganti gasket aja akan tetap muncrat kalo silinder blok mesin engga diskrap dulu.
Dulu jazz ane kena 3jt an.
Semoga mobil saya enggak seperti ini deh ngeri ngeri sedapp. Tapi setelah di skrap itu running well gaada kendala om sampe sekarang?
exflowly wrote: Mon Feb 19, 2018 4:23
ubayds wrote: Sun Feb 18, 2018 23:19 Waaaah ini jawaban yang ane cari-cari. Nanti saya coba om.

Betul om pas macet temperatur mulai naik pelan2 dan juga kalau nyalakan AC. Kalau saya nyalakan AC dan diam itu jadi agak semakin cepat naiknya. No. 8 sementara itu hal yang terjadi kebetulan saya mau beli radiator cap-nya.

Ohiya, apakah parts aftermarket ga masalah atau sebaiknya ori saja? Kebetulan saya mau cari di online shop namun gaada kepastian kalau barangnya ori atau engga nih.

Dan juga radiator cap yang ada di mobil saya sekarang ada angkanya 140, kebetulan saya cari2 di realoem.com dll baik M52 ataupun M43(radiatornya M43 maksud saya) pakai nomor 200. Sebelum masalah ini terjadi pun sudah menggunakan 140, apabila saya membeli yang 200 apakah akan ada masalah?
1. Kalo gitu mobil jangan jalan dulu. Pas AC nyala, fan electric nyala nggak?

2. Radiator cap OEM kan sekitar 100-150 ribu paling mahal. Coba cek Berdikari Motors di Tokopedia. Pake aja yang 200. Itu bedanya cuman ngatur kapan si valve di radiator cap release uap tekanan dari radiator.

3. Kalo anginnya bolak-balik ada terus, cek kompresi mesin dan cari silinder mana yang turun/masalah. Kalau memang kompresi bagus semua (di atas 160 ke atas) dan rata ya berarti silinder ok, silakan lanjutkan utk cek ke radiator dst.

Air radiatornya campur oli nggak?

Turun 1/2 mesin sekitar 2-3jt jasanya. Kalo di bengkel langganan saya malah dapat porting/polish sederhana juga.

1.Electric fan menyala speed low maupun high om
2.Saya lagi tunggu barangnya nih hari ini sampai, dari kemarin lagi riweh jadi belum kepegang nih si E36 hahaha.
3.Kalo ternyata ganti tutup radiator masalah hilang, tetep bakal saya bawa bengkel langsung ganti coolant dkk dkk ngecek nih

Air radiatornya sih engga campur oli om sepengelihatan saya sampe sekarang ini. Nanti saya bakalan update terus disini progressnya disini

Ohiya, kalau masuk angin itu, suhunya turun ke normal cepet atau lama om?
Kebetulan ini suhunya turun ke normal setelah dipakai muter lumayan cepet (kisaran 10-15 menitan) abis bleeding cara om kemarin. Abis dibawa muter temperatur slightly ke arah jam 1, saya ga keluar dari mobil sembari browsing dan pantau2 sekitar 4 lagu udah hampir jarum jam 12 persis lagi temperaturnya

Tats wrote: Mon Feb 19, 2018 4:43 Dulu sy pakai 323i e36
Generasi ini sistem radiator bmw memang kurang reliable
Saya malah sampai radiatornya pecah padahal selalu pakai air radiator bmw (kalau ke beres bmw pasti tau) dari baru
Usul2 dari rekan2 sm di atas udah ok kok om, tapi memang kalau mau lebih tenang ke beres atau spesialis bmw aja
Pastinya om nanti mau saya bawa ke spesialis setelah problemnya ilang om
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by exflowly »

ubayds wrote: Sat Feb 24, 2018 2:08
1.Electric fan menyala speed low maupun high om
2.Saya lagi tunggu barangnya nih hari ini sampai, dari kemarin lagi riweh jadi belum kepegang nih si E36 hahaha.
3.Kalo ternyata ganti tutup radiator masalah hilang, tetep bakal saya bawa bengkel langsung ganti coolant dkk dkk ngecek nih

Air radiatornya sih engga campur oli om sepengelihatan saya sampe sekarang ini. Nanti saya bakalan update terus disini progressnya disini

Ohiya, kalau masuk angin itu, suhunya turun ke normal cepet atau lama om?
Kebetulan ini suhunya turun ke normal setelah dipakai muter lumayan cepet (kisaran 10-15 menitan) abis bleeding cara om kemarin. Abis dibawa muter temperatur slightly ke arah jam 1, saya ga keluar dari mobil sembari browsing dan pantau2 sekitar 4 lagu udah hampir jarum jam 12 persis lagi temperaturnya
1. Bagus
2. Ok
3. Ya kalo masalah ilang, anda ke bengkel amatiran malah bisa dibalikin lagi problemnya.

Kalo turun normal abis jalan-jalan ya berarti bagus.

Itu naik ke jam 1 pas mesin mati atau mesin nyala pas diem? Tempnya dia kudu tetep di jam 12, karena jam 12 itu rangenya dari 80-110 derajat, kalo udah bergerak naik berarti lebih dari 110 derajat Celcius.

Kalo mobilnya diem terus naik ke jam 1 tapi pas dibawa jalan normal, saya bakal cek:

a. Tutup radiator
b. Semua selang radiator kan ada hose clampnya ~ nah hose clampnya kudu kenceng (tapi gak kueeenceeennngg buanget pake tenaga dalam kencenginnya ya, nanti malah pecah/rusak).
c. Radiator bocor halus
d. Expansion tank bocor halus

Khusus untuk a., pas mobil abis diajak jalan dan muter, kondisi mesin mati, coba buka kap dan deketin kuping ke tutup radiator. Kalo ada bunyi ces-ces-ces kayak air panas gitu berarti dia bocor.

Sama kayak b, pas mobil abis diajak jalan dan muter, kondisi mesin mati, buka kap mesin dan deketin/liatin hose clamp di selang radiator. Kalo ada bunyi ces-ces gitu berarti hose clampnya kurang erat. Silakan diputer/dieratin sampe bunyi ces-cesnya ilang.

Sama juga c dan d, tapi biasanya untuk c&d tempnya bakal naik melebihi jam 1.
ubayds
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Feb 18, 2018 9:02
Location: Cikarang
Daily Vehicle: E36

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by ubayds »

exflowly wrote: Sat Feb 24, 2018 5:32
ubayds wrote: Sat Feb 24, 2018 2:08
1.Electric fan menyala speed low maupun high om
2.Saya lagi tunggu barangnya nih hari ini sampai, dari kemarin lagi riweh jadi belum kepegang nih si E36 hahaha.
3.Kalo ternyata ganti tutup radiator masalah hilang, tetep bakal saya bawa bengkel langsung ganti coolant dkk dkk ngecek nih

Air radiatornya sih engga campur oli om sepengelihatan saya sampe sekarang ini. Nanti saya bakalan update terus disini progressnya disini

Ohiya, kalau masuk angin itu, suhunya turun ke normal cepet atau lama om?
Kebetulan ini suhunya turun ke normal setelah dipakai muter lumayan cepet (kisaran 10-15 menitan) abis bleeding cara om kemarin. Abis dibawa muter temperatur slightly ke arah jam 1, saya ga keluar dari mobil sembari browsing dan pantau2 sekitar 4 lagu udah hampir jarum jam 12 persis lagi temperaturnya
1. Bagus
2. Ok
3. Ya kalo masalah ilang, anda ke bengkel amatiran malah bisa dibalikin lagi problemnya.

Kalo turun normal abis jalan-jalan ya berarti bagus.

Itu naik ke jam 1 pas mesin mati atau mesin nyala pas diem? Tempnya dia kudu tetep di jam 12, karena jam 12 itu rangenya dari 80-110 derajat, kalo udah bergerak naik berarti lebih dari 110 derajat Celcius.

Kalo mobilnya diem terus naik ke jam 1 tapi pas dibawa jalan normal, saya bakal cek:

a. Tutup radiator
b. Semua selang radiator kan ada hose clampnya ~ nah hose clampnya kudu kenceng (tapi gak kueeenceeennngg buanget pake tenaga dalam kencenginnya ya, nanti malah pecah/rusak).
c. Radiator bocor halus
d. Expansion tank bocor halus

Khusus untuk a., pas mobil abis diajak jalan dan muter, kondisi mesin mati, coba buka kap dan deketin kuping ke tutup radiator. Kalo ada bunyi ces-ces-ces kayak air panas gitu berarti dia bocor.

Sama kayak b, pas mobil abis diajak jalan dan muter, kondisi mesin mati, buka kap mesin dan deketin/liatin hose clamp di selang radiator. Kalo ada bunyi ces-ces gitu berarti hose clampnya kurang erat. Silakan diputer/dieratin sampe bunyi ces-cesnya ilang.

Sama juga c dan d, tapi biasanya untuk c&d tempnya bakal naik melebihi jam 1.
Naik ke jam 1 sewaktu mesin menyala om. Jadi pas diem sudah mengikuti sampai angka 1.
Update sampai hari ini kalau dibawa jalan dia bakal kurang dari jam 1, tapi ga sampe jam 12 lagi nih kalau udah sempet nyentuh jam 1.



Setelah 3 hari belakangan ini bleeding dan cek jumlah air di radiator, ini yang saya perhatikan dari kondisi mobil:
1. Air radiator ga berkurang dari cold bleeding pagi2 selama 3 hari ini

2. Gaada bunyi2an ces ces gitu dari radiator maupun selang

3. Temperatur naik ke arah jam 1 setelah muter2 kisaran 10 km lancar dan selama ini selalu non ac (kalau ac nyala sekitar 5 km sudah mulai berpindah dari jam 12)

4. Extra fan saya ga nyala sama sekali unless ac nyala (baca2 katanya kalau temp udah 99C extrafan bakal nyala speed high?) Sekalipun jarum temperatur di jam 12 ataupun 1.

5. Semisal pun menyalakan AC, extra fan speed high jalan tapi apabila sudah naik tempnya juga gabisa turun ke normal di jam 12 (harus matikan ac agar temperature agak menurun)

6. Semisal temperature sudah mendekati jam 12 dari mesin dingin, saya coba agak tarik mobil supaya pompa lebih cepat dan hasilnya temperature jauh lebih cepat naik ke jam 1, biasanya kalau kaki sekolah 10 km pertama temperature jam 12

7. Gaada power loss


Pertanyaan saya:
a. Sepertinya ini bukan gejala masuk angin lagi yah om? Karena 3 hari ini air radiator ga berkurang dan saat bleeding juga gaada gelembung2 yang keluar.

b. Kalau saya ke bengkel, kira-kira minta apanya yang di cek yah om? Saya setengah takut bengkelnya ga jitu malah masalah ga kelar2 nanti udah ganti ini itu, dulu orang tua pernah punya pengalaman mobil masalah sama overheat, radiator pecah diganti lalu bocor2 terus dan ga kelar2 juga urusannya (Daihatsu Taruna 2003) *mungkin bengkelnya juga kurang bagus.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by octafiantos »

Speed 2 extra fan mestinya nyala kalo air mulai panas. Ini triggernya temp sensor. Kedua kalo dibawa normal udah naik bisa jadi visco fannya yang rusak. Saya ga saranin stop visco pake koran ketika mesin nyala, cek saja ketika diam. Kalo terasa loose itu salah satu indikator visco fan rusak. Bisa jadi ini ada 2 part yang minta diganti.
Kavling kosong, bisa dikridit.
ubayds
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Feb 18, 2018 9:02
Location: Cikarang
Daily Vehicle: E36

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by ubayds »

octafiantos wrote: Mon Feb 26, 2018 2:11 Speed 2 extra fan mestinya nyala kalo air mulai panas. Ini triggernya temp sensor. Kedua kalo dibawa normal udah naik bisa jadi visco fannya yang rusak. Saya ga saranin stop visco pake koran ketika mesin nyala, cek saja ketika diam. Kalo terasa loose itu salah satu indikator visco fan rusak. Bisa jadi ini ada 2 part yang minta diganti.
Visco fan bisa terlalu kenceng ga om? Saya dorong agak nahan cuma ga nahan banget, ada resistance gitu deh pokoknya, cuma dibanding pertama kali saya ambil ni mobil visco fannya jadi agak lebih resist dikit.
Berarti ke bengkel saya cek temp sensor juga yah om ini?
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by exflowly »

ubayds wrote: Sun Feb 25, 2018 21:47
Naik ke jam 1 sewaktu mesin menyala om. Jadi pas diem sudah mengikuti sampai angka 1.
Update sampai hari ini kalau dibawa jalan dia bakal kurang dari jam 1, tapi ga sampe jam 12 lagi nih kalau udah sempet nyentuh jam 1.


Setelah 3 hari belakangan ini bleeding dan cek jumlah air di radiator, ini yang saya perhatikan dari kondisi mobil:
1. Air radiator ga berkurang dari cold bleeding pagi2 selama 3 hari ini

2. Gaada bunyi2an ces ces gitu dari radiator maupun selang

3. Temperatur naik ke arah jam 1 setelah muter2 kisaran 10 km lancar dan selama ini selalu non ac (kalau ac nyala sekitar 5 km sudah mulai berpindah dari jam 12)

4. Extra fan saya ga nyala sama sekali unless ac nyala (baca2 katanya kalau temp udah 99C extrafan bakal nyala speed high?) Sekalipun jarum temperatur di jam 12 ataupun 1.

5. Semisal pun menyalakan AC, extra fan speed high jalan tapi apabila sudah naik tempnya juga gabisa turun ke normal di jam 12 (harus matikan ac agar temperature agak menurun)

6. Semisal temperature sudah mendekati jam 12 dari mesin dingin, saya coba agak tarik mobil supaya pompa lebih cepat dan hasilnya temperature jauh lebih cepat naik ke jam 1, biasanya kalau kaki sekolah 10 km pertama temperature jam 12

7. Gaada power loss


Pertanyaan saya:
a. Sepertinya ini bukan gejala masuk angin lagi yah om? Karena 3 hari ini air radiator ga berkurang dan saat bleeding juga gaada gelembung2 yang keluar.

b. Kalau saya ke bengkel, kira-kira minta apanya yang di cek yah om? Saya setengah takut bengkelnya ga jitu malah masalah ga kelar2 nanti udah ganti ini itu, dulu orang tua pernah punya pengalaman mobil masalah sama overheat, radiator pecah diganti lalu bocor2 terus dan ga kelar2 juga urusannya (Daihatsu Taruna 2003) *mungkin bengkelnya juga kurang bagus.

Jawab satu-satu ya:

1. Kalo sampe di angka 1 pas mobil jalan terus diem, berarti ada masalah pas lagi jalan (visco, water pump, etc.). Pas setelah jalan mesin mati, temp tetep di angka 1 atau malah naik lagi baru turun?

2. Air radiator kalo gak berkurang berarti sistem gak bocor.

3. Itu artinya radiatornya kurang dingin atau airflow terhambat/kurang cepat.

4. Extra fan mestinya nyala di 107 derajat, 107 itu batas atas temp di jarum jam 12. Jadi pas ke 108-110 (lewat dari jam 12) mestinya extra fan nyala speed HIGH.

5. AC nyala mestinya extra fan speed LOW nyalanya.

6. Jarum lebih cepat ke angka 1 pas di gas berarti air dari radiator gak dingin. Kalo digas mestinya air radiator kehisep mesin jadi temp turun dikit...

7. Amit-amit bro ~ yakin gak ada power loss? Power lossnya gak kerasa kali.... sekali head melenting mah kerasa banget power lossnya.


Ok, ini pr berikutnya:

a. Cek visco fan, fan blades dan fan shroud. Coba aja lepasin bagian visconya dan bawa ke toko sparepart (kalau ada). Kalo gak ada tokosparepart ya beli aja visconya kalo fan blades masih bagus.

b. Cek temp control/switch buat extra fan. Dah rusak tuh kayaknya ~ makanya speed highnya gak nyala.

c. Ati-ati pilih bengkel lah, apalagi yang gak ngerti BMW. Saya aja pegang mobil ini pasti turun tangan sendiri daripada kena tipu atau malah diboongin.

Semoga membantu.

Tambahan:
Buat iseng ni, sebelon bongkar-bongkar visco etc. Punya gak fan listrik yang beli di Lotte/ACE tapi yang puterannya cepet (industrial) ~ biasanya bladenya dari besi.

Nah, kalo punya, coba fannya diposisikan di depan mobil (tapi mobil jangan menghadap tembok yak) entah pake kursi atau apa gitu. Mobil bawa jalan dulu sampe ke temp jarum jam 1 lalu parkir mobil (jangan matiin mesin) terus nyalain fan listrik buat ngasih airflow ke depan radiator (posisinya jgn terlalu jauh dari depan radiator dan pastikan airflow niup ke arah radiator ya).

Kalo temp jadi agak turun dikit, berarti positif visco fan (visconya dan/atau bladenya juga).
Imerka
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Mar 22, 2018 2:05
Location: jakarta pusat
Daily Vehicle: 278

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Imerka »

Halo om2 semua :D
Ane juga ada masalah nih sama cooling system.
E34 berawal dari perjalanan ke luar (pndeglang) kota jam 2 pagi di tengah jalan ga perhatiin temperatur. Sadar pas mesin kerasa ngelitik tenaga kaya ilang gtu.
Pas sadar liat temperatur taunya udh merah lampu indikator hidup.
Lsg berhenti pinggir jalan buka kap motor ngebull ga karuan uap air panas.
Bingung ini kenapa. Diemin duli 1/2 jam baru cek berhubung tempat agak gelap jdi cek seadaanya. Buka tutup resevoir & baut bleeding airnya habis.. Ambil air dibagasi isi smpe penuh. Coba nyalahin mesin hidup baru ketahuan hose thermostat bolong sgede pensil.
Paksain jalanin 500 meter buat cari tempat rame ktemu warung pinggirin diemin sd adem.
Bingung harus apa mana tengah malem. Akhirnya ane hub saudara dilokasi tujuan yg udh lumayan deket buat nyari dextone tuk tambel sementara. Akhirnya bisa jalan s.d tujuan.
Besoknya ane bingkar hosenya berhubung pdglng agak susah cari part nh mobil akhirnya ane cari tukang bubut buat di las babet. Dapet & berhasil tertutup dengan rapih.
Ane pasang ga lupa kasih seal. Bleeding aman dipake s.d pulang banten jkt.
Nah masalahnya sesampe dijkt 2 hari kemudian dipake perjalanan ke cibubur baru 5km temperatur naik. Buru2 minggir bleeding darurat dipinggir jalan. & Aman s.d pulang.
3 hari kemudian mobil ane panasin 30mnt tau2 temperatur naik lagi 3/4 ga dipake jalan pdhal.
Akhirnya ane diemin aja s.d besok tunggu dingin.

1. Jadi sekarang permasalahanya sekarang kalo mau dipake jalan harus di bleeding dlu buang angin. Kalo habis diem 1-2 hari nih trmperatur pasti naik klo ga di bleeding sebelum dipake jalan..
Di cek kasat mata ga ada yg bocor.. air jg ga kurang byk.

2. Kalo ane bleeding ko sekarang itu bubble udara ga habis2 ya om? Ada terus keluar dri lubang bleeding.

3. Kalau lgi bleeding buka tutup resevoir & baut bleding s.d luber keadaan mati kalau mesin dah panas baut bleeding ditutup air di resevoir naik keatas sampe mulut tutul resevoir dibuka baut bleeding baru turun. Ini gelebung emang ada terus ga habis2 jadi kedorong mungkin.

Kira ini masalahnya dimana? Apa ada bocor alus?
Bocor kompresi? Di cem oli aman ga berubah warna campur air.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by marmut »

Imerka wrote: Thu Mar 22, 2018 3:17
-

Kira ini masalahnya dimana? Apa ada bocor alus?
Bocor kompresi? Di cem oli aman ga berubah warna campur air.[/b]
sudah cek dari tutup pengisisan oli?
saya pernah ngalamin (mobil lain) cek oli dari dipstick aman sentosa, tapi saat buka valve cover, oli sudah bercampur dengan air.
Imerka
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Mar 22, 2018 2:05
Location: jakarta pusat
Daily Vehicle: 278

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Imerka »

marmut wrote: Thu Mar 22, 2018 4:24
Imerka wrote: Thu Mar 22, 2018 3:17
-

Kira ini masalahnya dimana? Apa ada bocor alus?
Bocor kompresi? Di cem oli aman ga berubah warna campur air.[/b]
sudah cek dari tutup pengisisan oli?
saya pernah ngalamin (mobil lain) cek oli dari dipstick aman sentosa, tapi saat buka valve cover, oli sudah bercampur dengan air.
Imerka
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Mar 22, 2018 2:05
Location: jakarta pusat
Daily Vehicle: 278

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Imerka »

marmut wrote: Thu Mar 22, 2018 4:24
Imerka wrote: Thu Mar 22, 2018 3:17
-

Kira ini masalahnya dimana? Apa ada bocor alus?
Bocor kompresi? Di cem oli aman ga berubah warna campur air.[/b]
sudah cek dari tutup pengisisan oli?
saya pernah ngalamin (mobil lain) cek oli dari dipstick aman sentosa, tapi saat buka valve cover, oli sudah bercampur dengan air.
Belum di cek sih om klo dri lubang pengisian. Cb nanti ane cek.
Nggatoo
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Aug 19, 2019 11:59

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Nggatoo »

1. Bagus
2. Ok
3. Ya kalo masalah ilang, anda ke bengkel amatiran malah bisa dibalikin lagi problemnya.

Kalo turun normal abis jalan-jalan ya berarti bagus.

Itu naik ke jam 1 pas mesin mati atau mesin nyala pas diem? Tempnya dia kudu tetep di jam 12, karena jam 12 itu rangenya dari 80-110 derajat, kalo udah bergerak naik berarti lebih dari 110 derajat Celcius.

Kalo mobilnya diem terus naik ke jam 1 tapi pas dibawa jalan normal, saya bakal cek:

a. Tutup radiator
b. Semua selang radiator kan ada hose clampnya ~ nah hose clampnya kudu kenceng (tapi gak kueeenceeennngg buanget pake tenaga dalam kencenginnya ya, nanti malah pecah/rusak).
c. Radiator bocor halus
d. Expansion tank bocor halus

Khusus untuk a., pas mobil abis diajak jalan dan muter, kondisi mesin mati, coba buka kap dan deketin kuping ke tutup radiator. Kalo ada bunyi ces-ces-ces kayak air panas gitu berarti dia bocor.

Sama kayak b, pas mobil abis diajak jalan dan muter, kondisi mesin mati, buka kap mesin dan deketin/liatin hose clamp di selang radiator. Kalo ada bunyi ces-ces gitu berarti hose clampnya kurang erat. Silakan diputer/dieratin sampe bunyi ces-cesnya ilang.

Sama juga c dan d, tapi biasanya untuk c&d tempnya bakal naik melebihi jam 1.
[/quote]

Om maaf mau tanya, e36 m50 sy sabtu lalu sy bawa luar kota siang hari pas panas2 perjalanan sekitar 2 jam, pas sampe rumah sy naikin garasi (masuknya agak naik gt ada rampnya) ternyata ada ceceran coolant om di bawah kanan agak tengah. Minggunya sy bawa keluar malem2 sy naikin garasi lg gada coolant netes om, sy cek jg temperatur slalu stay di jam 12. Itu kenapa bisa tumpah gt ya om??
Nggatoo
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Aug 19, 2019 11:59

Re: [Help]Bleeding BMW E36 Muncrat

Post by Nggatoo »

exflowly wrote: Mon Feb 26, 2018 7:06
ubayds wrote: Sun Feb 25, 2018 21:47
Naik ke jam 1 sewaktu mesin menyala om. Jadi pas diem sudah mengikuti sampai angka 1.
Update sampai hari ini kalau dibawa jalan dia bakal kurang dari jam 1, tapi ga sampe jam 12 lagi nih kalau udah sempet nyentuh jam 1.


Setelah 3 hari belakangan ini bleeding dan cek jumlah air di radiator, ini yang saya perhatikan dari kondisi mobil:
1. Air radiator ga berkurang dari cold bleeding pagi2 selama 3 hari ini

2. Gaada bunyi2an ces ces gitu dari radiator maupun selang

3. Temperatur naik ke arah jam 1 setelah muter2 kisaran 10 km lancar dan selama ini selalu non ac (kalau ac nyala sekitar 5 km sudah mulai berpindah dari jam 12)

4. Extra fan saya ga nyala sama sekali unless ac nyala (baca2 katanya kalau temp udah 99C extrafan bakal nyala speed high?) Sekalipun jarum temperatur di jam 12 ataupun 1.

5. Semisal pun menyalakan AC, extra fan speed high jalan tapi apabila sudah naik tempnya juga gabisa turun ke normal di jam 12 (harus matikan ac agar temperature agak menurun)

6. Semisal temperature sudah mendekati jam 12 dari mesin dingin, saya coba agak tarik mobil supaya pompa lebih cepat dan hasilnya temperature jauh lebih cepat naik ke jam 1, biasanya kalau kaki sekolah 10 km pertama temperature jam 12

7. Gaada power loss


Pertanyaan saya:
a. Sepertinya ini bukan gejala masuk angin lagi yah om? Karena 3 hari ini air radiator ga berkurang dan saat bleeding juga gaada gelembung2 yang keluar.

b. Kalau saya ke bengkel, kira-kira minta apanya yang di cek yah om? Saya setengah takut bengkelnya ga jitu malah masalah ga kelar2 nanti udah ganti ini itu, dulu orang tua pernah punya pengalaman mobil masalah sama overheat, radiator pecah diganti lalu bocor2 terus dan ga kelar2 juga urusannya (Daihatsu Taruna 2003) *mungkin bengkelnya juga kurang bagus.

Jawab satu-satu ya:

1. Kalo sampe di angka 1 pas mobil jalan terus diem, berarti ada masalah pas lagi jalan (visco, water pump, etc.). Pas setelah jalan mesin mati, temp tetep di angka 1 atau malah naik lagi baru turun?

2. Air radiator kalo gak berkurang berarti sistem gak bocor.

3. Itu artinya radiatornya kurang dingin atau airflow terhambat/kurang cepat.

4. Extra fan mestinya nyala di 107 derajat, 107 itu batas atas temp di jarum jam 12. Jadi pas ke 108-110 (lewat dari jam 12) mestinya extra fan nyala speed HIGH.

5. AC nyala mestinya extra fan speed LOW nyalanya.

6. Jarum lebih cepat ke angka 1 pas di gas berarti air dari radiator gak dingin. Kalo digas mestinya air radiator kehisep mesin jadi temp turun dikit...

7. Amit-amit bro ~ yakin gak ada power loss? Power lossnya gak kerasa kali.... sekali head melenting mah kerasa banget power lossnya.


Ok, ini pr berikutnya:

a. Cek visco fan, fan blades dan fan shroud. Coba aja lepasin bagian visconya dan bawa ke toko sparepart (kalau ada). Kalo gak ada tokosparepart ya beli aja visconya kalo fan blades masih bagus.

b. Cek temp control/switch buat extra fan. Dah rusak tuh kayaknya ~ makanya speed highnya gak nyala.

c. Ati-ati pilih bengkel lah, apalagi yang gak ngerti BMW. Saya aja pegang mobil ini pasti turun tangan sendiri daripada kena tipu atau malah diboongin.

Semoga membantu.

Tambahan:
Buat iseng ni, sebelon bongkar-bongkar visco etc. Punya gak fan listrik yang beli di Lotte/ACE tapi yang puterannya cepet (industrial) ~ biasanya bladenya dari besi.

Nah, kalo punya, coba fannya diposisikan di depan mobil (tapi mobil jangan menghadap tembok yak) entah pake kursi atau apa gitu. Mobil bawa jalan dulu sampe ke temp jarum jam 1 lalu parkir mobil (jangan matiin mesin) terus nyalain fan listrik buat ngasih airflow ke depan radiator (posisinya jgn terlalu jauh dari depan radiator dan pastikan airflow niup ke arah radiator ya).

Kalo temp jadi agak turun dikit, berarti positif visco fan (visconya dan/atau bladenya juga).
Om momod tlg diapprove yg kemarin ga kequote :mky_01:
Om exflowly maaf mau tanya, e36 m50 sy sabtu lalu sy bawa luar kota siang hari pas panas2 perjalanan sekitar 2 jam, pas sampe rumah sy naikin garasi (masuknya agak naik gt ada rampnya) ternyata ada ceceran coolant om di bawah kanan agak tengah. Minggunya sy bawa keluar malem2 sy naikin garasi lg gada coolant netes om, sy cek jg temperatur slalu stay di jam 12. Itu kenapa bisa tumpah gt ya om?? sama sy baca2 postingan om yg baut bleeder gausah smp lepas, taunya udaranya uda keluar semua gimana ya om?? thanks sebelumnya