Page 1 of 2

Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Wed Feb 07, 2018 5:27
by Satriadgp
Halo agan-agan semua, saya baru ambil bmw e90 320i 2008, nah saya baca-baca salah satu masalah mengerikannya adalah masalah mechatronic, nah mungkin ada yang paham atau ada yang pernah ngalamin, bisa sharing informasinya :)
1. Apa sih mechatronic itu?
2. Apa yang menyebabkan mechatronic bisa terjadi?
3. Bagaimana mechatronic bisa terjadi?
4. Apakah setiap e90 pasti mengalami masalah mechatronic (pada kilometer tertentu) ?
5. Pada kilometer berapa biasanya masalah mechatronic muncul?
6. Gejala-gejalanya?
7. Apakah masalah mechatronic bisa dicegah? Bagaimana pencegahannya?

Terimakasih, semoga bisa jadi diskusi dan informasi utk kita semua :))

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Wed Feb 07, 2018 5:44
by vp920b
https://willycar.com/2014/03/12/sekilas ... -otomatis/

Coba baca disitu deh.

Yang saya tau mechatronic itu adalah sistem otomatic jaman sekarang dimana terprogram oleh komputer dan komputernya ngendep dalam oil sump.

Kerusakan biasanya karena umur dan kurang maintenence seperti ganti oli matic dsbnya.

Dulu RR Sport saya jual karena mechatronicnya mulai bermasalah dan harganya 150juta, mending beli mobil lagi dibanding betulin. Tapi itu rusak karena transmisi kurang bisa nahan torsi badak(Saya punya yang V8 Diesel, 650NM).

Gejalanya adalah tidak mau shifting bahkan ada yang dilompatin gearnya, kaya di RR Sport saya, atau terkadang di tahan aja ga mau naik lagi, bahkan menyentak dengan keras.

Mohon dikoreksi kalau ada yang kurang.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Wed Feb 07, 2018 5:52
by exflowly
om

di sini lengkap kap:

http://www.bmwlogicseven.com/?p=3738

Kalau mau dibaca dalam Bahasa Indonesia:

https://translate.google.com/translate? ... edit-text=

Pokoknya mechatronic tuh nggak suka panas. Cooling system mesin kudu pefect dan seal-sealnya kudu diganti secara berkala tergantung jarak tempuh dan/atau usia.

Hal yang harus dilakukan untuk meminimalisasi potensi masalah:

1. Cek suhu tranny. Jika lebih tinggi dari 95C, kemungkinan besar Anda memiliki masalah dengan sistem pendingin tranny atau pendinginan mesin Anda memiliki beberapa kebocoran yang menyebabkannya sangat panas.

2. Cek mechatronic seal - umurnya cuman sekitar 70 ribu km.

3. Cek karet sealnya dalam valve body.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Thu Feb 08, 2018 5:58
by Swedeppon
Penasaran sahja, mobil2 yg perlu dihindari karena mechatronic problem selain e90 kira2 apa saja

Dengar2 e60 juga ya? Yg trim apa sj? Kalau ada mobil2 lain juga bisa dilist

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Thu Feb 08, 2018 16:23
by daru99
Kalo e60 yang batch awal mesin M54 apakah mechatronic juga om? Secara mesinnya sama dg e39?

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Fri Feb 09, 2018 4:20
by mojacko
daru99 wrote: ↑Thu Feb 08, 2018 16:23 Kalo e60 yang batch awal mesin M54 apakah mechatronic juga om? Secara mesinnya sama dg e39?
mechatronic juga om, karena gearbox sudah pakai ZF6

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Fri Feb 09, 2018 4:56
by kendibocor
Dlu saya pake E90 sampe 65rb km sih aman. Yg nyerah steerig racknya. Baca2 di luar si mechatronic E90 kaya bom waktu, tinggal tunggu aja kapan dia rusak. Kebanyakan nyerah di 80rb-100rb km. Oli tranny E90 dibilangnya life time. Waktu pas 50rb an km saya mau ganti ada mekanik beres yg blg ga perlu diganti, ada mekanik beres laen yg blg pas 80rb ganti aja. Wkt saya servis 60rb mau ganti malah baca2 di forum luar ada jg yg blg pas diganti malah muncul masalah. Entah emang gara2 diganti atau memang pas aja tranny nya jg rusak.

Overall sih enak E90 kalo suka nyetir. Cuman memang rada rewel mobilnya.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Fri Feb 09, 2018 6:51
by mas_amoh
E90 ada yg ga pake mechatronik ga? Ato pake mechatronik semua?

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Fri Feb 09, 2018 17:16
by octafiantos
kendibocor wrote:Dlu saya pake E90 sampe 65rb km sih aman. Yg nyerah steerig racknya. Baca2 di luar si mechatronic E90 kaya bom waktu, tinggal tunggu aja kapan dia rusak. Kebanyakan nyerah di 80rb-100rb km. Oli tranny E90 dibilangnya life time. Waktu pas 50rb an km saya mau ganti ada mekanik beres yg blg ga perlu diganti, ada mekanik beres laen yg blg pas 80rb ganti aja. Wkt saya servis 60rb mau ganti malah baca2 di forum luar ada jg yg blg pas diganti malah muncul masalah. Entah emang gara2 diganti atau memang pas aja tranny nya jg rusak.

Overall sih enak E90 kalo suka nyetir. Cuman memang rada rewel mobilnya.
Lifetimenya 100k in miles eq 160k km. Kayaknya saya masih simpan ebook beberapa tipe girboks zf yang di dalemnya ada tulisan begitu.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Sat Feb 10, 2018 16:36
by ginting
saya selama ini selalu beranggapan bahwa mechatronic itu adanya cuma di DSG tranny kayak VW.

mecha = mechanical
tronic = electronic

mechatronic ; alat electronic utk nggerak gerakin benda mechanic....gitu kali ya terjemahannya..
(untuk membedakanny dgn AT biasa yg pake torque converter)

cmiiw

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Sun Feb 11, 2018 17:17
by Merovingian
Transmisi matik 6 speed ZF6 mending jangan diutak-atik, kalau ndak bermasalah, jangan diganti fluidnya sebelum 100k.

Kalau ganti fluid ada kemungkinan timbul masalah, karena banyak sensor n ada namanya adaptation learning, terlalu ruwet.

Sebisa mungkin juga jangan update software dan parts. Karena perlu reset adaptation, setelah reset harus relearn procedure, baru semua beres.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon Feb 12, 2018 2:18
by adityabp
ginting wrote: ↑Sat Feb 10, 2018 16:36 saya selama ini selalu beranggapan bahwa mechatronic itu adanya cuma di DSG tranny kayak VW.

mecha = mechanical
tronic = electronic

mechatronic ; alat electronic utk nggerak gerakin benda mechanic....gitu kali ya terjemahannya..
(untuk membedakanny dgn AT biasa yg pake torque converter)

cmiiw
Iya, setelah saya resapi, kok saya berpikiran istilah mechatronic BMW ini sebenarnya tidak lebih daripada marketing buzzword utk menggantikan kata body valve. :mky_01:

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon Feb 12, 2018 3:04
by Herman7103
Merovingian wrote:Transmisi matik 6 speed ZF6 mending jangan diutak-atik, kalau ndak bermasalah, jangan diganti fluidnya sebelum 100k.

Kalau ganti fluid ada kemungkinan timbul masalah, karena banyak sensor n ada namanya adaptation learning, terlalu ruwet.

Sebisa mungkin juga jangan update software dan parts. Karena perlu reset adaptation, setelah reset harus relearn procedure, baru semua beres.
Jadi teringat lagi advice teman saya bagian preventive maintenance mesin mesin pabrik yg kasih saran ke saya, saat saya tanya apakah perlu ganti oli Matic tapi yg tipe CVT di mobil yg odo 44 ribu an belum pernah diganti/flush dari awal pake th 2014 (krn manual book say flush saat hasil scan consult menunjukkan deteriorate 210000 or 100 ribu KM) , jawabannya jgn cari penyakit utk ganti fluid transmissi nya bila skrg semua msh smooth dan bekerja dgn baik. Rupanya baru tahu jg Mechatronic Matic six speed ZF6 Biem juga jgn ganti fluid sebelum 100 ribu. Thank utk infonya Om.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon Feb 19, 2018 8:22
by exflowly
Kata-kata bijaksana.

Saya kadang deg-dig-dug-der kalo ada teman mau ambil E90 yang odonya sudah di kisaran 100 ribu km. Kalo gak diganti olinya, nanti bermasalah... kalo diganti olinya, siap mental dan tools deh.

Terus terang untuk ukuran mobil belasan taon dan km 100 ribu mah runyam... mobil gak jalan/macet tapi kan engine/tranny hour jalan terus.

Merovingian wrote: ↑Sun Feb 11, 2018 17:17 Transmisi matik 6 speed ZF6 mending jangan diutak-atik, kalau ndak bermasalah, jangan diganti fluidnya sebelum 100k.

Kalau ganti fluid ada kemungkinan timbul masalah, karena banyak sensor n ada namanya adaptation learning, terlalu ruwet.

Sebisa mungkin juga jangan update software dan parts. Karena perlu reset adaptation, setelah reset harus relearn procedure, baru semua beres.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon Feb 19, 2018 14:20
by kompresorz
mechatronik..saya lupa pebaikannya msh kisaran kira2 belasan juta..bawa aja ke anugrah bmw sunter..sering perbaiki mecha atau tuker tambah..garansi.

matik ancur jeroannya seri 6 aja bisa di perbaiki di ganti dalamannya...kbetulan saya lihat jeroannya..
kunci bongkar matik bmw lengkap semua..jadi bukan asal kerjain..bigbosnya yang kerjain sendiri..

bisa ditungguin pekerjaannnya liat langsung asal kuat begadang aja..krn selalu malam mulai kerjanya..butuh konsentrasi ktnya..krn udah mulai sepi..

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon Feb 19, 2018 14:34
by ternakblog
kompresorz wrote: ↑Mon Feb 19, 2018 14:20 mechatronik..saya lupa pebaikannya msh kisaran kira2 belasan juta..bawa aja ke anugrah bmw sunter..sering perbaiki mecha atau tuker tambah..garansi.

matik ancur jeroannya seri 6 aja bisa di perbaiki di ganti dalamannya...kbetulan saya lihat jeroannya..
kunci bongkar matik bmw lengkap semua..jadi bukan asal kerjain..bigbosnya yang kerjain sendiri..

bisa ditungguin pekerjaannnya liat langsung asal kuat begadang aja..krn selalu malam mulai kerjanya..butuh konsentrasi ktnya..krn udah mulai sepi..
Masih hitungan murah berarti ya om?
E90 slaen hantu mekatronik apalagi om masalahnya?

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon Feb 19, 2018 15:05
by maviacrazy
hmmm bmw e90...... :mky_05:

salah satu bmw yg terewel yg pernah saya pakai. cape bolak balik ke bengkel karena banyak masalah. baiknya hindari deh yg seri ini. :mky_01:

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Tue Feb 20, 2018 0:07
by r12qiSonH4ji
Berarti perbaikan mecha di BMW lebih murah dibanding di VW, di VW ganti mecha skrg mencapai 30 jt di beres. Non beres gk tau dh.

Yg paling banyak ganti vw mk6 kisaran 2010-2012

:big_deal:

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Wed Apr 25, 2018 0:24
by Msc0adyt
slmt kenal agan2,

nubie baru angkat e90 Lci km baru 35km, mudah2an siap dengan resiko yang ada 😁. ijin nanya dgr2 mechatronic itu bisa di servis ya? infonya belasan jt ya? jd gak usah beli gelondongan... maklum budget pas pasan

nubie jd galau ada rencana ganti oli matic untuk mengantisipasi jebol, tp katanya setelah ganti ada yg malah kena mslh ya? km 35rb, msh smooth si cuman takut aja hihi

off topic dikit, info dr mekanik anugrah BSD katanya e90 jika ada seal2 klep yg getas rembes ada yg bisa 1/2 turun mesin, ada yg arus full turun mesin ya? tergantung mobilny ya? tergantung sama tension apa gt pas di cylinder headnya...

mohon infonya ya suhu2, maklum mengikuti napsu sikat e90 demen bgt modelnya... tp pusingnya luar biasa lbh pusing mikirin mbl dr bini cuiiiiiiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon May 14, 2018 0:03
by kodokngesot99
om-om sekalian maaf mau tanya, klo e90 LCI apa masih bawa masalah mechatronic kyk e90 yg pre-facelift? problem mechatronic katanya muncul pada 6 speeds ZF kan, klo LCI saya pernah denger dia pake GM punya gearbox nya? apa betul? atau jangan2 sama aja masih pake ZF 6 speed seperti pre-facelift? makasi.

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Mon May 21, 2018 16:47
by Hendri83
Maaf newbie nanya ke suhu2..
Ane baru ambil e90 2008 klo baca2 serem ya di mekarroniknya
Tanda2 klo mekatronic’nya kena apa aja ya?
Mohon pencerahan suhu2 disini

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Tue May 22, 2018 1:08
by thestoneroses
Swedeppon wrote: ↑Thu Feb 08, 2018 5:58 Penasaran sahja, mobil2 yg perlu dihindari karena mechatronic problem selain e90 kira2 apa saja

Dengar2 e60 juga ya? Yg trim apa sj? Kalau ada mobil2 lain juga bisa dilist
Saya pakai e60 dari 2008 (baru) dijual 2017 kemarin. So far ngga ada masalah apa2 di transmisi, dijual km 58ribuan
cuman memang sejak mau dijual, entah beberapa bulan sebelumnya, jadi makan oli. Selalu minta ditop up olinya, entha kenapa blm sempet dibawa ke bengkel lagi sudah laku, cuman kalau transmisi ngga ada masalah, kaki2 yg ringkih, Saya pakai yg 523

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Tue May 22, 2018 8:02
by Swedeppon
thestoneroses wrote: ↑Tue May 22, 2018 1:08
Swedeppon wrote: ↑Thu Feb 08, 2018 5:58 Penasaran sahja, mobil2 yg perlu dihindari karena mechatronic problem selain e90 kira2 apa saja

Dengar2 e60 juga ya? Yg trim apa sj? Kalau ada mobil2 lain juga bisa dilist
Saya pakai e60 dari 2008 (baru) dijual 2017 kemarin. So far ngga ada masalah apa2 di transmisi, dijual km 58ribuan
cuman memang sejak mau dijual, entah beberapa bulan sebelumnya, jadi makan oli. Selalu minta ditop up olinya, entha kenapa blm sempet dibawa ke bengkel lagi sudah laku, cuman kalau transmisi ngga ada masalah, kaki2 yg ringkih, Saya pakai yg 523
artinya transmisi mmg lbh ke perawatannya saja ya bung antara apik atau tidaknya?

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Tue May 22, 2018 8:05
by thestoneroses
Sepertinya begitu, asal ikutin rutinitas servis sepertinya baik2 aja. Cuman kalau mau ambil 2nd, mesti teliti sekali sptnya ya?

Re: Diskusi matic mechatronic bmw e90

Posted: Tue May 22, 2018 10:09
by KielConstantine
Selamat om yg baru minang E90. Melihat harga secondnya yg sudah sangat jatoh (200jt an) memang menarik utk di pelihara.

Major problem di E90 cuma 2 sih yg bakal kluar duit gede. Pertama Mechatronic; kedua steering rack.
Harga Steering rack klo musti ganti bisa sekitar 40 jt-an import dari singapore.
Tapi ini jarang kena, kcuali pemilik lama pakenya sadis ngehajar lobang sana sini high speed.
:drinking:

Sisanya perintilan2 kecil ky sensor2 yg ber umur doang minta diganti, motor power window, selang radiator, shock breaker, kampas rem.
Maentenance berkala ganti fluida2, radiator coolant, busi, tune up, air filter khas fast moving biasa saja.

Terakhir ganti kampas rem depan sepasang (kiri kanan) merk ATE cuman Rp 850rb hahaha.
Kampas rem belakang sepasang kiri kanan merk Brembo, Rp 650rb saja..
Shock breaker depan sepasang (kiri kanan) merk Boge. Rp 2.050 jt
Shock breaker belakang sepasang (kiri kanan) merk Boge. Rp 1.9 jt

E90 LCI (2009-20012) masih lebih kuat & tahan lama mechatronicnya dibanding yg non LCI (2005-2009). And yes, it's a time bomb. :ngacir:
Dan bener musti ganti Oli transmisi pas sdh sentuh 100k kilometer. Selama masih smooth dan enak, jangan coba macem2 ganti oli transmisi.
Apalagi di bengkel2 yg kurang ahli.

U/ biaya kuras & ganti oli transmisinya sekitar (bengkel spesialis):
Rp 270rb / liter merk ZF aseli. Butuh 6 liter = 1.6 juta
Ganti filter oli nya Rp 450rb
Ganti packing buat carter di bawahnya jg Rp 450rb.
Ongkos kerja di 400 ribuan. Soalnya susah, musti naek ke hydraulic dulu. Pengerjaan jg sekitar 2 jam.
Total2 abis = 3 jutaan.

E46 klo benerin mechatronic masih di kisaran Rp 14-18 jutaan. Klo E90 sudah lompat ke-25 jutaan, mobil nginep 1 minggu wkwkwkwkwk.
Ini bengkel spesialis yah. Jangan tanya klo ke dealer resmi :mrgreen:

Td ada yg bilang pake GM transmision, cuman pernah denger klo varian F30 335i (N55 engine) pake tranny kluaran GM. CMIIW ya..
E90 320i & 325i masih setia di ZF-6 Speed termasuk yg sudah LCI.


Sejauh ini transmisi BMW paling awet ada di varian F30 (ZF-8 speed) tergolong trouble free, it still needs maintenance of course.


Tdk perlu takut pelihara BMW.
Enjoy your Sheer Driving Pleasure machine.