Mantap , ditunggu kelanjutannya om
(Butuh saran) Pilihan BMW E60
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Wah thx infonya! Jadi sekitar 4 jam ya. OKTdp89 wrote: ↑Mon Nov 20, 2017 4:00 Awal tahun sy pernah nemenin kawan mau ambil e60 530i k astra sunter... Mereka charge biaya 750 rb... Untuk bmw e60 hampir setiap data masalah mbl keluar semua koq... Karena hampir setiap sistem ada sensornya... Kemarin saja pas kesana estimasi perbaikan hampir 100 jt karena active steering kena dan mekatroniknya juga... Selain itu juga semua bagian diperiksa koq... Waktu itu pengerjaan sekitar 4 jam...
Duh, gue gak gitu ngerti mesinexflowly wrote: ↑Mon Nov 20, 2017 6:21
Itu active steering sama mechatronic memang gak awet, temen aja yang punya e60 530 juga ganti item itu setiap 5 taon sekali.
Kudu siap mental memang melihara beginian, kalo orang yang bisa/fasih wrenching/betulin mobil sendiri dan alat-alat lengkap si lebih ok lagi.
Kalo dengar dr rekomendasi2, emang pada saranin LCI ya. Tapi kalo liat LCI yg pake joystick shift, itu kan lebih/nambah elektrikal dibanding shift (gigi) biasa kan. Joystick shift di LCI ini gak bermasalah (gampang rusak)?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Kalo dibawa ke beres sih seller gak masalah, walau lama gitu. Tapi kemaren sellernya minta gue letak 5 jt sebagai panjar, yg mana kalau hasil check di beres gak memuaskan, uang 5 jt-nya balik. Fair sih menurut gue, jd kita sebagai buyer juga nunjukin keseriusan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Bmw
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Nah itu klo mau piara bmw e60 harus siap2 untuk biaya perbaikan tidak terduga nya... Meskin kilometer rendah ga menjamin juga kualiatas unitnya... Ga sedikit juga BMW yg sering jadi penghuni garasi begitu sering dipake timbul problem karena banyak nya sensor d mobil ini... Tapi alhamdulillah unit yg saya pakai belum pernah kena problem yg berat selama 2 tahun sy pakai... Bahkan pernah diajak macet2an liburan Idul Adha dari rumah di Serang sampai Bandung 13 jam lebih ga ada kendala...exflowly wrote: ↑Mon Nov 20, 2017 6:21Nah ... ini baru ngecek yang bener. Saya pribadi aja pasti butuh at least 4 jam, jadi kalo ke Astra dan dia cek selama 4 jam, so pasti bukan colok komputer doank. Gak papa bayar mahal sampe 1 jt tapi bener-bener teliti dan jelas masalahnya. Drpd entar nangis di jalan bilang BMW tuir mahal lah rewel lah dll....Tdp89 wrote: ↑Mon Nov 20, 2017 4:00 Saya pemakai bmw e60 pre lci 523i... Kalau mau ambil e60 ambil lci saja karena meski type mesinnya sama N52 sudah technical upgrade, kemudian dr transmisi jg lebih enak dipakainya sepupu jg pakai yg lci... Kalau mau ambil langsung d cek beres aja... Awal tahun sy pernah nemenin kawan mau ambil e60 530i k astra sunter... Mereka charge biaya 750 rb... Untuk bmw e60 hampir setiap data masalah mbl keluar semua koq... Karena hampir setiap sistem ada sensornya... Kemarin saja pas kesana estimasi perbaikan hampir 100 jt karena active steering kena dan mekatroniknya juga... Selain itu juga semua bagian diperiksa koq... Waktu itu pengerjaan sekitar 4 jam...
Itu active steering sama mechatronic memang gak awet, temen aja yang punya e60 530 juga ganti item itu setiap 5 taon sekali.
Kudu siap mental memang melihara beginian, kalo orang yang bisa/fasih wrenching/betulin mobil sendiri dan alat-alat lengkap si lebih ok lagi.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Bmw
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Waktu sy ambil unit punya saya jg sama om... Seller minta 5 jt sebagai tanda jadi unitnya... Tapi jangan mau ke bengkel yg d tunjuk sm seller... Karena sy pernah k beres yg d tunjuk sm seller ternyata mereka sudah kongkalingkong duluan... Untung waktu itu kawan saya kerja disana jadi pas d cek kebaca semua masalahnya...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Itu dicek 4 jam 750 rb dah harga bersahabat banget tuh. Labor rate mereka 650 ribu per jam.
Biasanya yang kena mechatronic, joystick switch cuman switch biasa. Kalau dia rusak, ya ganti tranny/gear switchnya sekalian.
Kalo gitu, sebelum bawa ke beres, taruh dulu lingkup kerusakannya yang gak membuat uang 5jt balik. Rebet aja kalo ternyata kaki-kaki sama suspensi dah kudu ganti tapi gak termasuk lingkup 5jt balik. Mecha sama active steer rusak memang gede banget biayanya, tapi ya masih banyak hal lain yang bisa membuat mahal juga.
Scanner BMW itu cuman 1jt-an dapet kok, jadi kalo discan doank aja dah ketauan 80%. Saya punya yang pakai program di laptop (400rb) dan juga stand alone (1jt).
Step 1 - Dateng, scan (ada kode nggak, catet kodenya), ngobrol ~ kalo memang tertarik bawa test drive (coba erase code dulu, siapa tau beneran ilang), abis test drive sekitar 10-15 menit scan lagi.
Nah, kalo di sini ternyata enggak ada kerusakan parah, mobil enak dan responsif plus masih tetep pengen ~ masuk Step 2, langsung nego harga dengan catatan bawa ke beres dulu sebelum deal.
Tapi kalo Step 1 aja dah ada kode bilang torque converter bla bla bla atau tranny fault, atau lainnya.... dah lgsg balik kanan ajah.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Update:
Mobilnya lagi di Bestindo Bintaro, sedang dicheck up. Biaya: 1.2jt
Dari service record hasil bacaan kunci, kebaca bahwa mobilnya selalu diservis teratur sampe 2017 di bengkel resmi. Ini nilai plus kayanya ya.
Part2 yg diganti 2 tahun terakhir (kebetulan di Bestindo juga, jd original parts) termasuk:
Shockbreaker depan
Kompresor AC
Headrest (kepala kursi depan yg ternyata ada sensor terhubung dgn sistem airbag)
Nah, tp bbrp tahun lalu pada satu waktu pernah diganti banyak part, paling noticable:
Set lampu depan kiri
Air intake (yg posisinya di kiri juga)
Sidestep kiri
Jadi diduga nyerempet. Bagian2 engine gak ada diganti sih. Mungkin kecelakaan kecil? Kata seller bisa jadi cuma lecet2 kecil tp minta ganti krn prev Owner emang selalu asuransi all risk.
Nah, kira2 gimana nih menurut suhu2, so far apa emang nih mobil layak dihargai tinggi? (Hasil check up belum keluar)
Mobilnya lagi di Bestindo Bintaro, sedang dicheck up. Biaya: 1.2jt
Dari service record hasil bacaan kunci, kebaca bahwa mobilnya selalu diservis teratur sampe 2017 di bengkel resmi. Ini nilai plus kayanya ya.
Part2 yg diganti 2 tahun terakhir (kebetulan di Bestindo juga, jd original parts) termasuk:
Shockbreaker depan
Kompresor AC
Headrest (kepala kursi depan yg ternyata ada sensor terhubung dgn sistem airbag)
Nah, tp bbrp tahun lalu pada satu waktu pernah diganti banyak part, paling noticable:
Set lampu depan kiri
Air intake (yg posisinya di kiri juga)
Sidestep kiri
Jadi diduga nyerempet. Bagian2 engine gak ada diganti sih. Mungkin kecelakaan kecil? Kata seller bisa jadi cuma lecet2 kecil tp minta ganti krn prev Owner emang selalu asuransi all risk.
Nah, kira2 gimana nih menurut suhu2, so far apa emang nih mobil layak dihargai tinggi? (Hasil check up belum keluar)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Tadi ngobrol2 (kayanya dgn kepala mekanik?) ttg mechatronic. Dia bilang mechatronic itu ngatur perpindahan gigi. Yg rusak selenoidnya biasanya (gue: ntah apa itu ). Tp biasanya ganti satu set. Sekitar 60-70 jt kalo asli dan di beres bmw. Ngecheck masih bagus apa nggak, check oli (girbox?), “bergeram” atau tidak.
Bergeram = ada butiran pasir besi yg tandanya bagian dalamnya mulai rontok.
Semoga ini termasuk yg mereka check deh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Bro ~ cek ATF bergram atau enggak itu kudu dikeluarin olinya, alias didrain, dan tranny pannya diturunin (sekalian dibersihin). Solenoid itu yang ngatur tekanan dalam valve body tranny matic.
Butiran pasirnya pun kudu dicek, tajem atau halus... kalo halus dan gak banyak, berarti kampas kopling/clutch pack ~ ini normal, kalo tajem ~ nah ini dia masalahnya hehehe
Butiran pasirnya pun kudu dicek, tajem atau halus... kalo halus dan gak banyak, berarti kampas kopling/clutch pack ~ ini normal, kalo tajem ~ nah ini dia masalahnya hehehe
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Nahhh. Mantep bro @exflowly
Mestinya ngechecknya ama bro exflowly aja ini. Hahaha.
Btw, mechatronic ini usia max-nya kira2 berapa ya?
Misal max 10 th, berhubung usia mobil dah 7 th, berarti max 3 th lagi mesti diganti gitu? Atau ini cuma case per case, gak semua mobil kena mechatronic-nya?
Kalo ganti di luar beres dgn barang OEM misalnya (ada gak sih. Hahaha), kira2 total kena berapa ya?
Banyak bener pertanyaan gue
Mestinya ngechecknya ama bro exflowly aja ini. Hahaha.
Btw, mechatronic ini usia max-nya kira2 berapa ya?
Misal max 10 th, berhubung usia mobil dah 7 th, berarti max 3 th lagi mesti diganti gitu? Atau ini cuma case per case, gak semua mobil kena mechatronic-nya?
Kalo ganti di luar beres dgn barang OEM misalnya (ada gak sih. Hahaha), kira2 total kena berapa ya?
Banyak bener pertanyaan gue
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
halo om, lanjutin pertanyaan om nugi71...
semua BMW modern skrg pake mechatronic di transmisinya ya?
kynya mecha jd momok jg di keluarga VAG
semua BMW modern skrg pake mechatronic di transmisinya ya?
kynya mecha jd momok jg di keluarga VAG
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Update:
Hasil GC, secara umum mobil OK. Tapi ada bbrp yg sudah saatnya atau hampir saatnya diganti. Antaranya battery, engine cover, tensioner, dll. Perkiraan total cost sekitar 35jt
Menurut para suhu, E60 usia 7 th, kita check di beres yg keluar total biayanya segitu, termasuk udah bagus atau kondisi so-so?
Asumsi gue dgn harga mobilnya di atas rata2, gak ada hal yg perlu gue ganti (at least minimalis lah). Tapi ngelihat hasil GC, sayangnya seller tetap gak mau perhitungkan utk turunkan harga awal. Jadi deal is off
Hunting continues..
Hasil GC, secara umum mobil OK. Tapi ada bbrp yg sudah saatnya atau hampir saatnya diganti. Antaranya battery, engine cover, tensioner, dll. Perkiraan total cost sekitar 35jt
Menurut para suhu, E60 usia 7 th, kita check di beres yg keluar total biayanya segitu, termasuk udah bagus atau kondisi so-so?
Asumsi gue dgn harga mobilnya di atas rata2, gak ada hal yg perlu gue ganti (at least minimalis lah). Tapi ngelihat hasil GC, sayangnya seller tetap gak mau perhitungkan utk turunkan harga awal. Jadi deal is off
Hunting continues..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Dah bagus segitu IMO, yang crucial komponen2 penting spt engine, transmission, cooling system, ac & sensor2 elektronik ok.
Dan battery, cover & tensioner kalau bukan di beres mungkin costnya bisa 1/2 nya.
Dan battery, cover & tensioner kalau bukan di beres mungkin costnya bisa 1/2 nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Total cost nggak bisa jadi patokan kalo di beres BMW bro.... terus terang aja, labor rate mereka rada tinggi dan harga sparepartsnya juga tinggi. Tapi enaknya ~ mereka ada garansi, jadi kalo beli dan pasang di beres dan ternyata rusak lagi, ya tinggal klaim.Nugi71 wrote: ↑Tue Nov 21, 2017 12:42 Update:
Hasil GC, secara umum mobil OK. Tapi ada bbrp yg sudah saatnya atau hampir saatnya diganti. Antaranya battery, engine cover, tensioner, dll. Perkiraan total cost sekitar 35jt
Menurut para suhu, E60 usia 7 th, kita check di beres yg keluar total biayanya segitu, termasuk udah bagus atau kondisi so-so?
Asumsi gue dgn harga mobilnya di atas rata2, gak ada hal yg perlu gue ganti (at least minimalis lah). Tapi ngelihat hasil GC, sayangnya seller tetap gak mau perhitungkan utk turunkan harga awal. Jadi deal is off
Hunting continues..
Dulu pas saya mau beli E39 530i, pas dicek kudu ganti kaki-kaki dan knalpot mulai bocor dll ~ total 40jt. Padahal kalo ganti sendiri dan parts baru dan oem, paling abis 15-17jt termasuk shock absorber bilstein dan pasang. Akhirnya gak ambil mobil itu si....abisnya saya ragu itu mobil kayaknya pernah kemasukan air parah di bagasi.
Aki BMW untuk E60 kudu diregister ~ enggak bisa beli di toko aki dan main pasang, gak mau nyala mesinnya (jadi kudu ke beres atau yang punya komputer buat register).
Engine cover ~ ini maksudnya valve cover? Olinya dah mulai rembes di valve cover? Kalo valve cover seal dah jelek, masuk ke busi juga nggak olinya?
Tensioner ~ ini tensioner belt (ini normal ~ gampang gantinya) atau tensioner timing chain? Kalo yang tensioner timing chain (kalau ada ya, saya juga gak hafal kode mesinnya 523i LCI), yang di bawah atau yang di vanos?
Terus ~ kalo boleh tau, seller minta harga berapa? Kalo dia harga sudah 1XX rendah, full service record, interior bagus cat ok dan minta didiskon 35jt mah ya butuh rayuan mantep supaya mau hehehe....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Akinya masih bisa start, dll. Tapi dicheck udah “unserviceable”
Harganya 8jt-an
Ya, valve cover sepertinya. Belum parah, tapi udah mulai bocor.
Gue rada lupa sih. Ada hubungannya dgn fan belt
Sorry ya, gue gak fasih mesin. Tau dikit2 doang. Hahaha
Interiornya OK, paling plafon yg udah dipress ulang sama sellernya (gak diganti). Oya, bagusan dipress ulang atau ganti plafon?
Kalo hasil GC diganti pake OEM di bengkel luar, mungkin total kena 20jt kali ya. Seller minta 250 jt. Jadi plus perbaikan 270 jt lah (kalo gak di beres).
Ini yg menurut gue rada tinggi. I don’t know, I could be wrong, certainly. Gimana menurut para suhu?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Bmw
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Jadi yg mau d ambil tahun brp om? Kalau 2009 atau 2010 om?Nugi71 wrote: ↑Tue Nov 21, 2017 22:17Akinya masih bisa start, dll. Tapi dicheck udah “unserviceable”
Harganya 8jt-an
Ya, valve cover sepertinya. Belum parah, tapi udah mulai bocor.
Gue rada lupa sih. Ada hubungannya dgn fan belt
Sorry ya, gue gak fasih mesin. Tau dikit2 doang. Hahaha
Interiornya OK, paling plafon yg udah dipress ulang sama sellernya (gak diganti). Oya, bagusan dipress ulang atau ganti plafon?
Kalo hasil GC diganti pake OEM di bengkel luar, mungkin total kena 20jt kali ya. Seller minta 250 jt. Jadi plus perbaikan 270 jt lah (kalo gak di beres).
Ini yg menurut gue rada tinggi. I don’t know, I could be wrong, certainly. Gimana menurut para suhu?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
270 jt is too much for a 523i. There are much better buys out there.
Contoh aja...budget segitu bisa dpt E200 CGI, C250/C280/C300 W204 pre FL, C200 W204 FL.
1. Sabar mencari dari user langsung - honest condition, better price
2. Press plafon dgn bahan aslinya lebih bagus daripada ganti bahan. Budget 2 jt
3. Kalau harus 523i LCI, coba tawar di 190 dan target deal di 200an rendah
Contoh aja...budget segitu bisa dpt E200 CGI, C250/C280/C300 W204 pre FL, C200 W204 FL.
1. Sabar mencari dari user langsung - honest condition, better price
2. Press plafon dgn bahan aslinya lebih bagus daripada ganti bahan. Budget 2 jt
3. Kalau harus 523i LCI, coba tawar di 190 dan target deal di 200an rendah
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Gak lah aki mah paling mahal 4-5jt Varta asli dan garansi resmi 100 ampere. Register ke ECUnya aja yang kudu butuh bengkel.
Ini bakal kudu ganti tiap 2-3 tahun sekali karena mesin BMW tuh panas bingits dan karetnya gak tahan. Mendingan ganti termostat rendah dikit.
Yup, ini berarti tensioner fan belt. Itu mah part gak terlalu mahal dan gampang gantinya.
So pasti plafon baru lbh bagus, tapi warna bisa belang sama yang lain. Di press ulang asal rapi gak papa lah.Nugi71 wrote: ↑Tue Nov 21, 2017 22:17 Interiornya OK, paling plafon yg udah dipress ulang sama sellernya (gak diganti). Oya, bagusan dipress ulang atau ganti plafon?
Kalo hasil GC diganti pake OEM di bengkel luar, mungkin total kena 20jt kali ya. Seller minta 250 jt. Jadi plus perbaikan 270 jt lah (kalo gak di beres).
Ini yg menurut gue rada tinggi. I don’t know, I could be wrong, certainly. Gimana menurut para suhu?
Seller minta 250 gue bilang sih agak tinggi. Kalo lebih deket ke 200 masih ok. Tapi ya kalo sreg ambil aja bro.... namanya juga mobil tua lama, kalo memang dah cinta dan yakin ya monggo... hehehe.
Tapi berdasarkan pengalaman ~ BMW ok di OLX tuh cepet banget lakunya. Tapi yang kurang biasanya lamaaaaaa lakunya hehehe...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
antara dua itu lah. hahaha. preferable 2010 kalo harganya sesuai
1. semoga ada private seller lagi neh berikutnyaripratama wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 2:00 270 jt is too much for a 523i. There are much better buys out there.
Contoh aja...budget segitu bisa dpt E200 CGI, C250/C280/C300 W204 pre FL, C200 W204 FL.
1. Sabar mencari dari user langsung - honest condition, better price
2. Press plafon dgn bahan aslinya lebih bagus daripada ganti bahan. Budget 2 jt
3. Kalau harus 523i LCI, coba tawar di 190 dan target deal di 200an rendah
2. kemaren lihat hasil press-nya emang rapih sih
3. sip, range-nya segitu ya
8jt itu harga aki yang belinya di beres BMW (belum plus labor).
Ini katanya membran gitu.
btw bro exflowly kayanya faseh banget ttg engine. khusus BMW, eropa atau semua pabrikan? apa emang punya bengkel spesialis?
Sorry kalo bro exflowly ternyata well known di forum SM (kayanya sih gitu ya), soalnya gue nubi abis
waktu di MGK tanya tukang2 plafon di situ, katanya emang lebih tahan lama kalo diganti baru. nyari bahan yang sama dgn warna aslinya ini yang bisa mesti nunggu persediaan. kalo dipress, resiko copot-laginya lebih besar. tapi ya itu sih kata tukangnya.
ya, kalo dekat 200, menurut gue juga OK sih. hehehe. Let's see hasil hunting berikutnya.exflowly wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 6:32 Seller minta 250 gue bilang sih agak tinggi. Kalo lebih deket ke 200 masih ok. Tapi ya kalo sreg ambil aja bro.... namanya juga mobil tua lama, kalo memang dah cinta dan yakin ya monggo... hehehe.
Tapi berdasarkan pengalaman ~ BMW ok di OLX tuh cepet banget lakunya. Tapi yang kurang biasanya lamaaaaaa lakunya hehehe...
Belajar dari kemaren, selain deal harga, mestinya juga deal ttg negosiasi berikutnya bergantung sama hasil GC. Mungkin ada toleransi perbaikan maksimal, yang kalo lebih, pengaruh ke harga deal di awal. jadi duit gak habis di GC. hahaha
yah, namanya juga proses belajar, gpp lah ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Bro kalau emang lain kali hunting mah ga usah ke bengkel resmi BMW lah, pasti mahal dan ya chargenya gila gilaan.
Kalau ga kejauhan bisa di langganan ane nih dari jaman bokap masih kuliah ampe sekarang +-30 tahun lah, di TriStar Motor belakang gedung muzatek sawah besar.
Cari aja koh aming disana, gw rasa yang diganti ga sampe 35juta tuh yang kemarin.
Tapi 250juta buat E60? Kalau 530i sih gw belain. Kalau 523i mending yang lain bro..
Kalau ga kejauhan bisa di langganan ane nih dari jaman bokap masih kuliah ampe sekarang +-30 tahun lah, di TriStar Motor belakang gedung muzatek sawah besar.
Cari aja koh aming disana, gw rasa yang diganti ga sampe 35juta tuh yang kemarin.
Tapi 250juta buat E60? Kalau 530i sih gw belain. Kalau 523i mending yang lain bro..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Nov 08, 2017 4:21
- Location: Jakarta Selatan
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
ke beres BMW cuma untuk GC kok, jadi hasilnya valid dan bisa tau worst case scenario.vp920b wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 13:21 Bro kalau emang lain kali hunting mah ga usah ke bengkel resmi BMW lah, pasti mahal dan ya chargenya gila gilaan.
Kalau ga kejauhan bisa di langganan ane nih dari jaman bokap masih kuliah ampe sekarang +-30 tahun lah, di TriStar Motor belakang gedung muzatek sawah besar.
Cari aja koh aming disana, gw rasa yang diganti ga sampe 35juta tuh yang kemarin.
Tapi 250juta buat E60? Kalau 530i sih gw belain. Kalau 523i mending yang lain bro..
yg perkiraan 35 jt kemaren itu, kalo diganti di luar ya mungkin cuma 20jt.
kemaren coba akselerasi 523i-nya, emang terasa biasa2 aja. mungkin karena gak gue bejek dalam2 juga gasnya, atau mungkin karena cuma bbrp ratus meter, jadi RPM masih relatif rendah. kalo 530i pasti lebih mantep akselerasinya.
530i E60 itu yg gue demen ada sun roof-nya. anak2 pasti senang itu. hahaha. tapi gak semua 530i ada sun roof juga ya, heran gue.
tapi 530i gak masuk dalam pilihan gue sih, utk kurangi resiko masalah di active steeringnya.
thanks inputnya bro vp920b, nambah satu referensi bengkel
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Thu Jul 09, 2015 3:48
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
@Nugi71: perhaps yg sunroof imported yg non locally assembled.. maybe ya oom. Baca topic ini sekalian nambah ilmu, baru tau kl indo spec e60 530i ada active steering nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
*ganti d luar bs d bwh 10jt itu um
*sunrup 530i cbu 04-05. Brikutnya ckd nda sunrup afaik n colek me klo slh ye...
*aksel 523i...biasa saja.....br ngidi/brasa loaded pas di mid rpm. Buat yg typikal doyan bejeg" ngga cocok sm ini.
*re-trim plafon utk bmw non sunrup ada di 900rb. Dr bbrp yg sy cb...sam86 yg di cempaka putih plg rekomen utk beginian. Bmw sunter oper ke dia urusan plafon dg harga yg sdh di upping,
Bln ini ktemu e60 530i dg hrg segini..(dg bbrp pr tentunya)
2009 lci plat H sold di 108jt
2004 plat B90DP di hrg 82jt
* sekedar buat perbandingan
*sunrup 530i cbu 04-05. Brikutnya ckd nda sunrup afaik n colek me klo slh ye...
*aksel 523i...biasa saja.....br ngidi/brasa loaded pas di mid rpm. Buat yg typikal doyan bejeg" ngga cocok sm ini.
*re-trim plafon utk bmw non sunrup ada di 900rb. Dr bbrp yg sy cb...sam86 yg di cempaka putih plg rekomen utk beginian. Bmw sunter oper ke dia urusan plafon dg harga yg sdh di upping,
Bln ini ktemu e60 530i dg hrg segini..(dg bbrp pr tentunya)
2009 lci plat H sold di 108jt
2004 plat B90DP di hrg 82jt
* sekedar buat perbandingan
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: (Butuh saran) Pilihan BMW E60
Normal lah itu...hehehe
Nggak, saya belum punya bengkel dan gak fasih mesin... tapi di keluarga saya, kebetulan saya yang dapet mandat ngerawat mobil2x, ada yang Jepang ada BMW juga, jadi ya sering bawa mobil ke bengkel dan punya temen mekanik lama-lama jadi ngerti dikit-dikit. Paling enggak kita kudu ngerti supaya jangan dikibulin...
It's ok bro, take your time ajah. BMW seri 5 harga bekasnya sekarang sebenernya lagi hancur ni, gara-gara seri 5 terbaru keluar. Tapi memang buat E60, kalau saya yang pribadi ambil mah nggak mau lewat dari 200. Kalo 200pun maunya yang 530i LCI. Tapi ya saya juga tau banyak yang nggak rela e60nya dihargain segitu... jadi ya sabar ajah.Nugi71 wrote: ↑Wed Nov 22, 2017 11:41 ya, kalo dekat 200, menurut gue juga OK sih. hehehe. Let's see hasil hunting berikutnya.
Belajar dari kemaren, selain deal harga, mestinya juga deal ttg negosiasi berikutnya bergantung sama hasil GC. Mungkin ada toleransi perbaikan maksimal, yang kalo lebih, pengaruh ke harga deal di awal. jadi duit gak habis di GC. hahaha
yah, namanya juga proses belajar, gpp lah ya