Ask: oli mesin rembes, new galant st

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by michaelgiri93 »

Halo sm ers
Suhu2
Momod2
Master2
Sedikit cerita
Kemarin pagi saya pas ke garasi buat manasi mobil, eh ada sedikit oli dari bawah oil pan galant saya
Oke deh saya bersihkan oil yang ada di oil pan, dan pakai mobil buat pergi
Setelah pulang saya cek lagi rembesnya dari mana, dan ternyata bukan di gasket oil pan nya, asal rembesan olinya jauh di atasnya, setelah buka timing belt cover, saya menemukan bocornya kira2 di gasket cylinder head yang ke engine block om (cmiiw nama onderdilnya)
Pertanyaan saya, untuk mengganti gasket di daerah situ apakah harus turun mesin?
Dan bagian2 apa sajakah yang kira2 harus saya periksa (bagian yang rawan rembes oli)?
Thank you sm ers
*note:
Sebenernya saya kepingin coba diy, tapi jika sudah menyangkut hal2 seperti ini saya rasa terlalu beresiko jika diy, apalagi saya belum lama berkecimpung di dunia diy otomotif :ngacir:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by nuelgs »

ganti gasket cylinder head sih harusnya cukup turun setengah aja om karena cuma perlu copotin headnya aja
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by michaelgiri93 »

nuelgs wrote: Sun Apr 09, 2017 9:32 ganti gasket cylinder head sih harusnya cukup turun setengah aja om karena cuma perlu copotin headnya aja
Setengah ya om
Oke thank you om infonya :mky_02:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
nuelgs
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by nuelgs »

michaelgiri93 wrote: Sun Apr 09, 2017 9:43
nuelgs wrote: Sun Apr 09, 2017 9:32 ganti gasket cylinder head sih harusnya cukup turun setengah aja om karena cuma perlu copotin headnya aja
Setengah ya om
Oke thank you om infonya :mky_02:
sama2 om
enaknya sih sekalian porting polish juga om mumpung headnya lagi diturunin
biar tenaganya makin mantap :ngacir:
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by ween »

Ganti gasket gitu gak susah koq......sekalian ganti timing belt & wtr pump aja......yang harus sangat diperhatikan: POSISI TIMING BELT, PULLEY CYL HEAD & PULLEY CRANKSHAFT HARUS ADA DI POSISI SEMULA....../ posisi nol

Ane waktu belajar pernah korban sampe 1 klep bengkok krn masangnya lagi meleset sedikit.......(sekitar 2 gigi saja)
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by michaelgiri93 »

nuelgs wrote: Sun Apr 09, 2017 11:04
michaelgiri93 wrote: Sun Apr 09, 2017 9:43
nuelgs wrote: Sun Apr 09, 2017 9:32 ganti gasket cylinder head sih harusnya cukup turun setengah aja om karena cuma perlu copotin headnya aja
Setengah ya om
Oke thank you om infonya :mky_02:
sama2 om
enaknya sih sekalian porting polish juga om mumpung headnya lagi diturunin
biar tenaganya makin mantap :ngacir:
racun racun om
hahahaha
pengen sih sebenernya, tapi nabung dulu untuk itu
:mky_01:
ween wrote: Sun Apr 09, 2017 11:41 Ganti gasket gitu gak susah koq......sekalian ganti timing belt & wtr pump aja......yang harus sangat diperhatikan: POSISI TIMING BELT, PULLEY CYL HEAD & PULLEY CRANKSHAFT HARUS ADA DI POSISI SEMULA....../ posisi nol

Ane waktu belajar pernah korban sampe 1 klep bengkok krn masangnya lagi meleset sedikit.......(sekitar 2 gigi saja)
kebetulan timing belt baru saya ganti om sama bearingnya sekalian
sekalian saya cari water pump deh kalau begitu
iya sih om, paling satu2nya cara di tandai pakai cat ya om?
thank you om by the way :mky_02:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by marmut »

umumnya bocor dari seal camshaft. kalo betul cuma dari situ, nggak perlu bongkar cyl. head. cukup pretelin timing belt saja.
dan nggak perlu kasih cat warna buat tanda top karena tiap mesin pasti ada timing mark di bawah (crankshaft) dan atas (camshaft).
kalo emang dananya ada, bongkar head sekalian resitting klep lagi dan ganti paking top set saja.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by ween »

marmut wrote: Sun Apr 09, 2017 12:53 umumnya bocor dari seal camshaft. kalo betul cuma dari situ, nggak perlu bongkar cyl. head. cukup pretelin timing belt saja.
dan nggak perlu kasih cat warna buat tanda top karena tiap mesin pasti ada timing mark di bawah (crankshaft) dan atas (camshaft).
kalo emang dananya ada, bongkar head sekalian resitting klep lagi dan ganti paking top set saja.
Iya, coba perhatikan lagi.....bocornya benar2 dari gasket cyl head atau dr seal camshaft......daripada salah bongkar & salah beli part.....
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Ask: oli mesin rembes, new galant st

Post by michaelgiri93 »

marmut wrote: Sun Apr 09, 2017 12:53 umumnya bocor dari seal camshaft. kalo betul cuma dari situ, nggak perlu bongkar cyl. head. cukup pretelin timing belt saja.
dan nggak perlu kasih cat warna buat tanda top karena tiap mesin pasti ada timing mark di bawah (crankshaft) dan atas (camshaft).
kalo emang dananya ada, bongkar head sekalian resitting klep lagi dan ganti paking top set saja.
ween wrote: Sun Apr 09, 2017 13:26
marmut wrote: Sun Apr 09, 2017 12:53 umumnya bocor dari seal camshaft. kalo betul cuma dari situ, nggak perlu bongkar cyl. head. cukup pretelin timing belt saja.
dan nggak perlu kasih cat warna buat tanda top karena tiap mesin pasti ada timing mark di bawah (crankshaft) dan atas (camshaft).
kalo emang dananya ada, bongkar head sekalian resitting klep lagi dan ganti paking top set saja.
Iya, coba perhatikan lagi.....bocornya benar2 dari gasket cyl head atau dr seal camshaft......daripada salah bongkar & salah beli part.....
Okee om
Ntr saya cek lagi
Tadi abis saya bersihkan di belakang timing beltnya
Di sekitaran oil pan saya bersihkan
Kok gak ada tetesan lagi
Oiya seal camshaftnya nampaknya gak ada rembesan om
Di belakang pulley camshaft kan posisinya?
Besok coba saya amati lagi beberapa hari ke depan
Nanti saya posting lagi updatenya
Thank you banget om sarannya
Oiya oli beberapa hari yang lalu abis saya ganti kondisinya wajar, gak ada tanda2 kecampur air, radiator juga nampaknya bersih semua
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt