WTA : BMW F10. please info

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
dihatianda
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Aug 22, 2016 6:53

WTA : BMW F10. please info

Post by dihatianda »

Halloo Suhu-suhu,
Newbie mau tanya beberapa pertanyaan seputar BMW F10 yang sampe sekarang belom nemu jawabannya,
mohon pencerahannya,

At the beginning, beberapa kali ngobrol sama bokap dan beberapa temen soal F10 ini, dan dulu emang pernah sekali nebeng 520d temen punya, and how shocked i am, ternyata ada second nya dijual di FJB sebelah under Rp.350Mio :big_deal:

but wait, hmmm its 2010/2011 523i :big_think:

and the questions are........... :ungg:

1. sebenernya kenapa bisa ada nyempil 523 disini? dulu tahun 2013-an pernah main ke Tunas BMW dan dulu seinget ane yang ada cuma 520i, 520d, 528i, 535i, 535 GT and the almighty M5... still remember all this type, but i found 523i today. apa itu untuk market luar?
2. apa ada type lain disamping yang udah ane sebut diatas?
3. 523i itu exist ditahun berapa sampe tahun berapa yah?
4. gimana performance dan maintenancenya comparing with 520i? which one is more reliable?
5. kalau-kalau pelihara F10 ini either 523i or 520i, gimana biaya untuk peliharanya yah? in case kaki-kaki, Tranny, atau Steeringnya ada masalah.
6. apa sih yang jadi penyakit langganan F10 ini?

Mohon pencerahannya suhu-suhu semua yah :big_deal: :big_deal:
kodokngesot99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 24, 2015 12:46

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by kodokngesot99 »

coba bantu jawab dikit ya yang ane sedikit tahu aja,

setau ane 523i f10 tuh ada pas jaman f10 pertama kali masuk ke indo secara resmi tahun 2010 barengan 528i (yg masih inline 6, bukan 4-cyl turbo kayak dari 2012 sampe sekarang) dan 535i. Waktu itu 520d belom dimasukin. semuanya masuk secara CBU. engine nya si 523i f10 sama kayak di 523i e60 LCI, CMIIW yah.

then, setelah f10 dirakit lokal, tahun 2012 apa late 2011 gtu, 523i diganti 520i (mesin juga beda tentuya) sebagai entry level di f10 plus bareng masuknya si 520d. Sementara itu, 528i ganti mesin bukan pake inline-6 cyl lagi, jadi 4-cyl turbo. Bedanya 520i sama 523i yang paling ketara adalah klo di 523i gak ada driving mode (comfort, eco-pro, sport) kayak di 520i. Bisa di check dari tombol di sebelah perseneling nya ada apa nggak. bahkan di 528i yang masih oake inline-6 pun gak ada, cuma ada di 535i waktu itu. trus, seinget ane 523i juga belom ada feature auto start-stop engine deh.

sekali lagi correct me if i'm wrong ya suhu2. :big_peace:

saran saya sih klo mau f10 sebelum facelift, mending ambil 520d atau bahkan 535i sekalian bahahha
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by mangujo »

Iyaa betul kata suhu diatas. 523i ini entry level nya sebelum pake mesin turbo yg 520i.
Dan mesin f10 523i ini masih sama dengan 523i nya e60.
Sempet pengen juga nih karena mesin n/a dan harganya udah 350jt an pas bulan2 lalu.
Berarti taun depan bakal nyentuh 300 kali ya haha
Cuman sedikit horror kalo mendengar reliability e60, apa f10 yg ini worthed yah?
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
User avatar
dihatianda
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Aug 22, 2016 6:53

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by dihatianda »

kodokngesot99 wrote:coba bantu jawab dikit ya yang ane sedikit tahu aja,

setau ane 523i f10 tuh ada pas jaman f10 pertama kali masuk ke indo secara resmi tahun 2010 barengan 528i (yg masih inline 6, bukan 4-cyl turbo kayak dari 2012 sampe sekarang) dan 535i. Waktu itu 520d belom dimasukin. semuanya masuk secara CBU. engine nya si 523i f10 sama kayak di 523i e60 LCI, CMIIW yah.

then, setelah f10 dirakit lokal, tahun 2012 apa late 2011 gtu, 523i diganti 520i (mesin juga beda tentuya) sebagai entry level di f10 plus bareng masuknya si 520d. Sementara itu, 528i ganti mesin bukan pake inline-6 cyl lagi, jadi 4-cyl turbo. Bedanya 520i sama 523i yang paling ketara adalah klo di 523i gak ada driving mode (comfort, eco-pro, sport) kayak di 520i. Bisa di check dari tombol di sebelah perseneling nya ada apa nggak. bahkan di 528i yang masih oake inline-6 pun gak ada, cuma ada di 535i waktu itu. trus, seinget ane 523i juga belom ada feature auto start-stop engine deh.

sekali lagi correct me if i'm wrong ya suhu2. :big_peace:

saran saya sih klo mau f10 sebelum facelift, mending ambil 520d atau bahkan 535i sekalian bahahha
apa sudah ada yang pernah coba ini 523i compared to 520i?
penasaran driving impression nya perbedaannya ada dimana,
by the way, thanks buat pencerahannya suhu :big_okay:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by farizfsa »

jujur aja mesin 6cyl bmw emang enak,

tapi 520i F10 turbo tenaganya lebih enak, torsi lebih besar dan lebih irit serta lebih tuneable.

kl emg mau ambil F10, ya kalo ga 520i or 520d cukup kayanya. tp ttp lebih prefer dieselnya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by sintoni »

Rewel ga sih F10 ini?

Kalo E60 kan sudah tau penyakit pastinya ada di mechatronic atau di active steering (530i).
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by Pboyz97 »

Nubie bantu jawab ya, tapi ga semua
1. 523 I setau saya masuk dalam bentuk CBU & jadi entry level F10 selain 528 & 535I pas pertama kalo launching F10 di Indo. Pas 2012, BMW F10 Resmi dirakit secara CKD, & varian 523I diganti dengan 520I & 520D (CMIW) :big_peace:
2. Setau saya ga ada lagi om TS, tapi kalo 535 GT ga tau masih dijual apa ga, soalnya sekarang ga jelas kabarnya
3. 2010-2012 kalo gasalah
No 4-6 Saya kurang tau jawabannya, karena saya belom pernah megang BMW samsek hahaha :big_biglaugh:
Tapi kalo saran saya mending ambil 520 D, karena dieselnya sangat irit BBM, serta torsinya lebih gede daripada versi bensinnya.
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by journeytohell »

Ane user f10 520i ckd.. Mesin 4 cyl turbonya berisik.. Jauh lebih halus 6 cyl (523i) nya.. Saya pernah coba 2 2 nya (dulu pernah cobain mobil test drive yg 523i f10), yg 523i nya tenaga lumayan linear tapi tetep aja gak gesit karena bodynya lebih besar dari e60, e60 lincah.

Kenapa ambil 520i dibandingkan 523i meskipun lebih berisik ya karena turbooo.. Sy Chip up pake jb4 + downpipe... Tuning di coc*pit auto (banyak anak2 bmw kesini)...

Yg spek cbu 523i dan 528i belum ada driving experience control (steer, suspension, engine bisa adjust eco pro, comfort, sport), 520i dan 528i ckd sudah ada, belum ada auto start stop function (bukan tombol start stop engine ya), yg 523i beberapa non sunroof, jok belakang busanya dudukannya beda (lebih tebal yg ckd).

523i dr tahun 2010-12 awal, mid 2012 udah berubah ke 520i dan 528i 4cyl turbo

So far keluhan sih gak ada (udah jalan 22 rb km dari thn 2013).. Cukup reliable menurut sy
Last edited by journeytohell on Thu Nov 10, 2016 18:00, edited 1 time in total.
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by journeytohell »

Pboyz97 wrote:Nubie bantu jawab ya, tapi ga semua
1. 523 I setau saya masuk dalam bentuk CBU & jadi entry level F10 selain 528 & 535I pas pertama kalo launching F10 di Indo. Pas 2012, BMW F10 Resmi dirakit secara CKD, & varian 523I diganti dengan 520I & 520D (CMIW) :big_peace:
2. Setau saya ga ada lagi om TS, tapi kalo 535 GT ga tau masih dijual apa ga, soalnya sekarang ga jelas kabarnya
3. 2010-2012 kalo gasalah
No 4-6 Saya kurang tau jawabannya, karena saya belom pernah megang BMW samsek hahaha :big_biglaugh:
Tapi kalo saran saya mending ambil 520 D, karena dieselnya sangat irit BBM, serta torsinya lebih gede daripada versi bensinnya.
Dulu sempet naksir 520d, tapi suara dieselnya menurut sy kasar (mobil baru), Dieselnya 520i lebih berisik dibandingkan anki pas stasioner menurut saya (imho)
User avatar
dihatianda
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Aug 22, 2016 6:53

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by dihatianda »

journeytohell wrote:Ane user f10 520i ckd.. Mesin 4 cyl turbonya berisik.. Jauh lebih halus 6 cyl (523i) nya.. Saya pernah coba 2 2 nya (dulu pernah cobain mobil test drive yg 523i f10), yg 523i nya tenaga lumayan linear tapi tetep aja gak gesit karena bodynya lebih besar dari e60, e60 lincah.

Kenapa ambil 520i dibandingkan 523i meskipun lebih berisik ya karena turbooo.. Sy Chip up pake jb4 + downpipe... Tuning di coc*pit auto (banyak anak2 bmw kesini)...

Yg spek cbu 523i dan 528i belum ada driving experience control (steer, suspension, engine bisa adjust eco pro, comfort, sport), 520i dan 528i ckd sudah ada, belum ada auto start stop function (bukan tombol start stop engine ya), yg 523i beberapa non sunroof, jok belakang busanya dudukannya beda (lebih tebal yg ckd).

523i dr tahun 2010-12 awal, mid 2012 udah berubah ke 520i dan 528i 4cyl turbo

So far keluhan sih gak ada (udah jalan 22 rb km dari thn 2013).. Cukup reliable menurut sy
thanks om infonya,
mesin turbo berisik ini kalo stationer apa pas di geber turbonya berisik om?
ooh cukup reliable yah menurut om?
biaya maintenance bisa dishare sedikit om?
tapi kan om punya yg 520i yah? kalo 523i nya juga reliable gak yah? :big_think: :big_think:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by Pboyz97 »

journeytohell wrote:Dulu sempet naksir 520d, tapi suara dieselnya menurut sy kasar (mobil baru), Dieselnya 520i lebih berisik dibandingkan anki pas stasioner menurut saya (imho)
Masa sih om ?, setau saya 520D suara mesinnya cukup halus kok berhubung saya udah pernah liat review 520D di youtube, btw ANKI emang suara mesin dieselnya jauh lebih halus dibandingin sama gen sebelomnya, jadi seolah2 suara mesin dieselnya keliatan alus banget even dibandingin sama mobil sekelas F10 sekalipun hahaha, tapi masalah transmisi jedug & turbo putunya itu yang menganggu :mky_04:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by journeytohell »

dihatianda wrote:
journeytohell wrote:Ane user f10 520i ckd.. Mesin 4 cyl turbonya berisik.. Jauh lebih halus 6 cyl (523i) nya.. Saya pernah coba 2 2 nya (dulu pernah cobain mobil test drive yg 523i f10), yg 523i nya tenaga lumayan linear tapi tetep aja gak gesit karena bodynya lebih besar dari e60, e60 lincah.

Kenapa ambil 520i dibandingkan 523i meskipun lebih berisik ya karena turbooo.. Sy Chip up pake jb4 + downpipe... Tuning di coc*pit auto (banyak anak2 bmw kesini)...

Yg spek cbu 523i dan 528i belum ada driving experience control (steer, suspension, engine bisa adjust eco pro, comfort, sport), 520i dan 528i ckd sudah ada, belum ada auto start stop function (bukan tombol start stop engine ya), yg 523i beberapa non sunroof, jok belakang busanya dudukannya beda (lebih tebal yg ckd).

523i dr tahun 2010-12 awal, mid 2012 udah berubah ke 520i dan 528i 4cyl turbo

So far keluhan sih gak ada (udah jalan 22 rb km dari thn 2013).. Cukup reliable menurut sy
thanks om infonya,
mesin turbo berisik ini kalo stationer apa pas di geber turbonya berisik om?
ooh cukup reliable yah menurut om?
biaya maintenance bisa dishare sedikit om?
tapi kan om punya yg 520i yah? kalo 523i nya juga reliable gak yah? :big_think: :big_think:
Stasionernya berisik menurut sy yg mesin n20 4 cyl turbo.. Mesinnya juga sekarang uda mulai pelan2 didiscontinue setau sy... Mulai di ganti kode b48 4 cyl turbo di seri 3 facelift..

Biaya maintenance free semua kan inclusive 5 th...

Kalau ambil 523i kan idrivenya masih layar kecil, nanti retrofit aja jadi layar gede kaya punya 520i facelift atau 528i (7 inch vs 10,2 inch layarnya) supaya voice command aktif dan ada harddisknya, gps, dan play dvd.
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by mojacko »

rasanya, kalau beli F10 bekas, mending yg blm turbo.

kemarin baru aja lihat w204 kena turbo nya, 40 juta aja gituh
blm tau sih reliability turbo bmw spt. apa
sbrunei
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun May 07, 2017 6:40

Re: WTA : BMW F10. please info

Post by sbrunei »

suhu2.. mau tanya juga donk ttg F10.. :)
1. Dari sejak keluar 520i dan 528i CKD, apakah sampai tahun 2016 ini ada facelift ? Perbedaanya apa dan di tahun brp?
2. Bedanya 520i dan 528i CKD apa? Mengingat setau saya mereka sama2 pakai mesin 2.000 CC turbo...
3. 520i diesel apakah mesin dieselnya lebih berisik dari fortuner diesel atau innova diesel baru?
4. Tipe diesel apakah kemewahan interiornya beda?
5. Layar di tengah saya lihat 520i tahun 2013 masih kecil ya... di tahun brp layar mulai besar?
6. Retrofit layar itu apa maksudnya kita bisa ganti layar kecil itu jadi layar besar asli bmw? biayanya brp?
7. Jika beli F10 seken dengan kurun tahun sekitar 2012-2014, hal-hal spesifik apa saja yg perlu kita check sblm beli? (misal seperti beli E class seken, salah satu yg perlu dicheck itu umur pengatur rem 'bosch' nya <-- ini biaya nya per 5 tahun 45jt)

terima kasih pencerahannya