Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

Malam all.
Terinspirasi salah satu thread di SM yg angkat corolla gti dan direstorasi, saya akhirnya juga angkat satu.

Mobilnya enak dan mesin 4agenya penuh potensi.
Tapi berhubung mobilnya sudah berumur dan hampir setua saya, kondisi pas beli ga standar lagi. Sama yg punya udah diceperin dan pk velg besar 17 inch dan pcd diganti ke yg 5 lubang.

Nah, mesin kebetulan masih standar dan ga ada isu, tp kaki kaki ga senyaman yg saya harapkan dengan kondisi diceperin saat ini. Kondisi existing meski sudah ganti ban, spooring dan balancing, saat belok abis susah dan gesrot di polisi tidur. Trus mobil seolah ga menapak diatas 60km/j dan terkadang kyk narik sebelah kyk torque steer.

Nah, karena ga nyaman saya coba bawa ke bengkel yg direkomen pemiliknya untuk servis, garden speed. Awalnya mau minta bantuan mereka gantiin shock aja, tp karena ga terlalu qualified mereka bilang bawa ke bengkel ceper baru di hj nawi.

Ok, saya turutin dan disana dibongkar dan shock serta per lama diganti. Kena 1,6 untuk per seken dan shock baru. Cuma depan saja karena mau tes kredibilitas bengkelnya. Yg belakang juga sementara aman.

Setelah penggantian ini mobil saya bawa ke bandung. Sekarang sudah enak, aman dari gesrot dan ga ada bunyi2 aneh.

Tapi, rasa enak itu cuma ada selama dibawah 90km/j. Mulai 100km/j keatas mobil rasanya melayang, setir terlalu ringan dan rasanya mau take off mobilnya.

Benchmarking saya adalah fortuner trd 2014 yg baru ngeri saat diatas 120km/j. Heran masa sedan ga stabil.

Nah, end of story. Bisa jadi saya ga berani aja tp kalo ga mencengkram ga pede dipake kenceng.
Sudah sempat tanya toyota proses restorasi total kaki kaki bisa kena 10 jt untuk dudukan shock dan shock saja tanpa per. Ga tau kalo lengkap.

Pertanyaan saya:
Apa ini memang karakteristik mobil ini, yg sudah jadul produksi 91?
Apa ada metode yg bisa membuat grip mobil ini meningkat minimal kyk bawa fortuner trd yg masuh stabil sampai 120km/j?
Apa lebih worth it coba replace ke standar set up dr toyota?
Apa misal investment ke coil over akan menjawab masalah ini?

Sekian curhat panjang saya, yg punya saran will be very appreciated.

Oya, maaf kalo salah kamar. Tolong bantuan om momod dipindahin kalo salah. Thanks






Sent from my iPhone using Tapatalk
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by egibaio »

Bushing2 dan tie rod udah diperiksa belum om? Pengaruhnya gede loh karet karetan
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

egibaio wrote:Bushing2 dan tie rod udah diperiksa belum om? Pengaruhnya gede loh karet karetan
Kebetulan belum. Pas saya tinggal di ceper baru dia bilang akan cek juga.
Tp pas pulang lupa nanya.

Ada saran ga om bengkel yg bisa minta cek bushing dan tie rod di jakarta?




Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by paidjho »

Setelah ganti kaki2 dah spooring?
Sekalian check permukaan ban rata apa gak? Atau rotasi ban, ada efek apa nggak.

Kalau stir enteng di 100kph, Kondisi power steering dan rack nya bagus?

Cmiiw...
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

paidjho wrote:Setelah ganti kaki2 dah spooring?
Sekalian check permukaan ban rata apa gak? Atau rotasi ban, ada efek apa nggak.

Kalau stir enteng di 100kph, Kondisi power steering dan rack nya bagus?

Cmiiw...
Spooring udah dan langsung saya tes bdg jkt. Kondisi setelah spooring masih sama, cuma setir bener2 center jadinya. Abis ganti shock setelannya ga center.

Berhubung ban baru sementara belum keliatan abisnya gimana, power stering menurut auto2000 ga ada masalah. Ga ada bunyi2 normal dan pas belok abis aman


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by marmut »

wheel alignment. dari situ ketauan camber berapa derajat, positif atau negatif atau 0 (nol).
umumnya standar pabrik itu camber positif supaya muter setir jadi enteng.
kalo mau enak saat hi speed, bikin negatif tapi sedikit saja (maksimal 0,5mm). atau setidaknya dibikin 0 (nol).
toe juga stel ulang, bikin toe in 0,5 - 1mm. jangan lebih.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

marmut wrote:wheel alignment. dari situ ketauan camber berapa derajat, positif atau negatif atau 0 (nol).
umumnya standar pabrik itu camber positif supaya muter setir jadi enteng.
kalo mau enak saat hi speed, bikin negatif tapi sedikit saja (maksimal 0,5mm). atau setidaknya dibikin 0 (nol).
toe juga stel ulang, bikin toe in 0,5 - 1mm. jangan lebih.
Settingnya kemaren ikutan tempat spooringnya sih. Mungkin nanti saya coba lagi dengan sarannya om


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by daftar »

kalo kaki2 mobil tua gak enak itu harus restorasi total, gak bisa sebagian aja, karena masalah gak akan tuntas dan gak akan awet part yang udah diganti.
contoh: yang diganti ball joint karena udah parah, tapi kondisi tie rod, bushing2, dll dibiarin aja (karena belum parah) pdhl udah waktu diganti, dijamin umur ball joint 6 bulan juga udah keok lagi, tapi yang disalahkan kadang mobilnya yang gak awet (pernah baca di trit sebelah)
:ngacir:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

daftar wrote:kalo kaki2 mobil tua gak enak itu harus restorasi total, gak bisa sebagian aja, karena masalah gak akan tuntas dan gak akan awet part yang udah diganti.
contoh: yang diganti ball joint karena udah parah, tapi kondisi tie rod, bushing2, dll dibiarin aja (karena belum parah) pdhl udah waktu diganti, dijamin umur ball joint 6 bulan juga udah keok lagi, tapi yang disalahkan kadang mobilnya yang gak awet (pernah baca di trit sebelah)
Saya akur sama inputnya sih hehe
Cuma karena waktu terbatas, dana terbatas dan cukup awam masalah bengkel jadinya ganti hanya yg disarankan sama bengkel.
Asumsinya dl masuk auto2000 bwt tau kurangnya dimana dan bengkel non resmi bwt ganti2 hahaha


Sent from my iPhone using Tapatalk
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by newrubble »

masuk sj ke auto2000 minta diagnose dulu (tar pas registration minta spy sblm ganti parts minta di telf dulu ..... ada tuh pilihan nya di registration form)

...2014 awal diagnose fee skitar rp. 580,000 tar apa sj yg hrs ganti minta print out dulu

trus di parts dept bisa tanya brapa harga original wheel set (4) atau per piece ..... suspension spring set juga bs tanya ..... shock absorber set oem masih ada ....... sticker kaca blakang juga ada harga tapi wkt itu sy tdk tanya krn bs bikin di tukang di pasar tebet

itu kalo mau empuk n stability sama spt saat baru
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

newrubble wrote:masuk sj ke auto2000 minta diagnose dulu (tar pas registration minta spy sblm ganti parts minta di telf dulu ..... ada tuh pilihan nya di registration form)

...2014 awal diagnose fee skitar rp. 580,000 tar apa sj yg hrs ganti minta print out dulu

trus di parts dept bisa tanya brapa harga original wheel set (4) atau per piece ..... suspension spring set juga bs tanya ..... shock absorber set oem masih ada ....... sticker kaca blakang juga ada harga tapi wkt itu sy tdk tanya krn bs bikin di tukang di pasar tebet

itu kalo mau empuk n stability sama spt saat baru
Iya om sudah dibawa kesana cuma hasilnya/detail yg disarankan diganti ga terlalu detail(ga inude part number etc)
Jadi yg ditulis shock ansorber f/r l/r gt aja. Jadi kurang detail.
Kemaren bawa ke auto2000 pramuka sih. Atau ada cabang lain yg lebih paham?
Kemaren aja lucu juga katanya ekatalog mereka ga ada datanya jadi musti ketik di excel. Panjang kalo pk part number dlll jd ditulis kyk diatas aja


Sent from my iPhone using Tapatalk
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by newrubble »

iya hrs minta detail nya n pasti mrk mau kluarkan berikut parts numbers

bilang ....perlu detail trmsk harga after tax n ongkos kerja
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

newrubble wrote:iya hrs minta detail nya n pasti mrk mau kluarkan berikut parts numbers

bilang ....perlu detail trmsk harga after tax n ongkos kerja
thanks advicenya om. saya akan coba todong detailnya dan penyediaan spare part outsource ke pasar senen hehe
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by octafiantos »

Ini bengkelnya mencar mencar, cek di Auto2000 Pramuka.
Betulin kaki di Ceper Baru. Kurang puas mau ke Atrium Senen hehehe. Imo Om, Ceper Baru itu spesialisasinya mendekin mobil pake per aftermarket. Dan sekarang juga udah ga bagus pelayanannya. Kerjaannya lebih bagus Jaya Spring, lebih tenar dengan nama ownernya Midun.

Kalo mau ganti standar dan merasa Auto2000 kemahalan bisa ke Duta Mas Fatmawati.
Ada bengkel di deretan ATM BCA tapi saya lupa namanya, bon juga udah ngikut ke mobil yang dijual. Itu bengkel spesialis ganti kaki kaki. Jadi di raknya ya isinya tie rod set, ball joint, bushing arm, as roda, sok dkk. Part ya tinggal pilih sesuai selera. Kalo mau pake TGP ya minta TGP. Kalo kaum model saya sih belinya 555 Jepang (ada buatan Jepang ada buatan Indonesia). Sok kalo mau keras biasanya pake Monroe, atau kalo mau lebih empuk pake Kayaba. Tokico juga seingat saya bikin sok buat Corolla.

Sebetulnya kalo saya baca historinya, bisa dispooring artinya kaki-kakinya masih bener.
Ga ada bushing yang aus. Tapi kalo mau ganti set sampai dengan per standar, pasti kaya mobil barunya. Banyak yang beranggapan kalo per itu lifetime, pengertian lifetimenya ga pas. Kalo dicek di pabrik yang punya alat pasti udah dibilang afkir. Saya ga ingat lagi berapa kalo total ganti kaki kaki semodel Corolla. Rasanya sih kanan kiri kisaran 2 juta di luar sok, as roda, per.
Kavling kosong, bisa dikridit.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by jivos »

octafiantos wrote:Ini bengkelnya mencar mencar.......cut.
Betulin kaki di Ceper Baru. Kurang puas mau ke Atrium Senen hehehe. Imo Om, Ceper Baru itu spesialisasinya mendekin mobil pake per aftemarket...cut.....Jadi di raknya ya isinya tie rod set, ball joint, bushing arm, as roda, sok dkk. Part ya tinggal pilih sesuai selera. Kalo mau pake TGP ya minta TGP........cut
Agreed,

Problem krn...
Beresin kakinya setengah2...di bengk org2 yg cr tmpt mrh buat kadalin kaki2.

Ganti set kaki2...tgp/equivalen @toko spesialis tyt....bongkar di spesialis toyota/kaki2
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by newrubble »

oh ya yg dekat bca di fatmawati yg encek encek itukan .... orgnya baik n pernah pasang suspension set silverspur2 sy jaman dulu .... kena 18 juta depan blakang semua barang dr sy

jauh lbh murah dr nv mass atau java motor
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by 3mul »

hackers11 wrote: Tapi, rasa enak itu cuma ada selama dibawah 90km/j. Mulai 100km/j keatas mobil rasanya melayang, setir terlalu ringan dan rasanya mau take off mobilnya.
menurut logika sotoy saya, karena kaki2 belakang belum kena restorasi, posisinya lebih ceper dari yg depan, bikin mobil jadi agak dongak. walhasil diatas kecepatan tertentu angin yg masuk dari arah depan akan "mengangkat" bodi mobil shg serasa mau terbang. ini juga bikin setir lebih ringan.
oh ya, setiap kali ganti komponen kaki2 sekecil apapun, jangan lupa mobil wajib di-spooring lagi.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

betul memang belum ada preferensi bengkel. target terdekat sepertinya coba rebuilt yg belakang juga untuk tes.
mengenai preferensi bengkel, kalo pilih midun(jaya springs) vs shop & drive(temen bilang dia ganti kaki2 yaris dia disana dan semua bisa dicariin kecuali per) enaknya dimana ya kira2?
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by jivos »

S n D itu bukannya tempat ganti oli n aki saja ya.... ...a bit underskilled...high service n part bills.

Jgn langsung ditelen omongan temannya.
Me....tyt spesialis/ bengkl kaki2 dg reputasi baik
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by octafiantos »

Betul om nr, encek encek yang jaga.
Saya dulu agak lama langganan di sana tapi terakhir ke sana 2 tahun yll yang jaga perempuan.

Midun itu seperti Ceper Baru om.
Sama juga seperti Sinar Mas Per/Akhiong. Kerjaan yang paling banyak itu bikin per custom mobil, biasanya orang yang pengen ceper/ganti pake per aftermarket. Shop n Drive paling banter sedia shock absorber. 2-2nya bukan pilihan saya kalo buat ganti kaki-kaki. Biasanya ngga punya part lengkap, cari dari tempat lain. Kalo preferensi, saya tetep ke sentra yang ada toko lengkap. Dutamas Fatmawati itu saya tulis buat contoh karena pernah ke Ceper Baru asumsi saya gampang ke sana. Kalo dekat/gampang aksesnya ke Atrium Senen, Pasar Mobil Kemayoran, Mega Glodok Kemayoran itu sama saja sebetulnya.
Kavling kosong, bisa dikridit.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

siap, clear. awalnya ke ceper baru karena saran garden speed aja. tdnya mau ke jantra abis ubek2 SM eh di kaskus kok yg komen negatif nambah terus.
browsing sekilas sih jaya springs reviewnya ok. nanti coba kesana kalo gt.
thanks om om bwt sarannya.
setelah sehat nanti pengen bikin trit kyk gini. semoga mobilnya segera sehat cepet hahaha

viewtopic.php?t=22413
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

mau update setelah kemaren cuti bwt benerin kaki kaki.
awalnya bawa ke jaya springs, dibongkar dan diliatin kalo ada las lasan di rumah selongsong shocbreaker depan(kemaren yg diganti di ceper baru katanya selongsong aja, karena lagi jumatan ga diliatin). dia saranin ganti rumah juga biar aman. tapi karena bukan selongsong doang katanya pesen dulu.
kecewa, saya telpon temen yg kemaren benerin yaris dis hop and drive. dia bilang dia cek dan ganti di shop&drive gandaria. kebetulan deket jadi bawa kesana.
sampe sana saya nanya2, bisa ga ganti shock disana sama cek bushing dan tie rod.
dan mereka bilang bisa :mky_08:

minta estimasi ganti shock(rumah shock depan belakang, dan selongsong) kena 2,4jt. tambah ganti stabilizer belakang juga. proses kerja sekitar 5 jam. pas dibawa malam cukup ok tapi karena roda ga align ga berani push.
pagi ini saya bawa spooring trus coba jalan-jalan. wow suprising, sekarang mobilnya ngegrip. kecepatan 100 masih stabil dan dibawa nikung 60-70 masih gigit. ini dia yang saya cari :big_smile]

kesimpulannya ternyata shop and drive punya layanan yg cukup lengkap, dan karena jaringan luas mereka bisa sourcing parts yg common(aspira untuk link stabilizer belakang dan shock KYB premium). so far puas, nanti akan saya coba bawa jarak jauh dulu untuk pembuktian.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by marmut »

boleh diinfoin oom camber dan toe before after di stel berapa...
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by farizfsa »

bagus kalo udah solved,

ceper baru, midun, njaya, dan sebagainya itu bengkel nyeperin mobil modif2 lah istilahnya, custom2. kalo mepet bisa ke babe lili di hj nawi jg, biasanya yg kesana mbl yg aneh2 bgt karena susah source bushing dkk.

kalo mau grip standar ya barang2nya harus standar ting ting lagi, oem part number lah istilahnya. kalo mau lebih grip lg ya, beli performance suspension set up yang well known ya.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Tanya Kaki Kaki Corolla GTI 91

Post by hackers11 »

marmut wrote:boleh diinfoin oom camber dan toe before after di stel berapa...
wah kebetulan saya lupa minta print2nya. tapi waktu itu spooringnya udah ijo2 semua alias align. alatnya juga jadul bgt dan masih pk kabel2.
karena alatnya jadul dia punya setting bwt corolla ae92 hehe

Image