TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by powerkid24 »

Sebelumnya saya mohon maaf bila salah room/section. Bukan berlindung di balik ke-newbie-an saya, tapi karena masalahnya tentang transmisi dan kekesalan kepada pihak representatif Audi di Indonesia yang kurang kooperatif (menurut saya), meskipun mereka memang menjalankan SOP pelayanan mereka.

Sebelumnya dapat saya informasikan saat ini saya lagi menanggung mobil Audi (agak) butut tahun 2005. Belinya seken pas tahun 2014 lalu.

Baiklah, saya mulai dulu dengan bercerita. Kejadiannya sekitar 9 hari (28 Agustus 2016) yang lalu (baru sekarang mumet cari second opinion setelah dapat kepastian estimasi biaya dari pihak Audi), pas di tol Cipali, tiba2 aja mobil mengeluarkan suara "keeerrrrrrrr....rrrr..." saat pedal gas diinjak, dan juga sesaat pedal gas dilepaskan. Selang 1-2 menit, tiba2 PRNDS blinking (kedip2) merah. Wah, langsung pucet dan keringat dingin. Mobil saya off-kan, eh ga bisa start lagi. Belakangan saya tahu kalo itu keadaan emergency lock. Nungguin mesin dingin, baru bisa start lagi, dan jalan sebentar, bunyi kasar timbul lagi. Bunyinya dari bawah dan tuas persnelling terasa getar saat dipegang. Suara bunyinya seperti suara knalpot yg tidak align di bagian header, ataupun seperti bunyi ban yang bersentuhan dengan bemper. Akhirnya hubungi pihak derek, dan mobilpun digendong ke Audi Bandung, menunggu besoknya buka. Tanggal 29 Agustus dateng, dicek, katanya multi-function error. Ditanya penyebabnya, langsung bilang TCM (Transmission Control Module) nya kena. TCM ini yang ngatur positioning si matic. Tapi sayangnya estimasi biaya ga bisa kelar hari itu juga, karena ga bisa connect ke center mereka akibat dari gangguan internet. Besoknya (30 Agustus), saya harus ke Semarang karena soal pekerjaan. Baru pada tanggal 03 Sept dapat kepastian estimasi biaya penggantian TCM termasuk jasa dan ATF sekitar 39-43 jt termasuk ppn. Langsung shock :big_cry:

Cari punya cari di forum Audi global, ternyata banyak konsumen (dan mungkin sebagian dari mereka yang berpendapat adalah mekanik) bahwa ini seharusnya defect, karena sampai CVT dikubur dari produk Audi di tahun 2013 pun nggak ketemu penyebab pastinya (di Amerika, sampai2 hal ini dijadikan gugatan dan sepertinya berhasil). Alasannya pihak Audi ga bisa tau/monitor secara berkala dari produk mereka, karena module TCM ini ikut terendam sama oli matic.

Sembari nyari info di dunia maya, saya juga cek service record saat mobil ini masih dalam masa garansi. Ternyata di tahun 2007 (odometer sekitar 27xxx km) sudah pernah dilakukan penggantian module TCM ini. waladalah. Saya baru ngeh kmaren, walopun pas awal beli seken di 2014 udah baca bahwa tulisan "PRNDS kadang muncul kedip2". Tapi karena di bagian "parts yang diganti" ada tertulis nomor part nya, saya saat itu mikir "wah, malah lebih baru lagi donk parts nya ini, jadi lebih amanlah".
Akhirnya hubungi Audi Jakarta untuk minta bantuan keringanan biaya atau apalah, tapi tetap bergeming, dengan alasan "hanya 2 tahun saja pak untuk parts yang udah diganti". Wah, saya jadi kesal setengah waras. Konsumen memang selalu salah, pikir saya. Saya sampai googling Ross Tech, bahwa penyebab PRNDS blinking memang module TCM yang gagal menterjemahkan input yang dia dapat, sehingga si TCM tidak tau pasti, posisi persnelling sedang di posisi apa. Nah, menurut ke-sotoy-an saya, harusnya dari input-an si TCM ini dulu dicek visual, tapi ternyata tidak boleh dilakukan begitu kata pihak Audi. Pokoknya sesuai dengan error code yang muncul, dari situ langsung disebutkan vonisnya sesuai dengan SOP. Wah, koq ya saklek bener untuk hal masalah global begini, pikir saya. Apakah malu atau gimana, pikir saya. Tapi yasudalah, daripada capek hati sendiri.

Akhir kata saya minta bantuan dari para senior SM-ers di sini :
1. Apakah ada bengkel/mekanik yang terpercaya yang dapat meng-over haul/visual inspection transmisi CVT nya Audi A4 B7 tahun 2005, sehingga bisa tau persis, apa yang menyebabkan module TCM saya error?
2. Apakah ada bengkel yang sekalian dapat meng-upgrade final drive matic ini menjadi 7s? Karena dapat dari forum2 luar, di sana bisa rebuild TCM dan upgrade matic nya menjadi 7s.
3. Kalo kira2 dijual dalam kondisi seperti sekarang, kira2 bisa dapet brapa duit ini mobil saya yang sedang pincang tersebut? :big_childish:

Terima kasih atas masukan, saran, dan tanggapan dari para SM-ers sekalian. Mohon maaf bila ada kata2 yang salah. :thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by Turboman »

gugel :

HB Car computer
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by Turboman »

Btw soal pelayanan BeRes nya spt itu yaa kelihatan bener ya APM nya jualan spt toko kecil aja

jual barang nya

jual parts nya

jaminan ya sesuai dgn yg diberikan pabrik aja.

gak peduli konsumen puas / nggak, mau beli lagi produk2 nya / nggak, yg penting toko sudah jual dan sudah cuan
Creavasse
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06

TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by Creavasse »

Mau sharing saja
Hal ini jg terjadi pada Ford Fiesta saya. Ceritanya abis balik mudik (perjalanan pp kira2 1500 km), saya cuci steam. Abis itu, mobil parkir di garasi. Selang 3 hari kemudian, ketika maunbrangkt kerja, tiba2 persneling susah masuk ke D. Di dashbord lampu roda bergigi menyala, sehingga mobil masuk dalam 'limp home mode' (klo nggak salah namanya). Cari2 info, memang bermasalah di TCMnya. Awalnya nggak percaya, saya bawalah ke bengkel (bukan bengkel resmi, tp biasa pegang mobil non jepang) menyatakan hal yg sama, kemungkinan modulnya. Akhirnya bawa ke beres ford untuk di cek ulang (second oponion). Mereka pun mengamini klo yg bermasalah TCMnya. Mengingat harga TCM yg lumayan mahal, sempet cari2 info ada nggak sih yg bisa ngakalin TCMnya. Hasil diskusi sana-sini sempet ada arahan dibawa ke master matic (ricard* matic). Karena tempat tinggal saya yg lumayan jauh, dan pertimbangan mobil butuh perbaikan cepat (mobil satu2nya), mau nggak mau gantilah itu TCM
Last edited by Creavasse on Tue Sep 06, 2016 10:08, edited 3 times in total.
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by powerkid24 »

Turboman wrote:gugel :

HB Car computer
Terima kasih atas infonya, mod Turboman.
barusan sudah langsung telepon, sepertinya si bapaknya spesialis ECU engine.
keterangan beliau: kalau transmission control unit yang dimaksud adalah yang sedikit menonjol di bawah karpet pengemudi, itu dia bisa.
tapi kalau yang dimaksud adalah yang ikut terendam di dalam gearbox, beliau tidak bisa.
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by powerkid24 »

Creavasse wrote:Mau sharing saja
Hal ini jg terjadi pada Ford Fiesta saya. Ceritanya abis balik mudik (perjalanan pp kira2 1500 km), saya cuci steam. Abis itu, mobil parkir di garasi. Selang 3 hari kemudian, ketika maunbrangkt kerja, tiba2 persneling susah masuk ke D. Di dashbord lampu roda bergigi menyala, sehingga mobil masuk dalam 'limp home mode' (klo nggak salah namanya). Cari2 info, memang bermasalah di TCMnya. Awalnya nggak percaya, saya bawalah ke bengkel (bukan bengkel resmi, tp biasa pegang mobil non jepang) menyatakan hal yg sama, kemungkinan modulnya. Akhirnya bawa ke beres ford untuk di cek ulang (second oponion). Mereka pun mengamini klo yg bermasalah TCMnya. Mengingat harga TCM yg lumayan mahal, sempet cari2 info ada nggak sih yg bisa ngakalin TCMnya. Hasil diskusi sana-sini sempet ada arahan dibawa ke master matic (ricard* matic). Karena tempat tinggal saya yg lumayan jauh, dan pertimbangan mobil butuh perbaikan cepat (mobil satu2nya), mau nggak mau gantilah itu TCM
mau nanya mas, itu TCM nya kering (tidak ikut terendam dengan oli matic/ATF) atau ikut basah terendam bersama ATF nya ya?

waduh, padahal tadi udah sempat gugling Ford Fiesta untuk di-DP-in daripada ganti TCM Audi saya. Ternyata serupa agak sama juga ya.
Btw, yang punya si mas nya nggak ada good will gitu dari Ford nya kah? mengingat Ford Fiesta ini kan masih tergolong baru di negara kita ini.

sebenarnya kayak di luar, mreka bisa semacam remapping TCM atau via gugel nyebutnya service kit TCM. tapi ya gitu, risiko di luar tanggung jawab mereka. kalaupun berhasil (biasanya sih berhasil karena pasti sudah tipikal utk 1 merk yang sama), pasti lama banget nunggunya nyampe Indo lagi.
medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by medkintos »

Creavasse wrote:Mau sharing saja
Hal ini jg terjadi pada Ford Fiesta saya. Ceritanya abis balik mudik (perjalanan pp kira2 1500 km), saya cuci steam. Abis itu, mobil parkir di garasi. Selang 3 hari kemudian, ketika maunbrangkt kerja, tiba2 persneling susah masuk ke D. Di dashbord lampu roda bergigi menyala, sehingga mobil masuk dalam 'limp home mode' (klo nggak salah namanya). Cari2 info, memang bermasalah di TCMnya. Awalnya nggak percaya, saya bawalah ke bengkel (bukan bengkel resmi, tp biasa pegang mobil non jepang) menyatakan hal yg sama, kemungkinan modulnya. Akhirnya bawa ke beres ford untuk di cek ulang (second oponion). Mereka pun mengamini klo yg bermasalah TCMnya. Mengingat harga TCM yg lumayan mahal, sempet cari2 info ada nggak sih yg bisa ngakalin TCMnya. Hasil diskusi sana-sini sempet ada arahan dibawa ke master matic (ricard* matic). Karena tempat tinggal saya yg lumayan jauh, dan pertimbangan mobil butuh perbaikan cepat (mobil satu2nya), mau nggak mau gantilah itu TCM
Fiesta S yak om? Harusnya dapet extended warranty, dulu pernah dapet surat langsung dari FMI yang isinya persis kayak gini http://www.fordfiestatransmissionwarrantyextension.com


Sent from my iPhone using Tapatalk
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10
Creavasse
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by Creavasse »

Fiesta S yak om? Harusnya dapet extended warranty, dulu pernah dapet surat langsung dari FMI yang isinya persis kayak gini http://www.fordfiestatransmissionwarrantyextension.com

Fiesta Trend 1.4 A/T om
Saya kira awalnya jg masih tercover garansi, taunya tidak...

Sent from my iPhone using Tapatalk[/quote]



Sent from my iPhone using Tapatalk
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by egibaio »

Waduuh turut berduka om pasti bete ya kena 40 juta tiba2. Ini service record beres ga om? Bukannya setau saya audi-vw agak murah hati untuk urusan goodwill ya?
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by jivos »

Welcome to VAG world om
You are not alone.....90% up sy bs bilang semua ngalamin fault tsb apalagi yg cvt.

Step:
1. Repair tcm ke ecu repaired di jkt
di villa melati serpong. Klo ngga sanggup....
2 catat no part di body TCM nya, googling part no tsb di ebay, trus bungkus. Estimasi di 2-3jt an plus ongkir + bea 1jt via UPS (4hr sampindpn rmh).
3. Bw ke spesialis, minta pasang, sekalian adaptasi n basic setting lagi.
Rekomended VAG spesialis googling di SM ini.
=======

Utk speciality brand ato sejenis euro car, sy tdk terlalu rekomen di bawa ke bengkel matic umum model ricardo/wanimatic ato lainnya.
Specialist brand jauh lbh tahu apa yg hrs dikerjakan, dan bengkel umum matic tsb jg sering subkon lempar balik box tranny / modul/ tcm/ ato mobilnya ke spesialist tsb.
=========

Lewat dr masa garansi, betul tdk ada cover de beres, tp klo om beli TCM dg trade in brg yg lama, ada potong discount sekian persen. Lupa angkanya krn cm dikit potongan discountnya.

=========

Klo mw dijual kondisi apa adanya spt skrg
Siap2 telan pil pahit....ada yg mw bungkus di 40jt saja sdh brsyukur utk A4 B7 2.0.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by powerkid24 »

egibaio wrote:Waduuh turut berduka om pasti bete ya kena 40 juta tiba2. Ini service record beres ga om? Bukannya setau saya audi-vw agak murah hati untuk urusan goodwill ya?
bener2 bete sih sebenernya. hehehe. betenya sih karena hanya berdasarkan hasil scan VAG COM doank, udah langsung vonis kena TCM. padahal nanya 2 mekanik bekas Audi, sebenernya bisa aja dibuka dulu itu cover matic nya, untuk lihat si TCM nya langsung (visual inspection). tapi ternyata berdasarkan SOP Audi sendiri, hal tersebut tidak diperbolehkan kata service advisornya. Ini TCM dari service record nya udah pernah diganti juga di 2007 (kayaknya waktu itu pemilik pertamanya masih dapat full warranty). mobil lansiran 2005. kalo searching di gugel, masalah ini masuk Service Bulletin nya Audi (atau search aja dengan keyword "audi CVT PRNDS flashing/blinking"). Sehubungan dengan good will, pas gw ngomong gini "masa sih pak ga ada good will dari Audi, soalnya ini kan masalah global dan bukan hanya A4 aja yang kena, tapi hampir seluruh Audi yang pake CVT". dijawabnya normatif aja "kita udah lihat dari VIN nya, ini ga masuk koq pak. jadi ya ga bisa. kalopun pas ada diskon, biasanya pas di Lebaran gitu, kita hanya bisa kasih diskon 5%-10%". waduh, pikir gw. bener2 BIG NO lah utk ambil Audi seken, meskipun usia sekennya masih 3 tahun. alasan normatif lainnya karena utk parts yang diganti hanya ada garansi 2 tahun dari Audi. se-good will-nya Audi pun, paling 3 tahun, yaitu 2010 lah maksudnya.

paling kalo udah mentok semua cara, paling nanti gw tetap ganti, tapi pengen nyiksa itu transmisi mobil dalam 2 tahun. maenin dari D, ke S, ke manual, pokoknya sampe breakdown lagi lah itu TCM. :big_childish:

dan ternyata sesudah generasi CVT ini, Audi grup masukin S-Tronic dengan DSG nya, dan guess what? ini juga banyak yang claim mechatronic-nya yang pada jebol, bahkan baru 1-2 tahun sesudah mobil keluar.
bener2 dah Audi ini, engineered prior to 3-5 years warranty. makanya pas ada thread tentang A4 2017, saya hanya bisa komentar: mending pikir2 deh, walopun teknologinya baru dan advanced, mending wait n see aja bagi yang mampu beli barunya, daripada ditawar serendah-rendahnya nanti pas mau jual lagi.

after all, mungkin emang udah nasib saya yang mampunya ambil mobil seken doank, jadi ya beginilah. hanya masih pengen berusaha mencari solusi terbaik aja buat kendaraan saya, paling ngga, dana yang keluar maksimum 30%-50% dari biaya di BeRes nya Audi.

jivos wrote: Welcome to VAG world om
You are not alone.....90% up sy bs bilang semua ngalamin fault tsb apalagi yg cvt.

Step:
1. Repair tcm ke ecu repaired di jkt
di villa melati serpong. Klo ngga sanggup....
2 catat no part di body TCM nya, googling part no tsb di ebay, trus bungkus. Estimasi di 2-3jt an plus ongkir + bea 1jt via UPS (4hr sampindpn rmh).
3. Bw ke spesialis, minta pasang, sekalian adaptasi n basic setting lagi.
Rekomended VAG spesialis googling di SM ini.
=======

Utk speciality brand ato sejenis euro car, sy tdk terlalu rekomen di bawa ke bengkel matic umum model ricardo/wanimatic ato lainnya.
Specialist brand jauh lbh tahu apa yg hrs dikerjakan, dan bengkel umum matic tsb jg sering subkon lempar balik box tranny / modul/ tcm/ ato mobilnya ke spesialist tsb.
=========

Lewat dr masa garansi, betul tdk ada cover de beres, tp klo om beli TCM dg trade in brg yg lama, ada potong discount sekian persen. Lupa angkanya krn cm dikit potongan discountnya.

=========

Klo mw dijual kondisi apa adanya spt skrg
Siap2 telan pil pahit....ada yg mw bungkus di 40jt saja sdh brsyukur utk A4 B7 2.0.
iya om jivos. padahal baru bulan lalu saya nanya2 om jivos di thread sebelah, eehhh..malah langsung kejadian itu ketakutan saya.

om jivos, kalau berkenan, saya bagi nomornya om jivos donk. atau karna saya masih newbie jadi belum bisa PM/di-PM, kiranya om jivos berkenan add WA saya di 0852 tujuh nol dua tiga empat nol nol tujuh.

terima kasih sebelumnya atas masukan dan sarannya om jivos.

edited: saya sudah gugel di SM, masih belum nemu VAG spesialis yang recommended nya, om jivos. kalo yang ini: "Nah, langsung saja bawa Audi dan VW Anda ke Quattro di Jl. Marinir Cilandak KKO No. 1A, Cilandak, Jakarta Selatan. Telp. 021-78846171, 0817-112075." recommended ga ya om? atau sekiranya ada yang di Bandung, karena mobil saat ini ngajogrok ti Bandung. tolong dibantu om jivos. :big_deal: :thanks:
Last edited by powerkid24 on Tue Sep 06, 2016 13:19, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by Turboman »

kalo cari matic unit yg ex copotan di penjual mesin2 seken gimana ya

atau minta mrk carikan di luar

kalo bisa dapat, trus ganti en jadi bagus lgs buru2 tendang tu mobil dah
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by powerkid24 »

Turboman wrote:kalo cari matic unit yg ex copotan di penjual mesin2 seken gimana ya

atau minta mrk carikan di luar

kalo bisa dapat, trus ganti en jadi bagus lgs buru2 tendang tu mobil dah
kalau ga salah om momod, ini tiap unit katanya unique untuk tiap VIN. ga tau deh gimana sebenarnya. makanya kalo dari ebay, mreka minta dikirimin TCM yang punya kita, trus mreka repair, kirim balik ke kita lagi. dan itupun kudu di-setting ulang lagi lewat software VAG COM nya. kira-kira begitu dari info2 yang saya baca.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by jivos »

Sdh di add wa nya om.

Cb konsultasi n tanyakan sj permasalahannya k beliau. Bbrp bln sekali sering k Sin jg nyari part buat cust nya. Mungkin bs pesan dg dia. Cm tetap lbh murah klo om sendiri yg datangin itu tcm.

Dl sy beli TCM dg cara datangin langsung dr jerman sono via ups. Total cost unit tcm n ups ada di 3.5jt saja.
Ecu rapair shop disini sdh pd nyerah ngga sanggup, nyari parts dlm an ic ngga ada.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by powerkid24 »

jivos wrote:Sdh di add wa nya om.

Cb konsultasi n tanyakan sj permasalahannya k beliau. Bbrp bln sekali sering k Sin jg nyari part buat cust nya. Mungkin bs pesan dg dia. Cm tetap lbh murah klo om sendiri yg datangin itu tcm.

Dl sy beli TCM dg cara datangin langsung dr jerman sono via ups. Total cost unit tcm n ups ada di 3.5jt saja.
Ecu rapair shop disini sdh pd nyerah ngga sanggup, nyari parts dlm an ic ngga ada.
siap om jivos.

thanks banget om jivos atas informasi dan masukannya dan add WA nya.
semoga kuda manja saya ini bisa kembali dipake normal lagi deh. :big_deal: :thanks:
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by mangujo »

powerkid24 wrote:
Creavasse wrote:Mau sharing saja
Hal ini jg terjadi pada Ford Fiesta saya. Ceritanya abis balik mudik (perjalanan pp kira2 1500 km), saya cuci steam. Abis itu, mobil parkir di garasi. Selang 3 hari kemudian, ketika maunbrangkt kerja, tiba2 persneling susah masuk ke D. Di dashbord lampu roda bergigi menyala, sehingga mobil masuk dalam 'limp home mode' (klo nggak salah namanya). Cari2 info, memang bermasalah di TCMnya. Awalnya nggak percaya, saya bawalah ke bengkel (bukan bengkel resmi, tp biasa pegang mobil non jepang) menyatakan hal yg sama, kemungkinan modulnya. Akhirnya bawa ke beres ford untuk di cek ulang (second oponion). Mereka pun mengamini klo yg bermasalah TCMnya. Mengingat harga TCM yg lumayan mahal, sempet cari2 info ada nggak sih yg bisa ngakalin TCMnya. Hasil diskusi sana-sini sempet ada arahan dibawa ke master matic (ricard* matic). Karena tempat tinggal saya yg lumayan jauh, dan pertimbangan mobil butuh perbaikan cepat (mobil satu2nya), mau nggak mau gantilah itu TCM
mau nanya mas, itu TCM nya kering (tidak ikut terendam dengan oli matic/ATF) atau ikut basah terendam bersama ATF nya ya?

waduh, padahal tadi udah sempat gugling Ford Fiesta untuk di-DP-in daripada ganti TCM Audi saya. Ternyata serupa agak sama juga ya.
Btw, yang punya si mas nya nggak ada good will gitu dari Ford nya kah? mengingat Ford Fiesta ini kan masih tergolong baru di negara kita ini.

sebenarnya kayak di luar, mreka bisa semacam remapping TCM atau via gugel nyebutnya service kit TCM. tapi ya gitu, risiko di luar tanggung jawab mereka. kalaupun berhasil (biasanya sih berhasil karena pasti sudah tipikal utk 1 merk yang sama), pasti lama banget nunggunya nyampe Indo lagi.
Halo om baru awal bulan agustus kemaren fiesta S saya yg maticnya suka ngaco mirip mindahin gigi manual tanpa dikopling, dibawa ke beres dan setelah dicek katanya modulenya yg error.. Entah ini module transmisi DCT atau modul apa saya gak paham, posisinya harus angkat mesin dulu buat ngeganti karena dibawah banget... Di gearbox nya gitu ya?

Berhubung masih garansi jadi gak dikasih tau harganya, tau beres aja. En bener udh gak problem lg
Tapi sblm nya ga pernah ada indicator check engine / transmission failed segala. Dan waktu msh sakit, kalo mobil dimatiin trus dinyalain lg suka normal lg.
Heran jg masih garansi pdhl mobil udh 5 taunan en kilometer udh 91000km
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
EricSanjaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Thu Jan 23, 2014 5:56

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by EricSanjaya »

Masalah transmisi memang buat sakit hati, dulu saya smpat punya ford focus tdci, diesel, transmisinya tiap pindah dari p ke r atau sebaliknya pasti ngejedag keras, di beres sempat di ganti mechantronicnya, tp sama aja, beres mengajukan untuk ganti segelondong transmisi harganya 125 kalau ga salah ya, akirnya saya coba bengkel laen, and transmisi dikirim ke ricard* matic, tp akirnya sama ajaaaa, hampir 6 bulan lbh mobil di bengkel, akirnya saya jual dengan harga murah, hiks..... Semoga lekas dpt jalan keluarnya om

Sent from my STH100-2 using Seraya Motor mobile app
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by BrianK3 »

Baca testimoni seperti ini bikin ngeri juga yah padahal ada rencana minang Polo dalam waktu dekat, terutama kesan ATPM yang kesannya acuh tak acuh.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by martinnn »

all hail manual tranny .........
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by satrialiar69 »

Sangat disayangkan…
Semoga lekas ada solusinya om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by Turboman »

Produsen bikin matic dimana TCU / TCM nya ada di dalam matik unit buat saya benar2 aneh dan misterius

saya melihatnya jadi spt jebakan betmen bagi user

lagian modul TCU di dalam matik jadi panas, suhu sekitar / suhu ATF panas

kalo di luar matik bisa dipasang di tempat yg ventilasi baik

kalo matic2 buatan Jepun (AW / JATCO) rata2 TCU nya di luar matic nya, di dalam matic komponen yg pake listrik ya cuman solenoid2 di body valve aja

Ford dan GM matic unit juga rata2 TCU terpisah. CMIIW
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by jivos »

Turboman wrote:Produsen bikin matic dimana TCU / TCM nya ada di dalam matik unit buat saya benar2 aneh dan misterius

saya melihatnya jadi spt jebakan betmen bagi user

lagian modul TCU di dalam matik jadi panas, suhu sekitar / suhu ATF panas

kalo di luar matik bisa dipasang di tempat yg ventilasi baik

kalo matic2 buatan Jepun (AW / JATCO) rata2 TCU nya di luar matic nya, di dalam matic komponen yg pake listrik ya cuman solenoid2 di body valve aja

Ford dan GM matic unit juga rata2 TCU terpisah. CMIIW
Pernah denger dr mekanik bmw utk tcm/mecha yg terendam oli.

Katanya.... Klo ada short circuit....yg k hajar mechanya dulu (semacam safety net).... Yg lain aman ngga kena, baik mekanikal trannya ato koneksi ecu lainnya.
Cth kasus: 320 e46 tcm diatas vs e90 320 n46 mecha teremdam.
Klo yg e46 tcm kena, tranny jg kena ikutan overhaul, klo e90 kena...ngga perlu full overhaul, ckp ganti mecha nya saja.

Benar tdk nya, sy ngga tau om. Waktu itu cm nggangguk2 blagu ngerti aja saja, sec kepala sibuk nebak tagihan bengkel :mky_01:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by mylandy »

jivos wrote:
Pernah denger dr mekanik bmw utk tcm/mecha yg terendam oli.

Katanya.... Klo ada short circuit....yg k hajar mechanya dulu (semacam safety net).... Yg lain aman ngga kena, baik mekanikal trannya ato koneksi ecu lainnya.
Cth kasus: 320 e46 tcm diatas vs e90 320 n46 mecha teremdam.
Klo yg e46 tcm kena, tranny jg kena ikutan overhaul, klo e90 kena...ngga perlu full overhaul, ckp ganti mecha nya saja.

Benar tdk nya, sy ngga tau om. Waktu itu cm nggangguk2 blagu ngerti aja saja, sec kepala sibuk nebak tagihan bengkel :mky_01:
Om Jivos, :wkkk: :wkkk: :wkkk:

Turut prihatin, Om powerkid, mudah2 an masalahnya cepat teratasi.
Kalau tidak dicover garansi, saran Om Jivos bisa sangat membantu. Setahun lalu unit saya dua kali ngejogrok berbulan-bulan di beres di Bandung karena harus menunggu spare part dan mereka tidak punya special tools untuk pasang. Beruntung saya dikasih goodwill, itu pun setelah komplain ke Audi Indonesia dan Jerman. Sekarang hanya service di Audi center di Halim, ke beres bandung cuman beli oli buat top up.
gogon344
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 30, 2015 3:53

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by gogon344 »

Creavasse wrote:Fiesta S yak om? Harusnya dapet extended warranty, dulu pernah dapet surat langsung dari FMI yang isinya persis kayak gini http://www.fordfiestatransmissionwarrantyextension.com

Fiesta Trend 1.4 A/T om
Saya kira awalnya jg masih tercover garansi, taunya tidak...

Sent from my iPhone using Tapatalk
kalau trend 1.4 garansinya cuma 3thn kalau ga sana n emang jarang banget kena. hehe :big_smile]

Sent from my iPhone using Tapatalk[/quote]
gogon344
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 30, 2015 3:53

Re: TOLONG CVT Audi A4 B7 Saya Bermasalah

Post by gogon344 »

mangujo wrote:
powerkid24 wrote:
Creavasse wrote:Mau sharing saja
Hal ini jg terjadi pada Ford Fiesta saya. Ceritanya abis balik mudik (perjalanan pp kira2 1500 km), saya cuci steam. Abis itu, mobil parkir di garasi. Selang 3 hari kemudian, ketika maunbrangkt kerja, tiba2 persneling susah masuk ke D. Di dashbord lampu roda bergigi menyala, sehingga mobil masuk dalam 'limp home mode' (klo nggak salah namanya). Cari2 info, memang bermasalah di TCMnya. Awalnya nggak percaya, saya bawalah ke bengkel (bukan bengkel resmi, tp biasa pegang mobil non jepang) menyatakan hal yg sama, kemungkinan modulnya. Akhirnya bawa ke beres ford untuk di cek ulang (second oponion). Mereka pun mengamini klo yg bermasalah TCMnya. Mengingat harga TCM yg lumayan mahal, sempet cari2 info ada nggak sih yg bisa ngakalin TCMnya. Hasil diskusi sana-sini sempet ada arahan dibawa ke master matic (ricard* matic). Karena tempat tinggal saya yg lumayan jauh, dan pertimbangan mobil butuh perbaikan cepat (mobil satu2nya), mau nggak mau gantilah itu TCM
mau nanya mas, itu TCM nya kering (tidak ikut terendam dengan oli matic/ATF) atau ikut basah terendam bersama ATF nya ya?

waduh, padahal tadi udah sempat gugling Ford Fiesta untuk di-DP-in daripada ganti TCM Audi saya. Ternyata serupa agak sama juga ya.
Btw, yang punya si mas nya nggak ada good will gitu dari Ford nya kah? mengingat Ford Fiesta ini kan masih tergolong baru di negara kita ini.

sebenarnya kayak di luar, mreka bisa semacam remapping TCM atau via gugel nyebutnya service kit TCM. tapi ya gitu, risiko di luar tanggung jawab mereka. kalaupun berhasil (biasanya sih berhasil karena pasti sudah tipikal utk 1 merk yang sama), pasti lama banget nunggunya nyampe Indo lagi.
Halo om baru awal bulan agustus kemaren fiesta S saya yg maticnya suka ngaco mirip mindahin gigi manual tanpa dikopling, dibawa ke beres dan setelah dicek katanya modulenya yg error.. Entah ini module transmisi DCT atau modul apa saya gak paham, posisinya harus angkat mesin dulu buat ngeganti karena dibawah banget... Di gearbox nya gitu ya?

Berhubung masih garansi jadi gak dikasih tau harganya, tau beres aja. En bener udh gak problem lg
Tapi sblm nya ga pernah ada indicator check engine / transmission failed segala. Dan waktu msh sakit, kalo mobil dimatiin trus dinyalain lg suka normal lg.
Heran jg masih garansi pdhl mobil udh 5 taunan en kilometer udh 91000km
garansi sampe 10thn om kalau ga salah, mau km brppun juga tetep ko hehe, emang masalahnya di Dualcluthnya itu.