Page 3 of 3

Re: Tanya BMW E46

Posted: 26 Jan 2017, 21:24
by FatManSlim
Saya ganti pake boge oem nya e46 barengan 4 biji. Kl bilstein agak lebih keras bantingannya. Cmiiw.

Re: Tanya BMW E46

Posted: 17 Feb 2017, 21:14
by egibaio
Saya baru ganti control arm bushing 2 bulan yg lalu kok skrg udah kena lg ya? Yang kena yg kanan melulu lg. Apa emg umurnya pendek begini???

Re: Tanya BMW E46

Posted: 17 Feb 2017, 21:51
by Naruto
Ganti yang bahan Polyurethane aja om bushingnya (untuk heavy duty).

Re: Tanya BMW E46

Posted: 17 Feb 2017, 22:04
by egibaio
Naruto wrote:
17 Feb 2017, 21:51
Ganti yang bahan Polyurethane aja om bushingnya (untuk heavy duty).
Yang powerflex itu bukan merknya ya om? Baca2 di forum luar sih pada pake itu. Kalau disini kira2 bisa beli dmn om?

Re: Tanya BMW E46

Posted: 18 Feb 2017, 00:33
by Naruto
Saya ga tahu beli dimana kalo disini, selain ebay om.
Ada meyle juga merknya (selain powerflex). Beli bushingnya saja om.
Kalau boleh tahu, sekarang pake merk apa om? OEM genuine atau kw merk ga jelas?
Omong2 pernah cek per belakang ga? anehnya punya saya dulu, dua2nya patah "natural" (spiral bagian bawahnya).
Di forum2 juga ada yang kejadian begini.

Re: Tanya BMW E46

Posted: 26 Apr 2017, 15:01
by REDbanana211
Numpang tanya om2 sekalian, ada yang punya rekomen sparepart copotan ga? kalo ada minta tolong info yah om,

Re: Tanya BMW E46

Posted: 27 Apr 2017, 11:27
by Dat510
egibaio wrote:
17 Feb 2017, 21:14
Saya baru ganti control arm bushing 2 bulan yg lalu kok skrg udah kena lg ya? Yang kena yg kanan melulu lg. Apa emg umurnya pendek begini???
Om, kalo control arm rusak gejalanya apa ya?

Re: Tanya BMW E46

Posted: 27 Apr 2017, 11:28
by Dat510
REDbanana211 wrote:
26 Apr 2017, 15:01
Numpang tanya om2 sekalian, ada yang punya rekomen sparepart copotan ga? kalo ada minta tolong info yah om,
Sparepart apa om? kalau slow moving, bengkel2 di kemayoran atau di kampakan.

Re: Tanya BMW E46

Posted: 27 Apr 2017, 14:37
by egibaio
Naruto wrote:
18 Feb 2017, 00:33
Saya ga tahu beli dimana kalo disini, selain ebay om.
Ada meyle juga merknya (selain powerflex). Beli bushingnya saja om.
Kalau boleh tahu, sekarang pake merk apa om? OEM genuine atau kw merk ga jelas?
Omong2 pernah cek per belakang ga? anehnya punya saya dulu, dua2nya patah "natural" (spiral bagian bawahnya).
Di forum2 juga ada yang kejadian begini.
Baru baca om maaf late post. Saya pake lemforder om, 2 bulan fail aduh bingung wkwkwk. Ketemu shock depan agak bocor jg sih, akhirnya saya ganti jg shocknya dua duanya. Semoga skrg awet deh.

Wah saya blm cek per om. Gejalanya apa ya? Kasus yg cukup common jg kayaknya di e46
Dat510 wrote:
27 Apr 2017, 11:27
egibaio wrote:
17 Feb 2017, 21:14
Saya baru ganti control arm bushing 2 bulan yg lalu kok skrg udah kena lg ya? Yang kena yg kanan melulu lg. Apa emg umurnya pendek begini???
Om, kalo control arm rusak gejalanya apa ya?
Untuk bushingnya sih kerasa banget. Mobil rasanya kayak mau runtuh wkwkwkwk. Tiap di rem stir lgsg lari ke satu arah

Kalau untuk control armnya (ball joint). Ya paling ada bebunyian dan stir rasanya kurang firm. Agak lari2 dikit
REDbanana211 wrote:
26 Apr 2017, 15:01
Numpang tanya om2 sekalian, ada yang punya rekomen sparepart copotan ga? kalo ada minta tolong info yah om,
Untuk bandung coba Martin BMW Benz di Pajajaran

Re: Tanya BMW E46

Posted: 28 Apr 2017, 11:05
by Dat510
egibaio wrote:
27 Apr 2017, 14:37
Naruto wrote:
18 Feb 2017, 00:33
Saya ga tahu beli dimana kalo disini, selain ebay om.
Ada meyle juga merknya (selain powerflex). Beli bushingnya saja om.
Kalau boleh tahu, sekarang pake merk apa om? OEM genuine atau kw merk ga jelas?
Omong2 pernah cek per belakang ga? anehnya punya saya dulu, dua2nya patah "natural" (spiral bagian bawahnya).
Di forum2 juga ada yang kejadian begini.
Baru baca om maaf late post. Saya pake lemforder om, 2 bulan fail aduh bingung wkwkwk. Ketemu shock depan agak bocor jg sih, akhirnya saya ganti jg shocknya dua duanya. Semoga skrg awet deh.

Wah saya blm cek per om. Gejalanya apa ya? Kasus yg cukup common jg kayaknya di e46
Dat510 wrote:
27 Apr 2017, 11:27
egibaio wrote:
17 Feb 2017, 21:14
Saya baru ganti control arm bushing 2 bulan yg lalu kok skrg udah kena lg ya? Yang kena yg kanan melulu lg. Apa emg umurnya pendek begini???
Om, kalo control arm rusak gejalanya apa ya?
Untuk bushingnya sih kerasa banget. Mobil rasanya kayak mau runtuh wkwkwkwk. Tiap di rem stir lgsg lari ke satu arah

Kalau untuk control armnya (ball joint). Ya paling ada bebunyian dan stir rasanya kurang firm. Agak lari2 dikit
REDbanana211 wrote:
26 Apr 2017, 15:01
Numpang tanya om2 sekalian, ada yang punya rekomen sparepart copotan ga? kalo ada minta tolong info yah om,
Untuk bandung coba Martin BMW Benz di Pajajaran
Saya sempet baca2, untuk control arm / wishbone kalo pemasangan ngga bener juga akan cepet rusak om. Btw pas control arm nya rusak di stir ada celah/speleng ngga om?

Re: Tanya BMW E46

Posted: 18 May 2017, 16:33
by REDbanana211
Dat510 wrote:
27 Apr 2017, 11:28
REDbanana211 wrote:
26 Apr 2017, 15:01
Numpang tanya om2 sekalian, ada yang punya rekomen sparepart copotan ga? kalo ada minta tolong info yah om,
Sparepart apa om? kalau slow moving, bengkel2 di kemayoran atau di kampakan.
kaca depan :big_cry: , ama printilan interior, ada rekomendasi kampakan untuk di jakarta timur kah? kalo punya minta info yah om,, :big_smile]

Re: Tanya BMW E46

Posted: 18 May 2017, 16:33
by REDbanana211
REDbanana211 wrote:
26 Apr 2017, 15:01
Numpang tanya om2 sekalian, ada yang punya rekomen sparepart copotan ga? kalo ada minta tolong info yah om,
Untuk bandung coba Martin BMW Benz di Pajajaran
[/quote]

makasi infonya om egibao :big_deal:

Re: Tanya BMW E46

Posted: 18 May 2017, 18:32
by Naruto
egibaio wrote:
27 Apr 2017, 14:37

Baru baca om maaf late post. Saya pake lemforder om, 2 bulan fail aduh bingung wkwkwk. Ketemu shock depan agak bocor jg sih, akhirnya saya ganti jg shocknya dua duanya. Semoga skrg awet deh.

Wah saya blm cek per om. Gejalanya apa ya? Kasus yg cukup common jg kayaknya di e46
Karena ambil 2nd, gejalanya ga terasa sih. Cuman secara visual, ban belakang ki-ka, celup banged sampe masuk fender.
Patahan per-nya masih ada disana. Jadi bukan seperti mobil yang dengan sengaja diceperin.
REDbanana211 wrote:
26 Apr 2017, 15:01

Saya sempet baca2, untuk control arm / wishbone kalo pemasangan ngga bener juga akan cepet rusak om. Btw pas control arm nya rusak di stir ada celah/speleng ngga om?
Iya, ada speleng di setir. Yang pasti, kalo bushing di control arm sudah aus/lembek/getas, waktu jalan lurus di tol, kecepatan >80 kmh, mobilnya sangat susah untuk jalan lurus. Harus terus menerus koreksi setir yang ada speleng-nya itu.
Coba dulu saja cek bushing di control arm-nya.

Re: Tanya BMW E46

Posted: 30 May 2017, 17:39
by Tdp89
REDbanana211 wrote:
18 May 2017, 16:33
Dat510 wrote:
27 Apr 2017, 11:28
REDbanana211 wrote:
26 Apr 2017, 15:01
Numpang tanya om2 sekalian, ada yang punya rekomen sparepart copotan ga? kalo ada minta tolong info yah om,
Sparepart apa om? kalau slow moving, bengkel2 di kemayoran atau di kampakan.
kaca depan :big_cry: , ama printilan interior, ada rekomendasi kampakan untuk di jakarta timur kah? kalo punya minta info yah om,, :big_smile]
Coba ke doni sparepart-bmw.com. Alamatnya di depok om... Sy pernah beli beberapa spare part cabutan untuk interior e46 saya. Atau ke om pras d bsd. Bisa lihat d fb namanya paulus part copotan.

Re: Tanya BMW E46

Posted: 31 May 2017, 08:51
by REDbanana211
terima kasih infonya om tdp89.

Re: Tanya BMW E46

Posted: 21 Sep 2017, 12:16
by stuckinthemoment
Suhu2 ijin numpang trit dulu ya

Saya ada rencana ambil 330i, ngebet ngerasain tarikannya :ungg:
Kebetulan dapet yang km masih rendah (<80rb). Cek sekilas sih semua masih ok, tinggalminta ijin pemilik bawa ke bengkel cek2 aja.

Ada masukan apa yang harus diperhatikan untuk kondisi mesinnya? secara ini mobil udah hampir 15thn gituh :big_childish:

Re: Tanya BMW E46

Posted: 22 Sep 2017, 01:43
by bamimwau
stuckinthemoment wrote:
21 Sep 2017, 12:16
Suhu2 ijin numpang trit dulu ya

Saya ada rencana ambil 330i, ngebet ngerasain tarikannya :ungg:
Kebetulan dapet yang km masih rendah (<80rb). Cek sekilas sih semua masih ok, tinggalminta ijin pemilik bawa ke bengkel cek2 aja.

Ada masukan apa yang harus diperhatikan untuk kondisi mesinnya? secara ini mobil udah hampir 15thn gituh :big_childish:
Masukan pengguna E46 dari kondisi semi bahan kemahalan :mky_01:
1. Girboks, ini cukup sering kejadiannya di user E46, punya saya jebol sebelum 100rb km :big_bored: cek ngejedug ga waktu ganti gigi terutama pas lagi berenti (pindah dari N ke D), kalo iya berarti persiapan belasan jeti buat overhaul (worst case), kalo di scan biasa normal2 aja atau paling masalah kecil kayak connector dll tapi biasanya lebih gawat saya bolak balik bengkel buat beresin ginian tapi cuma tahan sebentar sampe akhirnya ga bisa jalan sama sekali :big_slap:
2. Cooling system, BMW terkenal sering fail di bagian ini (radiator, waterpump, thermostat, expansion tank, selang2) tambahan cooler matik
3. Kaki2, ngerti sendiri lah ceknya
4. Knalpot ngebul, mending kabur deh kalo ketemu yg begini, kecuali doi mau jual murah banget, sekalian sisa dana buat overhaul mesin. Biasanya user sebelumnya ga ngerawat atau keseringan overheat, blok M54 alumunium ga tahan sama yg namanya panas lebay :big_think:
5. Steering rack, cek spelleng ga setirnya waktu di puter atau bunyi2 waktu lewat jalan jelek
6. Mesin sih biasa cek rembesan oli aja kalo perlu sampe ngolong, awet kok nih mesin pada dasarnya
7. Elektrik, usahain cari yg standar audionya dan lampu2 terutama, soalnya mobil eropa ga bisa pasang lampu aftermarket taiwan dkk, harus euro spec yg mahal. kalo bandel biasanya bakal ada lampu indikator error2 gitu
8. Rembesan di karpet mobil kalo abis kena hujan pas parkir, biasanya ada bocor di pintu dalamnya, harus bongkar buat benerin

itu dulu deh yg inget :big_grin:

Re: Tanya BMW E46

Posted: 22 Sep 2017, 17:57
by stuckinthemoment
bamimwau wrote:
22 Sep 2017, 01:43
stuckinthemoment wrote:
21 Sep 2017, 12:16
Suhu2 ijin numpang trit dulu ya

Saya ada rencana ambil 330i, ngebet ngerasain tarikannya :ungg:
Kebetulan dapet yang km masih rendah (<80rb). Cek sekilas sih semua masih ok, tinggalminta ijin pemilik bawa ke bengkel cek2 aja.

Ada masukan apa yang harus diperhatikan untuk kondisi mesinnya? secara ini mobil udah hampir 15thn gituh :big_childish:
Masukan pengguna E46 dari kondisi semi bahan kemahalan :mky_01:
1. Girboks, ini cukup sering kejadiannya di user E46, punya saya jebol sebelum 100rb km :big_bored: cek ngejedug ga waktu ganti gigi terutama pas lagi berenti (pindah dari N ke D), kalo iya berarti persiapan belasan jeti buat overhaul (worst case), kalo di scan biasa normal2 aja atau paling masalah kecil kayak connector dll tapi biasanya lebih gawat saya bolak balik bengkel buat beresin ginian tapi cuma tahan sebentar sampe akhirnya ga bisa jalan sama sekali :big_slap:
2. Cooling system, BMW terkenal sering fail di bagian ini (radiator, waterpump, thermostat, expansion tank, selang2) tambahan cooler matik
3. Kaki2, ngerti sendiri lah ceknya
4. Knalpot ngebul, mending kabur deh kalo ketemu yg begini, kecuali doi mau jual murah banget, sekalian sisa dana buat overhaul mesin. Biasanya user sebelumnya ga ngerawat atau keseringan overheat, blok M54 alumunium ga tahan sama yg namanya panas lebay :big_think:
5. Steering rack, cek spelleng ga setirnya waktu di puter atau bunyi2 waktu lewat jalan jelek
6. Mesin sih biasa cek rembesan oli aja kalo perlu sampe ngolong, awet kok nih mesin pada dasarnya
7. Elektrik, usahain cari yg standar audionya dan lampu2 terutama, soalnya mobil eropa ga bisa pasang lampu aftermarket taiwan dkk, harus euro spec yg mahal. kalo bandel biasanya bakal ada lampu indikator error2 gitu
8. Rembesan di karpet mobil kalo abis kena hujan pas parkir, biasanya ada bocor di pintu dalamnya, harus bongkar buat benerin

itu dulu deh yg inget :big_grin:
Woooow mantep masukannya ... nice sharing boss komplit abiss :mky_08:
Kayanya harus cek bener di gearbox ya, agak ngeri-ngeri sedap. :ungg:

Sebenernya pernah pake E36 323i bentar doang beberapa waktu lalu, tapi karena belum akur sama menkeu jadi saya lepas lagi ... alhasil ga sempat ngoprek apa2 :mky_01:

Re: Tanya BMW E46

Posted: 22 Sep 2017, 18:18
by bamimwau
kalo mau ngoprek sih E36 bisa lebih murah om dibanding E46 karena lebih sederhana, tapi kalo pake E46 keliatan lebih ganteng aja :big_smoking:
kalo mau paket murah sih om bisa beli e46 323i or 325i yg dibawah 100jt atau bahan sekalian trus stroke up mesin n swap girboks ke manual, lets say dapet mobil 80jt trus stroke up 40jt, swap girboks 12,5 or 20 tergantung maunya gimana, ganti kaki2 full.. end up nya dapet 330i dg harga super miring plus mesin n girboks kayak mobil baru with less electrical gimmicks. dibanding beli 330i langsung yg udah cukup mahal belum termasuk pr dan pajaknya lebih heboh :mky_02:

Re: Tanya BMW E46

Posted: 22 Sep 2017, 18:45
by stuckinthemoment
bamimwau wrote:
22 Sep 2017, 18:18
kalo mau ngoprek sih E36 bisa lebih murah om dibanding E46 karena lebih sederhana, tapi kalo pake E46 keliatan lebih ganteng aja :big_smoking:
kalo mau paket murah sih om bisa beli e46 323i or 325i yg dibawah 100jt atau bahan sekalian trus stroke up mesin n swap girboks ke manual, lets say dapet mobil 80jt trus stroke up 40jt, swap girboks 12,5 or 20 tergantung maunya gimana, ganti kaki2 full.. end up nya dapet 330i dg harga super miring plus mesin n girboks kayak mobil baru with less electrical gimmicks. dibanding beli 330i langsung yg udah cukup mahal belum termasuk pr dan pajaknya lebih heboh :mky_02:
udah kena racun duluan nih sebelum mulai :big_childish:

Re: Tanya BMW E46

Posted: 23 Sep 2017, 11:29
by bamimwau
stuckinthemoment wrote:
22 Sep 2017, 18:45
bamimwau wrote:
22 Sep 2017, 18:18
kalo mau ngoprek sih E36 bisa lebih murah om dibanding E46 karena lebih sederhana, tapi kalo pake E46 keliatan lebih ganteng aja :big_smoking:
kalo mau paket murah sih om bisa beli e46 323i or 325i yg dibawah 100jt atau bahan sekalian trus stroke up mesin n swap girboks ke manual, lets say dapet mobil 80jt trus stroke up 40jt, swap girboks 12,5 or 20 tergantung maunya gimana, ganti kaki2 full.. end up nya dapet 330i dg harga super miring plus mesin n girboks kayak mobil baru with less electrical gimmicks. dibanding beli 330i langsung yg udah cukup mahal belum termasuk pr dan pajaknya lebih heboh :mky_02:
udah kena racun duluan nih sebelum mulai :big_childish:
Jangan kebanyakan mikir om nanti galau sendiri, kalo mobil hobi emang ada konsekuensinya :mky_08:
hajarrrr :big_smoking: