Galau E60 E90 E46 W211 W203

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by jivos »

Nitip .... Jgn ampe slh pilih lg spt di fd1, syg di waktu...., no comprimize dg xpectasinya. Apalagi sdh ada jazz di rmh buat back up klo nyari space, reliability, or lainnya.

Klo ngeliat profile om yg energic
*yg merc, nanti sj klo dah tua mau santai.

*E60...dimensi body n fully loaded electricalnya akan menggangu fun nya, buat ditarik2 /sudden manouver ngga pas. Diluar kelebihan bantingan yg sdh disebut suhu2 diatas. Ada 50/50 chance ngga meet dg xpectasinya. E60 523i buat spirit driving/morning run msh krg buat ane.

*e46 325/330 ; e90 325i
Lebih manut buat dibanting, ditekuk, dibejek, ato dibesek2. Lbh gesit jg krn light n compact n bonus less electrical stuff.

jadi ............3series sj wkwkwkwkwkwk
garansi ni ...ngga pk nyesel :ngacir: :ngacir: :ngacir:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by iybam »

di b*mm*room ada tuh e46 330i udah mtech bodykit
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by octafiantos »

Agak off topik boleh ya Om.
Mending cari mobil yang top of the line, atau yang secara populasi rare atau punya feature uniqueness. Ini karena lihat list yang dicari premium semua jadi mending sekalian lebih tua -kan tidak berarti tidak sehat- tapi punya nilai lebih daripada muda tapi merosot karena depresiasi. Miaranya paling sekian tahun nilai depresiasinya bakal tajam.

Bisa cari E46 330i, ini dalam kondisi normal pasarannya 18x. Karena produk top of the line (di sini), pasaran anteng saja di situ nggak di situ. Beda interiornya, seat udah bucket seat, cari interior beige. Mungkin tidak semua orang suka beige ya, tapi ini nilai raritynya tinggi buat BMW kalo di sini. Paling umum black, baru grey, paling langka. Beige dengan non-beige secara umum lebih mahal beige. Tapi ini agak susah ya kalo harian buat minimal dapet 6.5, paling dapet 5-5.5 dengan traffic Bandung yang saya tahu.

Atau lebih mahal dari 200, tapi masih under 250. Bisa pilih 1994 W202 C36 AMG. Naturally aspirated 3600cc by AMG. Sudah sunroof, electric seat, stir, cluster, plakat dan velg AMG. Secara umum bukan head turner, karena 4-door saloon. I ini mobil sleeper, ga cocok buat yang demen show-off tampilan. Orang bisa salah sangka dikira cuma main emblem AMG, C36 dan sun roof beli di bengkel. Tapi soal performa saya rasa ga usah dibahas lah ya mobil dengan plakat AMG. Kelemahannya satu, kalo macet banget kurang enak transmisinya karena tipikal rpm agresif. Dua mobil di atas secara umum nggak rewel, top of the line, bisa dikoleksi.
Kavling kosong, bisa dikridit.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by egibaio »

sintoni wrote:Bukannya baru bungkus FD nya ya om?

Hmm. Kalo ane antara E46 atau E60. 2-2nya ambil yang M54B30. Jangan ambil yang lain

530i pasti lebih mantap lah secara beda kelas sama seri 3 apalg sudah naik 1 generasi lebih muda. Gadget kemewahan pasti lebih unggul tapi hati2 sama sparepartnya yang naujubile harganya. Masalah kebanyakan datang dari Active Steering (60 juta ++) sama mechatronic nya yang harganya jg super.

E46 biarpun kalah generasi sama level sama E60 tapi ane ngerasa ini modelnya timeless bener. Ambil yang 330i secara ini level tertinggi E46, cuma kalah sama M3, ini 330i menurut ane sih baby M3. Kebanyakan 330i ini sudah mtech kit jadi sudah ganteng lah. Fitur juga lumayan seperti electric seat depan belakang dll.

Pilihan susah sih, harga sama tapi yang 1 dapat kakak seperguruan terus lebih muda. Tapi yang 1 nya dapat reliability agak lumayan terus juga uniquness.

Kalo ane sendiri sih milih 330i. Pajaknya kemaren ane tanya2 tahun 2002 kena 9 juta Surabaya.
octafiantos wrote:Agak off topik boleh ya Om.
Mending cari mobil yang top of the line, atau yang secara populasi rare atau punya feature uniqueness. Ini karena lihat list yang dicari premium semua jadi mending sekalian lebih tua -kan tidak berarti tidak sehat- tapi punya nilai lebih daripada muda tapi merosot karena depresiasi. Miaranya paling sekian tahun nilai depresiasinya bakal tajam.

Bisa cari E46 330i, ini dalam kondisi normal pasarannya 18x. Karena produk top of the line (di sini), pasaran anteng saja di situ nggak di situ. Beda interiornya, seat udah bucket seat, cari interior beige. Mungkin tidak semua orang suka beige ya, tapi ini nilai raritynya tinggi buat BMW kalo di sini. Paling umum black, baru grey, paling langka. Beige dengan non-beige secara umum lebih mahal beige. Tapi ini agak susah ya kalo harian buat minimal dapet 6.5, paling dapet 5-5.5 dengan traffic Bandung yang saya tahu.

Atau lebih mahal dari 200, tapi masih under 250. Bisa pilih 1994 W202 C36 AMG. Naturally aspirated 3600cc by AMG. Sudah sunroof, electric seat, stir, cluster, plakat dan velg AMG. Secara umum bukan head turner, karena 4-door saloon. I ini mobil sleeper, ga cocok buat yang demen show-off tampilan. Orang bisa salah sangka dikira cuma main emblem AMG, C36 dan sun roof beli di bengkel. Tapi soal performa saya rasa ga usah dibahas lah ya mobil dengan plakat AMG. Kelemahannya satu, kalo macet banget kurang enak transmisinya karena tipikal rpm agresif. Dua mobil di atas secara umum nggak rewel, top of the line, bisa dikoleksi.
Iya om sintoni, tp skrg ane rasa rasanya kok pgn punya mobil yang agak "interesting" buat bener2 disayang. Bukan sekedar appliance, tp mungkin ane baru ganti tengah tahun ini soalnya sayang FD nya masih ada asuransi dan pajak terlalu baru hehe.
Ngeri juga Active Steering ya, baru denger ada issue itu juga. Itu fitur optional apa setiap E60 pasti punya om?

E46 mantap emang om, tuning suspensinya gila menurut ane. Rigiditynya jg buat mobil umur segitu hebat. E46 disini kena problem cracked rear subframe jg ga ya kayak di US? 325i dengan 330i performanya jauh sekali kah om?

Btw interior E46 in beige memang keren bgt, entah kenapa cozy bgt kesannya even dibanding E90
dsign1990 wrote:tambahan kalau batas maximal 1:6,5 ........ ( lupa gak keinget ini )
e90 325i....yg pasti power cukup buat having fun secara teoritis angka segitu pasti dapat
e46 325i..... saving money bgt sisanya buat bisa racun racun kelas berat
e60 523i.... power masih cukup banget buat narik2 body yg lumayan gede ... sembari mendapat " perfect blend " ala seri 5, apalagi 523i ini kebanyakan full spek interiornya setara 530i dan bahkan ada yg udah Msport dari pabrikannya , hanya saja mungkin agak langka tapi kalau nemu harga gak beda jauh kok
mercy e200 ... figur konsumsi segitu pasti dapat sepertinya enak buat dalkot setahu saya supercharger udah efektif sejat putaran bawah ( no lag )
e260 ... dapat gak ya ? setahu saya mercy kalau 6 silinder gak pernah ada yg irit kalau dalkot ( pengalaman ganti 300e dari 90 ke 91 yg double fan yg kata orang agak mendingan tapi ya beda dikit bgt)
menurut saya sih juaranya ada di 523i e60 / e200K / 325i ...... tergantung inginnya yg kayak apa
Terima kasih banyak om sarannya :frm_salut: 523i itu engine nya pake apa ya btw?
jivos wrote:Nitip .... Jgn ampe slh pilih lg spt di fd1, syg di waktu...., no comprimize dg xpectasinya. Apalagi sdh ada jazz di rmh buat back up klo nyari space, reliability, or lainnya.

Klo ngeliat profile om yg energic
*yg merc, nanti sj klo dah tua mau santai.

*E60...dimensi body n fully loaded electricalnya akan menggangu fun nya, buat ditarik2 /sudden manouver ngga pas. Diluar kelebihan bantingan yg sdh disebut suhu2 diatas. Ada 50/50 chance ngga meet dg xpectasinya. E60 523i buat spirit driving/morning run msh krg buat ane.

*e46 325/330 ; e90 325i
Lebih manut buat dibanting, ditekuk, dibejek, ato dibesek2. Lbh gesit jg krn light n compact n bonus less electrical stuff.

jadi ............3series sj wkwkwkwkwkwk
garansi ni ...ngga pk nyesel :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Nah betul ane pikir karena sudah ada jazz sayang jg mobil kedua cuma FD1 meski I have to admit FD1 is one good (japanese) car
Hahahaha oke om jivos terima kasih banyak sarannya :frm_salut:

Btw e90 325i disini cuma 2.5 liter aja atau ngikut kayak di US ada yg 3.0 liter juga ya?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by sintoni »

Kalau ga salah E60 530i CKD ga ada active steering sih. Tapi coba info lebih lanjut aja om, secara ingat2 lupa ane. Yang CBU pasti ada, tapi malah yang CBU lebih lengkap fiturnya sepeti sunroof. Tapi jangan lupa penyakit mechatronic yang pasti nyamperin di tiap varian. Hehe.

Kalo penyakit E46 ane sendiri kurang tau om, tapi mengingat dia less electronic sih harusny pasti lebih oke dari E60.

E46 325i kira2 ngeluarin output 192hp. Kalo 330i sekitar 231hp om. Apalg beda tuning suspension loh. Hehe.
indrazack
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Nov 01, 2014 14:39

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by indrazack »

Hal yang juga harus dipertimbangkan adalah reliability of the engine. Bisa refer ke Ward's Best Engine https://en.wikipedia.org/wiki/Ward%27s_10_Best_Engines
Utk keluaran mesin 2004 ke bawah, bisa dilihat beberapa tipe mesin BMW selalu masuk dalam jajaran top 10.
Jangan terlalu berpatokan jenis mobilnya dalam list tersebut, karena contohnya mesin BMW M54, selain dipakai untuk seri 330i, juga dipakai utk seri 530i, dan beberap seri lainnya.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by egibaio »

Kemarin bawa C280 AMG W204 ke daerah purwakarta oke juga ya. Fuel cons masih dapet 11L/100km di reset sejak masih di bandung, bensin jg cukup pertamax 92. Bawanya kenceng, mode pindah2 sport-comfort no cruise control. Reliabilitynya oke ga sih mobil ini?

Jd ngiler jg apalagi power dan suaranya yg merdu meski steering sih masih lebih precise 3 series, dan kenyamanan ternyata ga beda jauh ya sama E90. Berapa ya harga yg wajar?
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by dsign1990 »

kalau oke no malfunction pajak on mungkin di 260-275 an enaknya
kalau budget segini mungkin udah dari awal masukin option ini
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by dsign1990 »

kalau oke no malfunction pajak on tahun 2008 mungkin di 260-275 an enaknya
kalau budget segini mungkin udah dari awal masukin option ini
User avatar
shifter
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Apr 16, 2016 11:02

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by shifter »

Sy blm liat2 olxx om,

Tempo hari thn 2009 c280 w204 plat D warna silver, minor bbrp pr, dilepas di 295dealnya. Reliability (slightly) better dr biem e body code.

Opini noobs, bavarian 2nd dimari yg worth dilirik paling e90 325i, w204 c280 pre, w204 FL cgi, sm golf gti mk6. Diliahat dr hrg 2nd nya, power, n reliabilty compare dg internal merk sendiri atopun di bandingkan dg competitor merk jermannya, dpt yg mn saja...rasanya tdk akan salah pilih.

Additional edit: sm e46 330i favorit om sintoni, best engine utk bbrp tahun. Msh yg terbaik dr semua pilihan diatas.
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by aabx »

Ane gak terlalu pengalaman sama mobil eropa tapi mau share aja berhubung pernah miara e46
-jangan ambil tahun 03-04 318i, mesin n42, ini trim paling ringkih elektrikalnya
-akomodasi kalah dengan fd1
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by egibaio »

dsign1990 wrote:kalau oke no malfunction pajak on mungkin di 260-275 an enaknya
kalau budget segini mungkin udah dari awal masukin option ini
Ga terlalu jauh ya om bedanya sama C200 berarti. Saya mungkin baru tengah atau akhir taun belinya om jd sambil lihat2 alternatif dan harga dulu om :mky_01:
shifter wrote:Sy blm liat2 olxx om,

Tempo hari thn 2009 c280 w204 plat D warna silver, minor bbrp pr, dilepas di 295dealnya. Reliability (slightly) better dr biem e body code.

Opini noobs, bavarian 2nd dimari yg worth dilirik paling e90 325i, w204 c280 pre, w204 FL cgi, sm golf gti mk6. Diliahat dr hrg 2nd nya, power, n reliabilty compare dg internal merk sendiri atopun di bandingkan dg competitor merk jermannya, dpt yg mn saja...rasanya tdk akan salah pilih.

Additional edit: sm e46 330i favorit om sintoni, best engine utk bbrp tahun. Msh yg terbaik dr semua pilihan diatas.
325i juga saya minat bgt om, tapi yg LCI dan yg pre LCI harganya kok jauh bener ya? Padahal yang 320i LCI vs pre harganya mirip2 aja.

Di bimmeroom ada 330i e46 cakep bgt om tapi harganya 222jt which is tinggi jg ya buat mobil umur segitu. Atau emang wajar ya?
aabx wrote:Ane gak terlalu pengalaman sama mobil eropa tapi mau share aja berhubung pernah miara e46
-jangan ambil tahun 03-04 318i, mesin n42, ini trim paling ringkih elektrikalnya
-akomodasi kalah dengan fd1
N4x engine emg parah om hahaha. Sampai gajadi saya nyari e90 320i, banyak bgt yg rembes dan warning lightsnya nyala
Last edited by egibaio on Sat Apr 30, 2016 1:59, edited 1 time in total.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by dsign1990 »

betul itu , kalau masalah irit gak terlalu absolute ( boros dikit gak apa ) mending tipe diatasnya seperti e200vs e260 mending e260 nya , 320 vs 325 mending 325 nya, c200 vs c280 mending c280 nya dan sebagainya asal gak terlalu loncat sampai top of the line
apalagi tipe tipe basic gitu eksteriornya cupu ( velg kecil , tanpa list crom samping ) dan interiornya polos ( tanpa wood/aluminium panel , jok datar bahan fabric ) kesanya kayak mobil PT hihihihihihi
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by egibaio »

Btw tadi saya quick google tentang engine c280 dan ternyata ada masalah balance shaft gear issue yang common di engine M272 ini. Apa ada om om sekalian yang pernah denger / pengalaman dengan masalah di mesin V6nya benz?
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by egibaio »

dsign1990 wrote:betul itu , kalau masalah irit gak terlalu absolute ( boros dikit gak apa ) mending tipe diatasnya seperti e200vs e260 mending e260 nya , 320 vs 325 mending 325 nya, c200 vs c280 mending c280 nya dan sebagainya asal gak terlalu loncat sampai top of the line
apalagi tipe tipe basic gitu eksteriornya cupu ( velg kecil , tanpa list crom samping ) dan interiornya polos ( tanpa wood/aluminium panel , jok datar bahan fabric ) kesanya kayak mobil PT hihihihihihi
haha iya om, kalau w204 yg tipe classic entah kenapa ga napsu liatnya. Kalau yg avantgarde masih cakep lah meskipun c200
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by sintoni »

330i E46 sih harusnya 180-190 jutaan aja.

Tapi karena barang langka, biasa penjual emang buka harga tinggi.

Itu di b*saboy malah ada yang mau jual 330i pake jeroan M3.
User avatar
shifter
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Apr 16, 2016 11:02

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by shifter »

egibaio wrote: 325i juga saya minat bgt om, tapi yg LCI dan yg pre LCI harganya kok jauh bener ya? Padahal yang 320i LCI vs pre harganya mirip2 aja.

Di bimmeroom ada 330i e46 cakep bgt om tapi harganya 222jt which is tinggi jg ya buat mobil umur segitu. Atau emang wajar ya?
325i LcI keluar ckd thn 2010cmiiw, increase output apgrade, cabin interior, new xterior bumper design. Unit t'jual cm bbrp, di 2011up 325i keluar M packed edition
325i Lci Hrg bs jomplang gt krn populasinya yg cm bbrp unit kemungkinan, lbh laku n banyak populasi 320i krn plg murah. Umur edar jg cm setahunan, sm bedakan/ jgn tertukar dg yg M packed ed... Yg ini hrg nya emang msh tinggi bgt.

330i e46, showroom specialist jgn dijadikan patokan bhw mbl tsb sehat. (Pengalaman dg bbrp euro showroom specialist).
Sekitar 2 thn lalu ex bengkl langg sy ada tawarin 330i 4doors usernya seharga 170jt, bbrp hr kemudian liat iklan onlen ada yg ngiklan 330i black hartge add on dg hrg kurleb sama.
Modal angkut itu showroom palingan di angka tsb om. Oh iya spt yg disbt om2 diatas hrg brandnew 330i ini seharga 2unit320i baru.

Utk w204pre fl, cb pastikan om suka dg dashboardnya, resistensinya pinang pre FL umumnya krn itu, klo sy sayang saja spent segitu
Dpt dash lama, mending c200cgi fl klo hrg mepet tdk tll jauh, yg FL claim merc ada 2000 new component meski yg kasat terlihat cm headlamp, bumper, atopun dash yg dsign n build quality nya layak di sbt sbg upmarket prod.

Klo mw hold lama...value tdk tll drop... Hati jg senang krn pegang brg seri yg terbaiknya ambil:
*e46 330i
Still the most beast biem t'murah cm klh sm M3.
*e90 325i m packed 2011 up
top line last 6cyl NA equipped with M access
*w204 FL CGI...c200, c250,c300
type ini akan punya resale value cukup kuat, krn tdk semua org suka dg model w205 (meski byk tech imprvnt disana)
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by dsign1990 »

yang paling fenomenal sih 330i e90 05/06 waktu baru harganya 800
mesinya udah sama dg e60 yg 258 DK
cuma ni mobil langka banget
kalau pake itung2an depresiasi secara wajar harusnya main di 200an
tapi pasti ketahan karena 330i e46 yg stabil dan populasi dia yg langka bgt

nah sekarang F30 LCI ada 340i
powernya udah 326HP setara e46 M3 yg 333hp
bahkan torsinya galak banget 450nm karena karakter turbo
* ingat tag .... performa berlipat tiap 30 th..... hihihi
kalau laku lumayan buat hunting second nya kelak
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by Dat510 »

Kalo ane si pribadi bakal ambil E46 330i. Dapat mobil langka, top of the line E46 non-M, dana juga masi sisa buat cadangan atau keperluan lain. Tapi pake 330i dijamin kaki kanan cepet pegel, gas/rem mlu bahkan di tol sekalipun, soalnya mobil kenceng, kosong dikit bejek gas, eh ngga lama ada mobil lain musti rem.
Ane dulu pake avanza nyetir rapi, ngga pindah2 jalur, max speed 80-90 kph udah kerasa kenceng banget, pas pake E46 325 nyetir jadi zig zag karena banyak mobil lain yg lebih pelan. Speed 130-140 kph jadi terasa biasa..

*NB: Ane fans nya BMW. Wkwk
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by jivos »

Wah itu e90 330i nya special order itu ya
05/06 e90 varian msh cbu itu.

E46 330i klo dpt di range 165-170 worthed sekali rasanya. Analisa ke depan sotoy nubi resistensi hrg dasar ada di angka tsb dg kemungk rebound naik lg. Loss money jd kecil kemungk.

Ngga sabar bc review 330i versi om egib, tulisan nya ckp enak di baca2.

Ksh alternatif lain lg buat om:
*Audi TT coupe 1.8T 20 valve 2000-2003
Rentang hrg di 200jt
Ada FWD n Quattro 4wd
Masuk Manual transmission only
Output stock FWD 180hp, quattro output lupa
Remap 250hp ckp mudah
Minus: seat blkg cm bs buat anak2.

Ready k sentul klo lg iseng2.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by egibaio »

sintoni wrote:330i E46 sih harusnya 180-190 jutaan aja.

Tapi karena barang langka, biasa penjual emang buka harga tinggi.

Itu di b*saboy malah ada yang mau jual 330i pake jeroan M3.
Memang yg di bimmeroom kalau dr fotonya seger bener sih om dan interior beige+m tech everything tp kalau wajarnya segitu kayaknya 222 too high ya.

Gila mau dilepas brp itu om haha :mky_02:
shifter wrote:
325i LcI keluar ckd thn 2010cmiiw, increase output apgrade, cabin interior, new xterior bumper design. Unit t'jual cm bbrp, di 2011up 325i keluar M packed edition
325i Lci Hrg bs jomplang gt krn populasinya yg cm bbrp unit kemungkinan, lbh laku n banyak populasi 320i krn plg murah. Umur edar jg cm setahunan, sm bedakan/ jgn tertukar dg yg M packed ed... Yg ini hrg nya emang msh tinggi bgt.

330i e46, showroom specialist jgn dijadikan patokan bhw mbl tsb sehat. (Pengalaman dg bbrp euro showroom specialist).
Sekitar 2 thn lalu ex bengkl langg sy ada tawarin 330i 4doors usernya seharga 170jt, bbrp hr kemudian liat iklan onlen ada yg ngiklan 330i black hartge add on dg hrg kurleb sama.
Modal angkut itu showroom palingan di angka tsb om. Oh iya spt yg disbt om2 diatas hrg brandnew 330i ini seharga 2unit320i baru.

Utk w204pre fl, cb pastikan om suka dg dashboardnya, resistensinya pinang pre FL umumnya krn itu, klo sy sayang saja spent segitu
Dpt dash lama, mending c200cgi fl klo hrg mepet tdk tll jauh, yg FL claim merc ada 2000 new component meski yg kasat terlihat cm headlamp, bumper, atopun dash yg dsign n build quality nya layak di sbt sbg upmarket prod.

Klo mw hold lama...value tdk tll drop... Hati jg senang krn pegang brg seri yg terbaiknya ambil:
*e46 330i
Still the most beast biem t'murah cm klh sm M3.
*e90 325i m packed 2011 up
top line last 6cyl NA equipped with M access
*w204 FL CGI...c200, c250,c300
type ini akan punya resale value cukup kuat, krn tdk semua org suka dg model w205 (meski byk tech imprvnt disana)
Terima kasih jawaban sangat lengkapnya om shifter. Dash W204 preFL sejauh ini sih saya no prob karena masih sedikit better than E90 menurut saya meskipun yang FL lompatannya boleh jg sih pake stir ala SLK begitu. C200 K dan C200 CGI secara performa jauh bgt kah? Karena dr spec sheet ga sejauh itu apart from the 7G gearbox.

Mantap sih 330i, saya banyakin research lg deh karena ini bakal sering dipakai daily jg haha
dsign1990 wrote:yang paling fenomenal sih 330i e90 05/06 waktu baru harganya 800
mesinya udah sama dg e60 yg 258 DK
cuma ni mobil langka banget
kalau pake itung2an depresiasi secara wajar harusnya main di 200an
tapi pasti ketahan karena 330i e46 yg stabil dan populasi dia yg langka bgt

nah sekarang F30 LCI ada 340i
powernya udah 326HP setara e46 M3 yg 333hp
bahkan torsinya galak banget 450nm karena karakter turbo
* ingat tag .... performa berlipat tiap 30 th..... hihihi
kalau laku lumayan buat hunting second nya kelak
Bahkan saya baru tau kemarin2 om ada 330i E90 disini haha. Jarang bgt itu om belum pernah liat di jalan bahkan. Malah lebih sering liat M3/M4.
jivos wrote:Wah itu e90 330i nya special order itu ya
05/06 e90 varian msh cbu itu.

E46 330i klo dpt di range 165-170 worthed sekali rasanya. Analisa ke depan sotoy nubi resistensi hrg dasar ada di angka tsb dg kemungk rebound naik lg. Loss money jd kecil kemungk.

Ngga sabar bc review 330i versi om egib, tulisan nya ckp enak di baca2.

Ksh alternatif lain lg buat om:
*Audi TT coupe 1.8T 20 valve 2000-2003
Rentang hrg di 200jt
Ada FWD n Quattro 4wd
Masuk Manual transmission only
Output stock FWD 180hp, quattro output lupa
Remap 250hp ckp mudah
Minus: seat blkg cm bs buat anak2.

Ready k sentul klo lg iseng2.
330i beige interior kalau dapet segitu saya ngiler jg sih om hahaha. Belum nemu yg harganya rasional tp sejauh ini, mungkin sambil hunting dan research lg saya timbang2 om.

Nah untuk audi sebenernya saya demen om desain mereka, dan mobil VAG tuh didalemnya entah kenapa paling kerasa solid (noise insulation, harshness, dll) tapi saya agak serem di spare part dan bengkel spesialisnya yang kayaknya agak langka di bandung ya.

Hmm TT with 20 valve menarik jg ya, MT pula. A4 B8 juga menarik sih dengan harga yg nyungsep, sayangnya CVT bukan DSG ( CMIIW )
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by egibaio »

Dat510 wrote:Kalo ane si pribadi bakal ambil E46 330i. Dapat mobil langka, top of the line E46 non-M, dana juga masi sisa buat cadangan atau keperluan lain. Tapi pake 330i dijamin kaki kanan cepet pegel, gas/rem mlu bahkan di tol sekalipun, soalnya mobil kenceng, kosong dikit bejek gas, eh ngga lama ada mobil lain musti rem.
Ane dulu pake avanza nyetir rapi, ngga pindah2 jalur, max speed 80-90 kph udah kerasa kenceng banget, pas pake E46 325 nyetir jadi zig zag karena banyak mobil lain yg lebih pelan. Speed 130-140 kph jadi terasa biasa..

*NB: Ane fans nya BMW. Wkwk
Sejauh ini om Dat510 happy user of 325i ya om kelihatannya :mky_02: Saya sempet bawa sekali dan trannynya apakah emg karakternya smooth bgt ya?



Hampir semua ngasih saran 330i jd agak keracunan juga nih wkwkwkwk :mky_01:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by sintoni »

Eh maaf bro, yang dijual sama b*saboy itu 330ci ternyata, yang pake jeroan M3 itu.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by Dat510 »

egibaio wrote:
Dat510 wrote:Kalo ane si pribadi bakal ambil E46 330i. Dapat mobil langka, top of the line E46 non-M, dana juga masi sisa buat cadangan atau keperluan lain. Tapi pake 330i dijamin kaki kanan cepet pegel, gas/rem mlu bahkan di tol sekalipun, soalnya mobil kenceng, kosong dikit bejek gas, eh ngga lama ada mobil lain musti rem.
Ane dulu pake avanza nyetir rapi, ngga pindah2 jalur, max speed 80-90 kph udah kerasa kenceng banget, pas pake E46 325 nyetir jadi zig zag karena banyak mobil lain yg lebih pelan. Speed 130-140 kph jadi terasa biasa..

*NB: Ane fans nya BMW. Wkwk
Sejauh ini om Dat510 happy user of 325i ya om kelihatannya :mky_02: Saya sempet bawa sekali dan trannynya apakah emg karakternya smooth bgt ya?



Hampir semua ngasih saran 330i jd agak keracunan juga nih wkwkwkwk :mky_01:
Iya Om. :mky_01: Asik si mobil nya, ane jadi demen nyetir tanpa tujuan kalo weekend, yg penting nyetir. hehe
Maksud nya halus itu perpindahannya gear nya ngga kerasa ya? mungkin kurang di bejek om, coba pindah mode sport atau mainin tiptronic nya & injek gas daleman lagi.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Galau E60 E90 E46 W211 W203

Post by octafiantos »

Smooth yang saya tangkap perpindahannya halus ga berasa oper gigi. Memang karakter transmisi ZF begitu, halus. Sejak 90an juga sudah halus dan semakin baru semakin baik.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.