RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
1991 Toyota Twincam GTI merupakan salah satu bahan experiment menarik buat car enthusiast or technician...
Even ordinary person , who cannot afford brand new performance car , but still want optimal car in term of practicality and performance at the same time, can learn to appreciate this car very well and in restore it in relatively short time
THERE ARE GOOD REASONs WHY THIS IS GOOD PLATFORM FOR RESTORATION
1. Twincam GTi sharing common platform dengan corolla AE92 biasa, dan sampai saat ini part masih didukung ATPM, yang mana menjadi mudah dalam hal penyediaan part2 yang dibutuhkan dalam proses restorasi. Ditambah juga kepopuleran mobil ini sebagai di negara2 tetangga seperti Malaysia dan Thailand menjadikan cukup berlimpahnya part2 yg dibutuhkan. Namun karena usianya cukup tua (24 Tahun) maka banyak sekali kendaraan yg sudah exhausted sehingga restorasi diperlukan.
2. Secara garis besar, platform AE92 GTI adalah sedan corolla dgn ukuran cukup kecil, cocok untuk bermanuver di kepadatan kota dan relative nyaman untuk dikendarai , dan cukup kencang bahkan untuk standard modern 2015 sekalipun.
3. Mesin 4AGE-16 yang legendaris dan reliable. Dengan power 140 ps/7200 rpm dan Torsi 149/6400 rom, lebih dari cukup untuk menghela mobil dengan lebih 1070 kg. Mesin dengan blok dari bahan besi cor ini cukup popular di kalangan pecinta otomotif. Mesin ini sharing platform dgn Corolla Sprinter Trueno GT (Hachiroku). Hal ini juga didukung pula dengan kepopuleran fim/manga Initial D yang menampilkan sang jagoan drift Takumi meliuk2 dipegunungan jepang dgn dapur pacu 4AGE.
4. Harga bekasnya cukup murah, (+- 50 juta) dan walaupun barang tergolong langka , tapi masih mudah dijumpai iklan mobkas olx.co.id. pilihlah barang yang masih bebas karat, karena restorasi body membutuhkan usaha yg lebih besar ketimbang mesin, karena mesin dgn mudah bisa diswap, terutama ke 4AGE 20 Valve silvertop atau blacktop
RESTORATION PROCESS OF MY TWINCAM GTI
1. PREPARATION
Mobil orisinal yang saya dapatkan dalam kondisi yang biasa banget. Bodinya memang relative masih lempeng dan no visible rust. tapi banyak sekali kerusakan internal di mesin maupun elektrikal. Radiator pun bermasalah karena sering bocor walaupun tidak sampai overheat
Langkah awal untuk mengembalikan keaslian bodi dan sasis adalah melakukan pengecekan karat. Alhamdulillah, hanya satu bagian yang berkarat yg merupakan penyakit yg umum di corolla AE92, yaitu bagian pintu bagian bawah terutama pintu belakang.
2. BODY REPAIR
Proses pengerokan cat untuk melihat seberapa parah kerusakan akibat karat dan juga untuk menghilangkan tumpukan2 dempul akibat pengerjaan pengecatan sebelumnya. Pengerokan dilakukan untuk memperbaiki dent, mengembalikan bodi menjadi lebih ringan dan mengembalikan kecemerlangan hasil akhir cat,
Dengan tekunnya para master crafmantship Toyota melakukan pembersihan metal terutama di sekitar pelipit kaca yg rawan karat, tapi the great things about Toyota, it is rust free which is much better compared to Honda in the same age level.
Terlihat fender depan kanan memiliki defect bekas lasan, kemungkinan besar fender samping kanan pernah robek dan dilas oleh pemilik sebelumnya
The only body panel rusted adalah Karat di pintu pada awalnya akan dilas, namun saya cukup beruntung mendapatkan 2 buah pintu NOS nan mulus ...founded di salah satu junkyard ex-asuransi di bilangan Cibiru Bandung. Harga per pintu kosong dalam kondisi NOS original Toyota adalah Rp 450 ribu, cukup murah kan ??
Dented body part, hammered, cleaned and primed by myself :
Fender depan primed and sanded dan komponen2 didapat dan dikumpulkan dari Malaysia, for Free...yes because the owner of one white abandoned car give me for free, beruntung karena pada tahun lalu (2014) saya dinas di Malaysia selama 8 bulan.
Bumber depan dalam kondisi yang banyak dempulnya dan banyak bagian lip yg sudah , pecah dan retak. Setelah cari2 di bilangan pasar loak Jatayu Bandung akhirnya dapat bumber depan dalam kondisi 90 % mulus , seharga Rp. 400 ribu.
Almost all small metal part cleaned from rust and primed
2. SUSPENSION AND BRAKE
Engine mounting, suspension , dan cross member diperbaharui untuk memperbaiki rigiditas dan kinerja suspense agar siap untuk digunakan sebagai kendaraan operasional harian, beruntung saya dapat donor sebuah AE92 versi JDM yang oleh penjualnya di Malaysia dengan baik hati mau dipreteli komponen2 kecilnya , dengan harga yang terbilang ajaib murahnya
Proses restorasi strut brace
Rem belakang bermasalah, dari donor half cut yang sama, didapatkan disc brake caliper belakang yang sama persis dengan ori GTI
2. EXTERIOR
Part2 exterior dibawa pulang dari bengkel supaya bisa direkondisi, dan sangat tidak umum memang, tapi sy berniat melakukannya sendiri.
Beruntung saya ditugaskan di Thailand 4 bulan dan mendapatkan satu nose cut wagon face JDM lengkap dengan corner lamp.
Salah satu part, moulding panel yang di bawa hand carry dari Malaysia, panjang bangett....
Lampu belakang dan depan di clean up supaya cling.
Moulding Kaca dan stripping diganti baru, thanks to Kumala Motor atrium senen.
Grille,Emblem dan stiker direkondisi dan hand painted dengan kuas
Wiper link yang sudah oblak, di rekondisi asnya
3. ELECTRICAL
Wiring Harness, A/C Component didapat dari half cut AE92 Levin 4AGE
Master switch AE92 Levin
4. ENGINE
Metal2 engine kena semua, sekalian saja dilakukan overhaul, oversize, blueprinting, custom exhaust 4-1 dan port polishing.
Total Cost of Mechanic Rp 1.5M, Total Cost of Part 2.5M and Machining at Karya Wisesa Ciputat 1.5M, so it cost me 5.5M for engine overhaul.
It sound a lot, but I did lot of things by myself like Port n Polishing, custom exhaust, balancing, etc, so It actually already saved a lot
Radiator kena ganti karena fibernya bocor, penggantinya radiator alumunium made in Malaysia khusus Ae92 supercharged, harganya cukup terjangkau, it cost me RM400 lengkap dengan OEM fan
5. INTERIOR
I got replacement door trim and Levin leather steering for RM 90. Thanks for Mr. Najib in Malaysia
Actually I got this also from Mr. Najib, but I need to buy it about RM 250 per pair, it is OEM seat of AE92 Levin and direct replacement for jitiai
6. RESULT
Setelah restorasi 1 tahun, dan menghabiskan biaya sekitar 30++ juta rupiah, dan ini tidak termasuk tingkat kecemburuan bini thd perhatian saya ke mobil ini......
Finally I got really healthy affordable sport car with total cost of car less than 80 Million Rupiah..so Healthy that I could use it for daily travelling from home to office.
It is so comfortable, fast, no rattle and rust free now, so good, that you won't believe it is 24 years old car....
Even ordinary person , who cannot afford brand new performance car , but still want optimal car in term of practicality and performance at the same time, can learn to appreciate this car very well and in restore it in relatively short time
THERE ARE GOOD REASONs WHY THIS IS GOOD PLATFORM FOR RESTORATION
1. Twincam GTi sharing common platform dengan corolla AE92 biasa, dan sampai saat ini part masih didukung ATPM, yang mana menjadi mudah dalam hal penyediaan part2 yang dibutuhkan dalam proses restorasi. Ditambah juga kepopuleran mobil ini sebagai di negara2 tetangga seperti Malaysia dan Thailand menjadikan cukup berlimpahnya part2 yg dibutuhkan. Namun karena usianya cukup tua (24 Tahun) maka banyak sekali kendaraan yg sudah exhausted sehingga restorasi diperlukan.
2. Secara garis besar, platform AE92 GTI adalah sedan corolla dgn ukuran cukup kecil, cocok untuk bermanuver di kepadatan kota dan relative nyaman untuk dikendarai , dan cukup kencang bahkan untuk standard modern 2015 sekalipun.
3. Mesin 4AGE-16 yang legendaris dan reliable. Dengan power 140 ps/7200 rpm dan Torsi 149/6400 rom, lebih dari cukup untuk menghela mobil dengan lebih 1070 kg. Mesin dengan blok dari bahan besi cor ini cukup popular di kalangan pecinta otomotif. Mesin ini sharing platform dgn Corolla Sprinter Trueno GT (Hachiroku). Hal ini juga didukung pula dengan kepopuleran fim/manga Initial D yang menampilkan sang jagoan drift Takumi meliuk2 dipegunungan jepang dgn dapur pacu 4AGE.
4. Harga bekasnya cukup murah, (+- 50 juta) dan walaupun barang tergolong langka , tapi masih mudah dijumpai iklan mobkas olx.co.id. pilihlah barang yang masih bebas karat, karena restorasi body membutuhkan usaha yg lebih besar ketimbang mesin, karena mesin dgn mudah bisa diswap, terutama ke 4AGE 20 Valve silvertop atau blacktop
RESTORATION PROCESS OF MY TWINCAM GTI
1. PREPARATION
Mobil orisinal yang saya dapatkan dalam kondisi yang biasa banget. Bodinya memang relative masih lempeng dan no visible rust. tapi banyak sekali kerusakan internal di mesin maupun elektrikal. Radiator pun bermasalah karena sering bocor walaupun tidak sampai overheat
Langkah awal untuk mengembalikan keaslian bodi dan sasis adalah melakukan pengecekan karat. Alhamdulillah, hanya satu bagian yang berkarat yg merupakan penyakit yg umum di corolla AE92, yaitu bagian pintu bagian bawah terutama pintu belakang.
2. BODY REPAIR
Proses pengerokan cat untuk melihat seberapa parah kerusakan akibat karat dan juga untuk menghilangkan tumpukan2 dempul akibat pengerjaan pengecatan sebelumnya. Pengerokan dilakukan untuk memperbaiki dent, mengembalikan bodi menjadi lebih ringan dan mengembalikan kecemerlangan hasil akhir cat,
Dengan tekunnya para master crafmantship Toyota melakukan pembersihan metal terutama di sekitar pelipit kaca yg rawan karat, tapi the great things about Toyota, it is rust free which is much better compared to Honda in the same age level.
Terlihat fender depan kanan memiliki defect bekas lasan, kemungkinan besar fender samping kanan pernah robek dan dilas oleh pemilik sebelumnya
The only body panel rusted adalah Karat di pintu pada awalnya akan dilas, namun saya cukup beruntung mendapatkan 2 buah pintu NOS nan mulus ...founded di salah satu junkyard ex-asuransi di bilangan Cibiru Bandung. Harga per pintu kosong dalam kondisi NOS original Toyota adalah Rp 450 ribu, cukup murah kan ??
Dented body part, hammered, cleaned and primed by myself :
Fender depan primed and sanded dan komponen2 didapat dan dikumpulkan dari Malaysia, for Free...yes because the owner of one white abandoned car give me for free, beruntung karena pada tahun lalu (2014) saya dinas di Malaysia selama 8 bulan.
Bumber depan dalam kondisi yang banyak dempulnya dan banyak bagian lip yg sudah , pecah dan retak. Setelah cari2 di bilangan pasar loak Jatayu Bandung akhirnya dapat bumber depan dalam kondisi 90 % mulus , seharga Rp. 400 ribu.
Almost all small metal part cleaned from rust and primed
2. SUSPENSION AND BRAKE
Engine mounting, suspension , dan cross member diperbaharui untuk memperbaiki rigiditas dan kinerja suspense agar siap untuk digunakan sebagai kendaraan operasional harian, beruntung saya dapat donor sebuah AE92 versi JDM yang oleh penjualnya di Malaysia dengan baik hati mau dipreteli komponen2 kecilnya , dengan harga yang terbilang ajaib murahnya
Proses restorasi strut brace
Rem belakang bermasalah, dari donor half cut yang sama, didapatkan disc brake caliper belakang yang sama persis dengan ori GTI
2. EXTERIOR
Part2 exterior dibawa pulang dari bengkel supaya bisa direkondisi, dan sangat tidak umum memang, tapi sy berniat melakukannya sendiri.
Beruntung saya ditugaskan di Thailand 4 bulan dan mendapatkan satu nose cut wagon face JDM lengkap dengan corner lamp.
Salah satu part, moulding panel yang di bawa hand carry dari Malaysia, panjang bangett....
Lampu belakang dan depan di clean up supaya cling.
Moulding Kaca dan stripping diganti baru, thanks to Kumala Motor atrium senen.
Grille,Emblem dan stiker direkondisi dan hand painted dengan kuas
Wiper link yang sudah oblak, di rekondisi asnya
3. ELECTRICAL
Wiring Harness, A/C Component didapat dari half cut AE92 Levin 4AGE
Master switch AE92 Levin
4. ENGINE
Metal2 engine kena semua, sekalian saja dilakukan overhaul, oversize, blueprinting, custom exhaust 4-1 dan port polishing.
Total Cost of Mechanic Rp 1.5M, Total Cost of Part 2.5M and Machining at Karya Wisesa Ciputat 1.5M, so it cost me 5.5M for engine overhaul.
It sound a lot, but I did lot of things by myself like Port n Polishing, custom exhaust, balancing, etc, so It actually already saved a lot
Radiator kena ganti karena fibernya bocor, penggantinya radiator alumunium made in Malaysia khusus Ae92 supercharged, harganya cukup terjangkau, it cost me RM400 lengkap dengan OEM fan
5. INTERIOR
I got replacement door trim and Levin leather steering for RM 90. Thanks for Mr. Najib in Malaysia
Actually I got this also from Mr. Najib, but I need to buy it about RM 250 per pair, it is OEM seat of AE92 Levin and direct replacement for jitiai
6. RESULT
Setelah restorasi 1 tahun, dan menghabiskan biaya sekitar 30++ juta rupiah, dan ini tidak termasuk tingkat kecemburuan bini thd perhatian saya ke mobil ini......
Finally I got really healthy affordable sport car with total cost of car less than 80 Million Rupiah..so Healthy that I could use it for daily travelling from home to office.
It is so comfortable, fast, no rattle and rust free now, so good, that you won't believe it is 24 years old car....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7367
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
sy suka kalo liat body repair di lakukan di authorized workshop apalagi jika hasilnya betul betul 100% factory std
akan jelas terlihat socio class n enthusiatic level dr current owner
sy jamin wang yg kluar pasti tdk dikit
akan jelas terlihat socio class n enthusiatic level dr current owner
sy jamin wang yg kluar pasti tdk dikit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Keren banget bro. Lots of respect for your patience and restoration.
Jadi inget dulu pas di aussie masih kuliah, saya beli AE82-Seca rust free ampe naik gunung belinya(100-120KM's from my place), mesin 4AGE BlueTop sayangnya agak sering overheat karena kayanya overhaul enginenya ga beres. Jadi cuma kepakai 2-3 bulan (summer time ampe 40-45 degrees celcius) saya jual apalagi ACnya juga rusak dan banyak sekali parts yang di hitung-hitung tidak worth it kalau di betulin. Di aussie maklum mobil ini cuma dibeli di harga $800 with registration and tax. Jadi ya nasib..
Post a pic ya bos sama mobil temen, celica st162 with 3sge engine..
Jadi inget dulu pas di aussie masih kuliah, saya beli AE82-Seca rust free ampe naik gunung belinya(100-120KM's from my place), mesin 4AGE BlueTop sayangnya agak sering overheat karena kayanya overhaul enginenya ga beres. Jadi cuma kepakai 2-3 bulan (summer time ampe 40-45 degrees celcius) saya jual apalagi ACnya juga rusak dan banyak sekali parts yang di hitung-hitung tidak worth it kalau di betulin. Di aussie maklum mobil ini cuma dibeli di harga $800 with registration and tax. Jadi ya nasib..
Post a pic ya bos sama mobil temen, celica st162 with 3sge engine..
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
wah mantap tenannn iniii.......ini baru Automotive lover sejati
@um TS :
Kalao boleh tahu radiator buatan Malay itu mereknya apa ?
Apa ada website / alamatnya ?
Thx before
@um TS :
Kalao boleh tahu radiator buatan Malay itu mereknya apa ?
Apa ada website / alamatnya ?
Thx before
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
ketika saya masih berangan2. Salut om, dengan determinasi yang tinggi untuk mencapai apa yang direncanakan. Ditambah cost effective pada pelaksanaannya. Pernah baca di komen utube yang bikin ngakak. Apa rasanya punya 4AGE di garasi, si owner mobil bilang. Mirip kaya kita bangun tidur setiap hari ada megan fox diranjang. Selalu bikin hari lebih cerah kayanya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
by vp920b » Today, 00:08
Keren banget bro. Lots of respect for your patience and restoration.
Jadi inget dulu pas di aussie masih kuliah, saya beli AE82-Seca rust free ampe naik gunung belinya(100-120KM's from my place), mesin 4AGE BlueTop sayangnya agak sering overheat karena kayanya overhaul enginenya ga beres. Jadi cuma kepakai 2-3 bulan (summer time ampe 40-45 degrees celcius) saya jual apalagi ACnya juga rusak dan banyak sekali parts yang di hitung-hitung tidak worth it kalau di betulin. Di aussie maklum mobil ini cuma dibeli di harga $800 with registration and tax. Jadi ya nasib..
Post a pic ya bos sama mobil temen, celica st162 with 3sge engine..
....Awalnya saya berpikir hal yg sama dgn bro VP, kalo dihitung2 secara ekonomis, memang betul "kelihatannya" enggak worthed
Sebelum restorasi, mobil saya memang banyak bermasalah (engine, dsb), sempet terpikir untuk swap dengan Jazz RS 2011 M/T for fun/sunday driving, which is seem very economical choice...which will cost me about triple average price of AE92 (170 M vs 50 M).
Then suddenly my head think differently, If I push a bit harder to produce reliable "old" ad car, maka lunturlah sudah semua teori ekonomi tentang kendaraan bermotor. Kenyataan yg terjadi adalah IT IS INDEED VERY ECONOMICAL, and I don't regret with my choice...
Kenapa, karena kenyataan yg terjadi saya cuman keluar uang 80M dan saya masih punya 90M untuk bermain investasi pasar modal atau spare money for sudden important things like anak sekolah....
Bonus di luar faktor ekonomis adalah
1. Megan Fox..eh maksudnya.. 4AGE, yang selalu ada di sisi saya, dan bersuara merdu ,....betul2 menenangkan jiwa...
2. Your problem solving skill and technical skill, which is priceless..priceless
3. Entrepreneurship thing, Contoh: Jualan part langka JDM Honda ex Malaysia...well, that one of financial support of my AE92 GT project.
You will understand what I said once you did it bro...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
wahh asik banget baca nya om,,
thx untuk sharingnya..
thx untuk sharingnya..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Postby Turboman » Today, 00:59
wah mantap tenannn iniii.......ini baru Automotive lover sejati
@um TS :
Kalao boleh tahu radiator buatan Malay itu mereknya apa ?
Apa ada website / alamatnya ?
Thx before
Radiatornya merek DnD (Drag and Drift) , bahan dari alumunium
waktu itu saya belinya lewat lelong.com.my, dan banyak sekali part2 AE92 bisa didapat di situ, terus COD di sekitar Shah Alam
Yang paling murah untuk part2 AE92 adalah di Aussie atau New Zealand, hanya sayangnya ongkos kirimnya mahal banget ke Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
salut bro, begini nih car freak sejati. Maunya sih pingin juga kayak gitu, tapi waktu dan bini jadi alasan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
postby abrof » less than a minute ago
salut bro, begini nih car freak sejati. Maunya sih pingin juga kayak gitu, tapi waktu dan bini jadi alasan.
I'm actually busy man sama kaya Bos Abrof. Saya orang kantoran om dan tipenya project based, makanya sering ada kesempatan travelling ke negara2 sekitaran Asia. Karena Sering Travelling, banyak sekali ketunda2 project restorasi GTI, makanya butuh waktu sekitar 1 tahun.
Dalam waktu 1 bulan, hanya sekitar 4-5 hari saya ada di Indonesia...can you imagine that I can do it in one year ?
Kalau saja saya ada di Indonesia, punya banyak waktu senggang, mungkin saya bisa selesaikan jauh lebih cepat...
the only thing that make barrier for everyone, is just mindset that old car is a "nightmare", but the fact is not really that difficult if you enjoy it
Malah bini daku sekarang enjoy night touge driving like in the picture below
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Bacaan yaang seperti ini nih yang sangat menentramkan jiwa
Kapan ane bisa mengikuti jejak om
Kapan ane bisa mengikuti jejak om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
wah kalau kayak gini sih bukan RESTORATION om tapi RESURRECTION
mantap banget om, jadi pingin cari mobil tua nan gahar lalu di oprek value for money kyk gini.
mantap banget om, jadi pingin cari mobil tua nan gahar lalu di oprek value for money kyk gini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
salute sama om TS atas perjuanganny buat restorasi twincam GTI-nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5700
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Hormatttt ommmmmmm. Ini bener2 automotive enthusiasts.
Ane dari dulu pingin jg begini, restorasi mobil. Tapi apa daya, ane orangnya males, jadi ya sampe skrg belom tercapai. Hehehehe. Impiannya ya estillo atau gallant hiu sih.
Semoga di kemudian hari bisa tercapai.
Tq for sharing ommmm. Super nice carrr!
Ane dari dulu pingin jg begini, restorasi mobil. Tapi apa daya, ane orangnya males, jadi ya sampe skrg belom tercapai. Hehehehe. Impiannya ya estillo atau gallant hiu sih.
Semoga di kemudian hari bisa tercapai.
Tq for sharing ommmm. Super nice carrr!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Restorasinya keren banget Om... Pengerjaan sangat mendetail...
Ga kebayang kepuasan yang di peroleh kayak gimana...
Hal2 gini neh yang bikin awet muda dan menyemangati hidup..
Ga kebayang kepuasan yang di peroleh kayak gimana...
Hal2 gini neh yang bikin awet muda dan menyemangati hidup..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Om, itu junkyard Cibiru posisi tepatnya di sebelah/dekat mana?
Trus repair/cat body di bengkel Toyota mana di Bandung?
Penasaran..
Salam dari Corona TT132 plat D..
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Lots of respect, oom altaf
Automotive enthusiast sejati....
Saya sebenernya ke depannya juga kepengen bisa bangun mobil kayak gini, restorasi... incaran saya Honda atau Mitsubishi era nineties... Mobil-mobil yang menemani masa kecil saya. Mungkin target saya pengen bangun Mitsubishi Evo dulu hehehe #ngimpimodeon
Automotive enthusiast sejati....
Saya sebenernya ke depannya juga kepengen bisa bangun mobil kayak gini, restorasi... incaran saya Honda atau Mitsubishi era nineties... Mobil-mobil yang menemani masa kecil saya. Mungkin target saya pengen bangun Mitsubishi Evo dulu hehehe #ngimpimodeon
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Gilaaaa...bacanya sampe speechless dan merinding...
Bener2 totalitas...salute om...
Jadinya bagus pula teincam gti nya...ckckckck
Bener2 totalitas...salute om...
Jadinya bagus pula teincam gti nya...ckckckck
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Postby didietkeren » Yesterday, 23:05
Om, itu junkyard Cibiru posisi tepatnya di sebelah/dekat mana?
Trus repair/cat body di bengkel Toyota mana di Bandung?
Penasaran..
Salam dari Corona TT132 plat D..
junkyard Cibiru ada di dekat persawahan ..alamat tepatnya gak hafal,.cuman posisnya di belakang kantor polisi Cibiru..
Bengkelnya Auto2000 Cibiru yang khusus body paint....
waduh sebenernya Corona 70an atau Datsun 510 itu mobil yang saya pengen bangun....I saw lot part of it in Malaysia
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Aug 14, 2014 13:36
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Salut banget om sama semua pemikiran dan perjuangannya!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Mampir ke thread saya Om: viewtopic.php?f=5&t=12888&start=75
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11025
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
(sambil menghela nafas) keereeeeeennnn bangeeeeeetttt......
sedari awal mulai baca trit ini, pikiran pertama saya langsung ke "kalo udah punya bini, apa nggak ngambek ya?"...... dan sudah terjawab, hehehe....
maju terus pantang mundur oom.... mobil ini emang juara banget dan layak untuk dipertahankan. di jakarta saya udah nggak pernah liat corolla GTi lagi yang berkeliaran.
sedari awal mulai baca trit ini, pikiran pertama saya langsung ke "kalo udah punya bini, apa nggak ngambek ya?"...... dan sudah terjawab, hehehe....
maju terus pantang mundur oom.... mobil ini emang juara banget dan layak untuk dipertahankan. di jakarta saya udah nggak pernah liat corolla GTi lagi yang berkeliaran.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
manttaaaaap om Altaf
jadi seger lagi GTI nya. ane belum pernah nih bawa GTI... dulu hampir sempet test drive punya temen tapi gak kesampean...
ada beberapa masukan yang mungkin sesuai dengan selera om Altaf.
pertama velg. kalo bisa cari velg ninties atau retro. bisa pake enkei classic 92. atau bbs rs. ban nanti disesuaikan dengan ukuran velg.
kedua tail pipe. pake remus 90s om.
jadi seger lagi GTI nya. ane belum pernah nih bawa GTI... dulu hampir sempet test drive punya temen tapi gak kesampean...
ada beberapa masukan yang mungkin sesuai dengan selera om Altaf.
pertama velg. kalo bisa cari velg ninties atau retro. bisa pake enkei classic 92. atau bbs rs. ban nanti disesuaikan dengan ukuran velg.
kedua tail pipe. pake remus 90s om.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
'Postby maskopat » Today, 08:12
manttaaaaap om Altaf
jadi seger lagi GTI nya. ane belum pernah nih bawa GTI... dulu hampir sempet test drive punya temen tapi gak kesampean...
ada beberapa masukan yang mungkin sesuai dengan selera om Altaf.
pertama velg. kalo bisa cari velg ninties atau retro. bisa pake enkei classic 92. atau bbs rs. ban nanti disesuaikan dengan ukuran velg.
kedua tail pipe. pake remus 90s om.
Saya sempet ngincer beberapa kali velg retro..kayak RS Watanabe, TRD rays, cuman ya itu tadi baru nongkrong sebentar udah SOLD OUT deh...tapi mau nyari lagi duh susahnya., kalo pun ada lagi harganya gak kira2 .....
But honestly, I don't really care how it looks, I don't even put ducktail...my objective from the beginning is "lightweight" & "No Rattle". .bagaimana caranya diet tapi tanpa mengubah tampang & fungsi asli kendaraan...it is indeed very difficult, I manage only approximately 40 kg of diet. Saya terinspirasi oleh Singer Vehicle Design, dimana mereka sampe bikin carbon fiber untuk body panel 911 retro mereka, hanya untuk diet
List hasil diet.......jangan ketawain yah
1. Pelek Enteng (Rays CE28) - 12 kg (3 kg per wheel)
2. Saya capek2 melakukan pengerokan bodi panel, buang dempul,etc, etc..cuman mau bikin mobil rigid & enteng lagi - 5 kg
2. Saya lengserkan Header aslinya (Besi Cor), resonator, berikut braket2 besinya, diganti header custom 4-1 -7 kg lighter
3. Saya ganti muffler aslinya dengan Titanium kw8, only with one objective,..it is lighter than steel - 3 kg lighter
4. Saya lengserkan Air Intake Set dan braket besinya asli light alloy dan open air filter filter - 2 kg
5. Saya ganti karpet karet dengan EVA foam - 1 kg
6. Saya lengserkan flywheel aslinya 7.4 kg, dengan flywheel blacktop 5.9 kg, - 1.5 kg lighter
7. Radiator Alloy - 1.2 kg lighter
8. Tutup2 mesin yang gak perlu - 1 kg
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Thu May 21, 2015 2:45
Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI
Oh saya bantuin nih "ngomporin" supaya mimpi terwujud, kebetulan ada temen lagi bangun Mitsubishi Lancer biasa, konversi ke EVO pake bahan2 Halfcut gitu, ama campur2 apa gitu gak jelas...ini hasilnya om....Postby ChZ » Today, 00:29
Lots of respect, oom altaf
Automotive enthusiast sejati....
Saya sebenernya ke depannya juga kepengen bisa bangun mobil kayak gini, restorasi... incaran saya Honda atau Mitsubishi era nineties... Mobil-mobil yang menemani masa kecil saya. Mungkin target saya pengen bangun Mitsubishi Evo dulu hehehe #ngimpimodeon