RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

1991 Toyota Twincam GTI merupakan salah satu bahan experiment menarik buat car enthusiast or technician...

Even ordinary person , who cannot afford brand new performance car , but still want optimal car in term of practicality and performance at the same time, can learn to appreciate this car very well and in restore it in relatively short time

THERE ARE GOOD REASONs WHY THIS IS GOOD PLATFORM FOR RESTORATION
1. Twincam GTi sharing common platform dengan corolla AE92 biasa, dan sampai saat ini part masih didukung ATPM, yang mana menjadi mudah dalam hal penyediaan part2 yang dibutuhkan dalam proses restorasi. Ditambah juga kepopuleran mobil ini sebagai di negara2 tetangga seperti Malaysia dan Thailand menjadikan cukup berlimpahnya part2 yg dibutuhkan. Namun karena usianya cukup tua (24 Tahun) maka banyak sekali kendaraan yg sudah exhausted sehingga restorasi diperlukan.

2. Secara garis besar, platform AE92 GTI adalah sedan corolla dgn ukuran cukup kecil, cocok untuk bermanuver di kepadatan kota dan relative nyaman untuk dikendarai , dan cukup kencang bahkan untuk standard modern 2015 sekalipun.

Image

3. Mesin 4AGE-16 yang legendaris dan reliable. Dengan power 140 ps/7200 rpm dan Torsi 149/6400 rom, lebih dari cukup untuk menghela mobil dengan lebih 1070 kg. Mesin dengan blok dari bahan besi cor ini cukup popular di kalangan pecinta otomotif. Mesin ini sharing platform dgn Corolla Sprinter Trueno GT (Hachiroku). Hal ini juga didukung pula dengan kepopuleran fim/manga Initial D yang menampilkan sang jagoan drift Takumi meliuk2 dipegunungan jepang dgn dapur pacu 4AGE.

Image

4. Harga bekasnya cukup murah, (+- 50 juta) dan walaupun barang tergolong langka , tapi masih mudah dijumpai iklan mobkas olx.co.id. pilihlah barang yang masih bebas karat, karena restorasi body membutuhkan usaha yg lebih besar ketimbang mesin, karena mesin dgn mudah bisa diswap, terutama ke 4AGE 20 Valve silvertop atau blacktop


RESTORATION PROCESS OF MY TWINCAM GTI

1. PREPARATION

Mobil orisinal yang saya dapatkan dalam kondisi yang biasa banget. Bodinya memang relative masih lempeng dan no visible rust. tapi banyak sekali kerusakan internal di mesin maupun elektrikal. Radiator pun bermasalah karena sering bocor walaupun tidak sampai overheat

Langkah awal untuk mengembalikan keaslian bodi dan sasis adalah melakukan pengecekan karat. Alhamdulillah, hanya satu bagian yang berkarat yg merupakan penyakit yg umum di corolla AE92, yaitu bagian pintu bagian bawah terutama pintu belakang.

Image

Image


2. BODY REPAIR

Proses pengerokan cat untuk melihat seberapa parah kerusakan akibat karat dan juga untuk menghilangkan tumpukan2 dempul akibat pengerjaan pengecatan sebelumnya. Pengerokan dilakukan untuk memperbaiki dent, mengembalikan bodi menjadi lebih ringan dan mengembalikan kecemerlangan hasil akhir cat,


Dengan tekunnya para master crafmantship Toyota melakukan pembersihan metal terutama di sekitar pelipit kaca yg rawan karat, tapi the great things about Toyota, it is rust free :big_love: which is much better compared to Honda in the same age level.

Image



Terlihat fender depan kanan memiliki defect bekas lasan, kemungkinan besar fender samping kanan pernah robek dan dilas oleh pemilik sebelumnya
Image


The only body panel rusted adalah Karat di pintu pada awalnya akan dilas, namun saya cukup beruntung mendapatkan 2 buah pintu NOS nan mulus ...founded di salah satu junkyard ex-asuransi di bilangan Cibiru Bandung. Harga per pintu kosong dalam kondisi NOS original Toyota adalah Rp 450 ribu, cukup murah kan ?? :mky_01:

Image

Dented body part, hammered, cleaned and primed by myself : :mky_03:

Image


Fender depan primed and sanded dan komponen2 didapat dan dikumpulkan dari Malaysia, for Free...yes because the owner of one white abandoned car give me for free, beruntung karena pada tahun lalu (2014) saya dinas di Malaysia selama 8 bulan.

Image


Bumber depan dalam kondisi yang banyak dempulnya dan banyak bagian lip yg sudah , pecah dan retak. Setelah cari2 di bilangan pasar loak Jatayu Bandung akhirnya dapat bumber depan dalam kondisi 90 % mulus , seharga Rp. 400 ribu.

Image


Almost all small metal part cleaned from rust and primed
Image

Image


2. SUSPENSION AND BRAKE

Engine mounting, suspension , dan cross member diperbaharui untuk memperbaiki rigiditas dan kinerja suspense agar siap untuk digunakan sebagai kendaraan operasional harian, beruntung saya dapat donor sebuah AE92 versi JDM yang oleh penjualnya di Malaysia dengan baik hati mau dipreteli komponen2 kecilnya , dengan harga yang terbilang ajaib murahnya

Image

Image


Proses restorasi strut brace
Image

Image


Rem belakang bermasalah, dari donor half cut yang sama, didapatkan disc brake caliper belakang yang sama persis dengan ori GTI

Image


2. EXTERIOR

Part2 exterior dibawa pulang dari bengkel supaya bisa direkondisi, dan sangat tidak umum memang, tapi sy berniat melakukannya sendiri.

Image


Beruntung saya ditugaskan di Thailand 4 bulan dan mendapatkan satu nose cut wagon face JDM lengkap dengan corner lamp.

Image


Salah satu part, moulding panel yang di bawa hand carry dari Malaysia, panjang bangett.... :big_grin:

Image


Lampu belakang dan depan di clean up supaya cling.

Image

Image

Image

Image



Moulding Kaca dan stripping diganti baru, thanks to Kumala Motor atrium senen.

Image


Grille,Emblem dan stiker direkondisi dan hand painted dengan kuas

Image

Image

Image

Image


Wiper link yang sudah oblak, di rekondisi asnya

Image


3. ELECTRICAL

Wiring Harness, A/C Component didapat dari half cut AE92 Levin 4AGE

Image


Master switch AE92 Levin

Image


4. ENGINE

Metal2 engine kena semua, sekalian saja dilakukan overhaul, oversize, blueprinting, custom exhaust 4-1 dan port polishing.

Total Cost of Mechanic Rp 1.5M, Total Cost of Part 2.5M and Machining at Karya Wisesa Ciputat 1.5M, so it cost me 5.5M for engine overhaul.
It sound a lot, but I did lot of things by myself like Port n Polishing, custom exhaust, balancing, etc, so It actually already saved a lot

Image


Radiator kena ganti karena fibernya bocor, penggantinya radiator alumunium made in Malaysia khusus Ae92 supercharged, harganya cukup terjangkau, it cost me RM400 lengkap dengan OEM fan

Image

5. INTERIOR

I got replacement door trim and Levin leather steering for RM 90. Thanks for Mr. Najib in Malaysia

Image


Actually I got this also from Mr. Najib, but I need to buy it about RM 250 per pair, it is OEM seat of AE92 Levin and direct replacement for jitiai

Image



6. RESULT

Setelah restorasi 1 tahun, dan menghabiskan biaya sekitar 30++ juta rupiah, dan ini tidak termasuk tingkat kecemburuan bini thd perhatian saya ke mobil ini...... :big_cry:

Finally I got really healthy affordable sport car with total cost of car less than 80 Million Rupiah..so Healthy that I could use it for daily travelling from home to office.

It is so comfortable, fast, no rattle and rust free now, so good, that you won't believe it is 24 years old car.... :big_smoking:



Image

Image

Image

Image
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by newrubble »

sy suka kalo liat body repair di lakukan di authorized workshop apalagi jika hasilnya betul betul 100% factory std

akan jelas terlihat socio class n enthusiatic level dr current owner

sy jamin wang yg kluar pasti tdk dikit
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by vp920b »

Keren banget bro. Lots of respect for your patience and restoration.

Jadi inget dulu pas di aussie masih kuliah, saya beli AE82-Seca rust free ampe naik gunung belinya(100-120KM's from my place), mesin 4AGE BlueTop sayangnya agak sering overheat karena kayanya overhaul enginenya ga beres. Jadi cuma kepakai 2-3 bulan (summer time ampe 40-45 degrees celcius) saya jual apalagi ACnya juga rusak dan banyak sekali parts yang di hitung-hitung tidak worth it kalau di betulin. Di aussie maklum mobil ini cuma dibeli di harga $800 with registration and tax. Jadi ya nasib..

Post a pic ya bos sama mobil temen, celica st162 with 3sge engine..

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Turboman »

wah mantap tenannn iniii.......ini baru Automotive lover sejati

@um TS :
Kalao boleh tahu radiator buatan Malay itu mereknya apa ?

Apa ada website / alamatnya ?

Thx before
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by lend3 »

:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
ketika saya masih berangan2. Salut om, dengan determinasi yang tinggi untuk mencapai apa yang direncanakan. Ditambah cost effective pada pelaksanaannya. Pernah baca di komen utube yang bikin ngakak. Apa rasanya punya 4AGE di garasi, si owner mobil bilang. Mirip kaya kita bangun tidur setiap hari ada megan fox diranjang. Selalu bikin hari lebih cerah kayanya. :mky_01:
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

by vp920b » Today, 00:08

Keren banget bro. Lots of respect for your patience and restoration.

Jadi inget dulu pas di aussie masih kuliah, saya beli AE82-Seca rust free ampe naik gunung belinya(100-120KM's from my place), mesin 4AGE BlueTop sayangnya agak sering overheat karena kayanya overhaul enginenya ga beres. Jadi cuma kepakai 2-3 bulan (summer time ampe 40-45 degrees celcius) saya jual apalagi ACnya juga rusak dan banyak sekali parts yang di hitung-hitung tidak worth it kalau di betulin. Di aussie maklum mobil ini cuma dibeli di harga $800 with registration and tax. Jadi ya nasib..

Post a pic ya bos sama mobil temen, celica st162 with 3sge engine..

....Awalnya saya berpikir hal yg sama dgn bro VP, kalo dihitung2 secara ekonomis, memang betul "kelihatannya" enggak worthed
Sebelum restorasi, mobil saya memang banyak bermasalah (engine, dsb), sempet terpikir untuk swap dengan Jazz RS 2011 M/T for fun/sunday driving, which is seem very economical choice...which will cost me about triple average price of AE92 (170 M vs 50 M).

Then suddenly my head think differently, If I push a bit harder to produce reliable "old" ad car, maka lunturlah sudah semua teori ekonomi tentang kendaraan bermotor. Kenyataan yg terjadi adalah IT IS INDEED VERY ECONOMICAL, and I don't regret with my choice...

Kenapa, karena kenyataan yg terjadi saya cuman keluar uang 80M dan saya masih punya 90M untuk bermain investasi pasar modal atau spare money for sudden important things like anak sekolah.... :big_smile]

Bonus di luar faktor ekonomis adalah
1. Megan Fox..eh maksudnya.. 4AGE, yang selalu ada di sisi saya, dan bersuara merdu ,....betul2 menenangkan jiwa... :big_love:
2. Your problem solving skill and technical skill, which is priceless..priceless
3. Entrepreneurship thing, Contoh: Jualan part langka JDM Honda ex Malaysia...well, that one of financial support of my AE92 GT project.

You will understand what I said once you did it bro...
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Fiz »

wahh asik banget baca nya om,,
thx untuk sharingnya..
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

Postby Turboman » Today, 00:59

wah mantap tenannn iniii.......ini baru Automotive lover sejati

@um TS :
Kalao boleh tahu radiator buatan Malay itu mereknya apa ?

Apa ada website / alamatnya ?

Thx before

Radiatornya merek DnD (Drag and Drift) , bahan dari alumunium

waktu itu saya belinya lewat lelong.com.my, dan banyak sekali part2 AE92 bisa didapat di situ, terus COD di sekitar Shah Alam

Yang paling murah untuk part2 AE92 adalah di Aussie atau New Zealand, hanya sayangnya ongkos kirimnya mahal banget ke Indonesia
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by abrof »

:big_exellent: salut bro, begini nih car freak sejati. Maunya sih pingin juga kayak gitu, tapi waktu dan bini jadi alasan.
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

postby abrof » less than a minute ago

:big_exellent: salut bro, begini nih car freak sejati. Maunya sih pingin juga kayak gitu, tapi waktu dan bini jadi alasan.

I'm actually busy man sama kaya Bos Abrof. Saya orang kantoran om dan tipenya project based, makanya sering ada kesempatan travelling ke negara2 sekitaran Asia. Karena Sering Travelling, banyak sekali ketunda2 project restorasi GTI, makanya butuh waktu sekitar 1 tahun.

Dalam waktu 1 bulan, hanya sekitar 4-5 hari saya ada di Indonesia...can you imagine that I can do it in one year ? :big_grin:

Kalau saja saya ada di Indonesia, punya banyak waktu senggang, mungkin saya bisa selesaikan jauh lebih cepat...
the only thing that make barrier for everyone, is just mindset that old car is a "nightmare", but the fact is not really that difficult if you enjoy it

Malah bini daku sekarang enjoy night touge driving like in the picture below

Image
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by keong »

Bacaan yaang seperti ini nih yang sangat menentramkan jiwa :big_cry:

Kapan ane bisa mengikuti jejak om :big_childish:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by dieselman228 »

wah kalau kayak gini sih bukan RESTORATION om tapi RESURRECTION :big_exellent:

mantap banget om, jadi pingin cari mobil tua nan gahar lalu di oprek value for money kyk gini. :big_okay:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by FRD »

:big_chicken: :big_love: :big_chicken: :big_love: :big_love:

salute sama om TS atas perjuanganny buat restorasi twincam GTI-nya :frm_salut:
:big_smoking:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5700
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by sintoni »

Hormatttt ommmmmmm. Ini bener2 automotive enthusiasts.

Ane dari dulu pingin jg begini, restorasi mobil. Tapi apa daya, ane orangnya males, jadi ya sampe skrg belom tercapai. Hehehehe. Impiannya ya estillo atau gallant hiu sih.

Semoga di kemudian hari bisa tercapai.

Tq for sharing ommmm. Super nice carrr!
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by glendotan »

:frm_salut: Restorasinya keren banget Om... Pengerjaan sangat mendetail...
Ga kebayang kepuasan yang di peroleh kayak gimana...


Hal2 gini neh yang bikin awet muda dan menyemangati hidup..

:frm_salut: :off_good_job:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by didietkeren »

:big_exellent:
Om, itu junkyard Cibiru posisi tepatnya di sebelah/dekat mana?
Trus repair/cat body di bengkel Toyota mana di Bandung?
Penasaran..
Salam dari Corona TT132 plat D..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by ChZ »

Lots of respect, oom altaf :frm_salut:

Automotive enthusiast sejati.... :frm_salut:

Saya sebenernya ke depannya juga kepengen bisa bangun mobil kayak gini, restorasi... incaran saya Honda atau Mitsubishi era nineties... Mobil-mobil yang menemani masa kecil saya. Mungkin target saya pengen bangun Mitsubishi Evo dulu hehehe #ngimpimodeon :big_cry:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by nyotnyet »

Gilaaaa...bacanya sampe speechless dan merinding...

Bener2 totalitas...salute om...

Jadinya bagus pula teincam gti nya...ckckckck

Soul Red zoom zoom
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

Postby didietkeren » Yesterday, 23:05

:big_exellent:
Om, itu junkyard Cibiru posisi tepatnya di sebelah/dekat mana?
Trus repair/cat body di bengkel Toyota mana di Bandung?
Penasaran..
Salam dari Corona TT132 plat D..

junkyard Cibiru ada di dekat persawahan ..alamat tepatnya gak hafal,.cuman posisnya di belakang kantor polisi Cibiru..

Bengkelnya Auto2000 Cibiru yang khusus body paint....

waduh sebenernya Corona 70an atau Datsun 510 itu mobil yang saya pengen bangun....I saw lot part of it in Malaysia :big_cry:
danee120
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Aug 14, 2014 13:36

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by danee120 »

Salut banget om sama semua pemikiran dan perjuangannya!
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by didietkeren »

Mampir ke thread saya Om: viewtopic.php?f=5&t=12888&start=75
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by marmut »

(sambil menghela nafas) keereeeeeennnn bangeeeeeetttt......

sedari awal mulai baca trit ini, pikiran pertama saya langsung ke "kalo udah punya bini, apa nggak ngambek ya?"...... dan sudah terjawab, hehehe....
maju terus pantang mundur oom.... mobil ini emang juara banget dan layak untuk dipertahankan. di jakarta saya udah nggak pernah liat corolla GTi lagi yang berkeliaran.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by maskopat »

manttaaaaap om Altaf :big_exellent:
jadi seger lagi GTI nya. ane belum pernah nih bawa GTI... dulu hampir sempet test drive punya temen tapi gak kesampean...

ada beberapa masukan yang mungkin sesuai dengan selera om Altaf.
pertama velg. kalo bisa cari velg ninties atau retro. bisa pake enkei classic 92. atau bbs rs. ban nanti disesuaikan dengan ukuran velg.
kedua tail pipe. pake remus 90s om.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

Postby maskopat » Today, 08:12

manttaaaaap om Altaf :big_exellent:
jadi seger lagi GTI nya. ane belum pernah nih bawa GTI... dulu hampir sempet test drive punya temen tapi gak kesampean...

ada beberapa masukan yang mungkin sesuai dengan selera om Altaf.
pertama velg. kalo bisa cari velg ninties atau retro. bisa pake enkei classic 92. atau bbs rs. ban nanti disesuaikan dengan ukuran velg.
kedua tail pipe. pake remus 90s om.
'


Saya sempet ngincer beberapa kali velg retro..kayak RS Watanabe, TRD rays, cuman ya itu tadi baru nongkrong sebentar udah SOLD OUT deh...tapi mau nyari lagi duh susahnya., kalo pun ada lagi harganya gak kira2 :big_dunno: .....

But honestly, I don't really care how it looks, I don't even put ducktail...my objective from the beginning is "lightweight" & "No Rattle". .bagaimana caranya diet tapi tanpa mengubah tampang & fungsi asli kendaraan...it is indeed very difficult, I manage only approximately 40 kg of diet. Saya terinspirasi oleh Singer Vehicle Design, dimana mereka sampe bikin carbon fiber untuk body panel 911 retro mereka, hanya untuk diet

List hasil diet.......jangan ketawain yah :big_blushing:
1. Pelek Enteng (Rays CE28) - 12 kg (3 kg per wheel)
2. Saya capek2 melakukan pengerokan bodi panel, buang dempul,etc, etc..cuman mau bikin mobil rigid & enteng lagi - 5 kg
2. Saya lengserkan Header aslinya (Besi Cor), resonator, berikut braket2 besinya, diganti header custom 4-1 -7 kg lighter
3. Saya ganti muffler aslinya dengan Titanium kw8, only with one objective,..it is lighter than steel - 3 kg lighter
4. Saya lengserkan Air Intake Set dan braket besinya asli light alloy dan open air filter filter - 2 kg
5. Saya ganti karpet karet dengan EVA foam - 1 kg
6. Saya lengserkan flywheel aslinya 7.4 kg, dengan flywheel blacktop 5.9 kg, - 1.5 kg lighter
7. Radiator Alloy - 1.2 kg lighter
8. Tutup2 mesin yang gak perlu - 1 kg
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

Postby ChZ » Today, 00:29

Lots of respect, oom altaf :frm_salut:

Automotive enthusiast sejati.... :frm_salut:

Saya sebenernya ke depannya juga kepengen bisa bangun mobil kayak gini, restorasi... incaran saya Honda atau Mitsubishi era nineties... Mobil-mobil yang menemani masa kecil saya. Mungkin target saya pengen bangun Mitsubishi Evo dulu hehehe #ngimpimodeon :big_cry:
Oh saya bantuin nih "ngomporin" supaya mimpi terwujud, kebetulan ada temen lagi bangun Mitsubishi Lancer biasa, konversi ke EVO pake bahan2 Halfcut gitu, ama campur2 apa gitu gak jelas...ini hasilnya om....

Image

Image