Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
buset ini thread dari tahun 2005 bisa nyambung lagi hehehehe
Om asudarsono, mau tanya dong. Saya lagi tertarik sama PUG 406 ada 2 pilihan sih yg lagi available tahun 1997 Le mans A/T kilometer 150rb, dan tahun 2004 EW10 kilometer sekitar 90rb. Secara penampilan tentunya saya prefer ke yg 2004, tapi secara harga tinggi sekali yg jual sampe 120jt-an. yg 97 lagi mau iseng tanya dulu. Mungkin saya mau coba yg thn 97 dulu nego, kira2 yg pantas di harga brp ya? kalo diliat dari pasaran di Autobild sekitar 50jt. Apa2 aja yg perlu diperhatikan? pls advice.
Thank you sebelumnya
Om asudarsono, mau tanya dong. Saya lagi tertarik sama PUG 406 ada 2 pilihan sih yg lagi available tahun 1997 Le mans A/T kilometer 150rb, dan tahun 2004 EW10 kilometer sekitar 90rb. Secara penampilan tentunya saya prefer ke yg 2004, tapi secara harga tinggi sekali yg jual sampe 120jt-an. yg 97 lagi mau iseng tanya dulu. Mungkin saya mau coba yg thn 97 dulu nego, kira2 yg pantas di harga brp ya? kalo diliat dari pasaran di Autobild sekitar 50jt. Apa2 aja yg perlu diperhatikan? pls advice.
Thank you sebelumnya
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Apr 18, 2009 3:08
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
My experience with P406 D8 & D9:
1. Ambil yang D9 kalo bisa yang keluaran th 2000 (soalnya CBU), 2001 - 2004 udah CKD
2. D9 lebih responsif dibanding D8. Tipe mesin nya EW10J4R.
3. Kalo seneng ngebut, manual lebih gesit. Yang matic berasa lebih kalem.
4. Untuk keluaran th 2000, 406 D9 bisa dibilang mewah feature: rain sensor, onboard computer, cruise control, audio control, arm rest, split folding rear seats, front/side airbag, crystal headlamp, adjustable headlamp control, ABS, premium sound system, all tinted glass, dll.
5. Kelebihan2: suspensi sangat nyaman (setara S Class), handling gesit (BMW/ Honda), interior comfort, kedap suara sangat baik, relatif nggak boros2 banget.
6. Kekurangan: extra perhatian ke maintenance ***
*** tips:
1. Jangan pernah sekali2 bawa Pug ke bengkel non specialist Peugeot !!! kecuali yang sifat nya umum (non specific)
2. Jangan pernah sekali2 ngakalin kabel di potong/ disambung/ dicabang/ jumper/ dll kecuali bener2 mengerti dan ngikutin wiring diagram yang benar.
3. Jangan pernah kanibal parts dari merek lain walaupun tipe part nya dan spek nya mirip2
4. Baca buku manual, baca lagi, baca lagi sampe bosen.
5. Ikutin jangka waktu servis sesuai manual atau bengkel resmi (semua cairan), jangan sampe telat diusahakan dan gunakan semua jenis cairan sesuai spek pabrik (jangan iseng2 coba2)
Maintenance:
6. Jangan pernah iseng2 ganti busi merek ini itu, gunakan busi standard 406 keluaran astra/ peugeot/ BOSCH
7. Jangan tambal sulam knalpot, kalo bocor ganti standar nya aja. Di ganti2 racing exhaust/ muffler nggak ngaruh2 amat di peugeot.
8. Kalo ketemu problem di AC, ...ngisi nya pake R134a dan harus ditimbang 700 - 780gram ngisinya (kalau mau dingin dan awet). Siap2 bawa timbangan dari rumah.
9. Pake velg 19" rubah PCD masih nyaman, selama adapter nya bikin yang bagus.
10. Pompa power steering, dinamo amper, suka bunyi bearing nya kalo udah lama.
11. Kalo jarum speedometer naek turun, buru2 ganti speed sensor (gak mahal)
12. Kalo idle naek turun, bersihin dulu idle regulator (3 kali bersihin baru ganti baru)
13. Kalo tenaga ngempos, ...cek oxygen sensor dan catalytic converter (ganti baru kenceng lg)
14. Kalo temperatur naik, ....1. Cek waterpump 2. Temperature sensor (AC dan mesin) 3. Kuras radiator 4. Cek AC
15. Kalo dingin kenceng makin panas makin loyo, .....cek pompa bensin, pressure regulator, filter bensin.
16. Kalo udah waktunya ganti timing belt, ganti deh (kalo perlu ngutang dulu) bisa berabe kalo putus........
17. Abis di balance/ spooring masih getar, ....ganti disc brake
Kalo kondisi prima, ...406 D9 bisa melesat di cipularang 180km/h berasa tu jalan mulus abis
1. Ambil yang D9 kalo bisa yang keluaran th 2000 (soalnya CBU), 2001 - 2004 udah CKD
2. D9 lebih responsif dibanding D8. Tipe mesin nya EW10J4R.
3. Kalo seneng ngebut, manual lebih gesit. Yang matic berasa lebih kalem.
4. Untuk keluaran th 2000, 406 D9 bisa dibilang mewah feature: rain sensor, onboard computer, cruise control, audio control, arm rest, split folding rear seats, front/side airbag, crystal headlamp, adjustable headlamp control, ABS, premium sound system, all tinted glass, dll.
5. Kelebihan2: suspensi sangat nyaman (setara S Class), handling gesit (BMW/ Honda), interior comfort, kedap suara sangat baik, relatif nggak boros2 banget.
6. Kekurangan: extra perhatian ke maintenance ***
*** tips:
1. Jangan pernah sekali2 bawa Pug ke bengkel non specialist Peugeot !!! kecuali yang sifat nya umum (non specific)
2. Jangan pernah sekali2 ngakalin kabel di potong/ disambung/ dicabang/ jumper/ dll kecuali bener2 mengerti dan ngikutin wiring diagram yang benar.
3. Jangan pernah kanibal parts dari merek lain walaupun tipe part nya dan spek nya mirip2
4. Baca buku manual, baca lagi, baca lagi sampe bosen.
5. Ikutin jangka waktu servis sesuai manual atau bengkel resmi (semua cairan), jangan sampe telat diusahakan dan gunakan semua jenis cairan sesuai spek pabrik (jangan iseng2 coba2)
Maintenance:
6. Jangan pernah iseng2 ganti busi merek ini itu, gunakan busi standard 406 keluaran astra/ peugeot/ BOSCH
7. Jangan tambal sulam knalpot, kalo bocor ganti standar nya aja. Di ganti2 racing exhaust/ muffler nggak ngaruh2 amat di peugeot.
8. Kalo ketemu problem di AC, ...ngisi nya pake R134a dan harus ditimbang 700 - 780gram ngisinya (kalau mau dingin dan awet). Siap2 bawa timbangan dari rumah.
9. Pake velg 19" rubah PCD masih nyaman, selama adapter nya bikin yang bagus.
10. Pompa power steering, dinamo amper, suka bunyi bearing nya kalo udah lama.
11. Kalo jarum speedometer naek turun, buru2 ganti speed sensor (gak mahal)
12. Kalo idle naek turun, bersihin dulu idle regulator (3 kali bersihin baru ganti baru)
13. Kalo tenaga ngempos, ...cek oxygen sensor dan catalytic converter (ganti baru kenceng lg)
14. Kalo temperatur naik, ....1. Cek waterpump 2. Temperature sensor (AC dan mesin) 3. Kuras radiator 4. Cek AC
15. Kalo dingin kenceng makin panas makin loyo, .....cek pompa bensin, pressure regulator, filter bensin.
16. Kalo udah waktunya ganti timing belt, ganti deh (kalo perlu ngutang dulu) bisa berabe kalo putus........
17. Abis di balance/ spooring masih getar, ....ganti disc brake
Kalo kondisi prima, ...406 D9 bisa melesat di cipularang 180km/h berasa tu jalan mulus abis
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
historisnya sih mbl prancis
- dirancang untuk warga yang kebanyakan petani/tinggal di perkampungan..jadi suspensi nyaman & suspension travelnya panjang
- pajak tinggi untuk diatas 2000cc, jadi jarang sekali yang diatas itu (paling cuma cx pallas 2400cc sama 604, talbot tagora, misalnya)
akhirnya sasis dan suspensinya bagus..(untuk comfort)..dan konsentrasi ke cc kecil (jalan jg relatif kecil di perkotaan)..
peugeot itu engineered to be enjoyed..(not for reliability hehe)
505 sih RWD, relatif badak..504 lebih hebat lagi..legendaris untuk zamannya...1968 udah rack n pinion, independent all round, disc brake allround, crossflow cylinder head...handling mantep...(saya pake 504 & 505 beberapa taun..604 sebentar..)
setelah 1980an, mulai payah...keluar 205, ikut WRC, akhirnya salesnya bagus,..trus keluar 405 dan seterusnya...505 dan 604 adalah RWD terakhirnya..
setelah di 405, ada 605, mau masuk premium car tp ga berhasil selain karena FWD, mesin PRV v6 udah usang, trus styling pininfarina terlalu mirip dgn 405 dan alfa 33...gagal..sementara bmw tetep bisa laku dengan seri 5 e34 dan seri 7 e38 yang mirip2..entah kenapa..hehe
setelah 205, 206 jg jadi penerusnya, sales bagus, WRC, tetep ga bisa dominan di mid-large size..406 sih lumayan dikelasnya tp mungkin 405 lebih sukses..
taon 90an peugeot fiat dan renault keluar dari american market..so fokus cuma eropa asia afrika saja..
406 sih mayan, D8 - D9, yang D9 multiplex, tp ya mesin kurang tenaga..mbl lain dikelasnya 2.4 semua (camry/accord)..dan lagi kaki2 jg emang kurang kuat.
untuk di indonesia nasibnya mirip2 bmw, sama2 di pegang astra, jadi ya produk-mixnya diatur sama astra, makanya ga kompetitif..
- dirancang untuk warga yang kebanyakan petani/tinggal di perkampungan..jadi suspensi nyaman & suspension travelnya panjang
- pajak tinggi untuk diatas 2000cc, jadi jarang sekali yang diatas itu (paling cuma cx pallas 2400cc sama 604, talbot tagora, misalnya)
akhirnya sasis dan suspensinya bagus..(untuk comfort)..dan konsentrasi ke cc kecil (jalan jg relatif kecil di perkotaan)..
peugeot itu engineered to be enjoyed..(not for reliability hehe)
505 sih RWD, relatif badak..504 lebih hebat lagi..legendaris untuk zamannya...1968 udah rack n pinion, independent all round, disc brake allround, crossflow cylinder head...handling mantep...(saya pake 504 & 505 beberapa taun..604 sebentar..)
setelah 1980an, mulai payah...keluar 205, ikut WRC, akhirnya salesnya bagus,..trus keluar 405 dan seterusnya...505 dan 604 adalah RWD terakhirnya..
setelah di 405, ada 605, mau masuk premium car tp ga berhasil selain karena FWD, mesin PRV v6 udah usang, trus styling pininfarina terlalu mirip dgn 405 dan alfa 33...gagal..sementara bmw tetep bisa laku dengan seri 5 e34 dan seri 7 e38 yang mirip2..entah kenapa..hehe
setelah 205, 206 jg jadi penerusnya, sales bagus, WRC, tetep ga bisa dominan di mid-large size..406 sih lumayan dikelasnya tp mungkin 405 lebih sukses..
taon 90an peugeot fiat dan renault keluar dari american market..so fokus cuma eropa asia afrika saja..
406 sih mayan, D8 - D9, yang D9 multiplex, tp ya mesin kurang tenaga..mbl lain dikelasnya 2.4 semua (camry/accord)..dan lagi kaki2 jg emang kurang kuat.
untuk di indonesia nasibnya mirip2 bmw, sama2 di pegang astra, jadi ya produk-mixnya diatur sama astra, makanya ga kompetitif..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Siap-2 sambut kedatangan 408
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
kayanya mendingan tuh 408...ga terlalu front heavy..407nya parah monyong2 gitu...sayang peugeot udah ga bikin RWD lagi, jadi ga balance designnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Sy pake 306 st th 1999 yg sdh ganti mesin punya 405 STi 2000 cc lalu dimodif2 sehingga mencatat 160hp/210nm. Tarikan termasuk maknyoosss
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Dan lagi ngelirik2 406.... lbh suka moncong D8 daripada D9
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
D9 yang pakai ew10 om, tenaga standarnya udah lumayan. Saya pakai D9 xu10.JESKONENG wrote:Dan lagi ngelirik2 406.... lbh suka moncong D8 daripada D9
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Pakai mesin 406 yang xu10 ditune bisa 240-250hp om.JESKONENG wrote:Sy pake 306 st th 1999 yg sdh ganti mesin punya 405 STi 2000 cc lalu dimodif2 sehingga mencatat 160hp/210nm. Tarikan termasuk maknyoosss
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Waow... Ada print out grafik hasil dyno nya om ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
406 d9 2002 keatas, setelah sekian tahun masih layak dimiliki kah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Masiiih kalo suka mobil eropa mah. Murah bgt sekennya tapi modelnya modern, cakep n nyamannya top, pug jg bengkel spesialisnya banyak selama di kota2 besar aman bgt
Kalo dibeliin germany product kaya bmw/merc dapetnya yg tahun jebot
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Hadehh d9 emang masih cakep yah om amfibi.. kbtulan naksir jg yg wrna abu gtu... ada testi kah gmn perawatan d9 ini menginjak umur yg sdh tdk lagi muda..?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Masih banget ni 406 bisa dipertimbangkan. Mana murah bener 2ndnya.. serem pilih2nya rata2 empunya nya gak perhatian sm mobilnya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2585
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Pernah punya tahun 2007-2010
Kalo bisa ambil peugeot 406 yg d9, kalo 2000-2004 mesinnya xu10, kalo setelah itu ew4.
Mobil ini suspensinya enak bgt empuk nyaman dan softpad dimana mana.
Perawatan ga susah cuma penyakitnya itu idle regulator. Rpm jd ga stabil, ganpang tinggal bersihin. Oli matic kudu khusus agak mahal karena maticnya al4 ga bs oake atf biasa.
Selama make hampir tiap hari dulu ga ada masalah berarti
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
D9 2000-2004 limited mesinnya EW10 mungkin yg dmaksud om fariz. Ampe seri 406/thn 2004 ini pug reliabilitynya msh tolerable mnrt sy utk std eropa. Mulai dr 307 ...hadeuh...gitu deh.
Klo dpt yg mint...angkut sj.
Pernah smpt pegang bbrp seri pug dulu.
Klo dpt yg mint...angkut sj.
Pernah smpt pegang bbrp seri pug dulu.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
- Location: Everywhere
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
pernah baca di forum luar, katanya matic al4 ga tahan udara tropis jadi pasti trouble, lbh baik ambil yg manual.
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
wah terima kasih om-om atas masukannya, kalo body part sperti karet2 masih banyak kah yg jual? soalnya pernah naik pug 206 karet dan plastik2 interior udah banyak yg pecah dan retak.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
307 ada apaan om emangnya? Penasaran soalnya murah bgt sekarang n modelnya funky..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2585
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
emang ga lebih tahan drpd matic eropa german, tp pengalaman oke oke aja, paling masuk limp mode haha.
ambil pug manual, kaki gempor betis cepet gede
masih, ke jayapura motor fatmawati banyak.
oia EW10, udah lama ga main pug, pgn bgt punya 508. sy juga sempet megang 405 sri sti 306 n5 dan 406 d9
iya 307 keatas kurang greget. suspensi lebih keras, build quality nya biasa aja. ga ada spesial2nya. kalo 307sw mendinglah, lucu, ada panoramic, velg ga ada center borennya jd ga bisa balancing ban normal, harus finish balance langsung. 307 menariknya di diesel hdi juga, baik sw non sw. irit.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
- Location: Everywhere
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
406 D9 AL4, tapi yg D8 klo ga salah masih ZF maticnya *cmiiw*...mgkin lbh mending yg ZF ya hehehe....
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Spt bbrp minus yg sdh dsbt om fariz diatas, dr yg sy alami pk 307sw 2.0 AT, 307 1.6 MT n AT (adik pk)
*electrical rd ringkih (mbl kdg tdk bs strater)
*transmisi stlh jln bbrp km 80k an (yg 307 hb) mulai bermaslah. Yg SW sampe trakhir lepas di 104k aman (ngga tau sy tranny sama/tdk dg HB
*overveat ato temp sk lari diatas 90" lbh tiba"
*bbrp detail cabin tdk se solid pug sblmnya.
Dr pug ini sy hijrah k renault pk clio n megane hb, utk build quality mirip" mrk, cm klo ada dana lbh sy saranin jerman aje....lbh solid mbl na. Ngga tau utk pug/renault yg kluaran terbaru skrg, sdh improved/blm
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Sy misik enjoy pake Pug 306 keluaran 1999 sejak 2010 sampe hari ini. Dan suda diobrak abrik mesinnya, terakhir Maret 2017 mencatat : 174,5 hp / 227,5 nm
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Mar 06, 2015 11:58
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
406 kalo dibanding 408 masih empuk jauh? 408 2012 bekas dah 150jt. Jadi tertarik pengen nyoba pug
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39