Page 28 of 36

Re: Pilih-pilih Ban Sedan

Posted: Tue Dec 02, 2014 18:26
by scrappy
bapak-bapak maaf numpang menanyakan..kalau berniat dengan ban adrenaline re002 kira-kira daerah jakarta yang recomended harganya dimana ya pak ?

Satu hal lagi pak kan saya mau pasang ke 17x9 apakah adrenaline termasuk sifat ban ngotak ? mau saya pakaikan 225/45/17 secara teori sih ini ban akan narik, tapi kalau ban nya tipe nya ngotak maka akan tidak terlihat seperti menarik.

Terima Kasih

Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 8:04
by civic2010
Dear All,

hmm menurut sales BMW 320i 2014 menggunakan ban yg terbuat dari serbuk baja, mohon info dari suhu di sini.. apakah benar? .. kalau YA.. hmm mahal ya harga nya.. :(

mohon pencerahan nya..

thanks

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 8:09
by Ald2001
Bannya RFT..mahal om bannya. Dlu ane E90 mo gnt ban nanya2 si 3 jutaan ya CMIIW. Yg skrng bwat F30 tipenya gatau sama apa beda. Gatau skrng brp harganya, Tp yg jelas ban RFT pasti lebih mahal jauh dibanding ban biasa. Mending ganti ban biasa om. Bantingan lebih empuk :mky_04:

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 8:14
by civic2010
tapi bener ya .. ban spt itu terbuat dari serat baja?.. dan BMW 320i menggunakan ban tsb.. :-)
dan apa bener ban spt itu anti bocor ? anti paku ? .. baru tau saya :)

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 8:45
by Ald2001
Teknis ban terbuat dr apa dan kenapa bs jalan pas udah kempes saya kurang tau om. Yg pasti kalo robek atau kempes ban ini masi bs jalan ampe 100an km. Tp tergantung mrk RFTnya si. Soalnya emang ga seragam speknya antar merk..
Oh iya ane denger terakir si ni RFT ga bisa ditambel CMIIW

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 9:00
by civic2010
wow kalo gak bisa ditambel..repot dong ya.. kalo bener2 paku nancep .. :( ..
mungkin ada yg udah pernah pake ban ini.. ??

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 9:42
by amfibi
Benci banget ban RFT ini... Bikin suspensi seempuk apa juga jadi sekeras beton cor... Udah mahal lagi sebiji 3 jeteng...

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 11:14
by ChZ
BMW semua lineupnya udah pake er ep ti alias RFT (Run Flat Tyres), karena ngejer distribusi bobot 50:50 jadi BMW menganggap ban serep adalah beban yang harus disingkirkan.... :ngacir:

soal komposisi materialnya kurang tahu oom...

IMO kalo khawatir gak bisa ditambal dan harga perbijinya mahal sih saran ane ya cuma 1 : ganti ban, lalu RFTnya disimpen :mrgreen: yang jelas banyak keuntungannya kalo ganti ban : bisa ditambel, bantingan lebih empuk, dan lebih silent.... kalo di F30 ya menurut ane mungkin yang cocok ban sekelas Continental.... hehehe :mrgreen:

tapi AFAIK untuk yang baru-baru ini RFT ini terhubung ke iDrive oom.... mungkin setelah diganti dengan non-RFT perlu kalibrasi ulang.... monggo para pakar BMW yang lain mungkin bisa menjelaskan....

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 12:08
by amfibi
Alah, E36 or E46 yg ban nya biasa plus serep aja bisa kecapai kok 50:50 :mky_03:

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 12:23
by DOHC
amfibi wrote:Alah, E36 or E46 yg ban nya biasa plus serep aja bisa kecapai kok 50:50 :mky_03:
mungkin mxd nya biar pake RFT shg ga perlu dikasi ban serep yg sedikit banyak malah menambah beban bok0ng tuh mobil mods...

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 13:15
by amfibi
DOHC wrote:
amfibi wrote:Alah, E36 or E46 yg ban nya biasa plus serep aja bisa kecapai kok 50:50 :mky_03:
mungkin mxd nya biar pake RFT shg ga perlu dikasi ban serep yg sedikit banyak malah menambah beban bok0ng tuh mobil mods...
Iya sih om... Tapi tetep aja amsyong sekali bocor harga bannya mahal juta rupiah, jg ride qualitynya rusak total...
Paling kerasa sih di RFT gen awal kayak di X5 gen1 (E53), E60, ato E90... Ntuh mobil bantingannya JDUAK gara2 tuh ban sialan :big_childish:

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 13:21
by ChZ
DOHC wrote:
amfibi wrote:Alah, E36 or E46 yg ban nya biasa plus serep aja bisa kecapai kok 50:50 :mky_03:
mungkin mxd nya biar pake RFT shg ga perlu dikasi ban serep yg sedikit banyak malah menambah beban bok0ng tuh mobil mods...
Namanya engineering makin kesini makin advanced, mungkin mereka belajar dari era E36 dan E46, yang akhirnya mereka ended up on conclusion : ban serep adalah excess weight yang nggak diperlukan. akhirnya dikembangkan teknologi RFT biar mereka nggak perlu susah-susah kompromi ama ban serepnya....

parah mana ama Mazda, MX-5 nggak dikasih RFT tapi nggak dikasih ban serep.... cuma dikasih tyre inflator kit.... alesannya sama : ngejar 50:50.

ya masalahnya kita tinggal di Indonesia dimana tukang tebar ranjau paku banyak sebagai modus tukang tambal ban cari kastemer, dan kondisi jalanan enggak rata. Tapi sepengalaman ane dengan RFT di F30 dan F10, road noise aja yang mengganggu. Masih lebih berisik ban standar CR-V lah. Bantingannya tetep enak. Ya once again : engineering speaks for itself, makin kesini makin canggih pastinya.

Nah untungnya pemilik BeeMWe pasti isinya orang-orang berduit, jadi buat mereka ganti ban ke non-RFT nggak masalah :mrgreen:

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 13:38
by Ald2001
IMO pabrikan2 eropa kadang masi pertahanin idealismenya untuk produksi mbl yg terbaik menurut pandangan mereka. Jadinya ya kadang ga sesuai pasar dimana mbl itu dijual. RFT kalo dipake di eropa ya mungkin oke2 aja. Toh jalanan disana relatif jauh lebih mulus dibanding disini. Kalo disini ya RFT lebih banyak ruginya drpd untungnya. Yg jelas ride comfort aja jd menurun drastis krn pothole dimana2 :mky_04:

Sebenernya ngejar 50:50 dengan ngilangin ban serep rada ga masuk akal sih. Toh dari berat penumpang yg bervariasi kadang bisa 1 orng doank kadang bs 4 orng aja uda ga mungkin kecapai itu 50:50 Setiap saat..berat ban serep lagian brp kilo si? :mky_03:

Ane dlu E90 jg Pas ban RFT uda abis gantinya ke ban biasa. Ride comfort naek lumayan signifikan. Trus jg ya make di ibukota doank ga peduli jg lah kalo kempes..tukang ban pinggir jalan bisa ngakalin..ga perlu sakit ati keluar duit 3 juta gara2 ban kempes :wkkk:

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 13:46
by ChZ
Ald2001 wrote:IMO pabrikan2 eropa kadang masi pertahanin idealismenya untuk produksi mbl yg terbaik menurut pandangan mereka. Jadinya ya kadang ga sesuai pasar dimana mbl itu dijual. RFT kalo dipake di eropa ya mungkin oke2 aja. Toh jalanan disana relatif jauh lebih mulus dibanding disini. Kalo disini ya RFT lebih banyak ruginya drpd untungnya. Yg jelas ride comfort aja jd menurun drastis krn pothole dimana2 :mky_04:

Sebenernya ngejar 50:50 dengan ngilangin ban serep rada ga masuk akal sih. Toh dari berat penumpang yg bervariasi kadang bisa 1 orng doank kadang bs 4 orng aja uda ga mungkin kecapai itu 50:50 Setiap saat..berat ban serep lagian brp kilo si? :mky_03:
AFAIK, weight distribution 50:50 itu setau ane diraih dengan cara meletakkan mesin di belakang axle roda depan dan menggunakan penggerak RWD (makanya BMW keukeuh pake RWD even di Hatchback macem seri-1). Sehingga bertambahnya jumlah penumpang nggak mengacaukan distribusi bobotnya. Ruang penumpang sengaja diletakkan di tengah-tengah. Semua ada hitungannya kok oom, hehehe...

Sedangkan ban serep selalu diletakkan kalo nggak di kolong ya di dalem bagasi kan? Otomatis dengan posisi di belakang axle roda belakang, center of gravitynya bisa berubah...

Untuk roadster seperti MX-5, mereka cukup jenius dengan mekanisme pelipatan atap di kompartemen khusus di antara ruang penumpang dan bagasi alias tepat di rear wheel axle sehingga distribusi bobotnya nggak terganggu pada saat roof open seperti SLK atau roadster yang rata-rata atapnya disimpan di bagasi

sekali lagi AFAIK dan CMIIW.... semua nggak lebih dari teori sotoy ane... mungkin master yang lain bisa jelaskan.

AFAIK lagi, Mercedes juga setau ane udah mulai pake RFT di beberapa lineup.... Germans tuh sangat terobsesi dengan kesempurnaan engineering mereka....

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 13:51
by amfibi
Sampe saat ini masih sedikit pabrikan yg pake RFT... Yah berarti memang nggak menarik & enak ini ban buat dipake :mky_03:

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 14:00
by Ald2001
ChZ wrote:
AFAIK, weight distribution 50:50 itu setau ane diraih dengan cara meletakkan mesin di belakang axle roda depan dan menggunakan penggerak RWD (makanya BMW keukeuh pake RWD even di Hatchback macem seri-1). Sehingga bertambahnya jumlah penumpang nggak mengacaukan distribusi bobotnya. Ruang penumpang sengaja diletakkan di tengah-tengah. Semua ada hitungannya kok oom, hehehe...

Sedangkan ban serep selalu diletakkan kalo nggak di kolong ya di dalem bagasi kan? Otomatis dengan posisi di belakang axle roda belakang, center of gravitynya bisa berubah...

Untuk roadster seperti MX-5, mereka cukup jenius dengan mekanisme pelipatan atap di kompartemen khusus di antara ruang penumpang dan bagasi alias tepat di rear wheel axle sehingga distribusi bobotnya nggak terganggu pada saat roof open seperti SLK atau roadster yang rata-rata atapnya disimpan di bagasi

sekali lagi AFAIK dan CMIIW.... semua nggak lebih dari teori sotoy ane... mungkin master yang lain bisa jelaskan.

AFAIK lagi, Mercedes juga setau ane udah mulai pake RFT di beberapa lineup.... Germans tuh sangat terobsesi dengan kesempurnaan engineering mereka....
Oohh gtu toh..pantes daily driver oneng kaya saya ya ga ngerasa mo mobil pas bawa sendiri, mo full penumpang jg handling rasanya sama2 aja. Cuma jd lemot dodol aja mobilnya..

Thanks infonya bro :mky_01:

Setuju, emang pabrikan eropa terlalu terobsesi ngejar kesempurnaan engineering mereka. Makanya kadang kaku bwat adaptasi ama pasar yg mereka tuju...contohnya ya ban RFT ini. Dlu kalo ane dikasi option beli ban RFT dengan ride comfort busuk atau dpt ban cadangan dengan resiko distribusi berat ga lg 50:50 si ane prefer ban cadangan :mky_01: IMO sekedar pendapat bodoh ane sih... :big_peace:

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 14:05
by ChZ
Ald2001 wrote: Oohh gtu toh..pantes daily driver oneng kaya saya ya ga ngerasa mo mobil pas bawa sendiri, mo full penumpang jg handling rasanya sama2 aja. Cuma jd lemot dodol aja mobilnya..

Thanks infonya bro :mky_01:

Setuju, emang pabrikan eropa terlalu terobsesi ngejar kesempurnaan engineering mereka. Makanya kadang kaku bwat adaptasi ama pasar yg mereka tuju...contohnya ya ban RFT ini. Dlu kalo ane dikasi option beli ban RFT dengan ride comfort busuk atau dpt ban cadangan dengan resiko distribusi berat ga lg 50:50 si ane prefer ban cadangan :mky_01: IMO sekedar pendapat bodoh ane sih... :big_peace:
Perubahan handling tu paling kerasa waktu full-loaded oom terutama di mobil jepangan dan Front-wheel drive.

Sebetulnya ane percaya BMW mau se-sempurna apapun weight distributionnya kalo tu baris kedua dipenuhin 4-5 orang juga pasti berantakan handlingnya oom... wong dirancang buat 3 orang maksimal... :mrgreen: namanya engineering ga lepas dari asumsi pastinya. dan asumsi mereka pasti 3 orang Jerman bobot rata-rata.

Awak kalo ada duit sendiri dan rejeki buat bungkus Europeans udah pasti bungkus BMW.... yang awak naksir tu E90 325i M-Edition.... dan pasti ganti tu ban RFT juga oom dengan ban sekelas Conti plus sediain velg kaleng + ban jelek buat serep, lebih practical buat di Indonesia. Walaupun sedikit mengorbankan kapasitas bagasi pastinya.

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 14:08
by ricz
ChZ wrote:
Ald2001 wrote: Oohh gtu toh..pantes daily driver oneng kaya saya ya ga ngerasa mo mobil pas bawa sendiri, mo full penumpang jg handling rasanya sama2 aja. Cuma jd lemot dodol aja mobilnya..

Thanks infonya bro :mky_01:

Setuju, emang pabrikan eropa terlalu terobsesi ngejar kesempurnaan engineering mereka. Makanya kadang kaku bwat adaptasi ama pasar yg mereka tuju...contohnya ya ban RFT ini. Dlu kalo ane dikasi option beli ban RFT dengan ride comfort busuk atau dpt ban cadangan dengan resiko distribusi berat ga lg 50:50 si ane prefer ban cadangan :mky_01: IMO sekedar pendapat bodoh ane sih... :big_peace:
Perubahan handling tu paling kerasa waktu full-loaded oom terutama di mobil jepangan. Sebetulnya ane percaya BMW mau se-sempurna apapun weight distributionnya kalo tu baris kedua dipenuhin 4-5 orang juga pasti berantakan handlingnya oom... wong dirancang buat 3 orang maksimal... :mrgreen:

Awak kalo ada duit sendiri dan rejeki buat bungkus Europeans udah pasti bungkus BMW.... yang awak naksir tu E90 325i M-Edition.... dan pasti ganti tu ban RFT juga oom dengan ban sekelas Conti plus sediain velg kaleng + ban jelek buat serep, bukan apa-apa, lebih practical buat di Indonesia. Walaupun sedikit mengorbankan kapasitas bagasi pastinya.
Nah setuju bro...

Gw pun masa bodoh lah ama distribusi 50-50, toh tambahan ban serep kecil gt ga berubah amat kan distribusi bobotnya....

Yg penting practical bwt pemakaian sehari hari...jd tire inflator kit / spare tyre is a must...

Imho


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 14:37
by walid_007
Siapa yg bilang seperti cor?

Ban rft sekarang diklaim bmw lebih nyaman ( dan kenyataan di f10 dan f30 ) ditamabah adative damping (kecuali 320d) rasanya mobil bmw sekarang udah sangat enak.. suara "katanya" berisik .. padahal ane coba sendiri di jalanan paving lebih hening dari camry

Ya 3 juta itu relatif...tergantung tipe org nya

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 14:42
by walid_007
Dan berita baik nya ketika diganti dengan ban biasa yg nyaman .. bmw yg baru2 ini sangat nyaman dan enak..

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 14:48
by amfibi
walid_007 wrote:Siapa yg bilang seperti cor?

Ban rft sekarang diklaim bmw lebih nyaman ( dan kenyataan di f10 dan f30 ) ditamabah adative damping (kecuali 320d) rasanya mobil bmw sekarang udah sangat enak.. suara "katanya" berisik .. padahal ane coba sendiri di jalanan paving lebih hening dari camry

Ya 3 juta itu relatif...tergantung tipe org nya
Ya itu dulu di RFT era awal kyk E60 E90 E53 dsb...
Sekarang mungkin ane rasa suspensinya yg membantu bantingannya jd enak, bannya mah tetep terasa kaya beton...

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 15:13
by 808BB
Kata siapa kayak cor sih
Malahan enak gue bilang, bantingan nya ga keras. Suara ban nya juga ga terlalu lah

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 15:31
by POS VETT
Hampir semua ban radial jaman sekarang pakai serat baja.

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 15:39
by ChZ
808BB wrote:Kata siapa kayak cor sih
Malahan enak gue bilang, bantingan nya ga keras. Suara ban nya juga ga terlalu lah
pengguna 320d F30 angkat suara.... :mrgreen: review woi reviewwwww :ngacir: :ngacir:

gw ngerasain di F10 520i, F30 320i, F25 X3 20d, kagak terlalu kayak cor juga ah... berisiknya masi lebih senyap dari sedan jepangan macem New Accord atau New Camry... :mrgreen: padahal gw coba di paving yang pastinya berisik.

setuju dengan oom walid... BMW baru pake RFT aja dah nyaman, apalagi dikasih ban sekelas Continental sih dijamin senyap dan nyamannya...

Re: Ban BMW 320i

Posted: Tue Jan 20, 2015 15:51
by 808BB
ChZ wrote:
808BB wrote:Kata siapa kayak cor sih
Malahan enak gue bilang, bantingan nya ga keras. Suara ban nya juga ga terlalu lah
pengguna 320d F30 angkat suara.... :mrgreen: review woi reviewwwww :ngacir: :ngacir:

gw ngerasain di F10 520i, F30 320i, F25 X3 20d, kagak terlalu kayak cor juga ah... berisiknya masi lebih senyap dari sedan jepangan macem New Accord atau New Camry... :mrgreen: padahal gw coba di paving yang pastinya berisik.

setuju dengan oom walid... BMW baru pake RFT aja dah nyaman, apalagi dikasih ban sekelas Continental sih dijamin senyap dan nyamannya...
Ntaran ah, yang rx aja belom gue bikin bikin. Mau bikin long term review. Secara usia udah masuk, secara km nya ga masuk.

Kalo gue pribadi sih jujur aja lebih prefer merek jepang deh buat ban. *punya pengalaman buruk sama pirelli p zero (ga make nero) yang akhir nganggur di gudang satu set.
Sekarang lebih prefer kalo ga bridgestone atau toyo