Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

sevenking
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 02 Feb 2017, 06:58

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by sevenking » 02 Feb 2017, 07:10

Morning agan agan ..
numpang nimbrung nih..mobil saya sepertinya punya masalah yang sama..saat dingin susah gerak di posisi D tapi posisi R lancar saja..
mohon pencerahannya yah...toyota camry 2004 type 2.4G :big_smile]

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16654
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Turboman » 02 Feb 2017, 19:32

sevenking wrote:Morning agan agan ..
numpang nimbrung nih..mobil saya sepertinya punya masalah yang sama..saat dingin susah gerak di posisi D tapi posisi R lancar saja..
mohon pencerahannya yah...toyota camry 2004 type 2.4G :big_smile]
ATF terakhir ganti kapan ?

pakai ATF apa

cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 04 Nov 2016, 00:51

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by cursQ » 02 Feb 2017, 20:47

taruh di D lgs jalan itu salah satu pertanda matic sehat bukan sih om2?

Dodypriy
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 11 Mar 2017, 17:41
Location: Indonesia
Daily Vehicle: NissanLatio

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Dodypriy » 11 Mar 2017, 17:53

Hy Master master, salam kenal pendatang baru...


Liat topik yg dibicarakan sama dengan yang saya rsain sekarang, oiya mobil saya Nissan Latio.

Saat awal start ga bisa masuk D, harus 1 trus 2 baru kalau udah lama D-nya bisa jalan.

Ane bongkar sama mekanik langganan freelance udah di flush ganti Oli matic, filter udah dibersihin eh masih kaya kondisi yg lama... Mekanik ane sih bilangnya body valve pumpnya diganti aja, waduh masa sih ya?

Kira2 ada yg punya pengalaman yg sama ga? Sebelum ganti body valve pump sebaiknya step apa dulu ya?


Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih....

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16654
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Turboman » 11 Mar 2017, 22:53

Dodypriy wrote:Hy Master master, salam kenal pendatang baru...


Liat topik yg dibicarakan sama dengan yang saya rsain sekarang, oiya mobil saya Nissan Latio.

Saat awal start ga bisa masuk D, harus 1 trus 2 baru kalau udah lama D-nya bisa jalan.

Ane bongkar sama mekanik langganan freelance udah di flush ganti Oli matic, filter udah dibersihin eh masih kaya kondisi yg lama... Mekanik ane sih bilangnya body valve pumpnya diganti aja, waduh masa sih ya?

Kira2 ada yg punya pengalaman yg sama ga? Sebelum ganti body valve pump sebaiknya step apa dulu ya?


Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih....
cek type maticnya

buka web sonnax

cari type matic yg sama

mrk ada panduan diagnostic nya

dhianikaea
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 22 Dec 2017, 20:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Car

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by dhianikaea » 22 Dec 2017, 20:38

Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?

sportplus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 14 May 2016, 16:03

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by sportplus » 22 Dec 2017, 21:36

dhianikaea wrote:Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?
Up.. matic toyota kluger sohib sy juga ngalamin gejala yg sama. Nunggu mesin panas baru bisa masuk D.

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1607
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by jivos » 22 Dec 2017, 21:57

Xixixi....Biasa ngecek trany sehat/tdk, baik saat cold starter atopun dah panas

Saat tuas di pindahkan dr p ke r/d
Dia sdh hrs engaged ngga lbh dr 2 detik & tdk dbarengi sentakan.

Klo ngga spt diatas, transmisi dah tanda" minta di overhaoul. Ganti/kuras...ngga bikin tranny jd balik sehat/normal (spanjang spec oli sdh sesuai)
tinggal tunggu waktunya sj biasanya sih. :mky_01:
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

vieto
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Apr 2018, 11:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by vieto » 04 Apr 2018, 11:53

Mobil saya Grand Livina AT 2008 juga sama, baru seminggu terakhir ini jika tuas pindah ke posisi D dari P-R-N saat sedang dingin tidak langsung maju, tunggu sekitar 5 detik baru maju tanpa di gas dengan sedikit hentakan dan selanjutnya jalan normal. Kalau tuas ke posisi 2 atau 1 dari P-R-N-D sih bisa langsung jalan, meskipun kondisinya dingin. Dari thread ini saya belum dapat info apakah solusi ganti ATF bisa mengatasi masalah ini? Soalnya memang kilometer sudah mencapai 110Km dan selama 10 tahun ini belum pernah ganti ATF. Apakah bisa share pengalaman dari rekan2, terutama yang pernah posting dengan permasalahan seperti diatas? Terima kasih.

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2816
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by ginting » 04 Apr 2018, 12:44

vieto wrote:
04 Apr 2018, 11:53
Mobil saya Grand Livina AT 2008 juga sama, baru seminggu terakhir ini jika tuas pindah ke posisi D dari P-R-N saat sedang dingin tidak langsung maju, tunggu sekitar 5 detik baru maju tanpa di gas dengan sedikit hentakan dan selanjutnya jalan normal. Kalau tuas ke posisi 2 atau 1 dari P-R-N-D sih bisa langsung jalan, meskipun kondisinya dingin. Dari thread ini saya belum dapat info apakah solusi ganti ATF bisa mengatasi masalah ini? Soalnya memang kilometer sudah mencapai 110Km dan selama 10 tahun ini belum pernah ganti ATF. Apakah bisa share pengalaman dari rekan2, terutama yang pernah posting dengan permasalahan seperti diatas? Terima kasih.
saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya

vieto
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Apr 2018, 11:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by vieto » 06 Apr 2018, 15:59

ginting wrote:
04 Apr 2018, 12:44

saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by daftar » 06 Apr 2018, 16:36

10 tahun ga pernah ganti ATF :mky_04:
:ngacir:

vieto
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Apr 2018, 11:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by vieto » 09 Apr 2018, 09:51

daftar wrote:
06 Apr 2018, 16:36
10 tahun ga pernah ganti ATF :mky_04:
Yoi om...maklum lom tau kalau 110rb km itu di buku manual itu batas maksimal... sekarang baru tahu dan langsung tobat...untung gejalanya gak langsung parah jadi rencana ini mo oh..

vieto
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Apr 2018, 11:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by vieto » 09 Apr 2018, 09:56

vieto wrote:
06 Apr 2018, 15:59
ginting wrote:
04 Apr 2018, 12:44

saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16654
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Turboman » 16 Apr 2018, 06:24

dhianikaea wrote:Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?
Selama ini ganti / kuras ATF brp puluh ribu / brp tahun sekali ?

ATF nya asli or acdc ?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16654
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Turboman » 16 Apr 2018, 06:25

sportplus wrote:
dhianikaea wrote:Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?
Up.. matic toyota kluger sohib sy juga ngalamin gejala yg sama. Nunggu mesin panas baru bisa masuk D.
kuras ATF brp puluh ribu km / brp tahun sekali ?

ATF asli or acdc?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16654
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Turboman » 16 Apr 2018, 06:27

vieto wrote:
vieto wrote:
06 Apr 2018, 15:59
ginting wrote:
04 Apr 2018, 12:44

saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx
udah coba kasi obat flush matic ?

Buka oil pan dan bersihkan filter ATF / oil strainer ?

Anant
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 16 Apr 2017, 06:19

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Anant » 21 Apr 2018, 16:34

vieto wrote:
09 Apr 2018, 09:56
vieto wrote:
06 Apr 2018, 15:59
ginting wrote:
04 Apr 2018, 12:44

saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx
Gimana jadinya om? Jadi ke worner? Apakah penyakitnya sembuh? Saya mengalami hal yang sama.

vieto
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Apr 2018, 11:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by vieto » 27 Apr 2018, 08:40

Gimana jadinya om? Jadi ke worner? Apakah penyakitnya sembuh? Saya mengalami hal yang sama.
[/quote]

jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend

vieto
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Apr 2018, 11:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by vieto » 27 Apr 2018, 08:47

Turboman wrote:
16 Apr 2018, 06:27
vieto wrote:
vieto wrote:
06 Apr 2018, 15:59


Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx
udah coba kasi obat flush matic ?

Buka oil pan dan bersihkan filter ATF / oil strainer ?
Gak kepikiran lagi utk obat flush matic dan bersihin filter atf om...takutnya keluar lagi biaya yg gak perlu kayak pas flushing, jadi ambil keputusan untuk langsung oh.. begicu om turboman. akhirnya ganti sealset, kanvas gigi 1 & R sama piston jg (?) dan skrg tarikan dah seperti baru lagi..

Anant
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 16 Apr 2017, 06:19

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Anant » 27 Apr 2018, 09:21

vieto wrote:
27 Apr 2018, 08:40

jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend
Jadi recommended ya om. Total biaya habis berapa om kalo boleh tahu. Kabarnya 5-7 jutaan ya?

vieto
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Apr 2018, 11:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by vieto » 27 Apr 2018, 10:34

Anant wrote:
27 Apr 2018, 09:21
vieto wrote:
27 Apr 2018, 08:40

jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend
Jadi recommended ya om. Total biaya habis berapa om kalo boleh tahu. Kabarnya 5-7 jutaan ya?
saya habis 7 jt kurang. diestimasi diberes 14Jtaan. ganti sealset, kanvas kopling maju & mundur (total 6 disc), piston sama rekondisi pompa dan valve body plus jasa.

Anant
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 16 Apr 2017, 06:19

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Anant » 27 Apr 2018, 11:19

vieto wrote:
27 Apr 2018, 10:34
Anant wrote:
27 Apr 2018, 09:21
vieto wrote:
27 Apr 2018, 08:40

jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend
Jadi recommended ya om. Total biaya habis berapa om kalo boleh tahu. Kabarnya 5-7 jutaan ya?
saya habis 7 jt kurang. diestimasi diberes 14Jtaan. ganti sealset, kanvas kopling maju & mundur (total 6 disc), piston sama rekondisi pompa dan valve body plus jasa.
Oke Om. Terima kasih atas informasinya.
Sepertinya perlu ke worner juga sebelum dibawa mudik lebaran nanti.

Helmias1225
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 12 Sep 2018, 01:55

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Helmias1225 » 12 Sep 2018, 02:08

[emo-mark-F] mobil saya Terios at thn 2007, pas jalan di tol bunyi ngingetin, tiba2 maticnya ga bisa jalan malau mesin meraung, tapi kalau saya berhenti matikan mesin terus saya nyalakan kembali beberapa meter. Saya teruskan begitu sampai akhirnya ke rumah, kita2 ada yg tau engga penyebab nya apa yah ?

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by josomba » 12 Sep 2018, 10:08

Helmias1225 wrote:
12 Sep 2018, 02:08
[emo-mark-F] mobil saya Terios at thn 2007, pas jalan di tol bunyi ngingetin, tiba2 maticnya ga bisa jalan malau mesin meraung, tapi kalau saya berhenti matikan mesin terus saya nyalakan kembali beberapa meter. Saya teruskan begitu sampai akhirnya ke rumah, kita2 ada yg tau engga penyebab nya apa yah ?
Kapan terakhir flushing oli matic?
Image
Image

Post Reply

Return to “Sedan Types”