Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

tigerweb
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 19 Sep 2018, 23:52
Location: Jaksel
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by tigerweb »

vieto wrote: 27 Apr 2018, 08:47
Turboman wrote: 16 Apr 2018, 06:27
vieto wrote:
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx
udah coba kasi obat flush matic ?

Buka oil pan dan bersihkan filter ATF / oil strainer ?
Gak kepikiran lagi utk obat flush matic dan bersihin filter atf om...takutnya keluar lagi biaya yg gak perlu kayak pas flushing, jadi ambil keputusan untuk langsung oh.. begicu om turboman. akhirnya ganti sealset, kanvas gigi 1 & R sama piston jg (?) dan skrg tarikan dah seperti baru lagi..
Wah kasusnya sama nih dengan mobil saya.. mobilnya juga sama.. minta sarannya dong OM bagusnya langsung OH atau coba kuras oli/ganti filter dulu ?
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 30 Dec 2012, 19:48

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Prast84 »

tigerweb wrote: 19 Sep 2018, 23:58
vieto wrote: 27 Apr 2018, 08:47
Turboman wrote: 16 Apr 2018, 06:27 udah coba kasi obat flush matic ?

Buka oil pan dan bersihkan filter ATF / oil strainer ?
Gak kepikiran lagi utk obat flush matic dan bersihin filter atf om...takutnya keluar lagi biaya yg gak perlu kayak pas flushing, jadi ambil keputusan untuk langsung oh.. begicu om turboman. akhirnya ganti sealset, kanvas gigi 1 & R sama piston jg (?) dan skrg tarikan dah seperti baru lagi..
Wah kasusnya sama nih dengan mobil saya.. mobilnya juga sama.. minta sarannya dong OM bagusnya langsung OH atau coba kuras oli/ganti filter dulu ?
kalo berani OH langsung daripada coba2 malah biaya double :mky_06:
pengalaman dulu gitu
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by ginting »

oom oom saya mau tanya dong..

kalau OH matic VXR land cruiser ada yg sdh pernah ?
brp biayanya ?
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by kevienwijaya »

ginting wrote: 20 Sep 2018, 12:28 oom oom saya mau tanya dong..

kalau OH matic VXR land cruiser ada yg sdh pernah ?
brp biayanya ?
Halo om,kebetulan saya dulu pernah om di VXR saya yang pertama,sempet OH karena dari perpindahan gigi ada jedug,setelah di turunkan info dari bengkel pemakaian oli yang salah (dari owner sebelum saya),radiator enggak ori (dari owner sebelum saya),dan kampasnya sudah saatnya ganti.
Saya lupa nominal kampasnya berapa om,secara keseluruhan untuk OH matic dan ganti kampas kalau tidak salah ingat sekitar 19jt om.
Terimakasih
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by kevienwijaya »

Prast84 wrote: 20 Sep 2018, 11:00
tigerweb wrote: 19 Sep 2018, 23:58
vieto wrote: 27 Apr 2018, 08:47

Gak kepikiran lagi utk obat flush matic dan bersihin filter atf om...takutnya keluar lagi biaya yg gak perlu kayak pas flushing, jadi ambil keputusan untuk langsung oh.. begicu om turboman. akhirnya ganti sealset, kanvas gigi 1 & R sama piston jg (?) dan skrg tarikan dah seperti baru lagi..
Wah kasusnya sama nih dengan mobil saya.. mobilnya juga sama.. minta sarannya dong OM bagusnya langsung OH atau coba kuras oli/ganti filter dulu ?
kalo berani OH langsung daripada coba2 malah biaya double :mky_06:
pengalaman dulu gitu
Misi agan-agan,ijin ikut menyimak ya. Dulu sempet 2 kali ada masalah kayak gt di Mercy saya,dan untungnya setelah di flush normal kembali. Selanjutnya toyota Crown klangenan ayah saya,sudah di flush tetapi tetep aja waktu pagi hari dimasukan ke D kagak mau langsung jalan,dimasukan R jg gitu kagak bisa langsung jalan. Ada saran dari temen sebenernya untuk ganti matic seglondong ex singapur,tetapi ada keraguan juga untuk ganti yang ex singapur,takutnya baru ganti beberapa bulan ntar ada kendala ini itu,karena saya jg kagak tahu ni pemakaian sebelumnya kayak gimana. hehe
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by ginting »

kevienwijaya wrote: 29 Sep 2018, 09:45
ginting wrote: 20 Sep 2018, 12:28 oom oom saya mau tanya dong..

kalau OH matic VXR land cruiser ada yg sdh pernah ?
brp biayanya ?
Halo om,kebetulan saya dulu pernah om di VXR saya yang pertama,sempet OH karena dari perpindahan gigi ada jedug,setelah di turunkan info dari bengkel pemakaian oli yang salah (dari owner sebelum saya),radiator enggak ori (dari owner sebelum saya),dan kampasnya sudah saatnya ganti.
Saya lupa nominal kampasnya berapa om,secara keseluruhan untuk OH matic dan ganti kampas kalau tidak salah ingat sekitar 19jt om.
Terimakasih
Terima kasih oom kevien, atas masukannya.
Kalau cuma 19 juta sih hitungannya gak mahal lah..
gak murah juga sih, tapi gak sampe seharga Yaris (gossipnya)
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by kevienwijaya »

ginting wrote: 01 Oct 2018, 13:01
kevienwijaya wrote: 29 Sep 2018, 09:45
ginting wrote: 20 Sep 2018, 12:28 oom oom saya mau tanya dong..

kalau OH matic VXR land cruiser ada yg sdh pernah ?
brp biayanya ?
Halo om,kebetulan saya dulu pernah om di VXR saya yang pertama,sempet OH karena dari perpindahan gigi ada jedug,setelah di turunkan info dari bengkel pemakaian oli yang salah (dari owner sebelum saya),radiator enggak ori (dari owner sebelum saya),dan kampasnya sudah saatnya ganti.
Saya lupa nominal kampasnya berapa om,secara keseluruhan untuk OH matic dan ganti kampas kalau tidak salah ingat sekitar 19jt om.
Terimakasih
Terima kasih oom kevien, atas masukannya.
Kalau cuma 19 juta sih hitungannya gak mahal lah..
gak murah juga sih, tapi gak sampe seharga Yaris (gossipnya)
Siap om.. Hehe.. saya masih muda om,panggil aja kevien..
Kalau suruh ngerogoh kocek seharga yaris mendingan beli ex singapur om,denger2 dari temen harganya almost 40. Kalaupun yg ex singapur bermasalah lumayan bisa di buat kanibalan om.. Hehehe
Hadicom12
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 05 Dec 2018, 09:49

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Hadicom12 »

:mky_01:

Saya sudah baca satu persatu dari atas ampe akhir.
Kebetulan problemnya sama dengan grand livina saya 2008. Saat dingin gigi D ga bisa jalan, pindah gigi 2 ga jalan juga, pindah gigi 1 atau R baru bisa jalan.

Kalau di diemin dan di gas gas supaya panas juga ga ngaruh, jadi harus bawa jalan. Gigi 1 jarak 100 meter akan ngehentak tanda gigi 2 normal kembali. Kalau gigi dua normal gigi D juga akan normal walau kadang menunggu beberapa meter lagi. Setelah semuanya normal mau jalan naik turun gunung ratusan KM ga ada masalah, terbukti dengan beberapa kali saya bawa pulkam ke jawa yg memakan waktu di atas 10jam udah gitu naik turun bukit berbatu lagi.

Terpaksa juga sih... Gaji ga seberapa gaya gayaan maksa beli mobil. Walau kedodoran nyicil selama 4 tahun lamanya. Ya manusia biasa lah wajarnya sih kan..
punya ambisi dan keinginan. Kalau ga gitu mungkin saya ga punya mobil yg udah di tangan 5 tahun sampai hari ini.

Entah lah... Problemnya apa... Kasusnya udah hampir dua tahun terakhir.
Pernah telp bengkel lebih baik kasusnya demikian dari pada ngelos sama sekali. Kata dia kemungkinan solenoid nya tersumbat atau spring buka tutup hydraulicnya terganggu, coba saja di cek.
Begitu katanya...
Tapi sudah setengah tahun ge masih terbiar begitu saja, mau balik nama dulu biar pajeknya kebayar. Baru nanti panggil pomen.

Nanti aku update hasilnya seperti apa.

O iya... Sekalian nambah...
Kebiasaan buruk saya yg jangan pernah di tiru.
Saya paling males bayar pajak alesannya KTP pinjem ga enak lah segan lah atau apalah...
Tau ga... Saya harus jungkir balik utk sekedar balik nama dan bayar pajak. Bukan ngurunya yg jungkir balik tapi bayarnye... 18juta bro 4 tahun jakarta ke bogor. Bolak balik ga jadi2 akhirnya calo jg jadi pilihan terakhir.
Jadi... Jangan tunda pajak...
Walau razia jarang kena... Tapi pegel juga bayarnya.

Trus... Soal oli...
Saya juga paling males ganti oli kalau belum KM nya habis... Memang ga papa sih kata bengkel yg penting rajin cek takut kurang bahaya buat mesin. Motor saya sudah dua kali jebol gara2 males cek oli.
Alhamdulilah livina saya tidak... Ya jangan lah...
Mending rajin ganti atau kurangi pemakaian.

Selanjutnya soal body...
Saya palinh males nguci ke steam seringnya lagi kalau mau cuci sendiri. Jangan lakukan itu.
Sekali sebulan minimal cucilah fi steam hydraulic maksudnya adalah supaya celah2 bawah body dan kaki kaki tersemprot dengan baik dan bersih karena menyebabkan karat yg akan fatal akibatnya bahkan akan sering merusak shock absorber karena kotoran yg banyak.
Trus soal body juga rajinlah menggosok bila baret halus dan cat segera bila penyok atau gergores. Karena kalu di tumpuk... Ada istilah dikit dikit juga jadi bukit. Betul itu...
Pada akhirnya saya harus atau di anjurkan cat full body karena hampir semua body ga karu karuan selama 5 tahun. Biayanya 15juta di beres nissan bro...
Bukan apa... Cat ulang mengurangi nilai jual lho... Kasusnya sama dengan daihatsu ceria yg saya jual waktu itu.

Apalagi ya...
O iya...
Segeralah bawa ke tukang jok dan balut jok asli dengan imitasi. Modal hanya 600 ribu tapi nilainya akan sesuai saat mau jual nanti. Sepele tapi ini penting sekali.

Okalh... Jadi panjang lebar ga punya solusi dengan masalah yg di isukan.
Ya paling tidak menambah pengetahuan temen semua karena ini pengalaman saya menabung penyakit di mobil yg hasilnya malah menggerogoti kantong kita.

Ok bro dan agan agan
Salam kenal...
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by pernahmiskin »

Mobil ibarat perasaan istri ini, kalau ga di rawat akan tersakiti....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
rotary
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 13 Feb 2016, 18:09
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: scooter

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by rotary »

Malam semua, saya mau nanya juga, saya baru dapet camry 3000 tahun 2002 km 114 ribu , problemnya adalah, ketika dingin, maticnya cuma mau masuk ke R aja, kalau ke D ke posisi D nya ga masalah, tapi mobil ga jalan, mesti di gas sampe rpm 4000, nyentak baru mau masuk ke gigi majunya, selama mesin dingin, selama posisi transmisi di D terus, tidak akan ad masalah, tapi kalau mesin sudah pas di tengah temperaturnya, mau dipindah pindah ke n atau r ga masalah transmisinya, seperti normal aja
Kebeneran saya baru flushing tadi siang, pake olinya aisin afw+, kalo kata mekaniknya sih, kotornya udh lumayan parah, setelah kuras mungkin baru kerasa normal 200-300km pemakaian mobil
Yang mau saya tanyakan, apakah saya perlu OH maticnya? Atau bawa dulu sampe 200-300 km lagi(wait and see)
Yogi83
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 10 May 2017, 20:06

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Post by Yogi83 »

rotary wrote: 23 Dec 2018, 02:15 Malam semua, saya mau nanya juga, saya baru dapet camry 3000 tahun 2002 km 114 ribu , problemnya adalah, ketika dingin, maticnya cuma mau masuk ke R aja, kalau ke D ke posisi D nya ga masalah, tapi mobil ga jalan, mesti di gas sampe rpm 4000, nyentak baru mau masuk ke gigi majunya, selama mesin dingin, selama posisi transmisi di D terus, tidak akan ad masalah, tapi kalau mesin sudah pas di tengah temperaturnya, mau dipindah pindah ke n atau r ga masalah transmisinya, seperti normal aja
Kebeneran saya baru flushing tadi siang, pake olinya aisin afw+, kalo kata mekaniknya sih, kotornya udh lumayan parah, setelah kuras mungkin baru kerasa normal 200-300km pemakaian mobil
Yang mau saya tanyakan, apakah saya perlu OH maticnya? Atau bawa dulu sampe 200-300 km lagi(wait and see)
Berarti seal piston udah bocor gan jadi tekanan oli rendah dan mungkin ditambah kopling udah aus juga jadi ga bisa engage, nunggu panas dulu biar memuai dan sealing nya dapet atau ya kaya kejadian ente gan musti di gas dulu biar tekanan nya cukup. Kayanya emang harus di OH itu
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post