Perawatan BMW 3-series E90

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

RoastDuck
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Sep 26, 2010 6:26

Perawatan BMW 3-series E90

Post by RoastDuck »

Hallo,
Salam kenal semua, first post nih baru join.
Mau numpang tanya2 soal BMW nih. Gw lg rencana pengen beli 3-series E90 (model 2006 - skrg) yg second cuma lagi cari2 info terutama ttg perawatannya jadi butuh informasi dari kalian2 yg pernah punya E90.

1. Di E90 masalahnya apa aja yg suka muncul? Terutama yg gw concern adalah masalah2 yg serius (yg betulinnya mahal) dan yg hubungannya sama mesin (yg bisa resiko jebol), kaki2 jg krn bisa mayan mahal repairnya.
Tolong share donk masalah2 apa aja yg pernah muncul di E90 kalian. Udah cari2 info di forum dan google utk kasus2 dgn E90 di Indonesia tapi ga nemu. Dari forum2 di luar negri sih ada bbrp masalah yg sptnya cukup serius spt injector failure, fuel pump, waterpump/thermostat, DSC, steering column...
Pengen tau pengalaman temen2 di Indonesia gimana dgn E90 dan masalah2 yg pernah muncul.

2. Secara umum gimana perawatan E90 dibandingkan dgn E46? Apakah part2nya (OEM) sudah byk tersedia dan apakah sudah byk bengkel2 specialist yg bisa handle E90? Kalo harus rutin ke bengkel resmi bisa bengkak biaya perawatannya kan.
Bengkel specialist mana yg recommended utk handle E90? Gw tinggal di BSD, Serpong.

3. Kalo diambil rata2 utk biaya perawatan BMW 3 series (mungkin dari pengalaman dgn E46), apakah setahun 12jt (jadi nabung 1jt/bln) cukup, kurang, atau kebanyakan?
Itu diitung rata2 aja, mungkin taon ini cuma sedikit keluarnya tapi taon depannya bisa membengkak. Kalo angkanya kurang tepat, kira2 brp kira2 rata2 ongkos perawatannya per thn pukul rata?

4. Untuk cari E90 bekas kira2 apa yg harus diwaspadai yah? Check ke bengkel resmi itu pasti, lalu hal2 apa yg harus diperhatikan utk E90?
Dari segi perawatan mana yg lbh ok, 320i atau 325i? Dan apakah tahun 2006 banyak masalah krn itu thn pertama E90 keluar? Apa mungkin keluaran thn 2007 lbh sedikit masalah2nya?

5. Berhubung di Indo ngga keluar yg manual, terpaksa yg matik deh, cuma kan BMW byk issue dgn matik yg jebol spt di E46 tuh (byk yg begitu 100k matiknya jebol). Apakah di Indonesia byk kasus E46 matiknya jebol?
Lalu matik di E90 spt apa? Apakah sudah lbh baik kondisinya?

6. Lalu utk yg lain2nya spt kaki2 gimana? Apakah lbh ok drpd E46 yg kaki2nya cpt bermasalah? Terutama dgn jlnan Jakarta yg keriting.
Electronics, central lock, power window, dll gimana? Apakah banyak masalah, terutama masalah yg berulang2 spt masalah power window pada E46, apa masih ada di E90?

7. Skrg kan harga E90 thn 2006 masih di kisaran 300jt plus/minus, lalu taon depan sptnya F30 akan mulai keluar utk model 2012, kira2 E90 harganya akan turun brp byk yah dari harga skrg?
Dari 300jt apa bisa turun ke angka 200+ (200-250) setelah F30 keluar?

Mungkin ada yg inget waktu E90 keluar di menjelang akhir thn 2005, harga E46 seperti apa turunnya? Spt skrg ini 5-series F10 baru aja keluar, apakah yg E60 udah turun byk harganya?
Gimana sih pasaran harga BMW saat model baru keluar? Apakah lsg jatuh harga model sebelumnya?
Lagi mikir2 apakah mau beli skrg atau tunggu taon depan kalo harganya akan turun jauh.

Maap tanyanya banyak mumpung inget biar sekalian dibahas.
Mohon sharing info dan tips2nya mengenai E90. Kalo emang belum ada ulasan mengenai E90 disini, bisa sekalian buat info teman2 lain yg mungkin lg consider beli E90 second.

Mohon petunjuk dari para ahlinya BMW disini yg udah pengalaman ngerawat BMW.
Thank you.
FortunerMan

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by FortunerMan »

Wah mantep banget research sebelum belinya bro. Saya gak punya E90, tapi tertarik juga sama mobil ini - jadi ikut belajar juga deh kalo ada yg jawab.

Info ttg E46 nya maknyos juga, itu transmisi nya banyak jebol karena gak dirawat atau kasar makenya atau gimana? Rebuild atau ganti transmisinya berapa ya? Terakhir saya make BMW maticnya lebih dr 200.000 km masih kuat - tapi bukan di Jakarta sih, yg macetnya nyiksa mobil bener. Punya temen saya malah bocor seal kaca depannya, karena dijemur melulu E46nya.

Sayang sekali gak nongol manualnya E90 di Indonesia...mantep banget ngukir tikungan luar kota dgn 3-series handling + MT...kalo matic kadang takut main kasar, resiko jebol bikin kantong jebol juga haha...

Saran saya sih yg 2007 aja, 2006 masih gres banget...belum ketahuan design defectsnya, kalo udah setaun udah mendingan dan mungkin penyesuaian sana sini.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by asudarsono »

Rp 12 juta, buat perawatan rutin sih cukup deh.
Ready to Race
RoastDuck
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Sep 26, 2010 6:26

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by RoastDuck »

Thx bro info nya, emang udah lama research BMW seri 3, dulu E46 tapi trus berubah pikiran mau E90 aja jadi mulai research lg deh. A few things are similar spt electronics, kaki2, dan cooling system (waterpump, thermostat, radiator) emang agak rawan di BMW yah. Transmisi matik jg rawan tuh di E46 byk yg jebol apalagi yg udah milleage nya tinggi, makanya pinginnya manual, fun dan awet meski pegel kalo kena macetnya jkt. Betul jg byk yg bilang salah satu faktor auto jebol di bmw krn lifetime fluid itu, mending tetep ganti oli transmisi spt mobil lainnya jd lbh awet, tapi ada jg yg udah rutin ganti tetep jebol di E46, entah krn pemakaian yg kasar at sheer bad luck aja.

Utk 12jt/thn itu cukup utk cover perawatan rutin dan repair yg rusak2 kalo diambil rata2 jadi mungkin thn ini cuma abis 5jt krn cuma ganti2 oli doank tapi thn depan bisa abis 15jt krn ada yg rusak gitu...
Atau 12jt/thn cuma utk perawatan rutin doank? Wah serem jg yah kalo perawatan rutinnya udah 12jt/thn sendiri hehehe...

Mohon petunjuk...
FortunerMan

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by FortunerMan »

He he - cooling system (waterpump, thermostat, radiator) bener banget bro - ternyata sampe E46 juga masih toh, kirain jaman2 jadul E34 aja. Kalo nggak salah dulu seri 5 saya waterpump nya pake plastic impeller, lama2 remuk dan jebol waterpumpnya. Trus radiator...never ending problems, replace ini replace itu tetep aja overheating itu mobil - Tapi itu saya kerjain di beres BMW Amerika (lengkap dgn montir impor dr Jerman pula) - sangat mungkin montir spesialis BMW di Indonesia lebih jago.

Jaman dulu saya mainnya di http://www.roadfly.com/bmw/forums/
Very helpful.

Di Indonesia juga ada club nya E90 kok, nggak tau masih aktif apa nggak - komunitas begitu biasanya infonya lengkap bener. http://www.e90post.com/forums/showthread.php?t=126495

Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by Risol1 »

Kalo mao aman beli E90 yg udah dapet 5 year free maintenance bro, jadi kita yakin (kemungkinan besar) mobil itu selalu regular service di beres BMW (gak pernah telat) karena gratis.
Ane yakin kalo yg thn 07 udah ada free maintenance, gak tau ya kalo yg thn 05-06 udah dapet apa belom.

kalo soal resale value sih sebenernya E90 udah mulai jatoh harganya, yg thn 05 aja paling cuma 250-270 jt (harga beli u/ pemakai bergantung kondisi), kalo harga jual sih pasti lebih jatoh lagi, paling pedagang ambil 230 juta kali u/ yg thn 05.

Lagipula harga model lamanya biasanya gak langsung jatoh pada saat model barunya (F30) baru launching di akhir2 tahun 2012 nanti, mungkin baru berasa "jatoh" gedenya pas di 2013 kali.
Jadi kayaknya kalo emang udah ngebet pengen pake E90, beli yg bekas sekarang masih OK.

Kalo BMW sih yg penting maintenance aja bro, dan itu semuanya udah ada warningnya masing2. Lampu rem putus aja ada warningnya. Sebenernya sih BMW yg baru2 udah jauuhhh lebih reliable dari yg model2 lamanya. Tapi tetep perlu diingat bahwa ini bukan toyota corolla yg cuman minta diganti oli dan isi bensin aja hehehe.....

Kalo engine, transmisi, cooling systems, kaki2 sih ane bilang udah reliable lah, ampir mirip2 sama mobil lain (termasuk jepang), Yg ane akuin kurang dari BMW adalah elektroniknya....lebih rewel dari mobil jepang.
Ane udah bbrp kali bulak balik bengkel cuma gara2 sensor yg ngaco aja hehehe......

Asal mao sedikit "repot" sih sebenernya gak masalah piara ni mobil. (Memang engga seenak piara corolla, tapi juga engga bisa dibilang rewel)

Happy Hunting bro, entar kabarin kalo udah dapet mobilnya :mrgreen:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by AD74YA »

newbie ikut memantau dulu ya... :ungg:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by FortunerMan »

Wiken ini iseng2 main2 ke showroom mobkas, ada 2 yg dipajang - buka harganya sama2 290 juta, kalo ditawar mungkin 270/280 dapet.
2005 dengan km 47 ribuan
2005 dengan km 70 ribuan

Dua2nya service record be-res, mesinnya sekilas masih pada bagus. Tapi yg kilometer kecil malah power windownya supirnya udah gak normal (naiknya udah gak bisa otomatis lagi) dan bunyinya mendecit.

OK juga ini mobil...bikin ngiler aja. Kalo di permak jadi model faceliftnya rada susah tapi ya...mesti ganti kap mesin + bumper.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by asudarsono »

Maksud saya mengenai biaya perawatan begini :
Duit Rp 12 juta cukup dan berlebih untuk servis BMW yang cuma setahun sekali. Kalau ada kerusakan, mungkin kurang, karena ada beberapa komponen besar yang harganya cukup mahal. Siapa yang bisa prediksi, apa yang akan rusak? Tapi namanya mobil cukup baru, seharusnya kerusakan nggak banyak. Lain kalau umur mobil udah lebih dari 10 tahun ....
Ready to Race
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by leonheart »

ikut memantau, salah satu mobil favorite ane.
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by Namo »

Saya juga peminat BMW E90 nih, modelnya keren apalagi yang facelift, sedep banget. Perawatannya ternyata biasa aja ya bro? Denger2 bantingannya sangat keras ya karena pengaruh RFT? Tahun 2007-2008 itu blum ada yang 325i ya? Yang 2005 saya lihat ada yang 325i dan akhir2 ini baru keluar 325i lagi tahun 2010. Tq.
igcse
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jan 18, 2010 4:59

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by igcse »

wow... ikut mantau

infonya mantap

ada yg mau nambahin para senior dan user e90?
ferry_yanto
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Dec 27, 2010 6:00

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by ferry_yanto »

Yg paling rese sih bannya aja, udah pake RFT. JAdi ga bisa ditambal, kudu ganti tuh. Harganya mayan mahalll sekitar 3 jutaan lah seekor. Enaknya memang ga usah takut ban kempes malem2 dan ga ada tambel ban. Tapi sepadan dengan harga yg harus dibayar.

Kalo biaya servis setahun 12juta sih jelas ga cukup om, apalagi kalo ke bengkel resmi terus yaa. Sekali ganti oli aja bisa sejutaan. Tapi kalo ikut garansi servis gratis yg sampe 3 taon yaa cukup lahh.

Semoga membantu
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by leiv »

gmn ts udah dapat blm e 90 nya? tolong di share dong para master yg laen
Jeffry007
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Apr 12, 2019 5:19
Location: Jakarta Timur
Daily Vehicle: BMW E90 2010 320i

Re: Perawatan BMW 3-series E90

Post by Jeffry007 »

Biaya Perawatan BMW E90 320i setiap tahun bisa mencapai Rp 30.000.000 atau Rp. 2.500.000 per bulan dengan asumsi pemakaian normal 12.000 KM - 20.000 KM per tahun. Sebab kalau jarang dipakai malah lebih banyak yang rusak. Yang paling harus di perhatikan adalah penggantian oli transmisi matiknya kalau bisa setiap 30.000-40.000 KM. Jangan lupa selalu panaskan mobil minimal 15 menit supaya matik awet, karena kerja matik berdasarkan tekanan oli, dimana tekanan oli mencapai maksimal pada suhu dalam carter oli matik mencapai 141 derajat Celcius. Sbab kalau pemanasan mesin kurang matik akan cepat bermasalah krn turbin atau converter nya sering dipaksa kerja keras, padahal kalau suhu sudah ideal converter / turbin akan ringan kerjanya