Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

himawan kurnianto
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Apr 16, 2010 13:18

Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by himawan kurnianto »

Salam kenal...

saya mau konsul terkait dengan kondisi mobil saya..
mobil saya honda civic lx 1989..

begini...
setahu saya, ketika mobil panas, air ryang terdapat dalam radiator akan mengalir ke tampungan radiator karena tekanan. dan ketika dingin akan kembali ke radiator dari tampungan karena kevakuman dalam radiator. sebanyak yang akan disalurkan ke tampungan, sabanyak itu pula yang akan disedot kembali ke radiator.

nah, keadaan mobil saya mengalami kejanggalan pak..
ketika mesin panas, air dalam radiator bisa mengalir ke tampungan radiator.
tetapi ketika mesin dingin, air dalam tampungan radiator tidak bisa kembali ke radiator sehingga volume air dalam radiator berkurang.

pernah saya pergi ke luar kota (+/- 160 km) sambil melakukan eksperimen terkait kondisi radiator mobil saya.. sebelum pergi, saya cek kondisi radiator dan saya isi sampai penuh dan tampungan radiator saya isi sampai garis level max.

ketika sampai rumah (keadaan mesin mobil masih panas) saya lihat ketinggian air dalam tampungan berada pada 3 cm diatas garis level max.

keesokan harinya (keadaan mesin sudah dingin) saya cek kembali..
ketinggian air dalam tampungan masih tetap berada pada ketinggian 3 cm dari garis level max.. dan air dalam radiator berkurang..

ketika kelebihan air dalam tampungan radiator saya isikan pada radiator sampai penuh kembali, sisa air dalam tampungan kembali ke posisi level garis max (seperti kondisi setelah dicek sebelum pergi ke luar kota kemarin).

kenapa hal ini terjadi...??

pernah suatu saat, air radiator saya isi dan mesin saya start dengan tutup radiator terbuka, saya lihat air tidak meloncat keluar (berarti kondisi packing head ok!).

sebagai informasi,
1. suhu mesin normal (jarum ampere menunjukkan setengah kurang dikit).
2. packing head sudah diganti baru yang tentu saya sekalian dipapas silinder headnya.
3. kondisi radiator telah diservis (dikorok)
4. selang radiator maupun by pass telah diganti baru.
5. tutup radiator sudah saya ganti 2x dengan tutup merk ND asli.
6. kondisi fan radiator masih bagus (malah motor fan ac sudah saya replace dengan motor fan baru).
7. kondisi air dalam radiator bersih, tidak terkontaminasi oli.

Mohon masukannya... biar mobil saya bisa normal kembali...

Terima kasih...

Salam....
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by kapsul 97 »

berarti masih bersyukur bahwa mobil tidak overheat ya oom ... :big_peace:

tutup radiator dah baru pak ND, kalu tutup tabung tampungannya gmana, apa bagus ? karena kalau menurut saya hanya masalah kevakuman or tekanan nya aja ...

kalu tutup radiator nya ga bagus pasti ada bekas rembesan nya di sekitar bawah tutup tersebut dan mesin biasanya jadi panas ...

water pump nya gmana oom, masih ok ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by DOHC »

itu tutup radiator yg diganti apa kah sama pressure nya dgn yg bawaan mobil ?... ND itu ada 2 jenis yg umum dijual setau ane... 0.9 dan 1.1 kpa....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by uch »

Biasanya ada yg bocor tuh bagian atas radiator atau slang ke reservoir. Kalo lagi panas, air di dorong ke reservoir. Kalo dingin, udara yg dihisap. Tapi airnya sama sekali nggak berkurang ya..? ikutbingung.com
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by asudarsono »

Saya sepakat menduga ada udara yang masuk / terperangkap di dalam saluran air pendinginnya.

Baiknya dicek krn emang berpotensi besar membuat overheat.
Ready to Race
himawan kurnianto
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Apr 16, 2010 13:18

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by himawan kurnianto »

tutup radiator bagus (baru sih), merk ND 0,9...
Tutup tampungan radiator masih bagus dan semuanya ga ada tanda2 rembesan sih...
kira2 apanya ya????
Pusing nih...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by andy1800 »

iya nih, masalah yg gampang2 susah memang...

ane jg nebak spt yg dibilang om uch itu,
yg intinya -->> ada kebocoran skitar tempat-duduk-tutup-radiator, konektor selang, sampai ke selang reservoir.

misalnya, ada lobang mikro di konektor selang....pas dorong air sih, enak2 aja...air partikelnya kan cukup padat, jd gak sempet belok ke kebocoran mikro itu...shg, ngalir lah air ke reseorvoir...
tp ketika hisap, krn partikel udara itu loose, maka energi hisapnya itu lbh memilih utk menghisap udara lewat kebocoran mikro itu, drpd menghisap air reservoir.

jadi, perlu ketelitian extra di jalur yg sbenarnrya cukup pendek ini

tutup ND baru...sebelum diganti baru, sudah begitukah? ....atau pas msh tutup yg lama, ok2 aja?

troubleshhoting yg enak:
- coba pinjem tutup civic LX punya teman yg terbukti bekerja dg normal.
- kalau bukan itu masalahnya, maka: lanjut, coba pinjem radiator punya teman yg terbukti kerja normal jg.
.
:off_ladies:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
m rakha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Apr 14, 2010 0:49

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by m rakha »

kemungkinan kalo gak ada masalah sama waterpompnya berarti ada kebocoran pada radiatornya seperti dijelaskan di atas jadi tingkat kevakumannya berkurang sehingga air yg di reservoir tidak bisa ditarik masuk balik ke radiator, kalo hal ini memang yg terjadi bisa dilakukan pengecekan, turunkan radiator bawa ke tukang tambal ban, tutup semua lubang air di radiator, tiup deh pake kompresor angin dalam kondisi terendam air di bak, pasti keliatan kalo ada rembesan. kalo gak, berarti masalahnya bisa di pompanya atau vakumnya. btw tutupnya emang pake yg 0.9 ya jangan salah barnya loh...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by andy1800 »

dah ada tindakan belum ?
gimana nih feedbacknya ?
.
:angel:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
got_rek
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Jan 12, 2012 1:37

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by got_rek »

gmn pak kurniawan Lxnya udah sembuh belum ..?

kasus yang melanda jenengan sama persis dengan yang saya alami, & ampe sekarang blm terpecahkan, ane jg pake civic LX 89, ane konsultasi kebengkel langganan katanya penyebabnya adalah
1. ada kebocoran di radiator
2. packing silinder keropos/ bocor jd air masuk ke mesin ,Hikz sedih
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by andy1800 »

krn gak ada yg cerita masalah ini lagi, jd smapai skrg masalah kaya ginian masih menjadi misteri.... hyiiih hyih hyih hyih
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by Dino_lowrider »

pasti tuh mobil gak pernah pakai coolant. jadi masalahnya aneh aneh....weleh weleh,,,,,,,,,,
bangkit93
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri May 10, 2019 11:41
Location: Cianjur
Daily Vehicle: Honda Jazz

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by bangkit93 »

Sebelumnya salken ya bro Himawan
Kasus ini sama dg yg saya alami 3minggu lalu, selalu ada jalan keluar disetiap masalah. Ketika sudah pusing sana sini cari solusi ternyata thermostat bermasalah bro. Ada baret di kuningan nya yg meng indikasikan thermostat tidak bekerja dg baik. Maklum mobil udah tuirr bro lagian umur thermostat itu sendiri seyogyanya cuma 5thn. Coba bro buka thermostat nya dan liat secara fisik. Kalo ada baret brarti thermostat bengkok dan wajib ganti. Trus pas pengisian air coolant, harus digass di rpm 2500 sampe fan nyala 2x. Dijamin normal.
agussinaga6
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Aug 10, 2019 17:01
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel 2000

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by agussinaga6 »

Permisi agan, saya juga mau bertanya. mobil saya kijang lgx thn 2000. awalnya saya service dan bersihin radiator. tetapi setalah itu setalah berjalan sekitar 2-5 km dalam kondisi siang hari, air radiator berkurang tetapi malah reservoir cadangan yang penuh dan sampai tumpah. saya tanya montir katanya sudah ada keretakan di bagian deksel. tolong bantuan dan sarannya
Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by Tennoheika »

Kasus saya hampir sama, Vios 2003 a/t.
Mesin panas, air di tabung cadangan naik. Begitu udah dingin, air cadangan berkurang. Tutup radiator dibuka, airnya tekor.
Radiator diisi lagi sampe full, dipake sampe mesin panas (extra fan nyala), air di tangki cadangan nambah. Begitu udah dingin, air di tabung cadangan berkurang, yg di radiator juga berkurang. Semakin jauh jarak tempuh, semakin banyak volume air yg hilang.
Oli gak ada indikasi kecampur air, gak ada residu karbon di tabung cadangan/di air radiator, gak ada rembes di blok mesin/di selang dsb.
BTW radiator baru.
Kalo mesin idup, air radiatornya ada gelembung.

Gasket silinder head retak/pecah ya? Itu air lari kemana ya? Apa mungkin head retak, airnya lari ke intake/exhaust manifold?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by Jambangan »

Tennoheika wrote: Sun Oct 13, 2019 16:56 Kasus saya hampir sama, Vios 2003 a/t.
Mesin panas, air di tabung cadangan naik. Begitu udah dingin, air cadangan berkurang. Tutup radiator dibuka, airnya tekor.
Radiator diisi lagi sampe full, dipake sampe mesin panas (extra fan nyala), air di tangki cadangan nambah. Begitu udah dingin, air di tabung cadangan berkurang, yg di radiator juga berkurang. Semakin jauh jarak tempuh, semakin banyak volume air yg hilang.
Oli gak ada indikasi kecampur air, gak ada residu karbon di tabung cadangan/di air radiator, gak ada rembes di blok mesin/di selang dsb.
BTW radiator baru.
Kalo mesin idup, air radiatornya ada gelembung.

Gasket silinder head retak/pecah ya? Itu air lari kemana ya? Apa mungkin head retak, airnya lari ke intake/exhaust manifold?
Bisa jadi emang head gasket udah bocor karena umur
Air bisa aja masuk ke ruang bakar walaupun dikit
Coba cek asap putih ga
Selama ini pake coolant apa air biasa om???
agussinaga6 wrote: Sat Aug 10, 2019 17:19 Permisi agan, saya juga mau bertanya. mobil saya kijang lgx thn 2000. awalnya saya service dan bersihin radiator. tetapi setalah itu setalah berjalan sekitar 2-5 km dalam kondisi siang hari, air radiator berkurang tetapi malah reservoir cadangan yang penuh dan sampai tumpah. saya tanya montir katanya sudah ada keretakan di bagian deksel. tolong bantuan dan sarannya
Kijang diesel ya
Denger2 emang suka retak rambut itu kepala silinder kalo jarak tempuh udah jauh
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by newcity_vtec »

Pagi para suhu.
Adakah yang pernah memakai cairan prestone no leak untuk mengatasi masalah kebocoran sistem pendinginan mobil?
Atau ada yg pernah pakai cairan khusus untuk mendeteksi letak kebocoran?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by MSU »

newcity_vtec wrote: Fri Oct 18, 2019 1:57 Pagi para suhu.
Adakah yang pernah memakai cairan prestone no leak untuk mengatasi masalah kebocoran sistem pendinginan mobil?
Atau ada yg pernah pakai cairan khusus untuk mendeteksi letak kebocoran?
saya pernah pake...cuma karena ga pede...saya ga tuang sebotol penuh ke radiator
kalo googling..agak ga di recommend pake no leak ini ke radiator karena kl salah prosedur/radiator kotor malah bikin buntu
untuk cek bocor..saran saya isi coolant pake yg ijo..mudah2an terlihat netes dr mana
atau dulu bengkel saya pernah lakukan, cabut selang yg ke arah botol reservoir, kasi tekanan angin ke arah radiator (ati2 jangan gede2), tar kan selang2 pada ngembang..nah ketahuan dr mana netesnya
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by newcity_vtec »

Om @MSU jadi pakai presure test ya buat mengetahui kebocoran radiatornya dimana saja.
Trims om atas infonya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by marmut »

newcity_vtec wrote: Fri Oct 18, 2019 5:28 Om @MSU jadi pakai presure test ya buat mengetahui kebocoran radiatornya dimana saja.
Trims om atas infonya

satu-satunya alat untuk periksa kebocoran radiator adalah mata.
bocor halus pun pasti akan ada jejaknya dimanapun letak kebocorannya. tinggal mata mau teliti melihat atau tidak jejak coolant yang tertinggal.
periksa mulai dari yang termudah ;
- tutup radiator
- tutup tabung reservoir
- setiap sambungan selang
- radiator
- dst...
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by newcity_vtec »

Trims om atas infonya.
Akan saya coba.
Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by Tennoheika »

Bisa jadi emang head gasket udah bocor karena umur
Air bisa aja masuk ke ruang bakar walaupun dikit
Coba cek asap putih ga
Selama ini pake coolant apa air biasa om???

Pake coolant om..

Akhirnya saya nekad tembak angin dari port selang di deket tutup radiator (posisi radiator isinya hampir penuh & tutup radiator terpasang tekanan angin max 15 psi) ternyata ada rembes di paking water pump sama tutup thermostat. Benerin sendiri, plus ternyata gak ada thermostatnya, dibeliin juga.

Dari radiator bekas saya potong bagian tutupnya, dimodifikasi dan dikasih pressure gauge buat jadi alat tes tutup radiator, pake ditembak angin. Tutup radiator baru ternyata buka di 18 psi yg ada angkanya 1.1 Saya pake lagi tutup radiator yg lama yg ada angka 0.8, klo gak salah buka di 13 psi soalnya pikir punya pikir ini mobil tua, klo 18 psi takut jebol di paking head atau dimana lah...

Sekarang klo mesin panas, air radiator di tabung penampungan bertambah, klo mesin dingin berkurang balik lagi ke radiator (sebagaimana seharusnya).
Cuma di tabung penampungan klo pake jarak jauh, nanti begitu mesin dingin keliatan berkurang airnya.

Terakhir test dari tangerang ke puncak, pulangnya lewat Cianjur-Jonggol-cileungsi yg waktu puncak macet parah itu, sampe rumah begitu mesin dingin air di tabung penampungan berkurang sekitar 1 cm. Ya sabar2 aja dah sering2 cek tabung penampungan.

Kesimpulannya kasus saya ada rembes di paking water pump sama tutup thermostat + pernah tutup karet selang buntunya sobek.
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by Auanz »

Setau saya YouTube di chrisfix pernah ada vid coolant yang kl kena lampu uv bs berwarna untuk cek ada leakage apa ga. Cb de gan kali aja di indo ada :)
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Air Radiator dan Air di Tampungan Radiator

Post by josomba »

Auanz wrote: Wed Dec 11, 2019 11:47 Setau saya YouTube di chrisfix pernah ada vid coolant yang kl kena lampu uv bs berwarna untuk cek ada leakage apa ga. Cb de gan kali aja di indo ada :)
Oot dr topik sebelumnya, kalau cek rembes coolant sih selama pake coolant yg warnanya pekat cem prestone sih mudah terlihat jejak yg udah mengeringnya kok...


Kalau rembes komponen ac, nah mau gamau mesti pake compre oil yg ada UV sensitive dye.
Image